799518827.doc 214.98KB 2015-10-12 00:18:15

22  Download (0)

Teks penuh

(1)

USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA JUDUL PROGRAM

Inovasi Penerapan Pendidikan Karakter

Pada Anak Usia Dasar Dengan Menggunakan Metode KARSI (Kartu Sikap) BIDANG KEGIATAN:

PKM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Diusulkan oleh :

Dwiky Nuari NIM. 1301414065 Angkatan 2014

Siti Maemunah NIM. 1301413114 Angkatan 2013

Muhammad Gulam M. NIM. 1102414077 Angkatan 2014 Muh Miftahcur Rizaq NIM. 1301414057 Angkatan 2014

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG SEMARANG

(2)

PENGESAHAN PKM-PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 1. Judul Kegiatan : Inovasi Penerapan Pendidikan Karakter Pada

Anak Usia Dasar Dengan Menggunakan Metode KARSI (Kartu Sikap)

2. Bidang Kegiatan : PKM-M

3. Ketua Pelaksana Kegiatan

a. Nama Lengkap : Dwiky nuari

b. NIM : 1301414065

c. Jurusan : Bimbingan dan konselig d. Universitas : Universitas Negeri Semarang

e. Alamat/No. HP : Dwsa Wlahar RT 01/RW 07 Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas/087838769608 f. E-mail : dwikinuari@gmail.com

4. Anggota Pelaksana : 4 orang

5. Dosen Pendamping :

a. Nama lengkap :

b. NIDP :

c. Alamat/No. HP : 6. Biaya kegiatan Total

a. Dikti : Rp 10.876.000,00 b. Sumber Lain :

-7. Jangka waktu pelaksanaan : 2 bulan

Semarang, 3 Juni 2015 Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan

(....) NIP.

Dosen Pendamping

(3)

DAFTAR ISI

1. HALAMAN JUDUL ……….. i

2. HALAMAN PENGESAHAN ……… ii

3. DAFTAR ISI ...………... iii

4. RINGKASAN ....………... iv

5. BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang ……….. 6. BAB II GAMBARAN MASYARAKAT SASARAN 2.1 Kondisi Masyarakat ...……….…... 2.2 Permasalahan ...……….... 4 4 7. BAB III METODE PELAKSANAAN 3.1 Perencanaan ...……….... 8. BAB IV BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN 4.1 Anggaran Biaya ……… 4.2 Jadwal Kegiatan ……… 6 6 9. DAFTAR PUSTAKA ………. 8 10. LAMPIRAN – LAMPIRAN

(4)

Inovasi penerapan pendidikan karakter pada anak usia dasar dengan menggunakan metode KARSI (kartu sikap) ini merupakan solusi untuk penerapan penerapan karakteristik yang baik untuk anak usia dasar. Dikarenakan kualitas generasi penerus bangsa lambatlaun semakin bobrok da;lam sikap dan tingkah lakunya. KARSIP merupakan inovasi media pembelajaran pemberaian karakter pada anak sekolah dasar untuk kelas I dan II. Di SD Negeri 2 Wlahar masih kurang terkait pembelajaran yang menekankan kepada karakter anak didik. Di sana masih hanya memberikan materi pembelajaran saja sehingga masih kurang pemahaman karakter yang baik dan kurang baik. Metode yang digunakan dalam KARSIP ini iyalah pemberian pemahaman sikap yang baik untuk sisawa. Didalamnya terdapat gambar yang merupakan contoh dari sikap tersebut agar anak-anak mudah tertarik dan paham tentang apa yang diberikan. Dalam model pembelajaran KARSIP ini selain memberikan pemahaman tentang sikap yang baik juga terdapat bahasa yang digunakan selain bahsa Indonesia yaitu bahasa krama agar bahasa krama tetap terlestarikan di SD Negeri 2 Wlahar. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program kegiatan ini adalah melalui tahap Perencaan, yang meliputi penyusunan proposal kegiatan, mengurus surat perizinan melakukan kegatan, dan menyiapkan alat dan bahan dalam melakukan pelatihan. Tahap yang kedua adalah tahap pelaksanaan, yang meliputi perkenalan, pengenalan KARSIP, praktek dan demonstrasi, motivasi,dan refleksi diri. Tahap yang ketiga adalah tahap Evaluasi Program yang meliputi Cara penyampaian, Ruang Belajar, interaksi dengan siswa, Perubahan sikap siswa, Pelayanan kesekertariatan,dan Konsumsi.

Kata Kunci : inovasi pembelajaran, pelestarian, KARSIP, SD.

(5)

PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG

Usia anaka Sekolah Dasar merupakan masa dimana anak berkembang salah satunya yaitu kognitif, motorik dan afektif. Dimana mereka sebagian besar belajar dari lingkungannnya, entah itu keluarga, sekolah, lingkungan sekitar dan teman sebayanya.

Pada akhir masa kanak-kanak, sebagian besar anak-anak mengembangkan kode moral yang dipengaruhi oleh standar moral kelompoknya dan hati nurani yang membimbing perilaku sebagai pengganti pengawasan dari luar yang diperlukan pada waktu anak masih kecil. Sekalipun demikian, pelanggaran di rumah, sekolah dan lingkungan tetangga pun masih sering terjadi. (Hartati dkk,2004:36)

Meskipun anak usia sekolah dasar mulai belajar moral dan mempunyai hatinurani sebagai pengendali perilakunya masih belum cukup untuk membuat perilaku anak agar tetap dalam koridor kebaikan. Maka dari itu harus ada pengontrol selain keluarganya di rumah yaitu guru di sekolahnya. Bagaimana cara pengajaran gurunya dan apa saja yang d ajarkan itu juga mempengaruhi prilaku seorang anak. Hal itu karena anak kebanyakan belajar dari apa yang dia lihat.

Imam Al-Ghozali (dalam hartati dkk,2004:35) berkata bahwa “Hendaklah anak dilarang bekata kotor, mengkutuk, mencaci, dan mengucapkan perkataan kotor lainnya. Yang demikian itu pasti disebabkan oleh pengaruh teman-temannya yang jelek.”

Apabila kita ingin merubah perilaku anak kita atau adik kita agar menjadi baik maka kita juga harus dapat merubah teman sebayanya juga. Karena mereka turut prilakunya. Kita tidak dapat serta merta memarahi mereka, salah satu solusinya bahwa di sekolahan mereka juga harus di ajarkan tantang karakter atau prilaku ataupun moral yang baik.

Selai itu anak-anak merupakan calon penerus bangsa yang harus dijaga dan di perhatikan oleh siapapun. Dalam tahapan perkembangannya seorang anak harus mempunyai karakter yang baik yang tercermin dalam diri mereka, sudah pasti karakter yang baik agar menjadi generasi yang baik pula.

(6)

yang menghebohkan yang dilakukan oleh siswa Sekolah Dasar di Bukittinggi yang membuli teman sebayanya dengan kekerasan yang dilakukan di dalam kelas. Selain itu pada 2012, salah satu media berita memberitakan ada seoarang anak sekolah Dasar di daerah Depok, Jakarta yang akan mengabisi temannya sendiri. Itu terjadi ketika korban meminta telepon genggam korban yang di curi pelaku untuk di kembalikan. Dan masih banyak lagi kasus yang ada. Makadari itu sangat pentingnya pendidikan karakter yang mulai di terapkan dari Sekolah Dasar.

Dalam surat kabar elektronik Kasi Bimbingan Klien Anak Bapas Kelas I Surabaya Tri Pramoedjo mengakui, jumlah anak-anak yang melakukan kejahatan berkurang. Tapi, kualitas kejahatannya meningkat. Dia juga mengatakan bahwa pada tahun 2014 jumlah tindakan kriminal yang masih terbanyak yang dilakukan oleh anak ialah pencurian sejumlah 236 anak yang kedua yaitu bentrokan. Selain itu beliau juga mengatakan bahwa Bukan hanya jenis tindak pidana yang meningkat, dari sisi usia, pelaku tindak pidana anak-anak kini makin muda. Jika dulu jarang ditemui anak-anak usia pelajar sekolah dasar (SD) yang dipidanakan, sekarang justru banyak yang disidang. Setidaknya sudah ada enam anak yang menjadi klien bapas dengan umur 11 dan 12 tahun. (dalam suratkabar elektronik JPNN.com,3 januari 2014).

Makadari itu penyusun mencoba berinovasi dalam media pembelajaran yang harapannya dapat mengurangi hal tersebut. Selain itu juga sebagai pendukung program pemerintah dalam kurikulum 2013 yang menekankan pada pendidikan karater. Penyusun membuat inovasi KARSIP (kartu sikap). Dimana didalam karsip terdapat penjelasan tentang sikap atau perilaku ataupun moral yang baik.

1.2 PERUMUSAN MASALAH

Berdasarksn masalah yang telah di paparkan, maka dapat dirumuskan masalah-masalah sebagai berikut:

1. Bagaimana cara menerapkan pendidikan karakter yang evektif di SD Negeri 2 Wlahar?

2. Bagaimana meningkatkan kualitas karakter pribadi siswa SD Negeri 2 Wlahar sekaligus melestarikan bahasa daerah?

1.3 LUARAN

(7)

1. Pendidikan di SD Negeri 2 Wlahar mampu mencetak peserta didik yang berkarakter unggul dan melestarikan bahasa krama.

2. Terselenggaranya pendidikan karakter di Sekolah Dasar meskipun tidak menerapkan kurikulum 2013.

3. Menyiapkan siswa sekolah dasar yang memiliki karakter yang baik untuk menjadi generai penerus bangsa yang di unggulkan.

4. Menjadikan KARSI (Kartu Sikap) sebagai media pembelajaran yang mudah dan menyenangkan serta dapat memberikan pemahaman tentang tata bahsa dalam Bahasa Krama pada anak-anak Sekaolah Dasar.

1.4 MANFAAT PROGRAM

Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat ini diharapkan memperoleh manfaat sebagai berikut:

1. Manfaat teoritis

Memberikan alternatif media pembelajaran karakter berupa KARSIP (Kartu Sikap) di SD Negeri 2 Wlahar untuk menciptakan karakter siswa yang baik dan unggul.

2. Manfaat Praktis

a. Bagi Siswa (anak-anak)

1) Siswa lebih termotivasi dan merasa senang dalam menerima pendidikan karakter yang diberikan.

2) Siswa dapat mendapatkan pemahaman tentang pendidikan karakter dan Bahasa Krama melalui media KARSIP (Kartu Sikap).

3) Siswa dapat menyadari perilaku baik dan tidak baik yang nantinya memberikan gambaran sikap yang harus dilakukan siswa bedasarkan pemahaman KARSIP (Kartu Sikap).

b. Bagi Guru (pengajar)

1) Memberikan informasi bahwa KARSIP (Kartu Sikap) merupakan salah satu inovasi media pembelajaran pendidikan karakter dan Bahasa krama yan dapat membentuk siswa menjadi pribadi yang berkarakter.

2) Guru lebih mudah mengajarkan pendidikan karakter dan Bahasa Krama kepada siswa sehingga dapat meningkatkan kosakata dalam Bahasa Krama.

3) Memudahkan guru dalam membeikan kesadaran kepada siswa untuk berprilaku yang baik.

BAB II

GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SEKITAR

(8)

Sasaran objek dari Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat ini adalah SD Negeri 2 Wlahar yang terletak di Desa Wlahar Kecamatan Wangon, Banyumas. Sekolah dasar ini letaknya cukup jauh dari kota kecamatan di sana. Setiap tahunya disana dapat meluluskan siswanya seratus persen. Kondisi SD Negeri 2 Wlahar yang sudah berdiri lebih dari dua puluh tahun ini masih butuh perhatian khusus dari pemerintah dalam penerapan pendidikan karakter. Hal itu karen masih belum terlaksananya kurikulum 2013. Kurangnya pengetahuan pendidik terhadap pendidikan karakter yang diharapkan dalam kurikulum 2013 dan pendidikan yang di butuhkan anak usia dini menyebabkan pembelajaran terkesan monoton yang hanya mengajarkan materi pelajaran yang terdapat didalam buku serta tidak sesuai dengan karakteristik anak dalam tahap perkembangan sesuai usianya. Aspek yang dikembangkan dalam SD Negeri 2 Wlahar masih terbatas pada perkembangan kognitif dan motorik saja, belum mencakup afektifnya.

2.2 PERMASALAHAN

Dilihat dari antusias masyarakat dengan mendaftarkan anak-anak mereka untuk masuk ke SD Negeri 2 Wlahar menunjukkan tingginya kesadaran masyarakat untuk memberikan pendidikan pada anak mereka. SD Negeri 2 Wlahar merupakan salah satu insitusi yang selalu meluluskan peserta didiknya seratus persen setiap tahunnya. Apabila sejak dini belum dibentengi dengan pengetahuan sikap dan karakter yang baik kemungkinan kejadian yang dipaparkan di latar belakang kemungkinan akan terulang kembali di SD Negeri 2 Wlahar. Akan tetapi akan dapat diminimalisir dengan adana pemberian pemahaman tentang sikap dan prilaku yang baik sesuai norma yang berlaku. Semua itu akan terdapat dalam model pembelajaran KARSIP.

BAB III

(9)

Agar program ini berjalan secara maksimal, maka diperlukan perencanaan secara tepat, diantaranya :

a. Menyusun proposal kegiatan pelatihan untuk pendidikan karakter di SD Negeri 2 Wlahar.

b. Mengamati pentingnya mengadakan pelatihan karena latar belakang pendidik SD yang kurang memahami pembelajaran menggunakan media KARSIP.

c. Menyusun waktu pelaksanaan kegiatan.

d. Meminta izin kepada Kepala Sekolah SD Negeri 2 Wlahar agar bersedia menyediakan tempat pelatihan.

e. Mempersiakan alat dan bahan dalam memberikan pelatihan. 3.2 PELAKSANAAN

Dalam pelaksanaan pelatihan pendidikanmenggunakan media KARSIP, metode yang dapat digunakan antara lain :

a. Perkenalan

b. Pengenalan KARSIP c. Praktek dan demonstrasi d. Motivasi

e. Refleksi diri

3.3 Evaluasi Program

Evaluasi program pelatihan pendidikan menggunakan media KARSIP mencakup penilaian terhadap aspek-aspek berikut :

a. Cara penyampaian b. Ruang Belajar

c. interaksi dengan siswa d. Perubahan sikap siswa e. Pelayanan kesekertariatan f. Konsumsi

BAB IV

(10)

Tabel 1. Ringkasan Anggaran Biaya

No. Jenis Pengeluaran Biaya (Rp)

1. Peralatan penunjang 1.372.000

2. Bahan habis pakai 4.354.000

3. Perjalanan 3.480.000

4. Lain-lain 1.670.000

Total Biaya 10.876.000

4.2 Jadwal Kegiatan

Tabel 2. Jadwal Kegiatan

No. Jenis kegiatan Bulan I Minggu ke-3. Perizinan dan

penyusunan

(11)

program ini dipantau dengan adanya kunjungan secara rutin ke SD Negeri 2 Wlahar minimal tiga minggu sekali.

(12)

1.

Ditjen Dikti Kemdikbud. 2013.“Panduan PKM Tahun 2013”. Jakarta : Ditjen Dikti Kemdikbud.

2.

Hartati, Netty dkk.(2004).“Islam dan Psikologi”.Jakarta:Rajawali Pers. 3. http://megapolitan.kompas.com/read/2012/02/17/15154687/Siswa.SD.Nyaris.

Habisi.Temannya.Sendiri

4. http://news.detik.com/read/2014/10/13/070416/2716676/10/aksi-brutal-di-sd-bukittinggi-tak-sekadar-kenakalan-anak-anak

5. http://www.jpnn.com/read/2014/01/03/208822/Jumlah-Anak-Nakal-Turun,-Kualitas-Kenakalan-Naik

6. https://www.google.co.id/maps/place/Wlahar,+Wangon,+Kab.+Banyumas, +Jawa+Tengah/@-7.4713819,109.0710291,185m/data=!3m1!1e3!4m2!3m1! 1s0x2e65643b9e345f91:0x97c43894d289cdf7

LAMPIRAN-LAMPIRAN

(13)

Biodata Ketua A. Identitas diri

1 Nama Lengkap Dwiky Nuari

2 Jenis Kelamin Laki-laki

3 Program Studi Bimbingan dan Konseling

4 NIM 1301414065

5 Tempat dan Tanggal Lahir Banyumas, 14 Januari 1996 6 Email dwikinuari@gmail.com

7 No. Hp 087838769608

B. Riwayat pendidikan

SD SMP SMA

Nama institusi SD Negeri 2 Wlahar

SMP Negeri 1 Wangon

SMA Negeri Wangon

Jurusan - - IPA

Tahun masuk 2002-2008 2008-2011 2011-2014

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apa bila dikemudian hari dijumpai ketidaksesuaian sesuai dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu pernyataan dalam pengajuan hibah ...

Semarang, 2015 Pengusul

Dwiky Nuari

(14)

1 Nama Lengkap Siti Maemunah

2 Jenis Kelamin Perempuan

3 Program Studi Bimbingan dan Konseling

4 NIM 1301413114

5 Tempat dan Tanggal Lahir Kebumen, 10 April 1995

6 Email maelikukun@gmail.com

7 No. Hp

B. Riwayat pendidikan

SD SMP SMA

Nama institusi SD Negeri 3

Jerukagung SMP Negeri 1 Klirong SMA Negeri 2 Kebumen

Jurusan IPA

Tahun masuk 2001-2007 2007-2010 2010-2013

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apa bila dikemudian hari dijumpai ketidaksesuaian sesuai dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu pernyataan dalam pengajuan hibah ...

Semarang, 2015 Pengusul

Siti Maemunah

Biodata Anggota II

(15)

1 Nama Lengkap Muhammad Ghulam Mubarok

2 Jenis Kelamin Laki-laki

3 Program Studi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan

4 NIM 1102414077

5 Tempat dan Tanggal Lahir Jepara, 1 Februari 1996 6 Email ghulammubarok@gmail.com

7 No. Hp 081557438568

B. Riwayat pendidikan

SD SMP SMA

Nama institusi SDI Sultan

Agung 1 SMP Negeri & Semarang SMA Negeri 6 Semarang

Jurusan - - IPA

Tahun masuk 2002-2008 2008-2011 2011-2014

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apa bila dikemudian hari dijumpai ketidaksesuaian sesuai dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu pernyataan dalam pengajuan hibah ...

Semarang, 2015 Pengusul

Muhammad Ghulam Mubarok

Biodata Anggota III

A. Identitas diri

(16)

2 Jenis Kelamin Laki-laki

3 Program Studi Bimbingan dan Konseling

4 NIM 1301414057

5 Tempat dan Tanggal Lahir Kendal, 3 Juni 1996

6 Email rizaqmuhamad@gmail.com

7 No. Hp 085640755770

B. Riwayat pendidikan

SD SMP SMA

Nama institusi SD Negeri Banjarejo

SMP Negeri 22 Semarang

SMA Negeri 1 Boja

Jurusan - - IPS

Tahun masuk 2002-2008 2008-2011 2011-2014

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apa bila dikemudian hari dijumpai ketidaksesuaian sesuai dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu pernyataan dalam pengajuan hibah ...

Semarang, 2015 Pengusul

Muh Miftahcur Rizaq

Lampiran 2. Justifikasi Anggaran Kegiatan 1. Peralatan Penunjang

(17)

Pemakaian Satuan (Rp) Proposal

pengabdian

6 bundel 6 bundel 27.000 162.000

Perijinan kegiatan

1 hari 1 kali 100.000 100.000

Sewa LCD Pelaksanaan program 2. Bahan Habis Pakai

Material Justifikasi Pemakaian

Kuantitas Harga Satuan (Rp)

Jumlah (Rp) Kertas A4 Penyusunan

laporan, Penggandaan materi pelatihan

2 rim 30.000 60.000

White Board Media pendukung Bolpoin Media

pendukung

1 lusin 15.000 15.000 Buku Catatan Media

pendukunga

12 buah 20.000 240.000

Konsumsi Konsumsi saat

pelatiahan 25 orang (3x pertemuan

SUB TOTAL (Rp) 4.354.000 3. Perjalanan

Material Justifikasi Pemakaian

Kuantitas Harga Satuan (Rp)

Jumlah (Rp)

(18)

Semarang-1 x 4 orang 87.000 348.000

SUB TOTAL (Rp) 3.480.000

4. Lain-lain

Material Justifikasi

Pemakaian Kuantitas Harga Satuan (Rp) Jumlah (Rp) Cetak foto,

figura, album

Dokumentasi 2 300.000 600.000

Cd film dokumentasi

Dokumentasi 2 10.000 20.000

APE

Kenang-kenangan lembaga

1 750.000 750.000

Jasa pendisain Mendisaikan kartu

30 desain 10.000 300.000

SUB TOTAL (Rp) 1.670.000

Lampiran 3. Susunan Organisasi Tim Kegiatan dan Pembagian Tugas

(19)

1. Dwiky Nuari/

1301414065 Bimbingandan Konseling

Pendidikan 5 jam/minggu Penyusunan proposal,

Pendidikan 5 jam/minggu Penyusunan laporan,

Pendidikan 5 jam/minggu Penyusunan laporan,

Pendidikan 5 jam/minggu Mengurusi dokumentasi dan

pembuatan film.

Lampiran 4. Surat Pernyataan Ketua Panitia

(20)

Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Rektor Fax (024) 8508082, Email :unnes@unnes.ac.id

SURAT PERNYATAAN KETUA PELAKSANA Yang bertandatangan di bawahini :

Nama : Dwiky Nuari

NIM : 1301414065

Program Studi : Bimbingan dan Konseling

Fakultas : FIP

Dengan ini menyatakan bahwa usulan PKM-M saya dengan judul “KARSIP (Kartu Sikap) : Inovasi Penerapan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dasar” yang diusulkan untuk tahun anggaran 2016 bersifat original dan belum pernah dibiayai oleh lembaga atau sumber dana lain.

Bilamana di kemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan ini, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengembalikan seluruh biaya pelaksanaan yang sudah diterima ke kas negara. Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan sebenar-benarnya.

Semarang, 24 September 2014

Lampiran 5. Surat Pernyataan Kesediaan dari Mitra

(21)

Yang bertandatangan dibawah ini:

Nama :

Pimpinan Mitra Usaha :

Bidang Usaha :

Alamat :

Dengan ini menyatakan Bersedia untuk Bekerjasama dengan Pelaksanaan Kegiatan Proram Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat inovasi KARSIP bagi pendidikan SD dalam pengembangan Pendidikan Karakter di SD Negeri 2 Wlahar kelurahan Wlahar, kecmatan Wangon, Banyumas.

Nama Ketua TIM Pengusul : Dwiky Nuari Nomor Induk Mahasiswa : 1301414065

Program Studi : Bimbingan dan Konseling Nama Dosen Pembimbing :

Perguruan Tinggi : Universitas Negeri Semarang

guna menerapkan dan/atau mengembangkan IPTEK pada tempat usaha kami.

Bersama ini pula kami nyatakan dengan sebenarnya bahwa diantara pihak Mitra Usaha dan Pelaksanaan Kegiatan Program tidak terdapat ikatan kekeluargaan dan ikatan usaha dalam wujud usaha apapun juag.

Demikian Surat Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab tanpa ada unsur pemaksaan di dalam pembuatannya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Semarang, 2015 Yang menyatakan,

(...)

(22)

Figur

Tabel 1. Ringkasan Anggaran Biaya

Tabel 1.

Ringkasan Anggaran Biaya p.10
Tabel 2. Jadwal Kegiatan

Tabel 2.

Jadwal Kegiatan p.10
Gambar 1. Denah lokasi mitra (SD Negeri 2 Wlahar)

Gambar 1.

Denah lokasi mitra (SD Negeri 2 Wlahar) p.22

Referensi