Top PDF Pengawasan intern terhadap kas pada Balai Penelitian Sungei Putih

Pengawasan intern terhadap kas pada Balai Penelitian Sungei Putih

Pengawasan intern terhadap kas pada Balai Penelitian Sungei Putih

Dari pengertian diatas, sudah pasti diketahui bagaimana pentingnya kas bagi suatu instansi atau perusahaan guna menjalankan semua kewajiban- kewajiban perusahaan, tanpa adanya kas semua aktivitas perusahaan akan lumpuh karena kekuatan suatu perusahaan bisa diukur dengan kekuatan aktivanya terutama kas. Maka dari suatu perusahaan memerlukan adanya suatu sistem pengendalian terhadap intern kas itu sendiri guna melindungi kas dan menjamin keakuratan catatan akuntansi atas kas. Hal ini sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya penyelewengan dan penyalahgunaan kas.
Baca lebih lanjut

51 Baca lebih lajut

Sistem Pengawasan Intern Kas Pada PT. QIMS Intrasindo Medan

Sistem Pengawasan Intern Kas Pada PT. QIMS Intrasindo Medan

Lingkungan pengendalian perusahaan yang dibahas mengenai penerimaan dan pengeluaran kas, hal ini dilakukan berdasarkan keputusan pemimpin. Setiap pembayaran kepada pihak ketiga yang menggunakan cek dan giro harus melalui prosedur dan terlebih dahulu diotorisasi oleh seksi keuangan mengenai jumlahnya. Demikian pula halnya dengan pengeluaran kas atau penyetoran ke bank harus terlebih dahulu melalui persetujuan dari pegawai bagian keuangan dan ketua pengendalian lingkungan memegang peranan yang penting di dalam menilai baik atau tidaknya suatu pengawasan intern, karena didalam pengendalian lingkungan tercakup tindakan, kebijaksanaan dan prosedur yang mencerminkan sikap seluruh manajemen puncak.
Baca lebih lanjut

52 Baca lebih lajut

Sistem Pengawasan Intern Kas Pada Dinas Sosial Kota Langsa

Sistem Pengawasan Intern Kas Pada Dinas Sosial Kota Langsa

Berdasarkan uraian diatas, dapat dilihat betapa pentingnya suatu pengawasan intern kas dalam mendukung keberhasilan instansi pemerintahan dalam menjalankan aktivitasnya. Sebagai instansi pemerintahan yang bergerak di bidang sosial, instansi ini tentu memerlukan sistem pengawasan yang matang dan cermat khususnya pada kas guna mencegah terjadinya penyelewengan dan kesalahan yang dapat merugikan pemerintah. Hal ini mendorong penulis untuk meneliti sejauh mana pelaksanaan pengawasan intern kas yang dilaksanakan oleh instansi pemerintahan dengan judul “Sistem Pengawasan Intern Kas Pada Dinas Sosial Kota Langsa”.
Baca lebih lanjut

56 Baca lebih lajut

Sistem Pengawasan Intern Kas Pada CV. Morawa Timber Industri

Sistem Pengawasan Intern Kas Pada CV. Morawa Timber Industri

Puji dan syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat, rejeki dan ridho-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas akhir yang berjudul “Sistem Pengawasan Intern Kas Pada CV. Morawa Timber Industri” Dimana tujuan dari pembuatan tugas akhir ini adalah guna memenuhi salah satu syarat untuk menyelesaikan kelulusan pendidikan program Diploma pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada :

52 Baca lebih lajut

Sistem Pengawasan Intern Kas Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Cabang  Iskandar Muda Medan

Sistem Pengawasan Intern Kas Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Cabang Iskandar Muda Medan

1. Struktur organisasi garis yang digunakan BRI Cabang Iskandar Muda sudah cukup memadai untuk melaksanakan pengawasan intern kas karena organisasinya masih kecil, jumlah karyawan masih dapat dikatakan sedikit dan antara pimpinan dengan semua karyawan saling kenal sehingga kesatuan komando terjamin dengan baik Karen pimpinan berada di atas satu tangan yang didukung oleh rasa solidaritas yang tinggi karena saling kenal.

51 Baca lebih lajut

Sistem Pengawasan Intern Kas Pada PT. Ira Widya Utama Medan, 2008.

Sistem Pengawasan Intern Kas Pada PT. Ira Widya Utama Medan, 2008.

Suatu sistem pengawasan intern kas yang baik akan menghasilkan informasi yang benar dan dapat diterima oleh karyawan dan pimpinan perusahaan serta mampu memberikan gambaran yang jelas tentang keadaan aktiva yang perlu diawasi. Pengawasan dapat diartikan sebagai alat untuk mengkoordinasikan aktifitas-aktifitas perusahaan agar sesuai dengan rencana semula. Salah satu cara untuk melaksanakannya adalah melalui penyusunan sistem pengawasan intern. Sistem pengawasan intern kas juga merupakan alat pengawasan yang sangat membantu pimpinan dalam melaksanakan tugasnya menjalankan perusahaan dan jika terjadi penyimpangan maka dengan segera diperbaiki kesalahan tersebut. Sehingga nyatalah terlihat betapa pentingnya pengawasan dalam mendukung keberhasilan perusahaan menjalankan aktifitasnya.
Baca lebih lanjut

57 Baca lebih lajut

Pengawasan Intern Kas Pada PT. Mopoli Raya Medan

Pengawasan Intern Kas Pada PT. Mopoli Raya Medan

Jika dilihat dari sudut pandang akuntansi, uang kas merupakan uang atau dana yang akan dapat dicairkan sewaktu-waktu. Ini menunjukkan bahwa kas merupakan aset perusahaan yang paling lancar (liquid) bila dibandingkan dengan aktiva lainnya. Hal ini karena hampir seluruh transaksi dalam perusahaan berhubungan dengan kas baik pada perusahaan jasa, indistri (manufacture) maupun perusahaan dagang. Disamping itu kas merupakan aktiva yang paling sering dan mudah diselewengkan, sehingga banyak orang berusaha untuk menyelewengkan kas dengan berbagai cara baik usaha penyelewengan sendiri maupun bersama-sama. Apabila pengawasan intern terhadap kas dalam suatu perusahaan efektif maka segala penyelewengan akan terungkap dengan mudah.
Baca lebih lanjut

40 Baca lebih lajut

Sistem Pengawasan Intern Kas Pada PT. PLN (PERSERO) Cabang Medan

Sistem Pengawasan Intern Kas Pada PT. PLN (PERSERO) Cabang Medan

Jadi, fungsi pengawasan intern kas adalah untuk menjaga agar rencana yang telah ditetapkan dapat berjalan secara menguntungkan, efektif, dan ekonomis. Adapun tujuan sistem pengawasan intern sebagai suatu kegiatan jasa nilai kegunaan data akuntansi diukur dengan kemampuannya untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat dalam membantu kelancaran pelaksanaan tugas-tugas manajemen. Banyaknya informasi diperlukan oleh manajemen tidak sama untuk setiap perusahaan dan tergantung pada sifat dan jenis usaha perusahaan. Penyusunan sistem akuntansi untuk setiap perusahaan dipengaruhi oleh jenis dan besarnya perusahaan.
Baca lebih lanjut

57 Baca lebih lajut

Sistem Pengawasan Intern Kas Pada PT. Umada Medan

Sistem Pengawasan Intern Kas Pada PT. Umada Medan

Ruang lingkup pengawasan intern tidak hanya pada bidang akuntansi tetapi dapat mencakup seluruh kegiatan organisasi. Namun setiap transaksi memerlukan suatu dasar pengukuran yaitu kas. Jadi diperlukan pengawasan intern kas yang efektif agar dapat mengidentifikasi kecurangan kas atau kesalahan yang mungkin dilakukan dalam akuntansi kas. Meskipun sistem pengawasan yang paling lengkap sekalipun tidak dapat secara total menghapus kemungkinan terjadinya penyelewengan atau kesalahan.

49 Baca lebih lajut

Sistem Pengawasan Intern Kas Pada RSU Dr.Pirngadi Kota Medan

Sistem Pengawasan Intern Kas Pada RSU Dr.Pirngadi Kota Medan

Menurut B.Romney dan Steinbart (2003), Sistem adalah entitas yang terdiri dari dua atau lebih komponen atau subsistem yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan. Menurut Werren (2005), Pengawasan Intern merupakan kebijakan dan prosedur yang melindungi aktiva dari penyalahgunaan, memastikan bahwa perundang-undangan serta peraturan dipatuhi sebagaimana mestinya ,sedangkan menurut IAI (2001), Pengawasan Intern adalah suatu proses yang dijalankan oleh dewan komisaris, manjemen dan porsenel lain entitas yang didesain untuk memberikan keyakinan memadai tentang pencapaian tiga golongan tujuan berikut ini: (a) keandalan pelaporan keuangan, (b) efektivitas dan efisen operasi, dan (c) kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku.Menurut Kieso (2002), Kas adalah aktiva yang paling likuid, merupakan media pertukaran dan dasar pengukuran serta akuntansi untuk semua pos-pos lainnya..
Baca lebih lanjut

56 Baca lebih lajut

Sistem Pengawasan Intern Kas Pada PT. Jasaraharja Putera Medan

Sistem Pengawasan Intern Kas Pada PT. Jasaraharja Putera Medan

Pada bab ini penulis akan melakukan analisa dan evaluasi bagaimana relavansi antara praktek yang telah dilakukan dengan teori-teori yang telah dikemukakan sebelumnya pada PT.JASARAHARJA PUTERA Cabang Medan. Untuk memperoleh sitem pengawasan yang sifatnya preventif, maka perlu dilakukan suatu cara tertentu. Cara pengawasan yang bersifat preventif adalah seperti yang terdapat dalam ilmu akuntansi yang disebut system pengawasan intern. Suatu system pengawasan intern yang efektif diharapkan dapat memperkecil kesalahan maupun penyelewengan perusahaan. Salah satu fungsi manajemen yang penting adalah fungsi pengawasan, pengawasan dapat dilakukan secara efektif melalui pemeriksaan dan laporan.
Baca lebih lanjut

50 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...