NILAI TUKAR DOLLAR

Top PDF NILAI TUKAR DOLLAR:

Pendeteksian Krisis Mata Uang di Indonesia Menggunakan Gabungan Model Volatilitas dan Markov Switching Berdasarkan Indikator Nilai Tukar Dollar Terhadap Rupiah.

Pendeteksian Krisis Mata Uang di Indonesia Menggunakan Gabungan Model Volatilitas dan Markov Switching Berdasarkan Indikator Nilai Tukar Dollar Terhadap Rupiah.

Data nilai tukar dollar terhadap rupiah merupakan data runtun waktu. Cryer [10] memperkenalkan salah satu model runtun waktu untuk data stasioner yaitu model ARMA yang mempunyai asumsi homoskedastisitas. Dalam bidang finansial sering terjadi keadaan heteroskedastisitas karena data memiliki volatilitas tinggi pada beberapa periode dan volatilitas rendah pada periode lain. Oleh karena itu, diperlukan model yang dapat menggambarkan volatilitas tersebut.

3 Baca lebih lajut

Pengaruh kenaikan nilai tukar dollar Ame

Pengaruh kenaikan nilai tukar dollar Ame

Akhir-akhir ini Indonesia sedang mengalami krisis ekonomi dikarenakan nilai tukar rupiah menurun sampai menembus angka Rp. 14.000/USD. Penyebab penurunan nilai tukar rupiah bukan semata-mata di karenakan pemerintah yang tidak bisa mengatasi masalah tersebut tetapi di karenakan faktor eksternal, kenaikan nilai dollar sendiri tidak hanya terjadi di Indonesia saja tetapi juga terjadi di Negara lainnya. Tahun 2008 Amerika mengalami krisis ekonomi yang membuat nilai tukar dollar Amerika menurun dan memaksa Amerika untuk memperbaiki simtem perekonomiannya. Dalam misi perbaikan perekonomian, Amerika membuat kebijakan yang di sebut Quantitativ Easing yaitu dengan menyuntikkan dana stimulus untuk membangkitkan gairah ekonomi Amerika dari terpaan krisis atau bisa dikatakan Amerika memompa dollar baru secara terus menerus yang di gunakan sebagai stimulus ekonomi untuk dapat memutar roda perekonomian Amerika, sehingga oleh para investor dollar banyak di investasikan di Negara-negara berkembang termasuk Indonesia.
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Nilai Tukar Dollar Terhadap Rupiah Tahun 2000   2005

Nilai Tukar Dollar Terhadap Rupiah Tahun 2000 2005

Kurs berpengaruh negatif terhadap kinerja perbankan nasional, artinya setiap kenaikan kurs menyebabkan penurunan kinerja perbankan nasional, contohnya pada nilai tukar dollar Amerika Serikat dengan rupiah. Dengan naiknya nilai kurs Dollar Amerika Serikat terhadap rupiah akan menyebabkan turunnya nasabah yang akan menyimpan dananya dalam bentuk rupiah pada bank, karena lebih menguntungkan menyimpan dananya dalam bentuk Dollar Amerika Serikat. Hal ini mengindikasikan bahwa kenaikan nilai kurs akan semakin memperburuk kinerja perbankan di Indonesia dalam Jangka Panjang.
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

NEURAL NETWORK ENSEMBLES UNTUK PERAMALAN NILAI TUKAR DOLLAR TERHADAP RUPIAH

NEURAL NETWORK ENSEMBLES UNTUK PERAMALAN NILAI TUKAR DOLLAR TERHADAP RUPIAH

Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa prosedur pem- bentukan NNE adalah membentuk NN tunggal untuk peramalan time series yang terdiri dari (i) pembagian data menjadi data pelatihan dan data penguji- an, (ii) partisi data pelatihan menjadi subsampel dengan partisi sistematis, (iii) transformasi data, dan (iv) pelatihan masing-masing subsampel dengan algori- tma pembelajaran backpropagation. Selanjutnya penggabungan hasil pelatihan dari masing-masing subsampel dengan metode simple average dan backpropa- gation. Arsitektur jaringan terbaik ditentukan berdasarkan MSE terkecil dari pengujian. Penerapan NNE pada data nilai tukar Dollar terhadap Rupiah meng- hasilkan nilai MSE yang cukup kecil. Oleh karena itu, NNE dapat digunakan untuk peramalan nilai tukar mata uang.
Baca lebih lanjut

40 Baca lebih lajut

Perkembangan Nilai Tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat Se Periode 1990 2007

Perkembangan Nilai Tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat Se Periode 1990 2007

pasar cenderung membaik yang di picu oleh harapan bahwa berakhirnya krisis politik dapat menjadi tumpuan bagi bangkitnya perekonomian Indonesia dari krisis yang berkepanjangan dan rupiah mengalami apresiasi sebesar 1.206 poin atau berada pada level Rp.9.049 per 1 dollar AS. Memasuki tahun 2003, nilai tukar rupiah kembali melemah atau depresiasi sebesar 13,38 persen atau 1.211 poin. Hal ini disebabkan oleh memanasnya suhu politik akibat menjelang berakhirnya masa 5 tahunnya Presiden Megawati. Adanya ketegangan antara elit politik memicu buruknya harapan publik terhadap pasar baik publik asing maupun lokal. Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar terus terjadi hingga tahun 2004, dimana melemah 0,03 persen atau 3 poin. Setelah terjadinya pergantian tampuk Pimpinan Presiden Megawati ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui proses pemilihan langsung dan demokratis, membuat dunia bisnis kembali bergairah dan harapan publik terhadap perekonomian Indonesia pun mulai membaik. Akibatnya nilai tukar rupiah menguat terhadap dollar Amerika Serikat sebesar 4,22 persen atau 433 poin atau berada pada level Rp.9.830,-. Mengacu pada perbaikan indikator moneter, termasuk tingkat inflasi yang rendah, nilai tukar dollar hingga akhir 2006 sedikit menguat sebesar 6,42 persen atau 630 poin dimana mampu bertahan pada level Rp 9.200,-. Penguatan rupiah pada tahun ini didukung oleh faktor eksternal maupun internal. Faktor eksternal adalah karena masih dipengaruhi oleh ekonomi AS yang melemah karena terjebak defisit ratusan miliar dolar AS. Begitu pula faktor eksternal dari penguatan rupiah dipengaruhi pula oleh kestabilan harga minyak dunia, meski masih cukup tinggi. Sementara itu, dari sisi internal penguatan rupiah dipengaruhi oleh laju inflasi yang berada di bawah 10 persen dan menyebabkan suku bunga turun ke level 9,75 persen. Alhasil, perbankan yang biasanya enggan menyalurkan kredit dan menaruh dana mereka ke Sertifikat Bank Indonesia (SBI) tak lagi memiliki alternatif penyaluran dana yang lebih menguntungkan lagi. Menjelang akhir tahun 2007, gejolak rupiah kembali terjadi. Di tengah kebutuhan dollar AS yang tinggi, rupiah juga tidak bisa lepas dari masalah geopolitik serta sentimen global. Walaupun Pada awal tahun 2007 rupiah sedikit menguat namun pada akhir tahun rupiah melemah yang disebabkan karena besarnya permintaan korporasi terhadap dolar untuk keperluan pembayaran utang jatuh tempo. Suku bunga di beberapa negara yang
Baca lebih lanjut

2 Baca lebih lajut

Pengaruh Sektor Moneter Terhadap Jakarta Islamic Index (Sebelum dan Sesudah Krisis 2008 dengan Pendekatan Partial Adjusment Model/PAM)

Pengaruh Sektor Moneter Terhadap Jakarta Islamic Index (Sebelum dan Sesudah Krisis 2008 dengan Pendekatan Partial Adjusment Model/PAM)

Hasil menunjukkan bahwa dalam jangka pendek dan jangka panjang nilai tukar rupiah terhadap dollar berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham Jakarta Islamic Index, karena prob.t sebesar 0,0100< 0,10. Apabila kurs naik satu rupiah maka harga saham Jakarta Islamic Index naik sebesar 0,00946 rupiah. Sedangkan dalam jangka panjang apabila kurs naik sebesar satu rupiah, maka harga saham Jakarta Islamic Index akan naik sebesar 0,1823 rupiah. Melemahnya nilai tukar domestik terhadap mata uang asing memberikan pengaruh yang negatif terhadap pasar ekuitas, karena pasar ekuitas menjadi tidak memiliki daya tarik. Melemahnya rupiah akan menyebabkan pasar modal dalam negeri kurang menarik karena adanya resiko nilai tukar yang menyebabkan penurunan nilai investasi dan mempunyai hubungan negative terhadap return saham. Sebaliknya, hubungan antara nilai tukar dollar terhadap rupiah bias saja berpengaruh positif bila investor berasal dari luar negeri dan menggunakan mata uang asing sehingga semakin terdepresiasinya mata uang rupiah akan menyebabkan investor luar cenderung melepas mata uang asingnya untuk membeli saham yang harganya turun karena pengaruh kurs mata uang
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

M_Stat_3_Dewi Retno SS

M_Stat_3_Dewi Retno SS

Berdasarkan penelitian ini, faktor-faktor yang mempengaruhi pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dollar dapat dikoreksi dengan 9 faktor : GDP riil Indonesia, perbedaan tingkat suku bunga antara Indonesia dan Amerika, tingkat inflasi Indonesia, investasi asing, pembayaran utang luar negeri, cadangan devisa, jumlah uang beredar, capital inflow domestik, trade balance. Selain itu, diperoleh juga peningkatan korelasi sebesar 0,94 dan dapat diidentifikasi bentuk fungsional antara peubah respon (nilai tukar dollar) dan peubah penjelas (9 faktor) secara akurat.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

ANALISIS DETERMINAN PERUBAHAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP DOLLAR AMERIKA PERIODE SETELAH KRISIS EKONOMI GLOBAL 2008.

ANALISIS DETERMINAN PERUBAHAN NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP DOLLAR AMERIKA PERIODE SETELAH KRISIS EKONOMI GLOBAL 2008.

Untuk selanjutnya dari tabel 1.1 dapat dilihat bahwasannya pendapatan domestik bruto riil (PDB riil) pasca kiris ekonomi global 2008, sejak Q1.2013 hingga Q4.2014 angka pertumbuhan PDB riil mengalami gejolak naik turun. Kondisi perekonomian Indonesia cenderung mengalami perlambatan pertumbuhan. Menurut Krugman (1994), penurunan output riil mendorong penurunan permintaan uang sehingga menyebabkan suku bunga menurun dengan asumsi ceteris paribus. Pada saat suku bunga menurun maka mata uang domestik akan terdepresiasi. Sebaliknya kenaikan output riil meningkatkan suku bunga dengan asumsi ceteris paribus (tingkat harga dan penawaran uang tetap atau diabaikan). Kenaikan output riil menyebabkan terjadinya kelebihan permintaan uang. Akibat dari kelebihan permintaan uang akan mendorong suku bunga naik sehingga mata uang domestik akan terapresiasi. Hal ini berarti PDB rill berpengaruh negatif terhadap dengan nilai tukar (kurs).
Baca lebih lanjut

29 Baca lebih lajut

VOLATILITAS NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP DOLLAR SELAMA 2 TAHUN PEMERINTAHAN JOKOWI-JK: APLIKASI MODEL ARIMA

VOLATILITAS NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP DOLLAR SELAMA 2 TAHUN PEMERINTAHAN JOKOWI-JK: APLIKASI MODEL ARIMA

Selain factor ekonomi, faktor sosial dan polit ik juga dapat mempengar uhi nilai t ukar mat a uang suatu negar a. Sebagai cont oh, pada tahun 2014 Indonesia mengal ami gejol ak politi k di mana pasca pemili han pr esiden Joko Wi dodo pada 9 Apr il 2014, suhu pol itik Indonesi a memanas sehingga mnyebabkan melemahnya r upiah hingga menembus Rp 12.400 per USD. Keadaan i ni di per bur uk dengan munculnya isu Bank Sentr al Amer ika The Fed akan menaikkan suku bunganya hi ngga satu per sen yang menyebabkan nilai tukar Amer i ka Ser i kat menguat dan ber dampak signi fikan ter hadap mat a uang negar a lain, ter masuk Indonesi a. Puncaknya pada bulan November sampai Desember 2014 di mana ni lai tukar Rupiah memasuki masa ter bur uknya hi ngga sempat di kategor i kan ke dal am “li ma besar uang sampau di dunia” ver si The Richest. Uang Sampah mer upakan uang yang mempunyai nilai sangat r endah t er hadap mat a uang lain (Yuli a: 2016). Per ger akanni laitukar yang fluktuati f dapat dilihat pada gambar ber i kut ini :
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

DATA NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP DOLLAR

DATA NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP DOLLAR

Pada awal perdagangan, kurs rupiah dibuka menguat 0,29% ke level Rp11.505 per dolar AS. Sepanjang hari ini, rupiah bergerak di kisaran Rp11.446 hingga Rp11.506 per dolar AS. Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada akhir perdagangan rupiah menguat 0,79% ke level Rp11.447 per dolar AS pada pukul 15.58 WIB.

2 Baca lebih lajut

Laporan 3 Analisis Regresi Terapan

Laporan 3 Analisis Regresi Terapan

Analisis regresi linier berganda adalah hubungan secara linear antara dua atau lebih variabel independen (X1, X2,….Xn) dengan variabel dependen (Y). Analisis ini untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen apakah masing-masing variabel independen berhubungan positif atau negatif dan untuk memprediksi nilai dari variabel dependen apabila nilai variabel independen mengalami kenaikan atau penurunan. Data yang digunakan biasanya berskala interval atau rasio.

16 Baca lebih lajut

Landasan Teori Paritas Daya Beli Purchas

Landasan Teori Paritas Daya Beli Purchas

Dalam sistem nilai tukar bebas, nilai tukar suatu mata uang akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Secara teoritis terdapat beberapa alasan nilai tukar mata uang mengalami perubahan, salah satunya adalah untuk mempertahankan daya beli antar mata uang tetap, atau dikenal dengan paritas daya beli yang absolut (absolute purchasing power parity).

11 Baca lebih lajut

Analisa Perbandingan Penggunaan Open Position, Forward Contract Dan Money Market Hedging Terhadap Utang Ekspedisi Luar Negeri (Studi Kasus:Pada Perusahaan Jasa PT.X Di Bandung).

Analisa Perbandingan Penggunaan Open Position, Forward Contract Dan Money Market Hedging Terhadap Utang Ekspedisi Luar Negeri (Studi Kasus:Pada Perusahaan Jasa PT.X Di Bandung).

Dengan adanya fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika yang tidak dapat diperkirakan, PT.X harus mencari cara untuk dapat memberikan kepastian berupa cash flow yang harus dikeluarkan untuk utang ekspedisi luar negeri yang harus dibayar dengan menerapkan salah satu strategi hedging yaitu dengan menggunakan forward contract Dengan teknik hedging forward contract, PT.X melakukan suatu kesepakatan dengan bank devisanya tentang nilai tukar yang digunakan PT.X untuk membeli dollar Amerika pada saat jatuh tempo. Baik PT.X maupun bank devisa tersebut memiliki kewajiban untuk menyelesaikan perjanjian tersebut pada saat jatuh tempo. Jangka waktu transaksi forward contract disesuaikan oleh PT.X dengan jangka waktu pembayaran utang ekspedisi luar negeri yaitu 30 hari.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Analisis Pengaruh Variabel Makroekonomi Terhadap Reksa Dana Syariah di Indonesia

Analisis Pengaruh Variabel Makroekonomi Terhadap Reksa Dana Syariah di Indonesia

Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini seluruhnya merupakan data sekunder dalam bentuk bulanan yang diperoleh dari Statistik Ekonomi dan Keuangan Indonesia Bank Indonesia (SEKI-BI), Badan Pusat Statistik (BPS), dan Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (BAPEPAM-LK) Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Data yang digunakan adalah data runtun waktu (time series) bulanan dari Januari 2003 sampai dengan Desember 2011. Data yang digunakan adalah data Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksadana Syariah, data SBI, data SBIS, data nilai tukar rupiah terhadap dollar AS, data Inflasi, data Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), dan data Jakarta Islamic Index (JII). Metode pengolahan data menggunakan Microsoft Excel 2007 dan Eviews 6, dan alat analisis yang digunakan di dalam penelitian ini adalah VAR/VECM serta dilengkapi dengan Impulse Response Function (IRF) dan Forecast Error Variance Decomposition (FEVD).
Baca lebih lanjut

274 Baca lebih lajut

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KURS RUPIAH TERHADAP DOLAR AMERIKA PERIODE TRIWULAN JANUARI 2007 - 2015 DESEMBER

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KURS RUPIAH TERHADAP DOLAR AMERIKA PERIODE TRIWULAN JANUARI 2007 - 2015 DESEMBER

Salah satu indikator yang menunjukan bahwa perekonomian sebuah negara lebih baik dari negara lain adalah melihat nilai tukar atau kurs mata uang negara tersebut di banding dengan mata uang negara lain. Semakin tinggi nilai tukar mata unag sebuah negara terhadap negara lain menunjukan bahwa negara tersebut memiliki perekonomian yang lebih baik daripada negara lain. negara tersebut biasanya merupakan negara yang mempunyai keunggulan dalam bidang sumber daya alam yang melimpah atau mempunyai teknologi yang canggih khususnya teknologi dalam bidang industri. Sehingga dengan keunggulan yang dimiliki tersebut menumbuhkan ketergantungan pada negara lain yang masih dalam golongan negara berkembang. Dengan adanya ketergantungan tersebut, menjadikan nilai tukar sebuah mata uang lebih tinggi daripada mata uang yang lain, karena adanya perbedaan permintaan dan penawaran mata uang di antara negara-negara tersebut.
Baca lebih lanjut

110 Baca lebih lajut

ANALISIS DETERMINAN EKSPOR KARET ALAM KE AMERIKA SERIKAT 1981 - 2010 (Dengan Pendekatan Partial Adjusment Model).

ANALISIS DETERMINAN EKSPOR KARET ALAM KE AMERIKA SERIKAT 1981 - 2010 (Dengan Pendekatan Partial Adjusment Model).

Karet alam merupakan hasil pertanian yang menjadi salah satu komoditi unggulan perdagangan ekspor non migas Indonesia dari hasil pertanian setelah minyak kelapa sawit. Indonesia merupakan negara kedua sebagai produsen utama karet alam dunia setelah negara Thailand. Kinerja ekspor karet alam Indonesia selama ini di dominasi oleh negara Amerika Serikat selaku negara pengimpor utama karet alam Indonesia, akan tetapi di dalam proses kegiatan perdagangan ekspor tersebut terkadang terjadi permasalahan yaitu terjadinya penurunan volume ekspor karet alam ke Amerika Serikat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai masalah determinan ekspor karet alam ke Amerika Serikat 1981-2010, dimana variabel independennya yaitu : konsumsi karet alam Indonesia, nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat, harga karet alam internasional serta ekspor karet alam periode sebelumnya.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

Pengaruh inflasi dan investasi terhadap nilai tukar rupiah di Indonesia

Pengaruh inflasi dan investasi terhadap nilai tukar rupiah di Indonesia

38 Krisis ekonomi tersebut juga berdampak luas pada seluruh sektor ekonomi di Indonesia, diantaranya ialah penurunan permintaan terhadap tenaga kerja khususnya pada sektor konstruksi dan manufaktur. Pemutusan hubungan kerja oleh banyak perusahaan, sehingga meningkatkan tingkat pengangguran. Pemerintah Indonesia juga berupaya untuk mengatasi tekanan spekulasi atas mata uang rupiah dengan memperlebar ambang batas intervensi (band intervention) dari 7 persen menjadi 13 persen pada juli 1997. Dan akhirnya, pemerintah Indonesia mengumumkan penggunaan sistem nilai tukar mengambang bebas pada agustus 1997. Kebijakan tersebut ditunjang dengan berbagai kebijakan lain. pengetatan uang beredar, dan menurunkan tarif impor, tetapi kebijakan tersebut dianggap masih belum untuk mengendalikan krisis ekonomi yang melanda indonesia. Untuk menanggulangi hal ini pemerintah indonesia bekerja sama dengan IMF, dan berupaya mengeluarkan berbagai solusi untuk mengatasi krisis ekonomi yang melanda indonesia ini.
Baca lebih lanjut

129 Baca lebih lajut

PERAN BANK INDONESIA DALAM MENJAGA KESTA

PERAN BANK INDONESIA DALAM MENJAGA KESTA

Neraca perdagangan yang defisit terjadi karena salah satunya dipengaruhi oleh impor migas besar dan harga minyak mentah yang terus naik. Impor migas dilakukan untuk memenuhi kebutuhan migas di dalam negeri dengan membeli dalam mata uang dollar AS dan juga harga minyak mentah terus naik. Defisit anggaran terjadi karena asumsi pemerintah pada tahun 2013 sekitar Rp.9.300 per dollar AS, padahal saat ini sudah menyentuh level Rp.12.000 per dollar AS. Untuk mengadakan perbaikan neraca transaksi perjalanan, maka yang harus dilakukan antara lain adalah merevisi asumsi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS yang ada di APBN, berusaha mencapai target pertumbuhan ekonomi, bila tidak tercapai maka pertumbuhan ekonomi direvisi agar defisit tidak terlalu besar, mendorong peningkatan ekspor barang ke luar negeri sehingga terjadi surplus perdagangan luar negeri yang pada akhirnya akan memperbaiki defisit neraca transaksi perjalanan, pemerintah dalam hal ini pertamina sebagai operator migas untuk membeli migas di luar negeri sebaiknya dilakukan secara langsung tanpa melalui pihak ketiga sehingga harga migas tidak membengkak, selama ini pihak pertamina membeli migas di luar negeri melalui pihak ketiga, kurangi ketergantungan impor barang dan bahan baku terhadap minyak mentah dan bahan bakar minyak dengan energi terbarukan dan konversi minyak ke gas, mencari sumber dana lain untuk menutupi defisit neraca perdagangan dengan cara misalnya menjual surat utang negara (SUN) dengan nilai dan jumah tertentu serta tingkat suku bunga yang bersaing.
Baca lebih lanjut

33 Baca lebih lajut

Analisa Pengaruh Tingkat Suku Bunga dan Kurs US Dollar Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Analisa Pengaruh Tingkat Suku Bunga dan Kurs US Dollar Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Dengan berinvestasi akan terjadi peningkatakan nilai kekayaan dengan cara memaksimalkan return tanpa melupakan faktor risiko yang dihadapinya. Return saham yang tinggi mengidentifikasikan bahwa saham tersebut aktif diperdagangkan. Apabila suatu saham aktif diperdagangkan, maka dealer tidak akan lama menyimpan saham tersebut sebelum saham tersebut diperdagangkan.

13 Baca lebih lajut

PENGARUH VARIABEL MAKRO EKONOMI DAN HARGA KOMODITAS TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM PERUSAHAAN PROPERTI DAN REAL ESTATE DI BURSA EFEK INDONESIA.

PENGARUH VARIABEL MAKRO EKONOMI DAN HARGA KOMODITAS TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM PERUSAHAAN PROPERTI DAN REAL ESTATE DI BURSA EFEK INDONESIA.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pertama kali diperkenalkan pada tanggal 1 April 1983 sebagai indikator pergerakan harga saham yang tercatat di bursa. Indeks harga adalah suatu angka yang digunakan untuk melihat perubahan mengenai harga dalam waktu dan tempat yang sama atau berlainan. Indeks adalah ukuran statistik yang biasanya digunakan untuk menyatakan perubahan-perubahan perandingan nilai suatu variabel tungal atau nilai suatu kelompok variabel. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), menurut Jogiyanto (2000) merupakan angka indeks harga saham yang sudah dihitung dan disusun sehingga menghasilkan trend, dimana angka indeks adalah angka yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga dapat digunakan untuk membandingkan kejadian yang berupa perubahan harga saham dari waktu ke waktu.
Baca lebih lanjut

127 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...