Studi Etnografi Dalam Menjalankan Aktifitas)

15  Download (0)

Teks penuh

(1)

PABRIK KLAMBIR JAYA

(

Studi Etnografi Dalam Menjalankan Aktifitas)

SKRIPSI

Diajukan Guna Memenuhi Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh Gelar Sarjana

Sosial Dalam Bidang Antropologi

Oleh :

Irfan Maulana

090905009

DEPARTEMEN ANTROPOLOGI SOSIAL FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN

(2)

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

HALAMAN PERSETUJUAN SKRIPSI INI TELAH DISETUJUI

Nama : Irfan Maulana Nim : 090905009

Departemen :Antropologi Sosial

Judul : PABRIK KLAMBIR JAYA (Studi Etnografi Dalam Menjalankan Aktifitas)

Pembimbing Skripsi Ketua Departemen

Prof. Dr. Ny. Chalida Fachruddin Dr. Fikarwin Zuska, MA

NIP. 13014221800 NIP. 19621220 198903 1 005

Dekan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara

(3)

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK HALAMAN PENGESAHAN

Skripsi ini telah dipertahankan oleh :

Nama : Irfan Maulana

NIM : 090905009

Departemen : Antropologi Sosial

Judul : PABRIK KLAMBIR JAYA (Studi Etnografi Dalam

Menjalankan Aktifitas)

Pada ujian komprehensif yang dilaksanakan :

Hari :

Tanggal :

Pukul :

Tempat :

Tim Penguji

1. Ketua Penguji ( )

NIP

2. Anggota I ( )

NIP

3. Anggota II ( )

NIP

(4)

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

PERNYATAAN ORIGINALITAS

PABRIK KLAMBIR JAYA

(Studi Etnografi Dalam Menjalankan Aktifitas)

SKRIPSI

Dengan ini saya menyatakan bahwa dalam skripsi ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu perguruan tinggi, dan sepanjang sepengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebut dalam daftar pustaka.

Apabila dikemudian hari terbukti lain atau tidak seperti yang saya nyatakan di sini, saya bersedia diproses secara hukum dan siap menaggalkan gelar kesarjanaan saya..

Medan, Januari 2015 Penulis

(5)

ABSTRAK

Irfan Maulana, 2014 Judul Skripsi : PABRIK KLAMBIR JAYA (Studi Etnografi Dalam Menjalankan Aktifitas) Terdiri Dari 5 Bab, 120 Halaman, 5 Tabel , 10 Foto Dan 29 Foto Penelitian, Daftar Pustaka, Daftar Informan Dan Interview Guide.

Penelitian ini mengkaji tentang fenomena Pabrik Klambir Jaya (Studi Etnografi Dalam Menjalankan Aktifitas) .Pabrik Klambir Jaya pada dasarnya merupakan sebuah pabrik pembuat Kertas dan lilin pekong untuk beribadah etnis Tionghoa. Aktifitas yang dilakukan Pabrik Klambir Jaya juga menyangkut berbagai sistem didalamnya. Seperti pembagian kerja yang menciptakan suatu komitmen. Namun, sejak berdirinya Pabrik Klambir Jaya, pabrik ini mampu membuat perubahan di dalam hidup bagi masyarakat sekitar pabrik. Karena pabrik Klambir Jaya mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang bermayoritaskan bekerja sebagai petani.Ssebelumnya masyarakat sulit untuk mencari pekerjaan untuk mencari nafkah karena daerah lapangan pekerjaan disekitar pabrik Klambir Jaya sangat terbatas. Selain itu, mayoritas pengangguran pun dapat diminimalisir. Maka dari itu, masyarakat sangat bersyukur akan berdirinya pabrik Klambir Jaya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan pemaknaan tentang nilai sosial dan bentuk yang dirasakan (psikologi) oleh para karyawan yang bekerja yang ingin mengambil hak-haknya seperti pendidikan, kesehatan,dll. Hak-hak tersebut seharusnya sudah menjadi hak mereka terutama pada karyawan yang sudah mengabdi cukup lama untuk bekerja dalam menjalankan aktifitasnya sebagai karyawan di Pabrik Klambir Jaya. Metode penelitian ini adalah penelitian yang bersifat etnografi. Peneliti menggambarkan tentang suatu komitmen seorang karyawan terhadap perusahaannya.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah Pabrik Klambir Jaya dalam menjalankan aktifitas yang terjalin antar pihak pimpinan dan karyawan hanya sebatas pekerjaan. Karyawan dituntut untuk bekerja secara profesional yang berarti bekerja dengan baik dengan tidak mengkaitkan masalah pribadi dengan pekerjaannya karena bisa berdampak buruk bagi pabrik. Aktifitas-aktifitas yang dijalankan pabrik Klambir Jaya sangat berpengaruh bagi masyarakat sekitar pabrik baik dampak positif maupun negatif. Dampak positif yang diterima oleh masyarakat adalah pabrik Klambir Jaya mampu membuka lapangan pekerjaan, sedangkan dampak negatifnya adalah masalah pencemaran lingkungan, kemiskinan, pendidikan, dan kesehatan karena bentuk ketidakpedulian pihak pimpinan dan pemilik pabrik terhadap masyarakat luar.

(6)

UCAPAN TERIMA KASIH

Pertama-tama saya mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT, karena berkat karunia dan kasih sayang-Nya saya dapat menyelesaikan skripsi ini. Sebagai manusia biasa tentunya tidak terlepas dari banyak kekurangan dan kelemahan, sehingga penulisan skripsi ini masih belum bisa dikatakan sempurna, baik dalam penuturan kata ilmiah yang lazim maupun dalam penyajian data. Penulisan skripsi ini adalah sebagai tugas akhir dari seorang mahasiswa Departemn Antropologi dalam mencapai gelar sarjana. Penelitian ini berjudul

“PABRIK KLAMBIR JAYA (Studi Etnografi Dalam Menjalankan Aktifitas)” ini dengan baik.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis meyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Prof. Dr. Badaruddin, M.Si., selaku Dekan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, tempat penulis menempah diri menuju pribadi yang semakin mapan. Bapak Dr. Fikarwin Zuska, MA., selaku Ketua Departemen Antropologi Sosial. Ibu Prof. Dr. Ny. Chalida Fachruddin., selaku Dosen Pembimbing yang bersedia memberi waktu dan pengetahuan kepada penulis selama perkuliahan dan proses bimbingan. Bapak Drs. Agustrisno, M.SP., selaku Dosen wali yang bersedia memberikan nasihat kepada penulis sepanjang masa perkuliahan.

Kak Nur dan Kak Sofie yang telah membantu penulis dalam kelengkapan administrasi selama perkuliahan. Seluruh informan yang telah membantu penulis memberikan informasi yang penulis butuhkan untuk menyelesaikan skripsi ini.

Penghargaan sebesar-besarnya penulis berikan kepada orang tua (Midkroadi dan Fahriza) terimakasih banyak atas sayang, ketulusan, dukungan dan materi sejak lahir hingga saat ini. Maaf anakmu belum bisa membalas semua pengobanan dan kerja keras kalian. Palek(Legito dan Siswanto), Bulek (Ina, Ovi, Nadra, dan Nana), Pakde (Ngadiman dan Bono) terimakasih untuk tawa, doa, motivasi dan setiap keikhlasan. Saya bangga telah memiliki orang tua dan keluarga besar seperti kalian.

(7)

10 dan teman teman KODIM lainnya terimakasih. Buat komunitas Laboratorium Antropologi, Bang Edi Suhartono, Bang Saruhum Rambe, dan semua tamu yang pernah datang untuk mengisi materi pada diskusi di laboratorium Antropologi, terimakasih.

Terimakasih yang spesial penulis berikan kepada sahabat yang sudah saya anggap seperti keluarga saya sendiri yang hingga sampai sekarang belum saya jumpai lagi di Depatemen Antropologi, Bang Abdul Rahman Matondang. Seorang yang mampu membawa perubahan besar dalam diri penulis tentang memahami ilmu antropologi, mencintai ilmu ini. Bahkan, beliau tidak segan-segan memberikan berbagai literatur kepada penulis dalam penyelesaian skripsi maupun kajian-kajian terbaru di bidang Antropologi, serta membantu penulis dalam memberikan berbagai pengalaman yang belum pernah saya rasakan sebelumnya, sehingga ilmu dan pengalaman saya dapat bertambah khususnya di bidang ilmu Antropologi.

Terimakasih pula penulis sampaikan kepada abang abang senior yang secara tidak langsung juga banyak memberikan masukan yang baik untuk penulis selama menjalani proses perkuliahan serta pengalaman berharga yang diberikan. Bang Fazri, Bang Ijal, Bang Tino, Bang Tata, Kak Zizah, Kak Anis, Bang Agif, Bang Ozi, Bang Fauzi, Kak Marta sekali lagi terima kasih. Teman-teman dari Program Reunian (SMA Negeri 1 Labuhan Deli), Pak Amrullah, Bu Hafizah, Pak Jumadi, Pak Yusman, Pak Dimson, Mecka, Rendi, Fery, Novi, Dinda dan seluruh kerabat, kami ucapkan terima kasih untuk setiap keceriaan, setiap semangat yang kalian tumbuhkan pada diri penulis.

Dalam penulisan skripsi ini penulis sadar tidak luput dari kekurangan, namun segala hal masukan dan saran-saran dari segenap pihak yang dapat membantu akan penulis perhatikan. Demikian yang bisa penulis sampaikan dan semoga skripsi ini kelak bisa berguna untuk berbagai pihak terimakasih.

Medan, Januari 2015

(8)

Riwayat Hidup

Irfan Maulana lahir di Medan pada tanggal 12 Oktober 1991. Anak satu-satunya (Tunggal) dari pasangan Midkroadi dan Fahriza. Pendidikan formal Taman kanak-kanak (TK). TK Mawar Indah di Jl. Pasundan Gg. Dewi No. 29 D, tamat tahun 1997. Sekolah Dasar (SD) di SD Swasta Amir Hamzah di jl. Meranti no 1, tamat pada

tahun 2003. Sekolah Menengah

(9)

KATA PENGANTAR

Pertama-tama saya mengucapkan puji dan syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas Berkat, Kuasa, Anugerah dan Kehendak-Nya, saya bisa menyelesaikan

skripsi ini yang berjudul Pabrik Klambir Jaya (Studi Etnografi Dalam Menjalankan

Aktifitas). Skripsi ini disusun untuk memenuhi syarat mendapatkan gelar sarjana dalam bidang ilmu Antropologi Sosial, Universitas Sumatera Utara. Skripsi ini membahas secara menyeluruh mengenai Pabrik Klambir Jaya. Pembahasan tersebut diuraikan dari bab 1 sampai dengan bab 5. Penguraian yang saya lakukan pada skripsi ini adalah sebagai berikut.

Bab pertama menguraikan garis besar penulisan skripsi secara menyeluruh, antara lain dikemukakan latar belakang penelitian, perumusan masalah penelitian sehingga dapat diketahui apa yang dikemukakan didalam penulisan skripsi ini. Selanjutnya, akan diuraikan juga tujuan dan manfaat penelitian, tinjauan pustaka, metode penelitian, dan pengalaman lapangan. Penguraian dalam bab ini, dimaksudkan agar dapat memberikan gambaran secara keseluruhan mengenai materi penulisan yang di maksud dalam penelitian skripsi.

Bab dua menggambarkan secara umum mengenai Pabrik Klambir Jaya; lokasi; deskripsi Desa Tanjung Gusta; letak geografi; kependudukan; sarana dan prasarana; mata pencaharian. Tidak hanya itu pada bab kedua ini juga dibahas tentang deskripsi Pabrik Klambir Jaya; sejarah pabrik; letak geografi; karyawan pabrik; jaringan pabrik untuk melihat perkembangan dan perubahan di Pabrik Klambir Jaya selama ini.

Bab tiga menjelaskan secara khusus tentang bentuk-bentuk ataupun aplikasi Pabrik Klambir Jaya pada dan karyawan. Seperti yang terlihat dalam aktifitas pabrik; pemilik pabrik; pembagian kerja di pabrik; sistem gajian karyawan pabrik. Selain itu juga bab ini membahas sebuah temuan lapangan yang menggambarkan tentang karyawan fenomena dibalik Pabrik Klambir Jaya seperti jaminan kesehatan karyawan pabrik; aksi dan solidaritas sesama karyawan pabrik.

(10)

Bab lima merupakan suatu kesimpulan dari penjelasan bab-bab sebelumnya. Bab ini menyimpulkan tentang Pabrik Klambir Jaya (Studi Etnografi Dalam Menjalankan Aktifitas).

Sebagai penutup dari penulisan skripsi ini, dilampirkan pula daftar kepustakaan sebagai penunjang dalam penulisan. Saya telah mencurahkan segala kemampuan, tenaga, pikiran, dan juga waktu dalam penulisan skripsi ini. Namun saya menyadari skripsi ini belum bisa dikatakan telah sempurna. Dengan rendah hati, saya mengharapkan saran dan masukan yang bersifat membangun dari para pembaca. Harapan saya skripsi ini dapat berguna bagi seluruh pembacanya.

Medan, Januari 2015

(11)

DAFTAR ISI

HALAMAN PERSETUJUAN ... i

HALAMAN PENGESAHAN ... ii

PERNYATAAN ORGINALITAS ... iii

ABSTRAK ... iv

BAB II. GAMBARAN UMUM LOKASI PENELITIAN II.1 Deskripsi Desa Tanjung Gusta ... 21

BAB III. AKTIFITAS PABRIK KLAMBIR JAYA III.1 Aktifitas Di Pabrik ... 38

III.2 Pemilik Pabrik ... 42

III.3 Pembagian Kerja Di Pabrik ... 42

III.3.1 Pihak-pihak pimpinan ... 42

III.3.2 Letak geografi pabrik ... 48

III.3.3 Karyawan buruh sebagai pembuatan lilin pekong ... 52

III.3.4 Memacking dan pemberian etiket... 56

III.3.5 Satpam... 59

III.3.6 Cleaning service... 61

(12)

III.4.1 Pihak pimpinan ... 64

III.4.2 Karyawan buruh ... 65

III.4.3 Karyawan buruh ... 67

III.4.4 Perbedaan gaji antara karyawan laki-laki dengan perempuan ... 67

III.5 Jaminan Kesehatan Karyawan Pabrik ... 67

III.5.1 Jaminan kesehatan karyawan ... 67

III.5.2 Pendapatan tambahan lain yang diterma karyawan ... 68

III.6 Aksi Dan Solidaritas Sesama Karyawan Pabrik ... 68

III.6.1 Aktifitas lain karyawan diluar pabrik ... 68

III.6.2 Kelompok yang dibentuk karyawan dalam suatu hubungan ... 70

BAB IV. POLA HUBUNGAN PABRIK KLAMBIR JAYA TERHADAP MASYARAKAT IV.1 Izin Pembangunan Pabrik ... 72

IV.2 Interaksi Masyarakat Dengan Pabrik ... 75

IV.3 Anggapan Masyarakat Terhadap Pabrik ... 85

IV.3.1 Dampak positif bagi masyarakat ... 85

IV.3.2 Dampak negatif bagi masyarakat... 88

BAB V. KESIMPULAN ……… ... 109

DAFTAR PUSTAKA ………. ... 112

LAMPIRAN

1. Daftar Informan

(13)

DAFTAR TABEL

TABEL 1: Daftar Dusun Dan Jumlah Penduduk

Di Desa Tanjung Gusta Kecamatan Sunggal ... 22 TABEL 2: Pembagian Penduduk Desa Penen Berdasarkan Etnis ... 23 TABEL 3: Pembagian Penduduk Berdasarkan Agama ... 24 TABEL 4: Jumlah Seluruh Karyawan Berdasarkan Pekerjaan ... 38 TABEL 5: Jumlah Karyawan Menurut Kelompok Umur Dan

(14)

DAFTAR FOTO

FOTO 1: Gambar Pabrik Klambir Jaya ... 32

FOTO 2: Peta Pabrik Klambir Jaya Bila Dilihat Dari Pusat Kota Medan ... 34

FOTO 3: Bahan Dasar Pembuatan Kertas Dan Lilin Pekong ... 41

FOTO 4: Karyawan Yang Bekerja Dibagian Pembuatan Kertas Pekong ... 49

FOTO 5: Etiket Pada Kertas Pekong ... 50

FOTO 6: Kertas Pekong Yang Sudah Jadi ... 51

FOTO 7: Lilin Pekong Yang Sudah Jadi ... 55

FOTO 8: Etiket Lilin Pekong ... 55

FOTO 9: Aktifitas Memacking Di Pabrik Klambir Jaya ... 57

(15)

LAMPIRAN

Figur

Memperbarui...

Referensi

Pindai kode QR dengan aplikasi 1PDF
untuk diunduh sekarang

Instal aplikasi 1PDF di