Kajian Daya Dukung Fisik Wisata Danau di Pantai Pasir Putih Parbaba Kabupaten Samosir

Teks penuh

(1)

KAJIAN DAYA DUKUNG FISIK WISATA DANAU DI PANTAI

PASIR PUTIH PARBABA KABUPATEN SAMOSIR

NANCY ROLINA

120302062

PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN

FAKULTAS PERTANIAN

(2)

KAJIAN DAYA DUKUNG FISIK WISATA DANAU DI PANTAI

PASIR PUTIH PARBABA KABUPATEN SAMOSIR

SKRIPSI

NANCY ROLINA

120302062

PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN

FAKULTAS PERTANIAN

(3)

KAJIAN DAYA DUKUNG FISIK WISATA DANAU DI PANTAI

PASIR PUTIH PARBABA KABUPATEN SAMOSIR

SKRIPSI

NANCY ROLINA

120302062

Skripsi Sebagai Satu Diantara Beberapa Syarat untuk Memperoleh Gelar Sarjana Di Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Pertanian

Universitas Sumatera Utara, Medan

PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN

FAKULTAS PERTANIAN

(4)

LEMBAR PENGESAHAN

Judul Penelitian : Kajian Daya Dukung Fisik Wisata Danau di Pantai Pasir Putih Parbaba Kabupaten Samosir

Nama : Nancy Rolina

NIM : 120302062

Program Studi : Manajemen Sumberdaya Perairan

Disetujui Oleh, Komisi Pembimbing

Pindi Patana, S.Hut., M.Sc Dr. Ir. Yoes Soemaryono, MH., M.Sc

Ketua Anggota

Mengetahui,

Dr. Ir. Yunasfi, M.Si

(5)

PERNYATAAN MENGENAI SKRIPSI DAN

SUMBER INFORMASI

Saya yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : Nancy Rolina

NIM : 120302062

Menyatakan bahwa skripsi saya yang berjudul “Kajian Daya Dukung Fisik

Wisata Danau di Pantai Pasir Putih Parbaba Pangururan” adalah benar hasil

karya saya sendiri dan belum dijadikan dalam bentuk apapun kepada perguruan tinggi manapun. Semua sumber data dan informasi yang berasal atau dikutip dari karya yang diterbitkan maupun tidak diterbitkan dari penulis lain telah disebutkan di dalam teks dan dicantumkan dalam bagian akhir skripsi ini.

Medan, Agustus 2016

(6)

ABSTRAK

NANCY ROLINA. Kajian Daya Dukung Fisik Wisata Danau di Pantai Pasir Putih Parbaba Kabupaten Samosir. Di Bawah Bimbingan PINDI PATANA dan YOES SOEMARYONO.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya dukung fisik kawasan sebagai objek wisata. Dilaksanakan pada bulan April-Mei 2016 di Pantai Pasir Putih Parbaba Kabupaten Samosir. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan untuk kegiatan berperahu termasuk kategori sesuai (S2) pada stasiun 1 (71,43%) dan stasiun 3 (59,52%), sementara stasiun 2 termasuk kategori sangat sesuai (S1) dengan nilai 83,33%. Kegiatan sepeda air termasuk kategori sesuai (S2) pada stasiun 1 dan stasiun 3 dengan nilai 76,47% dan 74,51% sedangkan pada stasiun 2 termasuk kategori sangat sesuai (S1) dengan nilai 84,31%. Kegiatan duduk santai tergolong sesuai (S2) pada ketiga stasiun dengan nilai IKW yang sama yaitu 74,51%. Kegiatan berenang tergolong sesuai (S2) pada stasiun 1 dan stasiun 2 dengan nilai IKW yang sama yaitu 81,40% sedangkan pada stasiun 3 termasuk kategori sangat sesuai (S1). Kegiatan banana boat pada ketiga stasiun pengamatan tergolong sangat sesuai (S1) dengan nilai IKW pada stasiun 1 dan stasiun 2 yaitu 21 dan stasiun 3 yaitu 24. Daya dukung fisik kawasan ini dengan luas area pemanfaatan 93.315 m2 yaitu 5366 orang per hari. Nilai keindahan alam Pantai Pasir Putih Parbaba yaitu 37,63% termasuk kategori tidak indah sedangkan nilai kenyamanan kawasan ini yaitu 52,68% termasuk kategori cukup nyaman.

(7)

ABSTRACT

NANCY ROLINA. The Study of Physical Carrying Capacity Lake Tourism in The Pasir Putih Parbaba Beach District Samosir. Under the guidance of PINDI PATANA and YOES SOEMARYONO.

This study aims to determine physical carrying capacity of the region as a tourist attraction. This research was conducted in April-May 2016 at Pasir Putih Parbaba Beach District Samosir. The data used primary and secondary data. The results showed for boating activities, including appropriate category (S2) at station 1 (71,43%) and station 3 (59,52%), while station 2 including a very appropriate category (S1) with a value of 83,33%. Water bike activities including appropriate category (S2) at station 1 and station 3 with a value of 76,47% and 74,51%, while the second station includes a very appropriate category (S1) with a value of 84,31%. Activity sit relaxed classified suitable (S2) at three stations with the same IKW value is 74,51%. Swimming activities classified as suitable (S2) at station 1 and station 2 with IKW same value, namely 81,40%, while the 3 stations including a very appropriate category (S1). Banana boat activity on all three observation stations classified as very appropriate (S1) with a value IKW at station 1 and station 2, namely 21 and stations 3 namely 24. The physical carrying capacity of the region with an area of 93.315 m2 utilization is 5.366 people per day. The value of the natural beauty of the Pasir Putih Parbaba Beach which 37,63% are not beautiful while the value of the comfort of this region, namely 52,68% are quite comfortable.

(8)

RIWAYAT HIDUP

Penulis dilahirkan di Kota Jakarta, pada tanggal 14 September 1994. Anak pertama dari tiga bersaudara dari pasangan Bapak G. Siregar dan Ibu R. br. Harianja.

Pendidikan formal pertama diawali di SD Negeri 175776 Pearung, Paranginan pada tahun 2000-2006. Bersamaan dengan berakhirnya pendidikan dasar, penulis melanjutkan pendidikan di SLTP Negeri 2 Lintongnihuta dan lulus pada tahun 2009. Pada tahun yang sama penulis melanjut ke SMA Negeri 1 Lintongnihuta dan menyelesaikan pendidikannya pada tahun 2012. Pada tahun 2012 penulis melanjutkan pendidikan S1 di Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Pertanian Univesitas Sumatera Utara melalui jalur Ujian Masuk Bersama (UMB).

(9)

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, atas berkat dan kasih karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan penelitian yang berjudul “Kajian Daya Dukung Fisik Wisata Danau di Pantai Pasir Putih

Parbaba Kabupaten Samosir”. Penelitian ini sebagai tugas akhir serta sebagai

salah satu syarat untuk menyelesaikan studi di Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara.

Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada :

1. Ayahanda G. Siregar dan Ibunda R. br. Harianja yang menjadi motivasi saya untuk menggapai cita-cita. Terimakasih untuk doa, dukungan dan kasih sayang yang tiada henti kepada penulis.

2. Bapak Pindi Patana, S.Hut., M.Sc selaku ketua komisi pembimbing dan Bapak Dr. Ir. Yoes Soemaryono, MH., M.Sc selaku anggota komisi pembimbing yang telah bersedia untuk memberikan saran serta meluangkan waktu untuk memberikan bimbingan dalam penyusunan skripsi ini.

3. Bapak Dr. Ir. Yunasfi, M.Si selaku ketua program studi yang telah bersedia untuk memberikan saran serta meluangkan waktu untuk memberikan bimbingan dalam penyusunan skripsi ini.

(10)

5. Saudara laki-laki Frans Willy Jhon Septo Siregar dan Steven Pramana Siregar buat dukungan dalam memberi semangat kepada penulis dalam menyelesaikan studi.

6. Teman-teman seperjuangan dan satu kelompok PKL, Enzelia Reineta Gultom, Ade Artia Gultom, Kristian Gultom. Teman seperjuangan Putri Permata Sari Sirait, Dewi Tanjung, Lelly Sihombing, Diana Sihombing, Dame Sihombing, Novita Sari Siboro, Vinces Agriani Lase, S.Pi, Tiur Natalia Manalu, S.Pi, Dinarta Pardede, Aniliza Sihaloho dan seluruh stambuk 2012 MSP yang telah memberikan motivasi dan mengingatkan penulis untuk segera menyelesaikan skripsi ini.

Penulis berharap semoga skripsi ini dapat memberikan manfaat sebagai informasi dan perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya dibidang pengelolaan daya dukung fisik wisata.

Medan, Agustus 2016

Penulis

(11)

DAFTAR ISI

Waktu dan Tempat Penelitian... 15

Alat dan Bahan ... 15

Pengukuran Parameter Fisik Perairan... 19

(12)

Daya Dukung Wisata ... 25

Persepsi Wisatawan terhadap Keindahan dan Kenyamanan Kawasan ... 26

HASIL DAN PEMBAHASAN Hasil ... 28

Keadaan Umum Pantai Pasir Putih Parbaba ... 28

Persepsi Wisatawan ... 29

Indeks Kesesuaian Wisata ... 40

Daya Dukung Kawasan ... 44

Pembahasan ... 45

Indeks Kesesuaian Wisata ... 45

Daya Dukung Kawasan ... 48

Persepsi Wisatawan ... 51

Strategi Pengelolaan ... 52

KESIMPULAN DAN SARAN Kesimpulan ... 54

Saran ... 54

DAFTAR PUSTAKA

(13)

DAFTAR GAMBAR

6. Pengalaman Wisatawan saat Mengunjungi Pantai Pasir Putih Parbaba ... 30

7. Kegiatan Wisata yang Dilakukan Wisatawan di Pantai Pasir Putih Parbaba ... 31

8. Persepsi Wisatawan terhadap Sambutan Masyarakat Pantai Pasir Putih Parbaba ... 32

9. Persepsi Wisatawan Mengenai Keinginan untuk Kembali Berkunjung ke Pantai Pasir Putih Parbaba ... 32

10. Persepsi Wisatawan terhadap Jenis Aksesibilitas, Sarana dan Prasarana yang Tersedia di Pantai Pasir Putih Parbaba ... 33

11. Persepsi Wisatawan terhadap Harga Makanan, Penyewaan Pondok dan Fasilitas Kegiatan Wisata ... 34

12. Jenis Aktivitas Wisata yang Perlu Penambahan atau Perbaikan ... 34

13. Persepsi Wisatawan terhadap Aktivitas yang Berpotensi untuk Dikembangkan ... 35

14. Persepsi Wisatawan terhadap Daya Tarik Sumberdaya untuk Wisata 35 15. Persepsi Wisatawan terhadap Kondisi Pasir di Pantai Pasir Putih Parbaba ... 36

16. Persepsi Wisatawan terhadap Kejernihan Air Danau di Pantai Pasir Putih Parbaba ... 36

(14)

19. Persepsi Wisatawan terhadap Kesadaran Masyarakat Pantai Pasir

Putih Parbaba dengan Kelestarian Lingkungan ... 38 20. Persepsi Wisatawan dengan Adanya Pembatasan Pengunjung Pantai

Pasir Putih Parbaba ... 39 21. Persepsi Wisatawan terhadap Keindahan Alam Kawasan Pantai

Pasir Putih Parbaba ... 39 22. Persepsi Wisatawan terhadap Kenyamanan Kawasan Pantai Pasir

(15)

DAFTAR TABEL

No. Teks Halaman

1. Parameter Kesesuaian Sumberdaya untuk Berperahu ... 22

2. Parameter Kesesuaian Sumberdaya untuk Sepeda Air ... 22

3. Parameter Kesesuaian Sumberdaya untuk Duduk Santai ... 23

4. Parameter Kesesuaian Sumberdaya untuk Berenang ... 23

5. Kategori Kesesuaian Wisata ... 24

6. Matriks Kesesuaian Sumberdaya untuk Banana Boat ... 24

7. Kategori Kesesuaian Wisata Banana Boat ... 25

8. Potensi Ekologis Pengunjung (K) dan Luas Area Kegiatan (Lt) ... 26

9. Prediksi Waktu yang Dibutuhkan untuk Setiap Kegiatan Wisata ... 26

10. Hasil Pengukuran Indeks Kesesuaian Wisata Berperahu di Pantai Pasir Putih Parbaba ... 41

11. Hasil Pengukuran Indeks Kesesuaian Wisata Sepeda Air di Pantai Pasir Putih Parbaba ... 42

12. Hasil Pengukuran Indeks Kesesuaian Wisata Duduk Santai di Pantai Pasir Putih Parbaba ... 42

13. Hasil Pengukuran Indeks Kesesuaian Wisata Berenang di Pantai Pasir Putih Parbaba ... 43

14. Hasil Pengukuran Kesesuaian Wisata Kategori Banana Boat ... 44

(16)

DAFTAR LAMPIRAN

No. Teks Halaman

1. Alat yang Digunakan ... 59 2. Metode Pengukuran di Lapangan ... 60 3. Kondisi Kawasan Pantai Pasir Putih Parbaba ... 61 4. Kuisioner Penelitian untuk Pengunjung Pantai Pasir Putih Parbaba . 63 5. Kuisioner Penelitian untuk Masyarakat Sekitar Pantai Pasir Putih

Parbaba ... 68 6. Perhitungan Jumlah Responden Wisatawan yang Berkunjung

ke Pantai Pasir Putih Parbaba ... 73 7. Daftar Data Pribadi Responden Wisatawan yang Berkunjung ke

Pantai Pasir Putih Parbaba ... 74 8. Daftar Data Pribadi Responden Masyarakat Sekitar Pantai Pasir

Putih Parbaba ... 77 9. Persepsi Wisatawan yang Berkunjung ke Pantai Pasir Putih Parbaba 78 10. Perhitungan Indeks Kesesuaian Wisata dan Daya Dukung Kawasan 82

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...