PENGARUH FAKTOR INTERNAL MAHASISWA PROGRAM STUDI SASTRA ARAB USU DALAM BELAJAR MUHADATSAH BAHASA ARAB PADA PROGRAM STUDI SASTRA ARAB USU

Teks penuh

(1)

PENGARUH FAKTOR INTERNAL MAHASISWA PROGRAM

STUDI SASTRA ARAB USU DALAM BELAJAR

MUHADATSAH BAHASA ARAB PADA PROGRAM STUDI

SASTRA ARAB USU

SKRIPSI SARJANA

Disusun oleh :

RODHIAH

060704020

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

FAKULTAS ILMU BUDAYA

PROGRAM STUDI SASTRA ARAB

MEDAN

2011

(2)

PENGARUH FAKTOR INTERNAL MAHASISWA PROGAM STUDI SASTRA ARAB USU DALAM BELAJAR MUHADATSAH BAHASA ARAB PADA PROGRAM STUDI SASTRA ARAB USU

SKRIPSI SARJANA DISUSUN O L E H RODHIAH NIM. 060704020 Pembimbing I

Dra. Pujiati, M.Soc., Ph.D. NIP. 19621204198703 2 001

Pembimbing II

Dra. Fauziah, M.A.

NIP. 19650112 199003 2 001 Skripsi ini diajukan kepada panitia ujian

Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara Medan Untuk melengkapi salah satu syarat ujian SARJANA SASTRA dalam Bidang Ilmu Bahasa Arab

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA FAKULTAS ILMU BUDAYA

PROGRAM STUDI SASTRA ARAB MEDAN

(3)

Disetujui oleh:

FAKULTAS ILMU BUDAYA

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN

PROGRAM STUDI SASTRA ARAB

Ketua,

Dra. Pujiati, M.Soc., Ph.D. 19621204 198703 2 001

Sekretaris,

Dra. Fauziah, M.A. 19650112 199003 2 001

(4)

PENGESAHAN:

Diterima oleh:

Panitia Ujian Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara Untuk melengkapi salah satu syarat ujian SARJANA SASTRA

dalam Ilmu Bahasa Universitas pada Fakultas Ilmu Budaya USU Medan

Pada :

Tanggal :

Hari :

Fakultas Ilmu Budaya USU Dekan,

Dr. Syahron Lubis, M.A. NIP. 19511013 197603 1 001 Panitia Ujian

No. Nama Tanda Tangan

1. Dra. Pujiati, M.Soc., Ph.D. (...) 2. Dra. Fauziah, M.A. (...) 3. Dra. Khairina Nasution, M.S. (...)

4. Drs. Suwarto, M.Hum (...)

(5)

PERNYATAAN

Dengan ini saya menyatakan bahwa skripsi ini tidak pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu perguruan tinggi dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah dituliskan atau diterbitkan oleh orang lain kecuali yang tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan di dalam daftar pustaka.

Apabila pernyataan yang saya perbuat tidak benar, saya bersedia menerima sanksi berupa pembatalan gelar kesarjanaan yang saya peroleh.

Medan, Maret 2011

(6)

PEDOMAN TRANSLITERASI

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri P & K RI No. 158/1987 dan No. 0543 b/U/1987 tertanggal 22 Januari 1988, tentang peresmian penggunaan transliterasi.

I. Konsonan Tunggal

Huruf Arab Nama Alih Aksara

Alif Tidak dilambangkan

bā’ b tā’ t ṡā’ ṡ Jim j ḥā’ ḥ khā’ kh dal d żāl ż rā’ r zai z sin s syin sy ṣād ṣ ḍād ḍ ṭā’ ṭ

(7)

ẓa’ ẓ ‘ain ‘ gain g fā’ f qāf q kāf k lām l mim m nūn n wāwu w ha h hamzah ` Yā’ y

II. Konsonan Rangkap

Konsonan rangkap, termasuk tanda syaddah, ditulis rangkap Contoh : /ahmadiyyah/

III. Tā’ Marbūtah di akhir kata

Bila dimatikan ditulis h, kecuali unuk kata-kata Arab yang sudah terserap menjadi Bahasa Indonesia, seperti salat, zakat, dan sebagainya.

Contoh : /jamā’ah/

/karāmatul-aliyā’/

IV. Vokal Pendek

(8)

V. Vokal Panjang

A panjang ditulis ā, i panjang ditulis i, dan u panjang ditulis ū, masing-masing dengan tanda penghubung (-) di atasnya.

VI. Vokal Rangkap

Fathah + yā’ tanpa dua titik yang dimatikan ditulis ai, dan fathah + wāwu mati

ditulis au.

VII. Vokal-Vokal Pendek yang Berurutan dalam Satu Kata Dipisahkan dengan Apostrof (‘)

Contoh : /a’antum/ /mu’annaṡ/

VIII. Kata Sandang Alif + Lam

Bila diikuti huruf qamariyyah ditulis al-

Contoh : /Al-Qur’ān/

Bila diikuti huruf syamsyiyyah huruf l diganti dengan huruf syamsyiyyah yang mengikutinya.

Contoh : /asy-Syaiṭān /

IX. Huruf Besar

Penulisan huruf besar disesuaikan dengan EYD.

X. Kata dalam Rangkaian Frasa atau Kalimat

Ditulis perkata, atau

Ditulis menurut bunyi atau pengucapannya dalam rangkaian tersebut Contoh : /Syaikh al-Islām/ atau /Syaikhul-Islām/

(9)

KATA PENGANTAR

Segala puja dan puji bagi Allah SWT, Dzat yang menguasai setiap jiwa, mencengkeram semua nyawa, hanya dengan izin-Nya terlaksana segala macam kebaikan dan teraih segala macam kesuksesan. Shalawat beriring rahmat serta salam semoga Allah limpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, sebaik-baiknya suri teladan umat.

Alhamdulillah, Atas izin Allah SWT dan juga dukungan, doa, serta motivasi dari keluarga, kerabat, dan sahabat, pada akhirnya peneliti mampu menyelesaikan skripsi yang berjudul “Pengaruh Faktor Internal Mahasiswa Progam Studi Sastra Arab USU dalam Belajar Muhadatsah Bahasa Arab pada Program Studi Sastra Arab USU”.

Skripsi ini merupakan salah satu syarat dalam menempuh ujian akhir untuk memperoleh gelar sarjana pada Program Studi Sastra Arab Fakultas Sastra USU. Dalam penyusunannya, peneliti menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan. Namun sedikit-banyaknya skripsi ini mampu memberikan gambaran mengenai faktor kendala internal mahasiswa yang dapat mempengaruhi aktivitas belajar.

Akhirul kalam, peneliti memohon maaf atas semua keterbatasan yang terdapat di dalam skripsi ini. Kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan sekali untuk penulisan karya ilmiah yang lebih baik lagi.

Medan, Maret 2011

(10)

UCAPAN TERIMA KASIH

Alhamdulillah, syukur tiada henti peneliti haturkan kepada Allah SWT,

Rabb Semesta Alam, hanya kepada-Nya lah semua akan kembali. Salawat dan salam teruntuk pelita sepanjang masa, Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun umat dengan cahaya yang benderang.

/jadduka lā kadduka/, nasibmu bukanlah upayamu. Jika kamu rajin dan bersemangat maka kamu akan berhasil, hal itu bukan semata karena usahamu. Mengutip hikmah di atas, peneliti menyadari di samping giatnya usaha peneliti dalam menyelesaikan skripsi ini, selalu ada doa dan dukungan yang menyertai. Maka dari itu pada halaman ini izinkan peneliti mengucapkan terima kasih kepada:

1. Bapak Dekan Fakultas Ilmu Budaya USU, Dr. Syahron Lubis, M.A., serta Pembantu Dekan I, II,dan III yang telah memberikan kesempatan dan fasilitas kepada peneliti untuk mengikuti pendidikan program sarjana di Fakultas Ilmu Budaya USU.

2. Ketua dan Sekretaris Jurusan Program Studi Sastra Arab, Dra. Pujiati, M.Soc., Ph.D. dan Dra. Fauziah, M.A.

3. Dosen Pembimbing Akademik, Drs. Syauri Syam, Lc.

4. Dosen pembimbing I dan II, Ibu Dra. Pujiati, M.Soc., Ph.D. dan Ibu Dra. Fauziah, M.A. yang dengan penuh perhatian telah memberikan dorongan, bimbingan, dan pengarahan kepada peneliti sehingga skripsi ini dapat peneliti rampungkan.

5. Seluruh staf pengajar Program Studi Sastra Arab USU yang telah mendidik peneliti dan menuangkan ilmunya selama masa perkuliahan.

6. Terima kasih tak terhingga atas segala dukungan dari Mama Nurhanim tercinta. Terima kasih atas setiap doa tulus yang tak pernah putus. Tiada kata yang dapat mewakili rasa syukur karena menjadi anak Mama. Alm. Papa Chalidin yang jiwanya senantiasa hidup di dalam hati peneliti.

(11)

7. Terima kasih juga kepada kakak-kakak dan adik peneliti, Kak Nurhayati, Alm. Abang Zulham Khalid, Kak Annisah, dan Adik Indah Bintan Kamilah, yang selalu menjadi motivasi dan inspirasi bagi peneliti untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

8. Terima kasih tak terhingga juga kepada Keluarga Simalingkar, terkhusus Ibunda Fadillah yang telah memberikan kasih sayang kepada peneliti layaknya kasih sayang kepada anak sendiri. Tiada budi yang bisa membalas, hanya pahala dari Allah yang bisa menggantikannya.

9. Nenek Rahimah, nenek tercinta yang menyadarkan peneliti bahwa belajar itu tidak mengenal usia. Segala cinta untuk nenek.

10. Keluarga Besar baik yang di Medan, Jakarta, dan Aceh.

11. Keluarga Besar Ikatan Mahasiswa Bahasa Arab (IMBA) yang bersama-sama telah melewati masa suka dan duka selama masa perkuliahan.

12. Keluarga Besar Pers Mahasiswa SUARA USU. Terima kasih atas segala ilmu yang diberikan. Begitu banyak langkah besar yang bermula dari sini.

13. Dr. Husnan Lubis, M.A., Ph.D, yang banyak membantu peneliti dalam menyelesaikan skripsi ini.

14. Untuk sahabat, Fanny Yulia terima kasih untuk setiap hal yang telah dilakukan bersama-sama. Chalimatun Sa’diah yang telah menjadi teman yang selalu mendukung dan ada di setiap susah dan senang peneliti. Desfa Maulani, teman yang selalu mampu menghibur peneliti dengan segala tingkah lakunya, dan Sahabat di Jakarta, Mumtaz Dalilah dan Azmi Arsyada yang setia menjadi adik dan sahabat bagi peneliti.

15. Iman Jaya, terima kasih atas setiap perhatian dan dukungan dalam setiap gerak peneliti. Semoga semua cita-cita dapat tercapai.

16. Teman-teman Sastra Arab Angkatan 2006, semoga silaturahmi tetap terjaga selamanya.

17. Untuk sahabat-sahabat Pesantren Persatuan Islam 69 Jakarta, sahabat kesebelasan, dan sahabat Ilusi 69. Terima kasih atas kekompakan yang selalu terjaga.

(12)

18. Harismuda P. Lubis, Sarah Dinyati, Fatimatuzzahra Nasution, Sri Apediani, Faisal Arbi, Bambang Riyanto, Mukhlis Win Ariyoga, Yulhasni, Aldimaz Taruna, Nirmit Kumar, Mario Teguh. Terima kasih atas segala bentuk perhatian, dukungan, dan motivasi.

Setiap bagian kecil dari kalian telah memberikan warna di dalam kehidupan peneliti. Semoga Allah menggantikan segala kebaikan dengan pahala yang berlimpah. Amin...

Akhirnya masa penantian itu telah tiba,

Dengan ilmu sebagai bekal jiwa,

Selamat datang di dunia yang lebih nyata...

Medan, Maret 2011

(13)

DAFTAR ISI

PEDOMAN TRANSLITERASI. ... i

KATA PENGANTAR ... iv

UCAPAN TERIMA KASIH ... v

DAFTAR ISI. ...viii

DAFTAR TABEL ... ix DAFTAR GAMBAR ... x DAFTAR LAMPIRAN ... xi ABSTRAK ... xii BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang ... 1 1.2 Perumusan Masalah ... 5 1.3 Tujuan Penelitian ... 6 1.4 Hipotesis Penelitian ... 6 1.5 Manfaat Penelitian ... 7

BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. Belajar ... 8

2.1.1. Definisi Belajar ... 8

2.1.2. Tujuan Belajar ... 9

2.1.3. Prinsip Belajar ... 9

2.1.4. Faktor yang Mempengaruhi Belajar ... 11

2.2. Belajar Bahasa Arab ... 14

2.2.1. Belajar Muhadatsah Bahasa Arab ... 16

BAB III METODE PENELITIAN 3.1 Jenis Penelitian ... 17

3.2 Waktu dan Lokasi Penelitian ... 17

3.3 Subjek Penelitian ... 17

3.4 Instrumen ... 19

3.5 Teknik Pengumpulan Data ... 19

3.6 Teknik Analisis Data ... 21

BAB IV HASI DAN PEMBAHASAN 4.1. Program Studi Sastra Arab USU ... 23

4.1.1. Sejarah Program Studi ... 23

4.1.2. Visi, Misi, dan Tujuan ... 24

4.2. Hasil Penelitian ... 25 4.3. Pembahasan ... 43 BAB V PENUTUP 5.1. Kesimpulan ... 45 5.2. Saran ... 46 DAFTAR PUSTAKA ... 48 LAMPIRAN ... 49

(14)

DAFTAR TABEL

Tabel 1 Daftar Jumlah Mahasiswa1 ... 8

Tabel 2 Kisi-kisi Angket1 ... 9

Tabel 3 Analisis Data Angket Item Nomor 1... 25

Tabel 4 Analisis Data Angket Item Nomor 2... 26

Tabel 5 Analisis Data Angket Item Nomor 3... 27

Tabel 6 Analisis Data Angket Item Nomor 4... 28

Tabel 7 Analisis Data Angket Item Nomor 5... 29

Tabel 8 Analisis Data Angket Item Nomor 6... 29

Tabel 9 Analisis Data Angket Item Nomor 7... 30

Tabel 10 Analisis Data Angket Item Nomor 8... 31

Tabel 11 Analisis Data Angket Item Nomor 9... 31

Tabel 12 Analisis Data Angket Item Nomor 10... 32

Tabel 13 Analisis Data Angket Item Nomor 11... 33

Tabel 14 Analisis Data Angket Item Nomor 12... 34

Tabel 15 Analisis Data Angket Item Nomor 13... 35

Tabel 16 Analisis Data Angket Item Nomor 14... 35

(15)

DAFTAR GAMBAR

Diagram 1 Frekuensi dan Persentase Pengaruh Internal Mahasiswa dalam Belajar Muhadatsah Bahasa Arab ... 37

Diagram 2 Frekuensi dan Persentase Pengaruh Faktor Kesehatan Mahasiswa dalam Belajar Muhadatsah Bahasa Arab ... 38

Diagram 3 Frekuensi dan Presentasi Pengaruh Faktor Intelegensi dan Bakat Mahasiswa dalam Belajar Muhadatsah Bahasa Arab ... 39

Diagram 4 Frekuensi dan Persentase Pengaruh Faktor Minat dan Motivasi Mahasiswa dalam Belajar Muhadatsah Bahasa Arab ... 40

Diagram 4 Frekuensi dan Persentase Pengaruh Faktor Minat dan Motivasi Mahasiswa dalam Belajar Muhadatsah Bahasa Arab ... 41

Diagram 6 Frekuensi dan Persentase Pengaruh Faktor Internal Mahasiswa dalam Belajar Muhadatsah Bahasa Arab Berdasarkan Angkatan ... 42

(16)

DAFTAR LAMPIRAN

Kisi-kisi Angket Pengaruh Faktor Internal Mahasiswa dalam Belajar ... 49

Daftar Nama Responden ... 52

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...