Sistem Persediaan Bahan Baku

Top PDF Sistem Persediaan Bahan Baku:

T0__BAB V Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Sistem Persediaan Bahan Baku di Gudang PT. Sido Makmur T0  BAB V

T0__BAB V Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Sistem Persediaan Bahan Baku di Gudang PT. Sido Makmur T0 BAB V

SIDO MAKMUR adalah lebih baik menggunakan sistem persediaan bahan baku yang otomatis, karena jika dengan menggunakan sistem maka pihak perusahaan dapat lebih mudah dan cepat dalam mem[r]

1 Baca lebih lajut

OPTIMALISASI SISTEM PERSEDIAAN BAHAN BAKU KAIN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ ) (Studi Kasus pada : PT. New Makmurtex).

OPTIMALISASI SISTEM PERSEDIAAN BAHAN BAKU KAIN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ ) (Studi Kasus pada : PT. New Makmurtex).

Analisis sistem adalah penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian- bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan- kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya [5].

10 Baca lebih lajut

Pengendalian Sistem Persediaan Bahan Baku Di Unit 10 PT. Sritex

Pengendalian Sistem Persediaan Bahan Baku Di Unit 10 PT. Sritex

sehingga barang dikirim ke pelabuhan di semarang kemudian dikirim ke PT. Sri Rejeki Isman Textile lewat jalur darat. Karena menggunakan dua jalur sehingga faktor keterlambatan menjadi lebih besar. Perusahaan biasanya akan membeli bahan baku dalam jumlah yang besar untuk memenuhi kebutuhan selama proses produksi, mengingat lead time yang bersifat diskrit. Karena bahan baku menjadi faktor penting lancarnya suatu proses produksi. Saat ini PT. Sri Rejeki Isman Textile (Sritex) perlu menentukan sistem pengadaan dan pengendalian persediaan bahan baku yang optimal, agar bisa menurunkan biaya total persediaan yang ditanggung perusahaan.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Perancangan Sistem Informasi PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PT.GRANESIA BANDUNG

Perancangan Sistem Informasi PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PT.GRANESIA BANDUNG

4. Pengujiaan sistem persediaan bahan baku di PT.Granesia ini yaitu dengan cara memasukan sebuah program aplikasi yang telah dirancang ke dalam beberapa komputer yang ada di PT.Granesia dan dibuatkannya sebuah jaringan komputer yang berbasis clint server, agar aplikasi dapat atau diakses oleh beberapa komputer sehingga sistem persediaan bahan baku ini dapat terkontrol dengan baik

26 Baca lebih lajut

PERSEDIAAN BAHAN BAKU OPTIMUM DENGAN MET

PERSEDIAAN BAHAN BAKU OPTIMUM DENGAN MET

Es CHIKA Home Industry merupakan home industry yang bergerak di bidang pembuatan es lilin yang belum memiliki sistem persediaan bahan baku yang baik. Penyebab utama terjadinya hal di atas dikarenakan belum diterapkannya metode perhitungan pengendalian persediaan yang optimal. Penelitian ini membahas tentang usaha menetapkan taraf pemesanan optimum bagi bahan baku yang tergolong kritis. Metode persediaan yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah Economic Order Quantity–Model. Untuk mengetahui perkiraan demand selama satu tahun ke depan, peneliti menggunakan simulasi Montecarlo. Hasil penelitian taraf pemesanan optimum yang didasarkan pada rata-rata demand Es Chika selama satu tahun ke depan adalah sebagai berikut. EOQ untuk santan kara 60 karton dengan perkiraan total cost sebesar Rp 13,280,000. EOQ untuk susu kental manis 40 karton dengan perkiraan total cost sebesar Rp 9,169,000. EOQ untuk air mineral 59 gallon, perkiraan total cost sebesar Rp 3,631,000. Dengan menerapkan Economic Order Quantity–Model, maka perusahaan dapat menetapkan taraf pemesanan optimum bahan baku yang dibutuhkan selama proses produksi untuk periode mendatang.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Perencanaan Kebijakan Inventori Model Probabilistik Di CV. Bola Mas Pekanbaru

Perencanaan Kebijakan Inventori Model Probabilistik Di CV. Bola Mas Pekanbaru

Persediaan (inventory) merupakan komponen penting pada suatu industri. Dalam perusahaaan manufakturing, dibutuhkan persedian bahan baku ,produk jadi dan supplies. Perusahaan jasa industri seperti rumah sakit membutuhkan persediaan obat-obatan, bahan-bahan makanan, dan peralatan medis. Kantor-kantor pemerintahan membutuhkan persediaan bahan-bahan administrasi seperti kertas, blanko atau formulir, dan peralatan tulis lainnya. Item-item tersebut menjadi bukti bahwa persediaan merupakan objek yang penting bagi setiap sistem produksi yang harus selalu diperhatikan.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Evaluasi Sistem Pengendalian Intern atas Persediaan CV. Erlangga, Sidoarjo

Evaluasi Sistem Pengendalian Intern atas Persediaan CV. Erlangga, Sidoarjo

Penelitian ini membahas mengenai sistem pengendalian intern atas persediaan bahan baku. Pengendalian intern atas persediaan bahan baku yang dilakukan pada CV. Erlangga meliputi pemesanan bahan baku benang dan bahan pewarna. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa sistem pengendalian intern yang ditetapkan oleh CV. Erlangga telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari persediaan yang dicatat dengan perpetual inventory methode berdasarkan FIFO untuk setiap barang yang masuk. Dokumen yang digunakan meliputi Purchase Requisition (PR), Purchase Order (PO), Laporan Penerimaan Barang, Kartu Persediaan, dan Bill of Materials. CV. Erlangga telah memiliki pengendalian internal yang baik menurut teori sistem pengendalian internal atas persediaan bahan baku. Hal ini dapat dilihat dari: adanya pemisahan tugas dan tanggung jawab dalam setiap aktivitas, adanya otorisasi dalam setiap transaksi, adanya catatan dan laporan yang cukup. Serta dilindunginya akses penggunaan persediaan dengan baik, dan tidak diperlukan kompetensi tertentu dalam pelaksanaan tugas, sehingga karyawan dapat melaksanakan tugas dengan baik. Selain itu, dalam sistem pengendalian intern atas persediaan bahan baku tersebut masih terdapat kelemahan yang secara potensial dapat menyebabkan kesalahan pencatatan dan kerugian harta perusahaan. Kelemahan pengendalian intern yang teridentifikasi adalah tidak ada pemisahan wewenang antara fungsi penerimaan dan fungsi gudang, tidak ada antisipasi bila terjadinya kecurangan pada fungsi penerimaan barang, dan masih ditemukan selisih kuantitas antara pencatatan pada stok barang di kartu persediaan dengan jumlah fisik di gudang.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Peran Sistem Pengendalian Manajemen dalam Persediaan Bahan Baku terhadap Efektivitas Proses Produksi pada PT. PINDAD (Persero).

Peran Sistem Pengendalian Manajemen dalam Persediaan Bahan Baku terhadap Efektivitas Proses Produksi pada PT. PINDAD (Persero).

Sistem pengendalian manajemen dalam persediaan bahan baku sangat penting bagi perusahaan untuk mengupayakan pemenuhan kebutuhan bahan baku agar tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, terjamin kontinuitasnya, serta efektif dan efisien. Berdasarkan pemikiran diatas, maka penulis mencoba melakukan penelitian yang hasilnya dituangkan dalam skripsi dengan judul “Peran sistem pengendalian manajemen dalam persediaan bahan baku terhadap efektivitas proses produksi.”

23 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KAYU SENGON DENGAN METODE EOQ (Studi pada PT Dharma Satya Nusantara Temanggung).

PENDAHULUAN ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU KAYU SENGON DENGAN METODE EOQ (Studi pada PT Dharma Satya Nusantara Temanggung).

Dewasa ini , untuk dapat bersaing dan bertahan dalam industri Indonesia yang semakin berkembang diperlukan manajemen yang baik dan disiplin. Salah satunya adalah dengan pengendalian persediaan. Setiap organisasi memiliki manajemen persediaan dengan sistem atau jumlah tertentu. Dikarenakan biaya penyimpanan terkadang bisa sangat mahal , maka pengendalian persediaan tersebut memiliki fungsi manajerial yang sangat penting.

6 Baca lebih lajut

Sistem Informasi Penjualan dan Persediaan Bahan Baku di Toko Kue Pompidou

Sistem Informasi Penjualan dan Persediaan Bahan Baku di Toko Kue Pompidou

Puji syukur alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas berkat, rahmat, taufik dan hidayah- Nya, penyusunan skripsi yang berjudul “ Sistem Informasi Penjualan dan Persediaan Bahan Baku di Toko Kue Pompidou” dapat diselesaikan dengan baik.

25 Baca lebih lajut

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN DAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA VOLCANO BLOCK.

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN DAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA VOLCANO BLOCK.

Panitia yang dibentuk harus terdiri dari karyawan selain karyawan fungsi gudang dan fungi akuntansi persediaan, dan biaya, karena karyawan di kedua bagian inilah yang justru dievaluasi tanggung jawabnya atas persediaan. Tujuan penghitungan fisik persediaan adalah untuk memintai pertanggungjawaban mengenai barang yang disimpan oleh fungsi gudang dan pertanggungjawaban mengenai ketelitian dan keandalan data persediaan yang dicatat pada fungsi akuntansi.

38 Baca lebih lajut

Perancangan Sistem Informasi Persediaan Bahan Baku di PT. Prabu Jaya

Perancangan Sistem Informasi Persediaan Bahan Baku di PT. Prabu Jaya

Dengan menggunakan UML kita dapat membuat model untuk semua jenis aplikasi piranti lunak, dimana aplikasi tersebut dapat berjalan pada piranti keras, sistem operasi dan jaringan apapun, serta ditulis dalam bahasa pemrograman apapun. Tetapi karena UML juga menggunakan class dan operation dalam konsep dasarnya, maka ia lebih cocok untuk penulisan piranti lunak dalam bahasa-bahasa berorientasi objek seperti C++, Java, C# atau VB.NET. Walaupun demikian, UML tetap dapat digunakan untuk modeling aplikasi prosedural dalam VB atau C. Seperti bahasa-bahasa lainnya, UML mendefinisikan notasi dan syntax/semantik. Notasi UML merupakan sekumpulan bentuk khusus untuk menggambarkan berbagai diagram piranti lunak.
Baca lebih lanjut

197 Baca lebih lajut

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Penerapan Responsive Web pada Sistem Informasi Persediaan Barang di Toko Kadus-Kaduz

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Penerapan Responsive Web pada Sistem Informasi Persediaan Barang di Toko Kadus-Kaduz

Informasi persediaan barang merupakan permasalahan yang sering dihadapi suatu perusahaan dalam menjalankan proses bisnisnya. Toko Kadus-kaduz merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi undangan-undangan yang dipesan oleh klien. Berbagai jenis kertas dan material yang disimpan dengan jumlah yang berubah-ubah setiap waktu menjadi permasalahan yang kerap dihadapi perusahaan ini. Sering terjadinya overlap jumlah bahan baku yang dicatat pada kertas dengan jumlah nyata digudang. Tidak jarang pemilik toko harus datang langsung ke gudang maupun ke suplier untuk melihat langsung stok bahan baku material undangan, maka terjadi kesulitan ketika harus mengecek persediaan barang dari jarak jauh. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana membangun sistem informasi persediaan barang yang membantu Toko Kadus- kaduz dalam mengelola persediaan bahan baku material undangan dengan memanfaatkan frameworkbootstrap untuk menerapkan teknologi responsive web. Penerapan teknologi responsive web pada sistem informasi persediaan barang membantu pelaku bisnis untuk mengoperasikan sistem secara mobile dengan perangkat yang memiliki ukuran layar yang berbeda-beda. Penelitian ini menggunakan metode prototype dalam pengembangan sistem.
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

EVALUASI SISTEM AKUNTANSI PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PT GUWATIRTA SEJAHTERA

EVALUASI SISTEM AKUNTANSI PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA PT GUWATIRTA SEJAHTERA

Halaman I.1 Bagan Struktur Organisasi PT Guwatirta Sejahtera......................................... 5 I.2 Bagan Proses Produksi PT Guwatirta Sejahtera............................................. 17 II.3 Prosedur Pencatatan Harga Pokok Persediaan yang Dibeli............................. 39 II.4 Prosedur Pencatatan Tambahan Harga Pokok Persediaan

16 Baca lebih lajut

Sistem peramalan persediaan bahan baku di Lisung Resto

Sistem peramalan persediaan bahan baku di Lisung Resto

Berdasarkan hasil wawancara dengan ibu Wiji Anggraeni selaku Manager Kitchen, terdapat beberapa masalah untuk kebutuhan bahan baku, salah satu diantaranya adalah pembelian bahan baku untuk tujuh hari atau disebut satu satu minggu mendatang selama ini berdasarkan perkiraan Manager Kitchen. Hal tersebut mengakibatkan persediaan bahan baku yang mengalami kekurangan ketika akan digunakan untuk pembuatan menu makanan dan dapat menyebabkan kerugian untuk Lisung Resto. Selain itu, bagian pantry mengelola bahan baku hanya ditulis dalam lembar persediaan bahan baku yang terkadang lembar dapat hilang atau mengalami kerusakan, hal tersebut mengakibatkan manager kitchen mengalami kesulitan dalam mengetahui bahan baku yang tersedia di Lisung Resto.
Baca lebih lanjut

60 Baca lebih lajut

Sistem Informasi Persediaan Bahan Baku U

Sistem Informasi Persediaan Bahan Baku U

dengan waktu yang ditentukan dalam kontrak. Untuk mengejar waktu yang telah disepakati, IKM akan melakukan kerja lembur yang tentunya akan memperbesar biaya produksi karena adanya tambahan gaji lembur karyawan dan penggunaan listrik di luar jam kerja. Sehingga IKM sangat memerlukan suatu sistem kontrol terhadap tersediaanya bahan baku secara tepat dan cepat. Dimana dalam sistem tersebut dapat memberikan informasi tentang ketersediaan dan perhitungan kebutuhan pembelian bahan baku serta perhitungan rugi laba produksi sebelumnya, sehingga pihak pimpinan dapat cepat mengambil keputusan kapan dan berapa bahan baku yang harus disediakan untuk menjalankan produksi sesuai dengan pesanan dan kemampuan keuangan IKM. Dengan cepatnya pengambilan keputusan, maka produksi dapat berjalan tepat waktu dan efisien. Sistem merupakan kumpulan elemen-elemen yang saling terkait dan bekerja sama untuk memproses masukan (input) yang ditujukan kepada sistem tersebut dan mengelolah masukan tersebut sampai menghasilkan keluaran (output) yang diinginkan. Suatu sistem yang baik harus mempunyai tujuan dan
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Teknologi Informasi dengan Metode Rapid Application Development (RAD) pada Perusahaan Manufaktur Mebel Sri Murah Rejeki - Unika Repository

Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Teknologi Informasi dengan Metode Rapid Application Development (RAD) pada Perusahaan Manufaktur Mebel Sri Murah Rejeki - Unika Repository

bahan baku, saldo awal neraca, data aset tetap, saldo awal penyusutan, saldo awal kas dan setara kas, pembelian tunai, produksi, hasil produksi, penjualan tunai dan penjualan toko. Dan yang kedua adalah form menu akuntansi dan laporan yang terdiri dari jurnal pengeluaran kas, jurnal umum, gaji borong, akumulasi penyusutan, BOPs, laporan mutasi, laporan laba rugi, laporan neraca, arus kas, perubahan modal, laporan jurnal persediaan bahan baku, persediaan produk, laporan pembelian, dan laporan penjualan.

81 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...