Top PDF EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI TEKNIK ISOLASI

EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI TEKNIK ISOLASI

EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI TEKNIK ISOLASI

Dalam bidang pemuliaan misalnya, penanda molekuler yang sering digunakan dalam kegiatan analisis keragaman genetik adalah RAPD (Syafaruddin dan C. Tresniati, 2011; Mawikere, 2006; Hannum et al., 2003; Maftuchah, 2001; Cheng et al., 1998a; 1998b; 1998c; Syafaruddin, 1998a; 1998b; Welsh dan Mc Clelland, 1990; Williams et al., 1990). RAPD adalah penanda berbasis PCR dengan menggunakan 10 basa primer acak. Teknik RAPD tidak memerlukan pelacak DNA atau informasi mengenai sekuens DNA yang dilacak. Prosedurnya sederhana dan mudah dalam hal preparasi, dapat dilakukan secara maksimal untuk sampel dalam jumlah banyak, jumlah DNA yang diperlukan relatif sedikit, dan pengerjaannya tidak menggunakan senyawa radioaktif (Karp et al., 1996). Pada tanaman tahunan RAPD dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi seleksi awal. Teknik RAPD memberikan hasil yang lebih cepat dibandingkan dengan teknik molekuler lainnya.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

89521 ID analisis efektivitas dan efisiensi penge

89521 ID analisis efektivitas dan efisiensi penge

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana tingkat efektivitas dan efisiensi keuangan daerah Kota Palembang. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data APBD Kota Palembang periode anggaran 2003-2013. Untuk menghitung tingkat efektivitas dan efisiensi keuangan daerah Kota Palembang teknik analisis yang digunakan adalah dengan menghitung Rasio Efektivitas dan Rasio Efisiensi Keuangan Daerah. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa Secara keseluruhan, rata-rata nilai rasio efektivitas keuangan daerah Kota Palembang periode tahun 2003-2013 mencapai tingkat yang efektif. Hal ini berarti pemerintah daerah Kota Palembang telah berhasil dalam merealisasikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari target yang diperkirakan sebelumnya sehingga potensi PAD yang ada dapat dimaksimalkan oleh pemerintah daerah untuk menunjang pembangunan di Kota Palembang. Sementara itu, tingkat efisiensi keuangan daerah Kota Palembang selama periode 2003-2013 rata-rata berada pada tingkat kurang efisien dan tidak efisien. Hal ini berarti porsi penggunaan input (belanja) telah lebih dari 90 persen dibandingkan jumlah output (pendapatan). Dalam terminologi ekonomi dan keuangan hal ini merupakan kondisi yang tidak efisien bahkan pada periode tahun 2009, 2009 dan 2013 rasio efisiensi telah melebihi dari angka 100 persen yang menandakan belanja daerah telah melebihi anggaran yang tersedia sehingga pengeluaran belanja tersebut dibiayai dengan pinjaman/hutang.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Uji Efektivitas Metode Isolasi DNA Genom

Uji Efektivitas Metode Isolasi DNA Genom

langkah awal dalam mengenali profil pita DNA. Namun, yang menjadi kendala adalah terkadang dalam melakukan isolasi DNA, ditemukan DNA yang memiliki kualitas dan kuantitas yang rendah. Hal tersebut dapat diketahui dari konsentrasi DNA-nya. Memang dalam perkembangannya yang semakin pesat, banyak alternaif metode untuk isolasi DNA. Melihat begitu banyak teknik dan metode untuk isolasi DNA, penelitian ini dianggap penting untuk memahami sekaligus dapat menentukan dengan tepat metode isolasi yang akurat dengan hasil maksimal untuk memperolah substansi genetik pada daun kopi Arabika Wamena yang berasal dari Provinsi Papua.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

PENINGKATAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PROGRAM PADA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIMED MELALUI PENERAPAN MANAJEMEN PENDIDIKAN.

PENINGKATAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PROGRAM PADA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIMED MELALUI PENERAPAN MANAJEMEN PENDIDIKAN.

Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNIMED sebagai bagian dari lembaga pendidikan diharapkan dapat mengembangkan potensi calon guru teknologi agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta memiliki tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Secara rinci dinyatakan bahwa tujuan Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNIMED adalah:

16 Baca lebih lajut

Evaluasi Kinerja Organisasi Dengan Metode Balanced Scorecard Studi Kasus Pada SMP Katolik 2 W.R. Soepratman Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat.

Evaluasi Kinerja Organisasi Dengan Metode Balanced Scorecard Studi Kasus Pada SMP Katolik 2 W.R. Soepratman Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat.

Jenis penelitian ini adalah studi kasus pada SMP Katolik 2 W.R. Soepratman Barong Tongkok. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, kuesioner, dan wawancara yang ditujukan kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, pegawai, dan pelanggan (siswa-siswi). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis pengukuran efisiensi dan efektivitas (perspektif keuangan) dan analisis Multiatribute Attitude Model untuk perspektif pelanggan, perspektif proses internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.

140 Baca lebih lajut

Rancang Bangun Alat Pengupas Buah Durian Sistem Press Manual

Rancang Bangun Alat Pengupas Buah Durian Sistem Press Manual

Efektivitas dan Efisiensi Sistem Press Manual.. Ekonomi Teknik Konsep, Teori dan Aplikasi.[r]

2 Baca lebih lajut

peran biomekanika terhadap performa gerak teknik tendangan pada pencak silat kategori tanding prosid

peran biomekanika terhadap performa gerak teknik tendangan pada pencak silat kategori tanding prosid

tersebut, maka setiap pelaksanaan gerak teknik tendangan dalam pertandingan harus dilakukan efektif dan efisien. Pada pencak silat kategori tanding, efektivitas dan efisiensi pelaksanaan gerak teknik tendangan dalam pertandingan dapat dilihat berdasarkan pada perkenaan terhadap sasaran (impact) dan efek yang ditimbulkan dari hasil impact. Artinya, teknik tendangan yang dapat menghasilkan nilai pada pertandingan adalah teknik tendangan yang masuk dalam bidang sasaran tanpa terhalang tangkisan dengan menggunakan power (menimbulkan bunyi keras) dan tendangan yang dapat merubah posisi lawan. Namun pada kenyataannya, perbedaan persepsi dan sudut pandang juri terhadap teknik tendangan yang menggunakan power sering mengakibatkan terjadinya penilaian yang berbeda. Dengan demikian, kerasnya bunyi dan efek yang ditimbulkan setelah terjadinya impact dari teknik tendangan pada saat mengenai sasaran dapat dijadikan sebagai indikator bahwa tendangan dilakukan sudah menggunakan power. Untuk itu, selain diperlukan kemampuan biomotor yang baik juga diperlukan kemampuan melakukan gerak teknik yang baik dan benar.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

PENGARUH PENGAWASAN TERHADAP EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PROYEK  PENGARUH PENGAWASAN TERHADAP EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PROYEK KONSTRUKSI DI YOGYAKARTA.

PENGARUH PENGAWASAN TERHADAP EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PROYEK PENGARUH PENGAWASAN TERHADAP EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS TENAGA KERJA PADA PROYEK KONSTRUKSI DI YOGYAKARTA.

3. Bapak Ferianto Raharjo, S.T., M.T., selaku Dosen Pembimbing yang telah dengan sabar meluangkan waktu untuk memberi petunjuk dan membimbing penulis dalam penulis dalam menyelesaikan Tugas akhir ini. 4. Seluruh Dosen Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil Universitas

12 Baca lebih lajut

PENGARUH RASIO KEUANGAN DAERAH TERHADAP

PENGARUH RASIO KEUANGAN DAERAH TERHADAP

Metode penelitian dalam skripsi ini adalah dengan menggunakan desain penelitian asosiatif kausal, dengan jumlah sampel 35 Kabupaten/ Kota setiap tahunnya yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini dilakukan untuk periode 2007-2009. Jenis data yang dipakai adalah data sekunder. Data diperoleh dari BPS dalam Statistik Keuangan Pemerintah Daerah Jawa Tengah dan melalui situs Departemen Keuangan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (www.djpkpd.go.id). Dalam pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi yaitu mengumpulkan bahan dan data yang berhubungan dengan pokok bahasan yang dikutip dari buku, perpustakaan, artikel, majalah dan sumber- sumber lain yang menambah keakuratan data. Metode analisis yang digunakan adalah metode statistik dengan perangkat SPSS (Statistical Package for the Social) 17.00.
Baca lebih lanjut

81 Baca lebih lajut

ANALISIS EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI WEB E

ANALISIS EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI WEB E

Metode penelitian merupakan suatu pendekatan yang digunakan untuk mencari jawaban atau menggambarkan permasalahan yang akan dibahas. Metode penelitian dapat juga dikatakan sebagai cara yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas dan efisiensi dari sistem aplikasi pengolahan nilai atau Web Eschool yang sedang berjalan di SMKN 4 Bandung. Dengan begitu, tingkat kepuasan dari responden yang menggunakan sistem ini, yaitu guru-guru yang mengajar di SMKN 4 Bandung bersifat studi kasus yang dikaji secara kualitatif, maka dari itu metode yang akan digunakan adalah metode deskriptif.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Pemeriksaan Operasional atas Efektivitas dan Efisiensi Penjualan pada PT.X.

Pemeriksaan Operasional atas Efektivitas dan Efisiensi Penjualan pada PT.X.

65 4.2 Pemeriksaan Operasional Atas Efektivitas dan Efisiensi Aktivitas Penjualan pada PT.X...[r]

22 Baca lebih lajut

Efisiensi Dan Efektivitas Kerja Sekretaris guna Untuk menghasilkan Kinerja yang Maksimal padaperusahaan PT Pertamina Ep Field Rantau, Aceh Tamiang

Efisiensi Dan Efektivitas Kerja Sekretaris guna Untuk menghasilkan Kinerja yang Maksimal padaperusahaan PT Pertamina Ep Field Rantau, Aceh Tamiang

Melaluistrukturorganisasiyang baik,pengaturanpelaksanaanpekerjaan dapat diterapkan, sehingga efisiensi dan efektivitas kerja dapat diwujudkan melaluikerjasamadengankoordinasiyang baik sehinggatujuanperusahaandapat tercapai.PT Pertamina EPAsset1Rantau Fieldmemilikistrukturkeorganisasian dimana Rantau Field Manager berada dibawah struktur keorganisasian dari GeneralManager Asset1 PT Pertamina EPAsset1Rantau Fieldpada dasarnya memiliki2struktur organisasiuntukmenjalankankegiatanya,yaituorganisasi utamadan organisasi pendukung.

57 Baca lebih lajut

BAB II TINJAUAN PUSTAKA - Kristalisasi Likopen Dari Buah Tomat (Lycopersicon esculentum) Menggunakan Antisolvent

BAB II TINJAUAN PUSTAKA - Kristalisasi Likopen Dari Buah Tomat (Lycopersicon esculentum) Menggunakan Antisolvent

pelarut, dimana dalam hal ini ekstraksi fluida superkritik teknik pemisahan yang baru dan relative. Teknik ini dapat digunakan sebagai cara analisis yang efisien atau persiapan dari berbagai kandungan material yang berguna pada tumbuhan. Ekstraksi dari bahan ini merupakan dasar yang baik bagi produk baru di bidang farmasi dan komposisi pada fungsional makanan. Pada beberapa decade ini, fluida super krtik (SFE) telah menerima perhatian khusus di bidang ekstraksi bahan padat dan fraksinasi dari campuran cair. Ekstraksi fluida superkritis menggunakan karbon dioksida (SC-CO 2 ) adalah metode isolasi sangat cocok untuk isolasi
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Evaluasi Usabilitas dan Perbaikan Tampilan Desain Antarmuka Pengguna Situs Web Eventmalang.net dengan Pendekatan Human-Centered Design, WEBUSE, dan Importance-Performance Analysis

Evaluasi Usabilitas dan Perbaikan Tampilan Desain Antarmuka Pengguna Situs Web Eventmalang.net dengan Pendekatan Human-Centered Design, WEBUSE, dan Importance-Performance Analysis

Pada tahap evaluasi usabilitas desain awal, terdapat tiga konteks usabilitas, yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna dalam evaluasi desain awal. Pada konteks efektivitas, responden diberikan dua tugas sesuai task scenario. Responden diberikan waktu selama sembilan puluh detik untuk menyelesaikan setiap tugas yang diberikan. Jika responden berhasil mengerjakan tugas yang diberikan, maka pada lembar hasil ditulis berhasil. Apabila responden tidak berhasil mengerjakan tugas yang diberikan, maka pada lembar hasil ditulis gagal. Pada konteks efisiensi, responden diberikan dua tugas yang sama dengan tugas konteks efektivitas. Perbedaannya adalah pada konteks efisiensi, nilai yang digunakan bukan berhasil atau gagal melainkan lama waktu yang dibutuhkan responden untuk melakukan tugasnya. Penulis menggunakan stopwatch sebagai alat ukur lama waktu. Responden dapat memulai melakukan tugas yang diberikan, saat penulis memulai waktu pada stopwatch, dan apabila responden selesai melakukan tugas, penulis mematikan stopwacth. Waktu yang tertera pada stopwatch ditulis pada lembar hasil. Pada konteks kepuasan pengguna, responden diberikan dua jenis kuisioner. Kuisioner pertama menggunakan template WEBUSE dengan perhitungan skala Merit. Kuisioner kedua modifikasi dari model analisis Importance-Performance Analysis, dan skala yang digunakan adalah skala Likert.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

ANALISIS EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT

ANALISIS EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT

pengendalian atas sistem dan prosedur pemberian kredit sehingga efisiensi dan efektivitas dapat terwujud. Kebijakan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memastikan bahwa segala bentuk sistem dan prosedur pemberian kredit dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan oleh pihak BPR Charis Utama Tuban.

22 Baca lebih lajut

ISOLASI PROTEIN SPESIFIK INTESTIN CACING Mecistocirrus digitatus DEWASA DENGAN TEKNIK ELUSI Repository - UNAIR REPOSITORY

ISOLASI PROTEIN SPESIFIK INTESTIN CACING Mecistocirrus digitatus DEWASA DENGAN TEKNIK ELUSI Repository - UNAIR REPOSITORY

Metode SDS-PAGE digunakan untuk menentukan berat molekul protein antigen. Pada SDS-PAGE, protein dielectrophoresis dalam detergen ionik, yaitu Sodium Dodecyl Sulphate (SDS). Detergen ini akan mengikat residu hidrofobik dari bagian belakang peptida, salah satu dari setiap asam amino, sehingga dapat membuka rantai peptida secara komplit. Dengan demikian protein SDS-kompleks migrasi melalui polyacrylamide tergantung pada berat molekulnya. Protein yang kecil bergerak melalui pori gel dengan lebih mudah dan cepat dari pada protein yang besar. Protein yang terpisah terlihat seperti pita (Rantam, 2003). Penggunaan polycrylamide dalam teknik ini memiliki keuntungan yaitu menghindarkan terjadinya pita yang cembung pada gel (Wongsosupantio, 1990 dikutip oleh Hendry, 2004). Kelemahan dari SDS-PAGE yaitu protein antigenik yang dideteksi banyak yang tidak spesifik, karena SDS-PAGE menampilkan profil protein antigenik dalam bentuk umum.
Baca lebih lanjut

62 Baca lebih lajut

I. PENDAHULUAN A. Latar Belakang - Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Kecap Manis Di PT. Lombok Gandaria Kabupaten Karanganyar - UNS Institutional Repository

I. PENDAHULUAN A. Latar Belakang - Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Kecap Manis Di PT. Lombok Gandaria Kabupaten Karanganyar - UNS Institutional Repository

Pemasaran produk merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan. Strategi pemasaran merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan keberhasilan jalannya proses pemasaran suatu perusahaan. Apabila strategi pemasaran tidak direncanakan, maka efisiensi dan efektivitas pemasaran produk suatu perusahaan tidak dapat tercapai.Tujuan setiap perusahaan adalah memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya dengan biaya yang serendah-rendahnya, sehingga salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan meminimalisasi biaya produksi dan memaksimalkan pemasaran produk.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Mekanisme Proses Pemanasan Air Di Dalam Boiler Dengan Mempergunakan Heater Tambahan Untuk Efisiensi Pembakaran

Mekanisme Proses Pemanasan Air Di Dalam Boiler Dengan Mempergunakan Heater Tambahan Untuk Efisiensi Pembakaran

II.11.7 Atmospheric Circulating Fluidized Bed Combustion Boilers (CFBC) Dalam sistem sirkulasi, parameter bed dijaga untuk membentuk padatan melayang dari bed. Padatan diangkat pada fase yang relatif terlarut dalam pengangkat padatan, dan sebuah down-comer dengan sebuah siklon merupakan aliran sirkulasi padatan. Tidak terdapat pipa pembangkit steam yang terletak dalam bed. Pembangkitan dan pemanasan berlebih steam berlangsung di bagian konveksi, dinding air, pada keluaran pengangkat/riser. Boiler CFBC pada umumnya lebih ekonomis daripada boiler AFBC, untuk penerapannya di industri memerlukan lebih dari 75–100 T/jam steam. Untuk unit yang besar, semakin tinggi karakteristik tungku boiler CFBC akan memberikan penggunaan ruang yang semakin baik, partikel bahan bakar lebih besar, waktu tinggal bahan penyerap untuk pembakaran yang efisien dan penangkapan SO 2 yang semakin besar pula, dan semakin mudah penerapan teknik
Baca lebih lanjut

85 Baca lebih lajut

EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH DI KABUPATEN NGAWI

EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH DI KABUPATEN NGAWI

bantuan dan bagian (sharing) dari Pemerintah Pusat dan menggunakan dana publik sesuai dengan prioritas dan aspirasi masyarakat . Menurut Handoko (1995:7) efisiensi adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar. Ini merupakan perhitungan perbandingan antara keluaran (output) dan masukan (input). Suatu kerja organisasi dikatakan efisien apabila mencapai keluaran yang lebih tinggi berupa hasil, produktifitas, performance, dibanding masukan-masukan yang berupa tenaga kerja, bahan, uang, mesin dan waktu yang digunakan. Dengan kata lain, dengan meminimumkan biaya penggunaan sumberdaya untuk mencapai keluaran yang telah ditentukan, atau sebaliknya disebut efisien apabila dapat memaksimumkan keluaran dengan jumlah masukan yang terbatas.
Baca lebih lanjut

75 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...