Top PDF MAKALAH - Dampak Sampah Terhadap Pemanasan Global

MAKALAH - Dampak Sampah Terhadap Pemanasan Global

MAKALAH - Dampak Sampah Terhadap Pemanasan Global

Perubahan-perubahan yang terjadi ini menghasilkan dampak, baik positif maupun negatif. Salah satu dampak revolusi industri yang telah terjadi dan masih terus berlanjut pada masa sekarang dalam kehidupan dan peradaban manusia adalah dampaknya bagi lingkungan yang ada di sekitar manusia itu sendiri. Ekspansi usaha yang dilakukan oleh para pelaku industri seperti pembangunan  pabrik-pabrik dan pembuatan produksi dengan kapasitas besar dengan mengesampingkan perhatian terhadap dampaknya bagi lingkungan secara  perlahan namun pasti telah mengakibatkan kelalaian yang pada akhirnya akan merugikan lingkungan tempat tinggal manusia serta manusia dan kehidupannya yaitu penanganan sampah yang dihasilkan dari kegiatan industri tersebut.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

MAKALAH PEMANASAN GLOBAL FISIKA FIX

MAKALAH PEMANASAN GLOBAL FISIKA FIX

Makalah ini dibuat bukan semata-mata untuk memenuhi nilai tugas pelajaran Fisika semata, kami membuatnya juga dilandasi rasa ingin tahu kami terhadap hubungan pemanasan global dengan termodinamika. Seperti yang kita ketahui bumi yang kita tempati ini kian hari kian mengenaskan, banyak bencana alam yang terjadi di sekitar kita, suhu sekitar yang kian hari kian meningkat, dan musim yang tidak lagi bisa diprediksikan kiranya sudah cukup membuat kita bertanya apakah yang terjadi dengan bumi kita? Rasa ingin tahu inilah yang mendorong kami sampai pada pengerjaan makalah ini. Yang berbasis general dan sangat umum. Namun sekali lagi, semoga makalah ini bisa menjembatani rasa saling ingin melindungi bumi sebagai manusia yang sama-sama tinggal di Bumi.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

Contoh Makalah Global Warming (Pemanasan Global)

Contoh Makalah Global Warming (Pemanasan Global)

Makalah ini dibuat untuk menambah pengetahuan tentang pemanasan global atau global warming yang sedang terjadi saat ini. Banyak faktor atau penyebab yang membuat pemanasan global itu sendiri terjadi. Masalah dunia ini belum bisa teratasi, belum ada solusi yang efektif untuk menyelesaikannya. Mungkin sudah banyak penanggulangan yang sudah dilakukan , akan tetapi belum terlalu terlihat hasilnya yang dapat kita rasakan.

8 Baca lebih lajut

Makalah pemanasan global telaah histo  (6)

Makalah pemanasan global telaah histo (6)

6. Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Mengurangi Pemanasan Global Di Muka Bumi Perubahan iklim akibat pemanasan global (global warming), pemicu utamanya adalah meningkanya emisi karbon akibat penggunaan energi fosil (bahan baker minyak, batu bara, dan sejenisnya yang tidak dapat diperbaharui). Penghasil terbesarnya adalah negara-negara industri seperti Amerika Serikat, Inggris, Rusia, Kanada, Jepang, China, dll. Ini diakibatkan oleh pola konsumsi dan gaya hidup masyarakat negara-negara utara yang 10 kali lipat lebih tinggi dari penduduk negara selatan. Sedangkan untuk negara berkembang meski tidak besar, juga ikut berkontribusi dalam menyumbangkan emisi gas tersebut. Industri pengasil karbon terbesar seperti Indonesia adalah perusahaan tambang, sehingga Indonesia tercatat dalam “Guinnes Book of Record” sebagai negara tercepat dalam kerusakan hutannya. Makalah Pemanasan Global
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

MAKALAH PEMANASAN GLOBAL dan perubahan (4)

MAKALAH PEMANASAN GLOBAL dan perubahan (4)

Latar belakang disusunnya makalah ini adalah untuk memenuhi tugas yang telah diberikan oleh dosen pengajar. Makalah ini membahas tentang Pemanasan global atau global warming.Makalah ini disusun berdasarkan tentang perbincangan yang sedang hangat dibicarakan oleh dunia. Pemanasan global belum menemukan titik terang dalam penanggulangannya. Disini penulis berusaha menerangkan materi yang dibutuhkan sebagai referensi agar dapat menyempurnakan topik yang akan diperbincangkan.

9 Baca lebih lajut

Makalah Pemanasan Global

Makalah Pemanasan Global

Pemanasan global mengakibatkan dampak yang luas dan serius bagi lingkungan bio-geofisik (seperti pelelehan es di kutub, kenaikan muka air laut, perluasan gurun pasir, peningkatan hujan dan banjir, perubahan iklim, punahnya flora dan fauna tertentu, migrasi fauna dan hama penyakit, dsb). Sedangkan dampak bagi aktivitas sosial-ekonomi masyarakat meliputi : (a) gangguan terhadap fungsi kawasan pesisir dan kota pantai, (b) gangguan terhadap fungsi prasarana dan sarana seperti jaringan jalan, pelabuhan dan bandara (c) gangguan terhadap permukiman penduduk, (d) pengurangan produktivitas lahan pertanian, (e) peningkatan resiko kanker dan wabah penyakit, dsb). Dalam makalah ini, fokus diberikan pada antisipasi terhadap dua dampak pemanasan global, yakni : kenaikan muka air laut (sea level rise ) dan banjir.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

MAKALAH PEMANASAN GLOBAL  dan perubahan (1)

MAKALAH PEMANASAN GLOBAL dan perubahan (1)

Pemanasan global mengakibatkan dampak yang luas dan serius bagi lingkungan bio-geofisik (seperti pelelehan es di kutub, kenaikan muka air laut, perluasan gurun pasir, peningkatan hujan dan banjir, perubahan iklim, punahnya flora dan fauna tertentu, migrasi fauna dan hama penyakit, dsb). Sedangkan dampak bagi aktivitas sosial-ekonomi masyarakat meliputi : (a) gangguan terhadap fungsi kawasan pesisir dan kota pantai, (b) gangguan terhadap fungsi prasarana dan sarana seperti jaringan jalan, pelabuhan dan bandara (c) gangguan terhadap permukiman penduduk, (d) pengurangan produktivitas lahan pertanian, (e) peningkatan resiko kanker dan wabah penyakit, dsb). Dalam makalah ini, fokus diberikan pada antisipasi terhadap dua dampak pemanasan global, yakni : kenaikan muka air laut (sea level rise) dan banjir.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

MAKALAH FISIKA PEMANASAN GLOBAL warming

MAKALAH FISIKA PEMANASAN GLOBAL warming

Sadar atau tidak, kini kita telah mengalami dampak yang terjadi dari pemanasan global, misalnya tenggelamnya pulau – pulau kecil maupun iklim yang tidak menentu. Fenomena ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Oleh karena itu penulis memilih pemanasan global sebagai topik dalam makalah ini selain berdasarkan tugas yang diberikan, juga ingin mendalami tentang makna, penyebab, dampak, dan solusi dari pemanasan global yang terjadi di bumi kita ini.

13 Baca lebih lajut

Makalah Pemanasan Global

Makalah Pemanasan Global

Pemanasan global merupakan proses pemanasan pada bagian atmosfer  Pemanasan global merupakan proses pemanasan pada bagian atmosfer  karena untuk menghangatkan tumbuhan dari suhu yang dingin, sehingga karena untuk menghangatkan tumbuhan dari suhu yang dingin, sehingga tumbuhan dapat bertahan pada musim dingin. Cahaya matahari yang masuk ke tumbuhan dapat bertahan pada musim dingin. Cahaya matahari yang masuk ke   bumi akan ditahan oleh lapisan ozon agar sinar yang masuk ke dalam bumi   bumi akan ditahan oleh lapisan ozon agar sinar yang masuk ke dalam bumi adalah sinar yang tidak membahayakan bagi makhluk hidup dan lapisan ozon adalah sinar yang tidak membahayakan bagi makhluk hidup dan lapisan ozon akan mempertahankan suhu bumi agar tetap stabil. Radiasi matahari yang masuk  akan mempertahankan suhu bumi agar tetap stabil. Radiasi matahari yang masuk  ke bumi dalam bentuk gelombang pendek yang menembus atmosfer bumi ke bumi dalam bentuk gelombang pendek yang menembus atmosfer bumi kemudian berubah menjadi gelombang panjang ketika mencapai permukaan kemudian berubah menjadi gelombang panjang ketika mencapai permukaan   bumi. setelah mencapai permukaan bumi, sebagian gelombang dipantulkan   bumi. setelah mencapai permukaan bumi, sebagian gelombang dipantulkan kembali ke atmosfer. Akan tetapi tidak semua gelombang panjang yang kembali ke atmosfer. Akan tetapi tidak semua gelombang panjang yang dipantulkan kembali oleh bumi dapat menembus atmosfer menuju angkasa luar  dipantulkan kembali oleh bumi dapat menembus atmosfer menuju angkasa luar  karena dihadang dan diserap oleh gas-gas yang berada di atmosfer yang disebut karena dihadang dan diserap oleh gas-gas yang berada di atmosfer yang disebut gas rumah kaca. Peristiwa alam ini dikena
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Makalah Pemanasan Global Akibat Transportasi

Makalah Pemanasan Global Akibat Transportasi

Secara umum pemanasan global didefinisikan dengan meningkatkan suhu permukaan bumi oleh gas rumah kaca akibat aktivitas manusia. Meski suhu lokal berubah-ubah secara alami, dalam kurun waktu 50 tahun terakhir suhu global cenderung meningkat lebih cepat dibandingkan data yang terrekam sebelumnya. Dan sepuluh tahun terpanas terjadi setelah tahun 1990. Isu pemanasan global begitu berkembang akhir-akhir ini. Pemeran utamanya tentu saja manusia dengan berbagai aktifitasnya.

25 Baca lebih lajut

MAKALAH FISIKA pemanasan global (1)

MAKALAH FISIKA pemanasan global (1)

kandungan air di udara namunkelembaban relatif di udara hampir konstan atau agak menurun, karena udara menjadi menghangat. Umpan bhalik hanya berdampak secara perlahan dari bawah, awan akan memantulkan kembali radiasi infra merah ke permukaan, sehingga akan meningkatkan efek pemanasan. Sebaliknya jika dilihat dari atas awan tersebut akan

14 Baca lebih lajut

MAKALAH FISIKA PEMANASAN GLOBAL WARMING

MAKALAH FISIKA PEMANASAN GLOBAL WARMING

(hurricane) yang memperolehkekuatannya dari penguapan air, akan menjadi lebih besar. Berlawanan denganpemanasan yang terjadi, beberapa periode yang sangat dingin mungkin akan terjadi.Pola cuaca menjadi tidak terprediksi dan lebih ekstrim. Tinggi Permukaan LautPerubahan tinggi rata-rata muka laut diukur dari daerah dengan lingkungan yang stabilsecara geologi. Ketika atmosfer menghangat, lapisan permukaan lautan juga akanmenghangat, sehingga volumenya akan membesar dan menaikkan tinggi permukaanlaut. Pemanasan juga akan mencairkan banyak es di kutub, terutama sekitar Greenland,yang lebih memperbanyak volume air di laut. Tinggi muka laut di seluruh dunia telahmeningkat 10-25 cm (4 – 10 inchi) selama abad ke-20, dan para ilmuan IPCCmemprediksi peningkatan lebih lanjut 9 – 88 cm (4 – 35 inchi) pada abad ke-21.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

Makalah Pemanasan Global Dan Perubahan Iklim.docx

Makalah Pemanasan Global Dan Perubahan Iklim.docx

Telah diperkirakan oleh para ilmuwan, daerah bagian utara dari belahan Bumi Utara akan memanas lebih dari daerah-daerah lainnya di Bumi. Hal ini berakibat akan mencairnya gunung- gunung es dan daratan akan mengecil. Akan lebih sedikit es yang terapung di perairan tersebut. Daerah-daerah yang sebelumnya mengalami salju ringan, mungkin tidak akan mengalaminya lagi. Pada pegunungan di daerah subtropis, bagian yang ditutupi salju akan semakin sedikit serta akan lebih cepat mencair. Musim tanam akan lebih panjang di beberapa area. Temperatur pada musim dingin dan malam hari akan cenderung untuk meningkat. Daerah hangat akan menjadi lebih lembab karena lebih banyak air yang menguap dari lautan. Kelembaban yang tinggi akan meningkatkan curah hujan, secara rata-rata, sekitar 1 persen untuk setiap derajat Fahrenheit pemanasan.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

MAKALAH PEMANASAN GLOBAL PENYEBAB DAMPAK

MAKALAH PEMANASAN GLOBAL PENYEBAB DAMPAK

Saya mengucapkan terimakasih kepada Ibu Dra Sumarwati, M. Pd. selaku Dosen Pembimbing mata kuliah Bahasa Indonesia yang telah memberikan tugas untuk membuat makalah dan membimbing saya dalam penyusunan makalah ini, sehingga saya dapat lebih mengetahui bagaimana menyusun makalah dengan baik dan benar. Tak lupa saya juga mengucapkan terimakasih kepada orangtua, dan teman- teman yang telah mendukung dan membantu saya dalam menyelesaikan makalah ini. Hanya ini yang dapat saya sampaikan, apabila ada kesalahan dalam penyusunan makalah ini saya mohon maaf. saya mengharapkan saran dan kritik mengenai makalah saya.
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

MAKALAH PEMANASAN GLOBAL dan perubahan  (5)

MAKALAH PEMANASAN GLOBAL dan perubahan (5)

Ribuan jumlah hektar tanah di iIndonesia sudah berapa kali berkurang akibat pembakaran hutan dan ilegal loging? Sumber mangatakan bahwa sekitar 50 % pemanasan global disebabkan oleh CO2, dimana emisi CO2 disebabkan oleh penggunaan bahan bakarfosil dan kerusakan/pembakaran hutan. Hutan banyak fungsi, di samping bisa mencegah terjadinya banjir, hutan juga bisa mereduksi suhu panas bumi yang cendrung meningkat. Dalam mencegah pembakaran hutan dan ilegal loging, peran pemerintah harus serius dalam menanganinya , karena sudah banyak terjadi dan terus terjadi beberapa bulan lalu di provinsi Riau.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

MAKALAH PEMANASAN GLOBAL  dan perubahan (3)

MAKALAH PEMANASAN GLOBAL dan perubahan (3)

Dengan dampak yang ditimbulkan karena perubahan iklim akibat pemanasan global, maka kita sebagai penduduk dunia harus segera bertindak untuk mengurangi pemanasan global seperti yang sedang terjadi pada saat ini, dan diprediksikan akan terus berlangsung. Hal yang dibutuhkan adalah dengan mengadakan REVOLUSI GAYA HIDUP, yakni dengan mengurangi penggunaan energi baik listri, bahan baker, air yang memang menjadi sumber utama makin berkurangnya sumber kehidupan.

12 Baca lebih lajut

MAKALAH FISIKA Pemanasan Global Devilien (1)

MAKALAH FISIKA Pemanasan Global Devilien (1)

Umpan balik penting lainnya adalah hilangnya kemampuan memantulkan cahaya (albedo) oleh es. Ketika temperatur global meningkat, es yang berada di dekat kutub mencair dengan kecepatan yang terus meningkat. Bersamaan dengan melelehnya es tersebut, daratan atau air di bawahnya akan terbuka. Baik daratan maupun air memiliki kemampuan memantulkan cahaya lebih sedikit bila dibandingkan dengan es, dan akibatnya akan menyerap lebih banyak radiasi Matahari. Hal ini akan menambah pemanasan dan menimbulkan lebih banyak lagi es yang mencair, menjadi suatu siklus yang berkelanjutan.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

makalah fisika pemanasan global dan efek rumah kaca

makalah fisika pemanasan global dan efek rumah kaca

makala alah h ini ini dal dalam am ben bentuk tuk mau maupun pun isi isinya nya yang yang san sangat gat sede sederhan rhana. a. Sem Semga ga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu a!uan, petunjuk maupun makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu a!uan, petunjuk maupun  pedman bagi pemba!a dalam administrasi pendidi

12 Baca lebih lajut

MAKALAH FISIKA PEMANASAN GLOBAL DAN EFEK RUMAH KACA

MAKALAH FISIKA PEMANASAN GLOBAL DAN EFEK RUMAH KACA

Pemanasan global yaitu meningkatnya temperatur rata-rata atmosfer, laut dan daratan Bumi yang disebabkan oleh aktifitas manusia terutama aktifitas pembakaran bahan bakar fosil (batu bara, minyak bumi, dan gas alam), yang melepas karbondioksida (CO2) dan gas-gas lainnya yang dikenal sebagai gas rumah kaca ke atmosfer. Atmosfer semakin penuh dengan gas-gas rumah kaca ini dan ia semakin menjadi insulator yang menahan lebih banyak pantulan panas Matahari dari Bumi. Dampak pemanasan gelobal akan mempengaruhi :

12 Baca lebih lajut

Contoh Makalah Dampak Pemanasan Global  Dan Abrasi Pantai Terhadap Budidaya Ikan Air Payau Dan Air Tawar

Contoh Makalah Dampak Pemanasan Global Dan Abrasi Pantai Terhadap Budidaya Ikan Air Payau Dan Air Tawar

Mitigasi dan adaptasi perubahan iklim menjadi suatu hal yang mutlak perlu kita lakukan untuk menghadapi perubahan iklim global. Mitigasi merupakan upaya yang dilakukan untuk mencegah, menahan, atau memperlambat gas-gas rumah kaca yang menjadi penyebab utama pemanasan global. Sementara itu, adaptasi adalah usaha-usaha yang dilakukan untuk menyesuaikan diri terhadap dampak perubahan iklim yang memang telah terjadi dan kita rasakan saat ini. Meskipun demikian, mitigasi saja tidaklah cukup tanpa adanya upaya adaptasi, karena dampak perubahan iklim tetap dan akan terus kita rasakan. Oleh karena itu, adaptasi menjadi hal yang terpenting dilakukan untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan iklim global. Dari sektor perikanan, kelautan, dan pesisir,
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...