6 Kiat Sukses Melakukan Promosi di Bulan Ramadhan

Teks penuh

(1)
(2)

DAFTAR ISI

Hal. 2 Perilaku Konsumen selama Bulan Ramadhan

Hal. 6 Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Promosi Online?

Hal. 8 Bagaimana Cara Membuat Konten Promosi Ramadhan?

Hal. 12 Apa Saja yang Bisa Dipromosikan?

Hal. 16 Media Apa Saja yang Bisa Digunakan?

Hal. 17 Memadukan Promosi Online dan Offline

(3)

6 Kiat Sukses Membuat Promosi di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari. Bulan yang disebut sebagai bulan penuh berkah ini tidak menjadi monopoli bagi umat muslim saja karena sesungguhnya bulan Ramadhan juga memberikan banyak berkah kepada para pengusaha yang memasarkan produknya secara online melalui website.

Benarkah demikian?

Nielsen, sebuah agensi riset pasar, mengestimasikan bahwa perusahaan makanan dan minuman di Indonesia mendapatkan 45% pendapatannya selama periode 3 bulan termasuk pada bulan Ramadhan.

(4)

Analis dari Nielsen juga menjelaskan bahwa hal ini disebabkan oleh kebijakan pemberian bonus atau sering disebut THR (Tunjangan Hari Raya) untuk

karyawan. Sehingga orang-orang Indonesia cenderung menggunakan THR ini untuk berbelanja dan mempersiapkan kegembiraan di Hari Raya Idul Fitri.

Fakta menunjukkan bahwa umat muslim adalah mayoritas secara jumlah di Indonesia, maka tentu saja bulan Ramadhan menjadi sangat signifikan untuk penjualan Anda.

Lalu bagaimana Anda bisa memanfaatkan momentum Ramadhan ini untuk meningkatkan penjualan Anda? Simak tips dan trik untuk meraih berkah penjualan di bulan Ramadhan ini

1. Perilaku Konsumen selama Bulan Ramadhan

Memahami perilaku konsumen di bulan Ramadhan akan memberikan insight atau informasi yang bisa membantu membuat promosi Anda sukses.

Berikut ini beberapa perilaku konsumen Indonesia selama bulan Ramadhan:

(5)

a. Konsumen akan melakukan lebih banyak pembelian di bulan Ramadhan karena kondisi lapar membuat orang lebih banyak melakukan pembelian. Hal ini sesuai dengan penelitian dari University of Minnesota yang menyatakan bahwa berbelanja di saat lapar bisa membuat orang membeli lebih banyak, bukan hanya membeli makanan dan minuman, namun juga membeli barang-barang lainnya.

b. Konsumen tidak terlalu peka harga. Selain akan membeli lebih banyak, konsumen juga tidak akan terlalu peka dengan harga. Hal itu juga didukung dengan adanya Tunjangan Hari Raya yang membuat konsumen tidak terlalu lama mempertimbangkan masalah harga karena toh mereka punya uang lebih (THR).

c. Hal-hal yang berkaitan dengan religiusitas lebih diminati. Produk- produk yang berkaitan dengan ibadah di bulan Ramadhan lebih banyak diminati oleh konsumen. Jika produk Anda tidak berkaitan dengan ibadah bulan Ramadhan, jangan khawatir. Anda tetap bisa membuat promosi jitu dengan memanfaatkan momentum-momentum yang sesuai dengan semangat Ramadhan.

d. Waktu berbelanja konsumen online berubah. Karena ibadah puasa di bulan Ramadhan juga membuat kegiatan konsumen berubah (terkait dengan perubahan jam tidur dan jam kerja), maka waktu konsumen berbelanja secara online juga berubah. Anda harus peka memahami fenomena ini agar promosi Anda maksimal. Di bagian selanjutnya kami akan memberikan informasi lebih lanjut tentang kapan waktu yang tepat untuk melakukan promosi.

(6)

e. Menjelang Lebaran, pembelian akan semakin tinggi.

Hal ini terkait dengan Tunjangan Hari Raya yang biasanya diberikan sekitar seminggu atau dua minggu sebelum Ramadhan berakhir, maka semakin dekat Lebaran, maka penjualan akan semakin gila-gilaan.

Selain itu, budaya mudik menjelang Ramadhan juga membuat konsumen membeli banyak barang baik untuk oleh-oleh atau untuk menyambut keluarganya yang pulang kampung.

f. Buka Puasa bersama adalah kegiatan yang paling banyak dilakukan. Pada masa Ramadhan ini akan ada banyak sekali orang yang memanfaatkannya untuk menghabiskan waktu bersama teman- teman atau keluarganya dengan berbuka puasa bersama. Jika Anda memiliki usaha kuliner yang lokasinya bisa menampung banyak orang, ini saat yang paling tepat untuk melancarkan promosi.

g. Konsumen muslim tertarik pada kegiatan amal. Selain melakukan kegiatan konsumtif, bulan Ramadhan juga membuat orang lebih murah hati dalam bersedekah karena mengharapkan pahala yang berlipat ganda. Jika Anda bisa membuat program promosi yang melibatkan kegiatan amal, Anda akan lebih mudah memenangkan hati calon konsumen Anda.

Baru-baru ini Facebook for Business juga merilis infografis seputar perilaku pengguna FB selama Ramadhan sebagai berikut:

(7)
(8)

2. Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Promosi Online?

Waktu yang tepat untuk melakukan promosi online di bulan Ramadhan sangat erat kaitannya dengan kapan sesungguhnya para calon konsumen aktif mengakses internet di bulan Ramadhan.Pada bulan Ramadhan, mayoritas orang di Indonesia akan mengakses internet pada jam-jam berikut ini:

 3:00 – 5:00 WIB

Periode menjelang sahur, selama sahur, dan menjelang subuh juga banyak digunakan orang untuk mengakses internet. Walaupun hanya sebentar, namun waktu ini cukup baik untuk melakukan promosi.

 12:00 – 13:00 WIB

Waktu istirahat siang yang biasanya digunakan untuk makan siang akan beralih digunakan untuk mengakses internet.

(9)

 16:30 – 18:30 WIB

Pada bulan Ramadhan, sebagian kantor memiliki jam kerja yang berakhir lebih awal, sehingga pada pukul 16:30, orang-orang sudah banyak yang terlepas dari pekerjaan dan akan menghabiskan waktu untuk menunggu buka puasa, salah satunya dengan mengakses internet. Jumlah orang yang mengakses internet akan menurun seiring dengan datangnya waktu Isya, waktunya ibadah shalat tarawih dilaksanakan.

 21:00 – 23:00 WIB

Peak time di bulan Ramadhan berubah menjadi pukul 21:00 – 23:00 setelah orang selesai melaksanakan ibadah shalat tarawih dan kembali mengakses internet menjelang tidur.

Selain terkait dengan jam promosi, waktu yang tepat untuk melakukan promosi di bulan Ramadhan juga terkait dengan produk apa yang Anda tawarkan.

 Pada 10 hari pertama, konsumen masih fokus pada ibadah. Produk- produk seperti buku-buku agama Islam adalah produk yang tepat untuk ditawarkan pada periode ini.

 Pada 10 hari kedua, konsumen akan mulai banyak melakukan aktivitas buka bersama. Pengusaha kuliner harus gencar mempromosikan produknya.

 Pada 10 hari terakhir, pada saat perusahaan sudah mengeluarkan Tunjangan Hari Raya, fokus konsumen sudah beralih pada persiapan hari raya Idul Fitri. Segala macam produk dari mulai kue lebaran,

(10)

parcel, fashion, gadget, kendaraan bermotor, dan banyak produk lainnya harus gencar dipromosikan pada periode ini.

3. Bagaimana Cara Membuat Konten Promosi Ramadhan?

Membuat konten promosi selama bulan Ramadhan harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

a. Jangan promosikan konten yang bertentangan dengan ibadah bulan Ramadhan atau nilai-nilai Islam. Anda akan dianggap tidak menghormati bulan Ramadhan dan ini akan menjadi blunder untuk Anda.

b. Berikan tawaran diskon khusus atau gratis ongkos kirim Ramadhan dan lebaran. Selain diskon, Anda juga bisa menawarkan “free takjil” di lokasi usaha Anda (restoran maupun toko).

c. Gunakan kata-kata persuasif. Jika memungkinkan kaitkan dengan nilai-nilai ibadah, sadaqah, dan berbagi.

d. Selain itu, tema-tema seputar keluarga juga banyak memberi pengaruh, karena Ramadhan dan lebaran memiliki kaitan erat dengan kebersamaan.

(11)

e. Buatlah desain-desain yang bertema Ramadhan dan lebaran.

Seperti contoh-contoh sebagai berikut:

Bulan sabit

Bulan sabit adalah salah satu simbol yang erat kaitannya dengan umat muslim. Gunakan simbol ini dalam materi promosi Anda.

Lebih bagus lagi jika memang Anda memiliki produk-produk yang memiliki desain bentuk bulan sabit khusus untuk bulan Ramadhan ini:

Lentera

Bulan Ramadhan juga identik dengan “pencerahan”, sehingga desain dengan simbol lentera juga banyak diminati. Contohnya seperti di bawah ini:

(12)

Teko arab dan kaligrafi

Teko arab juga menjadi salah satu simbol yang bisa Anda gunakan untuk membuat desain promosi di bulan Ramadhan. Tentu saja desainnya akan lebih kuat jika Anda menambahkan unsur kaligrafi, baik yang berbahasa arab maupun kata-kata dalam bahasa Indonesia yang ditulis menyerupai seni kaligrafi arab.

Gambar ketupat dan warna hijau

Secara umum warna hijau mewakili simbol Islami dan ketupat adalah salah satu simbol penting yang digunakan untuk menandai datangnya bulan Ramadhan dan lebaran di Indonesia dan Malaysia.

(13)

Kebersamaan keluarga

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, desain dengan tema kekeluargaan menarik perhatian konsumen karena bertepatan dengan momen kebersamaan bulan Ramadhan dan lebaran.

Dapatkan juga 98 cara meningkatkan penjualan melalui website Anda.

Mulai dari cara beriklan, membuat konten dengan desain grafis, hingga membuat email marketing

Download E-book Anda Sekarang

(14)

4. Apa Saja yang Bisa Dipromosikan?

Produk apa saja yang bisa dipromosikan pada bulan Ramadhan? Sebenarnya produk apa saja bisa (kecuali produk non-halal, dan produk yang masih diperdebatkan seperti rokok).

a. Produk kuliner

Meskipun pada siang hari banyak orang tidak makan, namun produk kuliner menjadi hal yang paling banyak dicari orang, terutama menuju waktu buka puasa.

(15)

b. Produk kecantikan dan kesehatan

Produk kecantikan dan kesehatan juga banyak mendapatkan perhatian dari calon konsumen karena para konsumen, terutama wanita, ingin tampil prima dan menarik di lebaran nanti saat berkumpul dengan keluarga dan teman-teman.

c. Gadget

Promo produk gadget juga tepat dilakukan di bulan Ramadhan, karena gadget baru dan canggih merupakan salah satu hal yang disukai konsumen sebagai simbol kemakmuran yang akan dilihat oleh orang lain saat kumpul-kumpul lebaran.

(16)

d. Kendaraan

Selain gadget, memiliki kendaraan baru saat mudik juga merupakan salah satu kebanggaan bagi orang Indonesia. Maka dari itu, ini saat yang tepat untuk Anda yang memiliki usaha di bidang pengadaan kendaraan untuk gencar berpromosi.

e. Perhiasan

Satu lagi, perhiasan! Ya, selain gadget dan kendaraan, perhiasan juga banyak diminati menjelang lebaran. Karena seperti gadget dan kendaraan, perhiasan juga salah satu simbol kemakmuran dan kesuksesan yang sering kali ingin ditunjukkan ketika mudik ke kampung halaman.

(17)

f. Produk Fashion

Lebaran tidak akan meriah tanpa baju baru. Bagi Anda pengusaha produk-produk fashion. Jangan ketinggalan untuk membuat promo khusus Ramadhan untuk produk-produk Anda!

g. Kue Lebaran dan Parcel

Menjelang lebaran, sekitar 10 hari sebelum Idul Fitri, fokus konsumen sudah banyak beralih dari ibadah menuju persiapan hari raya. Pada masa ini, promosi kue lebaran dan parcel harus gencar dilakukan karena ini adalah saat yang sangat tepat untuk melakukan promosi produk tersebut.

(18)

h. Hotel

Tingkat hunian hotel bisa jadi menurun saat bulan puasa. Namun Anda pemilik hotel tetap harus melakukan promosi karena banyak juga calon konsumen yang mencari hotel sebagai tempat menginap saat mudik jika rumah keluarga mereka tidak cukup besar untuk menampung seluruh anggota keluarga yang pulang kampung.

Selain delapan produk-produk di atas, masih ada banyak produk yang bisa ditawarkan selama bulan puasa dan menjelang Ramadhan. Apapun produknya tetap bisa dipromosikan di bulan Ramadhan dan menjelang lebaran (kecuali produk-produk non-halal dan yang masih dalam perdebatan seperti rokok)

5. Media Apa Saja yang Bisa Digunakan?

(19)

Media yang paling utama untuk digunakan adalah website. Mengapa? Karena website adalah ujung tombak usaha Anda di internet tempat Anda bisa melakukan display produk-produk Anda. Website juga memiliki keunggulan lebih jika dibandingkan dengan media sosial.

Promosi melalui website juga bisa dibantu dengan media sosial. Anda bisa menggunakan setidaknya Facebook, Twitter, dan Instagram yang memiliki jumlah pengguna yang besar di Indonesia.

Buatlah banner promosi dengan ukuran yang sesuai untuk ditampilkan di FB, Twitter, dan Instagram. Buat juga kultwit berisi tentang tips seputar Ramadhan dan Lebaran yang sesuai dengan produk Anda. Posting juga foto-foto bertema Ramadhan di akun Instagram bisnis Anda.

6. Memadukan Promosi Online dan Offline

(20)

Ramadhan dan lebaran adalah waktu yang biasa digunakan untuk melakukan kegiatan bersama-sama dengan teman maupun keluarga.

Karenanya, metode perpaduan promosi online dan offline bisa Anda lakukan.

Salah satu contohnya adalah dengan promosi diskon bagi pelanggan yang melakukan upload foto buka bersama di restoran Anda, dan lain sebagainya.

Demikian enam kiat sukses melakukan promosi di Bulan Ramadhan. Jika Anda membutuhkan layanan pembuatan website untuk promosi bisnis Anda, segera

kunjungi website Niagahoster.

Tunjukkan brand Anda melalui desain yang menarik, gunakan untuk berbagai promosi baik online maupun offline. Miliki brand identity yang profesional

untuk logo, id card, facebook cover, kartu nama, mug, goodie bag, dll.

DOWNLOAD BRANDING KIT ANDA

Figur

Memperbarui...

Related subjects :