Top PDF Ekuitas saham modal perseroan revisi

Ekuitas saham modal perseroan revisi

Ekuitas saham modal perseroan revisi

memberikan hak untuk membeli 10 lembar saham (nilai pari $5) pada harga $20 per lembar saham. 50 org menerima tawaran tersebut dan menyetujui membayar 50% uang muka serta 50% sisanya pada akhir bulan ke-enam. Buat jurnal untuk mencatat pada saat :

55 Baca lebih lajut

AUDIT SIKLUS PEROLEHAN DAN PEMBAYARAN KE (3)

AUDIT SIKLUS PEROLEHAN DAN PEMBAYARAN KE (3)

28. Ada perbedaan penting antara pengauditan ekuitas pemilik pada perseroan publik dengan perseroan tertutup. Pada perusahaan perseroan tertutup, pemegang saham biasanya hanya sedikit, transaksi yang menyangkut akun modal selama satu periode jarang terjadi. Transaksi yang mempengaruhi ekuitas pemilik hanya berupa perubahan ekuitas pemilik karena adanya laba/rugi tahunan dan pembagian deviden. Perseroan Tertutup jarang membayar deviden, auditor hanya membutuhkan waktu sedikit untuk memeriksa ekuitas pemilik, walaupun auditor tetap harus menguji catatan perusahaan. Perusahaan perseroan publik, verifikasi ekuitas pemilik jauh lebih kompleks karena perusahaan memiliki pemegang saham yang banyak, sering terjadi perubahan individu yang memegang saham. Pengujian akun ekuitas pemilik dalam perseroan publik, termasuk modal saham biasa, agio saham, laba ditahan dan dividen yang bersangkutan, pengendalian internal atas modal saham dan dividen yang bersangkutan memadai, transaksi ekuitas pemilik dicatat dengan benar, saldo ekuitas pemilik dicatat dengan benar dan telah disajikan serta diungkapkan dengan tepat.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

EKUITAS PEMEGANG SAHAM modal docx

EKUITAS PEMEGANG SAHAM modal docx

Hak Istimewa untuk melindungi seorang pemegang saham dari kehilangan kepentingan kepemilikan di luar kemauannya. Tanpa hak ini, pemegang saham yang memiliki persentase kepentingan tertentu akan merasa dirugikan akibat penerbitan saham tambahan tanpa sepengetahuannya pada tingkat harga yang tidak menguntungkan mereka. Namun banyak perseroan yang menghapus hak istimewa ini. Mengapa ? karena hak istimewa ini melekat pada saham yang akan membuat perusahaan tidak dapat menerbitkan lebih banyak saham tambahan, seperti yang sering dilakukan ketika mengakuisisi perusahaan lain.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

A. Modal Saham - Modal Sendiri dan Ekuitas   Pertemuan 8

A. Modal Saham - Modal Sendiri dan Ekuitas Pertemuan 8

Saham memberikan indikasi kepemilikan atas perusahaan sehingga para pemegang saham berhak menentukan menentukan arah kebijaksanaan perusahaan lewat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Para pemegang saham juga berhak memperoleh deviden yang dibagikan oleh perusahaan. Sebaliknya, pemegang sahampun turut menanggung resiko sebesar saham yang dimiliki apabila perusahaan tersebut bangkrut. Modal saham adalah unit kepemilikan dalam sebuah perusahaan, sebagai bukti kepemilikan atas saham, perseroan terbatas menerbitkan sertifikat sahamnya (Simamora200:408).
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

BAB 24 PENGUJIAN SUBSTANTIF TERHADAP EKUITAS PEMEGANG SAHAM

BAB 24 PENGUJIAN SUBSTANTIF TERHADAP EKUITAS PEMEGANG SAHAM

Modal sendiri (owner’s equity) adalah jumlah kumulatif kontribusi yang diberikan oleh pemilik kepada perusahaan sebagai suatu entitas, ditambah dengan laba yang diperoleh perusahaan yang ditahan di dalam perusahaan. Di dalam perusahaan perseorangan, modal sendiri ini ditunjukkan di neraca oleh akun Modal atas nama seseorang dan akun Prive atas nama pemilik perusahaan yang bersangkutan. Di dalam perusahaan berbentuk Firma dan CV, modal sendiri disajikan di dalam neraca dengan akun modal atas nama tiap-tiap sekutu dan akun prive atas nama sekutu yang bersangkutan. Di dalam perusahaan berbentuk perseroan terbatas (PT), modal sendiri perusahaan ditunjukkan dengan akun Modal Saham (Capital Stock), Paid-in Capital, Treasury Stock, Saldo Laba, dan Cadangan (Reserve).
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

EKUITAS PEMEGANG SAHAM MODAL PERSEROAN

EKUITAS PEMEGANG SAHAM MODAL PERSEROAN

Oleh karena badan hukum perseroan terpisah dari pemilik, pemasok (supplier) hanya berhak menuntut aset perusahaan sebagai pelunasan hutang dagang perusahaan. Pemasok tidak berhak menuntut harta pribadi pemegang saham, begitupula kreditor lain, kecuali yang bersangkutan menyertakan jaminan pribadi atau kecurangan atau pelanggaran hukum dalam kontrak perjanjian pinjaman uang. Kewajiban (tanggung jawab) pemegang saham hanya terbatas atas investasi mereka pada peseroan. Inilah yang menjadi perbedaan yang paling dasar antara Perseroan Terbatas dengan Firma dan Perseorangan. Dalam kaitannya dengan kebangkrutan atau likuidasi, kerugian pemegang saham sebatas kerugian investasi mereka pada perusahaan.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Tinjaun Yuridis Perubahan Bentuk Hukum PT. Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) Dari PMA Menjadi BUMN

Tinjaun Yuridis Perubahan Bentuk Hukum PT. Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) Dari PMA Menjadi BUMN

Secara umum, aspek hukum dari kerja sama usaha dalam rangka kegiatan penanaman modal asing di Indonesia berkaitan dengan keabsahan perjanjian kerja sama tersebut. Dasar pokok pengaturan kerjasama patungan antar modal asing dengan modal nasional adalah hukum kontrak/perjanjian kontrak yang diatur dalam rangka kerjasama patungan denga modal asing yang menyangkut transaksi ekonomi yang diatur menurut prinsip dan norma-norma dalam Hukum Dagang dan Hukum Perdata. Hal ini disebabkan bahwa bentuk kerja sama usaha tersebut dalam lapangan hukum perdata termasuk dalam bagian hukum perikatan, sehingga keabsahannya harus di uji berdasarkan Pasal 1320 KUHPerdata, disamping beberapa ketentuan perundang-undangan khusus lain yang mengaturnya. Untuk menilai keabsahan perjanjian kerja sama yang dapat dilakukan dalam rangka menjalankan kegiatan penanaman modal asing di Indonesia, ketentuan pokoknya dapat dilihat dalam Buku III KUHPerdata tentang perikatan.
Baca lebih lanjut

52 Baca lebih lajut

PENGARUH KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA DAN BIAYA MODAL EKUITAS

PENGARUH KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA DAN BIAYA MODAL EKUITAS

Tingkat imbal hasil saham yang dipersyaratkan ( required rate of return ) adalah tingkat pengembalian yang diinginkan oleh investor untuk mau menanamkan uangnya di perusahaan atau dikenal dengan biaya modal ekuitas (Utami, 2005). Perusahaan sebagai institusi yang menarik dana dari investor harus memberikan rate of return yang menarik. Hal ini agar perusahaan dapat memperoleh dana yang diperlukan. Biaya modal merupakan tingkat pengembalian yang dipersyaratkan investor ketika mereka menginvestasikan uang dalam perusahaan (Lambert et al, 2007). Perusahaan yang berada dalam kondisi keuangan baik kemungkinan besar dapat memberikan return kepada investor. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh kualitas audit terhadap manajemen laba dan biaya modal ekuitas .
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

buku prospektus final lowress c2358 2742 149

buku prospektus final lowress c2358 2742 149

Sebagai contoh, kebijakan mengenai pengurangan subsidi bahan bakar, peningkatan biaya registrasi kendaraan baru, serta pajak pemilikan kendaraan dapat menyebabkan penurunan volume penjualan kendaraan bermotor. Pengurangan subsidi bahan bakar dapat mengakibatkan pelanggan yang sensitif terhadap biaya beralih ke transportasi alternatif seperti motor atau transportasi publik. Dengan berkurangnya penjualan kendaraan bermotor, permintaan suku cadang, dan frekuensi perbaikan kendaraan yang disediakan oleh grup otomotif Perseroan juga akan berkurang. Selain itu, Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) di Jawa Tengah merupakan yang tertinggi yaitu 12,5% atau 2,5% lebih tinggi dibandingkan provinsi lain di pulau Jawa namun untuk wilayah DI Yogyakarta sebesar 10%. Oleh karena itu, tidak sedikit konsumen yang membeli kendaraan di luar Jawa Tengah untuk kemudian dibawa dan digunakan di Jawa Tengah sehingga dapat mengurangi pendapatan grup otomotif Perseroan.
Baca lebih lanjut

526 Baca lebih lajut

BAB 15 EKUITAS PEMEGANG SAHAM: MODAL KONTRIBUSI

BAB 15 EKUITAS PEMEGANG SAHAM: MODAL KONTRIBUSI

Saham-saham Treasury ditempatkan dan dibeli kembali oleh perusahaan penerbit tetapi tidak pensiun. 6. Nilai nominal adalah sewenang-wenang, tetap per saham jumlah yang ditetapkan untuk saham oleh para pendiri badan hukum. Hal ini diakui sebagai jumlah yang harus dibayar untuk setiap saham jika saham yang harus dibayar penuh pada saat diterbitkan. Jika tidak dilunasi, pemegang saham memiliki kewajiban kontinjensi bagi hasil diskon.

5 Baca lebih lajut

TA   Liabilitas dan Ekuitas dwi

TA Liabilitas dan Ekuitas dwi

IAS 32/AASB 132 selanjutnya menyatakan bahwa preferensi saham yang menyediakan penebusan wajib oleh isu-isu dengan jumlah tetap atau telah ditentukan pada tetap atau telah ditentukan Tanggal Masa Depan, misalnya, kewajiban keuangan. Preferensi saham, utang konversi dan catatan modal abadi adalah contoh dari efek yang namanya mungkin tidak secara akurat menggambarkan karakteristik dominan efek.

10 Baca lebih lajut

Analisis Kinerja Keuangan Pada PT. PP London Sumatra Indonesia Tbk Periode 2005-2009

Analisis Kinerja Keuangan Pada PT. PP London Sumatra Indonesia Tbk Periode 2005-2009

Pentingnya laba bersih, ekuitas dan total aset dalam menentukan nilai ROA, ROE, EPS, EVA dan MVA membuat pos-pos yang membentuk laba bersih, ekuitas dan total aset tersebut diperhatikan agar nilai yang dihasilkan semakin tinggi. Untuk meningkatkan nilai ROA, ROE, EPS, serta EVA maka perlu meningkatkan laba bersih. Laba dapat ditingkatkan dengan meningkatkan pendapatan operasional yaitu melalui peningkatan penjualan komuditas, terutama komuditas kelapa sawit karena komuditas ini berkontribusi sebesar 70% atau lebih dari total penjualan serta memiliki kapasitas produksi yang besar yaitu sebesar 80 %. Penjualan dapat ditingkatkan dengan memperbanyak jumlah komuditas serta menambah lahan perkebunan dan diperlukan pula strategi pemasaran yang baik, sehingga diharapkan penjualan dapat meningkat secara signifikan. Selain itu perusahaan juga perlu mengoptimalkan jumlah aktiva yang dimiliki, sehingga dapat meningkatkan jumlah laba bersih yang diperoleh. Salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan mengoptimalkan kapasitas produksi dari segi penggunaan teknologi ataupun penggunaan lahan.
Baca lebih lanjut

121 Baca lebih lajut

Manajemen Keuangan 2 (Brigham Houston) | Kuliah Di Awang-Awang

Manajemen Keuangan 2 (Brigham Houston) | Kuliah Di Awang-Awang

STRUKTUR MODAL • Struktur modal yang optimal suatu perusahaan adalah kombinasi dari utang dan ekuitas yang memaksimumkan harga saham perusahaan • Pada saat tertentu, manajemen peru[r]

160 Baca lebih lajut

Index of /ProdukHukum/Sekneg PP No 25 th 2003

Index of /ProdukHukum/Sekneg PP No 25 th 2003

Penyertaan modal Negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 adalah sebesar Rp3.461.513.413.173,16 (tiga triliun empat ratus enam puluh satu miliar lima ratus tiga belas juta empat ratus tiga belas ribu seratus tujuh puluh tiga rupiah enam belas sen), yang merupakan kekayaan Negara yang telah tertanam dan dipergunakan seluruhnya oleh :

9 Baca lebih lajut

J.D.I.H. - Dewan Perwakilan Rakyat

J.D.I.H. - Dewan Perwakilan Rakyat

Dalam hal badan yang takluk kepada peraturan pajak ini ingin menyatakan nilai yang dinaikkan (yang disebut nilai perusahaan) dalam pembukuan perusahaannya dan berhubung dengan itu ingin memulai dengan suatu herkapitalisasi yang menyebabkan lebih besarnya jumlah modal yang tertanam, maka Pemerintah menganggap pantas untuk tidak memungut bea meterai atas bagian dari penambahan modal itu yang sesuai dengan saldo dari perbedaan nilai yang timbul dari Keputusan Penyesuaian.

7 Baca lebih lajut

LapKeuAuditResume 2010

LapKeuAuditResume 2010

1. Informasi keuangan di atas untuk tahun yang berakhir pada tanggal-tanggal 31 Desember 2010 dan 2009 diambil dari laporan keuangan konsolidasi yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik Purwantono, Suherman & Surja yang telah memberikan pendapat wajar tanpa pengecualian dalam laporannya tertanggal 18 Maret 2011 dengan paragraf penjelasan mengenai penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 50 (Revisi 2006), “Instrumen Keuangan: Penyajian dan Pengungkapan”, dan PSAK No. 55 (Revisi 2006), “Instrumen Keuangan: Pengakuan dan Pengukuran” mulai tanggal 1 Januari 2010 secara prospektif.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

Peran dan Tanggung Jawab Lembaga Penjamin Simpanan dalam Penanganan dan Penyelamatan Bank Gagal Berdampak Sistemik

Peran dan Tanggung Jawab Lembaga Penjamin Simpanan dalam Penanganan dan Penyelamatan Bank Gagal Berdampak Sistemik

melakukan penawaran atas saham Bank Mutiara. Namun demikian, pada masa penawaran tersebut harga penawaran yang diajukan oleh para investor tidak memenuhi tingkat pengembalian optimal. Sesuai dengan ketentuan mengenai batas waktu pelaksanaan penjualan saham sebagaimana terdapat di dalam Pasal 42 ayat (5) UU LPS maka proses penjualan selanjutnya dilaksanakan oleh LPS tanpa memperhatikan tingkat pengembalian optimal. Dengan demikian, hasil yang diperoleh dari penjualan saham Bank Mutiara menjadi lebih kecil apabila dibandingkan dengan biaya penyelamatan yang telah dikeluarkan oleh LPS. Secara hukum, hal ini tidak menjadi persoalan sepanjang seluruh proses dan tahapan
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

Pengantar Akuntansi | Dwi Martani

Pengantar Akuntansi | Dwi Martani

Perusahaan: Organisasi, Transaksi Modal Saham, dan Deviden Kesimpulan Korporasi adalah salah satu bentuk entitas bisnis yang modalnya terdiri dari saham Ekuitas Pemegang saham menunj[r]

30 Baca lebih lajut

Aktivitas Bisnis dalam Laporan Keuangan (1)

Aktivitas Bisnis dalam Laporan Keuangan (1)

perusahaan. Dari sudut pandang pemilik atau pemegang saham, ekuitas mencerminkan klaim mereka atas aktiva perusahaan. Sebuah cara yang sedikit berbeda untuk mendeskripsikan persamaan akuntansi dalam kaitannya dengan sumber dan penggunaan dana. Sisi kanan merupakan sumber dana (baik dari kreditor atau pemegang saham, maupun dihasilkan dari dalam perusahaan) dan sisi kiri merupakan penggunaan dana.

7 Baca lebih lajut

bentuk organisasi dalam bisni (1)

bentuk organisasi dalam bisni (1)

Di dalam PT ini saham-sahamnya hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu tidak setiap orang dapat ikut serta dalam modalnya. Seringkali pemegang saham berasal dari famili/keluarga sendiri dan surat sahamnya ditulis atas nama. Tujuan dari hal itu ialah agar harta benda yang digunakan untuk usaha lebih terpelihara dan terjamin keamanannya.

21 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...