Sistem Informasi Akademik Di SDN Tanjung 2 Bandung Kecamtan Bojongloa Kaler

163  Download (0)

Teks penuh

(1)

Assalamu a’laikum Wr. Wb

Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini. Dalam penyusunan skripsi ini penulis mengambil judul “SISTEM INFORMASI AKADEMIK DI SDN TANJUNG 3 BANDUNG”.

Penyusunan skripsi ini merupakan sebagai salah satu syarat untuk menempuh Ujian Program Strata Satu (S-1) pada Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia Bandung.

Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga atas segala bantuan dan dukungannya kepada penulis, khususnya kepada yang terhormat :

1. Dr. Ir Eddy Soeryanto Soegoto, M.Sc, selaku Rektor Universitas Komputer Indonesia Bandung.

2. Dr. Arry Akhmad Arman, selaku Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia.

3. Dadang Munandar SE. M.Si, selaku Ketua Jurusan Manajemen Informatika Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia Bandung dan Sekaligus Dosen Wali MI-12.

(2)

Manajemen Informatika Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia Bandung.

6. Yati Rusyati, A.Ma.Pd selaku selaku Kepala Sekolah di SDN Tanjung 3 Bandung, yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk melakukan penelitian guna penyusunan skripsi di instansinya.

7. Seluruh Staf, Guru dan Karyawan SDN Tanjung 3 Bandung yang dengan terbuka menerima dan membimbing penyusun melakukan penelitian, juga membantu kelancaran penulis.

(3)

kebaikan yang telah diberikan dari semua p ihak menjadi amal ibadah yang diterima oleh Allah SWT. Amiin Ya Robbal allamien.

Wassalamu ’alaikum, Wr. Wb

Bandung, Juni 2011

(4)

Al-Bahra Bin Ladjamudin. 2005. Analisis dan Desain Sitem Informasi. Graha Ilmu .Yogyakarta.

Andri Kristanto. 2008. Perancangan Sistem Informasi & Aplikasinya. Gava Media.Yogyakarta.

Ketut Darmayuda. 2007. Program Aplikasi Client Server. Informatika. Bandung Nataniel, dan Dyna Marisa Kh Sistem Informasi Akademik Berbasis Web SMP

Negeri 4 Samarinda. Jurnal Informatika Mulawarman Vol 4 No. 2 Juli 2009

Taryana Suryana. 2009. Pengenalan Visual Basic. Graha Ilmu

Online :

http://www.ilmukomputer.com/ Pengantar Informatika /7 Mei 2011.

(5)

SKRIPSI

Diajukan untuk memenuhi syarat kelulusan pada Program Studi Sistem Informasi Jenjang Sarjana

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Oleh : NINA ROSTINA

1.05.07.559

PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI

FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER

UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA

BANDUNG

(6)

Setelah melakukan analisis terhadap sistem akademik pada SDN Tanjung 3 Bandung yang sedang berjalan serta mencoba memberikan solusi dengan mengembangkan sistem akademik yang telah ada, maka penulis dapat menarik kesimpulan dan memberikan saran dalam peningkatan kinerja sistem yang telah ada.

6.1 Kesimpulan

Setelah merancang sistem informasi akademik yang dibuat dalam sebuah program, maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut:

1. Diharapkan dengan diterapkannya Sistem Informasi Akademik ini pengolahan data siswa, data guru, data mata pelajaran, dan penilaian sudah lebih cepat karena sudah terkomputerisasi.

2. Diharapkan dengan diterapkannya Sistem Informasi Akademik ini proses pencarian data siswa, data guru ,data kelas, data nilai, dan pembuatan laporan menjadi lebih efektif dan efisien karena penyimpanan data sudah dalam bentuk database.

(7)

4. Diharapkan dengan diterapkannya Sistem Informasi Akademik ini proses pembuatan jadwal pelajaran bisa lebih cepat dan tidak terjadinya bentroknya jadwal mengajar dengan kelas lain.

6.2 Saran

Setelah penulis menyusun dan membuat suatu sistem informasi akademik, penulis dapat mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari sistem yang penulis susun. Adapun saran terhadap penggunaan sistem informasi akademik yang telah dibuat adalah sebagai berikut :

1. Diharapkan program Sistem Informasi Akademik yang telah dirancang dapat dikembangkan kembali dengan menambahkan form pembayaran pendaftaran siswa baru dan pembayaran SPP dan menambah hak akses untuk bagian adaministrasi keuangan agar dapat mengelola form registrasi pembayaran pendaftaran siswa baru dan pembayaran SPP.

(8)

5.1 Implementasi

Implementasi adalah suatu kelanjutan dari perancangan sistem informasi Akademik pada SDN Tanjung 3 Bandung dilakukan dengan menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 6.0 dan basis data yang digunakan adalah SQL Server 2000. Aplikasi Visual Basic 6.0 dapat dijalankan pada sistem operasi Windows, tetapi implementasi dan pengujian sepenuhnya hanya dilakukan di perangkat keras Notebook dengan sistem operasi Microsoft Windows XP.

5.1.1 Batasan Imple mentasi

Dalam mengimplementasikan Perangkat Lunak Sistem Informasi Akademik pada SDN Tanjung 3, ada beberap hal yang menjadi batasan implementasi yaitu:

1 Visual Basic

Untuk membuat Sistem Informasi Akademik di SDN Tanjung 3 Bandung ini penulis menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 6.0

2 Data Base

Data base yang digunakan oleh penulis adalah SQL Server 2000 untuk menyimpan sumber data Aplikasi.

(9)

Untuk membuat laporan.

5.1.2 Implementasi Perangkat Lunak

1 Visual Basic

Untuk membuat sistem informasi sistem informasi akademik di SDN Tanjung 3 Bandung ini penulis menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 6.0.

2 Database

Database yang digunakan oleh penulis adalah SQL Server 2000 untuk menyimpan sumber data Aplikasi.

3 Crystal Report

Untuk membuat laporan

4 Windows XP dan Microsoft Office 2007

Windows XP Professional sebagai Operasi system dan Microsoft Office 2007 sebagai program tambahan dalam pembuatan draft.

5.1.3 Implementasi Perangkat Keras

Perangkat keras yang digunakan dalam pengimplementasian aplikasi Perangkat keras menjadi dua yaitu pada komputer clie nt dan server.

1 Komputer Server

Implementasi perangkat keras (hardware) yang digunakan dalam komputer server adalah sebagai berikut :

(10)

c. VGA 512,0 MB d. Harddisk 250 GB e. Monitor LCD f. Keyboard g. Mouse h. Printer 2 Komputer Client

Implementasi perangkat keras (hardware) yang digunakan oleh komputer client:

a. Processor 1,5 GHz b. 512 MB RAM c. VGA 128.0 d. Harddisk 40 GB e. Monitor

f. Keyboard g. Mouse

5.1.4 Implementasi Basis Data

(11)

Gambar 5.1 Tampilan tabel - tabel dalam database akademik

1 Tabel Tahun Ajaran

CREATE TABLE `akademik`.`ttahun_ajaran` ( `kode_tahun` VARCHAR( 15 ) NOT NULL , `tahun_ajaran` VARCHAR( 15 ) NOT NULL , `semester` VARCHAR( 10 ) NOT NULL , PRIMARY KEY ( `kode_tahun` ));

2 Tabel Pendaftaran

(12)

`tempat_lahir` VARCHAR( 15 ) NOT NULL , `tanggal_lahir` DATETIME NOT NULL , `agam` VARCHAR( 15 ) NOT NULL , `nama_ortu` VARCHAR( 30 ) NOT NULL , `alamat` VARCHAR( 60 ) NOT NULL ,

`pendidikan_ortu` VARCHAR( 15 ) NOT NULL , `pekerjaan_ortu` VARCHAR( 15 ) NOT NULL , `no_telpon` VARCHAR( 15 ) NOT NULL , PRIMARY KEY ( `no_pendaftaran` )); 3 Tabel Registrasi

CREATE TABLE `akademik`.`tregistrasi` ( `nis` VARCHAR( 15 ) NOT NULL ,

`no_pendaftaran` VARCHAR( 15 ) NOT NULL , `kode_tahun` VARCHAR( 15 ) NOT NULL , `tanggal_reg` DATETIME NOT NULL , `nama_siswa` VARCHAR( 30 ) NOT NULL , `jenis_kelamin` VARCHAR( 10 ) NOT NULL , `tempat_lahir` VARCHAR( 15 ) NOT NULL , `tanggal_lahir` DATETIME NOT NULL , `agam` VARCHAR( 15 ) NOT NULL , `nama_ortu` VARCHAR( 30 ) NOT NULL , `alamat` VARCHAR( 60 ) NOT NULL ,

(13)

`pekerjaan_ortu` VARCHAR( 15 ) NOT NULL , `no_telpon` VARCHAR( 15 ) NOT NULL , `kode_kelas` VARCHAR( 10 ) NOT NULL , PRIMARY KEY ( `nis` ));

4 Tabel Siswa

CREATE TABLE `akademik`.`tsiswa` ( `nis` VARCHAR( 15 ) NOT NULL ,

`nama_siswa` VARCHAR( 30 ) NOT NULL , `jenis_kelamin` VARCHAR( 10 ) NOT NULL , `tempat_lahir` VARCHAR( 15 ) NOT NULL , `tanggal_lahir` DATETIME NOT NULL , `agam` VARCHAR( 15 ) NOT NULL , `nama_ortu` VARCHAR( 30 ) NOT NULL , `alamat` VARCHAR( 60 ) NOT NULL ,

`pendidikan_ortu` VARCHAR( 15 ) NOT NULL , `pekerjaan_ortu` VARCHAR( 15 ) NOT NULL , `no_telpon` VARC HAR( 15 ) NOT NULL ); 5 Tabel Guru

CREATE TABLE `akademik`.`tguru` ( `nip` VARCHAR( 20 ) NOT NULL ,

(14)

`jenis_kelamin` VARCHAR( 15 ) NOT NULL , `agama` VARCHAR( 15 ) NOT NULL ,

`status` VARCHAR( 15 ) NOT NULL , `alamat` VARCHAR( 50 ) NOT NULL , `telepon` VARCHAR( 15 ) NOT NULL , `ijazah` VARCHAR( 10 ) NOT NULL , `jabatan` VARCHAR( 10 ) NOT NULL , `golongan` VARCHAR( 15 ) NOT NULL , `status_kerja` VARCHAR( 10 ) NOT NULL , `mulai_kerja` VARCHAR( 10 ) NOT NULL , `akhir_masakerja` VARCHAR( 10 ) NOT NULL , PRIMARY KEY ( `nip` ));

6 Tabel Kelas

CREATE TABLE `akademik`.`tkelas` ( `kode_kelas` VARCHAR( 10 ) NOT NULL , `jumlah_siswa` INT NOT NULL ,

`nip` VARCHAR( 20 ) NOT NULL ,

`nama_walikelas` VARCHAR( 30 ) NOT NULL , PRIMARY KEY ( `kode_kelas` ));

7 Tabel Mata Pelajaran

(15)

PRIMARY KEY ( `kode_mapel` ) ) ; 8 Tabel Mengajar

CREATE TABLE `akademik`.`tmengajar` ( `kode_mapel` VARCHAR( 10 ) NOT NULL , `kode_kelas` VARCHAR( 10 ) NOT NULL , `bobot` INT NOT NULL ,

`nip` VARCHAR( 20 ) NOT NULL); 9 Tabel Jadwal Pelajaran

CREATE TABLE `akademik`.`tpenjadwalan` ( `kode_mapel` VARCHAR( 10 ) NOT NULL , `kode_kelas` VARCHAR( 10 ) NOT NULL , `nip` VARCHAR( 20 ) NOT NULL ,

`nama_guru` VARCHAR( 30 ) NOT NULL , `hari` VARCHAR( 15 ) NOT NULL ,

`jumlah_jam` INT NOT NULL ,

`jam_awal` VARCHAR( 10 ) NOT NULL , `jam_akhir` VARC HAR( 10 ) NOT NULL); 10 Tabel Nilai

CREATE TABLE `akademik`.`tnilai` ( `nis` VARCHAR( 15 ) NOT NULL ,

(16)

`kode_mapel` VARCHAR( 10 ) NOT NULL , `nama_mapel` VARCHAR( 20 ) NOT NULL , `ntugas` INT NOT NULL ,

`nuts` INT NOT NULL , `nuas` INT NOT NULL , `nakhir` INT NOT NULL); 5.1.5 Implementasi Antar Muka

Pada implementasi antarmuka ini akan dijelaskan mengenai tampilan antarmuka , petunjuk pengguna dan hasil uji pada Perancangan Sistem Informasi Akademik pada SDN Tanjung 3 Bandung.

1 Form Login

Sebelum masuk ke menu utama, saat pertama kali menjalankan sistem, user diminta untuk melakukan login terlebih dahulu. Pada saat login, operator atau user diminta untuk memasukkan username dan Password. Jika operator atau user sudah terdaftar maka operator atau user diberikan kewenangan untuk masuk ke menu utama dan melakukan entry data.

(17)

2 Tampilan Menu Utama

Setelah operator atau user berhasil melakukan proses Login, maka sistem akan menampilkan Menu Utama. Didalam Menu Utama terdiri dari submenu diantaranya menu, data, proses, cetak dan about.

Gambar 5.3 Menu Utama 3 Tampilan Submenu Menu

Menu berisikan satu sub menu yaitu logout.

(18)

4 Tampilan Menu Pendaftaran

Gambar 5.5 Menu Pendaftaran 5 Tampilan Form Pendaftaran

(19)

6 Tampilan Pendaftaran Ulang

Gambar 5.7 Menu Pendaftaran Ulang 7 Tampilan Submenu Data

Submenu data berisikan data master yaitu siswa, guru, kelas, mata pelajaran.

(20)

a. Data Siswa

Gambar 5.9 Daftar Siswa b. Form Input Data Guru

(21)

c. Data Guru

Gambar 5.11 Data Guru d. Data Kelas

(22)

e. Data Mata Pelajaran

Gambar 5.13 Data Mata Pelajaran f. Data Tahun ajaran

(23)

7. Tampilan Submenu Proses

Submenu proses berisikan pembagian kelas, jadwal pelajaran dan nilai.

Gambar 5.15 Menu Proses a. Tugas Mengajar

(24)

b. Jadwal Pelajaran

Gambar 5.17 Menu Jadwal Pelajaran c. Nilai

(25)

8. Tampilan Submenu Cetak

Menampilkan submenu laporan data siswa, pembagian kelas, jadwal pelajaran dan nilai.

Gambar 5.19 Menu Cetak

(26)

a. Laporan Bukti Pendaftaran

Gambar 5.21 Laporan Bukti Pendaftaran b. Laporan Data Siswa

(27)

c. Data Guru

Gambar 5.23 Laporan Data Guru d. Jadwal Pelajaran

(28)

e. Laporan Nilai Perkelas

Gambar 5.25 Laporan Nilai 9. Tampilan Submenu Pengguna

Menampilkan sbmenu pengguna

(29)

5.1.6 Implementasi Instalasi Program

Sebelum sistem informasi akademik pada SDN Tanjung 3 Bandung diimplementasikan terlebih dahulu dilakukan penginstalan program aplikasi akademik SDN Tanjung 3 Bandung. Cara – cara penginstalan program akademik SDN Tanjung 3 Bandung adalah sebagai berikut :

1. klik 2 kali atau klik kanan > open pada file setup.exe master aplikasi akademik seperti pada gambar di bawah ini :

Gambar 5.27 File setup.exe dalam tahapan pertama instalasi

2. Maka akan terlihat tampilan awal proses instalasi seperti pada gambar berikut:

Gambar 5.28 Tahapan Pertama Instalasi Aplikasi

(30)

3. Setalah menekan tombol Next pada setup maka selanjutnya akan muncul gambar sebagai berikut :

Gambar 5.29 Tampilan pemilihan folder penyimpanan installasi

Terdapat banyak pilihan di gambar tesebut antara lain Browse yaitu untuk memilih dilokasi mana aplikasi hasil installasi akan disimpan. Jika Cencel setup maka anda akan keluar dari aplikasi ini. Untuk selanjutnya anda klik Next untuk melanjutkan.

4. Selanjutnya akan muncul gambar dibawah, Anda dapat menentukan grup tempat aplikasi akan ditampilkan pada menu windows (di dalam start menu windows). Setelah itu klik tombol Next.

(31)

5. Setelah itu muncul pemberitahuan bahwa program mau atau tidak di tampilkan di desktop.

Gambar 5.31 Tampilan penampilan program di desktop Setelah itu klik Next untuk melanjutkan installasi.

6. Setelah itu muncul pemberitahuan bahwa program siap untuk melakukan installasi.

(32)

Setelah itu klik Next untuk melanjutkan installasi.

7. Setelah itu muncul pemberitahuan bahwa program anda sukses terinstall kemudian tekan OK.

Gambar 5.33 Tampilan bahwa aplikasi sukses diinstal Setelah itu klik Finish untuk melanjutkan installasi.

5.1.7 Penggunaan Program

Berikut ini akan dijelaskan tampilan antarmuka (interface) dari sistem informasi akademik pada SDN Tanjung 3 Bandung .

(33)

1. Form Login

Gambar 5.34 Menu Login

Apa bila salah memasukan username dan password akan muncul pemberitahuan seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar 5.35 Pemberi tahuan gagal login

(34)

2. Menu Utama

Gambar 5.36 Menu Utama 3. Form Pendaftran Siswa Baru

Form pendaftaran merupakan awal dari pemerosesan data siswa. Form pendaftaran tersebut dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

(35)

Setelah melakukan input pendaftaran maka akan di buatkan laporan bukti pendaftaran bagi siswa yang mendaftar yang kemudian nantinya menjadi bukti untuk bisa melakukan pendaftaran ulang, gambar laporan bukti pendaftaran dan pendaftaran ulang, seperti pada gambar dibawah ini.

Gambar 5.38 Laporan Bukti pendaftara 4. Form Pendaftran Ulang Siswa Baru

(36)

5. Form Data Siswa

Tampilan di bawah ini adalah form data siswa yang berfungsi menampilkan seluruh data siswa dan laporan data siswa perkelas seperti pada gambar dibawah ini.

Gambar 5.40 Form Data Siswa

(37)

6. Form Data Guru

Tampilan di bawah ini adalah form input data guru yang berfungsi mengisi data guru dan tampilan data guru menampilkan seluruh data guru seperti pada gambar dibawah ini.

Gambar 5.42 Form Input Data Guru

(38)

7. Form Data Mata Pelajaran

Form Input Data Mata Pelajaran digunakan untuk menginput kode mata pelajaran dan nama mata pelajaran. Form Input Mata Pelajaran seperti pada gambar di bawah ini.

Gambar 5.44 Form Data Mata Pelajaran 8. Form Data Kelas

(39)

Gambar 5.45 Form Data Kelas 9. Form Data Tugas Mengajar

Form tugas mengajar merupakan form untuk memproses guru mendapatkan tugas mengajar sesuai dengan bidang keahliannya. form tersebut bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

(40)

10.Form Jadwal Pelajaran

Form penjadwalan merupakan form untuk memudahkan memproses penjadwalan agar penjadwalannya tidak ada yang bentrok. form tersebut bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Gambar 5.47 Form Jadwal Pelajaran 11. Form Data nilai siswa

(41)

Gambar 5.48 Form Data Nilai Siswa

Apabila guru tidak memilih username untuk login pengguna sebelumya pada saat menekan tombol penilaian maka akan ada pemberitahuan seperti gambar dibawah ini.

Gambar 5.49 Pemberitahuan

(42)

Gambar 5.50 Form Input Nilai Siswa 12. Laporan Data Guru

Form laporan data Guru merupakan form untuk melihat data semua guru yang mengajar di SDN Tanjung 3 Bandung. Laporan data guru tersebut bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

(43)

13. Laporan Jadwal Pelajaran

Form laporan data jadwal untuk mengetahui jadwal pelajaran perkelas kemudian mencetak jadwal pelajaran tersebet perkelas seperti pada gambar dibawah ini.

Gambar 5.52 Form Laporan Data Jadwal Pelajaran

(44)

14. Laporan Nilai Siswa

Form laporan nilai siswa untuk mengetahui nilai siswa perkelas dan juga nilai siswa perorang untuk setiap mata pelajaran, kemudian mencetak laporan data nilai persiswa dan perkelas seperti pada gambar dibawah ini.

Gambar 5.54 Form Laporan Data Nilai Perkelas

(45)

Gambar 5.56 Form Laporan Data Nilai Persiswa

(46)

15. Form Data Pengguna

Form data penggunakan untuk pengguna agar memiliki hak akses dalam menggunakan aplikasi dari system informasi akademik di SDN Tanjung 3 Bandung seperti pada gambar dibawah ini.

Gambar 5.58 Menu Pengguna 16.Form Identitas Pembuat

Form Identitas ini untuk mengetahui biodata pembuat sistem informasi akademik di SDN Tanjung 3 Bandung seperti pada gambar dibawah ini.

(47)

5.2 Pengujian

Pengujian merupakan bagian yang penting dalam siklus pembangunan perangkat lunak. Pengujian dilakukan untuk menjamin kualitas dan juga mengetahui kelemahan dari perangkat lunak. Tujuannya dari pengujian ini adalah untuk menjamin bahwa perangkat lunak yang memiliki kualitas yang baik yaitu mampu untuk mempersentasikan kajian pokok dari spesifikasi, analisis, perancangan dan pengkodean dari perangkat lunak itu sendiri.

5.2.1 Rencana Pengujian

Rencana dari pengujian program melip uti : Tabel 5.1 Rencana Pengujian

Kelas Uji Tingkat Uji Jenis Pengujian

Login User

Username Block Box

Password Block Box

Hak akses Block Box

Pendaftaran Pendaftaran siswa baru Block Box Daftarulang siswa baru Block Box

Input Master

Data siswa Block Box

Data guru Block Box

Data Kelas Block Box

Data mata pelajaran Block Box

Tahun Ajaran Block Box

Process

(48)

Pengolahan nilai Block Box

Output

Laporan data siswa Block Box Laporan data guru Block Box Laporan Jadwal Pelajaran Block Box Laporan nilai siswa Block Box

5.2.2 Kasus dan Hasil Pengujian

Setelah melaksanakan rencana pengujian maka dilanjutkan dengan kasus dan hasil pengujian. Berikut kasus dan hasil pengujian :

1. Pengujian Login

Berikut ini kasus dan hasil uji pengujian Log in : Tabel 5.2 Pengujian Login

Kasus dan Hasil Pengujian (Data Normal)

Data Masukan Data diharapkan Pengamatan Kesimpulan User : Admin

Password : 1234 ( Data Valid )

Mempunyai hak akses untuk mengelola seluruh sistem

Dapat membuka seluruh menu sistem dalam aplikasi yang dibuat

[X] Diterima [ ] Ditolak

User : Guru Password : 2345 ( Data Valid )

Masuk ke menu utama, dapat

menginput data nilai siswa

Dapat mengolah data data nilai siswa

(49)

User : Kepala Sekolah

Password : 3456 ( Data Valid )

Masuk ke menu utama dapat melihat laporan data siswa, guru, jadwal dan nilai siswa

Dapat melihat laporan data siswa, guru, jadwal dan nilai siswa

[X] Diterima [ ] Ditolak

Kasus dan Hasil Pengujian (Data Salah)

Data Masukan Data diharapkan Pengamatan Kesimpulan User : Admin

Password : abcd (Data tidak valid)

Tidak bisa masuk dalam sistem aplikasi

Tidak bisa masuk dalam sistem aplikasi Muncul

peringatan “password

salah!”

[X] Diterima [ ] Ditolak

2. Pengujian Data Pendaftaran

Tabel 5.3 Pengujian Data Pendaftaran Kasus dan Hasil Pengujian (Data Normal) Data Masukan Data

diharapkan

Pengamatan Kesimpulan

Pencarian tahun ajaran

Input tahun ajaran

Pencarian kode tahuan ajaran di ambil dari data tahun ajaran dan semester

[X] Diterima [ ] Ditolak

Menginputkan data baru dalam tabel

Data dapat disimpan pada

Data awal tersimpan pada tabel pendaftaran

(50)

pendaftaran tabel pendaftaran Klik Tombol Cari Data donasi yang

dicari ditampilkan

Data yang dicari sesuai dengan harapan

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Tambah Data akan bertambah pada saat penginputan dimulai

Dapat menambah data donasi sesuai yang diharapkan

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Simpan Data siswa dapat tersimpan di tabel siswa

Data tersimpan sesuai dengan yang harapan

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Batal Data akan kembali pada kondisi awal

Data dapat kembali kekondisi awal sesuai dengan yang diharapkan

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Edit Data dapat diedit Data dapat diedit sesuai dengan data yang diedit

[X] Diterima [ ] Ditolak Klik Tombol Hapus Data yang

terpilih akan terhapus

Data telah terhapus sesuai dengan harapan

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Cetak Data yang terpilih akan tercetak

Data telah yang tercetak sesuai dengan harapan

(51)

Kasus dan Hasil Pengujian (Data Salah)

Data Masukan Data diharapkan Pengamatan Kesimpulan Menginputkan huruf

pada Textbox Telepon

Data tidak bisa diinputkan huruf

Data yang diinputkan hanya dapat berupa angka

[X] Diterima [ ] Ditolak

3. Pengujian Data Pendaftaran Ulang

Tabel 5.4 Pengujian Data Pendaftaran Ulang Kasus dan Hasil Pengujian (Data Normal)

Data Masukan Data diharapkan Pengamatan Kesimpulan Pencarian no

pendaftaran dan nama pendaftar

Input data yang akan melakukan registrasi

Pencarian data yang melakukan registrasi

[X] Diterima [ ] Ditolak

Menginputkan data baru dalam tabel pendaftaran

Data dapat

disimpan pada tabel registrasi

Data awal tersimpan pada tabel pendaftaran

[X] Diterima [ ] Ditolak

Mengimput data kelas Data dapat

disimpan pada tabel registrasi

Penambahan data kelas di tabel siswa

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Cari Data donasi yang dicari ditampilkan

Data yang dicari sesuai dengan harapan

(52)

bertambah pada saat penginputan dimulai

donasi sesuai yang diharapkan

[ ] Ditolak

Klik Tombol Simpan Data siswa dapat tersimpan di tabel siswa

Data tersimpan sesuai dengan yang harapan

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Batal Data akan kembali pada kondisi awal

Data dapat kembali kekondisi awal sesuai dengan yang diharapkan

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Edit Data dapat diedit Data dapat diedit sesuai dengan data yang diedit

[X] Diterima [ ] Ditolak Klik Tombol Hapus Data yang terpilih

akan terhapus

Data telah terhapus sesuai dengan harapan

[X] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Pengujian (Data Salah)

Data Masukan Data diharapkan Pengamatan Kesimpulan Tidak mengisi data

kelas

Data tidak bisa disimpan

Muncul peringatan “ Data

kelas masih kosong”

(53)

4. Pengujian Data Siswa

Tabel 5.5 Pengujian Data siswa

Kasus dan Hasil Pengujian (Data Normal)

Data Masukan Data diharapkan Pengamatan Kesimpulan Mengimput data yang

akan dicari

Menampilkan data siswa hasil dari hasil pencarian

Data nama siswa akan muncul pada saat menekan cari

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Cari Data donasi yang dicari ditampilkan

Data yang dicari sesuai dengan harapan

[X] Diterima [ ] Ditolak Klik Tombol Batal Data akan kembali

pada kondisi awal

Data dapat kembali kekondisi awal sesuai dengan yang diharapkan

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Hapus Data yang terpilih akan terhapus

Data telah terhapus sesuai dengan harapan

[X] Diterima [ ] Ditolak Klik Tombol Keluar Keluar dari data

siswa

Keluar dari form data siswa untuk kembali ke menu utama

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Cetak Data yang terpilih akan tercetak

Data telah yang tercetak sesuai dengan harapan

[X] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Pengujian (Data Salah)

(54)

cetak tampa

menginput data kelas yang akan di cari

cetak dulu kelas yang akan

dicetak”

[ ] Ditolak

5. Pengujian Data Guru

Tabel 5.6 Pengujian Data Guru

Kasus dan Hasil Pengujian (Data Normal)

Data Masukan Data diharapkan Pengamatan Kesimpulan Input Kode Guru Input kode secara

manual

Input data guru tidak boleh berupa huruf

[X] Diterima [ ] Ditolak Menginputkan data

baru dalam tabel guru

Data dapat

disimpan pada tabel guru

Data awal tersimpan pada tabel guru

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Cari Data guru yang dicari ditampilkan

Data yang dicari sesuai dengan harapan

[X] Diterima [ ] Ditolak Klik Tombol Tambah Data akan

bertambah pada saat penginputan dimulai

Dapat menambah data guru sesuai yang diharapkan

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Simpan Data guru dapat tersimpan di tabel guru

Data tersimpan sesuai dengan yang harapan

(55)

Klik Tombol Batal Data akan kembali pada kondisi awal

Data dapat kembali kekondisi awal sesuai dengan yang diharapkan

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Edit Data dapat diedit Data dapat diedit sesuai dengan data yang diedit

[X] Diterima [ ] Ditolak Klik Tombol Hapus Data yang terpilih

akan terhapus

Data telah terhapus sesuai dengan harapan

[X] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Pengujian (Data Salah)

Data Masukan Data diharapkan Pengamatan Kesimpulan Menginputkan huruf

pada Textbox Telepon

Data tidak bisa diinputkan huruf

Data yang diinputkan hanya dapat berupa angka

[X] Diterima [ ] Ditolak

6. Pengujian Data Mata Pelajaran

Tabel 5.7 Pengujian Data Mata Pelajaran Kasus dan Hasil Pengujian (Data Normal)

Data Masukan Data diharapkan Pengamatan Kesimpulan Input Kode pelajaran Input kode

pelajaran secara otomatis

Kode pelajaran pada saat klik button tambah kode muncul secara otomatis

[X] Diterima [ ] Ditolak

Menginputkan data baru dalam tabel

Data dapat

disimpan pada tabel

Data awal tersimpan pada tabel pelajaran

(56)

pelajaran pelajaran Klik Tombol Tambah Data akan

bertambah pada saat penginputan dimulai

Dapat menambah data pelajaran sesuai yang diharapkan

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Simpan Data pelajaran dapat tersimpan di tabel pelajaran

Data tersimpan sesuai dengan yang harapan

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Batal Data akan kembali pada kondisi awal

Data dapat kembali kekondisi awal sesuai dengan yang diharapkan

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Edit Data dapat diedit Data dapat diedit sesuai dengan data yang diedit

[X] Diterima [ ] Ditolak Klik Tombol Hapus Data yang terpilih

akan terhapus

Data telah terhapus sesuai dengan harapan

[X] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Pengujian (Data Salah)

Data Masukan Data diharapkan Pengamatan Kesimpulan Tidak bisa

menginputkan kode mapel secara manual

Data tidak bisa diinputkan manual

Data yang diinputkan secara otomatis setelah menekan tombol tambah

(57)

7. Pengujian Data Kelas

Tabel 5.8 Pengujian Data kelas

Kasus dan Hasil Pengujian (Data Normal)

Data Masukan Data diharapkan Pengamatan Kesimpulan Mengimputkan kode

kelas

Kode kelas yang diinput sesuai

Kode kelas yang diinput sesuai

Pengisian data nip diharapkan secara otomatis di tombol cari

Penginputan Nip secara otomatis di tombol cari

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Tambah Data akan bertambah pada saat

penginputan dimulai

Dapat menambah data pelajaran sesuai yang diharapkan

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Simpan Data pelajaran dapat tersimpan di tabel pelajaran

Data tersimpan sesuai dengan yang harapan

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Batal Data akan kembali pada kondisi awal

Data dapat kembali kekondisi awal sesuai dengan yang diharapkan

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Edit Data dapat diedit Data dapat diedit sesuai dengan data yang diedit

(58)

akan terhapus sesuai dengan harapan [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Pengujian (Data Salah)

Data Masukan Data diharapkan Pengamatan Kesimpulan Mengimputkan Nip

tidak bisa secara manual

Pengisian data nip secara otomatis di tombol cari

Text box pada nip tidak diaktifkan karena tidak bisa diisi secara manual

[X] Diterima [ ] Ditolak

8. Pengujian Data Tahun Ajaran

Tabel 5.9 Pengujian Data Tahun Ajaran Kasus dan Hasil Pengujian (Data Normal)

Data Masukan Data diharapkan Pengamatan Kesimpulan Input data tahun

ajaran

Kode tahun ajaran dibuat secara otomatis sesuai dengan data yang diinput

Data kode tahun ajaran tampil sesuai data yang input

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Tambah Data akan bertambah pada saat

penginputan dimulai

Dapat menambah data pelajaran sesuai yang diharapkan

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Simpan Data pelajaran dapat tersimpan di tabel pelajaran

Data tersimpan sesuai dengan yang harapan

(59)

Klik Tombol Batal Data akan kembali pada kondisi awal

Data dapat kembali kekondisi awal sesuai dengan yang diharapkan

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Edit Data dapat diedit Data dapat diedit sesuai dengan data yang diedit

[X] Diterima [ ] Ditolak Klik Tombol Hapus Data yang terpilih

akan terhapus

Data telah terhapus sesuai dengan harapan

[X] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Pengujian (Data Salah)

Data Masukan Data diharapkan Pengamatan Kesimpulan Menginputkan huruf

pada Textbox tahun ajaran

Data tidak bisa diinputkan huruf

Data yang diinputkan hanya dapat berupa angka

[X] Diterima [ ] Ditolak

9. Pengujian Data Tugas Mengajar

Tabel 5.10 Pengujian Data Tugas Mengajar Kasus dan Hasil Pengujian (Data Normal)

Data Masukan Data diharapkan Pengamatan Kesimpulan Menginputkan data

tugas mengajar sesuai data yang ada di form tugas mengajar

Data bisa di simpan di data base

Data tugas mengajar tampil sesuai dengan harapan

[X] Diterima [ ] Ditolak

(60)

pada saat

penginputan dimulai

pelajaran sesuai yang diharapkan

[ ] Ditolak

Klik Tombol Simpan Data pelajaran dapat tersimpan di tabel pelajaran

Data tersimpan sesuai dengan yang harapan

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Batal Data akan kembali pada kondisi awal

Data dapat kembali kekondisi awal sesuai dengan yang diharapkan

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Edit Data dapat diedit Data dapat diedit sesuai dengan data yang diedit

[X] Diterima [ ] Ditolak Klik Tombol Hapus Data yang terpilih

akan terhapus

Data telah terhapus sesuai dengan harapan

[X] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Pengujian (Data Salah)

Data Masukan Data diharapkan Pengamatan Kesimpulan Menginputkan nip

pada kode mata pelajaran yang sama

Data tidak bisa disimpan

Muncul peringatan bahawa guru tersebut sudah memiliki tugas mengajar

(61)

10. Pengujian Data Penjadwalan

Tabel 5.11 Pengujian Data Penjadwalan Kasus dan Hasil Pengujian (Data Normal)

Data Masukan Data diharapkan Pengamatan Kesimpulan Mengimputkan data

penjadwalan sesuai dengan data

Data penjadwalan bisa disimpan di dalam data base

Data penjadwalan tampil sesuai yang diharapkan

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Tambah Data akan bertambah pada saat

penginputan dimulai

Dapat menambah data pelajaran sesuai yang diharapkan

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Simpan Data pelajaran dapat tersimpan di tabel pelajaran

Data tersimpan sesuai dengan yang harapan

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Batal Data akan kembali pada kondisi awal

Data dapat kembali kekondisi awal sesuai dengan yang diharapkan

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Edit Data dapat diedit Data dapat diedit sesuai dengan data yang diedit

[X] Diterima [ ] Ditolak Klik Tombol Hapus Data yang terpilih

akan terhapus

Data telah terhapus sesuai dengan harapan

[X] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Pengujian (Data Salah)

(62)

Menginputkan jam, hari, dan mata kuliah yang sama di hari yang sama

Data tidak bisa di simpan

Akan muncul

pemberitahun bahwa data tidak bisa di di simpan di hari dan jam yang sama.

[X] Diterima [ ] Ditolak

11. Pengujian Data Nilai

Tabel 5.12 Pengujian Data Nilai

Kasus dan Hasil Pengujian (Data Normal)

Data Masukan Data diharapkan Pengamatan Kesimpulan Input dataNilai Data bisa di proses

sehingga

menghasilkan nilai akhir

Hasil nilai akhir tampil sesuai data input nilai tugas, uts dan uas

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Tambah Data akan bertambah pada saat

penginputan dimulai

Dapat menambah data pelajaran sesuai yang diharapkan

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Simpan Data pelajaran dapat tersimpan di tabel pelajaran

Data tersimpan sesuai dengan yang harapan

[X] Diterima [ ] Ditolak

Klik Tombol Batal Data akan kembali pada kondisi awal

Data dapat kembali kekondisi awal sesuai

(63)

dengan yang diharapkan Klik Tombol Edit Data dapat diedit Data dapat diedit sesuai

dengan data yang diedit

[X] Diterima [ ] Ditolak Klik Tombol Hapus Data yang terpilih

akan terhapus

Data telah terhapus sesuai dengan harapan

[X] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Pengujian (Data Salah)

Data Masukan Data diharapkan Pengamatan Kesimpulan Menginputkan nilai

lebih dari 100

Data tidak bisa menampilkan lebih dari 100

Data yang diinputkan hanya bisa <= 100

[X] Diterima [ ] Ditolak

12. Pengujian Laporan

Tabel 5.13 Pengujian Laporan

Kasus dan Hasil Pengujian (Data Normal)

Data Masukan Data diharapkan Pengamatan Kesimpulan Pilih laporan pada

button yang tersedia sesuai dengan data yang diinput

Menampilkan laporan sesuai dengan data yang dimasukan

Input NIS atau kode kelas pada textbox atau combo box

Menampilkan laporan sesuai dengan data yang

Dapat menampilkan laporan berdasarkan NIS atau NIP yang

(64)

laporan diinputkan diinputkan Menampilkan data

penjadwalan

Menampilkan data penjadwalan secara otomatis

Dapat menampilkan data penjadwalan secara otomatis

[X] Diterima [ ] Ditolak

5.2.3 Kesimpulan Hasil Pengujian

(65)

4.1 Analisis Sistem Yang Berjalan

Analisis sistem merupakan gambaran tentang sistem yang saat ini sedang berjalan pada bagian kesiswaan, sistem yang digunakan semuanya masih dilakukan secara manual atau tulis tangan. Analisis sistem ini bertujuan untuk mengetahui lebih jelas dari cara kerja sistem tersebut, sehingga dapat diketahui kelebihan dan kekurangan dari sistem akademik yang sedang berjalan.

4.1.1. Analisis Dokumen

Analisis dokumen menggambarkan bagaimana dan untuk apa saja dokumen – dokumen digunakan dalam sistem informasi akademik. Untuk itu analisis dokumen merupakan salah satu yang dapat membantu dalam perancangan atau dari sistem selanjutnya, adapun dokumennya yaitu sebagai berikut:

1. Data siswa

Deskripsi : Dokumen yang berisikan data - data siswa

Fungsi : Sebagai data siswa untuk administrasi bagian akademik Sumber data : Akademik

(66)

2. Laporan Data Siswa

Deskripsi : Dokumen yang berisi laporan keseluruhan data siswa Fungsi : Mengetahui seluruh data siswa

Sumber data : Akademik

Atribut : NIS, nama siswa, jenis kelamin, tempat/tanggal lahir, agama, alamat, nama orang tua/wali, pekerjaan orang tua, Pendidikan terakhir orangtua, telepon

3. Data Guru

Deskripsi : Dokumen yang berisikan data seluruh guru Fungsi : Mengetahui data seluruh guru

Sumber data : Akademik

Atribut : NIP, nama guru, tempat/tanggal lahir, jenis kelamin, agama, status, alamat, telepon, pendidikan terakhir. 4. Laporan Data Guru

Deskripsi : Laporan seluruh data guru yang ada Fungsi : Mengetahui laporan data guru Sumber data : Akademik

Atribut : NIP, nama guru, tempat/tanggal lahir, jenis kelamin, agama, status, alamat, telepon, pendidikan terakhir. 5. Data kelas

Deskripsi : Dokumen yang berisi tentang data kelas yang harus ditempati oleh siswa.

(67)

Sumber data : Akademik

Atribut : Kode kelas, nama kelas 6. Jadwal Pelajaran

Deskripsi : Dokumen berisikan data jadwal pelajaran dan mengajar untuk siswa dan guru

Fungsi : Mengetahui jadwal pelajaran Sumber data : Akademik

Atribut : Kode mata pelajaran, kode kelas, NIP 7. Nilai

Deskripsi : Dokumen yang berisikan data nilai siswa Fungsi : Mengetahui laporan data nilai

Sumber data : Akademik

Atribut : Kode kelas, kode mata pelajaran, NIS, Semester, tahun pelajaran, nilai Tugas, UTS, UAS, Nilai akhir.

4.1.2. Analisis Prosedur Pendaftaran Sis wa Baru Yang Sedang Berjalan Prosedur merupakan urutan kegiatan yang tepat dari tahapan -tahapan awal yang menerangkan mengenai proses apa yang dikerjakan, siapa yang mengerjakan proses tersebut, bagaimana proses itu dapat dikerjakan dan dokumen apa saja yang dilibatkan. Adapun uraian prosedur dari sistem pendaftaran siswa baru di SDN Tanjung 3 Bandung yang sedang berjalan adalah sebagai berikut :

1. Calon siswa baru mengambil form pendaptaran di bagian tata usaha 2. Selanjutnya calon siswa baru mengisi form pendaptaran tersebut lalu

(68)

pendaftran yang akan berikan kepada bagian tata usaha untuk melakukan registrasi ulang pendaftaran.

3. Selanjutnya bagian tata usaha mencatat data siswa baru sebanyak 1 rangkap, yang kemudian di arsipkan dan di buatkan laporan data siswa. 4. Kemudian bagian tata usaha mebuat laporan data siswa sebanyak 2

rangkap, rangkap 1 untuk di berikan pada kepala sekolah dan rangkap yang 1 lagi untuk diarsipkan.

4.1.2.1 Flow Map

(69)

Kepala Sekolah Tata Usaha

Siswa

Form pendaptarankosong

Mengisi Form pendaptaran

Form Pendaptaran yang telah diisi

Form pendaptaran kosong

Form Pendaptaran yang telah diisi

Mencatat data siswa

Data siswa

Membuat laporan data siswa

2 laporan data siswa

laporan data siswa A

B

Gambar 4.1 Flow Map yang Sedang Berjalan di SDN Tanjung 3 Bandung Keterangan :

A = Arsip data siswa

(70)

4.1.3. Analisis Prosedur Akademik Yang Sedang Berjalan

Adapun uraian prosedur dari sistem akademik di SDN Tanjung 3 Bandung yang sedang berjalan adalah sebagai berikut :

1. Siswa menyerahkan data siswa kepada bagian tata usaha yang nantinya akan dicatat sebanyak 3 rangkap, rangkap pertama yaitu untuk arsip, bagian tata usaha mengambil data dari arsip untuk dibuatkan pembagian jadwal pelajaran yang terdiri dari 3 rangkap, rangkap yang pertama diberikan kepada siswa rangkap yang kedua diberikan kepada guru dan rangkap yang terakhir untuk arsip, dan rangkap data siswa yang kedua diberikan kepada guru, sedangkan rangkap yang ketiga dari data siswa diberikan kepada guru kelas, bagian tata usaha mengambil data siswa dari arsip untuk pembuatan laporan data siswa baru yang dibuat 2 rangkap, yang pertama diberikan kepada kepala sekolah sedangkan rangkap yang ketiga untuk arsip.

2. Guru mata pelajaran mengambil data siswa untuk dibuat data nilai siswa sebanyak 2 rangkap, rangkap, rangkap pertama untuk diserahkan kepada guru kelas yang nantinya oleh guru kelas akan dibuat rekapitulasi nilai sebanyak 1 rangkap, rekapitulasi data nilai tersebut diberikan kepada kepala sekolah dan data nilai siswa rangkap kedua akan di arsipkan. 3. Rekapitulasi nilai yang dibuatkan guru kelas nantinya akan di acc oleh

(71)

sebagai hasil nilai raport yang sudah di acc dan rangkap yang kedua

Raport yang di acc kelas & jadwal

pelajaran

Raport yang di acc

Raport

Verifikasi nilai

Raport yang di acc

D

F C

E

(72)

Keterangan :

C = Arsip data siswa D = Arsip jadwal pelajaran E = Arsip nilai siswa

F = Arsip raport yang sudah di acc 4.1.3.1. Kontek Diagram

Diagram konteks (context diagram) merupakan gambaran kasar aliran informasi dan data yang akan dilakukan oleh sistem database yang akan dirancang, Tujuan diagram ini adalah untuk menggambarkan suatu s istem yang sedang berjalan yang mendefinisikan awal dan akhir data yang masuk dan keluar dari sistem. Diagram konteks sistem informasi akademik pada SDN Tanjung 3 Bandung digambarkan sebagai berikut :

Sistem Informasi Akademik di SDN Tanjung 3 Bandung Siswa

Kelapa Sekolah Data Siwa

Jadwal Pelajaran Raport yang di acc

Raport Raport yang di acc

(73)

4.1.3.2. Data Flow Diagram

DFD berfungsi sebagai diagram yang menggambarkan sistem sebagai jaringan kerja antar fungsi yang berhubungan satu sama lain dengan aliran dan penyimpanan. Tujuan digambarkan DFD adalah untuk mengetahui aliran data yang terjadi dalam sistem. Adapun DFD pada Sistem Informasi Akademik di SDN Tanjung 3 Bandung adalah sebagai berikut :

Siswa

1.0 Pendaftaran

2.0 Penjadwalan

3.0 Nilai Siswa

Kepala Sekolah Melakukan Pendaftaran

Data siswa baru

Data siswa baru

Data jadwal pelajaran

Data nilai siswa Data siswa baru

(74)

Siswa

1.1 Input data

pendaftaran siswa Data siswa baru

1.2 Membuat laporan

data siswa baru Kepala Sekolah

Form pendaftarani siswa baru Data pendaftaran siswa baru

Laporan data siswa

Data siswa

Gambar 4.5 DFD level 2 proses 1 yang sedang berjalan di SDN Tanjung 3 Bandung

Siswa 2.1

Membuat data siswa Data siswa

2.2 Pembagian Wali Kelas

dan Jadwal Pelajaran

Data siswa baru Daftar siswa baru

Data siswa baru

Data jadwal pelajaran

Data jadwal pelajaran

Data jadwal pelajaran

(75)

Siswa

3.1 Membuat data

siswa

Data siswa

3.2 Membuat data

nilai siswa

3.3 Rekap data nilai

siswa

Kepala Sekolah Data Raport

Data siswa Data siswa Data siswa

Data nilai siswa Data nilai siswa

Data raport Data raport

Data Nilai siswa

3.4

Raport Acc Raport acc Raport acc

Gambar 4.7 DFD level 2 proses 3 yang Sedang Berjalan di SDN Tanjung 3 Bandung

4.1.4. Evaluasi Sistem Yang Berjalan

(76)

Tabel 4.1 Evaluasi Sistem yang Berjalan

Evaluasi Sistem Usulan

1. Proses pendataan siswa dan guru masih dilakukan secara manual, sehingga dapat menyebabkan data

– data yang ada mudah hilang.

Dengan adanya sistem informasi akademik ini akan mudahan dalam proses pendataan siswa, karena semua data siswa dan data guru yang diinginkan terdapat dalam data base.

2. Proses pencatatan data siswa, guru dan data nilai sementara yang masih di simpan dalam bentuk arsip, sehingga saat petugas TU ingin mengetahui informasi mengenai data – data tersebut membutuhkan waktu yang lama karena menumpukya data – data tersebut.

Dibuatkanya sistem aplikasi yang dapat memberi kemudahan dalam pengoprasian data akademik untuk memudahkan dalam memdapatkan informasi mengenai data siswa, guru, mata pelajaran, jadwal pelajaran dan nilai siswa untuk mengefisienkan waktu yang ada.

3. Belum adanya pengelolaan untuk nilai raport siswa sehingga nilai yang dibutuhkan masih dihitung secara manual dan membutuhkan waktu yang lama.

(77)

4. Proses pembuatan jadwal pelajaran yang belum terkomputerisasi sehingga mengakibatkan ada jadwal yang bentrok waktu dan harinya.

Dibuatkannya sistem penjadwalan untuk menanggulangi terjadinya jadwal yang bentrok.

4.2. Perancangan Sistem

Perancangan sistem merupakan suatu kegiatan pengembangan prosedur dan proses yang sedang berjalan untuk menghasilkan suatu sistem yang baru atau memperbaharui sistem yang ada untuk meningkatkan efektifitas kerja agar dapat memenuhi hasil yang digunakan dengan tujuan memanfaatkan teknolo gi dan fasilitas yang tersedia.

Pada bab ini penyusun akan memberikan usulan yang merupakan sistem informasi secara komputerisasi yang diharapkan dapat membantu dan mempermudah pekerjaan admin.

4.2.1. Tujuan Perancangan Sistem

Tujuan dari perancangan sistem adalah membentuk kerangka sistem pengolahan data dengan bantuan komputer, untuk mewujudkannya dilakukan beberapa tahapan, diantaranya :

(78)

2. Dapat menyimpan data, mengolah data, melakukan pencarian data, dan menampilkan data – data dan cara perhitungan atau informasi secara cepat dan tepat waktu.

Pengembangan sistem berarti suatu sistem yang baru untuk menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang telah ada. Proses pengembangan sistem melewati beberapa tahapan dari mulai sistem itu direncanakan sampai dengan sistem tersebut diterapkan, dioperasikan dan dipelihara.

4.2.2. Gambaran Umum Sistem yang Diusulkan

Adapun gambaran umum sistem yang diusulkan adalah sebagai berikut : 1. Perancangan prosedur ( Flow Map, Diagram Konteks, DFD, Kamus Data

).

2. Perancangan Basis Data ( Normalisasi, Relasi Tabel, ERD, Struktur File, Kodifikasi ).

3. Perancangan antar muka ( Struktur Menu, Perancangan Input dan Output ).

4.2.3. Perancangan Prosedur Yang Diusulkan

Dalam perancangan prosedur ini meliputi flow map, diagram kontek, data flow diagram, dan kamus data yang bertujuan untuk memudahkan dalam pembuatan program dan memudahkan dalam menganalisa alir dokumen.

(79)

1. Siswa yang akan memdaftar menyerahkan data siswa kepada bagian tata usaha. Kemudian bagian tata usaha mencetak bukti pendaftaran yang kemudian diberikan kepada calon siswa baru.

2. Calon siswa baru melakukan registrasi ulang dengan menunjukan laporan bukti pendaftaran, kemudian bagian tata usaha mengecek apakah ada atau tidak data pendaftar tersebut. Apabila data ada bagian tata usaha akan menyimpan data tersebut kedalam data siswa dan mengarsipkan bukti laporan pendaftaran.

3. Bagian tata usaha akan menginputkan data mata pelajaran data tersebuat untuk membuat pembagian jadwal pelajaran kemudian mencetak jadwal pelajaran sebanyak 2 rangkap, rangkap pertama diserahkan kepada siswa dan rangkap yang kedua akan diserahkan kepada guru mata pelajaran. 4. Bagian tata usaha mencetak laporan data siswa yang nantinya akan

diserahkan kepada kepala sekolah. Guru menyerahkan data guru kebagian tata usaha yang kemudian di inputkan dan disimpan ke database, bagian tata usaha lalu membuat laporan data guru yang akan diberikan ke kepala sekolah.

(80)

6. Kepala Sekolah melakukan acc terhadap laporan nilai yang diserahkan oleh guru kelas yang setelah di acc akan diberikan kembali kepada guru kelas yang nantinya wali kelas akan memberikan laporan nilai yang telah di acc kepada siswa

4.2.3.1Flow Map yang Diusulkan

<Process Name>

Input data siswa baru

2 pelajaranJadwal

Data nilai

(81)

Keterangan :

A = Arsip Bukti Pendaftaran

4.2.3.2 Kontek Diagram yang Diusulkan

Siswa

Sistem Informasi

Akademik Kepala Sekolah Data siswa

Lap.jadwal pelajaran

Lap. Data siswa

Bukti Pendaftaran

Bukti Pendaftaran

Lap. Data guru

Gambar 4.9 Kontek Diagram SIA yang Diusulkan 4.2.3.3 DFD yang Diusulkan

(82)

Siswa

1.0 Input data siswa

F.Siswa

4.0 Cetak lap. data

siswa Cetak lap.nilai

siswa Cetak lap. data

guru

Data guru

8.0 Input data mata

pelajaran Cetak lap.nilai siswa perkelas

Lap nilai siswa perkelas Bukti

Pendaftaran Bukti pendaftran

(83)

4.2.3.4 Kamus Data

Kamus data merupakan sebuah daftar yang terorganisir dari elemen data yang berhubungan dengan sistem. Kamus data berfungsi membantu pelaku sistem untuk mengartikan aplikasi secara detail dan mengorganisasi semua elemen data yang digunakan dalam sistem secara persis sehingga pemakai dan penganalisis sistem mempunyai dasar dan pengertian yang sama tentang masukan, keluaran, penyimpanan dan proses.

Kamus Data yang mengalir pada DFD adalah sebagai berikut : 1. Nama arus data : Form Pendaftaran

Alias : -

Aliran data : Siswa – Proses 1, Proses 1 – F.Siswa, F.siswa – Proses 2, Proses 2 – Siswa, Siswa – Proses 3, Proses 3- F.Siswa, F.Siswa – Proses 4, Proses 4 – Kepala Sekolah

Atribut :kode_tahun, no_pendaftaran, nama_siswa, jenis_kelamin, tempat_lahir, tanggal_lahir, agama, alamat, nama_ortu, alamat, pekerjaan_ortu, pendidikan _orangtua, no_telepon

2. Nama arus data : Form Registrasi

Alias : -

Aliran data : Siswa – Proses 3, Proses 3- F.Siswa,

(84)

tanggal_lahir, agama, alamat, nama_ortu, alamat, pekerjaan_ortu, pendidikan _orangtua, telepon, kode_kelas

3. Nama arus data : Data_siswa

Alias : -

Aliran data : Siswa – Proses 1, Proses 1 – F.Siswa, F.Siswa – Proses 4, Proses4 – Kepala sekolah, F.Siswa – Proses 5, Proses 5 – F.Kelas, Proses 5 – F.Guru, F.Guru – Proses 9, F.Kelas – Proses 9, Proses 9 – F.Jadwal Pelajaran

Atribut :nis, nama_siswa, jenis_kelamin, tempat_lahir, tgl_lahir, agama, alamat, kode_kelas

Nama arus data : Data_Guru

Alias : -

Aliran data : proses 6 – proses 7, proses 7 – F.Guru, F.Guru – Proses 8, Proses 8 – Kepala sekolah, F.Guru – Proses 9, F.Guru – Proses 11, Proses 11 – F.Nilai Atribut :nip, nama_guru, tempt_lahr_guru, tgl_lahr_guru,

Jns_kel_guru, agama_guru, status, alamat_guru, telepon_guru, ijazah, jabatan, golongan, status_kerja, mulai_kerja, akhir_kerja.

Nama arus data : Data_kelas

(85)

Aliran data : F.Kelas- proses 9, Proses 9 – F.Jadwal Pelajaran Atribut :kode_kelas, nama_kelas, jumlah_siswa

4. Nama arus data : Data_Mata_Pelajaran

Alias : -

Aliran data :Proses 8- F.Mata Pelajaran, F. Mata_Pelajaran – Proses 9, Proses 9 – F.Jadwal Pelajaran, F. MataPelajaran – Proses 11

Atribut :kode_mapel, nama_mapel, bobot 5. Nama arus data : Data_Jadwal_Pelajaran

Alias : -

Aliran data :Proses9 – F. Jadwal_Pelajaran, F. JadwalPelajaran - proses 10, Proses 10 - Siswa

Atribut :kode_mapel, kode_kelas, nama_mapel, nip, hari, jumlah_jam, jam_awal, jam_akhir, tahun_ajaran 6. Nama arus data : Data_Nilai

Alias : -

Aliran data :Proses11 – F.Nilai, F.Nilai–Proses12, F.Nilai– Proses13

Atribut :nis, nama_siswa, kode_mapel, kode_tahun, semester, kode_kelas, ntugas, nuts, nuas, nakhir 7. Nama arus data : Laporan_Data_Siswa

Alias : -

(86)

Atribut :nis, nama_siswa, jenis_kelamin, tempat_lahir, tgl_lahir, agama, alamat, kode_kelas

8. Nama arus data : Laporan Nilai

Alias : -

Aliran data :Proses 12 – Kepala Sekolah, Kepala Sekolah – Proses 12, Proses 13 – Kepala Sekolah

Atribut :nis, nama_siswa, kode_mapel, kode_tahun, semester, kode_kelas, ntugas, nuts, nuas, nakhir 9. Nama arus data : Laporan Nilai Acc

Alias : -

Aliran data : Kepala Sekolah – Proses 12, Proses 12 – Siswa Atribut :nis, nama_siswa, kode_mapel, kode_tahun,

semester, kode_kelas, ntugas, nuts, nuas, nakhir 4.2.4 Perancangan Basis Data

Database merupakan kumpulan file yang saling berkaitan satu sama lain dimana data relational atau hubungan antar file direlasikan dengan kunci relasi (Relation Key) yang merupakan kunci primer dari masing- masing file. Database tersimpan pada simpanan luar komputer dan digunakan perangkat lunak tertentu untuk memanipulasikan data.

(87)

Perancangan basis data dimaksudkan untuk memudahkan mengetahui file-file database yang digunakan dalam skema database dan mengetahui hubungan antar file dan database. Perancangan database meliputi ERD (Entity Relationship Diagram), tabel relasi, normalisasi, struktur file dan kodefikasi.

4.2.4.1 Normalisasi

Normalisasi merupakan proses konversi atau laporan manual kedalam struktur tabel dengan menghilangkan elemen yang sama, dan data yang berulang – ulang.

Perancangan normalisasi bertujuan agar tidak terjadi redudansi data. Jika kondisi tabel tidak terdapat redudansi maka kondisi tabel normal.

Bentuk Unnormal :

Bentuk unnormal merupakan kumpulan data yang akan direkam, tidak ada keharusan mengikuti suatu format tertentu dapat saja data tidak lengkap atau terduplikasi, data dikumpulkan apa adanya.

(88)

alamat_guru, telepon, ijazah, jabatan, golongan, status_kerja, mulai_kerja, akhir_kerja, kode_kelas, nama_kelas, jumlah_siswa, nip, kode_mapel, nama_mapel, bobot, kode_mapel, kode_kelas, nama_mapel, nip, nama_guru, hari, jumlah_jam, jam_awal, jam_akhir, nis, nama_siswa, kode_mapel, nama_mapel, semester, kode_kelas, ntugas, nuta, nuas, nakhir }

1. Bentuk Normal ke-1

Bentuk normal pertama adalah tabel yang tidak mengandung pengulangan data. Bentuk normal tahap pertama terpenuhi jika sebuah tabel tidak memiliki atribut bernilai banyak atau lebih dari satu atribut.

{ kode_tahun, tahun_ajaran, no_pendaftaran, nis, tanggal_reg, nama_siswa, jenis_kelamin, tempat_lahir, tgl_lahir, agama, alamat, kode_kelas, nip, nama_guru, tempat_lahir, tanggal_lahir, jenis_kelamin, agama, status, alamat_guru, telepon, ijazah, jabatan, golongan, status_kerja, mulai_kerja, akhir_kerja, kode_kelas, nama_kelas, jumlah_siswa, kode_mapel, nama_mapel, bobot, jumlah_jam, jam_awal, jam_akhir, semester, ntugas, nuts, nuas, nakhir}

2. Bentuk Normal ke-2

Bentuk normal tahap kedua terpenuhi jika pada sebuah tabel, semua atribut yang tidak termasuk dalam key primer memiliki ketergantungan fungsional pada key primer secara utuh. Maka atribut tersebut akan dijadikan satu.

(89)

Pendaftaran ={ *no_pendaftaran, **kode_tahun, nama_siswa, jenis_kelamin, tempat_lahir, tanggal_lahir, agama, alamat, nama_ortu, alamat, pekerjaan_ortu, pendidikan _orangtua, no_telepon}

Registrasi ={ *nis, **no_pendaftaran, tanggal_reg, }

Guru ={ *nip, nama_guru, tempat_lahir, tanggal_lahir, jenis_kelamin, agama, status, alamat_guru, telepon, ijazah, jabatan, golongan, status_kerja, mulai_kerja, akhir_kerja }

Kelas ={* kode_kelas, nama_kelas, jumlah_siswa, **nip}

Mata Pelajaran = {* kode_mapel, nama_mapel, bobot, hari, jumlah_jam, jam_awal, jam_akhir, **nip, ** kode_kelas, ntugas, nuts, nuas, nakhir }

3. Bentuk normal ke-3

Bentuk normal ketiga memiliki ketentuan harus telah berbentuk normal kedua (2NF) dan relasi tidak boleh memuat kebergantungan fungsional di antara atribut-atribut bukan utama. Bentuk normal ketiga menghilangkan kebergantungan transitif, awalnya bentuk normal ketiga dipikir sebagai bentuk normal puncak atau paling akhir.

Tahun ajaran ={ *kode_tahun, tahun_ajaran, semester}

(90)

nama_ortu, alamat, pekerjaan_ortu, pendidikan _orangtua, no_telepon }

Registrasi ={ *nis, **no_pendaftaran, tanggal_reg}

Guru ={* nip, nama_guru, tempat_lahir, tanggal_lahir, jenis_kelamin, agama, status, alamat_guru, telepon, ijazah, jabatan, golongan, status_kerja, mulai_kerja, akhir_kerja }

Kelas ={* kode_kelas, nama_kelas, jumlah_siswa, **nip}

Detail kelas ={ **nis, ** kode_kelas, ntugas, nuts, nuas, nakhir, **kode_mapel }

Mata Pelajaran = {* kode_mapel, nama_mapel, bobot, }

mengajar ={**kode_mapel, **kode_kelas, nama_mapel, **nip, hari, jumlah_jam, jam_awal, jam_akhir }

Bentuk Boyce Codd Normal Form (BCN F)

Tahun ajaran ={ *kode_tahun, tahun_ajaran, semester}

Pendaftaran ={ *no_pendaftaran, ** kode_tahun, nama_siswa, jenis_kelamin, tempat_lahir, tanggal_lahir, agama, alamat, nama_ortu, alamat, pekerjaan_ortu, pendidikan _orangtua, no_telepon }

(91)

Guru ={* nip, nama_guru, tempat_lahir, tanggal_lahir, jenis_kelamin, agama, status, alamat_guru, telepon, ijazah, jabatan, golongan, status_kerja, mulai_kerja, akhir_kerja }

Kelas ={* kode_kelas, nama_kelas, jumlah_siswa, **nip }

Detail Kelas ={**nis, **kode_kelas }

Detail Nilai ={**nis, **kode_mapel , ntugas, nuts, nuas, nakhir }

Mata Pelajaran = {* kode_mapel, nama_mapel }

Mengajar = {**kode_mapel, **kode_kelas, bobot,**nip }

Jadwal ={**kode_mapel, **nip, hari, jumlh_jam, jam_awal, jam_akhir}

Keterangan :

* : Primary Key ( Kunci Utama )

** : Foreign Key ( Kunci Tamu)

4.2.4.2 Tabel Relasi

(92)

merupakan database relation sedemikian rupa sehingga database tersebut menjadi dimodifikasi. Adapun bentuk dari relasi antar tabel adalah :

Gambar 4.11 Relasi SIA yang Diusulkan 4.2.4.3 Entity Relations hip Diagram ( ERD )

ERD adalah bentuk bagan yang menggunakan relasi entitas suatu informasi. Entitas relasi diagram dibuat dengan menggunakan persepsi yang terdiri dari sekumpulan objek dasar yaitu entitas dan hubungan antar entitas. Derajat keterhubungan antar entitas pada suatu relasi tersebut dengan kardinalitas. Terdapat tiga jenis kardinalitas diantaranya :

1. : Menunjukan hubungan satu ke satu 2. : Menunjukan hubungan satu ke banyak 3. : Menunjukan hubungan banyak ke banyak

(93)

Gambar 4.12 ERD S.I.A yang Diusulkan

4.2.4.4 Struktur File

Dalam pembuatan program dibutuhkan suatu struktur file yang dimaksudkan untuk dapat melakukan kegiatan pengaturan pencarian data dan pembuatan laporan sehingga memudahkan kerja sistem komputer

Struktur file yang akan digunakan didalam perancangan sistem ini akan menentukan struktur file database yang menunjukan struktur dari elemen-elemen yang menyatakan panjang tipe datanya. Pengembangan struktur file yang akan dikembangkan adalah sebagai berikut :

1. Tabel Form Tahun ajaran Nama Tabel : ttahunajaran

Deskripsi : Tempat penyimpanan data pendaftaran Primary Key : kode_tahun

(94)

Tabel 4.2 Tabel Tahun Ajaran

Kode Tahun ajaran

Tahun Ajaran

Semester

2. Tabel Form Pendaftaran Nama Tabel : tpendaftaran

Deskripsi : Tempat penyimpanan data pendaftaran Primary Key : no_pendaftaran

Tabel 4.3 Tabel Pendaftaran

no Nama data item Type Ukuran Keterangan

Kode tahun ajaran

Nomor pendaftaran

Nama lengkap siswa

Jenis kelamin siswa

Tempat lahir siswa

Tanggal lahir siswa

Agama siswa

Nama orang tua siswa

Alamat orang tua

Pekerjaan orang tua siswa

Pendidikan orang tua siswa

(95)

3. Tabel Pendaftaran Ulang Nama Tabel : tregistrasi

Deskripsi : Tempat penyimpanan data registrasi ulang pendaftaran Primary Key : nis

Tabel 4.4 Tabel Pendaftaran Ulang

no Nama data item Type Ukuran Keterangan

Nomor pendaftaran

Tanggal registrasi ulang

Nomor induk siswa

Nama lengkap siswa

Jenis kelamin siswa

Tempat lahir siswa

Tanggal lahir siswa

Agama siswa

Alamat orang tua

Nama orang tua siswa

Pekerjaan orang tua siswa

Pendidikan orang tua siswa

No telepon orang tua

(96)

4. Tabel Siswa

Nama Tabel : tsiswa

Deskripsi : Tempat penyimpanan data siswa Primary Key : -

Tabel 4.5 Tabel Data Siswa

no Nama data item Type Ukuran Keterangan

Nomor induk siswa

Nama lengkap siswa

Jenis kelamin siswa

Tempat lahir siswa

Tanggal lahir siswa

Agama siswa

Alamat orang tua

Nama orang tua siswa

Pekerjaan orang tua siswa

Pendidikan orang tua siswa

No telepon orang tua

5. Tabel Guru

Nama Tabel : tguru

(97)

Tabel 4.6 Tabel Data Guru

Nomor induk Pegawai

Nama guru

Tempat lahir guru Tanggal lahir guru Jenis kelamin guru Agama guru Status kawin guru

Alamat tempat tinggal guru No telepon guru

Pendidikan terakhir guru Jabatan guru

Golongan pekerjaan guru Status kerja

Awal tahun mengajar Sampai tahun mengajar

6. Tabel Kelas

Nama Tabel : tkelas

(98)

Tabel 4.7 Tabel Data Kelas

Nomor induk pegawai

Nama Walikelas

7. Tabel Mata Pelajaran Nama Tabel : tmapel

Deskripsi : Tempat penyimpanan data mata pelajaran Primary Key : kode_mapel

Tabel 4.8 Tabel Data Mata Pelajaran

no Nama data item Type Ukuran Keterangan

8. Tabel Jadwal Pelajaran Nama Tabel : tpenjadwalan

(99)

Tabel 4.9 Tabel Jadwa Pelajaran

Nomor induk pegawai

Nama guru

Hari mengajar

Jumlah jam mengajar

Jam awal mengajar

Jam akhir mengajar

9. Tabel Mengajar

Nama Tabel : tmengajar

Deskripsi : Tempat penyimpanan data guru mengajar Primary Key : -

Tabel 4.10 Tabel Mengajar

no Nama data item Type Ukuran Keterangan

Nomor induk pegawai

(100)

10. Tabel Nilai

Nama Tabel : tnilai

Deskripsi : Tempat Penyimpanan Data Nilai Primary Key : -

Tabel 4.11 Tabel Nilai

no Nama data item Type Ukuran Keterangan

Nomor induk siswa

Nama lengkap siswa

Kode mata pelajaran

Nama mata pelajaran

Kurikulum pelajaran

Kode kelas

Ulangan harian

Ulangan tengah semester

Ulangan akhir semester

Nilai akhir

4.2.4.5 Kodifikasi

(101)

1. Kode Pendaftaran

Kode Pendaftaran pada perancangan ini menggunakan 11 digit, dimana 3 digit 3 Identittas pendafatran dan semester, 4 digit untuk tahun ajaran, dan 3 digit untuk urutan pendaftaran.

Adapun pengkodeannya sebagai berikut : XXXX XXXX XXXX

No Urut Pendaftaran Tahun Ajaran

Identitas Pendaftaran dan Semester

Contoh : PGAN0910001

Ket : PGAN = Identitas Pendaftaran dan Semester 0910 = Tahun Ajaran masuk

0001 = Nomor Urut Pendaftaran 2. Nomor Induk Siswa

Nomor Induk Siswa ( NIS ) pada perancangan ini menggunakan 8 digit, dimana 4 digit pertama merupakan tahun ajaran masuk sedangkan 4 digit terakhir merupakan no urut siswa.

Figur

Gambar 5.33 Tampilan bahwa aplikasi sukses diinstal

Gambar 5.33

Tampilan bahwa aplikasi sukses diinstal p.32
Gambar 5.36 Menu Utama

Gambar 5.36

Menu Utama p.34
Gambar 5.38 Laporan Bukti pendaftara

Gambar 5.38

Laporan Bukti pendaftara p.35
gambar dibawah ini.

gambar dibawah

ini. p.36
Gambar 5.42 Form Input Data Guru

Gambar 5.42

Form Input Data Guru p.37
gambar di bawah ini.

gambar di

bawah ini. p.38
Gambar 5.45 Form Data Kelas

Gambar 5.45

Form Data Kelas p.39
Gambar 5.47 Form Jadwal Pelajaran

Gambar 5.47

Form Jadwal Pelajaran p.40
Gambar 5.48 Form Data Nilai Siswa

Gambar 5.48

Form Data Nilai Siswa p.41
Gambar 5.51 Laporan Data Guru

Gambar 5.51

Laporan Data Guru p.42
Gambar 5.50 Form Input Nilai Siswa

Gambar 5.50

Form Input Nilai Siswa p.42
Gambar 5.52 Form Laporan Data Jadwal Pelajaran

Gambar 5.52

Form Laporan Data Jadwal Pelajaran p.43
Gambar 5.55 Laporan Data Nilai Perkelas

Gambar 5.55

Laporan Data Nilai Perkelas p.44
Gambar 5.54 Form Laporan Data Nilai Perkelas

Gambar 5.54

Form Laporan Data Nilai Perkelas p.44
Gambar 5.56 Form Laporan Data Nilai Persiswa

Gambar 5.56

Form Laporan Data Nilai Persiswa p.45
Gambar 5.57 Laporan Data Nilai Perorang

Gambar 5.57

Laporan Data Nilai Perorang p.45
Tabel 5.1 Rencana Pengujian

Tabel 5.1

Rencana Pengujian p.47
Tabel 5.3 Pengujian Data Pendaftaran

Tabel 5.3

Pengujian Data Pendaftaran p.49
tabel pendaftaran

tabel pendaftaran

p.49
tabel guru

tabel guru

p.54
tabel pelajaran

tabel pelajaran

p.55
Tabel 5.7 Pengujian Data Mata Pelajaran

Tabel 5.7

Pengujian Data Mata Pelajaran p.55
tabel pelajaran

tabel pelajaran

p.56
Tabel 5.8 Pengujian Data  kelas

Tabel 5.8

Pengujian Data kelas p.57
Tabel 5.10 Pengujian Data Tugas Mengajar

Tabel 5.10

Pengujian Data Tugas Mengajar p.59
Tabel 5.12 Pengujian Data Nilai

Tabel 5.12

Pengujian Data Nilai p.62
Tabel 5.13 Pengujian Laporan

Tabel 5.13

Pengujian Laporan p.63
Gambar 4.1 Flow Map yang Sedang Berjalan di SDN Tanjung 3 Bandung

Gambar 4.1

Flow Map yang Sedang Berjalan di SDN Tanjung 3 Bandung p.69
Gambar 4.2 Flow Map yang Sedang Berjalan di SDN Tanjung 3 Bandung

Gambar 4.2

Flow Map yang Sedang Berjalan di SDN Tanjung 3 Bandung p.71
Gambar 4.3 Kontek Diagram yang Sedang Berjalan

Gambar 4.3

Kontek Diagram yang Sedang Berjalan p.72

Referensi

Memperbarui...

Outline : Perancangan Input