• Tidak ada hasil yang ditemukan

PENDAHULUAN Proses jual beli secara online atau biasa dikenal dengan e-commerce semakin marak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. E-Commerce m

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "PENDAHULUAN Proses jual beli secara online atau biasa dikenal dengan e-commerce semakin marak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. E-Commerce m"

Copied!
10
0
0

Teks penuh

(1)

IMPLEMENTATION OF WEB SEMANTIC-BASED INFORMATION SYSTEM OF PRODUCTS ON E-COMMERCE WEBSITE

Zulkipli dan Bambang Wahyudi

Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma (www.gunadarma.ac.id)

ABSTRAK

E-Commerce merupakan metode jual beli yang semakin lama semakin marak digunakan oleh masyarakat karena memberikan banyak keuntungan. Namun dalam memperoleh produk yang sesuai kadang pembeli banyak menemui masalah karena terbatasnya pemberian kata kunci pada produk tersebut. Semantik Web yang merujuk pada kemampuan aplikasi komputer untuk lebih memahami bahasa manusia, bukan hanya bahasa baku dari penggunanya tetapi juga bahasa yang lebih kompleks.Sistem Informasi produk atau barang berbasis web semantik yang penulis buat berfungsi untuk mengelola data produk, mengkonversi data kedalam bentuk RDF, menampilkan produk, menampilkan hasil query atas data yang ada, serta calon pembeli dapat melakukan pemesanan barang. Sistem ini dibuat menggunakan kombinasi perangkat lunak yang mendukung pembangunan situs yang dinamis dan interaktif yaitu PHP, MySQL, RDF API for PHP dan Apache Server.

Kata Kunci: : Semantik Web, RDF, RAP, PHP

ABSTRACT

E-Commerce is a method of buying and selling needs in an increasingly widespread use by the public because it provides many advantages. But in obtaining the appropriate product buyers sometimes see many problems because of the limited provision of keywords in the product. Semantic Web refers to the ability of computer applications to better understand human language, not only the standard language of the users but also language kompleks.Sistem more product information or semantic web-based stuff that the author made functions to manage product data, converting data into RDF form, product displays, display query results on the existing data, and prospective buyers can order the goods. The system is created using a combination of software that supports the development of a dynamic and interactive site that is PHP, MySQL, RDF API for PHP and Apache Server.

(2)

PENDAHULUAN

Proses jual beli secara online atau biasa dikenal dengan e-commerce semakin marak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. E-Commerce memberikan banyak keuntungan kepada penjual maupun pembeli. Namun dalam memperoleh produk yang sesuai terkadang pembeli banyak menemui masalah karena terbatasnya pemberian kata kunci pada produk tersebut. Sayang nya web (termasuk e-commerce) dibuat untuk konsumsi manusia, bukan mesin. Mesin hanya dapat membaca web tapi tidak memahami isi dari web tersebut. Sehingga pencarian produk sangat tergantung dengan kata kunci yang diberikan pada materi tersebut. Web semantik sebagai generasi baru dari teknologi web sangat menjanjikan untuk diterapkan pada website

e-commerce. Produk dalam e-commerce dapat ditambahkan metadata sehingga diharapkan dapat

memudahkan penyebaran, penemuan dan penggunaan produk tersebut. Dengan hal ini maka pengunjung web akan semakin dimudahkan.

METODE PENELITIAN Studi literatur.

Metode Studi Literatur ini digunakan penulis untuk memperoleh teori-teori dasar sebagai sumber acuan dalam penulisan skripsi. Informasi dan pustaka yang berkaitan dengan masalah ini diperoleh dari, antara lain:

 Buku elektronik dan tulisan berupa jurnal yang berhubungan dengan web semantik.  Internet, berupa contoh-contoh penerapan web semantik.

 Sumber informasi lain, berupa penjelasan yang diberikan dosen pembimbing dan rekan-rekan mahasiswa.

Perancangan.

Pada tahap ini di buatlah rancangan struktur semantik yang akan diterapkan.

Implementasi

(3)

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI

Situs ini merupakan sebuah situs yang berbasiskan teknologi web semantic dimana diharapkan ketika seorang pengguna ingin mencari informasi mengenai sebuah buku maka akan diarahkan sedekat mungkin dengan kriteria dan atribut yang dimiliki buku tersebut. Sehingga dalam penjelajahan sebuah situs tidak menghabiskan banyak waktu dan informasi yang didapat sesuai dengan yang diinginkan.

. Buku memiliki 2 tipe, yaitu buku cetak dan buku elektronik. Buku cetak dan elektronik memiliki beberapa perbedaan atribut, diantara perbedaan tersebut yaitu buku cetak memiliki jenis cover (soft cover / hard cover) sedangkan buku elektronik tidak. Perbedaan lain nya yaitu buku elektronik memiliki ukuran file (dalam kilo byte, mega byte, dsb), alat untuk membaca, seperti PC, Kindle, iPhone, dan sebagainya. Berikut ini tabel perbedaan buku cetak dan elektronik.

Atribut Buku Cetak Buku Elektronik

Cover Ya Tidak Judul Ya Ya Jumlah Halaman Ya Ya ISBN Ya Tidak Kategori Buku Ya Ya Bahasa Ya Ya Penulis Ya Ya Penerbit Ya Ya Harga Ya Ya

Ukuran File Tidak Ya

(4)

Rancangan Graph RDF

Tampilan visual dari struktur RDF berbentuk suatu graph yang terdiri atas tripel subjek-predikat-objek. Subjek yang ditampilkan pada graph adalah URI dari Buku. Sedangkan objek yang ditampilkan pada graph adalah URI dari range pada object properties. Penghubung antara keduanya adalah Predikat yang menampilkan URI dari object propertiesnya. Graph nantinya akan digenerate sesuai dengan isi file RDF yang ada. Sehingga akan tampil sebuah jaringan data yang luas ketika database yang dimiliki berjumlah besar.

Struktur RDF Buku

Format representasi data untuk web semantik adalah RDF. RDF merupakan sebuah model standar untuk pertukaran data pada web. Berikut ini adalah struktur dari RDF Buku yang akan ditampilkan pada web yang penulis buat.

<rdf:RDF xml:base="http://izulcybercafe/ontologies/book#" xmlns:ns1="http://www.w3.org/2001/vcard-rdf/3.0#" xmlns:rdf="http://www.w3.org/1999/02/22-rdf-syntax-ns#" xmlns:rdfs="http://www.w3.org/2000/01/rdf-schema#" xmlns:xsd="http://www.w3.org/2001/XMLSchema#"

(5)

xmlns:owl="http://www.w3.org/2002/07/owl#" xmlns:dc="http://purl.org/dc/elements/1.1/" xmlns:ns2="http://izulcybercafe.com/ontologies/Book.owl#"> <rdf:Description rdf:about="http://izulcybercafe.com/ontologies/buku.owl#judul_buku?"> <ns1:isA>Book</ns1:isA> <ns1:hasType>Tipe Buku</ns1:hasType> <ns1:hasTitle>Judul Buku</ns1:hasTitle> <ns1:hasISBN>ISBN</ns1:hasISBN> <ns1:hasCategory>Kategory</ns1:hasCategory> <ns1:hasLanguage>Bahasa yg terkandung</ns1:hasLanguage> <ns1:hasAuthor> penulis </ns1:hasAuthor>

<ns1:hasPublisher> penerbiy </ns1:hasPublisher> <ns1:hasCover> jenis cover </ns1:hasCover> <ns1:hasPage> jumlah halaman</ns1:hasPage>

<ns1:hasSize> besar file (ebook) </ns1: hasSize >

<ns1:hasDevice> Alat untuk membaca (ebook) </ns1: hasDevice > <ns1:hasPrice> harga buku </ns1:hasPrice>

<ns1:hasSinopsis>

<![CDATA[2005, Isi sinopsis ]]> </ns1:hasSinopsis>

</rdf:Description>

Perancangan ERD (Entity Relationship Diagram)

Perancangan database dimulai dengan melakukan perancangan konseptual menggunakan model Enhanced Entity Relationship. Untuk membantu menggambarkan hubungan antar entitas-entitas yang ada. Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum menggambarkan ERR dari database yang ada adalah mengidentifikasi entitas-entitas yang terlibat atau yang digunakan. Dalam database website e-commerce ini dapat dikenali adanya 10 tabel, yaitu :

1. Customers 2. Orders 3. Order_detail 4. Sw_admin 5. Sw_contact 6. Dataset 7. Dataset_model 8. Models 9. Namespaces 10. Statements

(6)

Dari sepuluh buah tabel penulis hanya akan membahas 5 tabel teratas, karena 5 tabel terakhir adalah tabel default yang terbentuk ketika menginstall RAP.

Dari 5 tabel pertama terdapat relasi antara tiga buah tabel, yaitu:  Customers

 Orders

 Order_detail

Arsitektur layanan website

Arsitektur layanan web sistem informasi buku yang penulis buat terlihat seperti gambar dibawah. Aplikasi ini mancakup entry data, konversi data dalam format RDF, user dapat melakukan query pencarian data buku menggunakan SPAQRL berdasarkan judul, penulis, penerbit maupun harga buku.

(7)

Struktur Navigasi

Pada pembuatan website ini, model struktur navigasi yang digunakan adalah struktur navigasi campuran atau disebut dengan struktur navigasi bebas dimana jika suatu halaman membutuhkan percabangan maka dibuat percabangan dan apabila percabangan tersebut terdapat suatu tampilan yang sama kedudukannya maka dapat dibuat struktur linier dalam percabangan. Berikut adalah rancangan struktur navigasi website yang akan dibuat

Front End Server Query Konversi Data Data RDF/ XML RDF Store SPARQL Web Browser Query Interfac My SQL Data Buku (Mentah)

Cetak Elektronik Indonesia Inggris Category

Tambah Buku

Halaman Admin

Generate RDF Data List

Delete Edit

Logout Halaman User

Graph

(8)

Uji Coba Aplikasi

Setelah pembuatan aplikasi dilakukan, berikut ini adalah pengujian terhadap tiap-tiap halaman. Berikut contoh tampilan website yang terdapat pada website ini.

Data Grid setelah di generate dengan RAP

(9)

PENUTUP Kesimpulan

Setelah melakukan pengujian, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa aplikasi ini sudah dapat melakukan beberapa fungsi utama yang ada pada website di antaranya melakukan penambahan data. Data tersebut akan secara otomatis dikonversi agar sesuai dengan tipe data yang digunakan pada web semantic yaitu tipe data RDF. Selain itu interface website ini sudah dibuat semudah mungkin agar memudahkan pengelola untuk mengelola data barang, dari sisi pengunjung, website ini telah dibuat sesuai tujuan, yaitu sebisa mungkin agar memudahkan pengunjung dalam pencarian produk sesuai dengan metadata yang dimiliki oleh setiap produk. Pengunjung juga dapat melakukan pembelian barang sesuai dengan tujuan penulisan ini sendiri.

Saran

Sangatlah diharapkan adanya bantuan dari pihak lain yang tertarik dengan tema ini untuk bersama-sama mengembangkan aplikasi ini agar aplikasi ini bisa lebih baik lagi. Dikarenakan banyak modul terkait web semantik yang tidak ada di website ini, siharapkan suatu saat ditambahkan sistem pencarian yang lebih detail lagi serta pembuatan service agar bisa diintegrasikan dengan website lain.

DAFTAR PUSTAKA

[1] Berners-Lee, T., Hendler, J., dan Lassila, O. 2001. The Semantic Web. USA: Scientific American.

[2] Cardoso, J. 2007. Semantic Web Services Theory, Tools, and Applications. IGI Global. [3] Colomb , Robert M. 2007. Ontology and the Semantic Web. Amsterdam: IOS Press. [4] n.n. 2010. RDF. Wiki URL :

http://en.wikipedia.org/wiki/Resource_Description_Framework [5] n.n. 2010. Ontology (information science). Wiki URL :

http://en.wikipedia.org/wiki/Ontology_(information_science) [6] n.n. 2010. Perdagangan elektronik. Wiki URL :

(10)

[7] n.n. 2010. PHP. Wiki URL : http://id.wikipedia.org/wiki/PHP

[8] n.n. 2010. OWL. Wiki URL : http://en.wikipedia.org/wiki/Web_Ontology_Language [9] n.n. 2010. XML. Wiki URL : http://id.wikipedia.org/wiki/Extensible_markup_language [10] RAP - RDF API for PHP V0.9.6. URL : http://www4.wiwiss.fu- berlin.de/bizer/rdfapi/ [12] Pharo, Nils. 2009. The semantic web. URL:

http://www.jbi.hio.no/bibin/digdok/sem_web.htm

[13] W3C. 2002. RDF Schema. URL : http://www.w3.org/TR/2002/WD-rdf-schema-20021112/

[14] W3C. 2004. Resources Description Framework. URL: http://www.w3.org/RDF/ [15] Wellem, Theophilus 2009. Semantic Web Sebagai Solusi Masalah Dalam E-Tourism

di Indonesia.

[16] Wikipedia. 2010. Ontology (Computer Science). Wiki URL :

Referensi

Dokumen terkait

Roda gila meneruskan sekaligus menyimpan energi dari Crank Shaft (kruk as) mesin saat mesin hidup (berputar), Plat clutch (clutch disk) menjadi satu-satunya perantara tenaga

SDN 1 Ngadirejo merupakan lembaga pendidik- an milik pemerintah yang berdiri tahun 1951 yang sebelumnya juga sebagai Sekolah Rakyat pada jaman Belanda menjajah

Sistem sara pada umumna terdiri atas neuron.neuron indi&lt;idual ang tidak saling ber'ubungan&amp; @al ini memerlukan suatu mekanisme untuk menalurkan pesan neural dari akson

Pada suatu batuan reservoir bisa didapatkan 2 jenis  permeabelitas oleh karena retakan yaitu permeabelitas dan  porositas rendah di dalam bongkahan di antara

Pada tingkat kenyataan persepsi penghuni rumah hemat energi, faktor yang dominan adalah Faktor Kenyamanan Hunian dengan varibel pembentuk variabel tinggi

Dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan dalam kurun waktu mulai dari bulan Januari sampai dengan Desember pada tahun 2016, setiap program kegiatan akan

Formulasi pada proses fortifikasi zat besi, kalsium, seng, vitamin A, dan vitamin C dilakukan pada wafer krim karena remaja menyukai produk yang mudah dibawa dan dapat

Pada tabel 7 dapat dilihat hasil uji persamaan regresi 4 yang digunakan untuk menganalisis pengaruh partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial melalui persepsi