Tanggung Jawab Sosial Perusahan

Top PDF Tanggung Jawab Sosial Perusahan:

Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahan Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2008-2009.

Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahan Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2008-2009.

Perusahaan dengan berita buruk cenderung tidak mengungkapkan informasi yang berkaitan dengan berita buruk tersebut ke pasar, agar nilai perusahaannya tidak turun. Sedangkan perusahaan dengan berita baik akan berusaha menyampaikan informasi yang berkaitan dengan berita baik tersebut ke pasar dalam bentuk pengungkapan sukarela yang lebih lengkap atau banyak dalam laporan tahunan untuk memberikan dampak yang positif terhadap nilai perusahaan. Jika pengungkapan berita baik itu tidak dilakukan, pasar akan menerjemahkannya sebagai berita buruk sehingga berdampak pada penilaian perusahaan yang terlalu rendah (Amalia, 2005). Perusahaan cenderung melakukan pengungkapan tanggung jawab sosial untuk memberikan legitimasi aktivitasnya agar mendapat nilai tambah dari masyarakat. Apabila profitabilitas perusahaan menunjukkan suatu peningkatan, maka hal itu merupakan suatu berita baik bagi perusahaan tersebut.
Baca lebih lanjut

131 Baca lebih lajut

(Prosiding Nasional) MENGURANGI KEMISKINAN DI DAERAH PARIWISATA DENGAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAN: Tinjauan Wilayah Badung bagian Selatan.

(Prosiding Nasional) MENGURANGI KEMISKINAN DI DAERAH PARIWISATA DENGAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAN: Tinjauan Wilayah Badung bagian Selatan.

Kemiskinan sebagai sebuah fenomena sosial, merupakan masalah cukup besar bagi negara-negara yang berada dalam masa transisional. Yang dimaksudkan dengan masa transitional itu adalah adanya proses perubahan dari negara yang miskin ke negara berkembang atau negara berkembang menjadi negara maju. Proses itu meliputi perubahan cara masyarakat untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru setelah adanya gejala yang memungkinkan perubahan tersebut. Globalisasi merupakan gejala atau kenyataan baru yang memungkinkan terjadinya proses perubahan tersebut. Karena globaalisasi itu melingkup seluruh dunia, maka setiap negara digerakkan untuk berubah. Perubahan sikap masyarakat negara untuk menghadapi globalisasi inilah yang memungkinkan terjadinya kemiskinan tersebut karena tidak semua elemen mampu mengikutinya dengan cara yang sama. Keterampilan, pengetahuan, sampai dengan seni untuk menghadapi perubahan itu tidak dimiliki secara utuh dan dengan kualitas yang sama pada tingkat masyarakat. Globalisasi memungkinkan cepatnya pertukaran barang dan jasa, yang dicirikan semakin pentingnya hubungan saling ketergantungan antara orang-orang di berbagai macam belahan dunia dalam hal sosial, ekonomi, budaya dan politik (Hennida, 2012:5)
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahan Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2008 2009

Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahan Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2008 2009

Perusahaan sebagai pelaku bisnis atau korporasi merupakan suatu badan yang mempunyai kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan. Biasanya di samping mencari laba, tujuan perusahaan mencakup pertumbuhan yang terus-menerus (growth), kelangsungan hidup (survival) dan kesan positif di mata publik (image). Pertanggungjawaban sosial perusahaan merupakan salah satu cara untuk membangun dan mempertahankan nilai perusahaan serta kontribusi perusahaan di sisi ekonomi, sosial, dan lingkungan yang didasari tiga prinsip dasar yang dikenal dengan istilah triple bottom lines yaitu, ekonomi, sosial, dan lingkungan (Nurlela dan Islahuddin, 2008). Keberlanjutan perusahaan hanya akan terjamin apabila perusahaan memperhatikan dimensi ekonomi, sosial dan lingkungan hidup.
Baca lebih lanjut

130 Baca lebih lajut

PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN MASYARA. pdf

PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN MASYARA. pdf

Tanggung Jawab sosial perusahan (Corporate Social Responsibility) merupakan sebuah kewajiban fundamental yang harus dipenuhi oleh perusahaan untuk menjaga relasi antara perusahaan dan pemangku kepentingan lainnya (stakeholders), termasuk komunitas yang berada di sekitar wilayah operasi pertambangan dilaksanakan. Pelaksanaan CSR juga berperan dalam menjaga keberlanjutan aktivitas perusahaaan dalam dalam jangka panjang dan sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan adalah keterlibatan perusahan dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat.
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN  Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.

PENDAHULUAN Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.

Berikut ini penelitian yang berkaitan dengan tanggung jawab sosial perusahaan antara lain: Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Tanggung Jawab Sosial Perusahan (Corporate Social Responsibility) yang diteliti oleh Cahya (2010); Analisis Pengaruh Size, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Pengungkapan CSR Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang diteliti oleh Purnasiwi (2011); Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang diteliti oleh Sari (2012).
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Implementasi Program Kemitraan dan Bina Lingkunga Dalam Pengembangan Usaha Kecil

Implementasi Program Kemitraan dan Bina Lingkunga Dalam Pengembangan Usaha Kecil

Program kemitraan dan bina lingkungan merupakan dua program yang berbeda yang disatukan menjadi satu paket kebijakan oleh menteri bumn dengan mengeluarkan permen Nomor : PER-09/NIBU/07/2015. Kedua program ini memeiliki fungsi yang berbeda namun dengan tujuan yang sama yaitu untuk melaksanakan tanggung jawab sosial perusahan BUMN, dikarenakan ruang tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh perusahaan swasta sangat lah luas dan terkadang hanya digunakan untuk bantuan(charity) semata yang dapat dikatakan hanya bagi-bagi uang dan keberlangsungannya juga tidak terikat maka pemerintah mengeluarkan kebijakan melalui perusahaan milik negara yang mana kebijakan tersebut dikeluarkan oleh kementrian BUMN yang bermaksud agar BUMN yang ada di Indonesia ini jangan hanya mencari keuntungan dari keberadaanya tetapi juga dapat berpengaruh terhadap lingkungannya dimana dimaksudkan dalam program kemitraan diharapkan ekonomi kerakyatan juga dapat menunjukkan kemampuanya bersaing di dunia bisnis karena program kemitraan memberikan bantuan modal bersifat kredit dengan bunga yang kecil sehingga diharapakan para pelaku usaha kecil dapat berpartisipasi sehingga tujuan dari program kemitraan tersebut untuk membangun usaha kecil yang tangguh dan mandiri dapat terlaksana. Begitu juga halnya dengan program bina lingkungan dimana para BUMN dapat memberi bantuan dana terhadap lingkungan serta demi kebutuhan masyarakat lainnya.
Baca lebih lanjut

47 Baca lebih lajut

BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

Elkington (1998) dalam bukunya Canibals With Forks : The Triple Bottom Line In 21st Centure Bussiness, mengelompokkan perusahaan yang peduli dan tidak peduli terhadap CSR berdasarkan analogi serangga : Perusahan kategori pertama laksana “ulat” , yang memiliki model bisnis rakus dan tidak peduli pada lingkungan sekelilingnya. Kategori kedua adalah perusahaan yang mirip “belalang” yaitu model bisnis yang juga ekploitatif dan degeneratif. Kategori kedua, ini mungkin saja sudah mulai mempraktekkan CSR tetapi tidak dilakukan dengan sepenuh hati. Kategori ketiga adalah “kupu-kupu”. Korporasi seperti ini punya komitmen kuat menjalankan CSR. Bagi perusahaan ini CSR adalah investasi, bukan basa-basi. Kategori terakhir adalah “lebah” perusahaan seperti ini punya sifat regeneratif atau menumbuhkan. Perusahaan ideal ini menerapkan etika bisnis dan menjalankan good CSR.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LEVERAGE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAN MANUFAKTUR GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LEVERAGE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAN MANUFAKTUR GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Informasi merupakan kebutuhan yang mendasar bagi para investor dan calon investor untuk mengambil keputusan. Adanya informasi yang lengkap, akurat serta tepat waktu memungkinkan investor untuk melakukan pengambilan keputusan secara rasional sehingga hasil yang diperoleh dapat sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa biaya kesejahteraan karyawan sebagai tanggungjawab sosial, biaya untuk komunitas, dan leverage berpengaruh terhadap kinerja aktivitas perusahaan dan kinerja profitabilitas perusahaan.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Makalah TANGGUNG JAWAB SOSIAL DALAM MANA

Makalah TANGGUNG JAWAB SOSIAL DALAM MANA

Pandangan ini dihubungkan dengan ekonom Milton Friedman dan ekonom lainnya yang percaya, bahwa masyarakat menciptakan perusahaan bisnis khusus dan dikhususkan untuk mengejar tujuan – tujuan tertentu, menghasilkan berbagai barang dan jasa dan ikut serta dalam mendukung kedudukansah bisnis ditengah – tengah masyarakat. Sebagaimana dikatakan Friedman, “ Ada satu dan hanya satu tanggung jawab sosial bisnis untuk memakai sumber dayanya dan menggunakan dalam berbagai aktivitas yang didesain untuk menambah keuntungannya sepanjang bisnis itu tetap dalam aturan permainan, yang bisa diartikan sebagai, ikut-serta dalam persaingan terbuka dan bebas tanpa penipuan dan kecurangan.”
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

TANGGUNG JAWAB SOSIAL SUATU BISNIS

TANGGUNG JAWAB SOSIAL SUATU BISNIS

Tanggung jawab fisik : • Tidak memproduksi produk yang merusak masyarakat • Tidak menguras sumber air milik masyarakat • Tidak menyebarkan polusi udara buangan yang merusak kehidupan [r]

11 Baca lebih lajut

ETIKA DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

ETIKA DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

• Etika merupakan keyakinan mengenai tindakan yang benar dan yang salah atau tindakan yang baik dan yang buruk yang mempengaruhi hal lainnya • Perilaku Etis merupakan perilaku yang s[r]

12 Baca lebih lajut

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Sebagai

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Sebagai

merta dipraktekkan oleh semua perusahaan. A da yang berhasil memberikan materi riil kepada masyarakat, namun di ruang publik nama perusahaan gagal menarik simpati orang. Hal ini terjadi karena C S R dilakukan secara latah dan tidak didukung konsep yang baik. S ebenarnya substansi keberadaan C S R adalah dalam rangka memperkuat keberlanjutan perusahaan itu sendiri di sebuah kawasan, dengan jalan membangun kerjasama antar stakholders yang difasilitasi perusahaan tersebut dengan menyusun program-program pengembangan masyarakat sekitarnya. Namun untuk memahami community relations perlu dilihat dari berbagai level analisis. Pada tataran makro, community relations dilihat dari relasi organisasi sebagai suatu sistem yang berhubungan dan saling tergantung dengan sistem yang lain. Padahal aspek sosial, ekonomi, politik, hukum maupun budaya akan mempengaruhi pola hubungan yang ada. Oleh karena itu, R eputasi organi sasi tidak hanya dilihat dari sisi seberapa besar profit yang diperoleh, namun juga dilihat dari aspek tanggungjawab sosial organisasi dalam bentuk corporate social responsibility, community investment, community involnement dan community commitment.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN

TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN

Dalam upaya meningkatkan kualitas penerapan GCG, pada tahun 2011 KPEI menerapkan Enterprise Risk Management (ERM) sebagai kerangka kerja yang terintegrasi dengan proses identifikasi risiko, pengukuran risiko dan pengelolaan risiko perusahaan. Untuk mendukung penerapan ERM tersebut, KPEI telah mengembangkan Risk Audit Management System (RAMS), yaitu suatu aplikasi untuk mengelola seluruh aktivitas audit internal dan ERM yang dilakukan oleh Satuan Pemeriksa Internal. Keberadaan sistem RAMS akan memungkinkan pelaksanaan audit internal dilakukan dengan berbasis risiko (Risk Based Audit). Dalam implementasinya, ERM berada di bawah tanggung jawab SPI, yang bertugas untuk menyusun kebijakan ERM, menyusun daftar risiko bersama-sama dengan seluruh risk owner Divisi di KPEI, menentukan mitigasi terhadap potensi risiko yang mungkin muncul, membuat prioritas risiko di tingkat Divisi dan Perusahaan, serta menyediakan data untuk mendukung Risk Based Audit.
Baca lebih lanjut

192 Baca lebih lajut

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Kegiatan tanggung jawab sosial Danamon dikoordinasikan melalui Yayasan Danamon Peduli, Dibentuk secara resmi sebagai entitas hukum independen di 2006, Danamon Peduli adalah badan sosial yang mendukung pengembangan komunitas berkelanjutan yang berlandaskan pada semangat sukarela, sejalan dengan visi Danamon, “Kami peduli dan membantu jutaan orang mencapai kesejahteraan”.

10 Baca lebih lajut

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Hari Bersih Pasar Nasional (HPBN) pada tanggal 28 Januari 2014 diperingati di Pasar Bunder, Kabupaten Sragen Jawa Tengah. Hadir dalam acara tersebut sekitar 150 tamu undangan yang terdiri dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dari 7 lokasi Pasar SEJAHTERA para pedagang, media massa, komunitas setempat dan karyawan Danamon. Dalam kesempatan ini Danamon Peduli menyerahkan Modul Pasar SEJAHTERA yang berisi pembelajaran dan pengalaman selama 3 tahun yang diserahkan pada Kementerian Perdagangan serta 7 pemerintah daerah peserta Pasar SEJAHTERA. Dalam kurun waktu tersebut Pasar SEJAHTERA merupakan investasi sosial sebagai kunci yang menjamin kesinambungan dari segala upaya yang dilakukan dalam merevitalisasi pasar tradisional maupun memberdayakan para pelaku pasar, yaitu para pedagang serta meningkatkan kapasitas kelembagaan khususnya Pemerintah Daerah. Modul Pasar SEJAHTERA merupakan kontribusi penting Danamon Peduli kepada masyarakat yang diharapkan dimanfaatkan lebih luas dalam upaya pengembangan pasar tradisional di Indonesia. Modul tersebut juga
Baca lebih lanjut

52 Baca lebih lajut

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Sejak didirikan pada 2006, Danamon Peduli mengampu seluruh koordinasi dan pelaksanaan program investasi sosial Danamon beserta anak perusahaan. Menjalankan peran sebagai mitra pembangunan, katalis dan sumber pembelajaran, Danamon Peduli merepresentasikan visi Bank, yaitu “Kami peduli dan membantu jutaan orang mencapai kesejahteraan” melalui program-program pengembangan dan penguatan komunitas yang mendukung tujuan pembangunan nasional dan global yang berkelanjutan.

8 Baca lebih lajut

PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN DALAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN ISO 26000 Jasa Suatma, SE, MM Dosen STIE SEMARANG Abstraksi

PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN DALAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN ISO 26000 Jasa Suatma, SE, MM Dosen STIE SEMARANG Abstraksi

Standar ISO 26000 menekankan pentingnya hasil dan perbaikan kinerja tanggung jawad sosial. Standar ini dimaksudkan untuk berguna untuk semua jenis organisasi di sector privat, public, dan sosial baik besar atau kecil, dan apakah beroperasi di Negara maju atau berkembang. Perusahaan perlu mempersiapkan diri untuk antisipasi ISO 26000. Karena hanya perusahaan yang melaksanakan CSR berdasarkan ISO 26000 lah yang akan diterima dalam tata pergaulan bisnis.

13 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...