Pengambilan Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus

Top PDF Pengambilan Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus:

Analisis Biaya Diferensial dalam Pengambilan Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus pada Waditra Craft.

Analisis Biaya Diferensial dalam Pengambilan Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus pada Waditra Craft.

Penelitian Yohanes Salim (2007) tentang Peranan Analisis Biaya Diferensial dalam Pangambilan Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus terhadap Peningkatan Laba Perusahaan (Studi Kasus pada PT. Koike Cermin Indonesia – Bekasi). Tujuan penelitian secara garis besar adalah untuk mengetahui penerapan analisis biaya diferensial yang digunakan perusahaan dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus dan untuk mengetahui bagaimana peranan analisis biaya diferensial dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus terhadap peningkatan laba perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terhadap analisis biaya diferensial yang dilakukan pada PT. Koike Cermin Indonesia, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI DIFFERENSIAL UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA  PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI DIFFERENSIAL UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA CV. SAHABAT DI KLATEN TAHUN 2005.

PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI DIFFERENSIAL UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI DIFFERENSIAL UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA CV. SAHABAT DI KLATEN TAHUN 2005.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu metode untuk menganalisa apakah penggunaan informasi akuntansi differensial dapat digunakan untuk pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus pada CV. Sahabat di Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan rugi/laba, dan tidak ada sampel karena jumlah populasinya memungkinkan untuk diteliti. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) menggolongkan biaya ke dalam kelompok biaya produksi dan non produksi, (2) memisahkan elemen biaya semi variabel ke dalam biaya tetap dan elemen biaya variabel dengan menggunakan metode least square dan (3) mengevaluasi data.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN    PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI DIFFERENSIAL UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA CV. SAHABAT DI KLATEN TAHUN 2005.

PENDAHULUAN PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI DIFFERENSIAL UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA CV. SAHABAT DI KLATEN TAHUN 2005.

saja. Informasi yang berupa data-data biaya sangat membantu manajemen dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus. Selain itu manajemen juga harus mempertimbangkan dan memperhitungkan besarnya laba kontribusi yang akan diberikan. kepada masing-masing alternatif sehingga akan diperoleh perhitungan yang teliti.

6 Baca lebih lajut

Analisis Biaya Diferensial dalam Pengambilan Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus pada Tahu Ma'rup Cibogo Bandung.

Analisis Biaya Diferensial dalam Pengambilan Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus pada Tahu Ma'rup Cibogo Bandung.

Berdasarkan uraian diatas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai analisis biaya diferensial dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus untuk meningkatkan laba perusahaan sebagai dasar pertimbangan dalam perencanaan bagi manajemen di masa yang akan datang, maka dalam penelitian ini penulis mengambil judul: “Analisis Biaya Diferensial dalam Pengambilan Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus: Studi pada Tahu Ma’r up Cibogo di Bandung ”.
Baca lebih lanjut

20 Baca lebih lajut

Analisis Biaya Relevan dalam Mengambil Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus (Studi Kasus Pada PT. ALENATEX BANDUNG).

Analisis Biaya Relevan dalam Mengambil Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus (Studi Kasus Pada PT. ALENATEX BANDUNG).

PT.ALENATEX adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri garmen. Saat ini banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang yang sama sehingga persaingan antar perusahaan semakin ketat, maka setiap kesempatan yang datang harus dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para manajer, contohnya kesempatan dalam mengambil penawaran pesanan khusus. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Untuk mengambil keputusan yang tepat dalam memilih alternatif terbaik harus didukung dengan informasi yang tepat. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan biaya relevan dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus dan mengetahui faktor-faktor yang harus diperhatikan oleh manajemen dalam menerima atau menolak pesanan khusus. Biaya relevan merupakan biaya yang akan mempengaruhi pengambilan keputusan jangka pendek. Dalam keadaan adanya kapasitas menganggur, maka analisis biaya relevan digunakan untuk memenuhi pesanan khusus dalam rangka memanfaatkan kapasitas menganggur. Analisis dilakukan dengan menghitung selisih kapasitas normal dengan kapasitas sebenarnya pada bulan November tahun 2012, sehingga akan didapatkan kapasitas menganggur sebesar 24.500 m yang masih dapat digunakan untuk menerima pesanan khusus. Analisis pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus menunjukkan bahwa pesanan khusus dapat diterima karena biaya pesanan khusus dibawah harga yang diminta PT.ALENATEX sehingga masih menguntungkan perusahaan sebesar Rp 126.490.560,00 yang didapat dari total pendapatan pesanan khusus dikurangi biaya pesanan khusus.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Analisis Biaya Diferensial sebagai Alat Bantu dalam Proses Pengambilan Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus (Studi Kasus pada PT. X).

Analisis Biaya Diferensial sebagai Alat Bantu dalam Proses Pengambilan Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus (Studi Kasus pada PT. X).

Pihak manajemen perusahaan dalam mengambil keputusan mengenai pesanan khusus memerlukan informasi yang dapat mengurangi ketidakpastian yang dihadapinya, sehingga memungkinkan mereka untuk menentukan pilihan yang terbaik. Manajer perusahaan harus menghitung berapa biaya diferensial yang dikeluarkan apabila suatu pesanan khusus diambil agar pesanan khusus itu tidak merugikan perusahaan. Pesanan khusus ini merupakan salah satu pengambilan keputusan jangka pendek. Pengambilan keputusan jangka pendek seperti ini, manajemen bisa dibantu oleh konsep-konsep akuntansi untuk pengambilan keputusan jangka pendek, yang disebut juga konsep akuntansi diferensial (Mas’ud
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

Analisis Biaya Diferensial dalam Pengambilan Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus: Studi pada Perusahaan Tahu Ma’rup di Cibogo Bandung.

Analisis Biaya Diferensial dalam Pengambilan Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus: Studi pada Perusahaan Tahu Ma’rup di Cibogo Bandung.

Penelitian Diana Rani Devimi (2012) Tentang Rancangan Biaya Diferensial dalam Pengambilan Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus pada CV. Zodiak diSidoarjo. Berdasarkan analisis yang dilakukan pada CV. Zodiak, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerima pesanan khusus tersebut perusahaan menerima tambahanlaba sebesar Rp 112.133.644,23 sedangkan jika pesanan tersebut tidak diterima labayang diperoleh perusahaannya hanya sebesar Rp 96.741.237,50 sehingga denganmenerima pesanan khusus tersebut perusahaan menerima tambahan laba sebesar Rp15.392.406,70. Maka, tawaran pesanan khusus dengan harga sebesar Rp1.700.000,00 tersebut dapat diterima perusahaan karena dengan menerima pesanan khusus tersebut perusahaan memperoleh tambahan laba diferensial sebesar Rp15.392.406,70. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keputusan perusahaan untuk menolak pesanan khusus tersebut tidak tepat, meskipun harga yang diminta pemesan jauh dibawah harga jual produk reguler yaitu sebesar Rp2.200.000,00 tetapi total biaya yang relevan dengan pesanan khusus tersebut yaitu sebesar Rp1.494.767,91dibawah harga jual yang diminta pemesan, sehingga perusahaan masih memperolehlaba dengan diterimanya pesanan khusus tersebut.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

Analisis Biaya Relevan dalam Mengambil Keputusan Menerima atau Menolak Pesan Khusus (Studi Kasus pada PT. Daliatex Kusuma Bandung).

Analisis Biaya Relevan dalam Mengambil Keputusan Menerima atau Menolak Pesan Khusus (Studi Kasus pada PT. Daliatex Kusuma Bandung).

PT.ALENATEX adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri garmen. Saat ini banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang yang sama sehingga persaingan antar perusahaan semakin ketat, maka setiap kesempatan yang datang harus dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para manajer, contohnya kesempatan dalam mengambil penawaran pesanan khusus. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Untuk mengambil keputusan yang tepat dalam memilih alternatif terbaik harus didukung dengan informasi yang tepat. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan biaya relevan dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus dan mengetahui faktor-faktor yang harus diperhatikan oleh manajemen dalam menerima atau menolak pesanan khusus. Biaya relevan merupakan biaya yang akan mempengaruhi pengambilan keputusan jangka pendek. Dalam keadaan adanya kapasitas menganggur, maka analisis biaya relevan digunakan untuk memenuhi pesanan khusus dalam rangka memanfaatkan kapasitas menganggur. Analisis dilakukan dengan menghitung selisih kapasitas normal dengan kapasitas sebenarnya pada bulan November tahun 2012, sehingga akan didapatkan kapasitas menganggur sebesar 25.500 m yang masih dapat digunakan untuk menerima pesanan khusus. Analisis pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus menunjukkan bahwa pesanan khusus dapat diterima karena biaya pesanan khusus dibawah harga yang diminta PT.DALIATEX KUSUMA sehingga masih menguntungkan perusahaan sebesar Rp 128.499.560,00 yang didapat dari total pendapatan pesanan khusus dikurangi biaya pesanan khusus.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

RANCANGAN BIAYA DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA CV. ZODIAK DI SIDOARJO - Perbanas Institutional Repository

RANCANGAN BIAYA DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA CV. ZODIAK DI SIDOARJO - Perbanas Institutional Repository

Segala puja dan puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan Hidayah–Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi dengan judul “Rancangan Biaya Diferensial Dalam Pengambilan Keputusan Menerima Atau Menolak Pesanan Khusus Pada CV. Zodiak Di Sidoarjo”.

15 Baca lebih lajut

RANCANGAN BIAYA DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA CV. ZODIAK DI SIDOARJO - Perbanas Institutional Repository

RANCANGAN BIAYA DIFERENSIAL DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA CV. ZODIAK DI SIDOARJO - Perbanas Institutional Repository

Para manajer seringkali menghadapi masalah pengambilan keputusan di antara dua alternatif atau lebih. Keputusankeputusan tersebut seringkali bersifat kompeks yang menyangkut pemilihan berbagai kemungkinan pilihan. Keputusan yang sering kali bersifat sederhana, seperti menerima atau menolak suatu usulan tunggal. Tanpa memperhatikan kompleks atau tidaknya keputusan yang akan diambil, manajemen harus memperoleh semua informasi yang relevan dengan berbagai macam alternatif. Karena banyaknya macam informasi akuntansi yang tersedia dalam suatu perusahaan, tidak mungkin semua informasi ini relevan dengan berbagai macam alternatif yang akan dipilih. Oleh karena itu, tidak semua tipe informasi akuntansi harus dilaporkan pada manajemen untuk keperluan pengambilan keputusan. Hanya informasi akuntansi diferensial yang diperlukan oleh manajemen untuk pengambilan keputusan. Biaya diferensial
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

ANALISIS BIAYA DIFERENSIAL UNTUK MEMBANTU MANAJEMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA MITRA KARYA MANDIRI FURNITURE

ANALISIS BIAYA DIFERENSIAL UNTUK MEMBANTU MANAJEMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA MITRA KARYA MANDIRI FURNITURE

Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yaitu metode analisis data yang berdasarkan pada perhitungan-perhitungan yang menggunakan angka guna memperoleh kesimpulan. Adapun teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengklasifikasikan biaya yang ada sesuai fungsi pokok perusahaan dan memisahkan biaya-biaya tersebut menurut tingkah lakunya, memisahkan biaya semi variabel ke dalam biaya tetap dan biaya variabel, selanjutnya analisis biaya diferensial untuk pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  EVALUASI PENERAPAN BIAYA RELEVAN SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA PT MUGI TRIMAN INTERCONTINENTAL JAMBI.

PENDAHULUAN EVALUASI PENERAPAN BIAYA RELEVAN SEBAGAI DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS PADA PT MUGI TRIMAN INTERCONTINENTAL JAMBI.

Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka akan dibahas kebijakan manajemen PT Mugi Triman Intercontinental dalam pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus berdasarkan biaya relevan. Karena, kesalahan dalam memperhitungkan biaya total akan mengakibatkan kesalahan dalam pengambilan keputusan. Sehingga, bukan tidak mungkin perusahaan justru akan kehilangan kesempatan memperoleh tambahan laba karena pesanan khusus yang sebenarnya mendatangkan tambahan laba ditolak oleh perusahaan.

12 Baca lebih lajut

ANALISIS METODE VARIABLE COSTING DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS (Studi PadaPerusahaan Mp. Grand Pelangi)

ANALISIS METODE VARIABLE COSTING DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENERIMA ATAU MENOLAK PESANAN KHUSUS (Studi PadaPerusahaan Mp. Grand Pelangi)

menerimanya karena setelah menerima pesanan diluar reguler tersebut, dikhawatirkan akan mengalami kerugian. Tahun 2014 terdapat kapasitas tersebut masih dapat dimanfaatkan oleh Mp. Grand Pelangi, maka pemimpin perusahaan harus segera mengambil keputusan terhadap kapasitas yangmasih dapat dimanfaatkan agar laba yang diperoleh lebih optimal.

16 Baca lebih lajut

Penerapan Biaya Relevan dalam Pengambilan Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus pada Favorite Pieces.

Penerapan Biaya Relevan dalam Pengambilan Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus pada Favorite Pieces.

Sutarti (2010) dalam penelitiannya menjelaskan bahwa pengambilan keputusan menerima atau menolak pesanan khusus harus mempertimbangkan faktor lain. Contohnya, pesanan khusus bias diterima jika barang tersebut dipasarkan tidak pada pasar untuk pesanan regular dan juga harus dipertimbangkan dampak dari pemberian label sendiri oleh distributor. Jika faktor-faktor tersebut dapat diatasi maka pesanan khusus sebaiknya diterima. Peneliti juga menjelaskan bahwa analisis biaya relevan dapat membantu manajemen dalam pengambilan keputusan produk yang akan diproduksi perusahaan. Dalam hal ini, perusahaan sebaiknya menerima pesanan khusus dari pelanggan dalam menentukan produk yang akan diproduksi.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

 this  file 705 2859 1 PB

this file 705 2859 1 PB

Keputusan yang harus diambil oleh perusahaan atas kapasitas yang ada dapat menggunakan metode variable costing (memperhitungkan biaya variabel saja) agar laba yang dihasilkan tetap stabil/optimal. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis biaya relevan dalam pengambilan keputusan menerima pesanan khusus ataukah menolak pesanan khusus dengan memperhitungkan biaya variabel saja. Peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Analisis Peng ambilan Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus Berdasarkan Metode Variable Costing (Studi pada Perusahaan Mebel Anggun Citra Jati Mas, Bojonegoro Tahun 2013)”.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Analisis Biaya Relevan dalam Mengambil Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus (Studi Kasus CV "X").

Analisis Biaya Relevan dalam Mengambil Keputusan Menerima atau Menolak Pesanan Khusus (Studi Kasus CV "X").

Pengambilan keputusan dibagi menjadi dua berdasarkan sifat, yaitu keputusan yang bersifat jangka pendek dan keputusan yang bersifat jangka panjang. Pengambilan keputusan yang bersifat jangka pendek, antara lain yaitu keputusan dalam membeli atau membuat sendiri komponen suatu produk, meneruskan atau menghentikan produk yang rugi, menerima atau menolak pesanan khusus dan memproses lebih lanjut atau langsung menjual. Sedangkan, pengambilan keputusan jangka panjang, yaitu pengambilan keputusan yang bersangkutan dengan penanaman modal pada aktiva tetap atau yang biasa disebut dengan investasi aktiva tetap.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Peranan Analisis Relevant Cost dalam Pengambilan Keputusan untuk Menolak atau Menerima Pesanan Khusus pada PT. X.

Peranan Analisis Relevant Cost dalam Pengambilan Keputusan untuk Menolak atau Menerima Pesanan Khusus pada PT. X.

dengan keadaan yang dihadapi, sehingga dengan menggunakan relevant cost informasi yang di dapat lebih tepat (akurat). Seluruh keputusan manajemen berhubungan dengan masa yang akan datang, oleh karena itu hanya biaya masa yang akan datang saja yang relevan bagi sebuah keputusan menerima atau menolak pesanan khusus.

Baca lebih lajut

Evaluasi pengambilan keputusan dalam menerima atau menolak pesanan khusus : studi kasus di perusahaan UD. Mintarso Fiberglas - USD Repository

Evaluasi pengambilan keputusan dalam menerima atau menolak pesanan khusus : studi kasus di perusahaan UD. Mintarso Fiberglas - USD Repository

Tujuan keseluruhan dari pengambilan keputusan strategis (strategic decision making) adalah untuk memilih strategi alternatif sehingga keunggulan kompetitif jangka panjang dapat tercapai. Pengambilan keputusan taktis harus mendukung tujuan keseluruhan ini, meskipun tujuan langsungnya berjangka pendek (menerima satu pesanan khusus untuk meningkatkan laba) atau berskala kecil (memproduksi sendiri daripada membeli komponen). Jadi, pengambilan keputusan taktis yang tepat berarti bahwa keputusan yang dibuat mencapai tidak hanya tujuan terbatas tetapi juga berguna untuk jangka panjang. Sesungguhnya, tidak ada keputusan taktis yang harus dibuat apabila keputusan tersebut tidak mendukung sasaran strategis perusahaan secara keseluruhan. Suatu contoh jelas dari perusahaan yang membuat keputusan taktis yang sesuai dengan tujuan strategisnya adalah Hyatt Hotel Corporation. Pada awal tahun 1990-an, biaya yang tinggi telah mengganggu sejumlah kontrak manajemen Hyatt. Karena itu, perlu mengurangi struktur biaya dengan segera. Namun, Hyatt hanya memangkas biaya yang tidak terlalu menjadi perhatian para tamu (misalnya, layanan kamar tidu dan sebutir permen ditaruh diatas bantal). Pelayanan yang menjadi perhatian para tamu bisnis diperluas (misalnya, menyediakan mesin faximil dalam kamar).
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Evaluasi pengambilan keputusan dalam menerima atau menolak pesanan khusus : studi kasus di perusahaan UD. Mintarso Fiberglas.

Evaluasi pengambilan keputusan dalam menerima atau menolak pesanan khusus : studi kasus di perusahaan UD. Mintarso Fiberglas.

Dari data-data masa datang yang diharapkan, hanya data yang akan berbeda-beda di antara berbagai alternatiflah yang merupakan data relevan. Suatu data menjadi tidak relevan jika tetap sama pada semua alternatifnya. Meskipun data historis seringkali digunakan sebagai pedoman untuk meramal, namun data tersebut tidaklah relevan dengan keputusan itu sendiri. Namun hasil ramalan ini menjadi masukan atau input pada model keputusan, yaitu metoda untuk membuat pilihan (Horngren, 1986: 101 103).

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...