Top PDF Peran Karang Taruna Dalam Pembangunan De

Peran Karang Taruna Dalam Pembangunan De

Peran Karang Taruna Dalam Pembangunan De

• Sebagai lembaga pemberdayaan masyarakat penyelenggara Kesejahteraan Sosial secara luas, Karang Taruna diposisikan sebagai kelompok masyarakat fungsional yang secara khusus membantu peme-rintah dalam program-program KS dgn karakter organisasi dan program kerja yang ber-visi pada pelayanan, kerelawanan, dan pembelajaran melalui pendekatan spirit kejuangan, kepeloporan, dan kesetia-kawanan sosial untuk membentuk jiwa yang ADHITYA KARYA MAHATVA YODHA (Pejuang yang Berpengetahuan, Berkepribadian, dan

5 Baca lebih lajut

Analisis Partisipasi Karang Taruna Citra Yodha Dalam Pembangunan Desa Mekar Sari Kecamatan Deli Tua

Analisis Partisipasi Karang Taruna Citra Yodha Dalam Pembangunan Desa Mekar Sari Kecamatan Deli Tua

Karang Taruna merupakan salah satu organisasi pemuda yang sudah dikenal luas oleh masyarakat karena merupakan wadah yang memiliki misi untuk membina generasi muda khususnya di pedesaan. Adapun visi Karang Taruna, yaitu sebagai wadah pembinaan dan pengembangan kreatifitas generasi muda yang berkelanjutan untuk menjalin persaudaraan dan rasa kebersamaan menjadi mitra organisasi lembaga, baik kepemudaan ataupun pemerintah dalam pengembangan kreatifitas. Kemampuan di bidang kesejahteraan sosial baik untuk masyarakat di lingkungan sekitar ataupun di wilayah lain. Dalam bidang kesejahteraan sosial, Karang Taruna sebagai organisasi sosial masyarakat di pedesaan akan ditingkatkan fungsi dan perannya agar dapat menghimpun, menggerakkan, dan menyalurkan peran serta generasi muda dalam pembangunan. Selain mewujudkan kesejahteraan sosial di desa atau kelurahan, Karang Taruna berfungsi mengembangkan potensi kreatifitas generasi muda agar secara terarah generasi muda di pedesaan membina dirinya sebagai pendukung pembangunan pedesaan.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Nurhadi Pendidikan Sosiologi Antropologi FKIP Universitas Sebelas Maret ABSTRAK - ANALISIS TEORI STRUKTURASI ANTHONY GIDDENS DALAM UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI PEMUDA DALAM PROGRAM KARANG TARUNA

Nurhadi Pendidikan Sosiologi Antropologi FKIP Universitas Sebelas Maret ABSTRAK - ANALISIS TEORI STRUKTURASI ANTHONY GIDDENS DALAM UPAYA PENINGKATAN PARTISIPASI PEMUDA DALAM PROGRAM KARANG TARUNA

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Dalam upaya peningkatan partisipasi pemuda dalam program-program Karang Taruna dibutuhkan peran aktor yang dapat melakukan upaya tersebut. Kepala Desa memiliki peran yang paling besar dalam berjalannya program-program dalam pembangunan Desa maka membentuk Karang Taruna Garuda yang dijadikan fasilitator antara masyarakat dengan pemerintahan, serta Karang Taruna Garuda selain membuat program- program unggulan untuk menarik minat partisipasi pemuda, Karang Taruna Garuda juga bertugas melakukan sosialisasi yang pengarahan tentang pentingnya peran pemuda dalam pembangunan desa, dan pentingnya partisipasi pemuda dalam mengikuti program-program Karang Taruna. Setelah diadakan program- program dan sosialisasi tersebut masih diadakan evaluasi dan perbaikan dari waktu ke waktu serta monitoring tentang keberlangsungan program dan kemajuan yang dirasakan. (2) Proses upaya peningkatan partisipasi pemuda dalam program Karang Taruna merupakan proses Strukturasi. Artinya terjadi proses produksi dan reproduksi antara upaya yang diterapkan oleh aktor dan pemuda yang menerapkan sehingga terbentuk sebuah struktur, kemudian penerapan tersebut terjadi secara terus menerus dan trus berproses dari waktu ke waktu.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

PERAN KARANG TARUNA SAGUH JAYA DALAM MEMBENTUK SIKAP KEPEMIMPINAN PEMUDA DI KAWASAN DESA WISATA BRONTOKUSUMAN KECAMATAN MERGANGSAN, KOTA YOGYAKARTA.

PERAN KARANG TARUNA SAGUH JAYA DALAM MEMBENTUK SIKAP KEPEMIMPINAN PEMUDA DI KAWASAN DESA WISATA BRONTOKUSUMAN KECAMATAN MERGANGSAN, KOTA YOGYAKARTA.

Pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan masyarakat, dimana pemuda merupakan generasi penerus peradaban suatu masyarakat. Pemuda juga diidentikan dengan Agent of Change yang dapat dimaknai sebagai agen perubahan. Karena yang menjadi titik tumpuan setiap perubahan dalam masyarakat. Pemuda juga merupakan pelopor dalam setiap perubahan, yang bekerja, dan semangatnya yang luar biasa membuat pemuda ikut menentukan masa depan suatu bangsa. Sejarah Indonesia telah mencatat kiprah-kiprah perjuangan para pemuda dalam mencapai kemerdekaan Indonesia, terbukti dengan peristiwa Rengasdengklok, Sumpah Pemuda, dan sebagainya. Namun seiring berjalan waktu dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat serta pengaruh budaya barat, saat ini peranan pemuda dalam menentukan nasib bangsa menurun drastis. Nilai-nilai sosial diabaikan, kepedulian terhadap lingkungan sekitar menurun, kepemimpinan pada pemuda mengikis dengan sendirinya.
Baca lebih lanjut

184 Baca lebih lajut

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI: Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta Desa Purwomartani Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman.

LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN LOKASI: Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta Desa Purwomartani Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman.

Salah satu wadah yang mempunyai komitmen terhadap pengembangan generasi muda dan diasumsikan telah dimiliki oleh setiap desa/kelurahan adalah organisasi Karang Taruna. Karangtaruna memiliki tugas pokok yaitu: bersama- sama dengan pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial terutama yang dihadapi generasi muda baik secara preventif, rehabilitatif, penanggulangan, dan pendampingan serta pengembangan potensi generasi muda dilingkungannya. Sebagai organisasi sosial generasi muda yang tumbuh atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial, maka peran dan kiprah nyata karangtaruna sangat dinantikan masyarakat. Dengan demikian, Karang Taruna merupakan salah satu atau pelaku kesejahteraan sosial yang diharapkan dapat melaksanakan fungsinya secara optimal dalam pembangunan di bidang Usaha Kesejahteraan Sosial (UKS) terutama meningkatkan perananya dalam penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).
Baca lebih lanjut

93 Baca lebih lajut

Peranan Tokoh Masyarakat dalam Membangun Partisipasi Kewargaan Pemuda Karang Taruna - Repository Universitas Ahmad Dahlan

Peranan Tokoh Masyarakat dalam Membangun Partisipasi Kewargaan Pemuda Karang Taruna - Repository Universitas Ahmad Dahlan

Salah satu aspek penting dalam keberhasilan membangun partisipasi kewargaan pemuda karang taruna di desa pamanukan ini adalah aspek keto- kohan. Selain peran kepala desa sebagai tokoh formal, di desa pamanukan juga terdapat beberapa tokoh informal yang ternyata memberikan pengaruh ter- hadap karang taruna di desa pamanukan. Mengacu dari hasil penelitian, permasalahan yang ingin dikaji dalam tulisan ini adalah bagaimana peran tokoh masyarakat dalam membangun partisipasi kewargaan pemuda karang taruna di Desa Pamanukan. Hal se- nada di ungkapkan oleh salah satu tokoh masyarakat di Desa Pamanukan, KH. Eep Nurudin (Wawancara tanggal 20 Agustus 2013) yang mengatakan “Salah satu usaha tentunya melalui beberapa kegiatan bim- bingan dan penyuluhan terhadap karang taruna itu sendiri serta memperbanyak kegiatan kegiatan yang sifatnya keagamaan sehingga membuat mereka tidak menyia-yiakan waktu dalam usia produktif mereka.” Selain pembinaan dan pengarahan generasi muda, salah satu program utama Kepala Desa Pamanukan adalah pemberdayaaan masyarakat. Karena generasi penerus adalah modal utama dalam pembangunan. Untuk mendapatkan generasi muda yang berkualitas maka perlu dipersiapkan sedini mungkin, sejak anak masih dalam kandungan.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

contoh penelitian psikologi kuantitatif dalam

contoh penelitian psikologi kuantitatif dalam

Poin lain yang juga sejalan dengan yang disampaikan oleh Ekosiswoyo dan Rachman (2000) adalah kesadaran untuk memberikan bantuan antara anggota karang taruna yang membutuhkan bantuan pada saat menjalankan sebuah program yang juga tinggi (70% dengan rincian 50% responden akan langsung membantu dan 20% melihat dulu bantuan yang dibutuhkan sebelum ikut membantu). Sedangkan 30% lainnya memilih untuk bergeming karena masing-masing sudah mempunyai tugas sendiri.

28 Baca lebih lajut

S PKN 1106080 Chapter5

S PKN 1106080 Chapter5

4. Upaya yang dilakukan karang taruna dalam menyikapi kendala yang ada yaitu untuk menyikapi faktor internal melalui dengan berbagai cara yang pertama melalui kunjungan kerja kekarang taruna unit yang dimaksudkan untuk memberi motivasi dan dorongan untuk menjaga eksistensi karang taruna dan menjaga semangat serta kekompakan dalam menjalankan kegaiatan maupun program kerja guna tercapainya cita-cita bersama yaitu dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan dapat bersaing diera globalisasi seperti saat ini. Selanjutnya dalam menyikapi faktor eksternal, upaya karang taruna memlului mengajak sedikit demi sedikit mereka yang belum tertarik terhadap program karang taruna dengan cara memberikan inforasi bahwa banyak manfaat yang bisa didapat dalam mengikuti program kerja karang taruna, dan memberikan gambaran yang nyaman dalam berorgaisasi di karang taruna.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

Apa Itu Karang Taruna (1)

Apa Itu Karang Taruna (1)

Pengurus Karang Taruna tingkat Desa/Kelurahan dipilih dan disahkan dalam Temu Karya Desa/Kelurahan. Pengurus Karang Taruna tingkat Desa/Kelurahan dikukuhkan dengan Surat Keputusan Kepala Desa/Lurah dan dilantik oleh Kepala Desa/Lurah setempat. Pengurus Karang Taruna tingkat Desa/Kelurahan selanjutnya berfungsi sebagai Pelaksana Organisasi dalam diwilayahnya. Karang Taruna tingkat Desa/Kelurahan atau komunitas sosial yang sederajat memiliki Pengurus minimal 35 Orang, masa bhakti 3 (Tiga) Tahun dengan struktur sekurang-kurangnya terdiri dari:
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Sikap Terhadap Perilaku Seksual Pada Remaja Karang Taruna.

PENDAHULUAN Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Sikap Terhadap Perilaku Seksual Pada Remaja Karang Taruna.

Dari 62 jumlah anggota karang taruna yang aktif, lebih dari 25% diantaranya ada kecenderungan melakukan perilaku seksual. Beberapa pasangan (kekasih) sama-sama anggota karang taruna, namun ada juga beberapa anggota karang taruna yang memiliki pacar atau pasangan bukan anggota karang taruna. Beberapa contoh perilaku seksual yang terjadi pada beberapa anggota karang taruna “Sedyo Utomo” yang dapat diamati ketika melakukan aktivitas bersama- sama anggota karang taruna seperti pada tabel I.1:
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

HUBUNGAN ANTARA EMPATI DENGAN PERILAKU ALTRUISME PADA KARANG TARUNA DESA PAKANG  Hubungan Antara Empati Dengan Perilaku Altruisme Pada Karang Taruna Desa Pakang.

HUBUNGAN ANTARA EMPATI DENGAN PERILAKU ALTRUISME PADA KARANG TARUNA DESA PAKANG Hubungan Antara Empati Dengan Perilaku Altruisme Pada Karang Taruna Desa Pakang.

mempertahankan kondisi anggota karang taruna yang memiliki empati yang tinggi serta perilaku altruisme yang tinggi, dapat dilakukan dengan cara mengadakan kegiatan positif kepada anggota karang taruna agar memberikan contoh tentang kepedulian dan perhatian individu terhadap teman atau orang lain, misalnya: kegiatan kerja bakti, Palang Merah Remaja, Pecinta Alam, Bhakti Sosial, mengunjungi panti asuhan, dan kegiatan lainnya.

15 Baca lebih lajut

KONTRIBUSI KEGIATAN KARANG TARUNA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA REMAJA DI DESA ALURGADUNG KECAMATAN SAWIT SEBERANG KABUPATEN LANGKAT.

KONTRIBUSI KEGIATAN KARANG TARUNA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA REMAJA DI DESA ALURGADUNG KECAMATAN SAWIT SEBERANG KABUPATEN LANGKAT.

dapat hidup secara mandiri. Berbagai keterampilan dipelajari dalam organisasi ini. Kegiatannya direncanakan menurut keadaan dan kemampuan daerah masing- masing. Kegiatan-kegitan dalam Karang Taruna ini seperti bakti sosial, posyandu, gotong royong, pengajian remaja, Tagana (Taruna siaga bencana), dan terdapat kegiatan kewirausahaan berupa industri rumahan dan lain sebagainya. Pada umumnya kegiatan karang taruna ini bersifat positif yaitu kegiatan yang bermanfaat bagi remaja.

19 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Pemuda Desa Melalui Kegiatan Kepemudaan Karang Taruna (Studi Kasus Pada Karang Taruna “Gapura” Dukuh Purosari Desa Kembang Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali).

PENDAHULUAN Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Pemuda Desa Melalui Kegiatan Kepemudaan Karang Taruna (Studi Kasus Pada Karang Taruna “Gapura” Dukuh Purosari Desa Kembang Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali).

Maka dari itu dapat dilihat bahwa karang taruna “Gapura” ini merupakan satu wadah yang dapat dipandang sebagai salah satu tempat untuk para anggotanya mengembangkan berbagai potensi dan ide kreatif dalam dirinya. Selain itu karang taruna “Gapura” ini merupakan salah satu karang taruna yang aktif melaksanakan berbagai macam kegiatan kepemudaan di tengah-tengan banyaknya perbedaan yang terdapat dari masing-masing anggotanya, seperti latar belakang pendidikan, pekerjaan, ekonomi atau bahkan latar belakang keluarga. Berdasarkan uraian diatas maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai “Penanaman Nilai-nilai Karakter Pada Pemuda Desa Melalui Kegiatan Kepemudaan Karang Taruna (Studi Kasus Pada Karang Taruna “Gapura” Dukuh Purosari Desa Kembang Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali)”.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

S PKN 1106080 Chapter1

S PKN 1106080 Chapter1

Melihat permasalahan di atas, terlihat bahwa mentalitas para generasi muda (pemuda) kian hari kian melemah. Jangankan dalam hal memperjuangkan cita-cita negaranya, untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas hidup pun para pemuda masih sangat minim motivasi dan kemauan. Padahal kualitas pembangunan bangsa seyogyanya sinergis dengan kualitas pemuda yang potensial, berkarakter, bertanggung jawab dan aktualisasi diri. Dalam hal ini perlu adanya sebuah wadah yang mampu menampung dan menumbuhkembangkan pemuda sehingga bisa menjadi generasi penerus dan pelurus bangsa.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

BAB III PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA REGULER UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN Periode LXV Tahun Akad. 20172018 - KULIAH KERJA NYATA REGULER UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE LXV TAHUN AKADEMIK 2017/2018 DIVISI XIV.B.3 DUSUN KERUK IV, DESA BA

BAB III PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA REGULER UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN Periode LXV Tahun Akad. 20172018 - KULIAH KERJA NYATA REGULER UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE LXV TAHUN AKADEMIK 2017/2018 DIVISI XIV.B.3 DUSUN KERUK IV, DESA BA

Subbidang Tematik Pelatihan Pembuatan Iklan bagi Karang Taruna Dusun Keruk IV 1 x 100’ 1 Menyelenggaraka n pelatihan pembuatan iklan bagi Karang Karang Taruna Pelatihan Pembuatan Ak[r]

45 Baca lebih lajut

S PKN 1001716 Chapter5

S PKN 1001716 Chapter5

a. Karang taruna harus lebih meningkatkan komunikasi dan koordinasi antara pengurus dan anggota karang taruna, pemerintah serta masyarakat setempat dengan cara mengadakan sosialisasi atau penyuluhan khusus mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan karang taruna sehingga akan tercipta harmonisasi hubungan kerjasama diantara pengurus dan anggota karang taruna, pemerintah desa, serta masyarakat.

4 Baca lebih lajut

Peranan Karang taruna dalam Pembinaan Remaja

Peranan Karang taruna dalam Pembinaan Remaja

Penelitian yang dilakukan untuk mengetahui peranan Karang Taruna dalam pembinaan Remaja ini mengambil lokasi di Desa Tempel Rejo, Kecamatan Kedondong, Kabupaten Pesawaran. Sedangkan dengan analisa kuantitatif sebagai penjelasan. Adapun yang menjadi populasi dari penelitian ini adalah organisasi Karang Taruna yang berada di desa Tempel Rejo. Jumlah sampel adalah sebanyak 75 anggota yang memiliki keaktifan dalam organisasi terdiri kategori umur 15-35 tahun, pengambilan sampel dilakukan secara perposif, dengan menggunakan observasi, quisioner, dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

IbM KELOMPOK KARANGTARUNA UNTUK MEMPRODUKSI BIOINSEKTISIDA BARU PEMBERANTAS LARVA NYAMUK ADES AEFYPTI DI KECAMATAN SUMBERSARIYANG MERUPAKAN DAERAH INDEMIK DEMAM BERDARAH

IbM KELOMPOK KARANGTARUNA UNTUK MEMPRODUKSI BIOINSEKTISIDA BARU PEMBERANTAS LARVA NYAMUK ADES AEFYPTI DI KECAMATAN SUMBERSARIYANG MERUPAKAN DAERAH INDEMIK DEMAM BERDARAH

Karang taruna kecamatan Sumber Sari tidak memiliki keahlian khusus..Kondisi ini sangat tepat untuk dilakukan Ibm penerapan Iptek bagi Karang taruna yang dapat menjadi mikro industri yang memungkinkan berkembang menjadi makro industri, yaitu dengan memproduksi getah tanaman papaya menjadi bioinsektisida baru pemberantas larva nyamuk Aedes aegypti penyebab penyakitdemam berdarah yang selama ini menjadi masalah di kecamatan Sumber sari, Pembuatan bioinsektisida baru dari getah papaya ini mempunyai prospek yang bagus untuk dikembangkan menjadi pruduk yang laik komersial. Metode dalam kegiatan ini meliputi: sosialisasi materi. Penyadapan getah papaya dan pembuatan bioinsektisida baru dari getah papaya. Hasil dari kegiatan ini telah dirintis produksi bioinsektisida baru dari getah papaya walaupun masih skala kecil.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

peraturan bupati 2005 08

peraturan bupati 2005 08

1) Di tingkat Desa dapat dibentuk Karang Taruna Desa berdasarkan ketentuan yang berlaku bagi pembentukan Karang TAruna dan ditingkat Pedukuhan dapat dibentuk kelompok karang Taruna Pedukuhan berdasarkan ketentuan yang berlaku bagi Pembentukan Karang taruna;

1 Baca lebih lajut

203545273.doc 53.65KB 2015-10-12 00:17:35

203545273.doc 53.65KB 2015-10-12 00:17:35

Karang Taruna adalah organisasi non-partisan yang memiliki tugas pokok bersama-sama pemerintah dan komponen masyarakat lainnya menangani masalah sosial yang berhubungan dengan pemuda baik yang bersifat preventif, rehabilitatif, maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya dalam rangka peningkatan taraf kesejahteraan sosial masyarakat sesuai dengan bunyi Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 77/HUK/2010 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna dalam Bab 1 pasal 1 ayat 1. Pengembangan dan pemberdayaan KT diselenggarakan dalam bingkai kebijakan pembangunan kesejahteraan sosial oleh instansi sosial dengan menyertakan KT sebagai subjek. Seluruh pembangunan di bidang kesejahteraan sosial baik oleh pemerintah maupun masyarakat dalam bentuk koordinasikan dan diatur (legitinasi) oleh instansi pemerintah yang menangani bidang kesejahteraan sosial. Sehingga jika dihubungkan dengan permasalahan sosial yang sedang dialami Indonesia saat ini yaitu masalah narkoba maka KT tentu menjadi sarana yang bisa dijadikan sebagai alat kontrol paling dini dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba terutama di desa maupun kelurahan yang saat ini mulai terkontaminasi dengan kehidupan orang-orang kota tak terkecuali adalah masalah penyalahgunaan narkoba.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...