MATERI IKATAN KIMIA. 1.Kondisi Stabil Atom Unsur

37  Download (0)

Full text

(1)

MATERI IKATAN KIMIA

Unsur-unsur di alam pada umumnya tidak ada yang berada dalam keadaan tunggal, kecuali atom yang terdapat pada golongan VIII A (unsur gas mulia). Unsur di alam cenderung bergabung dengan unsur lainnya melalui ikatan kimia untuk mencapai kestabilan.

Melalui ikatan kimia unsur-unsur yang bergabung tersebut membentuk zat berupa unsur atau senyawa dalam upaya pencapaian kestabilan.

1.Kondisi Stabil Atom Unsur

Fakta di alam menjelaskan bahwa unsur yang trdapat pada golongan VIII A (gas mulia) merupakan unsur yang berada pada kondisi stabil, yang menyebabkan unsur pada golongan VIII A berada dalamm keadaan tunggal. G.N Lewis dan W. Kosel (1916) menjelaskan bahwa atom unsur berikatan dengan atom unsur lainnya dalam upaya untuk mendapatkan konfigurasi elektron yang stabil yaitu konfigurasi elektron gas mulia. Atom-atom gas mulia memiliki elektron valensi 8 (oktet) dan 2 (duplet).

Berikut konfigurasi elektron gas mulia:

Periode Unsur Nomor Atom (Z)

K L M N O P

1 He 2 2

2 Ne 10 2 8

3 Ar 18 2 8 8

4 Kr 36 2 8 18 8

5 Xe 54 2 8 18 18 8

6 Rn 86 2 8 18 32 18 8

Berdasarkan konfigurasi elektron gas mulia, maka lahirlah aturan Oktet yang menyatakan “Atom-atom cenderung mengikuti konfigurasi elekrton pada kulit terluarnya seperti konfigurasi gas mulia terdekat dengan atom tersebut”. Kemudian dikenal juga aturan Duplet “Atom unsur dengan nomor atom kecil (Li &

(2)

H) cenderung untuk mengikuti konfigurasi elektron unsur He dengan 2 elektron valensi”. Dengan catatan hukum Oktet dan Duplet hanya berlaku untuk unsur gol IA, IIA, dan non-logam.

Untuk memenuhi Oktet dan Duplet, maka terbentuklah ikatan kimia. Dalam pembentukan ikatan kimia, beberapa atom cenderung untuk melepaskan atau menerima elektron. Atom yang memiliki elektron valensi kecil, misalnya 1,2, dan 3 cenderung untuk melepaskan elektron. Hal ini dikarenakan energi ionisasi yang dimilikinya kecil. Sedangkan elektron yang elektron valensinya besar (5,6 dan 7) cenderung untuk menerima elektron. Hal ini karena afinitas elektronnya yang besar.

2.Struktur Lewis

Struktur Lewis merupakan gambaran elektron valensi dari suatu atom dalam membentuk ikatan yang digambarkan dengan tanda titik atau tanda silang yang disertai dengan lambang kimia unsur. Dengan mengetahui jumlah elektron valensi suatu unsur, kita dapat menuliskan struktur Lewisnya Contohnya struktur Lewis dari molekul PCl3, dengan mengetahui nomor atom P dan Cl3kita dapat melepaskan konfigurasi elektronnya: 15 P= 2 8 5 elektron valensinya 5 17 Cl= 2 8 7 elektron

(3)

valensinya7

3.Ikatan ion

Terjadi jika atom unsur yang memiliki energi ionisasi 1.

kecil/rendah melepaskan elektron valensinya (membentuk kation) dan atom unsur lain yang mempunyai afinitas elektron besar/tinggi menangkap/menerima elektron tersebut (membentuk anion).

Kedua ion tersebut kemudian saling berikatan dengan gaya 2.

elektrostatis.

Unsur yang cenderung melepaskan elektron adalah unsur 3.

logam sedangkan unsur yang cenderung menerima elektron adalah unsur non logam. Contohnya pembentukan ikatan ion antara atom NaCl Dari contoh di atas, terlihat bahwa atom Na (unsur logam) melepaskan 1 elektron membentuk ion positif dan atom Cl (non-logam) menerima 1 elektron membentuk ion negatif sehingga kedua atom tersebut memiliki elektron valensi yang sama dengan elektron valensi gas mulia. Dalam pembentukan ion, jumlah ion yang diterima harus sama dengan jumlah elektron yang dilepaskan. Jadi,ikatan ion juga dinamakan dengan ikatan serah terima elektron (ikatan leketrovalen) dan senyawa yang terbentuk dinamakan dengan senyawa ion. Sifat umum senyawa ionik :

Titik didih dan titik lelehnya tinggi.

Keras, tetapi mudah patah.

Penghantar panas yang baik.

(4)

Lelehan maupun larutannya dapat menghantarkan listrik (elektrolit)

Larut dalam air.

Tidak larut dalam pelarut/senyawa organik (misal : alkohol, eter, benzena).

4. Ikatan Kovalen

Adalah ikatan yang terjadi karena pemakaian pasangan elektron secara bersama oleh 2 atom yang berikatan. Ikatan kovalen terjadi akibat ketidakmampuan salah 1 atom yang akan berikatan untuk melepaskan elektron (terjadi pada atom-atom non logam).

Ikatan kovalen terbentuk dari atom-atom unsur yang memiliki afinitas elektron tinggi serta beda keelektronegatifannyalebih kecil dibandingkan ikatan ion. Atom non logam cenderung untuk menerima elektronsehingga jika tiap-tiap atom non logam berikatan maka ikatan yang terbentuk dapat dilakukan dengan cara mempersekutukan elektronnya dan akhirnya terbentuk pasangan elektron yang dipakai secara bersama. Pembentukan ikatan kovalen dengan cara pemakaian bersama pasangan elektron tersebut harus sesuai dengan konfigurasi elektron pada unsur gas mulia yaitu 8 elektron (kecuali He berjumlah 2 elektron).

Ada 3 jenis ikatan kovalen : Ikatan Kovalen Tunggal.

1.

Ikatan Kovalen Rangkap Dua.

2.

Ikatan Kovalen Rangkap Tiga.

3.

5. Kepolaran senyawa kovalen

Kepolaran suatu senyawa dapat ditentukan dari perbedaan keelektronegatifan atom-atom yang membentuk suatu senyawa

(5)

kovalen

Senyawa Kovalen Nonpolar Jika dua atom nonlogam sejenis (diatomik) membentuk suatu senyawa kovalen, misalkan H2, N2, Br2, dan I2 maka ikatan kovalen yang terbentuk memiliki keelektronegatifan yang sama atau tidak memiliki perbedaan keelektronegatifan. Ikatan kovalen tersebut dinamakan ikatankovalen nonpolar. Dalam pembentukan molekul I2, kedua elektron dalam ikatan kovalen digunakan secara seimbang oleh kedua inti atom iodin tersebut. Oleh karena itu, tidak akan terbentuk muatan (tidak terjadi pengutuban atau polarisasi muatan).

Senyawa Kovalen Polar Senyawa kovalen dikatakan polar j i k a s e n y a w a t e r s e b u t m e m i l i k i p e r b e d a a n keelektronegatifan. Dengan demikian, pada senyawa yang berikatan kovalen terjadi pengutuban muatan. Ikatan kovalen tersebut dinamakan ikatankovalen polar. Dalam pembentukan molekul HF, kedua elektron dalam ikatan kovalen digunakan tidak seimbang oleh inti atom H dan inti atom F sehingga terjadi pengutuban atau polarisasi muatan. Perbedaan keelektronegatifan atom H dan atom F cukup besar yaitu sekitar 1,9. 3. Bentuk Molekulyang Mempengaruhi Kepolaran Pada molekul CCl4 terdapat 4 ikatan kovalen polar antara atom pusat C\ dan 4 atom Cl.

Bentuk molekul dari CCl4 adalah simetris (tidak ada pasangan elektron bebas pada struktur molekul Lewisnya) dan tidak terjadi pengutuban atom atau polarisasi muatan karena pasangan elektron dalam ikatan digunakan secara seimbang di antara atom pusat C dan 4 atom Cl sehingga molekul CCl4 bersifat nonpolar.

6. Ikatan Kovalen Koordinasi/Koordinat/Dativ/Semipolar

(6)

Adalah ikatan yang terbentuk dengan cara penggunaan bersama pasangan elektron yang berasal dari salah 1 atom yang berikatan [Pasangan Elektron Bebas (PEB)], sedangkan atom yang lain hanya menerima pasangan elektron yang digunakan bersama Pasangan elektron ikatan (PEI) yang menyatakan ikatan dativ digambarkan dengan tanda anak panah kecil yang arahnya dari atom donor menuju akseptor pasangan elektron.Contoh :Terbentuknya senyawa BF3-NH3

7. Ikatan Logam

Adalah ikatan yang terbentuk akibat adanya gaya tarik-menarik yang terjadi antara muatan positif dari ion-ion logam dengan m u a t a n n e g a t i f d a r i e l e k t r o n - e l e k t r o n y a n g b e b a s bergerak.Atom-atomlogam dapat diibaratkan seperti bola pingpong yang terjejal rapat 1 sama lain. Atom logam mempunyai sedikit elektron valensi, sehingga sangat mudah untuk dilepaskan dan membentuk ion positif. Maka dari itu kulit terluar atom logam relatif longgar (terdapat banyak tempat kosong) sehingga elektron dapat berpindah dari 1 atom ke atom lain. Mobilitas elektron dalam logam sedemikian bebas, sehingga elektron valensi logam mengalami delokalisasi yaitu suatukeadaan dimana elektron valensi tersebut tidak tetap posisinya pada 1 atom, tetapi senantiasa berpindah-pindah dari 1 atom ke atom lain.Elektron-elektron valensi tersebut berbaur

(7)

membentuk awan elektron yang menyelimuti ion-ion positif logam. Struktur logam seperti gambar di atas, dapat menjelaskan sifat-sifat khas logam yaitu :

berupa zat padat pada suhu kamar, akibat adanya gaya tarik-menarik yang cukup kuat antara elektron valensi (dalam awan elektron) dengan ion positif logam.dapat ditempa (tidak rapuh), dapat dibengkokkan dan dapat direntangkan menjadi kawat. Hal ini akibat kuatnya ikatan logam sehingga atom-atom logam hanya bergeser sedangkan ikatannya tidak terputus.

penghantar / konduktor listrik yang baik, akibat adanya elektron valensi yang dapat bergerak bebas dan berpindah-pindah. Hal ini terjadi karena sebenarnya aliran listrik merupakan aliran elektron. Membandingkan Sifat-sifat Senyawa yang terbentuk

Perbedaan antara Senyawa Ion dengan Senyawa Kovalen No Sifat Senyawa Ion Senyawa Kovalen

1 Titik didih Tinggi Rendah

2 Titik leleh Tinggi Rendah

3 Wujud Padat pada suhu kamar

Padat,cair,gas pada suhu kamar

4 Daya hantar listrik

Padat = isolator Lelehan = konduktor Larutan = konduktor

Padat = isolator Lelehan = isolator Larutan = ada yang

konduktor 5 Kelarutan

dalam air Umumnya larut Umumnya tidak larut 6 Kelarutan

dalam trikloroetana

(CHCl3)

Tidak larut Larut

(8)

DAFTAR PUSTAKA:

Brady, James E. dan senese Fred., 2004,Chemistry, Matter and Its Changes, Fourt Edition,John Wiley & Son.Inc

Johari,J.M.C dan Rachmawati M, 2008, Kimia 1 SMA dan MA untuk Kelas X, Esis

Parning, Horale, dan Tiopan, 2007, Kimia 1, SMA/MA kelas X, Yudhistira

Syukri S., 1999, Kimia Dasar I, Bandung: Penerbit ITB

10 Teknologi yang Akan Tren di Tahun 2017

Tren Teknologi Industri 2017

1. AI dan Advanced Machine Learning

(9)

M a c h i n e Learning adalah cabang lanjutan Artificial Intelligent (AI), yang mencakup sistem lebih canggih seperti mampu memahami, mempelajari, memprediksi, beradaptasi, dan berpotensi beroperasi secara mandiri. Machine learning ini diprediksi mampu mengubah perilaku masa depan, yang mengarah pada penciptaan perangkat dan program yang lebih cerdas. Gartner memprediksi AI dan Machine Learning akan lebih banyak digunakan pada robot, kendaraan mandiri, elektronik untuk konsumen, virtual personal assistants, dansmart advisors.

2. Intelligent Apps

(10)

C o n t o h dari Intelligent Apps adalah virtual asisten yang akan membuat hidup kita lebih mudah. Bahkan Gartner memperkirakan bahwa asisten masa depan berpotensi mengubah keadaan kantor dengan kemampuannya membantu mengerjakan tugas sehari-hari. Dalam jangka waktu 10 tahun ke depan, setiap aplikasi dan layanan akan menggunakan beberapa jenis AI.

3. Intelligent Things

Intellige nt Things umumnya akan diterapkan di perangkat seperti drone, kendaraan mandiri, dan smart appliances. Seperti halnya

(11)

Intelligent Apps, Intelligent Things juga mengandalkan AI dan Advanced Machine Learning. Berbagai perangkat dan peralatan cerdas bakal terus bermunculan dan semakin populer.

4. VR dan AR

Sekarang ini, teknologi VR dan AR ibaratnya baru terlahir. Jadi wajar saja, jika pengalaman menggunakan teknologi Virtual Reality maupun Augmented Reality belum maksimal. Gartner memperkirakan bahwa kedua teknologi tersebut akan terus berkembang dan puncaknya tahun 2021 mendatang.

5. Digital Twin

(12)

D i g i t a l Twin mengacu pada software yang lebih dinamis, baik dari hal fisik maupun sistemnya. Digital Twin akan menggunakan data yang disediakan oleh sensor untuk memahami keadaan, merespon perubahan, meningkatkan operasi, dan menambah nilai. Mereka akan digunakan untuk perencanaan jasa dan memperbaiki peralatan untuk operasi pabrik, dan meningkatkan efisiensi.

Mereka akan menggantikan kombinasi sumber daya manusia yang terampil dan perangkat monitoringtradisional.

6. Blockchain

Blockchai n adalah sebuah buku besar yang dapat diakses oleh publik.

(13)

Blockchain menunjukkan semua data transaksi yang pernah terjadi di dalam jaringan Bitcoin. Ke depannya Blockchain akan menggabungkan proses yang beragam, mencakup konsepmiddleware, database, keamanan, analisis/AI, manajemen moneter, dan identitas.

7. Conversational System

D i m a s a depan, Chatbot akan semakin banyak diadopsi. Chatbot sendiri adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk menyimulasi sebuah percakapan atau komunikasi yang interaktif kepada pengguna (manusia) melalui bentuk teks, suara, dan visual.

8. Mesh App and Service Architecture

(14)

T i m

aplikasi harus membuat arsitektur modern yang baru untuk memberikan kinerja aplikasi yang gesit, fleksibel, dan dinamis untuk pengalaman pengguna yang lebih baik. Dalam hal ini, Mesh App and Service Architecture ada untuk menyeimbangkan permintaan dan stabilitas layanan.

9. Digital Technology Platforms

D i g i t a l

(15)

Technology Platforms ibaratnya pondasi bangunan dalam bisnis digital. Setiap organisasi pasti memiliki 5 fokus utama, yakniinformation systems, customer experience,analytics and intelligence, IoT, dan business ecosystems. Perusahaan harus mengidentifikasi bagaimana platform industri akan berkembang dan merencanakan cara untuk mengembangkan platform mereka guna memenuhi tantangan bisnis digital.

10. Adaptive Security Architecture

Perkemban gan IoT dan teknologi cerdas lainnya, tentunya harus diimbangi dengan sistem keamanan baru dan keamanan di lingkungan IoT adalah merupakan tantangan besar. Tim keamanan harus menciptakan solusi karena semua hal bakal berhubungan satu sama lain.

5 KIAT SUKSES BELAJAR KIMIA

1 Vote

(16)

Bagaimana belajar kimia? Ini ada 5 e l e m e n y a n g m e m b u a t A n d a sukses untuk belajar kimia.

Kimia adalah subjek yang seriing dipelajari bersama fisika.

Namun, penting untuk diingat bahwa kedua subjek itu sangatlah berbeda. Dengan pemikiran ini, k i t a m a m p u m e m b e d a k a n d a n mengidentifikasi metode terbaik pada teknik studi masing-masing.

Berikut adalah beberapa tips dan teknik belajar kimia sehingga mampu melewati ujian kimia dengan baik.

Pelajari Sebelum Masuk Kelas 1.

Teknik ini mendorong siswa untuk dapat mempelajari pelajaran sebelum masuk kelas sehingga siswa dapat mengikuti dan memahami pelajaran dengan baik. Dengan begitu, siswa mampu memikirkan hal baru yang berhubungan dengan pelajaran tersebut bahkan dapat mengajukan pertanyaan seandainya ada yang kurang jelas. Jika diikuti, metode ini mampu membuat siswa dapat memahami hampir seluruh materi pelajaran dengan baik tanpa perlu susah-susah memplejarinya kembali.

Pahamilah, Jangan hanya Diingat!

2.

William James mengatakan, “Inti dari jenius adalah dapat mengetahui apa yang harus diabaikan.” Kita tidak perlu menelan semua materi pelajaran tersebut satu persatu, kita harus selektif pada apa yang kita pelajari. Ketika belajar, kita harus fokus pada pemahaman konsep daripada menghafal secara detail. Jadi, perlu dipahami bahwa memahami dapat membuat materi lebih lama “menancap” di kepala kita dibandingkan menghafal. Jika hanya menggunakan teknik menghafal, tentunya setelah 2-3 hari Anda pasti lupa dengan materi tersebut.

(17)

Gunakan Flashcard 3.

Cara flashcard adalah dengan menuliskan simbol-simbol kimia, rumus kimia atau kata-kata ilmiah yang sulit untuk diingat pada sebuah kartu atau lembaran belajar. Menafsirkan semua konsep-konsep ini dengan benar adalah kunci keberhasilan Anda untuk mempelajari kimia. Meskipun ini tampak kecil pengaruhnya, namun sejumlah besar siswa gagal melewati ujian kimia setiap tahun karena mereka meremehkan betapa pentingnya memahami subyek yang kompleks ini. Dengan cara ini, lembaran belajar atau flashcard yang ideal untuk mengatur dan menyimpan simbol kimia pun bisa membantu Anda jauh lebih untuk menghafal materi.

Gunakan catatan 4.

Tidaklah cukup jika kita hanya memperhatikan saja di dalam kelas dan banyak hal penting terlewat begitu saja. Anda salah jika merasa bisa mengingat materi tersebut tanpa mencatatnya.

Kimia itu perlu untuk menuliskan segala sesuatu dan memahami dengan mencatat hal-hal yang penting pada materi. Catatan yang disusun dan disimpan dengan cara yang terorganisir dapat lebih mudah untuk Anda pahami.

Praktek Harian 5.

Hal yang tidak boleh Anda lupakan dalam studi kimia adalah praktek. Percuma Anda jika mempelajari semua hal tentang kimia namun Anda tidak pernah praktek, hal itu menjadi sia-sia dan tidak mendorong perkembangan ilmu pengetahuan dalam diri Anda.Uji pengetahuan Anda dengan tes kimia yang sederhana secara teratur sesuai dengan materi yang Anda pelajari. Cara ini mampu mempersiapkan Anda untuk ujian dan menilai tingkat pemahaman pada diri Anda. Tidak hanya kimia, pada pelajaran biologi dan fisika pun Anda diharapkan untuk melakukan praktikum-praktikum sederhana yang sesuai agar diri Anda mendapat nilai lebih dalam memahami materi tersebut.

Dengan adanya 5 metode ini, seharusnya Anda berhasil mendapat

(18)

hasil yang lebih baik jika dilaksanakan dengan baik. Cara-cara tersebut juga dapat meningkatkan efektivitas waktu belajar Anda sehingga Anda tidak perlu berulang kali belajar jika ada ujian dan waktu belajar Anda pun bisa menjadi lebih singkat dan porsi materi yang terserap pun lebih banyak. Cara tersebut mampu mengoreksi kekuatan dan kelemahan pada diri Anda sendiri bagian mana yang Anda kuaasai dan bagian mana yang Anda belum kuasai. Anda tidak perlu melakukan semua metode itu, cukup memilih 2 atau 3 metode yang menurut Anda lebih cocok untuk Anda.

Sumber : examtime.com

Waahhh Keren Nih!! Ada lagunya lhohh untuk Menghafal Sistem Periodik Unsur!!

LIST ANIME TERBARU WINTER 2017

Horray~ sudah memasuki bulan Januari nih. Nggak kerasa banget musim dingin sudah di depan mata. Tentunya anime-anime dari musim lalu sudah mulai banyak yang berguguran. Sekarang saatnya mari kita sambut anime terbaru winter 2017 yang paling wajib masuk list tonton a

(19)

Seperti biasa, karena begitu banyaknya anime yang rilis di setiap musim dari berbagai genre dan jenis. Mimin ikutan dengan team yang juga menggilai anime akhirnya memilih beberapa judul menarik. Dari rapat pemilihan dengan mengerahkan seluruh insting dan makan banyak tenaga tersebut menghasilkan 10 anime terbaru winter 2017 paling nggak bisa terlewatkan versi Akiba Nation. Dijamin, bila kalian mengikuti judul-judul anime berikut ini bakalan nggak sabaran menunggu rilisannya sekaligus nggak tega buat berkedip.

Apa aja sih judul-judul yang masuk kategori anime terbaru winter 2017 paling ditunggu? Yuk simak listnya dibawah ini:

Series

Genre : Action, Supernatural, Fantasy Tayang : 7 Januari 2017

Starring : Nobuhiko Okamoto, Fukuyama Jun

Sinopsis : Anime Ao No Exorcist season 2 ini akan mengadaptasi cerita manga volume kelima. Yaitu pada akhir zaman Edo dimana sesosok iblis bernama Impure King yang telah membunuh ribuan manusia dengan brutal telah berhasil dikalahkan. Namun setelah beberapa waktu kemudian, iblis yang disegel dalam suatu salib tersebut menghilang! Mendengar kabar tersebut, Yukio dan Rin akhirnya kembali bergerak untuk menemukannya sebelum kejadian lebih buruk terjadi. Mereka pergi mengunjungi kota Kyoto karena telah mencurigai seseorang…

Genre : Comedy, Supernatural, Shounen Tayang : 9 Januari 2017

Starring : Miyu Tomita, Kana Hanazawa

Sinopsis : Gabriel Dropout menceritakan kisah para

(20)

malaikat. Setelah lulus sekolah di surga, para malaikat harus dikirim ke Bumi. Dimana mereka harus menjadi malaikat sejati (honmono tenshi) dan belajar tentang kehidupan manusia.

Tujuannya tak lain adalah untuk membimbing manusia menuju jalan yang benar. Namun, Gabriel, si malaikat paling jenius di kelasnya, malah kecanduan video game setelah tiba di Bumi.

Kehidupannya pun berubah. Gabriel jadi cewek otaku nan jorok berlawanan dengan tampangnya yang sangat moe dan bersinar.

Iapun menyandang gelar “datenshi” alias malaikat kurang berguna.

4 – Seiren

Genre : Slice of Life, Romance, Comedy Tayang : 6 Januari 2017

Starring : Ayane Sakura, Kimura Juri

Sinopsis : Seiren merupakan Original anime yang bercerita tentang Shouichi Kamita, seorang siswa kelas 2 SMA yang mengkhawatirkan soal ujian masuk universitas dan masa depannya. Di titik ini pada hidupnya, dia malah bertemu dengan berbagai macam cewek, dan jalan cerita anime ini pun meliputi Hidup Shouichi dan hubungan nya dengan cewek-cewek tersebut.

5 – Youjo Senki

Genre : Military, Magic Tayang : 6 Januari 2017

Starring : Aoi Yuuki, Saori Hayami

(21)

Sinopsis : Di baris depan sebuah peperangan terdapat gadis kecil. Berambut Pirang, mata biru, dan berkulit putih halus, dia menjadi komandan pasukan dengan suara yang masih cadel. Ia bernama Tanya Degurchaff. Namun kenyataan nya, Tanya merupakan salarymen paling Elit di Jepang, yang terlahir kembali sebagai gadis kecil setelah kemarahan nya kepada makhluk misterius yang menyebut dirinya “Dewa”. Dan gadis kecil ini, yang selalu mengutamakan efisiensi dan karirnya dibandingkan hal lain, akan menjadi makhluk paling berbahaya diantara para penyihir dalam Pasukan Imperial.

6 – Yami Shibai 4th Season

Genre : Horror

Tayang : 16 Januari 2017 Starring : –

Sinopsis : Pendongeng bertopeng kuning yang misterius merupakan seorang pria yang nama dan asalnya tidak diketahui, dia muncul saat hari mulai gelap, dimana saat para anak kecil berkumpul dan mendongengkan cerita seram dari cerita rakyat Jepang, yang sangat ditakuti tapi juga sekaligus digemari oleh anak-anak tersebut. Namun sang pendongeng, bukanlah penutur cerita yang biasa. Dia mempunyai sebuah Kamishibai, sebuah gulungan kertas traditional yang menambahkan efek visual di ceritanya yang sebenarnya sudah sangat menyeramkan.

Yami Shibai merupakan serial cerita-cerita horror pendek, yang didasarkan pada rumor dan Urban Legend Jepang yang cukup terkenal sepanjang sejarah.

(22)

7 – Hand Shaker

Genre : Action

Tayang : 11 Januari 2017

Starring : Ayumu Murase, Kayano Ai

Sinopsis : Hand Shakers merupakan anime yang bersetting di Osaka AD20XX, tempat dimana para orang-orang unik yang mempunyai partner dan dapat menyummon “nimrodes”. Nimrodes sendiri adalah sebutan untuk senjata yang lahir dari hasil menyatukan kekuatan dua manusia lewat tangan. Dalam rangka mengabulkan perintah sang penyummon, Hand Shakers kadang harus bertarung dengan mahkluk atau orang sejenisnya. Pasangan yang paling kuat kemudian dapat bertemu dan “bertarung” dengan

“Tuhan”.

Genre : Comedy, Parody, Action Tayang : 9 Januari 2017

Starring : Tomokazu Sugita, Rie Kugimiya, Daisuke Sakaguchi Sinopsis : Siapa yang tidak kenal dengan Anime yang satu ini, trio kocak Gintoki, Shinpaci, dan Kagura akan kembali hadir untuk mengocok perut para pecinta Anime, dengan storyline yang selalu aneh dan menghibur dan Alternate-reality dari Zaman Edo, serial Gintama tidak pernah membosankan untuk ditonton dan selalu sukses menghibur para penggemarnya.

Movie

Genre : Action, Comedy, Historical, Demons, Supernatural, Fantasy, Shounen

(23)

Tayang : 27 Januari 2017

Starring : Daisuke Ono, Maaya Sakamoto

Genre : Action, Mystery, Supernatural, Vampire Tayang : 6 Januari 2017

Starring : Maaya Sakamoto, Hiroshi Kamiya

Cara Mempublish TTS EclipseCrossword ke Ms. Word

Berikut ini langkah-langkah mempublish teka-teki silang ke Ms.

Word :

Buat teka-teki silangnya terlebih dahulu (sesuai 1.

tutorial yang sebelumnya telah dibahas klik disini)

Berikut ini contoh teka-teki silang yg saya buat, 2.

setelah muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, klik next.

(24)

Setelah itu muncul tampilan seperti gambar dibawah, 3.

kemudian klik Publish crossword

Berikut ini Penjelasan dari text yang saya tandai dengan 4.

warna kuning :

Exporting the clues : untuk mempublish Clue/Soal-nya

Exporting the puzzle grid : untuk mempublish kotak isiannya

Exporting the puzzle to other crossword software : untuk mengexport file tts ke software pembuat tts yang lain P e r t a m a k i t a p u b l i s h c l u e - n y a d u l u , d e n g a n 5.

cara klik Rich Text Format (RTF), lalu tentukan lokasi penyimpanan misalnya di document, dengan nama soal-tts.

Kemudian klik Save.

S e l a n j u t n y a p u b l i s h k o t a k p u z z l e n y a , d e n g a n 6.

cara klik Windows metafile (WMF), lalu tentukan lokasi penyimpanan misalnya di document, dengan nama kotak-tts.

Kemudian klik Save.

Langkah berikutnya membuka tts di Ms. Word. Dengan cara 7.

buka folder dimana anda menyimpan tts tsb, maka akan muncul 2 file yaitu soal-tts dan soal-tts (key).

Perbedaannya jika file soal-tts hanya berisi soalnya saja, sedangkan file soal-tts (key) berisi soal beserta jawabannya.

Buka file soal-tts, lalu secara otomatis menjalankan 8.

(25)

program Ms. Word, disitu akan ditampilkan daftar clue yang telah anda buat, seperti gambar dibawah ini :

Berikutnya memasukan gambar kotak puzzle dibawah daftar 9.

clue. Caranya, pada Ms. Word klik menu Insert lalu klik picture, kemudian buka folder dimana anda menyimpannya, maka akan muncul 2 file yaitu kotak-tts dan kotak tts (key). Perbedaannya jika file kotak-tts hanya kotak tts kosong, jika file kotak-tts (key) berisi kotak tts berikut dengan jawabannya.

Pilih file kotak-tts (tanpa jawaban/key), kemudian klik 10.

open maka di Ms. Word akan tampil kotak-kotak tts dibawah clue, seperti gambar dibawah ini :

Selesai, selanjutnya anda bisa mengatur posisi, ukuran, 11.

dsb atau memasukan kotak-tts yang berisi jawabannya.

Caranya sama dengan langkah no. 9-10 tapi pilih file yang ada tanda (key)-nya misalnya kotak-tts (key).

(26)

Nah sekian tutorial cara mempublish hasil TTS Eclipse crossword ke Ms Word, semoga bermanfaat guys!!

Cara Membuat TTS Dengan Menggunakan Eclipse Crossword

Halooo semuanyaaa,sekarang author akan membahas tentang sofware untuk membuat TTS alias TEKA TEKI SILANG

TTS (Teka Teki Silang) bukan hanya untuk kesenangan atau Fun tetapi sekarang TTS bisa digunakan sebagai media dalam pendidikan. Untuk membuat TTS memerlukan keahlian serta keuletan yang tinggi dan memerlukan waktu berjam-jam (sangat lama). Oleh karena itu banyak menyita waktu sehingga cukup merepotkan, itu dahulu sebelum ditemukan software pembuat TTS.

Sekarang untuk membuat sebuah TTS hanya diperlukan waktu dalam hitungan menit. Banyak software untuk membuat TTS diantaranya adalah:Crossword Forge, Eclipse Crossword dan lain-lain.

Sekarang yang akan saya bahas adalah cara membuat TTS dengan

(27)

menggunakan software Eclipse Crossword.

Adapun langkah-langkah untuk membuat TTS adalah sebagai berikut:

Install software Eclipse Crossword dari situs resminya 1.

atau download sini

Jalankan program klik start – all program – Eclipse 2.

Crossword

Muncul gambar seperti di atas. Pada start a new 3.

crossword, or work an old one? Pilih I would like to start a new crossword. Kemudian klik Next

Pada Have you already created a word list, or do you 4.

want to make one now? Pilih Let me create a word list from scratch now lalu klik Next

Langkah berikut, masukan kata pada field “word” sebagai 5.

jawaban misalnya ‘EVOLUSI’ dan masukan pertanyaan pada field “Clue for the word” misalnya proses perubahan makhluk hidup secara perlahan dalam jangka waktu yang sangat lama. Kemudian klik tombol Add word to list.

Masukan jawaban dan pertanyaan sebanyak-banyaknya sesuai keinginan, kemudian kalau sudah selesai klik Next maka akan muncul pertanyaan do you want to save this word list for future use before continuing? Pilih No

Pada field Name of this crossword masukan judul TTS 6.

misalnya’ Organisasi Kehidupan’ kemudian pada field your name masukan nama pembuat TTS misalnya ‘Anunk’ lalu klik Next

Atur banyaknya kotak kesamping (wide) dan kebawah (tall) 7.

dengan mengubah angka pada I want the crossword puzzle to be sesuai dengan kebutuhan lalu klik Next

Tunggu proses generate selesai 8.

Bila susunannya belum memuaskan maka kita bisa 9.

mengubahnya dengan mengklik make another puzzle like this one kalau sudah dirasa cocok maka klik Next

(28)

S e l e s a i s u d a h p r o s e s p e m b u a t a n T T S , k i t a b i s a 10.

menyimpannya pada computer atau bisa juga menyimpan di blog atau web dan bisa mencetaknya. Jika mau menyimpan di komputer tinggal pilih save crossword atau save list.

Untuk menyimpan di blog pilih save as web page.

Kalau ingin mencetak hasil pekerjaan pilih print 11.

crossword. Puzzle grid with answer (kotak TTS yang sudah ada jawabannya). List of clues with answers(daftar pertanyaan dan kunci jawaban). Empty puzzle grid (TTS berupa kotak kosong). Word bank (daftar pertanyaan).

Clues (jawaban).

Nah kurang lebih seperti itulah cara membuat TTS dengan Eclipse Crossword. Mudah kan Guys?? Semoga Bermanfaat

Untuk postingan selanjutnya author akan memposting Cara Mempublish TTS EclipseCrossword ke Ms. Word. Tunggu yaaa

TEKA TEKI SILANG (TTS) KIMIA

Nah ini TTS bikinan author dengan memakai software Eclipse Crossworrd guys

Ayo pecahkan TTS dibawah ini untuk menguji pengetahuan kalian terkait materi KIMIA

Across (Mendatar)

Penggunaan pasangan elektron bersama 2.

Unsur yang menangkap 2 elektron agar stabil 3.

Kaidah dimana elektron terluar berjumlah delapan 4.

Ion yang bermuatan positif 5.

Atom yang bermuatan 6.

(29)

Gabungan atom atom melalui ikatan kovalen 7.

Jenis ikatan senyawa karbon air 8.

Jumlah elektron terluar atom Ar 9.

Elektron terluar 10.

Down (Menurun)

Pemakaian pasangan elektron yang berasal dari 1 atom 1.

Tokoh yang mengunakan titik untuk menggambarkan elektron 2.

pertama sekali

Unsur yang berikatan dengan hidrogen untuk membentuk 3.

ikatan kovalen rangkap tiga

Salah satu uji dalam penentuan protein 4.

Protein yang erdapat pada inti sel dan kecambah biji- 5.

bijian

Molekul yang berasal dari unsur unsur sejenis 6.

elektron valensi untuk atom 9 F 7.

Bersifat amfoter karena membentuk zwitter ion, merupakan 8.

sifat dari?

Atom Mg dengan nomor atom 12 melepas …. elektron agar 9.

stabil

Selamat Mengerjakan Guys!! Good Luck

10 Trik Microsoft Office Word Wajib Tahu Untuk Mempercepat Pekerjaan Anda

Trik Microsoft Office Word Wajib Tahu –

Saya yakin hampir setiap pengguna komputer sudah tahu apa itu program Office Word. Sebagai pengguna komputer tentunya sudah

(30)

sangat familiar dengan program Office Word. Wajar saja karena Office Word usianya memang sudah tua. Bahkan sebelum Windows dirilis Office Word sudah ada. Tepatnya tahun 1983 Office Word sudah hadir dikalangan pengguna komputer. Disamping itu Office Word memang sangat efisien untuk kita gunakan sebagai program pengolah kata. Banyak yang merasa terbantu dengan adanya program yang satu ini. Semua tugas sekolah, kuliah, dan perkantoran bisa terselesaikan dengan hanya menggunakan program Office Word.

Tahukah Anda kalau program Office Word menyimpan beberapa trik rahasia? Trik-trik ini bisa kita gunakan untuk mempercepat proses pekerjaan Anda? Contoh kecilnya saja ketika kita ingin melakukan copy paste di Office Word, maka cara cepatnya kita bisa menggunakan shortcutCtrl+C (Copy) dan Ctrl+V (Paste).

Meskipun trik ini bukan hanya bisa kita nikmati di Office Word saja. Asal Anda tahu juga sebetulnya masih banyak trik-trik mempercepat pekerjaan Di Office Word.

Trik Copy Paste dengan Ctrl+C dan Ctrl+V mungkin hampir setiap pengguna komputer sudah tahu. Namun saya yakin untuk trik lain

(31)

yang akan saya bahas disini hanya sebagian saja yang tahu.

Untuk itu silakan simak artikel ini sampai selesai.

Berikut 10 Trik Microsoft Office Word Wajib Tahu Untuk Memudahkan Pekerjaan Anda

1. Mengubah Lowercase Ke Uppercase Atau Sebaliknya

Ketika kita ingin mengetik huruf kecil (Lowercase ) di layar kerja Office Word maka kita harus mematikan tombol Caps Lock pada keyboard. Karena jika tombol Caps Lock aktif maka otomatis huruf yang dihasilkan akan menjadi kapital (Uppercase). Lalu bagaimana jika proses pengetikan sudah selesai dan kita ingin mengubah ketikan yang semula huruf kecil menjadi kapital atau sebaliknya? Apakah kita meski menghapus semua ketikan tersebut dan menggantinya dengan huruf yang kita inginkan? Coba Anda bayangkan jika ketikan berjumlah 10 halaman atau lebih!

Menurut saya itu adalah trik yang salah kaprah. Karena hal tersebut hanya akan menghabiskan waktu Anda secara percuma.

Ada trik cepatnya jika kita ingin mengubah huruf di Office dari Lowercase ke Uppercase atau sebaliknya, yaitu menggunakan keyboard shortcut. Kita hanya membutuhkan dua kombinasi tombol keyboard saja, yaitu tombol Shift dan F3 ditekan secara bersamaan (Shift+F3). Caranya silakan Anda block huruf atau kalimat yang diubah, kemudian tekan shortcut Shift+F3. Ketika pertama huruf kecil semua maka setelah diberi efek Shift+F3 maka huruf awalnya akan menjadi kapital, dan jika ditekan lagi Shift+F3 maka tulisan menjadi kapital semua.

(32)

2. Memindahkan Kursor Lebih Cepat

Apa itu kursor di Office Word? Kursor adalah sebutan untuk penunjuk di Office Word yang berupa garis tegak yang berkedip- kedip. Lebih jelasnya lagi bentuk kursor ini menyerupai huruf I. Kursor ini hanya bisa kita gerakkan serta dipindahkan pada area yang sebelumnya sudah ada naskah ketikan saja.

Ketika kita ingin memindahkan kursor di layar Office Word biasanya kita menggunakan tombol panah pada keyboard. Atau trik lainnya kita bisa menggunakan mouse. Namun tahukan Anda untuk memindahkan kursor ini ada juga trik cepatnya, yaitu menggunakan shortcut Shift+F5. Ketika kita menekan Shift+F5 maka kursor mouse akan berpindah cepat ke spot terakhir yang awalnya kita edit. Hal ini sangat berguna ketika jumlah halaman di Office Word sudah banyak. Trik ini akan berfungsi juga walaupun file dokumen Office Word sudah Anda tutup.

3. Memindahkan Ketikan Lebih Cepat

Terkadang ketika kita mengetik di Office Word ingin memindahkan text satu kalimat atau lebih ke paragraf yang lain. Cara yang sudah umum dilakukan adalah dengan block tulisan kemudian copy lalu hapus dan paste di tempat yang dimaksud. Padahal ada lagi trik yang lebih cepat yaitu dengan menggunakan shortcut Ctrl+F3 untuk copy tulisan sekaligus menghapus danCtrl+Shift+F3 untuk paste tulisan.

Cara cepat lainnya adalah dengan menggunakan tombol F2. Block tulisan yang ingin dipindah, tekan F2 lalu pindahkan kursor ke lokasi tempat yang dituju dan Enter untuk proses paste.

4. Block Tulisan Lebih Cepat

Ketika kita ingin block satu paragraf biasanya kita akan melakukan klik tiga kali dengan cepat pada paragraf yang dimaksud. Atau ketika kita ingin mem-block semua tulisan di Office Word maka cara cepatnya bisa menggunakan shortcut

(33)

Ctrl+A. Lalu bagaimana jika kita ingin block paragraf dalam bentuk kotak apakah bisa kita lakukan? Tentu saja bisa! Namun ketika Anda melakukan block pada paragraf harus sambil menekan tombol Alt kemudian klik dan seretmenggunakan kursor mouse.

5. Menghilangkan Styling / Convert To Plain Text

Terkadang kita ingin menghilangkan styling atau efek-efek tertentu di layar kerja Office Word seperti efek bold, italic, underline, font syle, font size, dan sebagainya. Jika jumlah styling tersebut sedikit tentunya kita bisa menghilangkannya secara manual, misal menghilangkan efek bold (tulisan tebal) maka bisa mem-block tulisan lalu klik Bold atau Ctrl+B. Namun bagaimana jika styling tersebut jumlahnya banyak? Cara cepatnya Anda bisa menggunakan shortcut Ctrl+Spacebar atau bisa juga dengan menekan Ctrl+Shift+N. Jangan lupa sebelum menggunakan shortcut Anda harus mem-block dulu text yang akan diubah atau dihilangkan stylingnya.

Mengkonversi text ke mode plain text atau menghilangkan styling juga kita butuhkan ketika kita mengcopy paste tulisan dari halaman web. Karena biasanya tulisan yang kita hasilkan dari halaman web begitu di paste di layar kerja Office Word akan berantakan.

6. Menempatkan Kursor Sesuka Hati

Diatas sudah saya bahas apa itu kursor pada layar kerja Office Word. Secara default kursor ini akan berada pada akhir tulisan/text. Ketika kita ingin membuat garis baru/paragraf maka harus menekan Enter pada keyboard. Tapi sebetulnya kursor tersebut bisa kita tempatkan dimana saja atau ditempat yang kita butuhkan. Hal ini seperti kita layaknya menulis di papan tulis. Caranya kita tinggal melakukan klik ganda / double klik pada area manapun. Misal kita ingin menempatkan kursor di tengah halaman, maka tinggal klik ganda saja menggunakan mouse

(34)

di tengah halaman atau tempat yang akan kita jadikan tulisan baru.

7. Mengcopy Hanya Format Text

Pernahkan Anda terpikirkan bagaimana cara copy paste format text dan bukan textnya itu sendiri? Bingung ya? Contohnya kita mengetik kata “bingung” kemudian kata tersebut kita beri format atau efek bold, italic, underline, dan warna merah.

Maka nantinya akan menjadi seperti ini “bingung“. Nah yang saya maksud format text tersebut adalah efek style bold, italic, underline, dan warna. Kemudian kita ingin melakukan copy paste hanya pada formatnya saja bukan pada text “bingung”

tersebut. Misalnya format style bold, italic, underline, dan warna itu ingin diterapkan juga pada ketikan “pusing”.

Ternyata dengan menggunakan shortcut tertentu kita bisa melakukan copy paste hanya pada format textnya saja. Setelah di block tulisan yang akan diambil formatnya, tekan Ctrl+Shift+Cuntuk proses copy kemudian block juga ketikan yang akan diberi efek format lalu tekanCtrl+Shift+V untuk proses paste.

8. Mengulang Perintah Terakhir

Biasanya ketika kita ingin mengulang perintah terakhir di Office Word yang dengan menggunakan fitur Undo atau keyboard shortcutnya adalah Ctrl+Z. Tahukah Anda bahwa untuk mengulang perintah terakhir tersebut bisa juga dengan menekan tombol F4 di keybaord. Coba Anda buat tulisan sembarang di layar kerja Office Word dan beri format bold misalnya, kemudian tekan tombol F4, lalu apa yang terjadi?

9. Membuat Automatic Page Break

Apa yang Anda lakukan ketika ingin membuat sebuah page break di layar kerja Office Word? Apakah dengan menekan Enter secara terus menerus hingga membentuk sebuah page break? Ya memang

(35)

betul trik tersebut juga bisa membuat page break. Namun masalahnya jika membuat page break dengan cara tersebut ketika Anda mengedit halaman diatasnya maka secara otomatis halaman selanjutnya akan berubah. Ada cara lain dalam membuat automatic page break dan dijamin halaman selanjutnya tidak berubah, yaitu dengan menggunakan shortcut Ctrl+Enter.

10. Memperbesar/Memperkecil Text Secara Cepat

Hal yang sudah kita bisa lakukan ketika ingin mengubah ukuran huruf di layar kerja Office Word adalah ketika text sudah ter- block maka memilih Font Size yang posisinya berdampingan denganFont Syle. Sebetulnya ada trik lebih cepat dalam mengubah ukuran huruf ini tanpa harus lompat ke Font Size.

Caranya yaitu block text yang akan diubah ukurannya kemudian tekan Ctrl+Shift+>untuk memperbesar dan Ctrl+Shift+< untuk memperkecil.

Ok mungkin artikel terkait trik menyiasati penggunaan Ms Word dicukupkan sekian saja. Apakah Anda mempunyai trik lain juga? Silakan bisa disampaikan di kotak komentar! Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses!

Source : info-menarik.net

30 Manfaat Madu bagi Kesehatan Manusia

Halooo

(36)

Kali ini authir akan membahas tentang manfaat dari madu atau

“honeyy”

Eitss jangan baper lhoh sama kata ‘ honey’ nya

Siapa sih yang tidak kenal madu? madu yang memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan. Madu diproduksi oleh lebah secara alami dengan memanfaatkan sari-sari makanan yang penuh dengan vitamin B dan C, kalsium, mineral, zat besi dan sodium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia. Bahkan dalam Al quran dijelaskan tentang makhluk ciptaan Tuhan ini yang memberikan penjelasan betapa lebah sangat penting peranannya dalam kehidupan manusia.

Manfaat madu sudah diketahui dari sejak zaman dahulu, madu dimanfaatkan paling banyak untuk masalah kesehatan dan baru- baru ini madu juga mulai dimanfaatkan untuk kecantikan. Karena manfaat madu yang begitu besar, tidak heran banyak orang yang selalu mencari madu untuk dikomsumsi setiap hari. Sayangnya banyak orang-orang yang tidak bertanggunjawab memanfaatkan momen tersebut untuk meraup keuntungan dengan menjual madu palsu. Jadi diharapkan, agar ketika membeli madu diperiksa dengan seksama sebelum membeli madu.

Secara garis besar madu itu dibedakan menjadi dua berdasarkan tempat tinggal lebah, pertama madu yang diambil dari alam liar (diproduksi lebah liar) dan kedua madu yang diambil dari hasil ternak lebah (diproduksi lebah ternak). Adapun setelah diolah madu biasanya terdiri dari 3 jenis berdsarkan warna, pertama madu putih, kedua madu hitam dan madu kuning. Untuk harga madu paling mahal adalah madu putih, kemudian madu hitam dan terakhir madu kuning.

30 Manfaat Madu bagi Kesehatan Manusia

Berikut ini admin sajikan beberapa Manfaat Madu, yaitu : Mengobati batuk

1.

(37)

Mempercepat penyembuhan luka 2.

Mencegah diabetes 3.

Mengobati sariawan 4.

Meningkatkan stamina tubuh 5.

Menurunkan kolesterol tinggi 6.

Mengobati asam urat 7.

Mengobati diare dan masalah pencernaan lainnya 8.

Mengatasi adanya infeksi akibat bakteri atau virus 9.

Meringankan kondisi setelah melakukan operasi mata 10.

Mampu meningkatkan kesuburan seseorang, baik pria 11.

ataupun wanita

Mengatasi kulit gatal dan iritasi 12.

Menyembuhkan iritasi kulit yang disebabkan karena 13.

matahari

Dapat meringankan asma 14.

Mengatasi adanya kekurangan gizi 15.

Meningkatkan penyerapan nutrisi pada sistem pencernaan 16.

Meningkatkan metabolisme dan menjaga imun tubuh 17.

Masker madu mencegah munculnya penuaan dini 18.

Mengecilkan pori besar secara alami 19.

Mengobati jerawat dan bekasnya 20.

Mengangkat kotoran dan komedo di kulit 21.

Memerahkan bibir secara permanen.

22.

Menurunkan berat badan 23.

Gerakan usus 24.

Meningkatkan energi tubuh 25.

Kesehatan Kulit 26.

Mengingkatkan sistem kekebalan tubuh 27.

Meningkatkan metabolisme tubuh 28.

Mencegah dehidrasi 29.

Baik untuk pencernaan 30.

Nahhh itu dia manfaat madu bagi tubuh kita. Semoga Bemanfaat guys!!

source : www.artikelind.com.

Figure

Updating...

References