Pengawasan Internal Kredit Mitra Binaan Pada PT Perkebunan Nusantara IV (Persero) Medan

Teks penuh

(1)

TUGAS AKHIR

PENGAWASAN INTERNAL KREDIT MITRA BINAAN PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA IV

(PERSERO) MEDAN

Oleh :

NURUL SAKINAH 112102073

(2)
(3)
(4)

KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim....

Alhamdulillah, puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah berkenan memberikan rahmat, hidayah, kasih sayang serta karunia-Nya atas ilmu dan waktu bagi penulis sehingga dapat menyelesaikan Tugas Akhir ini serta shalawat beriring salam tak lupa penulis sampaikan kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW yang telah memberikan suri tauladan yang baik kepada umat manusia dan semoga kita mendapat syafaatnya kelak di Yaumil Masyar. Amin.

Tugas Akhir ini disusun sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan pada Program Diploma III Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Dalam rangka memenuhi tujuan tersebut, maka penulis menyusun Tugas Akhir ini dengan judul: “Pengawasan Internal Kredit Mitra Binaan Pada PT Perkebunan Nusantara IV (Persero) Medan”

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Tugas Akhir ini masih jauh dari sempurna mengingat keterbatasan dalam hal pengetahuan, kemampuan dan pengalaman yang dimiliki. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun.

(5)

1. Kepada kedua orang tua saya, Ayahanda H. Sarmidi dan Ibunda Hj. Sri Sekar Wati atas kasih sayang dan perhatiannya yang tak terbatas sepanjang hidup saya, serta dukungan moril dan materil dalam menyelesaikan Tugas Akhir ini, semoga Tugas Akhir ini menjadi awal dari kebahagiaan orang tua saya. Juga kepada Saudara-saudara penulis, Kak Sari, Kak Inong, Bang Abbas, dan Iqbal yang telah melengkapi dan memberikan warna dalam hidup penulis. Semangat yang telah kalian tunjukkan selama ini tidak akan pernah penulis lupakan.

2. Bapak Prof. Dr. Azhar Maksum, M.Ec. Ac, Ak, CA selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

3. Bapak Drs. Rustam, M.Si, Ak, CA, selaku Ketua Program Studi Diploma III Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

4. Bapak Drs. Firman Syarif, M.Si, Ak, selaku dosen pembimbing yang telah banyak meluangkan waktunya untuk memberikan arahan dan bimbingan kepada penulis dalam menyelesaikan Tugas Akhir ini.

5. Bapak Drs. H. R. Triawarman, selaku Kepala Bagian Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Perkebunan Nusantara IV (Persero) Medan dan seluruh staf yang telah banyak memberi bantuan dalam penyediaan data hingga selesainya Tugas Akhir ini.

(6)

7. Kepada sahabat-sahabat penulis, Liya, Dita, Dina, Lulu, dan Chadri, yang telah membantu memberikan masukan dalam pembuatan Tugas Akhir ini.

Akhirnya dengan kerendahan hati, penulis menyadari bahwa Tugas Akhir ini masih jauh dari kata sempurna. Semoga Tugas Akhir ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan Allah SWT senantiasa selalu melimpahkan Rahmat dan Karunia-Nya untuk kita semua. Amin.

Medan, Juni 2014 Penulis,

(7)

DAFTAR ISI

B.Struktur Organisasi... 17

C.Job Description ... 18

D.Jaringan Usaha ... 28

E.Kinerja Terkini ... 29

(8)

BAB III : PENGAWASAN INTERNAL KREDIT MITRA BINAAN

PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA IV (PERSERO)

MEDAN... 31

A.Pengertian Kredit ... 31

B.Pemberian Kredit Pada Bagian PKBL di PT Perkebunan Nusantara IV (Persero) Medan ... 34

C.Mekanisme Penyaluran Dana Program Kemitraan Pada Bagian PKBL di PT Perkebunan Nusantara IV (Persero) Medan ... 37

D.Monitoring atau Pengawasan Kredit Para Mitra Binaan PKBL di PT Perkebunan Nusantara IV (Persero) Medan ... 41

E.Penggolongan Kualitas Pinjaman dan Penanganan Terhadap Mitra Binaan yang Bermasalah ... 46

(9)

DAFTAR TABEL

Nomor Judul Halaman

1.1 Jadwal Penelitian ... 7

2.1 Realisasi Akumulasi Penyaluran Program Kemitraan sampai

dengan Tahun 2013 dan Tahun 2014 Berdasarkan Sektor Usaha

Mitra Binaan... 29

3.1 Penilaian Tingkat Kesehatan Badan Usaha Milik Negara ... 41

3.2 Piutang Mitra Binaan Berdasarkan Kualitas Pinjaman

(10)

DAFTAR GAMBAR

Nomor Judul Halaman

2.1 Logo Perusahaan ... 15

2.2 Struktur Organisasi PT Perkebunan Nusantara IV

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...