Top PDF Makalah Hukum Pasar Modal Reksadana

Makalah Hukum Pasar Modal Reksadana

Makalah Hukum Pasar Modal Reksadana

Berdasar pasal 104 UU No.8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal disebutkan  bahwa setiap pihak yang melanggar ketentuan pasal 90, dimana dalam hal ini PT Synergy Asset Management telah melanggar pasal tersebut mengenai penipuan yang dilakukannya maka dapat diancam dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan denda paling banyak Rp.15.000.000.000, 00 (lima belas miliar rupiah). Pada kasus PT Synergy Asset Management, Bapepam LK hanya menjatuhkan hukuman dalam bentuk pencabutan izin usaha saja, menurut kami Bapepam LK masih bisa menjatuhkan hukuman denda dan kurungan sebagaimana tertera pada pasal 104 UUPM agar dapat menimbulkan efek jera yang lebih kuat  bagi pelaku dan menjadi contoh bagi pelaku usaha yang serupa agar tidak
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

MAKALAH SEJARAH PASAR MODAL docx

MAKALAH SEJARAH PASAR MODAL docx

Dalam era globalisasi, setiap negara harus tunduk pada peraturan ekonomi regional dan organisasi ekonomi dunia serta tidak bebas lagi atau terlarang menentukan aturan main yang bertentangan atau yang tidak sesuai dengan aturan internasioanl yang telah disepakati. Misalnya, dengan WTO, suatu negara terikat oleh hukum internasional dan tidak mungkin lagi membuat perundangan sendiri yang bertentangan dengan hukum internasional walaupun untuk tujuan yang baik, yaitu mengatur kepentingan negara sendiri oleh karena hal tersebut merupakan pelanggaran terhadap hukum internasional yang akan menghapai hukuman internasional yang serius. Alasan seperti inilah yang mendorong setiap negara akan berusaha melakukan efisiensi atau menghilangkan ekonomi biaya tinggi agar dapat bersaing ataupun melakukan merger, konsolidasi, akuisisi, aliansi, dan kerajsama bilateral antarperusahaan dalam bentuk apa pun agar dapat menang dalam persaingan. Salah satu cara untuk menekan biaya tinggi adalah menggiring perusahaan swasta masuk ke pasar modal agar struktur modal perusahaan menjadi lebih baik, lebih efisien, dan lebih terkendali oleh masyrakat, serta privatisasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menghapuskan beban berat yang ditanggung oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), karena kebanyakan BUMN menderita kerugian yang disebabkan oleh salah urus. Pada hakikatnya, yang dimaksud dengan struktur permodalan adalah pencerminan dari perimbangan antara hutang jangka panjang dan modal sendiri dari suatu perusahaan.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

INVESTASI DAN PASAR MODAL Makalah Teori (3)

INVESTASI DAN PASAR MODAL Makalah Teori (3)

Pasar modal adalah pertemuan antara pihak yang memiliki kelebihan dana dengan pihak yang membutuhkan dana dengan cara memperjualbelikan sekuritas. Pasar modal menjalankan fungsi ekonomi dan keuangan dalam perekonomian suatu negara. Instrumen pasar modal meliputi saham, obligasi, reksadana, dan instrumen derivatif (opsi dan futures). Manfaat yang diperoleh dengan adanya pasar modal yaitu sebagai fasilitas melakukan interaksi antara pembeli dengan penjual untuk menentukan harga saham atau surat berharga yang diperjual-belikan, memberi kesempatan kepada investor untuk memperoleh hasil (return) yang diharapkan, memberi kesempatan kepada investor untuk menjual kembali saham yang dimilikinya atau surat berharga lainnya, menciptakan kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam perkembangan suatu perekonomian, dan mengurangi biaya informasi dan transaksi surat berharga.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

Makalah Tentang Kejahatan Di Pasar Modal

Makalah Tentang Kejahatan Di Pasar Modal

Persoalan terjadinya kejahatan dan pelanggaran di pasar modal diasumsikan berdasarkan beberapa alasan, antara lain: kesalahan pelaku, kelemahan aparat yang mencakup integritas dan profesionalisme, serta kelemahan peraturan. Bapepam berkewajiban untuk selalu melakukan penelaahan hukum yang menyangkut perlindungan dan penegakan hukum yang semakin penting. Dikatakan penting karena, lembaga pasar modal merupakan lembaga kepercayaan, yaitu sebagai lembaga perantara (intermediary) yang menghubungkan kepentingan pemakai dana dan para pemilik dana. Dengan demikian perangkat perundang-undangan yang mengatur mengenai pasar modal diharapkan dapat memberi kontribusi positif bagi penegakan hukum di dalam memberi jaminan dan kepastian hukum kepada pelaku pasar modal.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

contoh makalah akuntansi pasar modal

contoh makalah akuntansi pasar modal

2. PERLINDUNGAN TERHADAP PEMEGANG SAHAM MINORITAS Perlindungan terhadap pemegang saham minoritas merupakan titik krusial dalam hubungannya dengan pasar modal. Dalam hal ini kepentingan mereka mendapat posisi yang lebih tinggi dengan menyamakannya dengan kepentingan publik. Karena menurut praktek dipasar modal sekarang, pemegang saham publik umumnya merupakan pemegang saham minoritas, sedangkan saham pendiri atau pemilik merupakan saham mayoritas. Disamping itu, pemegang saham minoritas mendapat pengukuhan yang lebih berkonotasi bisnis sebagai “ investor “, maka dikenal istilah “ investor publik “. Dalam konteks ini, merupakan kewajiban bagi para perumus hukum untuk mengejawantahkan kembali prinsip fellow entrepreneur antara pemegang saham mayoritas dengan invetor publik, sehingga investor publik akan akan diberlakukan sebagai sejawat dalam usaha oleh pemegang saham mayoritas, bukan semata- mata investor.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Makalah Sejarah Pasar Modal Di Dunia Dan

Makalah Sejarah Pasar Modal Di Dunia Dan

pengurangan pajak terkait dengan penerapan program kesejahteraan karyawan. ERISA-lah yang kemudian mendasari dikeluarkannya Internal Revenue Code (IRC) pada tahun 1978 yang merupakan prosedur standar sistem penetapan pajak oleh Internal Revenue Service (IRS). Pasal 401(k) adalah salah satu pasal dalam IRC yang terkenal, pasal tersebut mengatur tentang penyelenggaraan program pensiun yang layak bagi karyawan melalui sistem bagi hasil dan bonus saham. Dengan adanya insentif pajak tersebut, banyak perusahaan yang tertarik menerapkan program 401(k) dengan mengikutsertakan karyawannya dalam reksadana. Huges Air Craft Company adalah perusahaan pertama yang menerapkan program 401(k) pada tahun 1978, diikuti oleh Johnson & Johnson, FMC, PepsiCo, JC Penney, Honeywell, Savannah Foods & Industries, dan Coates, Herfurth, &
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

makalah mekanisme pasar modal 1.1 penger

makalah mekanisme pasar modal 1.1 penger

Dalam kegiatan berinvestasi saham, investor akan mempertimbangkan keputusan investasinya, mengambil atau tidak, membeli saham atau tidak, dengan menganalisis terlebih dahulu hal-hal sebagai faktor kondusif yang berdampak pada naik turunya harga saham atau efek lainnya. Apalagi jika di dalam Pasar Modal itu sendiri cenderung terjadi perdagangan orang dalam atau perbuatan melawan hukum lainnya seperti penipuan, manipulasi pasar yang melibatkan orang dalam, tentu hal ini akan menjadi pertimbangan efisiensi bagi investor.

12 Baca lebih lajut

MAKALAH PASAR MODAL DAN PASAR UANG SYRIA (3)

MAKALAH PASAR MODAL DAN PASAR UANG SYRIA (3)

Disamping investasi secara mandiri atau secara langsung, Investor juga dapat meminta pihak lain yang dipercaya dan dipandang lebih memiliki kemampuan untuk mengelola investasi. Sehingga timbul kebutuhan akan manager investasi yang memahami investasi secara syariah dan kebutuhan akan reksa dana syariah. Manager investasi, dengan akad wakalah, akan menjadi wakil dari investor untuk kepentingandan atas nama investor. Sedangkan reksadana syariah akan bertindak dalam akad Mudharabah sebagai mudharib yang mengelola dana/harta milik bersama dari para pemilik harta. Sebagai bukti penyertaan pemilik dana akan mendapat unit penyertaan dari reksa dana syariah. Tetapi reksa dana syariah sebenarnya tidak bertindak sebagai mudharib murni karena reksa dana syariah akan menempatkan kembali dana kedalam kegiatan emiten melalui efek syariah. Dalam hal ini, reksa dana syariah berperan sebagai mudharib dan emiten berperan sebagai mudharib, oleh karena itu, hubungan ini disebut sebagi ikatan Mudharabah bertingkat.
Baca lebih lanjut

28 Baca lebih lajut

Makalah Pasar Modal Syariah docx

Makalah Pasar Modal Syariah docx

Penerapan prinsip syariah di pasar modal tentunya bersumberkan pada Al Quran sebagai sumber hukum tertinggi dan Hadits Nabi Muhammad SAW. Selanjutnya, dari kedua sumber hukum tersebut para ulama melakukan penafsiran yang kemudian disebut ilmu fiqih. Salah satu pembahasan dalam ilmu fiqih adalah pembahasan tentang muamalah, yaitu hubungan diantara sesama manusia terkait perniagaan. Berdasarkan itulah kegiatan pasar modal syariah dikembangkan dengan basis fiqih muamalah.Terdapat kaidah fiqih muamalah yang menyatakan bahwa Pada dasarnya, semua bentuk muamalah boleh dilakukan kecuali ada dalil yang mengharamkannya. Konsep inilah yang menjadi prinsip pasar modal syariah di Indonesia. 2
Baca lebih lanjut

30 Baca lebih lajut

MAKALAH HUKUM PASAR MODAL KEJAHATAN PASA (1)

MAKALAH HUKUM PASAR MODAL KEJAHATAN PASA (1)

Adapun hal yang membuatnya menjadi tindak pidana pasar modal adalah apabila dalam melakukan pembelian dan penjualan saham, insiders itu mendasarkan perbuatannya kepada adanya informasi mengenai fakta materil perusahaan yang belum diinformasikan kepada publik, misalnya tentang rencana perusahaan untuk melakukanmerger, atau rencana akan mengakuisisi perusahaan lain yang akan membuat nilai perusahaan itu akan menajdi naik. Perbuatan yang demikian inilah yang dikategorikan sebagai insider trading. Secara teknis, bentuk-bentuk insider trading dibatasi dalam hal:
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

makalah hukum investasi dan pasar modal (2)

makalah hukum investasi dan pasar modal (2)

Seiring dengan perkembangan kapitalisme modern yang dirintis Adam Smith dunia terus mengalami scarcity terhadap supply barang untuk memenuhi demand pasar Secara garis besar hal ini dapat dilihat sebagai sebuah opportunity dan sekaligus ancaman munculnya potensi inflasi dalam sistem. Pada Negara-negara penganut ekonomi neo-classik keseimbangan ini tidaklah sepenuhnya dikontrol oleh regulasi dari otoritas terkait melalui sebuah kebijakan fiscal untuk itulah sistematika market bekerja berlandaskan pada logic of spontaneous order, untuk memenuhi demand dan menghindarkan dari terjadinya scarcity. Korporasi dituntut tidak hanya effisien dan inovatif, namun juga memiliki kemampuan mass production. Untuk meningkatkan kemampuan ini korporasi dituntut untuk menggenjot capital expenditure (capex). Namun yang menjadi kendala adalah keterbatasan kemampuan penyertaan modal tambahan dari para shareholder. Untuk itulah bahyak korporasi memilih untuk melakukan initial public offering (IPO) maupun penerbitan obligasi. Diantara kedua opsi diatas, opsi IPO tidak hanya menawarkan penyediaan likuiditas secara cepat, namun juga memungkinakan existing shareholder untuk memperoleh capital gain dari peningkatan harga saham. Fenomena inilah yang mendorong banyak perusahaan untuk melakukan IPO dan listing di laintai bursa.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

Hukum Pasar Modal di Indonesia.docx

Hukum Pasar Modal di Indonesia.docx

yang dilakukan perusahaan. Pengenaan sanksi yang termuat dalam UUPM serta penegakan hukum atas setiap pelanggaran terhadap ketentuan mengenai keterbukaan atau transparansi ini menjadikan pemegang saham atau investor terlindungi secara hukum dari praktik-praktik manipulasi dalam perusahaan publik. Karena apabila investor tidak merasa mendapatkan perlindungan hukum yang memadai, maka hampir dipastikan arus investasi melalui pasar modal akan kecil, kalau tidak mau dikatakan tidak ada. Perlindungan hukum tersebut sangat diperlukan untuk mencapai terbentuknya pasar modal yang fair, teratur, dan efisien. Bentuk perlindungan hukum tersebut antara lain dengan memberikan kepastian hukum melalui peraturan perundang-undangan dan penegakannya. Jaminan keterbukaan informasi akan memberikan pedoman bagi calon investor atau pemegang saham untuk mengambil keputusan. Kualitas informasi akan terjaga jika keterbukaan bisa dijamin.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

HUKUM PASAR MODAL . doc

HUKUM PASAR MODAL . doc

Perusahaan yang akan melakukan emisi (penawaran umum), harus terlebih dahulu menyampaikan pernyataan pendaftaran kepada Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM) untuk menjual atau menawarkan efek kepada masyarakat, dan setelah pernyataan pendaftaran efektif, emiten dapat melakukan penawaran umum.

27 Baca lebih lajut

Makalah shafa pasar modal doc

Makalah shafa pasar modal doc

Alasan kenapa pasar uang dibutuhkan dalam sistem perekonomian adalah banyaknya perusahaan serta individu yang mengalami arus kas yang tidak sesuai antara inflows dan outflows. Misalnya, perusahaan melakukan penagihan dari klien pada periode tertentu dan pada waktu yang lain ia harus mengeluarkan uang untuk menutupi biaya operasionalnya. Untuk mengatasi masalah tersebut (perusahaan pada saat kasnya mengalami defisit), maka perusahaan tersebut sementara dapat memasuki pasar uang sebagai peminjam dengan mencari lembaga keuangan atau pihak lain yang memiliki surplus (kelebihan) dana. Selanjutnya, pada saat perusahaan tersebut mengalami surplus dana, maka perusahaan tersebut menjadi kreditor dalam pasar uang untuk memperoleh pendapatan daripada membiarkan dananya tak terpakai atau idle.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

KAPER MAKALAH PASAR MODAL docx

KAPER MAKALAH PASAR MODAL docx

MAKALAH BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN NON BANK PASAR MODAL Diajukan untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya Dosen pengampu H.. Anis Fuad Salam, SE.[r]

1 Baca lebih lajut

MAKALAH EKONOMI PASAR MODAL (1)

MAKALAH EKONOMI PASAR MODAL (1)

Dalam Undang-Undang Pasar Modal No. 8 Tahun 1995, P asar modal dijelaskan dengan lebih spesifik sebagai kegiatan yang bersangkutan dengan Penawaran Umum dan Perdagangan Efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan Efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan Efek. Dan dalam Keputusan presiden No. 52 tahun 1976, tentang pasar modal pasar modal adalah Bursa Efek seperti yang dimaksud dalam Undang-Undang No. 15 tahun 1952. Menurut undang-undang tersebut, bursa adalah gedung atau ruangan yang ditetapkan sebagai kantor dan tempat kegiatan perdagangan efek, sedangkan surat berharga yang dikategorikan efek adalah saham, obligasi serta surat bukti lainnya yang lazim dikenal sebagai efek.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Makalah Efisiensi Pasar Modal (1)

Makalah Efisiensi Pasar Modal (1)

Menurut scott, 2000 : 99 jika terdapat informasi gratis dalam kondisi ideal, maka semua investor akan memanfaatkannya dan nilai pasar perusahaan menyesuaikan untuk mencerminkan ekspektasi aliran kas revisian. Dengan kata lain, semua informasi yang didapat tersebut benar benar terlihat pada keadaan di pasar perusahaan tersebut, dan semua investor akan mendapatkan informasi yang sama dan return yang normal. Sebagai misal, di dalam kondisi yang ideal, setiap investor akan berusaha untuk mengetahui bagaimana cara melakukan realisasi terhadap aliran kas dan dividen yang akan datang. Dalam asumsi tersebut, informasi adalah bersifat bebas dan dalam kondisi yang ideal, sehingga publik dapat dengan sungguh-sungguh melakukan kegiatan observasi. Dalam keadaan demikian, semua investor akan menggunakan informasi tersebut dan proses arbitrasi akan dapat memberikan jaminan bahwa nilai pasar perusahaan secara otomatis akan mengalami penyesuaian yang mencerminkan tentang harapan atau ekspektasi atas aliran kas yang telah direvisi.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Makalah efisiensi pasar modal docx

Makalah efisiensi pasar modal docx

Pasar modal di Indonesia diatur oleh suatu lembaga pemerintah disebut Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM) atas nama Departemen Keuangan. BAPEPAM adalah sebuah lembaga di bawah Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang bertugas membina, mengatur, dan mengawasi sehari-hari kegiatan pasar modal serta merumuskan dan melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang lembaga keuangan. Pasar modal yang ada di Indonesia dikelola oleh swasta, dan oleh pemerintah. Bursa Efek Jakarta yang beroperasi di Jakarta dikelola oleh BAPEPAM milik pemerintah, Bursa Efek Surabaya yang beroperasi di Surabaya dikelola oleh PT. Bursa Efek Surabaya milik swasta, dan Bursa Paralel dikelola oleh Persatuan Pedagang Uang dan Efek-efek (PPUE).
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Hukum Pasar Modal . doc

Hukum Pasar Modal . doc

Pihak konsultan hokum pasar modal diberi tugas melakukan, membuat dan bertanggung jawab terhadap dokumen legal audit dan legal opinion, Ikut mendampingi dan memberikan advise hukum pada kliennya, yang diduga melakukan pelanggaran hukum, dan yang mencerminkan segala sesuatu yang berkenaan dengan hukum dari suatu perusahaan terbuka.

9 Baca lebih lajut

Kontribusi Pasar Modal Syariah Terhadap Pembangunan Hukum Pasar Modal Nasional

Kontribusi Pasar Modal Syariah Terhadap Pembangunan Hukum Pasar Modal Nasional

sudah berjalan sejak pertengahan 1997 melalui instrumen pasar modal berbasis syariah yaitu reksa dana syariah dan obligasi syariah. Sedangkan implikasi pasar modal syari'ah dan kontribusinya dalam pembangunan hukum pasar modal nasional telah terjadi dalam keseharian pelaksanaan transaksi ekonomi antar pelaku usaha baik yang berposisi sebagai investor maupun pengembang usaha. Terlihat bahwa prinsip-prinsip pasar modal Syariah sudah meliputi semua prinsip dari pasar modal yang ideal. Namun ada beberapa hal yang menjadi penekanan pada kehalalan produk/jasa dari kegiatan usaha, kegiatan usaha yang spesifik dengan manfaat yang jelas, mekanisme bagi hasil yang adil baik dalam untung maupun rugi menurut penyertaan masing-masing pihak dan mekanisme pasar yang wajar dan prinsip kehati-hatian baik pada emiten maupun investor.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...