Sistem Akuntansi Pembelian

Top PDF Sistem Akuntansi Pembelian:

EVALUASI TERHADAP SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN KREDIT

EVALUASI TERHADAP SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN KREDIT

Agus Dwi Cahyanto (2005) telah melakukan penelitian pada CV Batik Indah Rara Djonggrang dan menemukan bahwa sistem akuntansi pembelian kredit yang diterapkan oleh perusahaan sudah cukup baik. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa dokumen, formulir, buku, maupun catatan akuntansi yang dipakai dalam transaksi pembelian sudah sesuai dengan teori dan telah dilaksanakan dengan baik. Selain itu, perusahaan juga telah mengadakan pemisahan tugas dan tanggung jawab secara jelas, sistem otorisasi dan prosedur pencatatan yang baik, serta praktek yang sehat untuk mendukung efektivitas sistem pengendalian intern yang dijalankan oleh perushaan itu sendiri.
Baca lebih lanjut

128 Baca lebih lajut

BAB II KAJIAN TEORI. A. Deskripsi Teori. 1. Sistem Akuntansi Pembelian Tunai. Sistem akuntansi pembelian tunai adalah sistem yang digunakan

BAB II KAJIAN TEORI. A. Deskripsi Teori. 1. Sistem Akuntansi Pembelian Tunai. Sistem akuntansi pembelian tunai adalah sistem yang digunakan

1. penelitian yang dilakukan oleh Ema Ratna Dewanti (2005) yang berjudul “Sistem Akuntansi Pembelian Barang Dagangan Pada Koperasi Karyawan R.S Tegalrejo Semarang” pada penelitian ini hanya sampai tahap analisis sistem tanpa melakukan tahap desain sistem,analisis yang dilakukan terdiri dari elemen-elemen yang terkait, fungsi yang terkait, dokumen yang digunakan, catatan akuntansi yang digunakan, serta cara yang digunakan dalam sistem akuntansi pembelian barang dagangan. Penelitian yang dilakukan sekarang dilakukan analisis hingga tahap implementasi sistem. Perbedaan penelitian yang sekarang dengan penelitian terdahulu terletak pada teori sistem pembelian yang lebih memadai serta perancangan sistem yang dilakukan, yaitu Visual Basic 6.0 baik dalam pembuatan aplikasi interface maupun database.
Baca lebih lanjut

47 Baca lebih lajut

EVALUASI SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN BAHAN BAKU ROKOK

EVALUASI SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN BAHAN BAKU ROKOK

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah “Sistem akuntansi merupakan organisasi formulir, catatan, dan laporan, yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan” (Mulyadi, 2001:299). Pembelian sendiri dapat didefinisikan sebagai transaksi yang dilaksanakan guna mendapatkan barang ataupun jasa dari pihak lain. Sedangkan bahan baku adalah bahan utama yang mendukung proses produksi dalam menghasilkan suatu produk. Jadi, sistem akuntansi pembelian bahan baku dapat diartikan sebagai organisasi formulir, catatan, dan laporan pembelian bahan baku yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan.
Baca lebih lanjut

184 Baca lebih lajut

EVALUASI SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN BAHAN BAKU SECARA KREDIT

EVALUASI SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN BAHAN BAKU SECARA KREDIT

B. Keterbatasan Penelitian Penelitian ini hanya terbatas pada sistem pengendalian intern dalam pembelian bahan baku secara kredit di Penerbit dan Percetakan Kanisius, sehingga kesimpulan yang diperoleh tidak secara keseluruhan dalam perusahaan. Kesimpulan atas efektifitas sistem pengendalian intern hanya berlaku dalam sistem akuntansi pembelian bahan baku secara kredit yaitu attribute yang telah ditentukan dalam bukti kas keluar berupa kelengkapan dokumen pendukung (laporan penerimaan barang, surat order pembelian dan faktur), nomor urut tercetak, otorisasi oleh bagian yang berwenang, dan kesesuaian antara catatan yang tercantum dalam bukti kas keluar dengan catatan yang tercantum dalam dokumen pendukungnnya.
Baca lebih lanjut

162 Baca lebih lajut

Implementasi Sistem Akuntansi Pembelian pada PT. Benteng Api Technic

Implementasi Sistem Akuntansi Pembelian pada PT. Benteng Api Technic

Peneliti telah melakukan pra penelitian untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di PT. BAT. Adanya aktivitas produksi di PT. BAT dan aliran arus keuangan pada perusahaan, maka sistem sangat diperlukan untuk mengatur dan mempermudahnya. Salah satu sistem yang ada pada perusahaan adalah pembelian. Sistem pembelian pada PT. BAT sendiri, yakni pembelian bahan baku. Dalam upayanya untuk menjaga aset, PT. BAT menerapkan pengendalian internal didalam sistem akuntansi pembeliannya. Namun demikian, PT. BAT mengalami penurunan omzet sekitar 8% yang disebabkan menurunnya minat konsumen serta prosedur yang telah dibuat hanya berdasarkan apa yang dirasa penting oleh general manajer saja. Demi kepentingan manajemen, perlu diketahui dan dipastikan bagaimana pengendalian internal pada sistem akuntansi pembelian di PT. BAT ini. Prosedur yang ada sudah memadai dan sudah diterapkan oleh karyawannya atau belum.
Baca lebih lanjut

83 Baca lebih lajut

BAB II TINJAUAN PUSTAKA Pengertian Sistem Akuntansi Pembelian

BAB II TINJAUAN PUSTAKA Pengertian Sistem Akuntansi Pembelian

Sistem akuntansi pembelian adalah sistem yang digunakan oleh perushaan untuk melaksanakan pengelolaan bahan baku, bahan penolong, bahan keperluan kantor dan aktiva tetap yang dibutuhkan dalam kegiatan perusahaan secara keseluruhan. Sistem pembelian berguna dalam mengenali kebutuhan untuk membeli persediaan fisik (seperti bahan baku) dan melakukan pesanan ke pemasok. Ketika barang diterima, sistem pembelian mencatat peristiwa tersebut dengan menambah persediaan dan membuat akun utang untuk dibayar pada tanggal yang telah di tertapkan ( Hall, 2007).
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

ANALISIS PELAKSANAAN SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN

ANALISIS PELAKSANAAN SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan sistem akuntansi pembelian pada Koperasi Mahasiswa Kanjuruhan dan untuk mengetahui efektifitas pengendalian manjemen pada Koperasi Mahasiswa Kanjuruhan Malan periode 2015. Jenis penelitian ini adalah studi kasus pada Koperasi Mahasiswa Kanjuruhan Malang . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi yaitu menggambarkan sistematis, fakta, sifat serta hubungan antara fenomena yang dimiliki oleh perusahaan serta mengungkapkan data secara menyeluruh dan sesuai data yang diperoleh dari sumber langsung selain hal efektifitas merupakan salah satu kriteria penilain dari pelaksanaan sistem akuntansi pembelian. Hasil penelitian menunjukan bahwa Sistem akuntansi pembelian kurang efektif dengan teori yang sudah ada karena adanya beberapa fungsi masi di rangkap yaitu fungsi gudang merangkap fungsi penerimaan dan fungsi pembelian sedangkan sistem pengendalian manajemen perlu adanya konrol mengenai bagian fungsi-fungsi yang terkait agar organisasi dapat berjalanya sesuia dengan tujuan organisasi dan dapat tercapainya tujuan organisasi.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Sistem Akuntansi Pembelian Bahan Baku pada CV. Aneka Ilmu Semarang.

Sistem Akuntansi Pembelian Bahan Baku pada CV. Aneka Ilmu Semarang.

Bagi sebagian besar perusahaan, transaksi pembelian merupakan hal utama dalam menjalankan kegiatan produksinya. Pembelian bahan baku yang berkualitas akan menghasilkan produk yang berkualitas. Untuk melaksanakan kegiatan pembelian bahan baku tersebut diperlukan adanya sistem akuntansi pembelian bahan baku. Mengingat prosedur-prosedur pembelian yang cukup kompleks, perusahaan perlu memiliki fungsi- fungsi yang saling bekerjasama untuk mendukung suatu pengendalian intern yang baik.

1 Baca lebih lajut

Sistem Akuntansi Pembelian Bahan Baku pada CV. Aneka Ilmu Semarang.

Sistem Akuntansi Pembelian Bahan Baku pada CV. Aneka Ilmu Semarang.

Kata Kunci : Sistem, pembelian Bagi sebagian besar perusahaan, transaksi pembelian merupakan hal utama dalam menjalankan kegiatan produksinya. Pembelian bahan baku yang berkualitas akan menghasilkan produk yang berkualitas. Untuk melaksanakan kegiatan pembelian bahan baku tersebut diperlukan adanya sistem akuntansi pembelian bahan baku. Mengingat prosedur-prosedur pembelian yang cukup kompleks, perusahaan perlu memiliki fungsi-fungsi yang saling bekerjasama untuk mendukung suatu pengendalian intern yang baik. Setiap sistem pembelian mempunyai kelebihan dan kelemahan, oleh karena itu perlu diteliti kelebihan dan kelemahan sehingga sistem pembelian mendekati sempurna. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana jaringan prosedur sistem akuntansi pembelian bahan baku pada CV. Aneka Ilmu Semarang? (2) Apa saja Kelemahan dan kelebihan sistem akuntansi pembelian bahan baku pada CV.
Baca lebih lanjut

88 Baca lebih lajut

Sistem Akuntansi Pembelian

Sistem Akuntansi Pembelian

surat order pembelian, laporan penerimaan barang, & faktur dari pemasok 3... pencatatan ke dalam kartu utang & register bukti kas keluar ( voucher register ).[r]

10 Baca lebih lajut

Karya Ilmiah Sistem Akuntansi Pembelian

Karya Ilmiah Sistem Akuntansi Pembelian

Perusahaan biasanya memiliki pedoman yang semuanya harus berjalan dengan sistem yang ada terutama sistem informasi pembelian. Sistem informasi pembelian hendaknya dilaksanakan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan dimana yang tujuannya adalah untuk menetapkan pertanggungjawaban serta untuk memberikan informasi yang lengkap mengenai barang yang diterima dan dipesan karena kecermatan dalam pencatatan akuntansi akan membantu terwujudnya efisiensi dan efektifitas kerja, oleh karena itu dirasa sangat perlu untuk mengetahui bagaimana sistem informasi pembelian dari suatu kegiatan usaha. Salah satunya adalah pengeluaran untuk biaya pembelian barang/ jasa yang merupakan pengeluaran rutin serta mempunyai nilai yang cukup besar. Sistem informasi pembelian melibatkan beberapa bagian yang menangani masalah pembelian .Apabila setiap bagian tidak bekerja dengan baik sesuai sistem yang berlaku, maka cenderung akan melakukan kesalahan, baik itu kegiatan pembeliannya maupun pencatatan.
Baca lebih lanjut

32 Baca lebih lajut

Sistem Akuntansi Pembelian Kredit pada P

Sistem Akuntansi Pembelian Kredit pada P

Dengan menerapkan sistem pembelian kredit yang baik maka perusahaan akan memiliki data-data yang valid mengenai pembelian, yaitu informasi mengenai asal produk, produk mana yang persediaannya kurang, faktur pembelian yang sudah jatuh tempo, analisis hutang piutang, dan penjadwalan pembayaran.

10 Baca lebih lajut

ANALISIS SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN kred

ANALISIS SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN kred

Sistem Akuntansi (SA) diterapkan hampir diseluruh aktivitas bisnis perusahan. Salah satu aktivitas bisnis perusahaan manufaktur yang paling pokok adalah aktivitas pembelian bahan baku, karena bahan baku merupakan bahan yang akan digunakan untuk membuat barang jadi yang akan dijual oleh perusahaan. Sehingga tujuan penulis adalah menganalisis SA pembelian bahan baku secara kredit pada PT. Vigano CiptaPerdana, mengetahui peranan SA terhadap pengambilan keputusan manajemen dalam melakukan pembelian bahan baku dan mengetahui pengendalian internal padafungsi pembelian apakah telah terorganisir dengan baik. Dalam penelitiannya penulis mengunakan analisis deskriptif dengan menggambarkan melalui penggunaan Bagan Alir Dokumen, Diagram Alir Data (DFD), Bagan Alir Sistem dan Bagan Alir Keputusan. Hasil analisis SA yang diterapkan PT. Vigano CiptaPerdana, masih memiliki kelemahan- kelemahan terutama dalam penyediaan formulir-formulir yang mencerminkan praktek yang sehat belum diterapkan dengan baik dan sumber daya manusia yang kurang memahami sistem, sehingga pengendalian internal pun belum terorganisir dengan baik. Dalam memutuskan pembelian bahan baku baik itu secara tunai ataupun secara kredit dibutuhkan informasi yang handal dan akurat yang akan digunakan bagi para manajer untuk pengambilan keputusan. Keputusan yang diambil disesuaikan oleh situasi atau
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

EVALUASI SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN BAHAN BAKU PADA PT. DAN LIRIS.

EVALUASI SISTEM AKUNTANSI PEMBELIAN BAHAN BAKU PADA PT. DAN LIRIS.

Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui keefisiensian pembelian bahan baku kain yang dilakukan oleh PT. Dan Liris untuk suatu proses produksi. Pembelian bahan baku merupakan hal yang sangat utama dalam suatu proses produksi untuk menentukan kualitas produk yang dihasilkan perusahaan, yang digunakan untuk memenuhi kepuasan konsumen dan menambah volume penjualan.

16 Baca lebih lajut

Tinjauan Sistem Akuntansi Pembelian Bahan Baku Pada PT. Triharta Engineering

Tinjauan Sistem Akuntansi Pembelian Bahan Baku Pada PT. Triharta Engineering

mewakili sistem. Nama dalam hal ini dapat menjelaskan proses atau pekerjaan atau dalam kasus ekstrim berupa nama perusahaan yang dalam hal ini mewakili proses yang dilakukan keseluruhan organisasi. Terminator ditunjukkan dalam bentuk persegi panjang dan berkomunikasi langsung dengan sistem melalui aliran data atau penyimpanan eksternal Antar terminator tidak diperbolehkan komunikasi langsung. Pada kenyataannya hubungan antar terminator dilakukan, tetapi secara definitif karena terminator adalah bagian dari lingkungan, maka tidak relevan jika dibahas dalam context diagram.
Baca lebih lanjut

63 Baca lebih lajut

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN Fun

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN Fun

Dalam sistem akuntansi pembelian, fungsi ini bertanggung jawab untuk melakukan pemeriksaan terhadap jenis, mutu dan kualitas barang yang diterima dari pemasok guna menentukan dapat atau tidaknya barang tersebut diterima oleh perusahaan. Dan juga bertanggung jawab untuk menerima barang dari pembeli yang berasal dari transaksi retur penjualan.

3 Baca lebih lajut

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN DI CV. CITRA PRATAMA.

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN DI CV. CITRA PRATAMA.

Dalam prosedur ini, fungsi pembelian mengirimkan surat permintaan penawaran harga kepada para pemasok untuk memperoleh informasi pengenai harga barang dan berbagai syarat pembelian yang lain, untuk memungkinkan pemilihan pemasok yang akan di tunjukan sebagai pemasok barang yang diperlukan oleh perusahaan. Perusahaan seringkali menentukan jenjang wewenang dalam pemilihan pemasok sehingga sistem akuntansi pembelian dibagi menjadi sebagai berikut :

41 Baca lebih lajut

Analisis Sistem Informasi Akuntansi Pembelian dan Persediaan pada PT. XYZ

Analisis Sistem Informasi Akuntansi Pembelian dan Persediaan pada PT. XYZ

Perancangan sistem akuntansi pembelian dan persediaan ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerja karyawan dalam menjalankan operasional bisnis perusahaan, menangani transaksi dan melakukan pengendalian internal yang baik. Peningkatan kinerja karyawan dapat meminimalisasi penyimpangan-penyimpangan yang akan terjadi dengan membatasi akses ke aset dan informasi perusahaan sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab masing-masing karyawan. Implementasi sistem yang baru akan dilakukan secara paralel pada perusahaan yaitu sistem yang baru akan diterapkan dengan tetap menjalankan sistem yang lama. Penerapan sistem secara paralel ini dimaksudkan agar karyawan pada perusahaan tersebut dapat mengenal, mempelajari, dan menyesuaikan diri dengan sistem yang baru dan dapat mengantisipasi jika terjadi masalah dalam proses peralihan sistem.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Bahan Baku untuk Proyek

Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Bahan Baku untuk Proyek

Hasil evaluasi yang dilakukan terhadap sistem akuntansi pembelian bahan baku pada perusahaan kontraktor ini adalah: (1) tidak terdapatnya formulir standar yang digunakan untuk pembelian; (2) tidak adanya integrasi data pada masing-masing bagian terkait seperti Bagian Logistik, Bagian Pembelian, Bagian Penerimaan, dan Bagian Keuangan; (3) jenis barang tidak memiliki kode barang; (4) tidak adanya nomor urut yang tercetak pada formulir; (5) tidak adanya pemisahan tanggung jawab antara Bagian Keuangan dengan Bagian Pembelian dan Bagian Logistik dengan Bagian Penerimaan; (6) kurangnya laporan pembelian, laporan retur pembelian, laporan penerimaan barang, laporan hutang, dan laporan pengeluaran kas yang digunakan pada perusahaan.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN BARANG SEMBAKO PADA UD.AZABENS SEMARANG

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN BARANG SEMBAKO PADA UD.AZABENS SEMARANG

Dalam sistem informasi akuntansi siklus pemrosesan transaksi salah satunya adalah siklus pengeluaran yaitu kejadian yang berkaitan dengan perolehan barang dan jasa dari entitas – entitas lain dan pelunasan kewajiban – kewajiban yang berkaitan. Salah satu bagian dari siklus pengeluaran adalah pembelian baik pembelian barang untuk jenis perusahaan manufaktur atau pembelian produk untuk jenis perusahaan dagang. Sistem akuntansi pembelian barang dirancang untuk menangani masalah – masalah yang berkaitan dengan transaksi pembelian barang yang diperoleh. Oleh karena itu sistem akuntansi pembelian sangat dibutuhkan oleh suatu perusahaan untuk menyediakan catatan yang lengkap. UD. Azabens Semarang merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang bahan pokok (sembako). Sistem yang saat ini berjalan belum mencukupi pemenuhan proses pencatatan akuntansi untuk menghasilkan laporan neraca saldo bagi perusahaan. Disertai pencatatan manual yang seringkali menyebabkan terjadi kesalahan pada ‘account balance’, yang membuat kinerja menjadi kurang efisien karena setiap kali harus menelusuri lagi dan mencari dimana letak kesalahan yang dibuat. Penulis menggunakan metode SDLC sebagai metode pengembangan sistem. Hasil penelitian ini berupa membuat sistem informasi akuntansi pembelian agar membantu perusahaan dalam menghasilkan laporan yang mendukung untuk meningkatkan kualitas perusahaan diantaranya laporan barang, laporan supplier, laporan pembelian, laporan retur pembelian, jurnal pembelian, jurnal memorial, dan laporan neraca saldo.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...