KATA PENGANTAR. Puji syukur kita panjatkan kehadirat Alloh SWT yang telah melimpahkan rohmat dan karunia-

26 

Loading.... (view fulltext now)

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)
(2)

I

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Alloh SWT yang telah melimpahkan rohmat dan karunia-Nya, serta sholawat/salam di sampaikan kepada nabi Muhammad SAW .

Alhamdulillah kami telah dapat menyusun proposal ini walaupun sederhana dengan keterbatasan dan kemampuan yang ada,

Kami menyadari bahwa proposal ini masih terdapat kekurangan dan kesalahan, sehubungan dengan hal tersebut kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Kami berharap proposal ini dapat diterima dan bermanfaat, semoga Alloh SWT senantiasa memberikan dan hidayah da rohmatNya kepada kita. Aamiin.

Tasikmalaya, 24 Februari 2020.

Penyusun

(3)

DAFTAR ISI

COVER/SAMPUL.

SURATPERMOHONANBANTUANDANA.

KATAPENGANTAR .... I DAFTAR ISI ………...... II

A. PENDAHULUAN ...1-2

B. MAKSUDDANTUJUAN ... ...3-4 C. RENCANAKEGIATAN ... ...5-6 D. PENUTUP ...7

E. LAMPIRAN-LAMPIRAN : .

1. SURAT PERNYATAAN TANGGUNG JAWAB PELAKSANAAN PROGRAM KERJA .

2. SURAT PERNYATAAN BERSEDIA MENGADAKAN DANA PENDAMPING PELAKSANAAN PROGRAM KERJA.

3. SURAT PERNYATAAN TANGGUNG JAWAB PENGELOLAAN DANA HIBAH .

4. SK MENHUMKAM RI TENTANG PENGESAHAN PENDIRIAN SENKOM MITRA POLRI . 5. SURAT KETERANGAN SENKOM MITRA POLRI TERDAFTAR DI KESBANGPOL . 6. SURAT KETERANGAN SENKOM MITRA POLRI TERDAFTAR DI DIRJEN PAJAK / NPWP . 7. SURAT KEPUTUSAN SUSUNAN PENGURUS SENKOM KOTA TASIKMALAYA.

8. PROGRAM KERJA SENKOM KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2021. 9. KARTU TANDA PENDUDUK (KTP) DAN NOMOR REKENING BANK .

(4)

BAB I PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang

Senkom Mitra Polri atau kepanjangan dari Sentra Komunikasi Mitra Polri merupakan salah satu wahana untuk meningkatkan kesadaran dan peran aktif warga dalam menjaga gangguan kamtibmas. Senkom Mitra Polri, yang untuk selanjutnya dapat disebut Senkom, merupakan sekelompok masyarakat yang dapat berperan aktif membantu Polri dan masyarakat di bidang informasi dan pengamanan lingkungan.Dengan Semboyan ”Menembus Jarak Tanpa Batas”.

Pada dasarnya Senkom adalah kelompok masyarakat yang ingin berperan dalam membantu menginformasikan dan ikut serta dalam pengamanan lingkungan disekitarnya atau di mana saja berada serta memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya pengamanan swakarsa di lingkungan masing-masing sebagai wujud Bela Negara dengan semangat patriotisme dan nasionalisme dalam wadah NKRI.

I.2 Dasar

Senkom dibentuk sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Pamswakarsa. Maka pada tanggal 1 Januari 2004 di Jakarta dibentuklah Senkom sebagai wadah kelompok sadar kamtibmas oleh anggota mitra kamtibmas Mabes Polri.

Serta berdasarkan rujukan-rujukan:

1. Surat Keputusan Kapolri No Pol: Skep/1673/X/1994 tanggal 13 Oktober 1994 2. Surat Keputusan Kapolri No Pol: Skep/737/X/2005 tanggal 13 Oktober 2005

3. Akta Notaris Ny. Yeni Ambaryatun, S.H., M.M. tentang Akta Pendirian Ormas Senkom Mitra Polri Nomor 17 tanggal 16 Oktober 2015

4. Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor: AHU-0009392.AH.01.07 Tahun 2015 tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perkumpulan Sentra Komunikasi Mitra Polri tanggal 16 Oktober 2015.

5. Surat Keterangan Terdaftar Nomor: 81/D.III.2/IX/2006 tanggal 11 September 2006; Nomor: 042/D.III.2/II/2010 tanggal 2 Februari 2010; dan Nomor: 01-00-00/0002/D.III.4/I/2013 tanggal 9 Januari 2013 dari Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

6. Surat Keterangan Terdaftar Nomor: 220/04/I/2014 tanggal 29 Januari 2014 dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

(5)

Ditindak lanjuti dengan Surat Telegram Kapolri Nopol: ST/526/V/2007 Tanggal 7 Mei 2007 tentang perintah kepada para Kapolda untuk membina Senkom untuk menjadi mitra Polri sehingga diharapkan dapat berperan serta sebagai anggota FKPM untuk memecahkan masalah-masalah sosial yang berdampak dapat menjadi sumber gangguan kamtibmas di lingkungan komunitasnya. Sebagai Mitra Polri, Senkom selalu berkoordinasi dan memberikan informasi kepada aparat berwajib baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, maupun TNI/Polri terhadap adanya gangguan kamtibmas, stabilitas nasional, dan bencana alam yang dijumpai di manapun anggota Senkom berada.

(6)

BAB II

MAKSUD DAN TUJUAN

SENKOM MITRA POLRI KOTA TASIKMALAYA

II.1 Maksud

Senkom adalah suatu organisasi sosial kemasyarakatan yang didirikan sejak 2004 di pusat, Jakarta, yang diprakarsai oleh beberapa tokoh pemuda yang didukung oleh para purnawirawan TNI maupun Polri serta tidak berafiliasi/bukan underbow dari partai politik maupun organisasi kemasyarakatan lain.

Maksud dan harapan dari para pendiri Senkom ialah agar Senkom ikut andil dalam memasyarakatkan kamtibmas, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hukum dan kamtibmas, serta merupakan wujud partisipasi masyarakat dalam pembinaan kamtibmas. Di samping itu, Senkom bisa menjadi organisasi yang mandiri, profesional, dan bisa bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Anggota Senkom yang tersebar di seluruh Indonesia hingga di kecamatan dan desa-desa, menjadi bagian dari rakyat terlatih dan siap berperan dalam kamtibmas, sosial kebencanaan, dan hankamnas, sesuai dengan 3 (tiga) Klaster Senkom, yaitu:

1. Senkom Mitra Polri di Bidang Kamtibmas, dengan Semboyan: Menembus Jarak Tanpa Batas. 2. Senkom Rescue di Bidang Sosial Kebencanaan dan SAR, dengan Semboyan: Siaga Saat

Aman, Ada Saat Dibutuhkan.

3. Senkom Bela Negara di Bidang Hankamnas, dengan Semboyan: NKRI Harga Mati!

Dukungan anggaran penyelenggaraan kegiatan Sentra Komunikasi Mitra Polri (Senkom) Tasikmalaya ini dari APBD Pemerintah Kota Tasikmalaya melalui pos bantuan dana hibah pada Pemerintah Kota Tasikmalaya kepada Sentra Komunikasi Mitra Polri (Senkom) Kota Tasikmalaya.

II.2 Tujuan

Bahwa sebagai organisasi sosial kemasyarakatan Sentra Komunikasi Mitra Polri (Senkom) Kota Tasikmalaya mempunyai tujuan antara lain memberikan informasi kepada aparat terkait yang terdekat apabila menjumpai adanya gangguan kamtibmas, hankamnas, dan sosial kebencanaan. Dari 3 (tiga) klaster tersebut di atas, Senkom Kota Tasikmalaya mempunyai sistem koordinasi penyampaian/pelaporannya, antara lain:

(7)

1. Kalau menjumpai adanya gangguan kamtibmas (keamanan ketertiban masyarakat), Senkom menyampaikan informasi kepada aparat penegak hukum/Polri, termasuk kalau masalah narkoba ke BNN/BNNP/BNNK.

2. Kalau menjumpai ada gangguan hankamnas (pertahanan keamanan nasional), Senkom menyampaikan kepada pihak TNI atau Intelijen.

3. Kalau menjumpai ada gangguan sosial kebencanaan, Senkom menyampaikan kepada pemerintah daerah atau BNPB/BPBD.

4. Kalau ada kecelakaan darat, laut, dan udara disampaikan ke Basarnas/Kansar setempat.

II.3 Visi dan Misi

Sentra Komunikasi Mitra Polri (Senkom) Mitra Polri mempunyai visi menjadi lembaga atau organisasi sosial kemasyarakatan yang handal dan profesional dalam membantu mewujudkan keamanan dan ketertiban nasional melalui peningkatan kesadaran masyarakat.

Sentra Komunikasi Mitra Polri (Senkom) Mitra Polri memiliki misi membangun kesadaran serta memperluas peran masyarakat dalam ikut membantu pemerintah dan TNI maupun Polri guna menciptakan negara yang aman, tenteram, dan damai serta terciptanya keamanan mandiri di lingkungan masyarakat.

(8)

BAB III

RENCANA KEGIATAN

III.1 Kegiatan Umum

Keberhasilan pelaksanaan visi, misi, dan tugas Senkom Jawa Barat ditunjukkan dengan pelaksanaan dan implementasi di lapangan yang diaktualisasikan dalam bentuk kegiatan Senkom Kota Tasikmalaya yang dilaksanakan dalam kurun waktu satu tahun.

Untuk mendukung terlaksananya visi, misi, dan tugas Senkom tersebut dalam tahun 2021, Senkom Kota Tasikmalaya merencanakan program kerja berupa:

1. Peningkatan sumber daya manusia anggota Senkom dengan melaksanakan pelatihan SAR, pelatihan keorganisasian, pelatihan penyuluhan antinarkoba, pelatihan nasional, pelatihan telekomunikasi dan informatika, dan pelatihan PBB.

2. Praktik implementasi langsung kepada masyarakat dengan melaksanakan partisipasi Pospam Lebaran, partisipasi Pospam Tahun Baru, upacara rutin Hari Besar Nasional, pelaksanaan SAR, dan penanggulangan bencana alam.

3. Melaksanakan audiensi dan kerjasama: audiensi secara tahunan dengan Polresta Kota Tasikmalaya, Lembaga/institusi terkait tingkat Kota Tasikmalaya, Pelaksanaan program di masing-masing kota/kabupaten, dan konsolidasi anggota Senkom se-Jawa Barat.

III.2 Kegiatan Khusus

1. Rapat/pertemuan rutin dan insidentil terkait dengan pentingnya permasalahan yang berkembang di kota Tasikmalaya.

2. Menghadiri rapat koordinasi lintas wilayah baik itu lintas kota/kabupaten, provinsi, maupun tingkat pusat.

3. Bekerja sama dengan pihak terkait melakukan sosialisasi peningkatan Wawasan Bela Negara, sosialisasi tentang bahaya narkoba dan miras, melakukan koordinasi deteksi dini ancaman, hambatan, dan gangguan di daerah.

(9)

III.3 Program Kerja Pelaksanaan Kesekretariatan

Untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugas Senkom sesuai bidang-bidang tersebut di atas, maka diperlukan manajemen dan kesekretariatan antara lain dengan melaksanakan:

1. Melaksanakan tertib administrasi, keuangan, perencanaan kegiatan, dan urusan umum/urusan rumah tangga.

2. Menyusun kegiatan yang berhubungan dengan dinas-dinas, lembaga lintas instansi, satuan unit kerja, dan kota/kabupaten mengenai permasalahan yang akan dihadapi dalam rangka turut serta dalam mewujudkan pembangunan di Kota Tasikmalaya di era global dan demokratis ini.

3. Berkoordinasi dan menyusun pelaporan pertanggungjawaban (akuntabilitas) secara berkala. 4. Menyusun perencanaan anggaran pembiayaan rutin/rumah tangga.

5. Restrukturisasi sarana dan prasarana kesekretariatan untuk menunjang jalannya organisasi.

III.4 Anggaran Pembiayaan

Dukungan anggaran penyelenggaraan kegiatan Sentra Komunikasi Mitra Polri (Senkom) Tasikmalaya ini dibebankan kepada APBD Kota Tasikmalaya melalui pos bantuan dana hibah pada Pemerintah Kota Tasikmalaya kepada Sentra Komunikasi Mitra Polri (Senkom) Kota Tasikmalaya.

(10)

BAB IV PENUTUP

Keamanan dan ketertiban masyarakat bukan hanya tanggung jawab Polri dan TNI saja, tapi semua elemen masyarakat berhak dan wajib ikut berperan, termasuk Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri hal ini berguna untuk menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat serta suksesnya pembangunan nasional. Kesempatan untuk membantu di bidang kamtibmas yang sangat bermanfaat bagi masyarakat sangat terbuka lebar.

Oleh sebab itu,kegiatan-kegiatan Senkom ini diharapkan dapat terwujud, sehingga semua anggota Senkom selalu siap dalam melaksanakan tugasnya serta mampu berperan aktif dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban baik yang bersifat lokal maupun nasional.

Hormat Kami, SENKOM MITRA POLRI

KOTA TASIKMALAYA

DADANG DARYAMAN BA. ICHSAN FAUZI S.SOS KETUA SEKRETARIS

(11)

TANDA TERIMA

Telah terima dari : Senkom Mitra POLRI Kota Tasikmalaya. Berupa : 1 (satu) bundel.

Hal : Proposal Bantuan Dana Hibah .

Tasikmalaya, ………….…………..

(12)
(13)
(14)
(15)
(16)
(17)
(18)
(19)
(20)
(21)
(22)
(23)
(24)
(25)

I. PEMBINAAN ANGGOTA 54.000.000

I.1 Latihan Baris Berbaris 3 72 75.000 16.200.000

I.2 Latihan Komunikasi SDC 1 72 75.000 5.400.000

I.3 Latihan SAR 2 72 75.000 10.800.000

I.4 Latihan Beladiri 12 72 25.000 21.600.000

II. PEMBUATAN SPANDUK UCAPAN SELAMAT 3.000.000

II.1 Spanduk HUT RI 1 4 150.000 600.000

II.2 Spanduk HUT POLRI 1 4 150.000 600.000

II.3 Spanduk HUT TNI 1 4 150.000 600.000

II.4 Spanduk IDUL FITRI 1 4 150.000 600.000

II.5 Spanduk Gelar PAM Idul Fitri 1 4 150.000 600.000

III PEMBUATAN BENDERA & KELENGKAPAN LAINNYA 3.000.000

III.1 Bendera Senkom 1 10 150.000 1.500.000

III.2 Umbul-umbul Senkom 1 10 150.000 1.500.000

IV. PERLENGKAPAN ANGGOTA 25.000.000

V.1 Seragam PDL 1 20 500.000 10.000.000

V.2 Kaos Senkom Rescue 1 20 100.000 2.000.000

V.3 Sepatu Boot 1 20 150.000 3.000.000

V.4 Sepatu PDL 1 20 500.000 10.000.000

(26)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :