Permainan Bola Voli

Top PDF Permainan Bola Voli:

Permainan bola voli (1) permainan voli permainan

Permainan bola voli (1) permainan voli permainan

Dengan membentuk serangan pukulan yang keras waktu bola berada di atas jaring, untuk dimasukkan ke daerah lawan. Untuk melakukan dengan baik perlu memperhatikan faktor-faktor berikut: awalan, tolakan, pukulan, dan pendaratan. Teknik smash Menurut Muhajir Teknik dalam permainan bola voli dapat diartikan sebagai cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu hasil yang optimal (2006,23). Menurut pendapat M. Mariyanto

10 Baca lebih lajut

PENGELOLAAN PENDIDIKAN OLAHRAGA  PERMAINAN BOLA VOLI   Pengelolaan Pendidikan Olahraga Permainan Bola Voli Prestatif.

PENGELOLAAN PENDIDIKAN OLAHRAGA PERMAINAN BOLA VOLI Pengelolaan Pendidikan Olahraga Permainan Bola Voli Prestatif.

Hasil penelitian adalah : 1) Perencanaan pendidikan olahraga bola voli prestatif di SMP Negeri 1 Ngadirojo dilakukan dengan matang. Setiap pelatih pada pendidikan olahraga bola voli di SMP Negeri 1 Ngadirojo harus mengetahui unsur-unsur perencanaan pelatihan yang baik, antara lain: mengidentifikasi kebutuhan siswa, tujuan yang hendak dicapai, berbagai target dan strategi latihan yang relevan digunakan untuk mencapai tujuan dan evaluasi. Dalam merencanakan pendidikan olahraga bola voli di SMP Negeri 1 Ngadirojo, pelatih menyusun program latihan, menentukan target latihan, membentuk kelompok- kelompok latihan berdasarkan jenis kelamin dan usia atau kelas. 2) Pelaksanaan dan pengembangan olahraga bola voli sebagai kegiatan ekstra kurikuler di SMP Negeri 1 Ngadirojo ditunjang dengan adanya faktor-faktor yaitu; materi pelatihan yang jelas dan terarah, strategi dan program pelatihan yang teratur, terarah, dan menyesuaikan panduan dan target pelatihan, interaksi pelatih dan siswa yang baik, pelatih yang kompeten dan siswa yang memiliki motivasi tinggi. 3) Evaluasi sangat diperlukan untuk mengetahui perkembangan kemampuan siswa / atlit secara psikomotorik, afektif, maupun kognitif. Kemudian pelatih akan memberitahu siswa / atlit letak kemampuan mereka terhadap grafik kemampuan fisik, dan memberikan arahan dan bimbingan agar kemampuan siswa dapat lebih meningkat lagi. Evaluasi teknik meliputi teknik meningkatkan kemampuan fisik dan teknik permainan bola voli.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMK SWASTA I IMMANUEL KABANJAHE TAHUN AJARAN 2013/2014.

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMK SWASTA I IMMANUEL KABANJAHE TAHUN AJARAN 2013/2014.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan gaya mengajar discovery learning yang dijadikan sebagai alternatif terjadi peningkatan hasil belajar servis atas permainan bola voli bagi siswa kelas XI SMK Swasta I Immanuel Kabanjahe Kabupaten Karo yang dibuktikan dengan rendahnya nilai rata-rata awal siswa. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa meningkat.Secara klasikal aktivitas hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari tes awal hingga ke siklus II. Sebagai kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penggunaan gaya mengajar discovery learning berpengaruh terhadap peningkatan ketuntasan belajar servis atas permainan bola voli siswa SMK Swasta I Immanuel Kabanjahe.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

makalah tentang bola volly  - Sejarah Permainan Bola Voli

makalah tentang bola volly - Sejarah Permainan Bola Voli

menjelang Asian Games IV 1962 dan Ganefo I 1963 di Jakarta, baik untuk pria maupun untuk wanitanya. Pertandingan bola voli masuk acara resmi dalam PON II 1951 di Jakarta dan POM I di Yogyakarta tahun 1951. setelah tahun 1962 perkembangan bola voli seperti jamur tumbuh di musim hujan banyaknya klub-klub bola voli di seluruh pelosok tanah air.Hal ini terbukti pula dengan data-data peserta pertandingan dalam kejuaran nasional. PON dan pesta-pesta olahraga lain, di mana angka menunjukkan peningkatan jumlahnya. Boleh dikatakan sampai saat ini permainan bola voli di Indonesia menduduki tempat ketiga setelah sepak bola dan bulu tangkis.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

MAKALAH TENTANG PERMAINAN BOLA VOLI for merge

MAKALAH TENTANG PERMAINAN BOLA VOLI for merge

Lapangan permainan bola voli berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 18 m dan lebar 9 m, semua garis batas lapangan, garis tengah, garis daerah serang adalah 3 m (daerah depan). Garis batas itu diberi tanda batas dengan menggunakan tali, kayu, cat/kapur, kertas yang lebarnya tidak lebih dari 5 cm. lapangan permainan bola voli terbagi menjadi dua bagian sama besar yang masing-masing luasnya 9 x 9 meter. Di tengah lapangan dibatasi garis tengah yang membagi lapangan menjadi dua bagian sama besar. Masing-masing lapangan terdiri dari atas daerah serang dan daerah pertahanan.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

A Pengertian Permainan Bola Voli

A Pengertian Permainan Bola Voli

Dalam permainan bola voli, tim yang yang meraih 25 poin pertama merupakan tim yang dianggap menang dalam satu set. Tim yang memenangkan 3 set pertama memenangkan pertandingan. Ukuran lapangan bola voli adalah 9 sampai 18 meter. Garis batas serang untuk pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah (sejajar dengan jaring). Garis tepi lapangan adalah 5 cm.

3 Baca lebih lajut

Analisis permainan bola voli voli

Analisis permainan bola voli voli

Dalam peraturan permainan bolavoli, (2005:1) bolavoli adalah olahraga yang dimainkan oleh dua team dalam satu lapangan yang dipisahkan oleh sebuah net. Terdapat versi yang berbeda tentang jumlah pemain, jenis/ukuran lapangan, angka kemenangan yang digunakan, untuk keperluan tertentu. Namun pada hakikatnya permainan bolavoli bermaksud menyebarluaskan kemahiran bermain kepada setiap orang yang meminatinya.

13 Baca lebih lajut

Memperluas Desain permainan bola voli di masyarakat kita bola voli

Memperluas Desain permainan bola voli di masyarakat kita bola voli

Memang, tentu saja ada sebagian masyarakat kita menganggap bahwa aktivitas tersebut sebagai sebuah pilihan yang sah-sah saja bagi siapa pun. Hal tersebut merupakan ekspresi kolektif masyarakat secara spontan dalam mengisi sebuah momen penting, seperti : Peringatan Hari Kemerdekaan, Panen Raya, dll,. Sebagian masyarakat menganggap kegiatan tersebut sebagai aktivitas iseng kelompok masyarakat yang kurang nyata manfaatnya. Bahkan sebagian masyarakat lain menganggap permainan- permainan “kreatif” tersebut sebagai bentuk “pelecehan” atas olahraga standar. Menurut mereka, tidak ada hubungannya dengan pengembangan prestasi olahraga, sehingga merupakan sesuatu yang tidak ada manfaatnya. Pertanyaannya adalah: Haruskah prestasi olahraga merupakan satu-satunya yang harus dituju oleh masyarakat ketika mereka beraktivitas olahraga? Adakah hal lain yang juga sangat penting dibutuhkan masyarakat di luar prestasi, ketika mereka berolahraga?
Baca lebih lanjut

29 Baca lebih lajut

SOMATOTYPE PEMAIN BOLA BASKET DAN BOLA VOLI UNIT KEGIATAN MAHASISWA UNY TAHUN PELATIHAN 2014/2015.

SOMATOTYPE PEMAIN BOLA BASKET DAN BOLA VOLI UNIT KEGIATAN MAHASISWA UNY TAHUN PELATIHAN 2014/2015.

Dalam cabang olahraga bola basket dan bola voli memerlukan energi yang berbeda karena karakter permainan diantara dua cabang olahraga ini yang berbeda. Basket menuntut fisik yang kokoh karena permainan bola basket yang mengharuskan pemainya untuk kontak fisik dengan pemain lawan dan olahraga bola basket juga merupakan olahraga yang membutuhan kemampuan untuk berlari, melompat serta koordinasi yang baik. Beda halnya dengan cabang olahraga bola voli yang tipe permainanya tidak mengharuskan pemainnya untuk melakukan kontak fisik secara langsung dengan pemain lawan, hal ini dikarenakan permainan bola voli yang dibatasi oleh net antara dua tim yang sedang bertanding. Namun olahraga bola voli juga menuntut koordinasi, kecepatan dan lompatan yang baik.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

MAKALAH BOLA VOLI permainan voli permainan

MAKALAH BOLA VOLI permainan voli permainan

Yogyakarta tahun 1951. setelah tahun 1962 perkembangan bnola voli seperti jamur tumbuh di musim hujan banyaknya klub-klub bola voli di seluruh pelosok tanah air.Hal ini terbukti pula dengan data-data peserta pertandingan dalam kejuaran nasional. PON dan pesta-pesta olahraga lain, di mana angka menunjukkan peningkatan jumlahnya. Boleh dikatakan sampai saat ini permainan bola voli di Indonesia menduduki tempat ketiga setelah sepak bola dan bulu tangkis.Untuk pertama kalinya dalam sejarah perbolavolian Indonesia, PBVSI telah dapat mengirimkan tim bola voli yunior Indonesia ke kejuaraan Dunia di Athena Yunani yang berlangsung dari tanggal 3-12 september 1989. tim bola voli yunior putra Indonesia ini dilatih oleh Yano Hadian dengan dibantu oleh trainer Kanwar, serta pelatih dari Jepang Hideto Nishioka, sedangkan pelatih fisik diserahkan kepada Engkos Kosasih dari bidang kepelatihan PKON (pusat kesehatan olahraga nasional) KANTOR MENPORA. Dalam kejuaraan dunia bola voli putra tersebut, sebagai juaranya adalah :
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Bola voli sejarah permainan voli permanian

Bola voli sejarah permainan voli permanian

Pada awal penemuannya, olahraga permainan bola voli ini diberi nama Mintonette. Olahraga Mintonette ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat). William G. Morgan dilahirkan di Lockport, New York pada tahun 1870, dan meninggal pada tahun 1942. YMCA (Young Men’s Christian Association) merupakan sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mengajarkan ajaran-ajaran pokok umat Kristen kepada para pemuda, seperti yang telah diajarkan oleh Yesus. Organisasi ini didirikan pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris oleh George William. Setelah bertemu dengan James Naismith (seorang pencipta olahraga bola basket yang lahir pada tanggal 6 November 1861, dan meninggal pada tanggal 28 November 1939), Morgan menciptakan sebuah olahraga baru yang bernama Mintonette. Sama halnya dengan James Naismith, William G. Morgan juga mendedikasikan hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani. William G. Morgan yang juga merupakan lulusan Springfield College of YMCA, menciptakan permainan Mintonette ini empat tahun setelah diciptakannya olahraga permainan basketball oleh James Naismith. Olahraga permainan Mintonette sebenarnya merupakan sebuah permainan yang diciptakan dengan mengkombinasikan beberapa jenis permainan. Tepatnya, permainan Mintonette
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Bola voli wahyu voli permainan

Bola voli wahyu voli permainan

Pada awal penemuannya, olahraga permainan bola voli ini diberi nama Mintonette. Olahraga Mintonette ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat). YMCA (Young Men’s Christian Association) merupakan sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mengajarkan ajaran-ajaran pokok umat Kristen kepada para pemuda, seperti yang telah diajarkan oleh Yesus. Organisasi ini didirikan pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris oleh George William. Setelah bertemu dengan James Naismith (seorang pencipta olahraga bola basket yang lahir pada tanggal 6
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Bola voli sejarah permainan voli permanian

Bola voli sejarah permainan voli permanian

Bola voli adalah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing- masing grup hanya memiliki dua orang pemain. Olahraga Bola Voli dinaungi FIVB (Federation Internationale de Volleyball) [1] sebagai induk organisasi internasional, sedangkan di Indonesia di

Baca lebih lajut

SEJARAH BOLA VOLI Permainan VOLI Permainan

SEJARAH BOLA VOLI Permainan VOLI Permainan

Permainan bola voli pertama kali ditemukan diberinama Mintonette. Mintonette (Volley ball) diciptakan oleh William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat). William G. Morgan dilahirkan di Lockport, New York pada tahun 1870, dan meninggal pada tahun 1942. William G. Morgan menciptakan permainan Mintonette ini empat tahun setelah diciptakannya olahraga permainan basketball oleh James Naismith.

Baca lebih lajut

Bola voli adalah olahraga permainan yang

Bola voli adalah olahraga permainan yang

Pada awal penemuannya, olahraga permainan bola voli ini diberi nama Mintonette. Olahraga Mintonette ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat). William G. Morgan dilahirkan di Lockport, New York pada tahun 1870, dan meninggal pada tahun 1942.

4 Baca lebih lajut

Bola voli sejarah permainan voli permanian

Bola voli sejarah permainan voli permanian

Indonesia mengenal permainan bola voli sejak tahun 1982 pada zaman penjajahan Belanda. Guru- guru pendidikan jasmani didatangkan dari Negeri Belanda untuk mengembangkan olahraga umumnya dan bola voli khususnya.Di samping guru-guru pendidikan jasmani, tentara Belanda banyak andilnya dalam pengembangan permainan bola voli di Indonesia, terutama dengan bermain di asrama-asrama, dilapangan terbuka dan mengadakan pertandingan antar kompeni-kompeni Belanda sendiri. Permainan bola voli di Indonesia sangat pesat di seluruh lapisan mayarakat, sehingga timbul klub-klub di kota besar di seluruh Indonesia. Dengan dasar itulah maka pada tanggal 22 januari 1955 PBVSI (persatuan bola voli seluruh indonesia) didirikan di Jakarta bersamaan dengan kejuaraan nasional yang pertama.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

MAKALAH BOLA VOLI (5) permainan voli permainan

MAKALAH BOLA VOLI (5) permainan voli permainan

Pada awal penemuannya, olahraga permainan bola voli ini diberi nama Mintonette. Olahraga Mintonette ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat). William G. Morgan dilahirkan di Lockport, New York pada tahun 1870, dan meninggal pada tahun 1942. YMCA (Young Men’s Christian Association) merupakan sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mengajarkan ajaran-ajaran pokok umat Kristen kepada para pemuda, seperti yang telah diajarkan oleh Yesus. Organisasi ini didirikan pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris oleh George William. Setelah bertemu dengan James Naismith (seorang pencipta olahraga bola basket yang lahir pada tanggal 6 November 1861, dan meninggal pada tanggal 28 November 1939), Morgan menciptakan sebuah olahraga baru yang bernama Mintonette. Sama halnya dengan James Naismith, William G. Morgan juga mendedikasikan hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani. William G. Morgan yang juga merupakan lulusan Springfield College of YMCA , menciptakan permainan Mintonette ini empat tahun setelah diciptakannya olahraga permainan basketball oleh James Naismith. Olahraga permainan Mintonette sebenarnya merupakan sebuah permainan yang diciptakan dengan mengkombinasikan beberapa jenis permainan. Tepatnya, permainan Mintonette diciptakan dengan mengadopsi empat macam karakter olahraga permainan menjadi satu, yaitu bola basket, baseball, tenis, dan yang terakhir adalah bola tangan (handball). Pada awalnya, permainan ini diciptakan khusus bagi anggota YMCA yang sudah tidak berusia muda lagi, sehingga permainan ini-pun dibuat tidak seaktif permainan bola basket.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Makalah Bola Voli permainan voli permainan

Makalah Bola Voli permainan voli permainan

Permainan bola voli di Indonesia berkembang dengan sangat pesat di seluruh lapisan masyarakat , sehingga timbul klub – klub di kota – kota besar di seluruh Indonesia. Permainan bola voli di Indonesia sudah di kenal sejak tahun 1982 yang di bawa oleh orang – orang Belanda. Namun pada saat itu permainan ini belum populer di masyarakat. Setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, perkembangan bola voli nasional dan organisasi bola voli semakin cepat dan populer. Pada PON II di Jakarta tahun 1951 permainan bola voli mulai dipertandingkan, namun pada saat itu belum ada / belum terbentuk organisasi bola voli. Baru pada tanggal 22 Januari 1955 dibentuk organisasi bola voli nasional dengan nama Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVI), dengan ketua W.J.Latumenten.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...