• Tidak ada hasil yang ditemukan

POLA KEMITRAAN UD. TUNAS HARAPAN DENGAN PETERNAK AYAM RAS JANTAN DI KABUPATEN GIANYAR

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "POLA KEMITRAAN UD. TUNAS HARAPAN DENGAN PETERNAK AYAM RAS JANTAN DI KABUPATEN GIANYAR"

Copied!
18
0
0

Teks penuh

(1)

i

POLA KEMITRAAN UD. TUNAS HARAPAN

DENGAN PETERNAK AYAM RAS JANTAN

DI KABUPATEN GIANYAR

SKRIPSI

OLEH

I MADE DWI WIWEKANANDA PANDE

KONSENTRASI PENGEMBANGAN BISNIS

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS

FAKULTAS PERTANIAN

UNIVERSITAS UDAYANA

DENPASAR

2015

(2)

i

POLA KEMITRAAN UD. TUNAS HARAPAN

DENGAN PETERNAK AYAM RAS JANTAN

DI KABUPATEN GIANYAR

SKRIPSI

Skripsi ini diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pertanian pada Fakultas Pertanian Universitas Udayana

Oleh

I Made Dwi Wiwekananda Pande NIM. 1105315024

KONSENTRASI PENGEMBANGAN BISNIS PROGRAM STUDI AGRIBISNIS

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS UDAYANA

DENPASAR 2015

(3)

ii

PERNYATAAN KEASLIAN KARYA SKRIPSI

Dengan ini saya menyatakan bahwa dalam skripsi ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu perguruan tinggi, dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka. Saya bersedia dikenakan sanksi sebagaimana diatur dalam aturan yang berlaku apabila terbukti bahwa skripsi ini bukan hasil karya saya sendiri atau mengandung tindakan plagiarism.

Demikian pernyataan ini dibuat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan seperlunya.

Denpasar, 3 Agustus 2015 Yang menyatakan,

I Made Dwi Wiwekananda Pande NIM. 1105315024

(4)

iii

ABSTRACT

I Made Dwi Wiwekananda Pande. Nim : 1105315024. Partnership Pattern at UD. Tunas Harapan with Males Broiler Breeder in Gianyar Regency. Supervised by : Ir. I Wayan Widyantara, MP. Dan Dr. Ir. Ratna Komala Dewi, MP.

UD. Tunas Harapan built a partnership with chicken farmers in Gianyar in cultivating male broilers. The existence of the company is expected to support the welfare of breeders, besides providing access to capital, management, and marketing. This study aims to: (1) Learn the partnership mechanism of UD. Tunas Harapan with breeders; (2) Determining the rights and the duties of breeders and UD. Tunas Harapan; (3) Determining the effectiveness of breeders with UD. Tunas Harapan in doing their partnership; (4) Determining problems faced by farmers and UD. Tunas Harapan. The result of this study showed that: (1) The pattern of partnership between male broiler breeders and UD. Tunas Harapan is core-plasma pattern, where the company is the core and the farmers are the plasma; (2) The right of the core is to get the entire production in good quality, while the rights of the farmers are to get seeds and all means of production. The core’s duties are to provide cage, equipment, and employees and to submit the entire production of the company; (3) The effectiveness of male broilers in this partnership is 96.41% which is eligible to the effectiveness in which it exceeded the standard of 80% and gained the analysis of R/C ratio of companies and breeders more than one, which are 1.09 and 1.01; (4) The problems faced by the core include unfixed market prices while the problems faced by the farmers are diseases and weather influences.

(5)

iv

ABSTRAK

I Made Dwi Wiwekananda Pande. Nim : 1105315024. Pola Kemitraan UD. Tunas Harapan dengan Peternak Ayam Ras Jantan di Kabupaten Gianyar. Dibimbing oleh : Ir. I Wayan Widyantara, MP. Dan Ir. Ratna Komala Dewi, MP.

UD. Tunas Harapan melaksanakan kemitraan dengan peternak ayam di Kabupaten Gianyar dalam budidaya ayam ras jantan. Keberadaan perusahaan diharapkan untuk mendukung kesejahteraan peternak, selain memberikan akses modal, perusahaan juga membantu akses manajemen dan akses pasar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui mekanisme kemitraan yang dilakukan UD. Tunas Harapan dengan peternak; (2) Mengetahui hak dan kewajiban peternak dan UD. Tunas Harapan; (3) Mengetahui efektivitas peternak dengan UD. Tunas Harapan dalam menjalani kemitraan; (4) mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh peternak dan UD. Tunas Harapan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pola kemitraan yang terjalin antara peternak ayam ras jantan dengan UD. Tunas Harapan adalah pola inti plasma, dimana perusahaan sebagai inti dan peternak sebagai plasma; (2) Hak dari inti adalah mendapat seluruh hasil produksi dengan kualitas baik, sedangkan hak peternak adalah mendapatkan bibit serta sarana produksi, Kewajiban inti adalah menyediakan bibit serta sarana produksi ternak, membeli semua hasil ternak, sedangkan kewajiban peternak adalah menyediakan kandang, peralatan serta tenaga kerja dan menyerahkan seluruh hasil produksi kepada perusahaan; (3) Nilai efektifitas kemitraan ayam ras jantan yaitu sebesar 96,41% atau sudah memenuhi kriteria efektifitas diatas 80% , serta diperoleh analisis R/C ratio perusahaan dan peternak lebih dari satu, masing-masing 1,09 dan 1,01; (4) Kendala yang dihadapi oleh pihak inti meliputi harga pasaran yang berubah-ubah atau tidak menentu sedangkan kendala yang dihadapi peternak yaitu adanya penyakit yang menyerang ternak ayam, serta faktor cuaca.

(6)

v

RINGKASAN

Peternakan merupakan sektor yang berpeluang sangat besar untuk dikembangkan dan berperan sangat penting dalam penyediaan kebutuhan pangan khususnya protein hewani. Usaha peternakan khususnya ternak ayam ras jantan dapat dilakukan dengan melaksanakan kemitraan antara perusahaan dan peternak. UD. Tunas Harapan merupakan salah satu perusahaan yang mengembangkan program pengembangan pola kemitraan dengan peternak ayam ras jantan di Kabupaten Gianyar. Keberadaan perusahaan ini diharapkan dapat menunjang kesejahteraan peternak, di samping memberikan akses modal, UD. Tunas Harapan juga membantu akses manajemen dan akses pasar.

Penelitian ini bertujun untuk: (1) Mengetahui mekanisme kemitraan yang dilakukan UD. Tunas Harapan dengan peternak ayam ras jantan; (2) Mengetahui hak dan kewajiban peternak ayam ras jantan dan UD. Tunas Harapan; (3) Mengetahui efektivitas peternak dengan UD. Tunas Harapan dalam menjalani kemitraan; (4) mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh peternak ayam ras jantan dan UD. Tunas Harapan.

Penelitian ini dilakukan di UD Tunas Harapan yang berlokasi di Jalan Raya Samplangan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali dan pada peternak yang tersebar di wilayah Kabupaten Gianyar. Pemilihan lokasi ini dilakukan secara sengaja didasarkan atas pertimbangan; (1) UD Tunas Harapan merupakan unit dagang yang telah melakukan pola kemitraan dari tahun 2007; (2) Di Kabupaten Gianyar telah berkembang usaha ternak ayam ras jantan yang menjalin kemitraan dengan UD Tunas Harapan; (3) Di Kabupaten Gianyar jumlah peternak ayam ras jantan yang bermitra dengan UD. Tunas Harapan paling banyak, diantara Kabupaten lainnya yaitu berjumlah delapan peternak: (4) Belum pernah dilakukan penelitian yang mengangkat masalah yang sama di daerah tersebut.Populasi dalam penelitian ini adalah anggota atau peternak yang masih melakukan kegiatan produksi dan telah melakukan kemitraan dengan UD Tunas Harapan, yang berjumlah delapan peternak yang tersebar di Kabupaten Gianyar. Responden peternak ayam ras jantan dalam penelitian ini dipilih menggunakan metode sensus sebanyak delapan orang.

(7)

vi

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pola kemitraan yang terjalin antara peternak ayam ras jantan dengan UD. Tunas Harapan adalah pola inti plasma, dimana perusahaan sebagai inti dan peternak sebagai plasma; (2) Hak dari inti adalah mendapat seluruh hasil produksi serta jaminan kualitas dan mutu hasil produksi ayam ras jantan, sedangkan hak peternak adalah mendapatkan bibit serta sarana produksi, mendapat jaminan pemasaran serta harga dan mendapatkan petunjuk dan bimbingan teknis dari pihak perusahaan. Kewajiban inti adalah menyediakan bibit serta sarana produksi ternak, membeli semua hasil ternak dan member pelayanan serta bimbingan teknis kepada peternak sedangkan kewajiban peternak adalah menyediakan kandang, peralatan serta tenaga kerja, menyerahkan seluruh hasil produksi kepada inti, membayar semua hutang, dan melaksanakan proses budidaya ayam ras jantan serta memperhatikan dan menjaga kualitas produksi dengan baik; (3) Nilai efektifitas kemitraan ayam ras jantan yaitu sebesar 96,41 % atau sudah memenuhi kriteria efektifitas diatas 80% dan nilai pendapatan rata-rata peternak ayam ras jantan yaitu sebesar Rp. 6.022.606,00 selama satu kali periode serta nilai pendapatan perusahaan sebesar Rp. 13.674.000,00 selama satu kali periode, serta analisis R/C rasio antara perusahaan dan petenak, menunjukan keduanya memiliki R/C rasio lebih besar dari satu, yaitu peternak dengan R/C rasio sebesar 1,09 dan perusahaan sebesar 1,01; (4) Kendala yang dihadapi oleh pihak inti meliputi harga pasaran yang berubah-ubah atau tidak menentu sedangkan kendala yang dihadapi peternak yaitu adanya penyakit yang menyerang ternak ayam, serta faktor cuaca.

Kerjasama yang dilakukan oleh perusahaan dan peternak ayam ras jantan sebaiknya terus dilanjutkan karena menguntungkan kedua belah pihak, perjanjian tertulis perlu dibuat agar ada kepastian hukum dalam kemitraan. Perusahaan dan peternak harus lebih bersikap terbuka demi mengurangi atau menghindari kemungkinan masalah atau kendala-kendala yang akan terjadi.

(8)

vii

POLA KEMITRAAN UD. TUNAS HARAPAN

DENGAN PETERNAK AYAM RAS JANTAN

DI KABUPATEN GIANYAR

I Made Dwi Wiwekananda Pande NIM. 1105315024

Menyetujui,

Pembimbing I

Ir. I Wayan Widyantara, MP NIP. 19541222 198403 1 002

Pembimbing II

Dr. Ir. Ratna Komala Dewi, MP NIP. 19610708 198610 2 001

Mengesahkan, Dekan Fakultas Pertanian

Universitas Udayana

Prof. Dr. Ir. I Nyoman Rai, MS. NIP. 19630515 198803 1 001

(9)

viii

POLA KEMITRAAN UD. TUNAS HARAPAN

DENGAN PETERNAK AYAM RAS JANTAN

DI KABUPATEN GIANYAR

dipersiapkan dan diajukan oleh I Made Dwi Wiwekananda Pande

NIM. 1105315024

Telah dipertahankan di depan Tim Penguji pada tanggal :

3 Agustus 2015

Berdasarkan SK Dekan Fakultas Pertanian Univerasitas Udayana No : 1426/ UN14.1.23/PP.05.02/2015

Tanggal:

Tim Penguji Skripsi adalah:

1. Ketua : Drs. I Ketut Rantau, M.Si Anggota :

1. Ir. IGA. A. Lies Angreni, M.Par 2. A.A.A Wulandira SDJ, SP., MMA

(10)

ix

RIWAYAT HIDUP

I Made Dwi Wiwekananda Pande dilahirkan di Kabupaten Gianyar pada tanggal 19 Oktober 1993. Penulis merupakan anak kedua dari dua bersaudara yang dilahirkan dari pasangan I Made Subagia (Ayah), dan Ni Made Jepun (Ibu). Pendidikan awal penulis di mulai di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Abianbase pada tahun 1999 dan tamat tahun 2005. Kemudian melanjutkan pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Gianyar pada tahun 2005 dan tamat pada tahun 2008. Pendidikan Sekolah Menengah Atas ditempuh di SMA N 1 Ubud pada tahun 2008 hingga tamat pada tahun 2011. Pada tahun 2011, penulis diterima sebagai mahasiswa di Universitas Udayana Fakultas Pertanian dengan Program Studi Agribisnis melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

(11)

x

KATA PENGANTAR

Om Swastyastu,

Puji syukur penulis panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, karena atas asung wara nugraha-Nya, penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “Pola Kemitraan UD. Tunas Harapan dengan Peternak Ayam Ras Jantan di Kabupaten Gianyar”. Skripsi ini disusun sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pertanian pada Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Udayana. Dalam penyusunan skripsi ini, penulis banyak mendapatkan bantuan, bimbingan, perhatian dan dorongan baik berupa moril maupun materiil dari berbagai pihak. Oleh karenanya, perkenankanlah pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada yang terhormat:

1. Prof. Dr. Ir. I Nyoman Rai, M.S selaku Dekan Fakultas Pertanian Universitas Udayana yang telah memberikan izin dan kemudahan dalam penelitian ini.

2. Ir. I Wayan Widyantara, M.P dan Dr. Ir. Ratna Komala Dewi, M.P selaku Pembimbing I dan Pembimbing II dengan ketulusan hati dan ketelitian telah memberikan bimbingan dan petunjuk kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini.

3. Segenap dosen dan pegawai Fakultas Pertanian terutama Program Studi Agribisnis yang memberikan ilmu, informasi, dan kemudahan-kemudahan yang sangat berarti kepada penulis sejak masuk di Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Udayana sampai menyelesaikan skripsi ini.

4. Bapak I Dewa Gede Raka selaku manager dan pemilik UD. Tunas Harapan beserta plasma atau peternak ayam ras jantan di Kabupaten Gianyar yang berjumlah delapan orang yang telah memberikan informasi

(12)

xi

dan izin kepada penulis untuk dapat melaksanakan penelitian sehingga dapat menyelesaikan skripsi ini.

5. Ayah, ibu, dan kakak serta seluruh keluarga besar penulis yang telah memberikan doa, semangat, serta dukungan moral dan material dalam melakukan penulisan skripsi.

6. Sahabat-sahabatku Ewi Angelola, Dewi Sartika Paramitha, Agus Efendy, Mahardika P, Andi Purwanto, Kembar, Mangadi, Ayu Mondel, Ayu mongkeg dan Dublet, yang telah memberikan semangat dan dorongan kepada penulis saat menyusun skripsi ini.

7. Teman-teman Anes, Ade, Cabul, Cok is, Cok de, Allow, Suma, Andika dan pak Griya yang telah memberikan semangat kepada penulis saat menyusun skripsi ini.

8. Serta teman-teman di Prodi Agribisnis dan Agroekoteknologi yang telah memberikan dukungan dan semangat yang tidak dapat disebutkan satu per satu.

Penulis menyadari skripsi ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang sifatnya membangun demi kesempurnaan skripsi ini. Semoga skripsi ini bermanfaat bagi pembaca.

Om Santhi, Santhi, Santhi.

Denpasar, 3 Agustus 2015

(13)

xii

DAFTAR ISI

Halaman

SAMPUL DALAM ... i

PERNYATAAN KEASLIAN PENELITIAN ... ii

ABSTRACT ... iii

ABSTRAK ... iv

RINGKASAN ... v

HALAMAN PERSETUJUAN ... vii

TIM PENGUJI ... viii RIWAYAT HIDUP ... ix

KATA PENGANTAR ... x

DAFTAR ISI ... xii

DAFTAR TABEL ... xiv

DAFTAR GAMBAR ... xvi

DAFTAR LAMPIRAN ... xvi

I. PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang ... 1

1.2 Rumusan Masalah... 5

1.3 Tujuan Penelitian ... 6

1.4 Manfaat Penelitian ... 6

1.5 Ruang Lingkup Penelitian ... 7

II. TINJAUAN PUSTAKA 2.1. Pengertian Kemitraan ... 8

2.2. Pola Kemitraan ... 8

2.3. Tujuan Kemitraan ... 10

2.4. Manfaat Kemitraan ... 12

2.5. Dampak Penerapan Kemitraan ... 13

2.6. Kelebihan dan Kelemahan Kemitraan ... 13

2.7. Ayam Ras Jantan ... 15

2.8. Efektivitas ... 16

2.9. Kerangka Pemikiran ... 17

III. METODE PENELITIAN 3.1. Lokasi dan Waktu Penelitian ... 19

(14)

xiii

3.2. Data penelitian ... 19

3.3. Populasi dan Responden Penelitian ... 21

3.4. Variabel dan Pengukuran Variabel ... 22

3.5. Batasan Operasional ... 23

3.6. Metode Analisis Data ... 24

IV. GAMBARAN UMUM DAERAH ENELITIAN 4.1. Letak dan Keadaan Geografis Daerah Penelitian ... 27

4.2. Demografi Kabupaten Gianyar ... 29

4.3. Mata Pencaharian Penduduk ... 31

4.4. Tingkat Pendidikan ... 32

4.5. Lokasi Peternak Ayam Ras Jantan ... 33

4.6. Gambaran Umum UD. Tunas Harapan ... 33

V. HASIL DAN PEMBAHASAN 5.1 Karakteristik Responden ... 37

5.1.1 Umur responden peternak dan pemilik perusahaan ... 37

5.1.2 Tingkat pendidikan peternak dan pemilik perusahaan ... 38

5.1.3 Jumlah kepemilikan ternak ayam ras jantan ... 39

5.1.4 Ukuran kandang ... 40

5.1.5 Pengalaman berusaha ternak ayam ras jantan ... 41

5.2 Mekanisme Kemitraan ... 42

5.3 Hak Dan Kewajiban ... 46

5.4 Efektivitas Kemitraan Ayam Ras Jantan ... 48

5.4.1 Efektivitas bersifat fisik ... 48

5.4.2 Efektivitas berdasarkan nisbah ... 49

5.5 Kendala-Kendala Dalam Melakukan Kemitraan ... 52

5.5.1 Kendala-kendala yang dihadapi UD. Tunas Harapan ... 52

5.5.2 Kendala-Kendala yang dihadapi peternak ayam ras jantan ... 53

VI. KESIMPULAN DAN SARAN 6.1 Kesimpulan ... 55

6.2 Saran ... 56

DAFTAR PUSTAKA ... 58

(15)

xiv

DAFTAR TABEL

Nomor Teks Halaman

1.1 Populasi Unggas Menurut Jenisnya di Bali Tahun 2010-2013 ... 2 3.1 Variabel dan Pengukur Variable Pola Kemitraan antara UD. Tunas

Harapan dengan peternak ayam ras Jantan ... 22 4.1 Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan dan Jenis Kelamin Tahun 2013 . 29 4.2 Penduduk Kecamatan Gianyardan Kecamatan Blahbatuh dirinci

Menurut Kelompok Umur Tahun 2013 ... 30 4.3 Mata Pencaharian Utama Penduduk di Kecamatan Gianyar dan

Kecamatan Blahbatuh Tahun 2013 ... 31 4.4 Jumlah Penduduk di Kecamatan Gianyar dan Kecamatan

Blahbatuh Berdasarkan Tingkat Pendidikan Tahun 2013 ... 32 4.5 Lokasi Peternak Ayam Ras Jantan Di Kabupaten Gianyar ... 33 5.1 Responden Peternak dalam Kemitraan Ayam Ras Jantan Menurut

Kelompok Umur di Kabupaten Gianyarperiode November 2014

sampai Januari 2015 ... 37 5.2 Tingkat Pendidikan Responden Peternak dalam Kemitraan Ayam

Ras Jantan di Kabupaten Gianyar periode November 2014 sampai

Januari 2015 ... 38 5.3 Responden Peternak dalam Kemitraan Ayam Ras Jantan menurut

Jumlah Kepemilikan Ternak Di Kabupaten Gianyar November

2014 sampai Januari 2015 ... 39 5.4 Ukuran Kandang Ayam pada Peternak dalam Kemitraan Ayam

Ras Jantan di Kabupaten Gianyar periode November 2014 sampai

Januari 2015 ... 40 5.5 Pengalaman Beternak Ayam pada Peternak dalam Kemitraan

Ayam Ras Jantan di Kabupaten Gianyar Periode November 2014

sampai Januari 2015 ... 41 5.6 Berat ayam, Waktu Panen dan Harga Ayam Ras Jantan pada Periode

November 2014 sampai Januari 2015 ... 44 5.7 Pengalaman Beternak Ayam pada Peternak dalam Kemitraan

Ayam Ras Jantan di Kabupaten Gianyar Periode November 2014

sampai Januari 2015 ... 45 5.8 Hak UD. Tunas Harapan dan Peternak Ayam Ras Jantan ... 46 5.9 Kewajiban UD. Tunas Harapan dan Peternak Ayam Ras Jantan ... 47 5.10 Nilai Efektifitas Kemitraan Budidaya Ayam Ras Jantan

(16)

xv

5.11 Nisbah Penerimaan dengan Biaya Antara Peternak Ayam Ras Jantan dengan UD. Tunas Harapan Periode November 2014 sampai

(17)

xvi

DAFTAR GAMBAR

Nomor Teks Halaman

2.1 Kerangka Pemikiran Teoristis Pola kemitraan antara UD Tunas

Harapan dengan Peternak Ayam Ras Jantan di Kabupaten Gianyar ... 18 4.1 Struktur Organisasi UD. Tunas Harapan ... 35 5.1 Skema Kemitraan antara Peternak Ayam Ras Jantan dengan

(18)

xvii

DAFTAR LAMPIRAN

Nomor Teks Halaman

1 Data Karakteristik Responden Pemilik UD. Tunas Harapan ... 60 2 Data Karakteristik Responden Peternak ... 61 3 Biaya Produksi pada Usaha Ternak Ayam Ras Jantan

Di Kabupaten Gianyar Periode November 2014 sampai Januari ... 62 4 Biaya Penyusutan Kandang pada Usaha Ternak Ayam Ras Jantan

di Kabupaten Gianyar Periode November 2014 SampaiJanuari 2015 ... 68 5 Biaya penyusutan Peralatan pada Usaha Ternak Ayam Ras Jantan

di Kabupaten Gianyar Periode November 2014 SampaiJanuari 2015 .... 69 6 Total Biaya pada Usaha Ternak Ayam Ras Jantan di Kabupaten

Gianyar Periode November 2014 Sampai Januari 2015 ... 71 7 Produksi dan Penerimaan pada Usaha Ternak Ayam Ras Jantan di

Kabupaten Gianyar Periode November 2014 Sampai Januari 2015 ... 72 8 Total Pendapatan pada Usaha Ternak Ayam Ras Jantan

di Kabupaten Gianyar Periode November 2014 Sampai Januari 2015 ... 74 9 Biaya Variabel pada UD. Tunas Harapan Periode November 2014

sampai Januari 2015 ... 75 10 Biaya Tetap pada UD. Tunas Harapan Periode November 2014

Sampai Januari 2015 ... 76 11 Penjualan Ayam Ras Jantan pada UD. Tunas Harapan Periode

November 2014 Sampai Januari 2015 ... 76 12 Total Pendapatan dan R/C rasio pada UD. Tunas Harapan Periode

November 2014 Sampai Januari 2015 ... 77 13 Dokumentasi Lokasi Penelitian ... 78

Referensi

Dokumen terkait

jarak kedua vortex mengalami perubahan yang kecil. Hal ini terjadi karena vortex masih dalam kestabilan sehingga kemiringan garis a/b pada proses difusi kecil. Hubungan

Oleh itu, kajian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengenai pasti sama ada instrumen psikometrik yang dihasilkan mempunyai kebolehpercayaan bagi tujuan mengukur tahap

 Batu split yang digunakan untuk cor lantai dan untuk struktur lainnya dari pecah mesin atau tangan (bukan split jagung/alami), tidak mudah hancur, tidak

Berdasarkan hal tersebut diperlukan suatu intervensi langsung kepada ibu hamil dan menyusui berupa pemerikasaan kadar hemoglobin dengan pengobatan jika terjadi

Penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan pada karyawan AJB Bumiputera 1912 kantor wilayah malang gaya kepemimpinan direktif, gaya kepemimpinan suportif, gaya

Puji syukur penulis ucapkan atas karunia yang diberikan Allah SWT sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang Pola Hubungan Peran Semantis dalam Kalimat Imperatif

Hal ini berarti anak usia 1-5 tahun hasil penelitian ini mempunyai berat badan dan tinggi badan yang lebih kecil dari berat badan dan tinggi badan anak Amerika pada persentil

Berdasarkan penelitian deteksi cemaran babi pada sediaan kapsul suplemen kecantikan di Kota Yogyakarta dengan metode PCR (Polymerase Chain Reaction) yang