Top PDF PENGARUH STRUKTUR MODAL , PERTUMBUHAN LABA, UKURAN PERUSAHAAN, LIKUIDITAS DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) TERHADAP KUALITAS LABA

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) TERHADAP  PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) TERHADAP KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAF

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) TERHADAP PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) TERHADAP KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAF

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, struktur modal, likuiditas dan investment opportunity set (ios) secara simultan dan parsial terhadap kualitas laba. Populasi dalam penelitian adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2008-2012. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu pemilihan sampel dengan kriteria tertentu, sehingga di dapat sampel dalam penelitian ini sebanyak 360 perusahaan manufaktur (pertahun 72 perusahaan). Metode analisis yang digunakan adalah Regresi Liniar Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan pengujian secara simultan diperoleh hasil bahwa ukuran perusahaan, struktur modal, likuiditas dan investment opportunity set (ios) berpengaruh terhadap kualitas laba. Secara parsial, ukuran perusahaan dan likuiditas berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laba. Struktur modal dan investment opportunity set (ios) berpengaruh negatif signifikan terhadap kualitas laba.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Pengaruh likuiditas, investment opportunity set (ios), pertumbuhan laba, leverage dan ukuran perusahaan terhadap kualitas laba - Perbanas Institutional Repository

Pengaruh likuiditas, investment opportunity set (ios), pertumbuhan laba, leverage dan ukuran perusahaan terhadap kualitas laba - Perbanas Institutional Repository

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan segala rahmat serta hidayah-NYA, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “ Pengaruh Likuiditas, Investment Opportunity Set (IOS), Pertumbuhan Laba, Leverage, dan Ukuran Perusahaan (Size ) terhadap kualitas laba” dengan baik dan lancar.

18 Baca lebih lajut

PENGARUH STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS, INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS), PERTUMBUHAN LABA, PERSISTENSI LABA DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KUALITAS LABA (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

PENGARUH STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS, INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS), PERTUMBUHAN LABA, PERSISTENSI LABA DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KUALITAS LABA (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

Menyatakan bahwa skripsi ini dengan judul: “PENGARUH STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS, INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS), PERTUMBUHAN LABA, PERSISTENSI LABA DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KUALITAS LABA (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia) ” tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu Perguruan Tinggi, dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam Daftar Pustaka. Apabila ternyata dalam skripsi ini diketahui terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain maka saya bersedia karya tersebut dibatalkan.
Baca lebih lanjut

80 Baca lebih lajut

Pengaruh likuiditas, investment opportunity set (ios), pertumbuhan laba, leverage dan ukuran perusahaan terhadap kualitas laba - Perbanas Institutional Repository

Pengaruh likuiditas, investment opportunity set (ios), pertumbuhan laba, leverage dan ukuran perusahaan terhadap kualitas laba - Perbanas Institutional Repository

2.2.9 Pengaruh Invesment Opportunity Set (IOS) dengan Kualitas Laba Investment Opportunity Set (IOS) adalah pilihan kesempatan investasi masa depan yang dapat mempengaruhi pertumbuhan asset perusahaan atau proyek yang memiliki net present value positif. Menurut Kole (1991) dalam Rizky (2012), nilai IOS bergantung pada pengeluaran-pengeluaran yang ditetapkan manajemen di masa yang akan datang yang pada saat ini merupakan pilihan- pilihan investasi yang diharapkan akan menghasilkan return yang lebih besar dari biaya modal (cost of equity) dan dapat menghasilkan keuntungan. Tindakan manajer menjadi unobservable yang dapat menyebabkan prinsipal tidak dapat mengetahui apakah manajer telah melakukan tindakan yang sesuai dengan keinginan prinsipal atau tidak. Investment Opportunity Set (IOS) dari suatu perusahaan juga dapat mempengaruhi cara pandang manajer, pemilik, investor dan kreditor terhadap perusahaan. Perusahaan yang mempunyai kesempatan tumbuh yang tinggi dianggap dapat menghasilkan return yang tinggi pula.
Baca lebih lanjut

37 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) TERHADAP KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI.

PENDAHULUAN PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) TERHADAP KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI.

Investment Opportunity Set (IOS) merupakan kesempatan perusahaan untuk tumbuh. IOS dijadikan sebagai dasar untuk menentukan klasifikasi pertumbuhan perusahaan di masa depan. Kole (1991) dalam Solechan (2006), nilai IOS bergantung pada pengeluaran-pengeluaran yang ditetapkan manajemen di masa yang akan datang (future discretionary expenditure) karena pada saat ini merupakan pilihan-pilihan investasi dan diharapkan akan menghasilkan return lebih besar dari biaya ekuitas (cost of equity) dan dapat menghasilkan keuntungan. Tindakan manajer menjadi unobservable yang dapat menyebabkan prinsipal tidak dapat mengetahui apakah manajer telah melakukan tindakan yang sesuai dengan keinginan prinsipal atau tidak. IOS dari suatu perusahaan juga dapat mempengaruhi cara pandang manajer, pemilik, investor dan kreditor terhadap perusahaan. Perusahaan yang mempunyai kesempatan tumbuh yang tinggi dianggap dapat menghasilkan return yang tinggi pula. Hasil penelitian Wah (2002), IOS berhubungan dengan kualitas laba dan nilai perusahaan, perusahaan dengan Investment Opportunity yang tinggi lebih mungkin untuk mempunyai discretionary accrual (akrual kelolaan) yang tinggi.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

PENUTUP  PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) TERHADAP KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI.

PENUTUP PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) TERHADAP KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI.

Adriani, Irma. 2011. “ Pengaruh I nvestment Opportunity Set (IOS) dan Mekanisme Corporate Governance terhadap Kualitas Laba dan Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2005- 2009)”. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

5 Baca lebih lajut

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) TERHADAP KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI.

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) TERHADAP KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI.

Investment Opportunity Set (IOS) merupakan kesempatan perusahaan untuk tumbuh. IOS dijadikan sebagai dasar untuk menentukan klasifikasi pertumbuhan perusahaan di masa depan. Kole (1991) dalam Solechan (2006), nilai IOS bergantung pada pengeluaran-pengeluaran yang ditetapkan manajemen di masa yang akan datang ( future discretionary expenditure) karena pada saat ini merupakan pilihan-pilihan investasi dan diharapkan akan menghasilkan return lebih besar dari biaya ekuitas ( cost of equity) dan dapat menghasilkan keuntungan. Tindakan manajer menjadi unobservable yang dapat menyebabkan prinsipal tidak dapat mengetahui apakah manajer telah melakukan tindakan yang sesuai dengan keinginan prinsipal atau tidak. IOS dari suatu perusahaan juga dapat mempengaruhi cara pandang manajer, pemilik, investor dan kreditor terhadap perusahaan. Perusahaan yang mempunyai kesempatan tumbuh yang tinggi dianggap dapat menghasilkan return yang tinggi pula. Hasil penelitian Wah (2002), IOS berhubungan dengan kualitas laba dan nilai perusahaan, perusahaan dengan Investment Opportunity yang tinggi lebih mungkin untuk mempunyai discretionary accrual (akrual kelolaan) yang tinggi.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

KUALITAS INFORMASI AKUNTANSI, MANAJEMEN LABA DAN  PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) TERHADAP KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI.

KUALITAS INFORMASI AKUNTANSI, MANAJEMEN LABA DAN PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) TERHADAP KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI.

Myers (1977) untuk pertama kali mengenalkan kesempatan perusahaan untuk tumbuh sebagai set kesempatan investasi yaitu keputusan investasi dalam bentuk kombinasi aset yang dimiliki dan pilihan investasi di masa depan. Set kesempatan investasi merupakan nilai perusahaan yang besarnya tergantung pada pengeluaran yang ditetapkan oleh manajemen pada masa depan dan diharapkan dapat memperoleh return lebih besar. Set Kesempatan Investasi (IOS) merupakan karakteristik penting perusahaan dan sangat mempengaruhi cara pandang manajer, pemilik, investor dan kreditur terhadap perusahaan (Kallapur dan Trombley, 1999). Secara umum dapat dikatakan bahwa set kesempatan investasi menggambarkan tentang luasnya kesempatan atau peluang investasi bagi suatu perusahaan, namun sangat tergantung pada pilihan expenditure perusahaan untuk kepentingan di masa yang akan datang.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

PENGARUH STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS, INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS), PERTUMBUHAN LABA, PERSISTENSI LABA DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KUALITAS LABA (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

PENGARUH STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS, INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS), PERTUMBUHAN LABA, PERSISTENSI LABA DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KUALITAS LABA (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

Investment Opportunity Set (IOS) merupakan kesempatan perusahaan untuk tumbuh. IOS dijadikan sebagai dasar untuk menentukan klasifikasi pertumbuhan perusahaan di masa depan. Menurut Solechan (2006), nilai IOS bergantung pada pengeluaran-pengeluaran yang ditetapkan manajemen di masa yang akan datang (future discretionary expenditure) yang pada saat ini merupakan pilihan-pilihan investasi yang diharapkan akan menghasilkan return yang lebih besar dari biaya modal (cost of equity) dan dapat menghasilkan keuntungan.
Baca lebih lanjut

33 Baca lebih lajut

1 BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang - Pengaruh likuiditas, investment opportunity set (ios), pertumbuhan laba, leverage dan ukuran perusahaan terhadap kualitas laba - Perbanas Institutional Repository

1 BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang - Pengaruh likuiditas, investment opportunity set (ios), pertumbuhan laba, leverage dan ukuran perusahaan terhadap kualitas laba - Perbanas Institutional Repository

Investment Opportunity Set (IOS) merupakan nilai perusahaan yang besarnya tergantung pada pengeluaran-pengeluaran yang ditetapkan oleh manajemen di masa yang akan datang, yang pada saat ini merupakan pilihan- pilihan investasi yang diharapkan akan lebih besar Gaver dan Gaver (1993) dalam (Puteri, 2012). Perusahaan dengan nilai IOS yang tinggi akan mempunyai kesempatan atau peluang untuk berinvestasi yang tinggi pula, baik dalam bentuk aktiva di tempat (asset in place) atau suatu aktiva yang dapat diinvestasikan untuk jangka waktu yang lama dalam perusahaan. (Wah, 2012) menyatakan bahwa IOS berhubungan dengan kualitas laba dan nilai perusahaan, perusahaan yang mempunyai nilai Investment Opportunity Set yang tinggi, maka cenderung akan memiliki kualitas laba yang tinggi pula.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Landasan Teori - PENGARUH STRUKTUR MODAL, INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) DAN MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LABA (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2016) - rep

BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Landasan Teori - PENGARUH STRUKTUR MODAL, INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) DAN MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LABA (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2016) - rep

Kepemilikan manajerial merupakan presentase jumlah saham yang dimiliki oleh manajer manajemen perusahaan pada akhir periode untuk setiap periode pengamatan. Jika pertumbuhan meningkat akan memberikan peluang untuk manajer untuk dipromosikan. Ukuran perusahaan yang bertambah besar memberikan keamanan pekerjaan dan mendapat kompensasi yang semakin besar. Kepemilikan manajerial akan menyamakan antara kepentingan manajemen dan pemegang saham. Sehingga manajer akan memperoleh manfaat secara langsung dari keputusan yang telah diambil dan ikut menanggung kerugian sebagai konsekuensi dari pengambilan keputusan yang salah.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

Analisis Pengaruh Investment Opportunity Set, Kinerja Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Laba, dan Corporate Governance Terhadap Kualitas Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015) - Unik

Analisis Pengaruh Investment Opportunity Set, Kinerja Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Laba, dan Corporate Governance Terhadap Kualitas Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015) - Unik

Sholichah, Nur, 2015, “Pengaruh Ukura n Perusahaan, Investment Opportunity Set (IOS), dan Corporate Governance Terhadap Kualitas Laba Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamix Index (JII) Periode 2010- 2014”, Skripsi, Program Sarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

7 Baca lebih lajut

Pengaruh likuiditas, investment opportunity set (ios), pertumbuhan laba, leverage dan ukuran perusahaan terhadap kualitas laba - Perbanas Institutional Repository

Pengaruh likuiditas, investment opportunity set (ios), pertumbuhan laba, leverage dan ukuran perusahaan terhadap kualitas laba - Perbanas Institutional Repository

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas tidak berpengaruh terhadap kualitas laba. Hal ini terjadi karena perusahaan tidak mampu mengelola aset lancarnya semaksimal mungkin sehingga kinerja keuangan menjadi kurang baik. Selain itu adanya respon yang negatif dari investor atas informasi yang ada dalam laba salah satunya informasi terlalu besar hutang jangka pendek yang dimiliki perusahaan tersebut. Sehingga dari penjelasan ini disimpulkan bahwa dapat terlihat dari kriteria distribusi dari rata-rata likuiditas termasuk dalam kriteria kurang liquid. Karena rata-rata perusahaan manufaktur dalam penelitian ini kurang liquid, akan tetapi perusahaan mampu dalam mengelola aset lancarnya secara maksimal. Hal ini terbukti dari nilai minimal likuiditas perusahaan manufaktur dalam penelitian ini masih cukup baik yakni diatas 50%. Apanila tingkat likuiditas suatu perusahaan terlalu tinggi, artinya perusahaan tersebut tidak mampu untuk mengelola aset lancarnya semaksimal mungkin, sehingga kondisi kinerja perusahaan tidak baik. Kinerja keuangan perusahaan yang tidak baik akan mengakibatkan perusahaan tersebut memanipulasi labanya guna mempercantik informasi laba pada laporan keuangan perusahaan dengan tujuan untuk menarik perhatian investor agar menginvestasikan dananya pada perusahaan tersebut. Hal ini akan berdampak negatif bagi investor. Oleh karena itu investor memberikan
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, TINGKAT PERTUMBUHAN, UKURAN PERUSAHAAN DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, TINGKAT PERTUMBUHAN, UKURAN PERUSAHAAN DAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN STRUKTUR MODAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Analisis faktor adalah cara untuk mencari atau memperoleh informasi yang ada dalam variabel laten yang nantinya akan menjadi satu set dimensi baru atau variate (factor). Dalam penelitian ini analisis faktor yang dilakukan dengan menggunakan SPSS. 16 untuk membentuk proksi gabungan dari tiga proksi, yaitu: market to book value (MBVA), market to book value of equity (MBVE) dan property, plant and equipment to Firm Value (PPEMVA). Analisis faktor dalam penelitian ini dilakukan untuk menentukan variabel IOS, dimana variabel IOS dilihat dari nilai communalities dari setiap proksi dan jumlahkan semua nilai communalities untuk dijadikan sebagai penyebut, lalu dihitung masing-masing dari setiap proksi. Setelah itu menghitung setiap proksi dengan menggunakan nilai communalities dan jumlahkan semua proksi agar menghasilkan variabel IOS (Hutchinson dan Gul, 2004). Hasil nilai communalities disajikan pada tabel 4.12
Baca lebih lanjut

147 Baca lebih lajut

PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA.

PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA.

Pertumbuhan perusahaan merupakan suatu harapan yang diinginkan oleh pihak internal perusahaan yaitu manajemen maupun pihak eksternal perusahaan, seperti investor dan kreditur. Perusahan yang memiliki potensi tumbuh tinggi diidentifikasi sebagai perusahaan yang mengalami peningkatan pada aktiva rillnya dan peningkatan pada peluang investasi yang ada, begitu sebaliknya perusahaan yang memiliki potensi tumbuh rendah diidentifikasi sebagai perusahaan yang kurang mengalami peningkatan pada aktiva riilnya atau bahkan mengalami penurunan nilai karena perusahaan tersebut tidak mampu menangkap peluang investasi yang ada (Dadri, 2011). Oleh karena itu, pertumbuhan perusahaan diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi perusahaan seperti adanya suatu kesempatan berinvestasi di perusahaan tersebut. Ningrum (2011) menjelaskan bahwa prospek perusahaan bertumbuh bagi investor merupakan suatu proyek yang menguntungkan, karena investasi yang ditanamkan pada perusahaan tersebut diharapkan memberikan return yang tinggi atas investasi yang mereka tanamkan.
Baca lebih lanjut

31 Baca lebih lajut

Analisis Pengaruh Investment Opportunity Set, Kinerja Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Laba, dan Corporate Governance Terhadap Kualitas Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015) - Unik

Analisis Pengaruh Investment Opportunity Set, Kinerja Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Laba, dan Corporate Governance Terhadap Kualitas Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015) - Unik

Hasil Perhitungan IOS, Kinerja Perusahaan, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Laba 2011 Kode IOS Kinerja Perusahaan Ukuran P... Hasil Perhitungan IOS, Kinerja Perusahaan, Ukuran [r]

36 Baca lebih lajut

Pengaruh Investment Opportunity Set (IOS), Voluntary Disclosure, Leverage dan Likuiditas Terhadap Kualitas Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2010-2014)

Pengaruh Investment Opportunity Set (IOS), Voluntary Disclosure, Leverage dan Likuiditas Terhadap Kualitas Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2010-2014)

Menurut Puteri dan Rohman (2012) menyebutkan bahwa investment opportunity set dapat diukur melalui rasio nilai buku ekuitas (market to book value of equity). Maksud pemilihan proksi ini karena dapat mencerminkan besarnya return dari aktiva yang ada dan investasi yang diharapkan di masa yang akan datang akan melebihi return dari ekuitas yang diinginkan. Apabila suatu perusahaan dapat memanfaatkan modalnya dengan baik dalam menjalankan usaha, maka semakin besar kemungkinan perusahaan tersebut untuk bertumbuh, maka harga saham perusahaan tersebut diperkirakan akan meningkat, dan pada akhirnya semakin meningkat pula nilai suatu perusahaan. Secara matematis variabel investment opportunity set diformulasikan sebagai berikut:
Baca lebih lanjut

193 Baca lebih lajut

ANALISIS PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) DAN FIRM SIZE TERHADAP CORPORATE VALUE (StudiPada Perusahaan SektorIndustriBarangKonsumsiYang Terdaftar Di BEITahun 2011-2012)

ANALISIS PENGARUH INVESTMENT OPPORTUNITY SET (IOS) DAN FIRM SIZE TERHADAP CORPORATE VALUE (StudiPada Perusahaan SektorIndustriBarangKonsumsiYang Terdaftar Di BEITahun 2011-2012)

Ukuran perusahaan secara langsung akan mencerminkan tinggi rendahnya aktivitas operasi maupun investasi perusahaan. Investor biasanya lebih memiliki kepercayaan pada perusahaan besar, karena perusahaan besar dianggap mampu untuk meningkatkan kinerja perusahaannya dengan berupaya meningkatkan kualitas labanya dengan memiliki total aktiva yang besar sehingga dapat menarik investor untuk menanamkan modalnya pada perusahaan tersebut.

19 Baca lebih lajut

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus  Repositori Universitas Muria Kudus

Welcome to Repositori Universitas Muria Kudus Repositori Universitas Muria Kudus

Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq, serta hidayahNYA sehingga pada kesempatan ini peneliti dapat menyelesaikan skrisi ini yang berjudul “ Pengaruh Likuiditas, Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, Komisaris Independen, dan Pertumbuhan Laba Terhadap Kualitas Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016 )”. Penyusunan skripsi ini merupakan salah satu syarat guna melengkapi syarat ujian akhir dan sekaligus persyaratan untuk mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi (S1) pada Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...