PENDAHULUAN Analisis Pengaruh Rasio Keuangan, Pertumbuhan Penjualan, Deviden, Dan Economic Value Added Terhadap Harga Saham Di Perusahaan Manufaktur (Studi Empiris di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014).

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

1 BAB I PENDAHULUAN

A.Latar Belakang Masalah

Pasar modal memiliki peran besar bagi perekonomian suatu Negara karena pasar modal menjalankan dua fungsi sekaligus, yaitu fungsi ekonomi dan fungsi keuangan. Pasar modal dikatakan memiliki fungsi ekonomi karena suatu pasar menyediakan fasilitas yang mempertemukan dua kepentingan, yaitu pihak yang memiliki kelebihan dana dan pihak yang memerlukan dana. Pasar modal dikatakan sebagai fungsi keuangan karena pasar menyediakan dana yang diperlukan oleh para pihak yang mempunyai kelebihan dana dan pihak yang memerlukan dana tanpa terlihat langsung dalam kepemilikan aktiva riil dalam melakukan investasi (Suad Husnan, 2003).

Kehadiran pasar modal di Indonesia mempunyai pengaruh yang penting dalam menunjang perekonomian suatu Negara. Pasar modal merupakan suatu sarana yang dapat dimanfaatkan untuk memobilisasi dana, baik dari dalam maupun dari luar negeri. Sementara bagi investor, pasar modal merupakan wahana untuk menginvestasikan dananya. Investor dalam menanamkan dananya di pasar modal tidak hanya bertujuan dalam jangka pendek tetapi juga bertujuan untuk memperoleh pendapatan dalam jangka panjang.

(2)

pertimbangan dalam menentukan harga saham. Harga saham merupakan cerminan kondisi suatu perusahaan dimana harga saham yang terjadi di pasar bursa pada saat tertentu. Harga saham yang tinggi akan memberikan return bagi para investor berupa capital gain yang akhirnya akan berpengaruh terhadap citra perusahaan.

Rasio-rasio keuangan yang banyak digunakan oleh para investor dalam pengambilan keputusan pada saat berinvestasi. Rasio keuangan yang ada meliputi rasio likuiditas, rasio profitabilitas, rasio solvabilitas atau leverage ratio, rasio aktifitas, dan rasio pasar. Rasio profitabilitas digunakan untuk mengetahui kemampuan perusahaan untuk mendapatkan laba pada tahun berjalan maupun dimasa yang akan datang. Rasio likuiditas digunakan oleh seorang manajer untuk mengetahui kemampuan perusahaan melunasi kewajiban jangka pendek.

Rasio solvabilitas digunakan untuk mengukur seberapa besar kemampuan perusahaan memenuhi semua kewajiban finansial jangka panjang. Rasio aktifitas digunakan untuk mengukur seberapa efektif perusahaan dalam memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya. Sedangkan rasio pasar yaitu merupakan sekumpulan rasio yang menghubungkan harga saham dengan laba dan nilai buku per saham, rasio ini memberikan petunjuk mengenai apa yang dipikirkan investor atas kinerja perusahaan di masa lalu serta prospek di masa mendatang (Moeljadi, 2006:75).

(3)

profitabilitas yang tinggi menunjukkan prospek penjualan yang baik dalam meningkatkan penjualan. Sedangkan rasio likuiditas ini membandingkan tentang nilai aktiva lancar dengan hutang lancar pada suatu perusahaan.

Beberapa peneliti terdahulu telah melakukan penelitian mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap harga saham dan menghasilkan kesimpulan yang berbeda-beda. Meythi dkk (2011) meneliti tentang pengaruh likuiditas dan profitabilitas terhadap harga saham Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa likuiditas yang diproksikan dengan CR dan profitabilitas diproksikan dengan EPS berpengaruh terhadap harga saham. Sedangkan menurut Daniarto dan Dul Muid (2013) variabel CR berpengaruh positif dan signifikan terhadap perubahan harga saham, sedangkan variabel ROE, ROA, DER, EPS, DAN BVS tidak berpengaruh signifikan terhadap perubahan harga saham.

Penelitian Amanah dkk (2014) yang menguji pengaruh rasio likuiditas dan rasio profitabilitas terhadap harga saham (studi pada perusahaan indeks LQ45 periode 2008-2012), menunjukkan bahwa variabel CR, QR, dan ROA mempunyai pengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan variabel ROE tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

(4)

Bursa Efek Indonesian. Hasil penelitian menyatakan bahwa harga saham dipengaruhi profitabilitas, likuiditas, pertumbuhan penjualan, dan deviden.

Penelitian Ardison dkk (2014), menyatakan bahwa pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif terhadap harga saham. Semakin tinggi pertumbuhan perusahaan akan mendorong meningkatnya harga saham perusahaan. Keadaan tersebut menunjukkan bahwa terjadinya pertumbuhan perusahaan yang dinilai dari kenaikan nilai total asset mampu menciptakan kesan positif para pelaku pasar.

(5)

Penelitian ini mengembangkan dari penelitian yang dilakukan oleh Deitiana (2011). Perbedaannya dengan penelitian sekarang adalah menambah variabel independen yaitu Economic Value Added (EVA), dan mengambil periode penelitian tahun 2011-2014.

Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul

“ANALISIS PENGARUH RASIO KEUANGAN, PERTUMBUHAN

PENJUALAN, DEVIDEN, DAN ECONOMIC VALUE ADDED TERHADAP HARGA SAHAM DI PERUSAHAN MANUFAKTUR (Studi Empiris Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2014)”

B.Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah yang diajukan peneliti adalah sebagai berikut:

1. Apakah likuiditas berpengaruh terhadap harga saham? 2. Apakah profitabilitas berpengaruh terhadap harga saham?

3. Apakah pertumbuhan penjualan berpengaruh terhadap harga saham? 4. Apakah deviden berpengaruh terhadap harga saham?

5. Apakah EVA (Economic Value Added) berpengaruh terhadap harga saham?

C.Tujuan Penelitian

(6)

1. Untuk menganalisis pengaruh likuiditas terhadap harga saham. 2. Untuk menganalisis pengaruh profitabilitas terhadap harga saham.

3. Untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan penjualan terhadap harga saham.

4. Untuk menganalisis pengaruh deviden terhadap harga saham.

5. Untuk menganalisis pengaruh EVA (Economic Value Added) terhadap harga saham.

D.Manfaat Penelitian

Berdasarkan tujuan penelitian yang saya buat tersebut, manfaat yang diharapkan bagi penelitian ini adalah sebagai berikut:

1. Manfaat teoritis

Bagi akademik, dari penelitian ini diharapkan bermanfaat dan sebagai bahan rujukan awal bagi peneliti yang mengembangkan penelitian sejenis.

2. Manfaat praktis

a. Bagi Investor dan Calon Investor

(7)

b. Bagi penelitian

Penelitian selanjutnya variabel independen yang lain, selain independen yang ada diatas untuk mengetahui tentang pengaruh harga saham yang ada pada sebuah perusahaan.

c. Bagi Peneliti

Penelitian ini dapat menambah pengetahuan bagi peneliti untuk dapat lebih mengetahui tentang pengaruh adanya Harga Saham disebuah Perusahaan.

d. Bagi Peneliti Selanjutnya

Penelitian tidak hanya menggunakan objek penelitian yang hanya terbatas pada indeks perusahaan saja, perlu ditambah juga dengan indeks yang lain agar dapat diketahui hasil penelitian.

E.Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran peneliti yang lebih jelas dan sistematis. Sistematika penulisan penelitian ini adalah sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

(8)

penelitian untuk mencari jawaban dari rumusan masalah penelitian, manfaat penelitian yang menjelaskan hal-hal yang ingin diperoleh dengan dilakukannya penelitian, dan sistematika penulisan. Bab ini merupakan bentuk ringkas dari keseluruhan isi penelitian dan gambaran permasalahan yang diangkat.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

Bab ini menguraikan tentang tinjauan pustaka yang digunakan sebagai dasar untuk membahas permasalahan yang akan diteliti yaitu meliputi teori tentang pasar modal, teori tentang saham, teori tentang rasio keuangan, teori tentang likuiditas, teori tentang profitabilitas, teori tentang pertumbuhan penjualan, teori tentang deviden, teori tentang EVA, beserta pengembangan hipotesis, penelitian terdahulu dan kerangka pemikiran.

BAB III METODA PENELITIAN

Bab ini menguraikan langkah-langkah yang dilakukan untuk bisa menjawab permasalahn penelitian secara sistematis.Bab ini berisi tentang jenis penelitian, variabel penelitian, populasi dan sampel, data dan sumber data, metode pengumpulan data, definisi operasional dan pengukuran variabel, serta teknik analisis data. BAB IV ANALISIS DAN PEMBAHASAN

(9)

hasil pengujian hipotesis dan pembahasan hasil pengujian terhadap jawaban di tolak atau diterimanya hipotesis yang dibuat sebelumnya.

BAB V PENUTUP

Bab ini berisi simpulan dari hasil penelitian yang menjawab hipotesis penelitian, keterbatasan penelitian dan saran untuk pihak-pihak yang berkaitan dengan hasil penelitian juga saran untuk penelitian selanjutnya.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...