• Tidak ada hasil yang ditemukan

ANALISIS PERBEDAAN HARGA SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN RIGHT ISSUE PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "ANALISIS PERBEDAAN HARGA SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN RIGHT ISSUE PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA"

Copied!
15
0
0

Teks penuh

(1)

Skripsi

(Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Mencapai Derajad Sarjana Ekonomi)

Oleh:

Natalia da Conceicao Ximenes

201110170311330

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

(2)
(3)
(4)

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang maha Esa, karena atas berkat dan rahmat-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan skripsi ini. Skripsi yang berjudul: ANALISIS PERBEDAAN HARGA

SAHAM SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN RIGHT ISSUE

PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK

INDONESIA.

Penyelesaian skripsi ini tentunya membutuhkan pengorbanan, kesabaran dan kerja keras yang tentunya tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, untuk itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

1. Kedua orang tua tercintaku yang telah memberikan doa,kasih sayang yang tampa batas, meskipun saat ini Ayahku udah bersama Yang Maha Kuasa. 2. Ibu Ahmed Rosalva Sandi beserta seluruh Komonitas Maryknoll Aileu yang

telah membantu saya dalam perkuliahan ini.

3. Ibu Dra. Siti Zubaidah M.M., AK,CA dan Bapak Drs. Dhanil Syam M.M.,AK, selaku pembimbing yang senantiasa memberikan arahan dan bimbingan dalam penyusunan skripsi ini.

4. Ibu Dra. Masiyah Kholmi, M.M.,AK, dan Ibu Gina Harventy, S.E.,M.Si.,AK, Selaku penguji 1 dan 2.

5. Ibu Dra Siti Zubaidah M.M., AK,CA selaku ketua jurusan Akuntansi Univeritas Muhammadiyah Malang.

(5)

7. Ibu Dra Masiyah Kholmi.,AK.,M.M Selaku dosesn wali Akuntansi F 2011 8. Saudara -saudariku tercinta yang telah memberikan doa dan motvasi untuku 9. Calon Suamiku tercinta yang selalu memberikan doa dan dukungan baik

moral maupun material.

10. Seluruh keluargaku tercinta Dili, Aileu,Ermera dan Maubise yang telah memberikan suport, doa dan moral padaku dalam perkuliahn ini.

11. Semua teman-teman seangkatan akuntansi F 2011 yang telah memberikan dukungan padaku.

12. Semua sahabat kos revolusi dan Sahabat Timor Leste Zef, Egy,Cris yang telah memberikan bantuan dalam penyelsaian skripsi ini.

(6)

PERYATAAN ORISINALITAS SKRIPSI

Saya menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa sepanjang pengetahuan saya, didalam Naskah Skripsi ini tidak terdapat karya ilmiah yang pernah diajukan orang lain untuk memperoleh gelar akademik di suatu perguruan Tinnggi, dan tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah diteliti atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis dikutip dalam naskah ini dan disebutkan dalam sumber kutipan daftar pustaka.

Malang,9 Agutustus , 2015

Mahasiswa

(7)

DAFTAR ISI

HALAMAN PERSETUJUAN ... i

HALAMAN PENGESAHAN ... ii

KATA PENGANTAR ... iii

PERYATAAN ORISINALITAS ... iv

DAFFTAR ISI ... v

DAFTAR TABEL ... x

ABSTRAK ... xi

ABSTRACT ... xii

DAFTAR ISI ... xii

I. PENDAHULUAN ... 1

A. Latar Belakang ... 1

B. Perumusan masalah ... 3

C. Tujuan ... 4

D. Manfaat ... 4

II. KERANKA TEORITIS ... 5

A. Landasan Penelitian Terdahulu ... 5

B. Landasan Teori ... 9

1. Defisi Saham ... 9

(8)

3. Definisi Right issue ... 13

4. Signaling Theory ... 20

5. Teori Kegenan ( Agency Theory) ... 21

6. Teori Stakeholder ( Stakeholder Theory) ... 22

C. Kerangka Pemikiran ... 23

E. Defisi Operasional dan Variabel ... 27

F. Teknik Pengumpulan Data ... 27

G. Teknik Analisis Data ... 27

IV. ANALISIS DATA DAN PEMBAHSAN ... 30

A. Gambaran Umum Perusahaan yang melakukan Right Issue... 30

B. Data Penelitian ... 31

C. Analisis Data/ Uji Statistik ... 35

1. Uji Normalitas ... 35

2. Related Sampel t-test... 37

(9)

V. PENUTUP ... 41

A. Kesimpulan ... 41

B. Saran ... 41

(10)

DAFTAR TABEL

TABEL 1. Perusahaan Sampel yang melakukan right iss ... 23

TABEL 2. Harga saham 7 hari sebelum right issue... 25

TABEL 3. Harga saham 7 hari sesudah right issue ... 28

TABEL 4. Deskriptip statistik harga saham ... 31

TABEL 5. Hasil Pengujian Normalitas Kolmogorov-Smirnov ... 32

(11)

DAFTAR PUSTAKA

Alim, Mohammad Nizarul dan Andrik C.K, Right Issue dan Informasi Asimentri: Studi empiris Emiten di BEJ, Jak Vol 1 No 2, April- September 2004.

Anonymus, Gambaran umum Perusahaan-perusahaan yang mengumumkan Right Issue www.ksx,co.id

Budiarto, Arif dan Zaki Pengaruh Pengumuman Right Issue Terhadap Harga Tingkat Keuntungan dan Likuiditas Saham di BEJ Periode 1994-1996, JRA I Vol 12 No 1, Januari 1999.

Hendrasusetyo, Kursono, 2000. Pengaruh Pengumumang Right Issue Terhadap Harg saham perusahaan Go publik (Studi kasus pada 25 perusahaan go Publik di BEJ tahun 1994-1996), skripsi S1 Universitas Brawijaya Malang.

Husnan, Suad, 1994 . Dasar-dasar teori protofolio dan analisis sekuritas,edisi kedua Penerbit UUP AMP YKPN, Yogyakarta.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo, 2002. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, Edisi I , BPFE Yogyakarta.

Jogiyanto, 2000. Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas, Edisis kedua, BPFE Yogyakarta.

Safitri, Indra, 1999. Tentang Hak Memesan Efeke Terdahulu, Legal Journal Form Indonesia Capital dan Invesment Market, htp: busisness: fortunecity.com 26 September 2004.

Sari, Prima, 2001. Analisis Pengaruh Right Issue Terhadap Return Saham setelah cum-Date, SNA IV Januari 2001.

Damardji dan Hendy Fakhudin, 2001. Pasar modal Inonesia (Pendekatan tanya jawab) Salemba Empat.

Adisulistyo, Indrawan. 2009. Pengaruh Pengumuman Right Issue terhadap Return Saham dan Tingkat Likuiditas Saham di Bursa Efek Indonesia Tahun 2003-2007. Skripsi. Fakultas Ekonomi Sebelas Maret Surakarta.

(12)

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Setiap perusahaan pasti membutuhkan dana untuk kegiatan operasionalnya. Dana itu sendiri dapat diperoleh oleh perusahaan dari modal sendiri intern dan dan dari luar ekstern yang berasal dari pemilik perusahaan atau investor. Sedangkan untuk dana dari luar perusahaan dapat diperoleh dari bank, pegadainaan dan lainnya. Dana berasal dari investor dapat juga diperoleh dari pasar modal. Perusahaan dapat melakukan dua cara dalam hal menjual sahamnya kepada investor publik. Cara pertama dengan menerbitkan atau menjual sahamnya secara umum kepada investor lama yang telah memiliki saham tersebut. Pilihan pertama akan mengakibatkan perusahaan menanggung biaya emisi. Tidak demikian halnya pada cara yang kedua, yang biasa disebut dengan right issue Alim,(2004;197).

(13)

yang cukup menguntungkan karena dengan right issue maka modal disetor akan bertambah. Bagi investor yang bertujuan untuk mencari capital gain akan membeli right issue meskipun labanya rendah, sementara investor yang bertujuan untuk mencari deviden tidak berminat dengan right issue karena EPSnya menjadi rendah.

(14)

Hipotesis pasar modal efesiensi menyatakan bahwa harga saham telah mencerminkan semua informasi yang tersedia (Husnan;19914.249). ini berarti harga saham mengandung informasi mengenai kondisi dana kinerja perusahaan. Oleh Karena itu, salah satu faktor yang akan diperhatikan oleh investor untuk mengambil keputusan investasi adalah informasi harga saham. Ada banyak informasi yang dianggap relevan dan mungkin mempengaruhi harga saham. Informas-informasi tersebut dapat diklasifikasikan dalam tiga bentuk yaitu: Informasi dalam bentuk perubahan harga diwaktu lalu, Informasi yang tersedia kepada publik, dan informasi yang tersedia baik kepada publik maupun yang belum dipublikasikan (Warsono;2001:11). Dengan,demikian informasi pemegang saham peranan penting dalam aktivitas perdagangan saham (Darmadji;2001:12).

Namun kenyataan hasil Penelitian Dewi dan Putra (2013), Rahmawaty (2004), Rinasari (2005), menyatakan tidak ada perbedaan yang signifikan right issue terhadap harga saham. Sementara Asantri (2004), Sari (2001), Setyorini (2005), Wahyuni (2006) Tentang Pengaruh Pengumuman Right Issue Terhadap Harga saham ada pengaruh Signifikan antara Right Issue dengan Harga Saham. Dampak dari right issue yaitu. Modal Perusahaan Bertambah, harga saham menurun, saham yang beredar semakin bertambah, dan investor akan mendapatkan capital gain.

(15)

penerbitan saham baru itu akan direspon oleh investor sebagai suatu sinyal terhadap adanya suatu peristiwa (event). Dan dengan adanya ketidak konsistensian hasil penelitian terdahulu maka peneliti ingin melakukan kembali penelitian replikasi dengan rumusan masalah sebagai berikut:

B. Rumusan Masalah.

Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah:

Apakah ada perbedaan harga saham antara sebelum dan sesudah pengumuman right issue?

C. Tujuan Penelitian

Untuk menguji apakah ada perbedaan harga saham santara sebelum dan sesudah pengumuman right issue.

D. Manfaat Penelitian

1. Bagi perusahaan, untuk menambah modal disetor dan menambah jumlah saham yang beredar, selain itu agar perusahaan dapat meningkatkan kinerjanya supaya pengumuman right issue tidak berdampak negatif terhadap perusahaan.

2. Bagi investor, agar dapat mengetahui deskripsi yang jelas dalam rangka penanaman modal di bursa efek dan dapat memberikan gambaran yang jelas terhadap pembelian saham melaui right issue.

Gambar

TABEL 5.  Hasil Pengujian Normalitas Kolmogorov-Smirnov .......... 32

Referensi

Dokumen terkait

This research was a classroom action research which aimed to explain the extent to which Roundtable discussion of video can improve students ’ ability in

Hasil analisis regresi sederhana terbukti bahwa (1) Fleksibilitas sendi panggul memberikan kontribusi yang berarti terhadap hasil long service pada permainan

Berdasarkan model tersebut variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi PDB, kurs riil, permintaan uang riil, suku bunga domestik, suku bunga AS dan harga minyak

Beberapa perbedaan penelitian itu antara lain objek penelitian akan di lakukan pada BMT yang mengangkat tema sumber daya manusia yang berjudul analisis pemberian insentif

Judul : Alat Pengukur Tingkat Kesegaran Ikan/Udang ( Fish/Shrimp Freshness

[r]

[r]

Telah disetujui oleh pembimbing Program Studi Diploma III Keperawatan Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta.. Tahun Akademik 2007/2008 Pada Tanggal :