Kualitas Sistem Informasi

Top PDF Kualitas Sistem Informasi:

pengaruh kualitas sistem informasi perceived usefulness dan kualitas informasi terhadap kepuasan

pengaruh kualitas sistem informasi perceived usefulness dan kualitas informasi terhadap kepuasan

Kualitas sistem informasi, kualitas informasi, dan kepuasan pengguna sistem informasi. Ukuran kepuasan pemakai pada sistem komputer dicerminkan oleh kualitas sistem yang dimiliki (Guimaraes, Igbaria, dan Lu 1992; Yoon, Guimaraes, dan O’Neal, 1995). Kepuasan pemakai terhadap suatu sistem informasi adalah bagaimana cara pemakai memandang sistem informasi secara nyata, bukan pada kualitas sistem secara teknik (Guimaraes, Staples, dan McKeen, 2003). Dalam literatur penelitian maupun dalam praktek, kepuasan pengguna seringkali digunakan sebagai ukuran pengganti dari efektivitas sistem informasi (Melone, 1990). Hasil penelitian yang diperoleh DeLone dan McLean (1992), McKiney et al., (2002), Rai et al., (2002), McGill et al., (2003), Almutairi dan Subramanian (2005), serta Livari (2005) menunjukkan bahwa kualitas sistem informasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pemakainya.
Baca lebih lanjut

51 Baca lebih lajut

PENGARUH KEMAMPUAN, KETERLIBATAN, DUKUNGAN MANAJEMEN PUNCAK, KUALITAS SISTEM INFORMASI, DAN KUALITAS INFORMASI   Pengaruh Kemampuan, Keterlibatan, Dukungan Manajemen Puncak, Kualitas Sistem Informasi, Dan Kualitas Informasi Terhadap Kinerja Pengguna Siste

PENGARUH KEMAMPUAN, KETERLIBATAN, DUKUNGAN MANAJEMEN PUNCAK, KUALITAS SISTEM INFORMASI, DAN KUALITAS INFORMASI Pengaruh Kemampuan, Keterlibatan, Dukungan Manajemen Puncak, Kualitas Sistem Informasi, Dan Kualitas Informasi Terhadap Kinerja Pengguna Siste

Puji syukur alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas berkat, rahmat, taufik dan hidayah-Nya, penyusunan skripsi yang berjudul PENGARUH KEMAMPUAN, KETERLIBATAN, DUKUNGAN MANAJEMEN PUNCAK, KUALITAS SISTEM INFORMASI, DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KINERJA PENGGUNA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA ORGANISASI SEKTOR PUBLIK DI KABUPATEN BLORA.

14 Baca lebih lajut

Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi ( Studi Kasus Kantor DPRD Kota Medan)

Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi ( Studi Kasus Kantor DPRD Kota Medan)

memberikan nikmat kesehatan, kesempatan, kemampuan dan kekuatan kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan skripsi ini. Skripsi ini berjudul “Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan skripsi ini, baik dari segi isi maupun penyajiannya. Untuk dapat menyelesaikan Skripsi ini, tentunya tidak dapat terlepas dari segala hambatan dan kesulitan yang penulis hadapi. Namun berkat hidayah dari Allah SWT skripsi ini dapat diselesaikan. Terima kasih penulis ucapkan yang teristimewa bagi kedua orang tua penulis ayhanada Ahmad Yani Jambak dan ibunda Rukiawati yang selalu memberikan wejangan, semangat, doa dan kasih sayang yang tiada pernah putus penulis rasakan, sehingga ini menjadi hadiah bagi mereka serta adik saya Dewi Chaidhita.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

161 Kualitas sistem Informasi

161 Kualitas sistem Informasi

2.8.2. Kualitas sistem informasi, kualitas informasi, dan kepuasan pengguna sistem informasi. Ukuran kepuasan pemakai pada sistem komputer dicerminkan oleh kualitas sistem yang dimiliki (Guimaraes, Igbaria, dan Lu 1992; Yoon, Guimaraes, dan O’Neal, 1995). Kepuasan pemakai terhadap suatu sistem informasi adalah bagaimana cara pemakai memandang sistem informasi secara nyata, bukan pada kualitas sistem secara teknik (Guimaraes, Staples, dan McKeen, 2003). Dalam literatur penelitiamaupun dalam praktek, kepuasan pengguna seringkali digunakan sebagai ukuran pengganti dari efektivitas system informasi (Melone, 1990). Hasil penelitian yang diperoleh DeLone dan McLean (1992), McKiney et al., (2002), Rai et al., (2002), McGill et al., (2003), Almutairi dan Subramanian (2005), serta Livari (2005) menunjukkan bahwa kualitas sistem informasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pemakainya.
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

PENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMASI KUALI

PENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMASI KUALI

Kualitas sistem informasi merupakan karakteristik dari informasi yang melekat mengenai sistem itu sendiri (DeLone dan McLean, 1992). Kualitas sistem informasi juga didefinisikan Davis et al. (1989) dan Chin dan Todd (1995) sebagai perceived ease of use yang merupakan tingkat seberapa besar teknologi komputer dirasakan relatif mudah untuk dipahami dan digunakan. Hal ini memperlihatkan bahwa jika pemakai sistem informasi merasa bahwa menggunakan sistem tersebut mudah, mereka tidak memerlukan effort banyak untuk menggunakannya, sehingga mereka akan lebih banyak waktu untuk mengerjakan hal lain yang kemungkinan akan meningkatkan kinerja mereka secara keseluruhan.
Baca lebih lanjut

28 Baca lebih lajut

111 Kualitas Sistem Informasi

111 Kualitas Sistem Informasi

Hasil penelitian ini mengimplikasikan kualitas pelayanan yang dihasilkan oleh sistem e- procurement di Indonesia maka tidak bisa meningkatkan trust pengguna terhadap sistem tersebut. Penelitian Beldad et al. (2012) mengemukakan bahwa trust terhadap websitee-government dipengaruhi oleh faktor individu pengguna dan organisasi pemerintah yang memberikan pelayanan melalui e-government. Faktor individu tersebut adalah kecenderungan seseorang untuk mudah percaya serta sejauhmana pengelaman pengguna dalam menggunakan internet.Apabila melihat demografi responden yang mayoritas adalah laki-laki, maka diduga trust yang timbul terhadap sistem e-procurement daalam penelitian ini lebih banyak dipengaruhi oleh faktor individu pengguna dibandingkan dengan kualitas sistem itu sendiri.Buchan et al. (2008) mengemukakan bahwa laki-laki cenderung lebih mudah percaya dibandingkan dengan perempuan.
Baca lebih lanjut

35 Baca lebih lajut

PENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMASI DAN K

PENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMASI DAN K

Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yesus Kristus atas segala rahmat dan penyertaan-Nya sehingga penulisan skripsi dengan judul “ Pengaruh Kualitas Informasi dan Kualitas Informasi Akuntansi terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi di PT Multi Bintang Indonesia Tbk” dapat diselesaikan dengan baik. Skripsi ini disusun guna memenuhi sebagian persyaratan dalam memperoleh gelar Sarjana Akuntansi pada Jurusan Akuntansi di Fakultas Bisnis Universitas Katolik Widva Mandala Surabaya.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kepuasan Pengguna Paket Program Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi (Studi Empiris pada Bank Perkreditan Rakyat di Kota Boyolali).

PENDAHULUAN Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kepuasan Pengguna Paket Program Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi (Studi Empiris pada Bank Perkreditan Rakyat di Kota Boyolali).

Sistem Informasi Akuntansi adalah suatu sistem yang melaksanakan berbagai operasi dalam rangka menghasilkan informasi yang relevan, diantaranya mencatat data ekonomi, memproses dan menganalisa data serta menyajikan informasi kuantitatif dalam bentuk laporan keuangan. Perusahaan – perusahan pada saat sekarang sudah mulai meninggalkan sistem manual, mereka mulai beralih ke Sistem Informasi Akuntansi (SIA) berbasis komputer (computer based system). Sistem Informasi Akuntansi berbasis komputer dirancang untuk mengubah data akuntansi menjadi informasi atau merupakan sebuah rangkaian prosedur formal.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Kualitas Sitem Informasi, Kualitas Informasi, Kepuasan Pengguna Akhir Sistem Informasi

Kualitas Sitem Informasi, Kualitas Informasi, Kepuasan Pengguna Akhir Sistem Informasi

Hasil penelitan menunjukkan bahwa bahwa kualitas sistem informasi dan kualitas informasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna sistem informasi akuntasi pada Kodam I/Bukit Barisan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kualitas sistem informasi dan kualitas informasi yang diterapkan, maka tingkat kepuasan pengguna sistem informasi Akuntansi tersebut semakin tinggi.

11 Baca lebih lajut

EASE OF USE TERHADAP KEPUASAN KERJA PENGGUNA SISTEM

EASE OF USE TERHADAP KEPUASAN KERJA PENGGUNA SISTEM

Keterlibatan komputer dalam roda kehidupan perusahaan memang bermacam, tergantung pada tingkat kebutuhan dan kemampuan perusahaan. Bagi perusahaan besar yang memiliki sistem yang rumit dan kompleks, komputer akan dipergunakan secara maksimal dengan cara membangun suatu jaringan yang integral dan rumit dengan mengoperasikan komputer dalam jumlah banyak. Tetapi tidak sedikit juga perusahaan yang menggunakan jaringan komputer yang sederhana dengan beberapa unit saja, tanpa menggunakan teknologi komunikasi yang terlalu rumit. Dewasa ini perkembangan teknologi di bidang komputer sudah semakin berkembang dengan semakin banyak inovasi yang terjadi baik dalam hal pengembangan perangkat keras maupun lunak. Oleh karena itu perkembangan teknologi di bidang komputer ini akan membawa dampak yang cukup berarti dalam perkembangan sistem informasi akuntansi.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

BAB 1 PENDAHULUAN  ANALISIS KESUKSESAN PENGGUNAAN SITUS KULIAH UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA BERDASARKAN DELONE DAN MCLEAN 2003.

BAB 1 PENDAHULUAN ANALISIS KESUKSESAN PENGGUNAAN SITUS KULIAH UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA BERDASARKAN DELONE DAN MCLEAN 2003.

Teknologi Informasi merupakan suatu perpaduan antara teknologi komputer dan telekomunikasi dengan teknologi lainnya seperti perangkat keras, perangkat lunak, database, teknologi jaringan, dan peralatan telekomunikasi lainnya. Sistem Teknologi Informasi yang diterapkan di organisasi adalah komponen yang menjadi bagian dari organisasi dan bersama-sama dengan individu-individu di dalam organisasi saling berinteraksi dan memanfaatkan sistem teknologi informasi untuk mendapatkan hasil kerja yang efektif dan efisien (Purwaningsih, 2010).
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

8 BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Penelitian Sebelumnya

8 BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Penelitian Sebelumnya

Yasa, dkk. (2016) melakukan penelitian untuk menguji “Pengaruh GCG, Kualitas Informasi dan Kualitas Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Perusahaan dengan Perilaku Pengguna Sistem Informasi sebagai variabel moderasi". Hasil penelitiannya adalah GCG berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan, Kualitas Informasi akuntansi berpengaruh posistif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan, dan Kualitas sistem informasi akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan. Perbedaannya adalah penelitian terdahulu menggunakan objek karyawan di perbankan dan sedangkan penelitian sekarang menggunakan objek karyawan di suatu perusahaan swasta. Penelitian tersebut menggunakan metode kuantitatf dan analisis linier berganda.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

PENGARUHKUALITAS INFORMASI, KUALITAS SISTEM, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PADA SISTEM INFORMASI KLINIK.

PENGARUHKUALITAS INFORMASI, KUALITAS SISTEM, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PADA SISTEM INFORMASI KLINIK.

Penerimaan hipotesis ini didukung oleh data dilapangan terhadap variabel kualitas sistem. Respon pengguna yang ditangkap dengan menggunakan kuesioner, dengan butir pertanyaan sebanyak 18 pertanyaan, dengan jumlah responden sebanyak 10 orang, memberikan respon setuju dan sangat setuju sebesar 61%, dan yang memberikan respon tidak setuju dan sangat tidak setuju sebesar 39%. Hipotesis ini juga diperkuat oleh penelitian Gita Gowinda Kirana (2010), Roldan dan Leal (2003), Abdul Latif (2010), Stacie et al (2008), dan Masrek et al(2010) yang menyatakan bahwa kualitas sistem memiliki pengaruh yang positif terhadap kepuasan pengguna. 2. Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

PENGARUHKUALITAS INFORMASI, KUALITAS SISTEM, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PADA SISTEM INFORMASI KLINIK.

PENGARUHKUALITAS INFORMASI, KUALITAS SISTEM, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PADA SISTEM INFORMASI KLINIK.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna pada sistem informasi klinik InClinic, (2) Mengetahui pengaruh kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna pada sistem informasi klinik InClinic, (3) Mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna pada sistem informasi klinik InClinic.

Baca lebih lajut

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus  Repositori Universitas Muria Kudus Hal dan Judul

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus Repositori Universitas Muria Kudus Hal dan Judul

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kualitas sistem tidak berpengaruh secara signifikan terhadap manfaat sistem bagi organisasi, 2) Kualitas sistem berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna, 3) Kualitas informasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap manfaat sistem bagi organisasi, 4) Kualitas informasi berpengaruh positif secara signifian terhadap kepuasan pengguna, 5) Kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap manfaat sistem bagi organisasi, 6) Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh secara signifian terhadap kepuasan pengguna, 7) Kepuasan pengguna berpengaruh positif terhadap manfaat sistem bagi organisasi, 8) Kualitas sistem berpengaruh tidak langsung secara signifikan terhadap manfaat sistem bagi organisasi, 9) Kualitas informasi berpengaruh tidak langsung secara signifikan terhadap manfaat sistem bagi organisasi, 10) Kualitas pelayanan tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap manfaat sistem bagi organisasi.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Kualitas  Sitem    Informasi,    Kualitas    Informasi,    Kepuasan                        Pengguna Akhir Sistem Informasi

Kualitas Sitem Informasi, Kualitas Informasi, Kepuasan Pengguna Akhir Sistem Informasi

Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu. Informasi merupakan bagian penting dalam penerapan suatu sistem dalam suatu organisasi. Dalam sistem informasi diperlukannya klasifikasi alur informasi, hal ini disebabkan keanekaragaman kebutuhan akan suatu informasi oleh pengguna informasi. Kriteria dari sistem informasi antara lain adalah fleksibel, efektif dan efisien. Suatu organisasi memerlukan keberadaan sistem informasi yang relevan, tepat dan akurat sehingga dapat digunakan dalam mengambil keputusan. Sistem informasi adalah kumpulan antara sub-sub sistem yang saling berhubungan yang membentuk suatu komponen yang di dalamnya mencakup input-proses- output yang berhubungan dengan pengolahan informasi (data yang telah diolah sehingga lebih berguna bagi user). Suatu sistem informasi merupakan aransemen dari orang, data, proses-proses, dan antar-muka yang berinteraksi mendukung dan memperbaiki beberapa operasi sehari- hari dalam suatu bisnis termasuk mendukung pemecahan masalah dan kebutuhan pembuat keputusan manajemen dan para pengguna.
Baca lebih lanjut

80 Baca lebih lajut

PENGARUH KUALITAS INFORMASI, KUALITAS SISTEM DAN KUALITAS PELAYANAN DALAM SISTEM INFORMASI PASAR KERJA DINAS TENAGA KERJA KOTA BANDAR LAMPUNG TERHADAP KEPUASAN DAN MANFAATNYA BAGI MASYARAKAT

PENGARUH KUALITAS INFORMASI, KUALITAS SISTEM DAN KUALITAS PELAYANAN DALAM SISTEM INFORMASI PASAR KERJA DINAS TENAGA KERJA KOTA BANDAR LAMPUNG TERHADAP KEPUASAN DAN MANFAATNYA BAGI MASYARAKAT

Upaya untuk menunjang visi tersebut diterjemahkan dalam bentuk misi, yang salah satunya bidang ketenagakerjaan adalah mendorong terciptanya lapangan kerja, serta meningkatkan kesejahteraan pekerja sektor informal. Misi lainnya adalah peningkatan kualitas pembangunan perekonomian, secara umum di dalamnya adalah termasuk ekonomi kerakyatan yang ditujukan untuk membangun dan mengoptimalkan seluruh potensi ekonomi daerah dalam rangka memberikan peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi, misi ini antara lain bertujuan mengefektifkan potensi ekonomi industri kecil/sektor informal dan menengah perdagangan dan jasa yang menjadi prioritas.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Pengukuran Kesuksesan Sistem Informasi Berdasarkan D&M Model dan COBIT 5 (Studi Kasus : Universitas Airlangga) - ITS Repository

Pengukuran Kesuksesan Sistem Informasi Berdasarkan D&M Model dan COBIT 5 (Studi Kasus : Universitas Airlangga) - ITS Repository

Wcr.DSI.Eko.Stat24: “Memang akhir tahun 2016 sudah digagas bahwa untuk kedepan DSI akan membuat standarisasi framework sendiri yang disesuaikan dengan proses bisnis yang ada dengan mengadopsi dari beberapa framework khususnya pada COBIT 5, ISO, ITIL, dll seperti yang saya sampaikan pada pertanyaan sebelumnya. Kalo pertamyaannya tadi apakah perlu dilakukan pengukuran ada domain APO di DSI Universitas Airlangga yang diadopsi dari COBIT 5 jawabanya adalah perlu, begitu pula dengan domaian DSS, ya saya kira domain tersebut juga perlu untuk dijadikan tolok ukur dalam pengukuran kesuksesan sistem informasi disini, karena dengan model pengukuran yang mengacu pada COBIT maka kita sebagai Pengelola TI atau Direktorat Sitem Informasi yang ada di Universitas Airlangga dapat mengetahui saat ini itu DSI berada pada level atau tingkat berapa, dan harapan kedepannya itu ada pada tingkat berapa jika dilakukan penguuran dengan mengadopsi standarisasi COBIT, dari kondisi- kondisi tersebut maka terdapat gap antara kondisi saat ini dan kondisi yang diinginkan. Dari gap tersebut lantas apa yang harus dilakukan DSI untuk mendapatkan tingkatan yang diharapkan. Apalagi domain DSS menurut saya adalah pengelolaan pendistribusian, pelayanan dan pendukung TI yang ada di Universitas Airlangga, saya kira memang penting di DSI ini untuk dilakukan uji coba terhadap standar COBIT 5 pada domain DSS, sebelum kita ikut sertifikasi standarisasi COBIT dari pihak eksternal. ”
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

ANALISA VARIABEL EFEKTIFITAS SISTEM INFORMASI DI RUMAH SAKIT PERKEBUNAN PT NUSANTARA MEDIKA UTAMA KABUPATEN JEMBER

ANALISA VARIABEL EFEKTIFITAS SISTEM INFORMASI DI RUMAH SAKIT PERKEBUNAN PT NUSANTARA MEDIKA UTAMA KABUPATEN JEMBER

Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang diterapkan di rumah sakit merupakan suatu sistem untuk mendukung pengambilan keputusan. Penerapan tersebut akan melibatkan penggunaan komputer untuk membantu mengolah data yang ada untuk menjadi informasi yang tepat, cepat dan akurat. Oleh karena itu dibutuhkan pengelolaan yang baik dan benar guna melindungi data dalam rekam medis terhadap kemungkinan hilangnya keterangan atau pemalsuan data. Berdasarkan studi pendahuluan didapatkan hasil bahwa terdapat 75% menyatakan kurang puas dengan sistem informasi yang ada. Data tersebut menyatakan bahwa angka ketidakpuasan pengguna sistem informasi masih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya hubungan variabel efektifitas sistem informasi dengan kepuasan pengguna sistem informasi di Rumah Sakit Perkebunan PT Nusantara Medika Utama (NMU) Kabupaten Jember. Hal ini didukung dengan ditemukannya data duplikasi rekam medis tahun 2013 mencapai 0,20%.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi, kualitas sistem dan kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna sistem informasi akuntansi - Repository Universitas Bangka Belitung

Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi, kualitas sistem dan kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna sistem informasi akuntansi - Repository Universitas Bangka Belitung

Skripsi ini berjudul “ Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kualitas Sistem dan Kualitas Informasi terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi ” , dengan menyadari segala keterbatasan atas kemampuan dan ilmu pengetahuan yang penulis miliki, maka dalam penyususnan skripsi ini juga tidak terlepas dari kekurangan-kekurangan, baik itu dalam isi/materi atau susunan kalimatnya, untuk itu penulis mohon dimaklumi atas kekurangan-kekurangan tersebut, serta segala saran dan kritik maupun masukan lainnya dari semua pihak akan penulis terima dengan senang hati demi perbaikan skripsi ini kearah yang lebih sempurna.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...