model kooperatif pendekatan tutor sebaya\LAMPIRAN\abstrak

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

ABSTRAK

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Tutor Sebaya Pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat Dan Pecahan Kelas VII UPT. SMP Negeri 1 Pragaan Tahun Pelajaran 2013/2014

Mata pelajaran matematika merupakan salah satu pelajaran yang mempunyai kesan sulit bagi peserta didik, oleh karena itu guru sebagai orang yang sangat berperan dalam proses pembelajaran di sekolah diharapkan mampu melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dengan merujuk penemuan-penemuan baru dibidang pendidikan terutama mengenai berbagai model pembelajaran yang dapat diterapkan sesuai dengan materi yang akan disampaikan kepada peserta didik.

Salah satu model pembelajaran yang banyak melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan tutor sebaya,karena dalam model ini dapat mendorong peserta didik untuk berani mengemukakan pendapat. Selain untuk melatih berbicara, pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan tutor sebaya ini dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan membuat siswa aktif.

Mengacu pada hal tersebut, peneliti ingin mengetahui bagaimana respon siswa dan ketuntasan belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan tutor sebaya pada pokok bahasan bilangan bulat dan pecahan kelas VII UPT. SMP Negeri 1 Pragaan tahun pelajaran 2013/2014.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang berlokasi di UPT. SMP Negeri 1 Pragaan . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester ganjil yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa keseluruhan sebanyak 38 siswa, dengan teknik pengambilan sampel secara acak, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebanyak 19 siswa.

Berdasarkan hasil analisis data hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut : Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan tutor sebaya pada pokok bahasan bilangan bulat dan pecahan untuk respon positif mencapai 68,422%, sedangkan untuk respon negatif mencapai 31,574% sehingga dapat disimpulkan bahwa respon siswa sangat baik atau dapat dikatakan positif. Sedangkan ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan tutor sebaya pada pokok bahasan bilangan bulat dan pecahan,

(2)

ketuntasan belajar secara individu dari 19 siswa, jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 orang, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 2 orang. Adapun ketuntasan secara klasikal mencapai 89,47%, maka model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan tutor sebaya baik untuk digunakan. Sehingga penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan tutor sebaya pada pokok bahasan bilangan bulat dan pecahan kelas VII UPT. SMP Negeri 1 Pragaan tahun pelajaran 2013/2014 dapat dikatakan efektif.

Pamekasan, Oktober 2013

penulis

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...