pertumbuhan anak

Top PDF pertumbuhan anak:

Pertumbuhan anak anak usia 7 11 tahun di

Pertumbuhan anak anak usia 7 11 tahun di

Adanya pola pertumbuhan yang awalnya sesuai referensi namun di usia lebih tua tidak sesuai referensi dimungkinkan karena penelitian ini adalah cross sectional sedangkan referensi yang digunakan berasal dari studi longitudinal. Kemungkinan lain adalah bahwafenomena ini disebabkan oleh ketidaksesuaian antara populasi yang menjadi sumber referensi dengan populasi penelitian, seperti pernah ditunjukkan oleh beberapa penelitian di tempat lain (Wenget al. 2006, Rushet al. 2009, Deurenberget al.1998 cit. Liuet al. 2011). Tren ini serupa dengan penelitian yang dilakukan di era sebelumnya di Kota Malang (Artaria 2001), sehingga memperkuat dugaan bahwa ketidaksesuaian berat badan anak-anak di Surabaya di masa puber, jika dibanding dengan WHO growth chart bukanlah karena kekurangan gizi.Maka diduga pertumbuhan anak-anak Indonesia memiliki pola yang berbeda dengan pertumbuhan pada populasi Kaukasoid. Jika demikian maka diperlukan referensi tumbuh kembang yang datanya berasal dari anak-anak Indonesia yang sehat.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

KETRAMPILAN LANJUT TAEKWONDO Pertumbuhan anak

KETRAMPILAN LANJUT TAEKWONDO Pertumbuhan anak

Melalui perkembangan motorik yang normal memungkinkan anak dapat bermain atau bergaul dengan teman sebayannya, sedangkan yang tidak normal akan menghambat anak untuk dapat bergaul deng[r]

4 Baca lebih lajut

KELEKATAN IBU-ANAK, PERTUMBUHAN ANAK, DAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSI ANAK USIA PRASEKOLAH

KELEKATAN IBU-ANAK, PERTUMBUHAN ANAK, DAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSI ANAK USIA PRASEKOLAH

Kelekatan ibu-anak mendukung kualitas adaptasi sosial dalam kelompok teman sebaya pada anak usia dini. Kelekatan ibu-anak menyediakan fondasi yang positif dan menjadi faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan sosialisasi anak (Kochanska et al., 2009; Kochanska & Kim 2012). Anak yang merasa yakin terhadap penerimaan lingkungan akan mengembangkan kelekatan yang aman dengan figur lekatnya (secure attachment) dan mengembangkan rasa percaya tidak saja pada ibu namun juga pada lingkungan. Usia dini adalah masa kritis bagi anak untuk menumbuhkan rasa percaya (trust). Jika rasa percaya ini gagal tumbuh pada masa ini maka yang terbentuk pada diri anak adalah rasa tidak percaya (mistrust). Rasa percaya ini adalah fondasi bagi perkembangan sosial emosi yang sehat pada tahap selanjutnya. Rasa percaya ini akan tumbuh apabila lingkungan pengasuhan dapat diprediksi oleh anak. Maksud dari dapat diprediksi anak adalah figur pengasuh harus stabil yang menimbulkan rasa aman dan nyaman, dan juga anak merasa diterima dan disayang. Oleh karena itu, anak memerlukan figur ibu atau pengasuh utama untuk menjalin bonding yang kuat. Siklus kelekatan aman adalah adanya figur kelekatan sebagai basis untuk anak dapat semangat bereksplorasi.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Peran Zinkum Terhadap Pertumbuhan Anak

Peran Zinkum Terhadap Pertumbuhan Anak

4. Berperan dalam produksi hormon pertumbuhan (Growth Hormon/GH). Zinkum dibutuhkan untuk mengaktifkan dan memulai sintesis hormon pertumbuhan. Pada defisiensi Zn akan terjadi gangguan pada reseptor GH, produksi GH yang resisten, berkurangnya sintesis Liver Insulin Growth Factor (IGF)–I dan protein yang membawanya/ binding protein (BP) yaitu IGFBP-3. Peran Zn dalam produksi hormon pertumbuhan akan menyebabkan terjadinya perubahan pada GH axis. 12,17

6 Baca lebih lajut

Oahraga dan Fisiologi Reproduksi Wanita

Oahraga dan Fisiologi Reproduksi Wanita

Kekhususan sistem reproduksi wanita terjadi pada masa pubertas yang ditandai dengan timbulnya menarche (menstruasi untuk pertama kalinya), pada usia sekitar 9- 14 tahun. Biasanya, setelah menarche biasanya mengalami perlambatan pertumbuhan tinggi badannya, pertubuhan berat badanya bertambah/melebar. Setelah menarche, wanita akan betambah tinggi sekitar 2 inchi. Terdapat penelitian yang menyimpulkan bahwa rata-rata dalam 18 bulan setelah menarche, terjadi percepatan pertumbuhan hingga mencapai puncak maksimum. Walupun demikian, hasil akhir pertumbuhan anak laki-laki lebig tinggi dibanding anak perempuan, karena masa percepatan pertubuhan anak laki-laki lebih panjang/lama dibanding anak perempuan. Wells (1985:17)
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

Mengenal Parameter Pertumbuhan Fisik Anak

Mengenal Parameter Pertumbuhan Fisik Anak

Hasil pengukuran antropometrik tersebut dibandingkan dengan suatu baku tertentu misalnya NCHS dari Harvard atau standar baku nasional (Indonesia) seperti yang terekam pada Kartu Menuju Sehat (KMS). Dengan melihat perbandingan hasil penilaian dengan standar baku tersebut maka dapat diketahui status gizi anak. Nilai perbandingan ini dapat digunakan untuk menilai pertumbuhan fisik anak karena menunjukkan posisi anak tersebut pada persentil (%) keberapa untuk suatu ukuran antropometrik pertumbuhannya, sehingga dapat disimpulkan apakah anak tersebut terletak pada variasi normal, kurang atau lebih. Selain itu juga dapat diamati trend (pergeseran) pertumbuhan anak dari waktu ke waktu.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Perekembangan peserta didik di Indonesia

Perekembangan peserta didik di Indonesia

Perkembangan dan pertumbuhan merupakan hal yang penting untuk kita pelajari dan kita pahami. Banyak para pendidik dan orang tua yang belum memahami perkembangan-perkembangan anak. Sehingga masih ada pendidik dan orang tua yang menerapkan sistem pembelajaran tanpa melihat perkembangan anak. Hal ini akan berakibat adanya ketidak seimbangan antara system pembelajaran dengan perkembangan anak yang akan menyulitkannya untuk mengikuti system pembelajaran yang ada. Dengan mengetahui faktor-faktor perkembangan dan pertumbuhan anak diharapkan kita akan mudah mengetahui system pembelajaran yang efektif, efisien, terarah dan sesuai dengan perkembangan anak.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

Proses pertumbuhan dan perkembangan anak merupakan ciri khas anak,sejak janin sampai tahap kedewasaan dan merupakan suatu proses yang berkesinambungan serta merupakan suatu fenomena yang berspektrum luas dan berpola. Pertumbuhan adalah setiap perubahan tubuh yang dihubungkan dengan bertambahnya ukuran-ukuran tubuh secara fisik dan struktural, baik secara lokal maupun keseluruhan. Pertumbuhan akan mengikuti pola alami/kodrati setiap fase pertumbuhan sedangkan perkembangan adalah bertambahnya kemampuan dalam struktur dan fungsi tubuh akan lebih kompleks. Oleh karena itu akan terjadi diferensisasi sel jaringan tubuh, organ-organ dan sistem organ untuk mencapai yang optimal secara bertahap. Berolahraga pada anak usia dini tentu tidak sama dengan anak-anak yang usianya lebih besar. Tentunya bukan jenis olahraga prestasi, tetapi lebih kepada bagaimana gerak tubuh dapat mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak. Sesuai dengan laju pertumbuhan fisiknya, apa pun pilihan bentuk kegiatan fisik yang dilakukan anakharus memperhatikan perkembangan kemampuan motorik sesuai usianya. Sekadar bergerak dan melakukan suatu gerakan saja bagi anak sudah bentuk berolahraga juga. (Nadesul, 2014)
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

ANALYSIS OF BREASTFEEDING PRACTICE, INFECTION DISEASES AND SOSIODEMOGRAPHIC FACTOR WITH CHILDREN LINEAR GROWTH IN INDRALAYA, OGAN ILIR

ANALYSIS OF BREASTFEEDING PRACTICE, INFECTION DISEASES AND SOSIODEMOGRAPHIC FACTOR WITH CHILDREN LINEAR GROWTH IN INDRALAYA, OGAN ILIR

Hasil uji statistik tidak menunjukkan hubungan yang bermakna antara variabel inisiasi menyusu dini, praktik pemberian ASI eksklusif dan pemberian makanan pendamping ASI (MP ASI) dengan status gizi anak berdasarkan indeks TB/U. Hubungan antara variabel yang belum dapat dibuktikan dalam penelitian ini mungkin dikarenakan praktik pola pemberian makan yang diteliti belum begitu spesifik dan rentang usia anak yang cukup lebar yaitu hingga 60 bulan dimana asupan makanan anak usia tersebut lebih bervariasi karena telah mengkonsumsi makanan keluarga. Penelitian ini belum menggali kaitan defisiensi asupan zat gizi tertentu yang dibutuhkan untuk pertumbuhan atau kombinasinya terhadap pertumbuhan linear anak misalnya protein dan berbagai mineral. Berbagai studi telah menunjukkan hubungan antara defisiensi zat gizi tertentu atau kombinasi dari kekurangan berbagai zat gizi terhadap pertumbuhan. Anak yang kurang gizi tinggi badan dan berat badannya di bawah standar. Jika kekurangan zat gizi cukup parah dan terjadi dalam jangka waktu lama maka akan berdampak pada retardasi pertumbuhan linear. Pertumbuhan linear akan terhambat jika defisiensi asupan protein walaupun asupan energi terbilang cukup.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

semnas  TUMBUH KEMBANG ANAK DAN PENILAIAN STATUS GIZI 2007

semnas TUMBUH KEMBANG ANAK DAN PENILAIAN STATUS GIZI 2007

Anak laki-laki dan perempuan memiliki tingkat pertumbuhan yang sedikit berada walaupun polanya sama. Pertumbuhan anak perempuan umumnya lebih rendah daripada anak laki-laki, namun pada saat tertentu anak perempuan memiliki tingkat pertumbuhan yang sedikit lebih tinggi dari anak laki-laki yaitu pada saat memasuki masa pertumbuhan cepat (“growth spurt”) atau saat memasuki usia remaja muda (“pre-adolescent”) yang biasanya ditandai dengan terjadinya menstruasi pertama kali pada wanita dan pengeluaran sperma pertama kali pada anak laki-laki. Pada populasi normal masa pertumbuhan cepat anak perempuan terjadi lebih awal dibanding anak laki-laki. Oleh karena itu, rujukan antropometri yang dikembangkan WHO- NCHS memisahkan antara anak laki-laki dan anak perempuan (Hassan 1998, Jahari 2002, Soetjiningsih 1998).
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Peranan keluarga terhadap perkembangan kecerdasan emosional anak

Peranan keluarga terhadap perkembangan kecerdasan emosional anak

Tapi saat ini, banyak orang tua yang cukup puas dan senang ketika anak- anaknya mendapat nilai akademik yang bagus, tetapi tak cukup peduli terhadap sikap dan tingkah laku anak di luar rumah. Apakah anak sudah mengaplikasikan nilai-nilai kejujuran, konsisten, memiliki komitmen, dapat menjalin hubungan sosial dengan orang lain, berintegritas tinggi, berpikiran terbuka, memiliki kepercayaan diri, adil, empati, sabar, bijaksana, rasa semangat dan lain sebagainya ? Berdasarkan hasil survey di AS tentang IQ, ternyata ditemukan sebuah paradoks yang membahayakan. Skor IQ anak-anak makin tinggi, kecerdasan emosi mereka justru menurun. 7 Hal ini juga terjadi di Indonesia, banyak anak-anak pintar dan cerdas tapi mereka lebih mudah depresi, lebih cepat putus asa dan mudah marah. Jika kita perhatikan fenomena kehidupan rumah tangga sekarang ini, kita akan menemukan bahwa banyak kedua orang tua sangat perhatian terhadap kesehatan fisik anak-anak mereka. Jika salah satu anak mereka terserang penyakit, mereka akan sibuk dan bergegas untuk mengobatinya. Akan tetapi jika salah satu anak-anak mereka terserang penyakit dalam akhlak dan perilakunya, mereka tidak terlalu mempedulikannya dan tidak
Baca lebih lanjut

84 Baca lebih lajut

Penatalaksanaan Oligodontia pada Anak 14 Tahun dengan Sindrom Ectodermal Dysplasia: Laporan Kasus | Apriani | Majalah Kedokteran Bandung 622 2277 1 PB

Penatalaksanaan Oligodontia pada Anak 14 Tahun dengan Sindrom Ectodermal Dysplasia: Laporan Kasus | Apriani | Majalah Kedokteran Bandung 622 2277 1 PB

Alasan pemilihan penggunaan suatu mahkota akrilik pada gigi anterior rahang atas dan rahang bawah pada pasien ini adalah pembuatan yang relatif mudah, tidak berat, mudah direhabilitasi, dan dapat memenuhi nilai estetika yang baik. Alasan lainnya yaitu, pasien ini berusia 14 tahun dan sudah mengalami menstruasi sejak usia 12 tahun. Pertumbuhan serta perkembangan anak perempuan saat mengalami menstruasi sudah mencapai puncak dan selanjutnya akan melambat termasuk pada pertumbuhan dan perkembangan dentofacial sehingga pembuatan mahkota akrilik pada gigi anterior rahang atas dan bawah tidak akan berpengaruh besar pada pertumbuhan dan perkembangan rahang. 13
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B DI RA MISBAHUL FALAH KLAYUSIWALAN KECAMATAN BATANGAN KABUPATEN PATI.

PENDAHULUAN PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B DI RA MISBAHUL FALAH KLAYUSIWALAN KECAMATAN BATANGAN KABUPATEN PATI.

Berdasarkan observasi atau pengamatan yang dilakukan oleh peneliti pada anak kelompok B di RA Misbahul Falah Klayusiwalan, berkaitan dengan kemampuan anak dalam mengenal bilangan bahwa metode yang digunakan guru di RA Misbahul Falah tersebut cenderung menggunakan hafalan dan pemberian tugas. Dari hasil observasi terbukti dari 12 anak yang sudah mampu berhitung lancar hanya 3 anak sedangkan yang 9 anak belum mampu berhitung lancar dan dalam berhitung masih loncat-loncat/ belum urut. Disinilah peran guru sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bilangan.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI PAUD ANAK KITA PRESCHOOL SAMARINDA

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI PAUD ANAK KITA PRESCHOOL SAMARINDA

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk memperoleh informasi secara mendalam mengenai implementasi pembelajaran karakter yang dilakukan di Anak Kita Preschool (2) Untuk memperoleh informasi mengenai faktor– faktor pendukung dan penghambat Penanaman nilai-nilai karakter di anak kita Preschool Samarinda. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif.Pengumpulan data meliputi (1) Observasi, (2) Wawancara mendalam, (3) Catatan Lapangan, (4) Dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan model analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Implementasi Pembelajaran Nilai-nilai karakter anak usia dini di Anak Kita Preschool dilakukan melalui kegiatan pembelajaran sehari- hari di dalam sentra dan kegiatan penunjang tema saat outdoor activity dengan strategi pendekatan melalui keteladanan dengan memberi contoh yang baik berupa tingkah laku, sifat dan cara berpikir, metode pembiasaan dengan cara penanaman nilai karakter yang dilakukan secara teratur dan berkesinambungan untuk melatih anak agar memiliki kebiasaan yang baik, metode cerita, yaitu dengan menggunakan cerita yang berisi kejadian yang dialami seseorang, kelompok, atau orang lain, dan metode nasehat dengan menggunakan nasehat. (2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi pembelajaran Nilai-nilai karakter anak usia dini di Anak Kita Preschool Samarinda antara lain dari orang tua, anak didik dan pendidiknya.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 6

Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 6

2. Pada tahap awal usia sekolah, anak memperoleh lebih banyak pengetahuan dan sikap mengenai seks. Selama masa usia sekolah, anak menyaring pengetahuan dan sikap tersebut. 3. Pertanyaan mengenai seks memerlukan jawaban jujur yang berdasarkan tingkat pemahaman anak.

6 Baca lebih lajut

A. Pertumbuhan dan perkembangan anak usi

A. Pertumbuhan dan perkembangan anak usi

Yakinkan orangtua bahwa vesikel-vesikel adalah suatu proses penyakit yang alami pada anak-anak yang terinfeksi. Gunakan sentuhan lembut jika diperlukan. Jauhkan anak dari wanita hamil. Pertama kali muncul di wajah dan dengan segera menyebar keleher, lengan batang tubuh dan kaki. Diakhiri hari pertama ditutupi dengan bercak- bercak kemerahan makulo pupalar, biasanya hilang pada hari ketiga.

5 Baca lebih lajut

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 2

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 2

Tumbuh kembang pada anak terjadi di sepanjang kehidupan yang terdiri dari beberapa tahapan, salah satu diantaranya adalah masa toddler. Masa toddler berada dalam rentang dari masa kanak-kanak mulai berjalan sendiri sampai mereka berjalan dan berlari dengan mudah, yaitu mendekati usia 12 sampai 36 bulan. Pada masa ini seorang anak mulai belajar menentukan arah perkembangan dirinya, suatu fase yang mendasari derajat kesehatan, perkembangan emosional, derajat pendidikan, kepercayaan diri, kemampuan bersosialisasi serta kemampuan diri seorang anak di masa mendatang. Interaksi antara anak dan orang tua dalam proses ini sangat bermanfaat bagi proses perkembangan anak secara keseluruhan karena orang tua dapat segera mengenali kelainan proses tumbuh kembang anaknya sedini mungkin. (Potter & Perry, 2010).
Baca lebih lanjut

25 Baca lebih lajut

Upaya Peningkatan Kualitas Tumbuh Kembang Anak.

Upaya Peningkatan Kualitas Tumbuh Kembang Anak.

Hampir semua penyakit berat yang diderita ibu pada saat hamil dapat mengakibatkan keguguran, lahir mati, atau berat badan bayi rendah. Juga beberapa dapat menyebabkan infeksi pada janin, gangguan pertumbuhan janin, bahkan cacat bawaan. Infeksi yang sering menyebabkan cacat bawaan, yang terkenal adalah TORCH (Toksoplasosis, Rubella, Cytomegalovirus, Herpes simplex), yang lainnya yang juga berpengaruh adalah cacar air, hepatitis, campak, dan lain-lain. Selain yang tersebut diatas beberapa penyakit ibu yang berpengaruh buruk pada janin diantaranya adalah hipertensi, penyakit jantung, ginjal, asma, kencing manis. Oleh karena itu dianjurkan sebelum dan selama hamil ibu memeriksakan kesehatannya secara teratur.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Ulangan Harian IPA kelas 3 smt 2

Ulangan Harian IPA kelas 3 smt 2

Bagian tubuh yang tidak akan bertambah panjang pada anak kelinci adalah .... Pada pertumbuhan ayam, yang berubah adalah ...[r]

2 Baca lebih lajut

Soal ulangan harian kelas 3 sd semester  1 tentang Perubahan Pada Makhluk Hidup

Soal ulangan harian kelas 3 sd semester 1 tentang Perubahan Pada Makhluk Hidup

Bagian tubuh yang tidak akan bertambah panjang pada anak kelinci adalah ...... Pada pertumbuhan ayam, yang berubah adalah ….[r]

2 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...