Kata kunci:

Top PDF Kata kunci::

HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENENTUKAN KATA-KATA KUNCI DAN KETERAMPILAN MEMBACA.

HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MENENTUKAN KATA-KATA KUNCI DAN KETERAMPILAN MEMBACA.

Keterbatasan kemampuan siswa dalam pemahaman membaca dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti menentukan kata kunci dalam sebuah kalimat, motivasi dalam membaca, kebiasaan membaca, minimnya pengetahuan kosakata serta waktu yang dibutuhkan dalam membaca sebuah teks. Pada dasarnya faktor-faktor kemampuan siswa dalam pemahaman membaca itu akan berbeda satu sama lain. Siswa dapat memahami sebuah teks karena ada pengaruh kosakata yang diketahuinya. Setiap kalimat terdiri dari beberapa unsur kata yang membangunnya. Dari kata-kata itulah siswa dapat mengerti arti kalimat tersebut, namun siswa tidak harus mengetahui arti setiap kata.
Baca lebih lanjut

25 Baca lebih lajut

LOCKER DENGAN PENGAMAN KATA KUNCI BERBASIS MIKROKONTROLER

LOCKER DENGAN PENGAMAN KATA KUNCI BERBASIS MIKROKONTROLER

Pada saat pertama pengguna harus mendaftar dengan memasukkan kata kunci yang dikehendaki dan kemudian disimpan pada memory mikrokontroler. Selanjutnya mikrokontroler akan membandingkan kata kunci pengguna bila akan dilakukan pengambilan barang titipan. Pada perangkat keras sistem locker terdiri dari bagian masukan, bagian pemroses dan bagian keluaran. Bagian masukan terdiri dari limit switch untuk mendeteksi pintu locker terbuka atau tertutup dan tombol keypad yang berfungsi untuk memasukkan kata kunci sebagai pengaman dan untuk berinteraksi dengan perangkat lunak. Bagian keluaran terdiri dari sebuah LCD berupa matrix 2 x 16 yang cukup untuk menampilkan menu yang harus dipilih pengguna, Light Emitting Diode (LED) sebagai lampu indikator apakah locker dapat digunakan atau masih kosong, driver motor DC L293 yang berisi 4 kanal driver dan dapat menghasilkan arus sampai 600 mA dan motor DC sebagai pembuka dan penutup pintu locker [6].
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Kata-kata kunci: kuantum, video pembelajaran, psikomotorik

Kata-kata kunci: kuantum, video pembelajaran, psikomotorik

Desain Pembelajaran Kuantum untuk Meningkatkan Hasil Belajar Psikomotorik Quantum Teaching merupakan suatu pembelajaran yang memadukan unsur seni dan pencapaian-pencapaian terarah pada semua mata pelajaran. Menurut DePorter, et al (2011: 37) menyatakan bahwa “ Quantum Teaching sebuah model yang diperumpamakan seperti sebuah simfoni, ada banyak unsur yang menjadi pengalaman bermusik dimana unsur-unsur tersebut dibagi menjadi dua kategori, yaitu: konteks dan isi”. Secara filosofis Quantum Teaching memiliki tiga kata kunci, yaitu: 1) Quantum merupakan interaksi yang mengubah energi menjadi cahaya, QT dengan demikian adalah pengubahan bermacam-macam interaksi yang ada di dalam dan di sekitar momen belajar dimana interaksi-interaksi ini mengubah kemampuan dan bakat alamiah siswa menjadi cahaya yang bermanfaat bagi diri mereka sendiri dan orang lain; 2) Pemercepatan belajar, menyingkirkan hambatan yang mungkin menghalangi proses belajar alamiah dengan secara sengaja menggunakan musik, mewarnai lingkungan sekeliling, menyusun bahan pembelajaran yang sesuai, penyajian efektif dan keterlibatan aktif; 3) Fasilitasi, memudahkan segala hal.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Kata-kata kunci: model pembelajaran, penguasaan konsep, dan sikap ilmiah

Kata-kata kunci: model pembelajaran, penguasaan konsep, dan sikap ilmiah

sebagai fasilitator dan mediator.Melalui implementasi model pembelajaran inkuiri memberi kesempatan kepada siswa untuk bekerja seperti ilmuwan di antaranya merumuskan hipotesis, menguji hipotesis melalui percobaan dan mengimpormasikan hasil penyelidikan. Oleh karena itu melalui implementasi model pembelajaran inkuiri penguasaan konsep fisika siswa dapat ditingkatkan. Model pembelajaran inkuiri memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan sendiri, menggunakan konsep-konsep yang sudah dimiliki untuk memecahkan masalah yang dihadapi dengan kata lain siswa mempunyai kesempatan untuk mengaitkan informasi baru dengan struktur kognitif yang ada sehingga terjadi belajar bermakna. Model pembelajaran inkuiri juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja seperti ilmuwan yakni merumuskan hipotesis, menggali informasi, merancang dan melakukan percobaan, dan mengkomunikasikan hasil percobaan. Satu hal yang perlu diperhatikan oleh para guru dalam mengajar fisika dengan model pembelajaran inkuiri adalah tugas guru hanya sebagai fasilitator dan mediator, yakni membantu siswa untuk belajar dan menggunakan keterampilan proses mereka untuk memperoleh lebih banyak ilmu pengetahuan.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Kata-kata kunci: tugas, aktivitas berbasis tugas, rekaman video

Kata-kata kunci: tugas, aktivitas berbasis tugas, rekaman video

Model pembelajaran yang berorientasi pada task-based activity yang efektif yang merupakan modifikasi dari model Harmer (1997) mengandung langkah-langkah: (a) memperkenalkan dan mendemonstrasikan penggunaan ekspresi bahasa baru yang akan digunakan dengan menggunakan Audio Video Recording dan diskusi, (b) mendiskusikan bagaimana pola atau kata- kata yang membentuk ekspresi-ekspresi tersebut, (c) berlatih untuk menghasilkan ekspresi-ekspresi yang dipelajari, (d) menjelaskan dan menyuruh mahasiswa untuk mencari informasi pada mahasiswa yang lain sehubungan dengan topik bahasan, (e) melaporkan hasil yang mereka dapatkan di depan kelas, dan (f) memberikan umpan balik tentang kelebihan dan kekurangan mahasiswa dalam pelaporan dengan memutar kembali hasil rekaman presentasi mereka.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Kata-kunci : Kebiasaan Sholat, Portofolio

Kata-kunci : Kebiasaan Sholat, Portofolio

Pada taraf pemulaan pendidikan sholat diberikan kepada anak-anak supaya mereka membiasakan diri melakukan perbuatan baik. Mengingat kedudukan dan fungsi sholat yang begitu teramat penting bagi seorang muslim, maka oleh karenanya pendidikan sholat dari sejak kecil harus mendapat perhatian yang baik. Pepatah lama mengatakan, Pelajaran di waktu kecil ibarat melukis di atas batu, pendidikan di waktu besar ibarat melukis di atas air. Untuk itu pembentukan kepribadian anak yang paling utama ialah di waktu kecil. Dari sini si anak dilatih untuk membiasakan diri melaksanakan sholat hingga kelak sholat merupakan kebiasaan yang berjalan secara otomatis yang berdampak pada hidupnya kepada perbuatan yang baik dan menjauhi segala perbuatan yang keji. Diperingatkan kepada kedua orangtua dari si anak, bahwa tanggungjawab mereka terhadap anak yang dilahirkan dengan fitrah yang suci dan kemaslahatan hidupnya tergantung kepada pemeliharaan dan pendidikan yang diberikan oleh ibu-bapak. Sebagaimana Rasulullah SAW, telah bersabda : “ Tiap-tiap anak dilahirkan dalam fitrah yang suci sehingga dia pandai berkata-kata, maka ibu-bapaknyalah yang menjadikannya Yahudi atau Nasrani atau majusi “.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

Kata-kata kunci: pemetaan, bahasa-sastra daerah, dokumentasi, revitalisasi

Kata-kata kunci: pemetaan, bahasa-sastra daerah, dokumentasi, revitalisasi

Menurut Collins (2018), dalam 20 tahun terakhir, pendokementasian bahasa-bahasa terancam (punah) telah muncul sebagai sub-cabang baru linguistik dengan prioritas dan prosedur mutakhir tersendiri (lihat juga Himmelmann dalam Gippert dkk (ed.), 2006). Dengan dukungan berbagai sumber dana, termasuk Volkswagen Stiftung, Arcadia Fund, dan Program Pendokumentasian Bahasa-Bahasa Terancam, telah melahirkan temuan dan materi capaian bermutu tinggi. Sering pula proyek pendokumentasian bahasa dihubungkan dengan revitalisasi bahasa yang juga turut menjadi bagian dari pemetaan bahasa dan sastra. Dokumentasi bahasa, secara mendasar, adalah rekaman bahasa abadi dan serbaguna (Himmelmann dalam Gippert dkk. (ed.), 2006: hlm.1). Definisi ini memerlukan penjelasan lebih lanjut karena masih sangat umum. Istilah pertama yang mesti dijelaskan adalah rekaman bahasa. Rekaman bahasa merujuk ke rekaman semua lapisan bentuk bahasa (bunyi, kata, frasa, kalimat, teks), baik itu dialek, sub-dialek, atau bahkan bahasa yang dijumpai langsung di tengah masyarakat penuturnya. Dalam hal ini, termasuk karya sastra baik dalam bentuk rekaman audio maupun tulis. Sementara itu, abadi berarti terekam secara baik dalam bentuk data keras (rekaman audio dan/atau tulis) dan serbaguna mempunyai pengertian bahwa rekaman tersebut dapat menunjukkan dan dimanfaatkan untuk mencermati berbagai aspek makna, pemakaian, dan nilai bahasa terekam tersebut (lihat Himmelmann dalam Gippert dkk. (ed.), 2006).
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Kata-kata kunci: peta, cerita rakyat Madura, layer, kontur

Kata-kata kunci: peta, cerita rakyat Madura, layer, kontur

Fase awal lahirnya berbagai bentuk cerita rakyat Madura, berada dalam ruang hidup tradisi lisan. Salah satu tradisi lisan yang sangat kuat pada jaman dahulu adalah tradisi mendongeng (Azhar, 2017b). Tradisi lisan ini berakar dari kegemaran orang Madura yang suka duduk bersama dalam rembhâghan (musyawarah) untuk membentuk kedekatan fisik antara para anggota keluarga yaitu para réng seppo dan anggota keluarga lain yang lebih muda, para pemimpin rembhâghan sebagai pengarah pembicaraan sekaligus pencerita dan para pendengar, antara orang tua dan anak-anak mereka. Dalam rembhâghan, para réng seppo terkadang menceritakan kisah-kisah imajinatif dan inspiratif dari perjuangan dan keberanian para nenek moyang dalam membangun keluarga. Cerita rakyat yang dulunya seringkali dikisahkan dalam pertemuan-pertemuan penuh kekerabatan ini biasanya adalah tentang silsilah keluarga, tokoh-tokoh dari keluarga yang pernah mengharumkan nama keluarga, asal usul desa, serta tokoh-tokoh sentral yang membuka lahan untuk dijadikan sebagai desa. Dalam kisah yang lebih epik, para réng seppo juga menuturkan tokoh besar Madura yang jati dirinya sangat terkenal tidak hanya di dalam Madura sendiri, namun juga hingga kedaerah manca (luar Madura) misalnya kisah Raden Segoro dan Bendoro Tumenggung serta asal usul kata Madura, kisah Dewi Retnadi dan Jokotole, serta kisah Pangeran Trunojoyo.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

Kata kunci : Uji Fungsi PRTF

Kata kunci : Uji Fungsi PRTF

Pelanggaran nilai batas minimum tekanan aliran pada salah satu jalur pendingin ditanggapi oleh sistem kendali melalui tindakan penarikan kapsul keluar dari posisi iradiasi REEX.. Tindaka[r]

7 Baca lebih lajut

Kata-kata kunci: Astropolitik, International Space Station, Kompetisi Keamanan

Kata-kata kunci: Astropolitik, International Space Station, Kompetisi Keamanan

1 Kompetisi Keamanan Sebagai Alasan Penolakan Amerika Serikat terhadap Keanggotaan Tiongkok di dalam International Space Station Ni Komang Yulia Cempaka Sari 071411231065 Departeme[r]

10 Baca lebih lajut

HUBUNGI NO HP KATA KUNCI KATA KUNCI

HUBUNGI NO HP KATA KUNCI KATA KUNCI

Kejahatan kemanusiaan Kejahatan kemanusiaan adalah salah satu perbuatan yang dilakukan sebagai bagian dari serangan yang meluas atau sistematik yang diketahuinya bahwa serangan terseb[r]

6 Baca lebih lajut

Kata kunci: Pengawasan-Pelaksanaan - Cambuk

Kata kunci: Pengawasan-Pelaksanaan - Cambuk

Meningkatkan Penegakan Hukum Mengenai Pengawasan Pelaksanaan ‘UqũbahCambuk Penegakan hukum penting dilakukan dalam hal menangani dan menyelesaikan penyimpangan-penyimpangan yang terjad[r]

19 Baca lebih lajut

Kata kunci : PPL, daya serap, KKM.

Kata kunci : PPL, daya serap, KKM.

Revisi RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Tanggal Berlaku 12 Agustus 2016 Halaman 118 dari 14 118 4 Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan Skor 4 jika 4 indikator konsisten dit[r]

144 Baca lebih lajut

Kata kunci: Cek Kesehatan, Sistem Informasi,

Kata kunci: Cek Kesehatan, Sistem Informasi,

Suzie B.A.S.”[1] Dimana semua proses pelayanan rawat jalan yang awalnya dioperasikan secara manual, kemudian diubah dengan sistem yang sudah terkomputerisasi sehingga dapat membantu kerj[r]

6 Baca lebih lajut

Kata kunci: Perancangan, Sistem Informasi, ADDIE,

Kata kunci: Perancangan, Sistem Informasi, ADDIE,

Main Flow/Basi c Path 1.Usermelihat daftar obat 2.Usermelihat jadwal dokter 3.Usermelihat artikel kesehatan 4.Usermengisi buku tamu Invariant -Pada perancangan sistem informasi daftar[r]

6 Baca lebih lajut

Kata kunci: Augmented Reality, Media Pembelajaran,

Kata kunci: Augmented Reality, Media Pembelajaran,

MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS 3 SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID Ahmad Zaid Rahman1, Taufik Nur Hidayat2, Indra Yanuttama3 1, 2 , 3 Teknik Info[r]

6 Baca lebih lajut

Kata kunci: decison tree, algoritma c4.5

Kata kunci: decison tree, algoritma c4.5

Metode yang digunakan untuk memprediksi prestasi mahasiswa adalah metode decision tree algoritma C4.5 dengan menggunakan beberapa kriteria berdasarkan latar belakang pendidikan ma[r]

6 Baca lebih lajut

Kata kunci : Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat,

Kata kunci : Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat,

berisi daftar pelanggan yang melakukan perubahan daya beserta rincian daya lama dan daya baru Halaman Pengelolaan Bongkar Pasang Pada halaman ini berisi daftar pelanggan yang melakuka[r]

6 Baca lebih lajut

Kata kunci : Perempuan Human Security

Kata kunci : Perempuan Human Security

Aturan bahwa Syari’at yang akan dijalankan itu akan ditetapkan ke dalam qanun terlebih dahulu diatur oleh qanun, yaitu Qanun No. 10 Tahun 2002. Qanun inilah yang menetapkan bahwa Syari’at Islam yang akan dilaksanakan itu harus ditetapkan di dalam Qanun terlebih dahulu, seperti telah disebutkan di atas. Kebijakan ini ditempuh untuk lebih memudahkan dan lebih mewujudkan kepastian hukum. Dengan kata lain, karena dituliskan di dalam qanun maka siapa saja yang berminat dapat dengan mudah mencari dan mempelajarinya. Sebetulnya qanun boleh saja menetapkan bahwa Syari’at Islam yang akan dijalankan adalah ketentuan yang terdapat dalam suatu buku fiqih tertentu, atau langsung meminta hakim mencarinya ke dalam ayat Al-qur’an atau hadis Rasulullah, tidak perlu dirumuskan ke dalam qanun-qanun terlebih dahulu. Tetapi cara ini tidak ditempuh, karena diduga akan sangat menyulitkan hakim. Cara ini memerlukan tenaga hakim dengan kualifikasi yang sangat ketat. Juga akan sangat menyusahkan para pihak bahkan para pengacara karena yang menguasai buku fiqih untuk kepentingan beracara ini relatif tidaklah banyak. Dengan penulisan di dalam qanun, maka yang dicari hakim kedalam buku fiqih atau ayat Alquran serta hadis hanyalah penjelasan atau rincian tertentu.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Kata kunci: Knowledge Management System,

Kata kunci: Knowledge Management System,

Dokumentasi dilakukan dengan mengacu pada IEEE Standard 830 1998 yang berisi rekomendasi praktis bagi spesifikasi kebutuhan perangkat lunak Penelitian ini akan dibuat rancangan spes[r]

6 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...