Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP)

Top PDF Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP):

Biased Random Key Genetic Algorithm Dengan Insertion Dan Gender Selection Untuk Capacitated Vehicle Routing Problem With Time Windows.

Biased Random Key Genetic Algorithm Dengan Insertion Dan Gender Selection Untuk Capacitated Vehicle Routing Problem With Time Windows.

kendaraan dan rentang waktu atau disebut sebagai Capacitated Vehicle Routing Problem with Time Windows (CVRPTW). Pada penelitian Sembiring (2008), CVRPTW diselesaikan menggunakan Metode Algoritma Heuristik. Selain metode Heuristik tersebut, kasus-kasus seperti VRP dan variannya termasuk CVRPTW banyak diselesaikan dengan metode Metaheuristik yang dipilih karena dapat menghasilkan alternatif solusi yang lebih optimal dengan waktu yang lebih cepat. Misalnya, metode Metaheuristik seperti Ant Colony Optimization(ACO) dan Artificial Bee Colony(ABC).Algoritma ACO telah digunakan dalam penelitian Maryati & Wibowo(2012)sedangkan Algoritma ABC digunakan pada penelitian Alam (2013), kedua metode tersebut dirancang untuk menyelesaikan kasus yang sama yaitu CVRP dan menunjukan hasil yang signifikan.Oleh karena itu, pada penelitian ini dirancang salah satu dari metode Metaheuristik lainnnya yaitu Biased Random Key Genetic Algorithm (BRKGA) untuk menyelesaikan kasus CVRPTW pada penelitian Sembiring (2008). Implementasi metode BRKGA sudah ada pada penelitian sebelumnya, yaitu pada penelitian yang dilakukan oleh Grasas et al (2014) terkait penentuan rute pengumpulan darah, akan tetapi pada penelitian Grasas et al (2014) kasus VRP yang diselesaikan merupakan kasus VRP dengan rute terbuka atau Capacitated Open Vehicle Routing Problem (COVRP) dimana kendaraan yang dipakai memulai perjalanan dititik tertentu (bukan dari depot) dan berakhir di satu titik tujuan. Berbeda dengan penelitian Grasas et al (2014), pada penelitian ini BRKGA dirancang dengan individualinsertion dan modifikasigender selection.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

Algoritma Genetika Ganda (AGG) untuk Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP).

Algoritma Genetika Ganda (AGG) untuk Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP).

Abstrak — Capacitated vehicle routing problem (CVRP) merupakan suatu permasalahan penyaluran barang, dengan kendaraan berkapasitas tertentu, dari satu depot ke beberapa pelanggan, yang bertujuan untuk mencari rute yang meminimalkan total jarak yang ditempuh. Contoh nyata CVRP adalah permasalahan penyaluran bahan bakar minyak ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Ada banyak metode yang telah dipakai untuk menyelesaikan CVRP, namun penggunaan algoritma genetika (AG) masih belum memberikan hasil yang memuaskan. Namun keberhasilan AG untuk menyelesaikan banyak permasalahan lain menunjukkan bahwa penggunaan AG akan memberikan hasil yang semakin baik apabila terus diteliti. Untuk mempermudah menyelesaikan CVRP, dapat dilakukan dekomposisi agar CVRP terbagi menjadi beberapa permasalahan yang lebih sederhana yang dapat diselesaikan secara independen. Berdasarkan hal tersebut, dirumuskan algoritma genetika ganda (AGG) yang terlebih dahulu berusaha untuk mendekomposisi CVRP dan kemudian mencari rute terpendek pada setiap permasalahan dengan menggunakan dua algoritma genetika sederhana berbeda. Untuk mengetahui seberapa baik AGG dalam menyelesaikan CVRP, dilakukan pembandingan antara AGG dengan AG. Pembandingan AGG dengan AG dilihat dari tiga segi, yaitu jarak, waktu komputasi, dan total generasi. Agar mendapatkan hasil yang akurat, pembandingan dilakukan dengan membuat empat permasalahan yaitu P50, P75, P100, dan P125, dan untuk setiap permasalahan digunakan empat belas variasi kapasitas kendaraan yang berbeda. Didapatkan hasil bahwa untuk segi waktu komputasi dan total generasi, AGG lebih baik dari AG. Sedangkan dari segi jarak, AGG juga lebih baik dari AG kecuali untuk beberapa kapasitas kendaraan yang kecil pada permasalahan P50 dan P75. Hasil juga menunjukkan bahwa penambahan kapasitas kendaraan mengakibatkan AGG menjadi jauh lebih baik dibandingkan dengan AG.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN  PENYELESAIAN MASALAH SEQUENTIAL TWO DIMENSIONAL LOADING CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM MENGGUNAKAN KOMBINASI ALGORITMA NEAREST NEIGHBOR.

BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN PENYELESAIAN MASALAH SEQUENTIAL TWO DIMENSIONAL LOADING CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM MENGGUNAKAN KOMBINASI ALGORITMA NEAREST NEIGHBOR.

Penelitian yang dilakukan tentang penerapan metode NN dan kelima metode heuristik dalam menyelesaikan kasus Sequential Two Dimensional Loading Capacitated Vehicle Routing Problem (Sequential 2L-CVRP) akhirnya menghasilkan sebuah program yang dapat dijalankan dengan baik dan benar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

18 Baca lebih lajut

IMPLEMENTASI ALGORITMAFLOYD WARSHALL DAN NEAREST NEIGHBOUR DALAM PENGOPTIMALAN RUTE CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS.

IMPLEMENTASI ALGORITMAFLOYD WARSHALL DAN NEAREST NEIGHBOUR DALAM PENGOPTIMALAN RUTE CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS.

Beberapa jenis permasalahan VRP berdasarkan kendalanya antara lain capacitated vehicle routing problem (CVRP) dengan kendala kapasitas setiap kendaraan terbatas, vehicle routing problem with time windows (VRPTW) dengan kendala konsumen harus disuplai dalam time windows (jangka waktu tertentu), multiple depot vehicle routing problem (MDVRP) dengan kendala distributor memiliki banyak depot untuk menyuplai konsumen, vehicle routing problem with pick-up and delivering (VRPPD) dengan kendala ada kemungkinan konsumen mengembalikan barang ke depot asal, split delivery vehicle routing problem (SDVRP) dengan kendala konsumen dilayani dengan kendaraan yang berbeda, dan periodic vehicle routing problem dengan kendala pengantaran hanya dilakukan di hari tertentu.
Baca lebih lanjut

118 Baca lebih lajut

BAB 1 PENDAHULUAN  PENYELESAIAN MASALAH SEQUENTIAL TWO DIMENSIONAL LOADING CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM MENGGUNAKAN KOMBINASI ALGORITMA NEAREST NEIGHBOR.

BAB 1 PENDAHULUAN PENYELESAIAN MASALAH SEQUENTIAL TWO DIMENSIONAL LOADING CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM MENGGUNAKAN KOMBINASI ALGORITMA NEAREST NEIGHBOR.

teliti, yaitu Sequential Two Dimensional Loading Capacitated Vehicle Routing Problem (Sequential 2L-CVRP). 2L-CVRP merupakan permasalahan CVRP dengan memperhatikan aspek loading dan unloading kontainer yang dilihat secara 2 dimensi, dalam hal ini adalah panjang dan lebar (tanpa tinggi) kontainer. Sehingga panjang dan lebar total dari seluruh barang yang dimasukkan ke dalam kontainer harus kurang dari ukuran panjang dan lebar kontainer itu sendiri.

7 Baca lebih lajut

PENYELESAIAN MASALAH SEQUENTIAL TWO DIMENSIONAL LOADING  PENYELESAIAN MASALAH SEQUENTIAL TWO DIMENSIONAL LOADING CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM MENGGUNAKAN KOMBINASI ALGORITMA NEAREST NEIGHBOR.

PENYELESAIAN MASALAH SEQUENTIAL TWO DIMENSIONAL LOADING PENYELESAIAN MASALAH SEQUENTIAL TWO DIMENSIONAL LOADING CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM MENGGUNAKAN KOMBINASI ALGORITMA NEAREST NEIGHBOR.

Vehicle Routing Problem (VRP) adalah suatu metode untuk menentukan rute optimal suatu kendaraan dalam melayani konsumen yang ada dari suatu depo. Dalam kondisi nyata, terdapat permasalahan mengenai penataan atau loading dan pembongkaran atau unloading suatu kontainer. Tipe VRP itulah yang akan penulis teliti, yaitu Sequential Two Dimensional Loading Capacitated Vehicle Routing Problem (Sequential 2L-CVRP). Sequential 2L-CVRP memiliki fitur tambahan berupa LIFO atau Last In First Out, sehingga ketika melakukan unloading, produk dapat diturunkan tanpa memindahkan produk lainnya. Penataan harus disesuaikan dengan urutan kunjungan kendaraan ke konsumen. Ketika kendaraan sampai pada konsumen i, maka produk konsumen i harus dapat diambil tanpa memindahkan produk konsumen non-i. Dengan kata lain, tidak boleh ada produk konsumen non-i yang berada diantara produk konsumen i dan pintu kontainer / loading door.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Penyelesaian Capacitated Vehicle Routing Problem Menggunakan Greedy Randomized Adaptive Search Procedure

Penyelesaian Capacitated Vehicle Routing Problem Menggunakan Greedy Randomized Adaptive Search Procedure

Masalah transportasi dan distribusi produk dalam kehidupan sehari-hari dapat dimodelkan sebagai vehicle routing problem (VRP). Model VRP akan menghasilkan sejumlah rute kendaraan untuk mengunjungi konsumen. Setiap rute berawal dan berakhir di tempat yang sama yang disebut depot. Selain itu, model VRP juga memastikan agar total permintaan pada suatu rute tidak melebihi kapasitas kendaraan yang beroperasi. Penggunaan model VRP diharapkan dapat meminimumkan total jarak tempuh dan jumlah kendaraan. Salah satu variasi dari VRP ialah capacitated vehicle routing problem (CVRP). Pada CVRP ditambahkan kendala kapasitas pada kendaraan untuk melayani permintaan pelanggan.
Baca lebih lanjut

45 Baca lebih lajut

PENERAPAN ALGORITMA GENETIKA DAN ALGORITMA SWEEP PADA PENYELESAIAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP) UNTUK OPTIMASI PENDISTRIBUSIAN GULA.

PENERAPAN ALGORITMA GENETIKA DAN ALGORITMA SWEEP PADA PENYELESAIAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP) UNTUK OPTIMASI PENDISTRIBUSIAN GULA.

Penyelesaian CVRP pada penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dari studi kasus di salah satu Pabrik Gula yang berada di Yogyakarta. Data yang diambil adalah data pendistribusian selama satu hari yang terdiri dari 25 toko yang berada di Yogyakarta. Penelitian ini akan membahas mengenai pemilihan rute optimum untuk masalah pendistribusian gula di Kota Yogyakarta, karena selama ini perusahaan belum mempunyai rute yang tetap untuk pendistribusian gula. Pendistribusian yang selama ini dilakukan hanya berdasarkan perkiraan saja tanpa mengetahui rute yang dipilih minimal atau belum. Pada penelitian ini akan dibentuk rute optimum pendistribusian gula supaya pendistribusian gula tidak mengalami keterlambatan dalam pengiriman dan juga jarak tempuh yang dihasilkan tidak terlalu jauh. Permasalahan pendistribusian gula dapat dimodelkan dengan Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP), kemudian model tersebut akan diselesaikan dengan menggunakan algoritma genetika dan algoritma sweep.
Baca lebih lanjut

171 Baca lebih lajut

BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA DAN DASAR TEORI  PENERAPAN MULTI-OBJECTIVE PARTICLE SWARM OPTIMIZATION UNTUK KASUS CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN LOAD BALANCING.

BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA DAN DASAR TEORI PENERAPAN MULTI-OBJECTIVE PARTICLE SWARM OPTIMIZATION UNTUK KASUS CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN LOAD BALANCING.

VRP memiliki banyak varian sesuai dengan karakteristik permasalahan, salah satunya adalah Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP). CVRP pertama kali muncul pada permasalahan permasalahan penentuan rute distribusi dengan kendaraan yang memiliki kapasitas tetap dan sama untuk memenuhi permintaan konsumen dengan komoditi tunggal dari suatu depot dengan ongkos minimum (Ai dan Kachitvichyanukul, 2009). CVRP merupakan varian VRP yang paling sederhana. Kapasitas yang terbatas dan sama untuk semua kendaraan merupakan ciri dari CVRP.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Adaptasi Algoritma Harmony Search Untuk Menyelesaikan Capacitated Vehicle Routing Problem (Cvrp) Dengan Permintaan Dinamis - ITS Repository

Adaptasi Algoritma Harmony Search Untuk Menyelesaikan Capacitated Vehicle Routing Problem (Cvrp) Dengan Permintaan Dinamis - ITS Repository

Capacitated vehicle routing problem (CVRP) merupakan permasalahan pencarian rute terbaik untuk mendistribusikan barang kepada sejumlah pelanggan menggunakan kendaraan yang memiliki kapasitas terbatas. CVRP merupakan permasalahan np- hard yang berarti diperlukan suatu metode untuk dapat menghasilkan solusi penyelesaian yang optimal dengan waktu komputasi lebih cepat. Pertama, pada penelitian ini terdapat dua kasus, kasus pertama adalah CVRP dengan letak depot berada di pinggir dan kasus kedua letak depotnya berada ditengah dengan masing-masing memiliki koordinat depot, koordinat 70 pelanggan, kapasitas kendaraan, dan permintaan setiap pelanggan. Kemudian, dicari rute terpendek untuk melayani pelanggan yang memiliki permintaan. Pada penelitian ini, CVRP dengan permintaan dinamis diselesaikan dengan algoritma harmony search, GA-based clustering algorithm, dan algoritma hybrid harmony search. Hasil yang didapatkan yaitu algortima hybrid harmony search dapat digunakan untuk menyelesaikan CVRP dengan permintaan dinamis dan menghasilkan solusi yang baik dibandingkan dengan algoritma harmony search, dan GA-based clustering algorithm.
Baca lebih lanjut

189 Baca lebih lajut

PENERAPAN ALGORITMA GENETIKA PADA PENYELESAIAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP) UNTUK DISTRIBUSI SURAT KABAR KEDAULATAN RAKYAT DI KABUPATEN SLEMAN.

PENERAPAN ALGORITMA GENETIKA PADA PENYELESAIAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP) UNTUK DISTRIBUSI SURAT KABAR KEDAULATAN RAKYAT DI KABUPATEN SLEMAN.

Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) merupakan salah satu variasi yang paling umum dari masalah VRP, dimana terdapat penambahan kendala berupa kapasitas kendaraan yang homogen (identik) untuk mengunjungi sejumlah agen sesuai dengan permintaannya masing-masing. Permasalahan CVRP, total jumlah permintaan agen dalam satu rute tidak melebihi kapasitas kendaraan yang melayani rute tersebut, setiap agen dikunjungi satu kali oleh satu kendaraan dan semua rute dimulai dan berakhir di depot. Permasalahan CVRP mempunyai tujuan meminimumkan total jarak tempuh rute perjalanan kendaraan yang digunakan dalam mendistribusikan barang dari tempat pengiriman (depot) ke masing-masing agen.
Baca lebih lanjut

130 Baca lebih lajut

Perancangan Biased Random Key Genetic Algorithm dengan Multiple Populations untuk Menyelesaikan Capacitated Vehicle Routing Problem with Time Windows.

Perancangan Biased Random Key Genetic Algorithm dengan Multiple Populations untuk Menyelesaikan Capacitated Vehicle Routing Problem with Time Windows.

Perkembangan permasalahan dalam pendistribusian membuat munculnya banyak variasi dari VRP. Pada penelitian Slamet et al. (2014), dilakukan penelitian mengenai variasi VRP berupa Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) untuk menyelesaikan permasalahan pada pendistribusian sayuran dataran tinggi di Bogor. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan CVRP menggunakan metode genetic algorithm (GA). Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa adanya pengurangan waktu distribusi dan pengurangan jumlah armada. Permasalahan CVRP juga terjadi pada CV. Adi Chandra Sumenep dalam pengiriman pupuk urea bersubsidi yang bertujuan untuk meminimalkan total jarak (Awansari & Abusini, 2013). Permasalahan CVRP tersebut mempertimbangkan kapasitas kendaraan, jarak antar pengecer resmi dan permintaan setiap pengecer. Pada penelitian tersebut, penyelesaian permasalahan CVRP menggunakan metode Branch and Bound dengan bantuan software LINGO versi 11.0.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

BAB 3 METODOLOGI  PENERAPAN MULTI-OBJECTIVE PARTICLE SWARM OPTIMIZATION UNTUK KASUS CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN LOAD BALANCING.

BAB 3 METODOLOGI PENERAPAN MULTI-OBJECTIVE PARTICLE SWARM OPTIMIZATION UNTUK KASUS CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN LOAD BALANCING.

Tahap ini adalah tahap pertama untuk memahami konsep Vehicle Routing Problem. Studi pustaka dilakukan dengan mencari jurnal-jurnal yang berisi penelitian terdahulu dari kasus-kasus VRP. Lebih sempit yang dibahas adalah kasus Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP). Penelitian-penelitian terdahulu yang menjadi acuan adalah penelitian yang membahas kasus VRP dengan lebih dari satu fungsi tujuan. Studi pustaka juga dilakukan untuk melihat metode optimasi yang ada terutama MOPSO untuk menyelesaikan kasus multi- objective VRP. Tahap ini bertujuan untuk melihat kondisi terkini dari penelitian untuk kasus VRP dan MOPSO sebagai refrensi peneliti dalam menyusun penelitian ini.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

PENERAPAN MULTI-OBJECTIVE PARTICLE SWARM  PENERAPAN MULTI-OBJECTIVE PARTICLE SWARM OPTIMIZATION UNTUK KASUS CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN LOAD BALANCING.

PENERAPAN MULTI-OBJECTIVE PARTICLE SWARM PENERAPAN MULTI-OBJECTIVE PARTICLE SWARM OPTIMIZATION UNTUK KASUS CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM DENGAN LOAD BALANCING.

Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) merupakan kasus distribusi untuk mencari rute distribusi ke beberapa konsumen dengan beberapa kendaraan yang memiliki kapasitas yang sama. Solusi yang ada pada umumnya menghasilkan rute yang meminimumkan ongkos perjalanan. Pada penelitian terdahulu untuk kasus CVRP, keseimbangan beban kerja (load balancing) kurang diperhatikan, antara lain terlihat pada besarnya rentang load kendaraan. Best Known Solution (BKS) untuk CVRP mencatat nilai objektif yang paling kecil dari penelitian CVRP yang telah ada, namun dari data BKS load kendaraan yang dihasilkan menunjukan rentang load kendaraan yang tinggi cukup tinggi. Sehingga diperlukan solusi yang mampu menghasilkan rute untuk CVRP yang meminimumkan ongkos perjalanan sekaligus meminimalkan rentang load kendaraan atau bisa disebut Capacitated Vehicle Routing Problem with Load Balancing (CVRPLB). Pada penelitian ini load balancing didefinisikan sebagai rentang load kendaraan yang minimum.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

PENYELESAIAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP) MENGGUNAKAN METODE SAVING MATRIKS, SEQUENTIAL INSERTION, DAN NEAREST NEIGHBOUR DI VICTORIA RO.

PENYELESAIAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM (CVRP) MENGGUNAKAN METODE SAVING MATRIKS, SEQUENTIAL INSERTION, DAN NEAREST NEIGHBOUR DI VICTORIA RO.

pelanggan dengan jumlah muatan yang tidak melampaui kapasitas, maka digunakan Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) yaitu setiap kendaraan mempunyai kapasitas yang terbatas . Melakukan pendistribusian dalam setiap kendaraan pengangkut hanya dapat dilaksanakan sebanyak satu kali pengiriman yaitu dari depot ke pelanggan kembali ke depot. Sehingga suatu sistem pelayanan pada penentuan rute distribusi menjadi lebih efektif, efisien dan bisa meningkatkan kemampuan perusahaan untuk dapat memenuhi permintaan produk secara lebih cepat agar kepercayaan dan kepuasan konsumen meningkat. Kapasitas kendaraan yang ada diharapkan dapat memenuhi semua permintaan dari seluruh pelanggan yang tersebar di wilayah pengiriman.
Baca lebih lanjut

36 Baca lebih lajut

HEURISTIC FOR ASYMMETRIC CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM

HEURISTIC FOR ASYMMETRIC CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM

The Vehicle Routing Problem (VRP) has been thoroughly studied in a variety of areas, such as Operations Research, Artificial Intelligence, etc. It can be defined as a problem of finding the optimal routes of delivery or collection from one or several depots to a number of cities or customers, while satisfying some constraints. Collection of household waste, gasoline delivery trucks, goods distribution, and mail delivery are the most used applications of the VRP. Since the VRP plays a vital role in distribution and logistics, thousands of papers have been written on several VRP variants such as Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP), VRP with Time Windows (VRPTW), VRP with Backhauls (VRPB), VRP with Pick-Up and Delivery (VRPPD) and Periodic VRP (PVRP) (Toth, 2002).
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS FOR MILK COLLECTION AT KPBS PANGALENGAN

CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS FOR MILK COLLECTION AT KPBS PANGALENGAN

In this study a heuristic is implemented to solve a real-life problem of milk collecting from a set of farmers to the location of Milk Treatment. This problem known as the Capacitated Vehicle Routing Problem with Time Windows (CVRPTW) which categorized as NP-hard problem. The computational result shows that the heuristic in this study is a good heuristic for this problem and the other CVRPTW problems, in terms of its simplicity of implementation. The main weakness in this heuristic is that there are parameters ( µ, α 1 , α 2 and  ) that
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN  PENYELESAIAN MASALAH SEQUENTIAL TWO DIMENSIONAL LOADING CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM MENGGUNAKAN KOMBINASI ALGORITMA NEAREST NEIGHBOR.

BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN PENYELESAIAN MASALAH SEQUENTIAL TWO DIMENSIONAL LOADING CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM MENGGUNAKAN KOMBINASI ALGORITMA NEAREST NEIGHBOR.

Tahap studi pustaka ini berguna untuk memahami konsep Vehicle Routing Problem. Studi pustaka ini dilakukan dengan cara membaca dan memahami jurnal-jurnal berupa penelitian terdahulu yang berkaitan dengan topik VRP. Penelitian terdahulu yang menjadi fokus penulis adalah penelitian yang membahas mengenai kasus VRP dengan permasalahan loading dan unloading atau yang dinamakan Sequential Two Loading Capacitated Vehicle Routing Problem. Studi pustaka tidak hanya dilakukan untuk mencari permasalahan tersebut, namun juga dilakukan untuk melihat metode penentuan rute yang dapat digunakan dalam penyelesaian permasalahan tersebut. Metode yang penulis pelajari untuk menentukan rute adalah Nearest Neighbor dan untuk menyelesaikan permasalahan sequential loading & unloading adalah 5 metode heuristik, seperti BLF, MTP, dan Min. Area.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Implementasi Algoritma Clarke And Wright’s Savings Dalam Menyelesaikan Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP)

Implementasi Algoritma Clarke And Wright’s Savings Dalam Menyelesaikan Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP)

Pada tahap ini dilakukan pengumpulan data sekunder yang diperoleh dari jurnal Ayu S dan Abusini S yang berjudul Implementasi model Capacitated Vehicle Routing Problem pada pengiriman pupuk urea bersubsidi (Studi Kasus CV. Adi Chandra Sumekar, Sumenep).

6 Baca lebih lajut

Implementasi Algoritma Clarke And Wright’s Savings Dalam Menyelesaikan Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP)

Implementasi Algoritma Clarke And Wright’s Savings Dalam Menyelesaikan Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP)

Ayu S dan Abusini S. 2008. Implementasi model Capacitated Vehicle Routing Problem pada pengiriman pupuk urea bersubsidi (Studi Kasus CV. Adi Chandra Sumekar, Sumenep). Jurnal Mahasiswa Matematika universitas brawijaya Malang

1 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...