dan Analisis Input-Output

Top PDF dan Analisis Input-Output:

Analisis input-output & social accounting matrix

Analisis input-output & social accounting matrix

Analisis Input-Output (I-O) dan Social Accounting Matrix (SAM) merupakan alat analisis yang memasukkan fenomena keseimbangan umum yang didasarkan atas arus transaksi antarpelaku perekonomian dalam berbagai pasar. Buku ini tidak hanya membahas konsep dasar I-O dan SAM, tetapi juga dilengkapi dengan aplikasi kedua peralatan analisis tersebut dalam pembangunan ekonomi daerah. Aplikasi I-O dan SAM yang disajikan dalam buku ini benar- benar contoh kasus dari dunia nyata. Tidak kalah penting, buku ini juga menguraikan beberapa piranti lunak (software) yang dapat digunakan untuk berbagai analisis I-O dan SAM.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Analisis dampak investasi pada sektor perdagangan terhadap perekonomian Indonesia (Analisis Input-Output)

Analisis dampak investasi pada sektor perdagangan terhadap perekonomian Indonesia (Analisis Input-Output)

Puji syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT atas segala rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusunan skripsi ini dapat terselesaikan. Judul skripsi ini adalah “Analisis Dampak Investasi Pada Sektor Perdagangan Terhadap Perekonomian Indonesia (Analisis Input-Output)”. Perdagangan merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian seperti halnya dalam penyumbang devisa bagi negara. Karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian terkait dengan perdagangan, khususnya di Indonesia. Disamping hal tersebut, skripsi ini juga merupakan salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi pada Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor. Penulis mengucapkan terima kasih kepada :
Baca lebih lanjut

96 Baca lebih lajut

Peranan Agroindustri terhadap Pertumbuhan Wilayah, Pendapatan, dan Penyerapan Tenaga Kerja di Kota Bogor (Analisis Input-Output)

Peranan Agroindustri terhadap Pertumbuhan Wilayah, Pendapatan, dan Penyerapan Tenaga Kerja di Kota Bogor (Analisis Input-Output)

Dalam simulasi dampak investasi sektor agroindustri jenis investasi yang digunakan yaitu investasi dalam negeri (PMDN) dan Pemda. Analisis dampak pada penelitian ini didasarkan pada asumsi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Bogor (RPJMD) selama kurun waktu 2010-2014. Pada Tabel 6.13, memperlihatkan perkiraan nilai investasi total sektor agroindustri tahun 2010-2014 sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Bogor. Jumlah investasi PMDN untuk tahun 2010 dan 2011 diambil berdasarkan data yang sudah terealisasi, dan data untuk tahun 2012-2014 diperoleh dengan cara mengestimasi dari proyeksi laju pertumbuhan ekonomi rata-rata Kota Bogor per tahunnya yang diproyeksi oleh Bappeda dikali dengan investasi tahun sebelumnya, dimana proyeksi pertumbuhan ekonomi untuk tahun 2012 sebesar 6.03 persen, tahun 2013 sebesar 6.11 persen, dan tahun 2014 sebesar 6.43 persen. Sedangkan untuk jumlah investasi Pemda disesuaikan dengan target pencapaian program dalam Renstra Disperindag Kota Bogor baik yang sudah terealisasi maupun proyeksi ke depan.
Baca lebih lanjut

227 Baca lebih lajut

Analisis input-output peranan industri kertas dalam perekonomian indonesia

Analisis input-output peranan industri kertas dalam perekonomian indonesia

Salah satu sektor industri pengolahan yang berkembang pesat adalah sektor industri kertas. Hal yang menyebabkan industri ini terus berkembang pesat di Indonesia antara lain adalah kemudahan mendapatkan baku dan tenaga kerja yang murah. Pada akhir tahun 2000 kapasitas terpasang industri kertas nasional telah mencapai sekitar 9,1 juta ton per tahun, produksi sebesar 6,8 juta ton, ekspor sebesar 2,8 juta ton, dan konsumsinya yang telah mencapai 4,2 juta ton. Data-data tersebut di atas menunjukkan bahwa industri kertas sangat potensial untuk terus dikembangkan khususnya untuk meningkatkan penerimaan devisa negara. Selain perkembangannya yang pesat tersebut, industri kertas juga mempunyai pengaruh dan hubungan timbal balik terhadap industri atau sektor lainnya karena komoditi kertas yang dihasilkan oleh industri ini dapat sebagai input sektor industri lain dan sebaliknya industri kertas juga membutuhkan input dari sektor lain tersebut. Berdasarkan kondisi di atas, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana peran sektor industri kertas bagi perekonomian Indonesia
Baca lebih lanjut

114 Baca lebih lajut

Analisis Peranan dan Dampak Investasi Infrastruktur terhadap Perekonomian Indonesia: Analisis Input-Output

Analisis Peranan dan Dampak Investasi Infrastruktur terhadap Perekonomian Indonesia: Analisis Input-Output

Hasil analisis di atas menunjukkan bahwa semua sektor kategori infrastruktur memiliki nilai keterkaitan total ke depan yang rendah yang berarti bahwa sektor-sektor tersebut kurang mempunyai kemampuan untuk meningkatkan output sektor lainnya melalui penyediaan input. Hal ini sesuai dengan kondisi infrastruktur yang terjadi saat ini dimana ada sekitar 101,2 juta penduduk Indonesia yang tidak memiliki akses terhadap listrik, sekitar 23 persen tidak memiliki akses terhadap air bersih, sementara itu komposisi jalan beraspal dari total panjang di Indonesia hanya sekitar 58 persen 3 . Demikian pula dengan rasio jumlah penduduk yang memiliki akses terhadap jaringan telekomunikasi, menurut Bank Dunia hanya ada sekitar 9,1 persen pelanggan telepon, baik biasa maupun seluler dari sekitar 100 penduduk Indonesia dan hanya ada 1,7 persen dari total penduduk Indonesia yang memiliki akses ke jaringan saluran pembuangan 4 . Gambaran tersebut menunjukkan bahwa kondisi infrastruktur nasional saat ini bisa dikatakan masih kurang memadai karena kemampuannya
Baca lebih lanjut

108 Baca lebih lajut

Pengembangan Model Input Output dengan P

Pengembangan Model Input Output dengan P

Pembuatan tabel input-output berdasarkan metode survai membutuhkan biaya yang sangat besar dan membutuhkan waktu yang lama sehingga ketika dipublikasikan datanya telah ketinggalan jaman. Karena itu pengembangan model input-output berdasarkan metode non- survai dan survai sebagian berkembang dengan pesat pada dekade tahun 1980an seperti metode RAS, metode Programasi Linear, Multiplier Langrange, dan Hibrida (David, Lofting dan Sathaye, 1977; St. Louis, 1989; Richardson, 1985). Nampaknya metode RAS lebih baik dibandingkan dengan metode lainnya sebelum lahirnya metode hibrida karena perbedaan koefisien yang dihasilkan tidak berbeda jauh dengan model hasil survai (Morrison dan Smith, 1974; St. Louis 1989; Davis, Lofting dan Sathaye, 1977). Stone mengembangkan metode RAS yang tetap membutuhkan survai sebagian untuk menyesuaikan teknologi nasional menjadi koefisien input-output regional. Data yang dibutuhkan adalah jumlah input antara, jumlah output antara dan junlah total output regional.
Baca lebih lanjut

29 Baca lebih lajut

Input, Interaksi, dan Output dalam Pemerolehan bahasa

Input, Interaksi, dan Output dalam Pemerolehan bahasa

Banyak pihak memprihatinkan fenomena itu. Oleh karena itu, berbagai upaya dilakukan untuk mempertahankan keberadaan bahasa daerah. Di sejumlah wilayah di Indonesia, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, dan Bali, dibuat Peraturan Daerah atau Peraturan Gubernur sebagai payung hukum bagi pelestarian bahasa daerah. Ada juga pemerintah kabupaten/kota yang menetapkan hari berbahasa daerah di lingkungan pemerintahan pada hari tertentu. Hari berbahasa daerah juga digagas oleh sejumlah sekolah. Hal terakhir ini menarik untuk dikaji karena beberapa alasan.Subjek sasarannya banyak dan merupakan generasi yang paling besar kemungkinan penguasaan bahasa daerahnya rendah. Kajian diarahkan pada potensi hari berbahasa daerah di sekolah sebagai upaya pemertahanan bahasa daerah dalam perspektif pemerolehan bahasa. Untuk menuju ke situ, selanjutnya akan dibahas secara berturut-turut tentang penguasaan bahasa, input, interaksi, dan output dalam pemerolehan bahasa, kepunahan dan pemertahanan bahasa, dan hari berbahasa daerah di sekolah, dan tantangan yang dihadapi serta solusi yang perlu ditempuh.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Laporan Praktikum Input dan Output Modul

Laporan Praktikum Input dan Output Modul

Pada pemrograman Java untuk melakukan Operasi Input dan untuk menyimpan nilai data ke variabel tertentu melalui peralatan Input/Output. Ada 3 bentuk inputan yakni :1) Scanner 2) BufferedReader 3) JOptionPane. Begitu juga untuk mencetak kedalam layar monitor kitadapat menggunakan Kelas yang sudah disediakan oleh library Java yaitu dengan menggunakan Kelas System. Untuk menampilkan data keluaran pada peralatan output standart (layar monitor) ada 3 cara di antaranya sebagai berikut : 1) System.out.println(); 2) System.out.print(); 3) System.out.printf();.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Alat Input Output dan Proses Komputer

Alat Input Output dan Proses Komputer

Alat Input, Output, dan Proses Komputer September 18, 2013 at 1:34 pm Uncategorized Alat Input Alat input adalah alat-alat yang berfungsi untuk memasukan data atau perintah dari luar [r]

9 Baca lebih lajut

Sistem Operasi Input Output praktikum

Sistem Operasi Input Output praktikum

 $ mkdir mydir Terdapat pesan error dikarenakan jika kita membuat sebuah direktori baru dengan nama yang sama yang sudah dibuat maka akan tampil pesan error, dan kemudian pesan error t[r]

17 Baca lebih lajut

Makalah Input Output Dalam Sistem Operas

Makalah Input Output Dalam Sistem Operas

Input Output Dalam Sistem Operasi dan Contoh Implementasinya ini dapat kami selesaikan. Kami berharap bahwa makalah ini dapat menjadi acuan dan bermanfaat bagi perkembangan teknologi informasi di Indonesia, terutama bagi pemahaman mahasiswa dan semua pihak yang tertarik terhadap input output dalam system operasi. Makalah ini ditujukan untuk bahan acuan kuliah Sistem Operasi.

12 Baca lebih lajut

PRAKTIKUM 7 DASAR INPUT OUTPUT

PRAKTIKUM 7 DASAR INPUT OUTPUT

Dalam Java, input console dilakukan melalui pembacaan terhadap stream System.in . Untuk mendapatkan karakter-karakter yang dimasukkan melalui keyboard ke dalam layer console, diperlukan membungkus System.in di dalam objek BufferedReader . Hal ini dilakukan untuk membentuk stream karakter karena System.in sebenarnya merupakan stream bute. Adapun bentuk constructor dari BufferedReader sebagai berikut,

8 Baca lebih lajut

HUBUNGAN FISIK INPUT DAN OUTPUT PERTANIA

HUBUNGAN FISIK INPUT DAN OUTPUT PERTANIA

Meskipun mempunyai peran yang sangat strategis, sektor pertanian mempunyai banyak kendala, salah satunya yang paling penting adalah kebutuhan akan modal. Kebutuhan akan modal akan meningkat dimasa mendatang seiring melonjaknya harga-harga input pertanian, seperti pupuk, obat-obatan, dan upah buruh. Kendala ini akan menjadi potensi yang besar bagi lembaga keuangan seperti perbankan swasta maupun negeri. Salah satu peran lembaga keuangan antara lain menejer investasi, mereka menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan dalam bentuk pinjaman atau pembiayaan. Namun kenyataanya, perbankan tidak tertarik untuk ‘menggarap’ sektor pertanian. Karakteristik usaha yang mengandung banyak resiko yang menyebabkan minat lembaga keuangan dalam memberi pembiayaan sangat minim.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

bab 3. input proses output

bab 3. input proses output

Setiap program aplikasi pasti membutuhkan operasi input dan output. Memasukan data input secara interaktif merupakan salah satu contoh dari program aplikasi yang banyak beredar saat ini. Suatu program yang tidak dapat menghasilkan bentuk keluaran (output) akan menjadi sebuah program yang sia-sia, karena kita tidak dapat melihat hasil dari proses yang dilakukan oleh program tersebut.

8 Baca lebih lajut

KTI Materi4 Input Output Device

KTI Materi4 Input Output Device

Alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet), scanner (misalnya magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (misalnya digitizing camera), voice recognizer (misalnya microphone). Sedangkan alat input tidak langsung misalnya keypunch yang dilakukan melalui media punched card (kartu plong), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau hard disk) sebelum diproses lebih lanjut.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Ekspresi matematik:  Hubungan antara input dan output

Ekspresi matematik:  Hubungan antara input dan output

Sistem Dinamik :  Outputnya selain tergantung pada input saat yang sama juga tergantung input pada saat yang lalu atau saat yang akan datang  y Memori terbatas Memori terbatas... C[r]

40 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...