• Tidak ada hasil yang ditemukan

BAB IV PEMBAHASAN DAN HASIL PENELITIAN

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "BAB IV PEMBAHASAN DAN HASIL PENELITIAN"

Copied!
28
0
0

Teks penuh

(1)

47

BAB IV

PEMBAHASAN DAN HASIL PENELITIAN

4.1 Gambaran Umum Objek Penelitian

Coca-Cola pertama kali diperkenalkan pada tanggal 8 Mei 1886 oleh John Styth Pemberton, seorang ahli farmasi dari Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Dialah yang pertama kali mencampur sirup karamel yang kemudian dikenal sebagai Coca-Cola.

4.1.2 Visi dan Misi

Visi kami berfungsi sebagai kerangka bagi kami Roadmap dan panduan setiap aspekn dari bisnis kami dengan menjelaskan apa yang perlu kita capai untuk terus mencapai yang berkelanjutan, pertumbuhan yang berkualitas.

1. Orang : Jadilah tempat yang bagus untuk bekerja di mana orang terinspirasi untuk menjadi yang terbaik mereka dapat.

2. Portofolio: Bawa ke dunia portofolio merek minuman kualitas yang mengantisipasi dan memuaskan keinginan rakyat dan kebutuhan.

3. Mitra: Pemeliharaan jaringan memenangkan pelanggan dan pemasok, bersama-sama kita menciptakan saling, nilai abadi.

(2)

4. Planet: Jadilah warga negara yang bertanggung jawab yang membuat perbedaan dengan membantu membangun dan dukungan masyarakat yang berkelanjutan.

5. Profit: return jangka panjang maksimalkan untuk pemilik saham saat sedang memperhatikan tanggung jawab kami secara keseluruhan.

6. Produktivitas: Menjadi organisasi yang sangat efektif, ramping dan bergerak cepat.

4.1.2 Misi The Coca-Cola

Kami Roadmap dimulai dengan misi kami, yang abadi. Ia menyatakan tujuan kita sebagai sebuah perusahaan dan berfungsi sebagai

standar yang kita menimbang tindakan kita dan keputusan. 1. Untuk memperbarui dunia

2. Untuk menginspirasi saat optimisme dan kebahagiaan 3. Untuk menciptakan nilai dan membuat perbedaan

Menurut kelompok kami, visi dan misi perusahaan Coca-cola sesuaidengan realita apabila dibandingkan dengan kemajuan perusahaan coca-cola saatini sehingga tidak diperlukan adanya revisi dari kelompok kami. Dalam penjabaran visi dan misinya perusahaan tersebut memperhatikan berbagai aspek,diantaranya corporate social

(3)

49

responsibilities, lingkungan, dan berbagai kepentingan perusahaan untuk menuju keberhasilan.1

4.1.3 Coca-Cola Amatil Indonesia

Selain bertindak sebagai produsen dan distributor, perusahaan kami juga memasarkan dan menjual produk Coca-Cola melalui lebih dari 120 pusat penjualan yang tersebar di seluruh Indonesia, memastikan bahwa produk kami selalu tersedia di mana saja, kapan saja. Saluran penjualan kami terdiri dari Foodstores (supermarket dan mini market di seluruh Indonesia) dan General Trade (outlet tradisional). Dan dengan terbatasnya sumber daya dan kemampuan untuk melakukan pengembangan daerah tertentu, sekaligus berkomitmen untuk menciptakan peluang kerja yang luas di sektor informal, Coca-Cola Amatil Indonesia juga terdorong untuk secara serius dan berkesinambungan mengembangkan jaringan Distribusi Tak Langsung (Indirect Distribution) berbasis Usaha Kecil dan Menengah (UKM) melalui Manage Third Party (MTP) model di Indonesia. Sementara melalui saluran(Modern ImmediateConsumption) MIC, kami bekerjasama dengan berbagai hotel, restoran, dan café ternama untuk memberikan penawaran menarik kepada para konsumen.

Semua produk yang dijual dan didistribusikan oleh Coca-Cola Amatil Indonesia diproduksi langsung di Indonesia. Produk kami berasal dari

(4)

bahan baku pilihan berkualitas tinggi dan diproses melalui beberapa tahap: penyiapan bahan, pencampuran, pencucian, pengisian dan penutupan, pengkodean, pemeriksaan, pengemasan, dan pengangkutan.

Saat ini ada delapan pabrik pembotolan yang tersebar di seluruh Indonesia, yaitu di Cibitung-Bekasi, Medan, Padang, Lampung, Bandung, Semarang, Surabaya dan Denpasar.Semua pabrik diwajibkan untuk mematuhi dan bahkan kerap kali melampaui standarisasi internasional dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pabrik kami juga teratur melaksanakan audit di bidang pengawasan mutu, lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja. Selama ini pabrik-pabrik kami di Indonesia telah menerima berbagai penghargaan dari The Coca-Cola Company atas pencapaian standar yang melampaui pabrik-pabrik sejenis di dunia. Atas kebanggan ini, kami membuka kesempatan bagi semua orang yang ingin melihat langsung proses produksi kami yang higienis dan berkualitas.

The Coca-Cola Company merupakan perusahaan air minum terbesar di dunia, yang memberikan kesegaran melalui lebih dari 500 merek minuman. Berbagai produk yang telah dikenal di masyarakat diantaranya Fanta, Sprite, Coca-Cola Zero, Minute Maid, Ades dan masih banyak lagi. Dengan komitmen untuk melakukan inovasi menuju Sustainable Packaging (kemasan yang berkelanjutan), konsumennya yang ada di 200 negara dapat menikmati minuman hasilnya setiap hari. Selain itu berbagai inovasi baru yang akan dibuat bisa dinantikan. Salah satu produknya, Ades

(5)

51

botol kemasan hingga 8%. Tujuan peluncuran kemasan barun ini juga mengajak para konsumen untuk memulai sebuah langkah kecil bagi lingkungan melalui tiga cara yang mudah dan seru. Karena kandungan plastiknya yang lebih sedikit, botol kemasan Ades 600 ml memakai bahan plastik yang lebih sedikit sehingga mudah diremukkan. Dengan volume botol kosong yang lebih kecil setelah diremukkan, maka akan menghemat ruang di tempat sampah. Dan selanjutnya juga menghasilkan jejak emisi karbon yang lebih kecil saat sampah tersebut diangkut.

Dengan tampilan baru ini, Ades memiliki misi mulia untuk menjadikan Indonesia lebih baik melalui tindakan sederhana untuk lingkungan. mudah sekali diremukkan. Ada tiga ritual yang wajib dilakukan ketika ingin meminum air mineral ini yaitu Pilih, Minum, Remukan. Meremukkan botol minuman bekas pakai akan memberikan lebih banyak ruang pada tempat sampah.

Selain memberikan minuman berkualitas terbaik, dengan desain ramah lingkungan Ades juga memberikan kesempatan bagi konsumen untuk turut mengambil sebuah langkah yang memberikan perubahan. Ades ingin menyasar para generasi muda yang memiliki kekuatan untuk melakukan perubahan, terbuka terhadap peluang baru, dan siap mewujudkannya dalam tindakan nyata. Harapannya, mereka juga lebih kritis dalam membeli produk yang akan dikonsumsi.2

(6)

4.2 Identifikasi dan Klasifikasi Tanda

Identifikasi dan klasifikasi tanda pada penelitian ini dilakukan dengan mengadaptasi jeni-jenis tanda berdasarkan hubungan objek dengan tanda yang dikemukakan oleh Peirce.

Pada teks iklan air mineral ades dapat diidentifikasi dan diklasifikasi beberapa jenis tanda dalam struktur teks sebagai unit analisa yang diteliti. Ini dapat dilihat pada table 4.1 berikut ini.

Jenis tanda Penjelasan Unit analisa

Icon (tanda berhubungan dengan objek

karena adanya keserupaan, contoh peta, potret

- Gambar pria yang sedang minum

- Gambar tangan yang meremukan botol - Gambar botol yang

remuk muncul daun - Gambar kemasan produk - Gambar latar belakang

iklan

Indeks (adanya kedekatan eksistensi antara tanda dengan objek atau adanya hubungan sebab akibat contohnya sebuah tiang penunjuk jalan, ada asap maka ada api)

- Gambar tangan yang memegang botol - Gambar tangan yang

meremukan botol - Warna identitas

kemasan dan bentuk botol

- Gambar pria muda mengadap samping - tangan yang terangkat

sambil memegang botol yang ingin diminum

(7)

53

keseluruhan - Botol yang remuk

muncul daun Simbol (hubungan ini bersifat konvesional

dalam artian adanya persetujuan tertentu antara para pemakai tanda, contohnya adalah bahasa, bendera

Teks Headline, teks body copy, taks tagline, nama produk, baseline

(8)

Objek Tanda Interpretan

Gambar pria Sosok pria tersebut

merupakan peria sehat, terlihat dari fisik, wajah, pakaian. Ini merupakan manifestasi dalam

segmentasinya menjangkau kalangan muda, sesuai dengan produk yang diiklankan yaitu air mineral.

Gambar tangan yang

sedang meremukan

botol

Kepedulian akan tindakan. Hal ini mengarah kepada tindakan ramah lingkungan

karna dari tindakan

tersebut bisa mengurangi

beban sampah botol

plastik.

4.3 Hasil Penelitian

(9)

55

Dari identifikasi dan klasifikasi diatas ditemukan beberapa tanda tipe ikon pada iklan air mineral ades. Tanda-tanda bersama maknanya dijelaskan melalui adaptasi dari segitiga elemen makna Peirce.

Gambar botol yang remuk muncul daun

Menggambarkan pohon

yang tumbuh dengan botol pelastik yang setelah diremukan muncul daun. gambar botol yang remuk muncul daun.

Gambar kemasan

produk

Fisik produk dengan

tampilan rasionalnya. Untuk segala keperluan konsumenya

Gambar latar belakang iklan

Keseluruhan latar belakang iklan ini, seperti potongan foto yang dirangkai untuk menunjukan arah atau jalan. Dengan berbagai

macam gambar yang

disatukan menjadi iklan.

4.3 Hasil Penelitian

(10)

Tanda tipe ikon pertama terdapat tanda berupa visual gambar anak muda, berdasarkan hubungan tanda dan objek dirujuk sama-sama gambar anak muda. Disini interpretannya sosok pria tersebut merupakan peria muda yang sehat, terlihat dari fisik, wajah, pakaian. Ini merupakan manifestasi dalam segmentasinya menjangkau kalangan muda, dari sosok anak muda tersebut sangat terlihat bahwa anak muda ini merupakan anak muda yang sehat, bersih dan rapih, sesua dengan produk yang diiklankan yaitu air mineral.

Tanda tipe ikon kedua terdapat gambar tangan yang sedang meremukan botol, disini interpretannya mengarah kepada kepedulian akan tindakan yang dapat mengurangi beban sampah botol plastik. Hal ini mengarah kepada tindakan ramah lingkungan karna dari tindakan tersebut bisa mengurangi beban sampah botol plastik.

Tanda tipe ikon ketiga gambar botol yang remuk muncul daun. Disini interpretannya mengarah kepadan pohon yang tumbuh, dengan botol plastik yang setelah diremukan muncul daun. kreativitas merupakan hal yang tidak ada batasannya, karna apa yang dibuat dengan kreatifitas akan memunculkan ide-ide yang baru. Seorang creator iklan harus mengetahui aspek-aspek penting dalam iklan dan akan lebih mudah merumuskan inti pesan iklan yang disajikan melalui elemen-elemen iklan. Tujuannya agar sasaran yang dituju benar-benar mengerti maksud dari iklan tersebut.

Tanda ikon kempat gambar kemasan produk. Interpretannya berkenaan dengan keberadaan fisik produk. Dimana tanda ini digunakan untuk

(11)

57

menyampaikan eksistensi produk yang diiklan kan tersebut. Kemasan yang seperti kita lihat yakni kemasan plastik , tampilan ini ingin menunjukan suatu tampilan rasional yang bertumpu pada kemudahan konsumen untuk memilih produk sesuai kebutuhannya.

Tanda tipe ikon kelima gambar latar belakang iklan dari elemen visual iklan air mineral ades, Keseluruhan latar belakang iklan ini, seperti potongan foto yang dirangkai untuk menunjukan arah atau jalan. Dengan berbagai macam gambar yang disatukan menjadi iklan. Dengan berbagai macam warna seperti hijau, biru, putih yang menunjukan kesan alami, bersih, sehat dari latar belakang iklan tersebut.

(12)

Makna tanda Tanda tipe indeks

Objek Tanda Interpretan

Gambar tangan yang memegang botol

Dari gambar tersebut apa yang dipegang merupakan air mineral, tujuan apa yang dipegangnya menandakan

orang tersebut ingin

meminum air mineral dalam kemasan yang dia pegang. Gambar tangan yang

meremukan botol

Mempunyai tujuan yang baik, terlihat digambar

meremukkan botol

minuman bekas pakai akan memberikan lebih banyak ruang pada tempat sampah.

Warna identitas

kemasan dan bentuk botol

(hijau,hitam,kuning,b otol plastic bening)

Botol plastic merupakan media yang sangat praktis dalam penggunaannya dan juga bisa berdampak bagi lingkungan.

Serta warna kemasan

(13)

59

melambangkan kesuburan, kemakmuran, perubahan. hitam yang melambangkan

perlindungan. Kuning

melambangkan optimis

serta dekat dengan

keberadaan emas yang menunjukan minuman ini sangat berharga.

Gambar pria muda mengadap samping

Sosok laki-laki muda yang bersih, ramah, segar, menunjukan sosok laki-laki

yang sehat dalam

kehidupannya. Dengan

menghadap kesamping yang menggambarkan minatnya akan sesuatu yang dilihat yang menjadi menarik perhatiannya. Tangan yang terangkat keatas, memegang botol air mineral, dan mengarahkan ke mulut menandakan pria tersebut

(14)

ingin minum air mineral yang ia pegang.

tangan yang terangkat

sambil memegang

botol yang ingin diminum

Tangan yang terangkat keatas, memegang botol air mineral, dan mengarahkan ke mulut menandakan pria tersebut ingin minum air mineral yang ia pegang untuk memenuhi kebutuhan

cairan tubuh setelah

beraktifitas.

Pakaian dan

warnanya

Pakaian yang menarik

terlihat rapih untuk

menunjang penampilan

sebagai pria sehat dan bersih. Berwarna biru langit yang memberikan kesan kedamaian, kepercayaan diri, tenang menekankan keinginan. Dan Putih berarti

(15)

61

bersih.

Background visual keseluruhan iklan (biru, hijau, putih)

Biru menunjukan

kedamaian. Hijau

menunjukan perubahan.

Putih menunjukan kesucian. Dari makna warna dan

situasi alam terbuka

tersebut yang terciptanya kesatuan dalam background

visual yang sangat

diperlukan sehingga secara keseluruhan tampak selaras, harmonis, kesegaran dan nyaman untuk dipandang. Botol yang remuk

muncul daun

Pemanfaatan botol yang

diremukan mempunyai

tujuan agar bisa mengurangi

volume botol plastic

ditempat sampah dan pada

objek tersebut

(16)

pohon yang tumbuh subur.

Dari identifikasi dan klasifikasi diatas ditemukan beberapa tanda tipe icon pada iklan air mineral ades. Tanda-tanda bersama maknanya dijelaskan melalui adaptasi dari segitiga elemen makna Peirce.

Pada tanda indeks pertama memegang yang dipegang merupakan air mineral, tanda ini mengacu kepada tujuan yang menandakan orang tersebut ingin meminum air mineral dari kemasan yang dia pegang.

Pada tanda indeks kedua tangan yang sedang meremukan botol menandakan suatu tindakan bagi pengurangan ruang gerak botol yang setelah diremukan akan menjadi lebih kecil, tindakan tersebut menunjukan orang yang meremukan botol mempunyai kepedulian akan lingkungan karna botol pelastik normal lebih besar dan bisa memenuhi tempat sampah, tetapi dengan diremukan botol plastic tersebut akan mengecil dan mengurangi volume sampah pada tempatnya.

Pada tanda indeks ketiga kemasan, ada tanda-tanda berupa warna identitas produk. Secara indeksial warna ini mengacu pada keberadaan produk. Dari warna produk interpretan yang terbentuk adalah warna hijau sendiri melambangkan kesuburan, kemakmuran, perubahan. hitam yang melambangkan perlindungan.

(17)

63

Kuning melambangkan optimis serta dekat dengan keberadaan emas yang menunjukan minuman ini sangat berharga. Dan bentuk botol tersebut yaitu botol plastic yang merupakan media yang sangat praktis dalam penggunaannya dan juga bisa berdampak bagi lingkungan. Dengan warna hijau yang mendominasi pada produk serta membedakannya dengan produk pesaing, dipositioningkan sebagai produk lingkungan hidup karna identik dengan warna hijau.

Pada tanda indeks keempat gambar pria muda menghadap samping, interpretannya mengarah kepada sosok laki-laki muda yang bersih, ramah, segar, menunjukan sosok laki-laki yang sehat dalam kehidupannya. Dengan menghadap kesamping yang menggambarkan minatnya akan sesuatu yang dilihat yang menjadi menarik perhatiannya. Keberadaan pria tersebut menandakan produk air mineral ini menjangkau sasaran anak muda karna kebanyakan anak muda ingin yang praktis dan mudah.

Pada tanda indeks kelima tangan yang terangkat keatas memegang botol yang ingin diminum, Tangan yang terangkat keatas, memegang botol air mineral, dan mengarahkan ke mulut menandakan pria tersebut ingin minum air mineral yang ia pegang untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setelah beraktifitas.

Pada tanda indeks keenam pakaian dan warna, pakaian ini menunjukan secara jelas objek seorang pria muda yang modis, dan trend, sehingga memberikan kesan pria yang menjaga penampilan dirinya agar terlihat sehat. Pakaian Berwarna biru langit yang memberikan kesan kedamaian, kepercayaan diri, tenang dan menekankan keinginan. Interpretan yang terbentuk dengan

(18)

penampilan yang terlihat terlihat modis dan trend akan menunjang penampilan dirinya agar lebih terlihat percaya diri.

Pada tanda indeks ketujuh yaitu background visual keseluruhan iklan berwarna biru, hijau, putih. Latar belakang gambar menunjukan suatu arahan dan situasi di alam terbuka, alam identik dengan yang indah-indah dan akan memberikan kesan kesegaran ketika minum air mineral. Disatu sisi ramah lingkungan tetap mewarnai seluruh keadaan latar belakang iklan yang artinya adanya pengaruh alam yang cukup besar dalam memberi keindahan dan kesegaran.

Pada tanda indeks kedelapan yaitu botol yang remuk muncul daun. Interpretan yang terbentuk menggambarkan seperti pohon yang tumbuh. Secara indeksial tanda ini mengacu pada konsep go green yang mengarah pada gerakan untuk menghijaukan lahan yang sudah mulai berkurang akibat tindakan penebangan hutan dan pembukaan lahan. Dengan menggunakan gambar tersebut iklan ini mendukung sebuah tindakan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

(19)

65

Makna tanda tanda simbol

Objek Tanda Interpretan

Headline yang bertuliskan angka 1 dengan kata pilih

Mengarahkan konsumen kepada suatu pilihan dengan cara satu persatu penjelasannya dan angka

satu yang menjadi

awalannya. Headline yang

bertuliskan angka 2 dengan kata minum

Angka dua merupakan cara yang kedua dalam urutan angka, dengan kata yang bertuliskan

minum konsumen

diarahkan untuk minum. Headline yang

bertuliskan angka 3

dengan kata

meremukan

Setelah angka dua

bertahap berikutnya angka tiga, dengan kata

yang bertuliskan

remukan, meremuk

merupakan suatu hal yang menghancurkan. Body copy dengan menunjukan pada si

(20)

tulisan air mineral berkualitas dari The Coca Cola Company

produk yg ingin

menyampaikan pesan

kepada konsumennya

bahwa air mineral ini

sangat berkualitas

karena diproduksi dari perusahaan yang sangat terkenal yaitu the coca-cola company.

Body copy dengan tulisan nikmati teguk demi teguk kesegaran rasanya

sangat meyakinkan

konsumen ketika di minum akan merasakan nikmatnya kesegaran dari air mineral tersebut. Body copy dengan

tulisan botol yang diremukan memakai lebih sedikit ruang

ketika suatu benda yang lunak diremukan akan menjadi lebih kecil dari semula benda tersebut

sebelum diremukan.

Berarti akan ada hasil

dari apa yang

(21)

67

Nama produk dan logo

menyatakan suatu

identitas, membedakan sebuah produk dengan produk lainnya. Logo

merupakan cerminan

dari produk dalam hal

mempertegas atau

bertanggung jawab atas isi pesan perusahaan, logo tersebut seperti

menyerupai desain

kincir angin dengan

warna hijau yang

berkesan alami. Logo

tersebut merupakan

Simbol yang digunakan dalam konteks agama, sejarah dan budaya oleh

Yahudi, Hindu,

(22)

Tagline

Langkah kecil

memberikan perubahan

Menunjukan semangat hidup. Mempunyai arti dengan langkah kecil kita bisa melakukan perubahan yang berarti bagi diri kita dan semua orang.

Baseline

www.coca-cola.co.id/ades

Memberikan informasi dari internet mengenai profil prusahaannya Baseline

„ades‟, desain-desain kincir, botol remuk dan botol remuk

dengan tanaman

adalah merek-merek dagang milik The Coca-cola Company

Menegaskan kepada

konsumen bahwa

produk air mineral ades ini merupakan merek dagang dari The Coca-cola Company

Dari identifikasi dan klasifikasi diatas ditemukan beberapa tanda tipe simbol pada iklan air mineral ades. Tanda-tanda bersama maknanya dijelaskan melalui adaptasi dari segitiga elemen makna Peirce.

(23)

69

Makna tanda simbol pertama headline, terdapat tiga headline yang ada di iklan air mineral ades, yang pertama pilih kata pilih ini mengarahkan konsumen kepada suatu pilihan dengan cara satu persatu penjelasannya dan angka satu yang menjadi awalannya. Headline yang kedua minum kata minum ini mengarahkan konsumen untuk minum air mineral dari produk ades. Headline yang ketiga remukan kata remukan ini mengajak konsumen untuk melakukan suatu hal yang bisa menghancurkan. Dari keseluruhan headline terdapat kata remukan yang bisa membantu tindakan social tentunya bagi lingkungan.

Makna tanda simbol kedua body copy, terdapat tiga verbal body copy dengan kalimat yang pertama air mineral berkualitas dari The Coca-cola Company menunjukan pada si produk yg ingin menyampaikan pesan kepada konsumennya bahwa air mineral ini sangat berkualitas karena diproduksi dari perusahaan yang sangat terkenal yaitu The Coca-cola Company. Body copy yang kedua nikmati teguk demi teguk kesegaran rasanya meyakinkan konsumen ketika minum akan merasakan nikmatnya kesegaran dari air mineral tersebut. Body copy yang ketiga botol yang diremukan memakai sedikit ruang ketika suatu benda yang lunak diremukan akan menjadi lebih kecil dari semula benda tersebut sebelum diremukan. Berarti akan ada hasil dari apa yang diremukan. Dari keseluruhan body copy terdapat kalimat botol yang diremukan memakai sedikit ruang, suatu tindakan yang mengurangi ruang gerak darisampah botol yang diremukan, suatu tindakan yang mencerminkan peduli akan lingkungan.

(24)

logo tentunya hal yang wajib karna menyatakan suatu identitas dan membedakan sebuah produk dengan produk lainnya.

Makna tanda simbol keempat tagline, tagline yang menunjukan arti bahwa produk ini adalah super dalam artian ingin dikatakan air mineral ades adalah terbaik diantara produk air mineral lainnya. Kalimat langkah kecil memberikan perubahan yang Menunjukan semangat hidup dan Mempunyai arti dengan langkah kecil kita bisa melakukan perubahan yang berarti bagi diri kita dan semua orang.

Makna tanda simbol kelima beasline, terdapat dua kalimat beasline yang pertama alamat website perusahaan tujuannya dalam iklan memberikan informasi dari internet mengenai profil prusahaannya. Yang kedua dengan kalimat „ades‟, desain-desain kincir, botol remuk dan botol remuk dengan tanaman adalah merek-merek dagang milik The Coca-cola Company interpretannya Menegaskan kepada konsumen bahwa produk air mineral ades ini merupakan merek dagang dari The Coca-cola Company.

4.4 Pembahasan Hasil Penelitian

Iklan poster Air Mineral Ades Versi “Langkah Kecil Memberikan Perubahan” diproduksi oleh coca-cola Amatil Indonesia memperkenalkan produk air mineral dalam kemasan yang cinta lingkungan yang terdapat di iklan poster tersebut. Setelah dari hasil penelitian dan dibedah dengan menggunakan metode semiotika yang dikemukakan oleh Peirce, maka keseluruhan tampilan iklan Air Mineral Ades Versi “Langkah Kecil Memberikan Perubahan” bahwa iklan

(25)

71

tersebut memiliki pesan tentang ramah lingkungan yang dapat ditangkap dari tampilan iklan melaluli identifikasi dan klasifikasi pada keseluruhan visual iklan yang dimaksud.

4.4.1 Pada Tanda-tanda Tipe Ikon

Dari hasil analisa tanda pada iklan air mineral ades ditemukan lima tanda tipe ikon. Untuk tanda tipe ikon dalam iklan poster air mineral ades. Pemaknaan ramah lingkungan secara dominan dimaknai melalui sosok pria muda yang melakukan sebuah tindakan yaitu meremukan botol setelah diminum, dengan tampilan iklan yang memberikan arahan kepada konsumen untuk melakukan suatu hal yang berhubungan dengan tindakan meremukan botol air mineral setelah diminum.

Dengan kata lain pemaknaan ramah lingkungan dalam iklan air mineral ades, digunakan sebagai positioning dari produk. Dengan tindakan dari sosok pria muda tersebut merupakan cerminan peduli akan lingkungan sekitar. Tampilan emosional yang diperankan oleh pria muda ini dapat memperkuat bahwa produk air mineral ades dapat menimbulkan nuansa ramah, menyegarkan dan sehatdari tampilan keperibadiannya. 4.4.2 Pada Tanda-tanda Tipe Indeks

Dari hasil analisa tanda setelah dimaknai pada iklan air mineral ades ditemukan delapan tanda tipe indeks. Untuk tanda tipe indeks dalam iklan poster air mineral ades. Menurut peneliti ada beberapa yang

(26)

mengarah pada konsep ramah lingkungan dalam tanda tipe indeks ini, yaitu:

a. Sosok pria muda dalam iklan produk air mineral ades menginterpretasikan kearah kepribadian yang sehat. Hal ini diperkuat dengan tanda-tanda indeks yang terhubung mengenai pria tersebut, seperti prilaku yang ramah, pakaian yang berwarna biru dan putih agar menunjang penampilannya sebagai sosok pria yang peduli dengan kesehatan tubuhnya serta gaya hidup ramah lingkungan.

b. Tindakan meremukan dalam iklan air mineral ades ini, menginterpretasikan suatu tindakan bagi pengurangan ruang gerak botol yang setelah diremukan akan menjadi lebih kecil, tindakan tersebut menunjukan orang yang meremukan botol mempunyai kepedulian akan lingkungan karna botol pelastik normal lebih besar dan bisa memenuhi tempat sampah, tetapi dengan diremukan botol plastik tersebut akan mengecil dan mengurangi volume sampah pada tempatnya.

c. Adanya elemen-elemen warna yang mengisyaratkan dan menunjukan bahwa produk air mineral ades dapat menimbulkan nuansa kedamaian, perubahan dan kebersihan. Sehingga memperkuat bahwa produk ini dipositionongkan sebagai produk yang ramah lingkungan.

d. Botol yang remuk muncul daun menginterpretasikan bahwa produk ini mendukung plestarian pohon yang digambarkan dari botol remuk muncul daun.

(27)

73

e. Dan adanya tampilan-tampilan emosional yang dilakukan melalui tindakan meremukan, tindakan tersebut mengarah pada kepedulian lingkungan karna bisa mengurangi beban sampah botol plastik setelah diremukan.

4.4.3 Hasil pada tanda-tanda Tipe Simbol

Dari hasil analisa tanda setelah dimaknai pada iklan air mineral ades ditemukan sepuluh tanda tipe simbol. Terdapat tanda angka satu, dua, tiga yang mengarahkan kepada suatu tindakan dengan langkah-langkah untuk mengajak konsumen melakukan kegiatan yang seperti iklan produk ini lakukan. Dari kalimat lainnya ada yang menekankan informasi perusahaan dan mempositioningkan bahwa produk ades ini merupakan produsen dari perusahaan The Coca-cola Company yang sangat terkenal diseluruh dunia. Sedangkan tanda-tanda yang mengarah pada makna ramah lingkungan ditemukan melalui kalimat remukan dan diperjelas dengan body copy yang bertuliskan botol yang diremukan memakai lebih sedikit ruang, dari kalimat ini merupakan suatu tindakan pemberitahuan ketika diremuk sampah botol plastic akan mengecil dan gambar visual yang mendukung sebuah tindakan ini. Kemudian simbol berupa tagline langkah kecil memberikan perubahan mempunyai arti dengan langkah kecil kita bisa melakukan perubahan yang berarti bagi diri kita dan semua orang. Bila dikaitkan tagline dengan visual gambar yang meremukan botol, mengerah kepada suatu tindakan sehingga memperkuat simbol yang

(28)

Maka secara keseluruhan dari hasil penelitian pada iklan Poster Air Mineral Ades versi “langkah kecil memberikan perubahan” terdapat banyak mengandung tanda-tanda yang mengarah pada makna “ramah lingkungan” setelah dibedah dengan analisis semiotika Pierce, berupa tanda ikon, indeks dan simbol. Makna yang dibentuk tidaklah terlepas dari penggunaan tanda-tanda yang mendukung keefektifan agar makna tersebut sampai pada khalayak. Dalam iklan poster yang penulis teliti, penulis banyak menemukan hal dari keseluruhan visual yang menjadi tanda-tanda utama dalam mengkomunikasikan makna yang diusung yaitu makna ramah lingkungan.

Gambar

Gambar pria   Sosok pria tersebut  merupakan peria sehat,  terlihat dari fisik, wajah,  pakaian
Gambar  botol  yang  remuk muncul daun
Gambar  tangan  yang  memegang botol
Gambar  pria  muda  mengadap samping

Referensi

Dokumen terkait

Dari hasil diskusi dengan mitra disepakai ada dua masalah utama dalam proses produksi kerupuk kulit ini yaitu , pertama, proses produksi sangat tergantung pada

Dengan mengacu pada beberapa sumber, melanjutkan penelitian yang telah dilakukan oleh saudara Cahyo Utomo dan penelitian Vinit Grewal, maka penelitian ini

Fotografi dokumenter dapat dijadikan sebagai salah satu cara agar Komunitas Barongsai di Tarakan dapat dikenal dan dihargai oleh masyarakat Indonesia akan prestasi yang

Diharapkan dapat mengembangkan teori sikap sosial pada anak usia Sekolah Dasar dan penilaian sikap sosial, sehingga dapat mengukur dan menilai hasil sikap

Pada motif g² dan g³ merupakan pengulangan dari birama ke dua pada motif g¹ yang tidak beraturan akan tetapi terstruktur dan dalam suasana yang sama, yang mengalamin

usia remaja yang melahirkan, wanita usia 15-19 tahun, dengan MDG 5.4; (4) Proporsi kelahiran dari ibu, usia 15-24 tahun, yang ditolong oleh tenaga kesehatan terlatih, di

Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder, data primer adalah hasil pengukuran usap alat medis di ruang perawatan, data sekunder meliputi data umum dan

Pengertian kalibrasi menurut ISO/IEC Guide 17025:2005 dan Vocabulary of International Metrology (VIM) adalah serangkaian kegiatan yang membentuk hubungan antara