Pendidikan merupakan hal yang tidak bisa

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

REPRODUKSI SOSIAL MELALUI SEKOLAH BERBASIS BISNIS

CITRA BERKAT

Pendidikan, keluarga, dan lingkungan merupakan agen yang digunakan sebagai produksi kultural. Dimana mereka berperan penting dalam mensosialisasikan nilai dan norma yang mereka anut dengan harapan para penerus generasi keluarga bisa menjadi individu yang tangguh dan siap untuk terjun di dalam masyarakat. Keluarga sebagai agen sosialisasi pertama berperan penting sebagai agen yang melakukan proses penanaman nilai dan norma yang dianut sebelum anak terjun di dalam masyarakat. Setelah dewasa nanti, anak akan membawa budayanya kemana-mana di lingkungan tepat dia berada. tidak terkecuali dengan kasus yang terjadi di sekolah Ciputra Berkat. Ciputra Berkat merupakan sekolah yang didirikan oleh Ir. Ciputra yang mengharapkan agar anak-anak indonesia bisa mempersiapkan diri menjadi entrepreneur di masa depan. Setiap perumahan yang didirikan oleh Ciputra disediakan fasilitas sekolah yang digunakan untuk pendidikan yang berbasis bisnis. Di Surabaya terdapat sekolah dari TK sampai SMA yang kurikulumnya berbasis bisnis dan merupakan salah satu sekolah yang digagas oleh Ir. Ciputra namun, dalam kenyataannya sekolah tersebut justru digunakan sebagaia arena reproduksi sosial dimana anak dari keluarga menengah ke atas saja yang bisa sekolah disana karena biaya yang dikeluarkan sangatlah mahal. Terdapat makna yang tersirat bahwa sekolah tersebut dikhususkan untuk mereka yang memiliki sumber daya ekonomi yang lebih hasilnya adalah terjadi stratifikasi dan komersialisasi pendidikan.

Kebiasaan yang tidak terlepas dari pengalaman

Pendidikan merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari sekolah, keluarga, dan lingkungan. Pengertian pendidikan memiliki cakupan yang sangat luas yang selalu ada di dalam kehidupan kita. Pendidikan yang baik akan terjadi ketika ada kesepahaman mengenai apa yang disampaikan dengan apa yang dilakukan dan individu bebas untuk melakukan semua hal yang diinginkan (eksistensialisme) asal sesuai dengan konteksnya. Nilai dan norma merupakan Anis Nur Lailiyah

(2)

suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dari pendidikan karena hal tersebut terdapat dalam keluarga dan lingkungan. Keluarga merupakan agen sosialisasi pertama dimana mereka berperan penting dalam mentransformasi nilai dan norma yang dianut kepada anaknya seperti anak yang berasal dari keluarga religius akan dididik dengan nuansa religi yang kental agar sesuai dengan harapan orang tua. Dengan memberikan agama yang baik orang tua berharap agar anaknya kelak bisa menjaga dirinya dan siap terjun di masyarakat dengan bekal pendidikan yang diberikan oleh orang tuanya. Tidak jarang orang tua memilihkan anak sekolah sesuai dengan harapannya kepada anak di masa yang akan datang. Seperti pemilihan sekolah bisnis Citra Berkat. Sekolah Citra berkat merupakan gagasan yang dikembangkan oleh Ir. Ciputra selaku pemilik perusahaan yang bergerak di bidang properti (perumahan). Mencoba menginternalisasikan pengalamannya dengan mendirikan sekolah yang kurikulumnya berbasis bisnis. Dia ingin menciptakan wirausahawan muda yang dimulai dari pendidikan bisnis sejak kecil hal ini terlihat dari TK sampai SMA yang digagasnya.

Bentuk pendidikan dalam masyarakat modern

(3)

sebagai kecakapan dan kecerdasan untuk menegaskan status oleh elit. Sehingga budaya yang mereka punya dianggap sebagai budaya yang baradab dan intelektual. Seakan-akan terdapat pengistimewaan (previlese) kepada sekolah bisnis. Orang tua, sekolah dan siswa menjadi hal penting yang menentukan legitimasi produk budayanya. Dengan kata lain setiap orang ingin mempertahankan status quonya sebagai orang kaya melalui praktik-praktik yang ada di sekolah bisnis sehingga kurikulum yang ada di sekolah menegaskan adanya pembagian kekuasaan dan kekayaan yang tidak adil.

Summary

(4)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...