Top PDF Pola Pemanfaatan Teknologi Informasi Di Sekolah Dasar

Pola Pemanfaatan Teknologi Informasi Di Sekolah Dasar

Pola Pemanfaatan Teknologi Informasi Di Sekolah Dasar

gunakan slide proyektor dan laptop. Ma- teri yang disampaikan kepada siswa ada- lah dongeng, cerita atau syirah (sejarah). Siswa menyimak, melihat, mengamati dan menangkap isi cerita, pesan moral dan kesimpulan dari cerita yang disampaikan. Siswa kelas empat sampai enam dikenal- kan perangkat keras dan lunak khususnya MSWord. Selain itu sekolah juga telah memiliki website untuk sarana komunikasi dengan alumni, orang tua wali, murid, guru dan masyarakat. Alamat web kami adalah sdithidayatullah.com. Tausyiah harian lewat tahajud call melalui server yang dikelola pak Novi disampaikan pada murid. Harapan terhadap pemanfaatan TI sebagai media/sumber belajar adalah adanya proteksi hal-hal negatif agar siswa dapat mengerjakan tugas dengan aman. Di samping itu tidak semua guru dapat mengakses internet karena keterbatasan waktu dan kemampuan basik jadi perlu pelatihan internet bagi guru. Informasi yang diperoleh melalui pengamatan seko- lah ini tergolong memiliki fasilitas belajar yang memadai termasuk sarana teknologi informasinya yang diadakan oleh sekolah sendiri.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

BAB I PENDAHULUAN - PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH

BAB I PENDAHULUAN - PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH

Program software power point memberikan kesempatan bagi konselor untuk memberikan sentuhan-sentuhan seni dalam bahan layanan informasi. Melalui program ini, yang ditayangkan tidak saja berupa tulisan-tulisan yang mungkin sangat membosankan, tetapi dapat juga ditampilkan gambar-gambar dan suara-suara yang menarik yang tersedia dalam program power point. Melalui fasilitas ini, konselor dapat pula memasukkan gambar-gambar di luar fasilitas power point, sehingga sasaran yang akan dicapai menjadi lebih optimal. Gambar-gambar yang disajikan melalui program power point tidak statis seperti yang terdapat pada Over Head Projector (OHP). Konselor dapat memasukkan gambar-gambar yang bergerak, bahkan konselor bisa melakukan insert gambar-gambar yang ada di sebuah flm.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PR

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PR

mempunyai kemampuan/kapabilitas untuk menghitung rincian pelayaran baik untuk masalah keuangan maupun perhitungan teknis. Penghitungan aspek keuangan meliputi biaya untuk pelayaran (bahan bakar, upah pekerja, dan modal yang dibutuhkan), tarif angkut untuk berbagai tipe pengiriman kargo, dan biaya pelabuhan. Rincian teknis meliputi faktor- faktor yang berhubungan dengan masalah pelayaran, seperti: kapasitas kargo, kecepatan, jarak, konsumsi bahan bakar dan kebutuhan air, serta pola bongkar muat. Sistem ini dapat menjawab berbagai pertanyaan, seperti: Kapal mana yang digunakan untuk memberikan keuntungan yang maksimum? Berapa kecepatan optimal yang dapat memaksimumkan keuntungan? Apa tipe dari bongkar muat yang optimal? DSS ini dapat dioperasikan dalam sebuah desktop komputer yang menyajikan sistem menu yang membuat pengguna mudah untuk memasukkan data atau mendapatkan informasi.
Baca lebih lanjut

54 Baca lebih lajut

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM ME

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM ME

semakin meningkatnya permintaan untuk tenaga pengajar atau guru sekolah, oleh sebab itu pada tahun 1989 yayasan juga mendirikan sekolah untuk pendidikan guru yaitu SPG. Untuk mengikuti kebijakan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan guru pata tahun 1991 yayasan mendirikan program DII – PGSD dan pada saat bersamaan disebabkan adanya perubahan kebijakan pemerintah terhadap sekolah kejujuruan yang mengakibatkan SPGKristen Bethel beralih fungsi menjadi SMA Kristen Bethel. Dukungan pmerintah yang sangat aktif menjadi kekuatan tambahan dalam pengembangan diri, hingga saat ini yayasan pendidikan Pendidikan Kristen Bethel telah mempunya gedung yang cukup kompetitif.
Baca lebih lanjut

59 Baca lebih lajut

ESSAY Pemanfaatan Teknologi Informasi Se

ESSAY Pemanfaatan Teknologi Informasi Se

mendapatkan akses pendidikan karena minimnya pengajar yang tersedia di indonesia. Beda halnya jika pemerintah menyediakan perlatan yang menunjang multimedia untuk setiap sekolah yang kekurangan pengajar. Dengan materi dan pengajar yang sama, maka semua siswa akan mendapat pendidikan yang layak secara merata. Tidak hanya di papua, tapi juga di seluruh penjuru indonesia.

7 Baca lebih lajut

Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Au

Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Au

Menurut Ahsan (2015) proses forensik digital yang direkomendasikan oleh para ahli harus dilakukan oleh orang-orang yang memiliki spesialisasi dengan pendekatan yang tidak bias untuk memastikan kepercayaan terhadap diri mereka dan citra terhadap organisasi tempat investigasi yang akan dilakukan. Selain itu menurut cohen (2010), mereka yang terlibat dalam pekerjaan yang berkaitan dengan bukti forensik digital harus mengerti isu-isu pada tingkat dasar agar bermanfaat bagi proses hukum.

4 Baca lebih lajut

Tujuan pemanfaatan teknologi informasi di perpustakaan sekolah antara lain yaitu : a. Meningkatkan efisiensi kerja

Tujuan pemanfaatan teknologi informasi di perpustakaan sekolah antara lain yaitu : a. Meningkatkan efisiensi kerja

Undang-Undang No. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan Bab V Pasal 14 point (3) menyebutkan bahwa “Setiap perpustakaan mengembangkan layanan perpustakaan sesuai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi”. Amanat undang-undang tersebut secara jelas menyatakan bahwa teknologi informasi merupakan aspek vital yang harus diimplementasikan dalam proses penyelengaraan layanan perpustakaan. Layanan perpustakaan berbasis teknologi informasi ditandai dengan penggunaan sistem manajemen pengelolaan perpustakaan yang direncanakan, dilaksanakan dan dan dikelola berdasarkan prinsip-prisip kemajuan teknologi informasi.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMU

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMU

Tampaknya pemikiran pengelola pendidikan sekolah seperti tersebut di atas yang cenderung banyak dianut oleh masyarakat kebanyakan. Pemikiran pengelola pendidikan sekolah yang demikian ini memang tidaklah sepenuhnya salah dan juga belum sepenuhnya benar. Mengapa? Tidak sepenuhnya salah karena sebagian para ahli berpendapat bahwa TIK merupakan teknologi yang dibutuhkan untuk memproses informasi; terutama penggunaan komputer elektronik dan piranti lunak komputer yang ditujukan untuk mengolah, menyimpan, melindungi, mentransmisikan, dan mencari informasi dari mana saja dan kapan saja. Tetapi, belum sepenuhnya juga dikatakan benar karena teknologi informasi dan komunikasi itu tidaklah terbatas hanya sekedar perangkat komputer, tetapi juga mencakup rentangan dari yang paling sederhana (misalnya: telepon, radio, kaset audio/video, OHP sampai dengan yang paling mutakhir (http://www.answers.com/topic/information-technology).
Baca lebih lanjut

57 Baca lebih lajut

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DI BIDAN (3)

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DI BIDAN (3)

Istilah teknologi informasi mulai populer di akhir tahun 70-an. Pada masa sebelumnya istilah teknologi informasi biasa disebut teknologi komputer atau pengolahan data elektronis. Teknologi informasi didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), komputer, komunikasi, dan elektronik digital. Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan berbagai sektor kehidupan dimana memberikan andil besar terhadap perubahan – perubahan yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen organisasi, pendidikan, trasportasi, kesehatan dan penelitian. Termasuk dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam yang salah satunya adalah Ilmu Fisika. Maka dari itu teknologi informasi dimanfaatkan untuk membantu pengajaran dan pembelajaran. Dalam pembelajaran fisika, kemampuan pemahaman konsep merupakan syarat mutlak dalam mencapai keberhasilan belajar fisika. Hanya dengan penguasaan konsep fisika seluruh permasalahan fisika dapat dipecahkan, baik permasalahan fisika yang ada dalam kehidupan sehari-hari maupun permasalahan fisika dalam bentuk soal-soal fisika di sekolah.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMU (4)

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMU (4)

Dalam tulisan itu, secara ilustratif disebutkan bahwa di masa-masa mendatang isi tas anak sekolah bukan lagi buku-buku dan alat tulis seperti sekarang ini, akan tetapi berupa: (1) komputer notebook dengan akses internet tanpa kabel, yang bermuatan materi-materi belajar yang berupa bahan bacaan, materi untuk dilihat atau didengar, dan dilengkapi dengan kamera digital serta perekam suara, (2) Jam tangan yang dilengkapi dengan data pribadi, uang elektronik, kode sekuriti untuk masuk rumah, kalkulator, dsb. (3) Videophone bentuk saku dengan perangkat lunak, akses internet, permainan, musik, dan TV, (4) alat-alat musik, (5) alat olah raga, dan (6) bingkisan untuk makan siang. Hal itu menunjukkan bahwa segala kelengkapan anak sekolah di masa itu nanti berupa perlengkapan yang bernuansa internet sebagai alat bantu belajar. Meskipun teknologi informasi komunikasi dalam bentuk komputer dan internet telah terbukti banyak menunjang proses pembelajaran anak secara lebih efektif dan produktif, namun di sisi lain masih banyak kelemahan dan kekurangan. Dari sisi kegairahan kadang-kadang anak- anak lebih bergairah dengan internetnya itu sendiri dibandingkan dengan materi yang dipelajari. Dapat juga terjadi proses pembelajaran yang terlalu bersifat individual sehingga mengurangi pembelajaran yang bersifat sosial. Dari aspek informasi yang diperoleh, tidak terjamin adanya ketepatan informasi dari internet sehingga sangat berbahaya kalau anak kurang memiliki sikap kritis terhadap informasi yang diperoleh. Bagi anak-anak sekolah dasar penggunaan internet yang kurang proporsional dapat mengabaikan peningkatan kemampuan yang bersifat manual seperti menulis tangan, menggambar, berhitung, dsb. Dalam hubungan ini guru perlu memiliki kemampuan dalam mengelola kegiatan pembelajaran secara proporsional dan demikian pula perlunya kerjasama yang baik dengan orang tua untuk membimbing anak-anak belajar di rumah masing-masing.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Pemanfaatan Teknologi Berbasis Android sebagai Media Belajar Matematika Anak Sekolah Dasar

Pemanfaatan Teknologi Berbasis Android sebagai Media Belajar Matematika Anak Sekolah Dasar

Tahap kedua adalah menentukan pengguna dari aplikasi yang akan dibuat. Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini adalah dengan menetukan pengguna yang menggunakan aplikasinya.Pengguna dalam aplikasi ini adalah siswa-siswi kelas VI Sekolah Dasar. Diharapkan pengguna ini dapat menggunakan aplikasi mata pelajaran Matematika sebagai alternatif media belajar lain selain menggunakan buku yang biasa digunakan oleh mereka di sekolah.

14 Baca lebih lajut

IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI SEKOLAH DASAR :Studi Kasus pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Fithrah Insani.

IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI SEKOLAH DASAR :Studi Kasus pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Fithrah Insani.

Dalam organisasi pendidikan di Sekolah SDIT Fithrah Insani, pada saat awal penelitian belum menggunakan SIM berbasis teknologi informasi, namun masih menggunakan administrasi secara manual walaupun telah menggunakan perangkat komputer. Oleh karena itu perlu diteliti tentang kemungkinan dan strategi penerapan SIM berbasis teknologi informasi dalam pengelolaan akademiknya, sistem informasi seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan, dan bagaimana efektivitas implementasinya.

36 Baca lebih lajut

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PE

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PE

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, teknologi komunikasi mengalami kemajuan sangat pesat. Dan untuk selanjutnya berpengaruh terhadap pola komunikasi dimasyarakat. Seperti halnya teknologi pada umumnya, teknologi informasi tidak mengenal wilayah, agama, dan suku bangsa, teknologi telah mengurangi secara drastis jarak dalam ruang dan waktu. Dalam makalah ini, kami akan menekankan pada aspek media komputer.

8 Baca lebih lajut

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGI UKM

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGI UKM

produktivitas dan daya saing UKM secara signifikan,” kata Michael. Insentif bagi UKM untuk menggunakan ICT dalam memodernisasi sistem bisnis dasar (termasuk pembukuan, pembayaran gaji dan manajemen supply chain) dapat membantu. Zona pengembangan dan anggaran khusus ICT untuk mendorong pertumbuhan penerapan teknologi inovatif bagi UKM Indonesia juga dapat meningkatkan produktivitas. Gagasan yang kedelapan adalah menggunakan ICT untuk mendukung sektor-sektor prioritas seperti transportasi dan meningkatkan produktivitas dan penjualan melalui sistem online. “Melalui ICT, petani dapat meningkatkan produktivitas dengan menggunakan ICT untuk menjual langsung ke konsumen seperti yang sudah dilakukan di industri pertanian di India,” kata Presiden Direktur McKinsey and Company Indonesia Philia Wibowo dalam kesempatan yang sama.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar

Keberadaan smart television memang belum banyak terdapat di sekolah- sekolah, alat ini merupakan alat penerima informasi yang berupa gambar dan suara. Tidak seperti televisi tradisional yang hanya dapat menayangkan informasi audio visual secara real-time dan tergantung dari penyedia chanel. Smart television juga dapat mengkases jaringan internet, jadi pengguna atau guru dapat lebih banyak memilih chanel yang disukai atau sesuai dengan materi yang akan diajarkan, bahkan menyimpan dan memesan tayangan yang sudah atau belum tayang.

10 Baca lebih lajut

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah

perkembangan konsep teknologi pendidikan dapat ditelusuri jejaknya melalui latar belakang yang mendahuluinya, yaitu sejak jaman Yunani purba, maka gerakan yang mendasari muncul dan terwujudnya bidang dan konsep teknologi pengajaran seperti sekarang ini, maka Sudjana (2001:57-73) telah menyusun secara sistematis perkembangan teknologi pengajaran sebagai berikut: 1) Alat Bantu Visual : Dalam konsep pengajaran visual adalah setiap gambar, model, benda, atau alat-alat lain yang memberikan pengalaman visual yang nyata kepada siswa. Alat bantu visual itu bertujuan untuk: (a) memperkenalkan, membentuk, memperkaya, serta memperjelas pengertian atau konsep yang abstrak kepada siswa, (b) mengembangkan sika-sikap yang dikehendaki, (c) mendorong kegiatan siswa lebih lanjut. Konsep pengajaran visual didasarkan atas asumsi bahwa pengertian-pengertian yang abstrak dapat disajikan lebih konkrit. Pengongkretan pengajaran visual sampai sekarang masih tetap berguna; 2) Alat Bantu Audiovisual yakni konsep pengajaran visual kemudian berkembang menjadi audiovisual aids pada tahun 1940. Istilah ini bermakna sejumlah peralatan yang dipakai oleh para guru dalam menyampaikan konsep, gagasan, dan pengalaman yang dianggap oleh indra pandang dan pendengaran. Penekanan utama dalam pengajaran audiovisual adalah pada nilai belajar yang diperoleh melalui pengalaman konkret, tidak hanya didasarkan atas kata-kata belaka. Pengajaran audiovisual bukan metode mengajar’ 3)
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

PEMANFAATAN MEDIA INFORMASI TEKNOLOGI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH DASAR

PEMANFAATAN MEDIA INFORMASI TEKNOLOGI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH DASAR

Pembelajaran di sekolah haruslah mempunyai daya tarik terhadap siswa yaitu melalui berbagai macam cara yang harus dimiliki dan ditempuh pendidik dalam menyampaikan bahan ajar. Untuk itu sangat dibutuhkan peran media pembelajaran agar bahan ajar dapat tersampaikan secara maksimal (Puspitarini & Hanif, 2019). Adapun hal yang bisa dilakukan agar pembelajaran terasa menyenangkan yaitu menggunakan media pembelajaran yang sesuai serta disukai oleh peserta didik yang berkembang sesuai perkembangan teknologi serta informasi yang sangat dibutuhkan untuk menyampaikan materi dengan baik supaya dikenal (Puspitarini & Hanif, 2019). Sehingga dengan adanya media pelajaran dapat memperlancar proses serta mempercepat laju penyampaian materi pembelajaran oleh guru dalam menyalurkan ilmu pengetahuan.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komu (3)

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komu (3)

Dengan perencanaan yang matang, kita bisa mengembangkan TIK secara bertahap di sekolah agar tidak tertinggal dari sekolah lain. Program yang dibuat harus dilaksanakan secara berkelanjutan meskipun terjadi pergantian kepala dan komite sekolah. Pemanfaatan TIK Sebagai Media Pembelajaran TIK bukan merupakan teknologi yang berdiri sendiri, tetapi merupakan kombinasi dari hardware dan software. Ada hal penting yang harus diperhatikan dalam memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran yaitu hardware dan software yang tersedia dan jenis metode pembelajaran yang akan digunakan. Beberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diantaranya:
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, KESESUAIAN TUGAS - TEKNOLOGI INFORMASI, DAN  Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kesesuaian Tugas - Teknologi Informasi, Dan Kepercayaan Atas Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Individual (Studi Kasus Pada

PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, KESESUAIAN TUGAS - TEKNOLOGI INFORMASI, DAN Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Kesesuaian Tugas - Teknologi Informasi, Dan Kepercayaan Atas Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Individual (Studi Kasus Pada

Dampak dari globalisasi ini terasa pada berbagai aspek. Terlebih dalam bidang komputerisasi perusahaan atau organisasi telah mengakui peran komputer yang sangat membantu, terutama dalam menanggapi tuntutan era teknologi yang meningkatkan kemampuan berkomputerisasi. Salah satu syarat untuk dapat berkomputerisasi adalah penyediaan suatu sistem informasi akuntansi yang cepat, tepat dan akurat.

16 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...

Related subjects