hidup yang berbahagia dan berhasil

Teks penuh

(1)

hidup yang berbahagia dan berhasil

Article source from http://www.renunganharianonline.com/

ayat bacaan: Mazmur 1:1-3

“Berbahagialah orang yang tidak berjalan

menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.”

Apa yang seharusnya menjadi pegangan kita untuk sebuah kehidupan yang bisa dikatakan bahagia dan berhasil? Apa yang saya maksud dengan bahagia dan berhasil disini bukanlah secara sempit berbicara mengenai finansial seperti yang biasanya dipikirkan mayoritas orang ketika mendengar kata ini. Berhasil yang saya maksud berbicara dalam skala yang lebih luas dalam banyak aspek. misalnya diberkati secara finansial tapi disertai kuasa menikmati, tidak berkekurangan, memperoleh berkat lewat pekerjaan atau profesi lalu menjadi saluran berkat bagi orang lain, keluarga yang bahagia, kehidupan penuh damai sejahtera bebas dari rasa takut dan berisi peningkatan-peningkatan signifikan seiring waktu dan sebagainya.

semua orang tentu merindukan bentuk kehidupan seperti itu, tapi sedikit saja yang bisa mendapatkannya. Apakah Tuhan hanya mau memberikan keberhasilan bagi segelintir orang saja? Tentu tidak. Tuhan sangat ingin semua anaknya bisa merasakan hal seperti itu. masalahnya ada banyak orang yang salah arah dalam mengejar keberhasilan. Ada yang mengandalkan orang lain, hanya bertumpu pada diri sendiri atau kepemilikan atas harta benda. Ada yang salah menempatkan prioritas, ada pula yang mencari untuk kepentingan-kepentingan pribadi. semua ini seringkali terjadi karena mereka tidak tahu apa yang menjadi kunci utama sebuah keberhasilan, padahal Firman Tuhan sudah memberikan kunci itu ribuan tahun yang lalu.

mari perhatikan ayat berikut ini yang diambil dari tiga ayat pertama dalam kitab mazmur yang panjang. “Berbahagialah orang yang tidak

berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang

spring of pleasant surprises

psalm 90:14

“Surprise us with love at daybreak; then we’ll skip and dance all the day long.” (MSG)

Mazmur 90:14

“Kenyangkanlah kami di waktu pagi dengan kasih

setia-Mu, supaya kami bersorak-sorai dan bersukacita semasa hari-hari kami.”

(2)

diperbuatnya berhasil.” (Mazmur 1:1-3).

Ayat ini secara jelas membeberkan rahasia untuk memperoleh hidup yang berhasil, yang seharusnya bisa kita jadikan pegangan agar bisa kita peroleh. Ayat ini memberi sebuah kunci penting mengenai kehidupan yang berbahagia dan penuh dengan keberhasilan, sebuah bentuk hidup yang kita semua dambakan sekaligus yang Tuhan inginkan untuk kita miliki.

mari kita telaah rangkaian ayat ini. Pertama kita diingatkan untuk menjadi orang yang: (1) tidak berjalan menurut orang fasik, artinya tidak mengikuti kebiasaan-kebiasaan dan gaya hidup dari orang yang tidak mengenal Tuhan, (2) tidak berdiri di jalan orang berdosa, artinya tidak ikut-ikutan melakukan dosa atau mencontoh perbuatan-perbuatan orang berdosa, dan (3) tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, artinya tidak bergaul di kalangan orang-orang yang menghina Tuhan baik lewat ucapan maupun perbuatan. Perhatikan bahwa kita hidup di dunia yang isinya penuh dengan orang-orang bertipe seperti itu. Kemanapun anda pergi anda akan mudah bertemu dengan ketiga jenis ini. Yang sulit justru menemukan orang-orang yang menunjukkan sikap atau cara hidup sebaliknya. Karena tipikal buruk ini yang lebih banyak, maka kalau tidak waspada kita bisa terseret arus bergaul dengan mereka, dan kalau tidak kuat, maka kita bisa ikut-ikutan seperti cara hidup mereka yang salah. maka berbahagialah kita yang tidak bergaul dengan tipikal seperti itu.

Lantas bagian berikutnya menyatakan apa yang seharusnya kita lakukan, kemana kita seharusnya mendasarkan hidup, yaitu orang yang: (1) kesukaannya ialah Taurat Tuhan dan (2) merenungkan Taurat itu siang dan malam. ini mengacu kepada sebuah keputusan untuk berakar pada perintah atau ketetapan Tuhan, selalu mendasarkan apapun yang kita kerjakan agar tidak melenceng dari ketetapan Tuhan itu

alias menjadi pelaku-pelaku Firman. Kita tidak bisa menjadi pelaku Firman apabila kita tidak mendalami makna-makna yang terkandung dalam Firman Tuhan. Ada orang yang berpikir bahwa membaca dan mendengar selintas sudah cukup, padahal itu tidak akan pernah cukup untuk bisa membuat hidup kita kuat berakar pada ketetapan Tuhan. Agar bisa teraplikasi secara nyata, kita perlu menghidupi firman Tuhan dengan sepenuhnya dan terus membiasakan diri untuk merenungkannya siang dan malam. Ayat ini bukan menganjurkan kita untuk tidak bersosialisasi dan terus mengurung diri, tetapi agar kita memperhatikan betul pergaulan kita dan apa yang seharusnya menjadi dasar dan pedoman dalam menjalani hidup.

Jika bagian ini sudah jelas, mari kita lihat apa hasilnya. dalam ayat 3 dikatakan: “Ia

seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air.”

Bayangkan sebuah pohon yang ditanam tidak jauh dari akses mendapat air. sebuah pohon yang mudah memperoleh air tentu akan tumbuh subur dan baik. Layaknya pohon, orang yang dekat dengan sumber mata air kehidupan akan: (1) menghasilkan buahnya pada musimnya, (2) tidak layu daunnya dan (3) apa saja yang diperbuatnya berhasil. orang-orang yang sudah mengaplikasikan dua ayat pertama akan terus menghasilkan buah-buah dalam hidupnya, tidak akan pernah layu alias terus hidup disertai kebahagiaan, damai sejahtera dan sukacita, bukan kekecewaan atau kepahitan, dan dengan jelas ayat ini mengatakan bahwa apapun yang diperbuat akan membawa hasil yang baik, baik untuk diri sendiri, keluarga maupun memberkati orang lain.

Anda merindukan sebentuk hidup yang bahagia dan penuh keberhasilan? Tiga ayat awal pembuka kitab mazmur sudah memberikan kuncinya bagi anda. Ingatlah bahwa “iman

(3)

“Every drought in your life is only temporary. An abundant rain is coming; that dry season is

coming to an end.” ~ Joel osteen

“Learn from yesterday, live for today, hope for tomorrow. The important thing is not to stop

questioning.” ~ albert einstein

MonuMen Kesusahan

J

ika biasanya monumen berwujud

sosok tokoh, pejuang, pahlawan dan sebagainya, dikota Enterprise, Alabama, Amerika serikat ada monumen yang unik. monumen untuk HAmA. monumen itu disebut “MONUMEN KUMBANG KAPAS”. Patung di monumen itu berbentuk KUmBAng KAPAS, sejenis HAMA yang biasa menyerang tanaman KAPAS. Lebih aneh lagi, dibawahnya tertulis: “Monumen ini didirikan, Sebagai

penghormatan kepada kumbang kapas, atas jasanya sebagai pembawa KESEJAHTERAAN warga Enterprise.”

mengapa HAmA dijadikan monumen? Dulu, cukup lama, EKONOMI kota itu tergantung pada PeRKeBUnAn KAPAs. Tapi pada tahun 1918, panen KAPAS musim itu gagal total akibat serangan KUmBAng KAPAS. Hampir semua petani bangkrut, tapi mereka tidak putus asa. mereka justru banting setir menanam tanaman KACANG. Dan ternyata, dari panen KACANG inilah, kota ini meraih KEMAKMURAN, jauh melebihi

sebelumnya.

Beranikah anda melakukan hal serupa? Anda tidak perlu membangun sebuah monumen atau tugu, tetapi beranikah anda BERSYUKUR untuk masalah, kegagalan, sakit dan hal-hal tak mengenakkan lain yang terjadi dalam hidup anda?

Bagaimana ini mungkin? Ketika kita sadar, bahwa ALLAH turut bekerja dalam segala sesuatu bagi kita yang mengasihi DIA, sadarilah jika masalah yang iA izinkan terjadi pada kita juga dimaksudkan untuk KeBAiKAn. mari ingat-ingat lagi, adakah hal-hal yang DULU terasa begitu menyakitkan, tetapi SEKARANG, kita sadar bahwa itu adalah cara-NYA untuk “mengangkat” kita? Mungkin, tak ada salahnya juga kita membangun “momumen” untuk mengingat hal itu, agar ketika suatu saat kita mengalami MASALAH LAIN, kita ingat, bahwa masalah juga bisa menjadi CARA ALLAH agar kita meraih TeRoBosAn-HidUP.

Bersyukurlah, karena melalui MASALAH, kita dilatih menjadi mAKin KUAT.

oleh firman Kristus.” (Roma 10:17), lantas

ingat pula bahwa iman harus disertai dengan perbuatan karena iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong (Yakobus 2:20), bahkan mati (Yakobus 2:26). Mari kita renungkan baik-baik ayat ini. Jadilah orang-orang yang berbahagia dan berhasil dengan tidak salah bergaul dan menjadi pelaku-pelaku Firman.

Terus dasari langkah anda sesuai ketetapan Tuhan, disanalah anda akan mengalami sebuah kehidupan yang berbeda dari apa yang selama ini dipercaya oleh dunia.

Kehidupan yang berbahagia dan berhasil adalah kehidupan yang berakar/berpusat pada firman tuhan

(4)

m

emperoleh PendidiKAn adalah hak bagi setiap orang. Tapi tidak semua setuju akan hal tersebut. itulah kenyataan yang harus diterima oleh mALALA YOUSAFZAI. Pada 9 Oktober 2012 lalu, gadis belia asal Pakistan ini ditembak kepala dan lehernya oleh sekelompok orang yang tidak setuju adanya PendidiKAn bagi KAUm WANITA. Meski terluka parah, MALALA lolos dari maut.

setelah sekian lama menjalani pengobatan dan pemulihan, ia menghadiri inTeRnATionAL YoUTH AssemBLY di New York, Amerika Serikat. Disitu ia tidak cuma menegaskan komitmennya untuk terus berjuang bagi PENDIDIKAN, tapi ia juga menyatakan bahwa samasekali tidak menaruh dendAm pada para pelaku.

BERBICARA soal PENGAMPUNAN adalah mudah. Tapi memBeRiKAn. PengAmPUnAn kepada orang yang pernah menyakiti kita, TidAK akan pernah mUdAH. sebab untuk BISA mengampuni, kita perlu KEBERANIAN,

KAsiH dan KesAdARAn kalau setiap orang pasti PeRnAH melakukan kesalahan dalam hidup ini. Disisi lain, PENGAMPUNAN tidak cuma berbicara soal KesediAAn kita mengATAKAn: “Aku mengampunimu”, juga kesediaan kita untuk meLePAsKAn HAK melakukan PemBALAsAn. memang tidak mudah, tapi akan menjadi sangat mudah bila kita mampu memAHAmi alasan utama mengapa harus memberikan pengampunan.

Alasannya, karena kita sendiri telah diampuni Tuhan. Jadi, kalau Tuhan bersedia mengampuni kesalahan kita yang jumlahnya amat banyak, mengapa kita tidak bersedia mengampuni kesalahan oRAng LAin yang jumlahnya tidak seberapa itu? mari kita tunjukkan kepada sesama dengan memBeRi PengAmPUnAn secara tulus. Lakukanlah itu, maka hidup kita pasti akan lebih DAMAI seJAHTeRA.

PENGAMPUNAN itu indah, tapi cuma orang BeRJiwA BesAR yang mampu melakukannya.

Melepas pengaMpunan

1. orang-orang yang PALing BAHAgiA tidak memiliki yang TeRBAiK dalam segala hal. mereka menjadikan segala hal yang mereka miLiKi...TeRBAiK!

2. KASIHILAH sesamamu manusia, seperti dirimu sendiri. dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang PeRBUAT kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka.

3. Kadang-kadang hal-hal BURUK Tuhan hadirkan kedalam hidupmu, untuk mengingatkanmu pada hal-hal BAIK, yang lupa kamu sYUKURi.

5. Terkadang kamu harus MENYADARI, ada beberapa orang yang TidAK BisA MASUK ke-kehidupanmu, tak peduli betapa kamu menginginkan mereka. 6. Dalam HIDUP, jika kamu TIDAK BAHAGIA dengan dirimu sendiri, kamu TidAK AKAn PeRnAH BAHAgiA dengan apa yang kamu miliki.

7. Hati yang EGOIS, mengasihi karena ingin mendAPATKAn sesuatu. Hati yang serupa KRISTUS, mengasihi, karena ingin memBeRi sesuatu.

(5)

s

ebuah layang-layang baru saja selesai dibuat. Pemiliknya membawa ia ke lapangan terbuka. secara perlahan dan pasti layang-layang itu menemukan dirinya terbang semakin lama semakin tinggi. Ketika ia mengangkat wajahnya menengadah ke langit, ia berteriak gembira; “Wuaahhh, langit yang biru. Aku akan

terbang tinggi sampai ke ujung sana.”

Namun tiba-tiba ia merasa bahwa perjalanannya kini agak tersendat dan menjadi berat. ia tidak bisa bergerak lebih tinggi dan tak mampu maju lebih jauh lagi. Ketika ia menundukkan kepalanya, barulah ia tahu kalau pemiliknya memegang kuat ujung benang dan benang itulah yang membuatnya tak bisa terbang tinggi.

Layang-layang itu menjadi amat marah. “Mengapa ia tidak melepaskan aku? Bila

aku dilepaskan secara bebas, aku pasti akan terbang lebih tinggi menembus awan-awan yang ada jauh di atas sana.”

demikian layang-layang itu berontak.

Tiba-tiba tali benang terputus dan ternyata bukan kenikmatanlah yang dia peroleh, sebaliknya ia kini jungkir balik terbang tak teratur dibawa angin. Angin kencang datang menghembus, dan ia jatuh tersangkut di atas sebatang pohon. Rangka-rangkanya patah. Kertas-kertasnya sobek. ia kini menjadi seonggok sampah yang tak berguna.

Saudaraku, Tuhan memang memberikan kita talenta dan kesempatan, baik sekali bila kita menyadarinya serta kita kembangkan semaksimal mungkin. namun ingatlah segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita, adalah TUHAn “yang memegang kendali”. maka saat kita berada dalam titik tertinggi dalam kehidupan kita hendaklah tetap rendah hati dan selalu ingat bahwa Tuhan adalah yang mahatinggi, kemuliaanNya mengatasi langit. Karena pada saat seseorang berkata bahwa ia paling hebat dan kuat, saat itulah merupakan awal ia tidak menyadari bahwa ia diambang kehancurannya.

(6)

roCK Ministry

KoMunitas MesianiK (KM)

Every 1st and 3rd Friday, 07.30 PM

KM abrahaM

Ibu Helen+65 9628 3796 (East Coast) Every Wednesday, 07.30 PM

KM daniel Ervita +65 8173 9355 Every Thursday, 07.30 PM KM John the baptist Lenny +65 9457 7470 (Ang Mo Kio)

Every Friday, 07.30 PM KM daVid

Sumarto +65 9144 6605 (Tiong Bahru) KM saMuel

Chandra +65 9876 1781 (Bradell) KM Joseph

Alink +65 9066 4130 (Toa Payoh) KM Woodlands Ferdi +65 8510 7534 (Woodlands)

grand parK hotel

270 Orchard Road, Singapore 238857 nearest Mrt:

Orchard MRT

(exit a - Tangs/Lucky Plaza)

Somerset MRT (exit b - 313)

hoW to get us...

For more information:

email: gbirock.sg@gmail.com | web: www.rocksg.org | Tel: (+65) 6251 5378 Pak Harry Pudjo: (+65) 8138 6320 | ibu Tammie: (+65) 8428 3739

ROCK MINISTRY SINGAPORE COVERED BY: Enjoy Church

sunday serViCe Sunday, 10.00 AM Grand Park Hotel, Ballroom Level 4

youth / bibble study Saturday, 05.00 PM Chandra +65 9876 1781 or Andre +65 8296 6730 Children’s ChurCh Sunday, 10.30 AM Alink +65 90664130 WoMen gathering 2nd & 4th Thursday, 10.30 AM 18 Newton Rd #23-03 (kediaman Ibu Linda) Ferdi +65 8510 7534 prayer Meeting Saturday, 12.30 PM Coronation Rd 21A (kediaman bapak gembala) Ida +65 9234 9771

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :