Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Mental Accounting pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Kristen Satya Wacana

Teks penuh

(1)

i MENTAL ACCOUNTING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI

UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA

SKRIPSI

Disusun dan Diajukan untuk Melengkapi Syarat-syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan

Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi

Oleh

Ayu Prasetyaningrum

162010005

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA

SALATIGA

(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)

iv KATA PENGANTAR

Puji syukur tak habis penulis ucapkan kepada Tuhan YME atas berkat dan rahmat-Nya untuk penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini.Skripsi ini merupakan salah satu syarat guna memperoleh gelar Sarjana Pendidikan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana. Dengan skripsi ini penulis memiliki harapan dapat memmbantu memberikan pengetahuan dan menjadikan motivasi bagi penulis lainnya untuk melakukan penelitian lebih lanjut, sehingga dapat menambah pemahaman kita tentang mental accounting.

Penulis menyadari masih terdapat banyak kekurangan dalam penulisan skripsi ini, sehingga penulis mengharapkan penelitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut oleh penulis lainnya. Akhir kata penulis berharap skripsi ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang bersangkutan dan membutuhkan.

Selama melaksanakan penelitian dan penyusunan skripsi ini, peneliti banyak menerima dorongan, bimbingan, bantuan, komentar, kritik dan saran dari banyak pihak. Maka pada kesempatan ini peneliti mengucapkan terima kasih kepada :

1. Segenap pimpinan Universitas Kristen Satya Wacana, yang telah memberikan peneliti melaksanakan studi S1 dengan lancara dan berbagai fasilitas pendukung perkuliahan.

(8)

v melaksanakan studi S1 dengan lancara dan berbagai fasilitas pendukung perkuliahan.

3. Dra. Sri Muryani, MM. Selaku Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi dan dosen pembimbing skripsi yang telah memberikan pengajaran dan dorongan kepada peneliti dalam menyusun skripsi, serta bimbingan dalam penyusunan skripsi hingga peneliti dapat menyelesaikan studi.

4. Drs. Alex Ch D. Mira Kaho, M.Si. selaku wali studi dan penguji yang telah memberikan banyak waktu kepada penulis setiap berkonsultasi dalam proses perkuliahan dan penyusunan skripsi. Serta telah memberikan motivasi kepada peneliti dalam menjalani studi selama kurang dari empat tahun di Pendidikan Ekonomi FKIP-UKSW. 5. Bapak Ibu dosen Pendidikan Ekonomi, Pak Boetje, Pak Kusjadi, Pak

Alex, Pak Bambang, Pak Arief, Bu Entri, Bu Mur, Mbak Lenny, Mbak Ika dan Mas Adela yang memberikan pendidikan untuk penulis selama berada di Pendidikan Ekonomi.

6. Seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP-UKSW dari berbagai angkatan, dan mahasiswa yang telah menajadi informan sumber data dalam penelitian ini.

7. Orang tua terkasih yang telah mendukung dalam doa, biaya, dorongan, kemarahan bagi penulis selama menyelesaikan studi S1. 8. Saudara-saudara Om is, Om tono, Mbak Mega, Mbak Dian, Mas

(9)

vi tidak lelahnya memarahi saya dan memberikan hiburan serta dorongan motivasi kepada saya.

9. Lelaki terdekat yang telah memberikan dukungan selama enam tahun ini, Yousha Fiernanda.

10.Sahabat-sahabat penulis yang selalu memberikan dukungan, Titis , Dessy, Aldila, Yuni, Stevany, Lia, Dewi, Kiki, Dini, Nia, Gerry, Putra, Fajar, Pandu, Panjul, Esti.

11.Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu yang turut memberikan dukungan selama penyusunan skripsi ini.

Penulis berharap semoga segala bantuan, kasih, perhatian , dukungan dibalaskan oleh Tuhan YME dengan cara yang berbeda. Semoga skripsi ini dapat berguna bagi pihak-pihak yang membutuhkan referensi tentang mental accounting. Penulis menyadari bahwa skripsi ini dibuat dengan masih banyak kekurangan. Kritik dan Saran yang membangun sangat diharapkan penulis dalam skripsi ini.

(10)

vii

1.2. Permasalahan Penelitian 4

1.3. Tujuan Penelitian 6

1.4. Signifikansi Penelitian 7

1.5. Keterbatasan Penelitian 9

BAB II LANDASAN TEORI

2.1. Mahasiswa Pendidikan Ekonomi 10

2.1.1. Program Studi Pendidikan Ekonomi 10

2.1.2. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi 12

2.2. Mental Accounting 14

2.2.1. Hakekat Akuntansi 14

2.2.2. Mental Accounting 16

2.3. Pembelajaran Akuntansi pada Mahasiswa Pendidikan

Ekonomi 20

2.4. Manfaat Mental Accounting pada Mahasiswa Pendidikan

Ekonomi 20

2.5. Penelitian Terdahulu 21

(11)

viii BAB III METODOLOGI PENELITIAN

3.1. Jenis dan Metodologi Penelitian 24

3.2. Obyek Penelitian 25

3.3. Data, Sumber dan Teknik Pengumpulan Data 25

3.4. Instrumen Penelitian 27

3.5. Analisis Data 27

3.6. Triangulasi 29

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1. Hasil Penelitian

4.1.1. Program Studi Pendidikan Ekonomi 32

4.1.2. Mental Accounting Pada Mahasiswa Pendidikan

Ekonomi 37

4.1.3. Hasil Pembelajaran Akuntansi Pada Mahasiswa

Pendidikan Ekonomi 45

4.2. Pembahasan

4.2.1. Mental Accounting Pada Mahasiswa Pendidikan

Ekonomi 47

4.2.2. Hasil Pembelajaran Akuntansi Pada Mahasiswa

Pendidikan Ekonomi 50

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

5.1. Kesimpulan 52

5.2. Saran 57

DAFTAR PUSTAKA 59

(12)

ix DAFTAR TABEL

Tabel 4.1 Daftar Mahasiswa Pendidikan Eknomi di Fakultas Keguruan dan

Ilmu Pendidikan UKSW Salatiga Tahun Ajaran 2013/2014 34

Tabel 4.2Rata-rata Pendapatan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Fakultas

Keguruan dan Ilmu Pendidikan UKSW Salatiga Tahun Ajaran

2013/2014 35

Tabel 4.3Akun-akun Kebutuhan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Fakultas

Keguruan dan Ilmu Pendidikan UKSW Salatiga Tahun Ajaran

(13)

x DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 Pembagian Pendapatan Kedalam Mental Account 18

Gambar 2.2 Kerangka Berpikir Mental Accounting di Kalangan Mahasiswa 23

Gambar 3.1 Komponen Dalam Analisis Data (interactive model) 28

(14)

xi DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1 Pedoman Wawancara Mahasiswa 61

Lampiran 2 Data Collection 62

Lampiran 3 Data Reduction 89

(15)

xii ABSTRAK

Pendidikan Ekonomi merupakan salah satu Program Studi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang memiliki tujuan untuk meluluskan calon-calon guru profesional. Salah satu dasar pengetahuan yang diberikan kepada seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi adalah pengetahuan Akuntansi dan Keuangan. Karakteristik Akuntansi yang hendak ditanamkan pada mahasiswa adalah sikap cermat, teliti, dan rapi. Pembelajaran Akuntansi yang diberikan salah satunya bertujuan untuk pembentukan mental accounting pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Mental accounting merupakan suatu pengetahuan dan proses untuk mengorganisasikan, membuat keputusan, dan mengevaluasi dalam keuangan. Mental accounting seseorang hanya dapat dilihat melalui perilaku saja. Mental Accounting memiliki dampak positif pada pribadi seseorang, yakni sebagai alat pengendalian diri dalam menggunakan keuangan. Menggunakan uang yang dimiliki dengan baik akan membuat seseorang mencapai kesuksesan dan kemandirian dalam keuangan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran Akuntansi dalam pembentukan mental accounting serta mendeskripsikan mental accounting pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UKSW.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer yang didapat dari wawancara semi terkstruktur kepada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UKSW serta melakukan triangulasi. Data yang didapat akan dianalisis dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat mental accounting pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi, tidak hanya terbentuk karena pembelajaran Akuntansi saja, rasa tanggung jawab terhadap uang yang dimiliki, pendidikan pengelolaan keuangan dari orang tua, nominal uang yang didapakan, lingkungan mahasiswa juga memberikan kontribusi dalam pembentukan mental accounting. Mahasiswa yang memiliki mental accounting justru lebih banyak ditemui pada mahasiswa konsentrasi non akuntansi dibandingkan dengan mahasiswa konsentrasi akuntansi. Deskripsi perilaku mahasiswa dalam menggunakan uang meliputi Organize, make decision, evaluasi, dan didalam kegiatan evaluasi masih didapati satu proses, yakni re-organize yakni pengaturan kembali. Perlu memberikan pengetahuan pengelolaan keuangan pribadi baik melalui pembelajaran akuntansi maupun dari pihak orang tua mahasiswa.

Figur

Tabel 4.2Rata-rata Pendapatan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Fakultas

Tabel 4.2Rata-rata

Pendapatan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Fakultas p.12
Gambar 2.2 Kerangka Berpikir Mental Accounting di Kalangan Mahasiswa

Gambar 2.2

Kerangka Berpikir Mental Accounting di Kalangan Mahasiswa p.13

Referensi

Memperbarui...