PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR YANG DI MEDIASI MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014.

Teks penuh

(1)
(2)
(3)
(4)

i

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, sumber kekuatanku dan yang telah mencurahkan berkat dan hikmat kebijaksanaan kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan skripsi yang berjudul “Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Yang Di Mediasi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan T.P 2013/2014”.

Penulisan Skripsi ini merupakan sebagian persyaratan untuk memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan bagi mahasiswa jenjang S1 pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa skripsi ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu dengan segala kerendahan hati penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun dari semua pihak yang berkenan demi penyempurnaan skripsi ini.

Dalam penyusunan skripsi ini, penulis banyak menerima masukan, arahan serta dorongan semangat yang tak ternilai harganya dari beberapa pihak. Untuk itu dengan segala kerendahan hati, penulis mengucapkan banyak terimakasih yang sebesar-besarnya kepada :

1. Bapak Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si, selaku Rektor Universitas Negeri Medan. 2. Bapak Drs. Kustoro Budiarta, ME, selaku Dekan Fakultas Ekonomi

(5)

ii

3. Bapak Dr. Arwansyah, M.Si, selaku Ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi dan ketua Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Unversitas Negeri Medan.

4. Bapak Drs. Jhonson, M.Si, selaku Sekretaris Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.

5. Bapak Dr. Saidun Hutasuhut M.Si selaku Dosen Pembimbing Skripsi yang telah banyak meluangkan waktunya untuk memberikan bimbingan, masukan, serta arahan kepada penulis dalam menyelasaikan skripsi ini.

6. Bapak. Dr. Dede Ruslan, M.Si selaku Dosen Pembimbing Akademik yang telah memberikan bimbingan, masukan, serta arahan kepada penulis selama penulis menyelesaikan studi.

7. Para dosen dan pegawai Jurusan Pendidikan Ekonomi Prodi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan yang telah mendidik dan membantu dalam studi dan penyelesaian skripsi ini.

8. Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru-guru, Staf Pegawai serta siswa-siswi kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan yang telah banyak membantu penulis dalam melakukan penelitian.

(6)

iii

10.Untuk abang Bottor Octavianus Simamora, kakak Veronika Parsaulian Simamora, dan adik Sari Susanti Simamora yang telah memberikan dukungan dalam bentuk doa dan motivasi kepada penulis selama menyelesaikan studi dan skripsi ini.

11.Seluruh saudara penulis baik saudara dari Ayahanda maupun dari Ibunda yang telah memberikan dukungan dalam bentuk doa dan motivasi kepada penulis selama menyelesaikan studi dan skripsi ini.

12.Untuk teman-teman PPLT SMA N 1 Air Putih, Batubara atas doa, kebersamaan dan motivasi yang diberikan dalam penyelesaian skripsi ini. 13. Sahabat terdekat (Agustina Simamora, Barita Butar-butar, Chandra T.A

Silaen, Dhani Saputra Ginting, Muhammad Fauzie, Moraulina Simarmata, Sahat Renold HS, dan Vera Oktavia Sinaga) yang telah memberikan dukungan dalam bentuk diskusi dan motivasi kepada penulis selama menyelesaikan skripsi ini.

(7)

iv

Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih atas semua dukungan dan bantuan dari berbagai pihak demi penyelesaian skripsi ini. Semoga skripsi ini dapat berguna bagi pembaca. Tuhan Yesus Memberkati.

Medan, Agustus 2014 Penulis,

(8)

v ABSTRAK

Boris Hamonangan Simamora. NIM : 7103341015. Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar yang di Mediasi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Univarsitas Negeri Medan 2014.

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan belajar, minat belajar terhadap prestasi belajar, dan yang di mediasi minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan tahun pembelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar, minat belajar terhadap prestasi belajar, dan yang di mediasi minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan tahun pembelajaran 2013/2014 dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan yang berjumlah 110 siswa dan cara pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan tehnik Random Sampling dan rumus pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh jumlah sampel yang diambil sebanyak 86 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar yang di mediasi minat belajar adalah analisis regresi variabel mediasi dengan metode kausal step.

Hasil analisis data dan hipotesis yang diperoleh untuk pengaruh lingkungan belajar terhadap minat belajar memiliki Unstandardized Coefficient sebesar 0,66 atau ≠ 0 dan signifikansi 0,00 < 0,05, pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar memiliki Unstandardized Coefficient sebesar 0,417 atau ≠ 0 dan signifikansi 0,00 < 0,05, pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar memiliki Unstandardized Coefficient sebesar 0,532 atau ≠ 0 dan signifikansi 0,00 < 0,05, dan hasil untuk pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar yang di mediasi minat belajar memiliki Unstandardized Coefficient sebesar 0,257 atau ≠ 0 dan signifikansi 0,028 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Dan setelah memasukkan variabel minat belajar, pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar dari c = 0,532 menurun menjadi c’= 0,257 atau c' ≠ 0

Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar yang di mediasi minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan tahun pembelajaran 2013/2014. Dan minat belajar dinyatakan sebagai mediasi parsial, karena pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar menjadi tetap positif dan signifikan setelah memasukkan variabel minat belajar ke dalam model persamaan regresi tetapi mengalami penurunan koefisien regresi atau dengan kata lain mediasi minat belajar tidak terlalu memberikan kontribusi yang besar pada pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar.

(9)

vi ABSTRACT

Boris Hamonangan Simamora. NIM: 7103341015. Effect of Environment Learning Againts Learning Achievement in Mediation Student Interest of Economics Lesson in Class XI Social SMAN 17 Medan School Year 2013/2014. Script, Department of Economic Education, Economic Studies Program, Faculty of Economics, State University of Medan 2014.

The problem in this study is whether there is a positive and significant effect of learning environment, learning interest on the learning achievement and the mediation of learning interest student on learning achievement of economic lesson in class XI Social SMAN 17 Medan school year 2013/2014. The purpose of this study was to determine the effect of the learning environment, learning interest on learning achievement, and the mediation of the learning interest student on learning achievement of economic lesson in class XI Social SMAN 17 Medan school year 2013/2014 and the population of this study were all students of class XI Social SMAN 17 medan amounting to 110 students and ways of sampling in this study is the technique of random sampling and sampling formula using Slovin formula, in order to obtain the amount of samples are taken of 86 students. Data collection techniques in this study is the observation, interviews, documentation, and questionnaires. The data analysis technique used to determine the effect of the learning environment on learning achievement in mediation interest in learning is the mediating variable regression analysis with causal step method.

The results of data analysis and hypothesis obtained for effect of environment learning to interest in learning has unstandardized coefficient of 0.66 or ≠ 0 and significance 0.00 or <0.05, the effect of interest in learning on learning achievement has unstandardized coefficient of 0.417 or ≠ 0 and significance of 0.00 or <0.05, effect of learning environment on learning achievement has unstandardized coefficient of 0.532 or ≠ 0 and significance 0.00 or <0.05, and results for the effect of the learning environment on learning achievement in mediation interest in learning has unstandardized coefficient of 0.257 or 0.03 ≠ 0 and the significance or <0.05, which means that the hypothesis is accepted. And after entering a variable interest in learning, studying environmental effects on learning achievement of c = 0.532 decreased to c '= 0.257 or c' ≠ 0.

Based on the results of data analysis, it can be concluded that there are positive and significant effect of learning environment on learning achievement in students' interest mediation on economic lesson in class XI Social SMAN 17 Medan school year 2013/2014. And interest learning is expressed as a partial mediation, because the effect of the learning environment on learning achievement be kept positive and significant variable interest learning after entering into the regression model but the regression coefficient decreased or in other words the interest learning mediation does not really give a great contribution to the effect learning environment on learning achievement.

(10)

vii DAFTAR ISI

LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING

LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN

KATA PENGANTAR ... i

ABSTRAK ... v

ABSTRACT ... vi

DAFTAR ISI ... vii

DAFTAR TABEL ... x

DAFTAR GAMBAR ... xi

DAFTAR LAMPIRAN ... xii

BAB I PENDAHULUAN ... 1

1.1Latar Belakang ... 1

1.2Identifikasi Masalah ... 6

1.3Pembatasan Masalah ... 7

1.4Rumusan Masalah ... 7

1.5Tujuan Penelitian ... 8

1.6Manfaat Penelitian ... 9

BAB II LANDASAN TEORITIS ... 10

(11)

viii

2.1.1 Lingkungan Belajar ... 10

2.1.1.1 Pengertian Lingkungan Belajar ... 10

2.1.1.2 Indikator Lingkungan Belajar ... 12

2.1.2 Konsep Minat Belajar ... 16

2.1.2.1 Defenisi Minat Belajar ... 16

2.1.2.2 Indikator Minat Belajar ... 17

2.1.2.3 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar... 20

2.1.3 Konsep Prestasi Belajar ... 22

2.1.3.1 Defenisi Prestasi Belajar ... 22

2.1.3.2 Indikator Prestasi Belajar... 24

2.1.3.3 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar ... 24

2.2 Penelitian yang Relevan ... 28

2.3 Kerangka Berfikir... 29

2.4 Hipotesis ... 32

BAB III METODE PENELITIAN ... 34

3.1Lokasi dan Waktu Penelitian ... 34

3.2Populasi dan Sampel ... 34

3.2.1 Populasi ... 34

3.2.2 Sampel ... 35

3.3Variabel Penelitian dan Defenisi Operasional ... 36

3.3.1 Variabel Penelitian ... 36

3.3.2 Defenisi Operasional ... 37

(12)

ix

3.5Uji Instrumen ... 40

3.6Uji Asumsi Klasik ... 41

3.7Tehnik Analisis Data ... 43

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ... 47

4.1 Deskripsi Hasil Penelitian ... 47

4.2 Hasil Uji Instrumen Penelitian ... 47

4.3 Transformasi Data Ordinal ke Data Interval ... 49

4.4 Hasil Uji Asumsi Klasik ... 52

4.4.1 Uji Normalitas ... 52

4.4.2 Uji Heteroskedastisitas ... 53

4.4.3 Uji Linearitas ... 54

4.5 Hasil Analisis Data ... 55

4.6 Pembahasan Hasil Penelitian ... 59

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN ... 62

5.1 Kesimpulan ... 62

5.2 Saran ... 63

DAFTAR PUSTAKA ... 64

(13)

x

DAFTAR TABEL

Tabel 1.1 Prestasi Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS ... 5

Tabel 3.1 Populasi Kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan ... 34

Tabel 3.2 Sampel Kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan ... 36

Table 3.3 Lay Out Angket ... 39

Tabel 4.1 Uji Validitas Angket Lingkungan Belajar dan Minat Belajar... 48

Tabel 4.2 Uji Reliabilitas Angket Lingkungan Belajar dan Minat Belajar ... 49

Tabel 4.3 Rincian Data Interval Lingkungan Belajar ... 50

Tabel 4.4 Rincian Data Interval Minat Belajar ... 50

Tabel 4.5 Uji Normalitas ... 52

Tabel 4.6 Uji Heteroskedastisitas ... 53

Tabel 4.7 Uji Linearitas Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar ... 54

Tabel 4.8 Uji Linearitas Minat Belajar dengan Prestasi Belajar ... 55

Tabel 4.9 Koefisien Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar ... 56

Tabel 4.10 Koefisien Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar ... 56

(14)

xi

DAFTAR GAMBAR

(15)

xii

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1 Angket Penelitian

Lampiran 2 Data Uji Coba Angket Lingkungan Belajar Lampiran 3 Uji Validitas Angket Lingkungan Belajar Lampiran 4 Uji Reliabilitas Angket Lingkungan Belajar Lampiran 5 Data Uji Coba Angket Minat Belajar Lampiran 6 Uji Validitas Angket Minat Belajar Lampiran 7 Uji Reliabilitas Angket Minat Belajar Lampiran 8 Data Sampel Angket Lingkungan Belajar Lampiran 9 Data Interval Lingkungan Belajar

Lampiran 10 Data Sampel Angket Minat Belajar Lampiran 11 Data Interval Minat Belajar

Lampiran 12 Daftar Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS Lampiran 13 Data Interval, Zskor dan Tskor

(16)

1 BAB I

PENDAHULUAN

1.1Latar Belakang Masalah

Bagian terpenting dalam kehidupan suatu bangsa yang ingin cepat maju yaitu memperhatikan masalah pendidikan. Isi pendidikan diharapkan mencakup sikap dan norma yang merupakan nilai-nilai norma moral manusia yang paling umum yaitu menghargai orang lain, rasa tanggungjawab dan sebagainya yang dapat memperluas wawasan.

Pendidikan merupakan hal yang memegang peranan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa serta merupakan suatu proses yang memiliki tujuan. Tujuan dapat berupa suatu usaha untuk mewujudkan suatu hal yang memeberikan gambaran tentang hasil yang diharapkan siswa setelah melaksanakan proses belajar mengajar. Untuk melihat tercapainya atau tidaknya tujuan pengajaran salah satunya adalah dari prestasi belajar yang diraih siswa. Dengan prestasi belajar yang tinggi, berarti para siswa mempunyai gambaran yang berpengetahuan baik. Faktor yang memepengaruhi prestasi belajar siswa adalah lingkungan belajar dan minat belajar.

(17)

2

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar yaitu faktor eksternal. Agar siswa memperoleh prestasi yang baik, maka sekolah sebagai lembaga pendidikan yang formal harus menciptakan dan menyediakan suatu lingkungan belajar yang kondusif sehingga dapat membantu proses belajar yang pada akhirnya akan menghasilkan prestasi yang memuaskan.

Lingkungan belajar merupakan kondisi dan segala fasilitas yang digunakan untuk kegiatan belajar sehari-hari. Lingkungan belajar yang baik dapat memberikan rangsangan kepada anak dalam melakukan kegiatan belajar untuk mencapai prestasi yang baik. Lingkungan belajar dalam hal ini adalah lingkungan sekolah. Sekolah yang baik adalah sekolah yang memprioritaskan kenyamanan, dan kelengkapan sarana yang dapat menunjang proses pembelajaran. Dari sekolah yang nyaman tersebut maka akan lahir minat-minat siswa untuk belajar yang juga akan mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Selain faktor eksternal, terdapat faktor internal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa dimana salah satunya adalah minat belajar. Minat merupakan rasa ketertarikan, kemauan dan kesediaan siswa melakukan setiap kegiatan pembelajaran, baik kegiatan belajar yang dilakukan siswa didalam kelas, maupun kegiatan belajar yang dilakukan siswa diluar kelas (dirumah).

(18)

3

1. Faktor internal adalah sama yang ada pada diri seseorang baik jasmani maupun rohani, fisik maupun psikis.

2. Faktor eksternal adalah semua faktor yang diluar individu : keluarga, masyarakat dan sekolah.

Minat mempunyai peranan penting dalam pembelajaran, karena minat mempunyai kecenderungan pada siswa untuk aktif dan respon terhadap sasarannya. Apabila siswa tidak memiliki minat, maka siswa akan cenderung pasif dan tidak memperdulikan segala usaha yang telah dilakukan oleh sekolah tersebut, sebaliknya jika siswa memiliki minat, maka siswa akan cenderung melakukan kegiatan yang berguna dan berjalan sesuai apa yang diharapkan sekolah.

Minat belajar siswa akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Khususnya dalam mata pelajaran ekonomi, setiap sekolah menginginkan siswanya memiliki prestasi yang baik. Karena mata pelajaran ekonomi merupakan mata pelajaran wajib yang harus dikuasai oleh setiap siswa SMA jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, agar nantinya siswa mendapatkan perstasi terbaik pada mata pelajaran ini, baik prestasi disekolah maupun berprestasi diujian nasional.

(19)

4

(20)

5

Tabel 1.1

Prestasi Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS

SMA Negeri 17 Medan T.P 2013/2014

Kelas Jumlah cara membandingkannya dengan kriteria yang telah ditetapkan, dan hanya ada dua versi lulus atau tidak lulus. Lulus berarti telah mencapai batas lulus, sedangkan tidak lulus berarti belum mencapai batas lulus. Batas lulus atau criteria yang banyak digunakan biasanya mencapai 75% - 80% (Suprapranata, 2005:37).

(21)

6

mencapai ketuntasan sebesar 20 siswa dan sisanya yang tidak mencapai adalah 15 siswa dan presentasenya yang mencapai ketuntasan 57% dan sisanya yang tidak mencapai 43%. Dan pada kelas XI IPS-3 yang berjumlah 37 siswa, dengan prestasi siswa yang mencapai ketuntasan sebesar 25 siswa dan sisanya yang tidak mencapai adalah 12 siswa dan presentasenya yang mencapai ketuntasan 68% dan sisanya yang tidak mencapai 32%. Bila ditarik secara keseluruhan kelas XI IPS yang barjumlah 110 siswa, maka yang mencapai ketuntasan minimal ada mata pelajaran ekonomi adalah sebesar 67 siswa atau 60,9%, dan siswa yang tidak mencapai ketuntasan berjumlah 43 siswa atau 39,1%. Sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Suprananta, maka dapat dikatakan bahwa keseluruhan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan belum dapat dikatakan lulus dalam mata pelajaran ekonomi, karena jumlah keseluruhan prestasi siswa yang mencapai ketuntasan minimal belum mencapai 75-80%. Dengan demikian, dapat dikatan bahwa minat belajar siswa pada matapelajaran ekonomi masih sangat rendah.

Berdasarkan permasalahan diatas, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi lingkungan belajar dan minat belajar. Untuk itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar yang di Mediasi Minat Belajar Siswa Pada Mata pelajaran

Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan TP 2013/2014”.

1.2Identifikasi Masalah

(22)

7

1. Lingkungan sekolah yang masih kurang menunjang prestasi belajar siswa 2. Managemen kelas yang kurang efektif untuk menunjang terjadinya proses

belajar mengajar

3. Perpustakaan belajar yang kurang lengkap 4. Minat belajar siswa yang rendah

1.3Pembatasan Masalah

Adapun pembatasan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :

1. Lingkungan belajar yang akan diteliti yaitu lingkungan eksternal (lingkungan keluarga) dan lingkungan internal (lingkungan sekolah) siswa dikelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan TP 2013/2014.

2. Minat belajar yang akan diteliti adalah minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dikelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan TP 2013/2014. 3. Prestasi belajar yang akan diteliti adalah prestasi belajar siswa pada mata

pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan TP 2013/2014. 1.4Rumusan Masalah

Berdasarkan identifikasi dan pembatasan masalah di atas, peneliti merumuskan masalah dalam penelitian sebagai berikut :

(23)

8

2. Apakah ada pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan TP 2013/2014.

3. Apakah ada pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan TP 2013/2014.

4. Apakah ada pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar yang di mediasi minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan TP 2013/2014.

1.5Tujuan Penelitian

Maksud mengadakan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi yang diperlukan guna menjawab masalah penelitian yang telah dirumuskan diatas. Adapun tujuan mengadakan penelitian ini adalah :

1. Untuk mengetahui pengaruh lingkunagn belajar terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan TP 2013/2014

2. Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan TP 2013/2014.

(24)

9

4. Untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar yang di mediasi minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan TP 2013/2014.

1.6Manfaat Penelitian

Dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut :

a. Memberikan masukan dan informasi kepada pihak sekolah bahwa lingkungan belajar yang ada disekolah dapat mempengaruhi minat belajar siswa dimana hal ini juga akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Sehingga, pihak sekolah dapat mengevaluasi lingkungan belajar yang terdapat didalam lingkungan sekolah.

b. Sebagai sumber informasi bagi pembaca ataupun bagi yang ingin melakukan penelitian lebih lanjut.

(25)

62 BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN

5.1 Kesimpulan

Dari hasil analisis dan pembahasan penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

1. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan belajar terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dikelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan TP 2013/2014, yang diperoleh dari tabel koefisien lingkungan belajar terhadap minat belajar dengan Unstandardized Coefficient sebesar 0,66 atau ≠ 0 dan signifikansi 0,00 < 0,05

2. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan TP 2013/2014, yang diperoleh dari tabel koefisien lingkungan belajar terhadap prestasi belajar yang di mediasi minat belajar dengan Unstandardized Coefficient sebesar 0,417 atau ≠ 0 dan signifikansi 0,00 < 0,05

3. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 17 Medan TP 2013/2014, yang diperoleh dari tabel koefisien lingkungan belajar terhadap prestasi belajar dengan Unstandardized Coefficient sebesar 0,532 atau ≠ 0 dan signifikansi 0,00 < 0,05

(26)

63

diperoleh dari tabel koefisien lingkungan belajar terhadap prestasi belajar yang di mediasi minat belajar dengan Unstandardized Coefficient sebesar 0,257

atau ≠ 0 dan signifikansi 0,028 < 0,05. Dan variabel minat belajar dinyatakan

sebagai variabel mediasi parsial (partial mediation), karena setelah dimediasi variabel minat belajar, pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mengalami penurunan koefisien regresi dari c = 0,532 menurun menjadi c’= 0,257 tetapi tidak menjadi nol (c’≠0)

5.2 Saran

Berdasarkan kesimpulan diatas, maka dapat dikemukakan beberapa saran :

1. Guru dan pihak sekolah diharapkan dapat memperhatikan kondisi lingkungan belajar yang ada di sekolah, seperti penyediaan alat-alat sekolah, kebersihan ruang kelas dan perpustakaan sekolah, sehingga siswa dapat merasa nyaman dalam belajar di sekolah. Begitu pula pada lingkungan belajar siswa di rumah, diharapkan guru dan pihak sekolah dapat menghimbau para orang tua siswa untuk memperhatikan kondisi belajar siswa di rumah, sehingga siswa juga dapat merasa nyaman ketika belajar dan mengerjakan tugas-tugas sekolah di rumah, dan hal ini akan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

(27)

64

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharismi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Aritonang, Keke T. (Juni 2008). Minat dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Kristen I BPK Penabur Jakarta T.P 2007/2008. Parameter tahun VII, No. 10. ISSN : 2086-5465

Anurrahman. 2012. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Remaja Rosdakarya

Djamarah, Syamsul. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta Ihsan, Fuad. 2001. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Ina dan Wahyu. (2006). Mengubah Skor Mentah Menjadi Skor Standar. widhiarso.staff.ugm.ac.id ( 14 Juli 2014)

Kuncoro, Mudrajad. 2001. Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi Untuk Bisnis dan Ekonomi. UPP AMP YKPN. Yogyakarta

Mariana Rita, dkk. 2010. Pengolahan Lingkungan Belajar. Jakarta : Kencana Muktiadi dan Mustafidah. (Juni 2012). Fuzzy Quantification System untuk

Menganalisis Pengaruh Minat Belajar dan Tingkat Kehadiran Mahasiswa terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Muhhamadiyah Purwokerto. Parameter tahun II, No. 1. ISSN : 2086-9398

Nokwanti. (Juni 2013). Pengaruh Tingkat Disiplin dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Warung Asem Kabupaten Batang Pada T.P 2009/2010. Parameter tahun I, No.01. ISSN : 0215-8250

Priyatno, Duwi. 2013. Mandiri Belajar Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta : MediaKom

Purwanto, M. Ngalim. 2006. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung : Remaja Rosdakarya

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Sarwono, Jonathan. 2005. Mengubah Data Ordinal Ke Data Interval Dengan

Metode Suksesif Interval (MSI).

(28)

65

Simanjuntak. 2009. Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa/i Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Batang Kuis Tahun Ajaran 2006/2007. Medan : Fakultas Ekonomi Unimed

Setiawan, Roy. (Oktober 2010). Analisis Pengaruh Faktor Kemampuan Dosen, Motivasi Belajar Ekstrinsik dan Intrinsik Mahasiswa, Serta Lingkungan Belajar Terhadap Semangat Belajar Mahasiswa Di Departemen Matakuliah Umum Universitas Kristen Petra. Parameter tahun I, No.2. ISSN : 2087-1090

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung. Edisi Keenam Tarsito

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan, Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta : Andi

Suliyanto. 2012. Regresi dengan Variabel Intervening. http://maksi.unsoed.ac.id/wp-content/uploads/2014/04/Regresi-Variabel-Intervening1.ppt. (6 Maret 2014)

Susanto, Adi. 2013. Minat Belajar Siswa. http://bagawanabiyasa.wordpress.com/2013/05/12/minat-belajar-siswa/ (9 Maret 2014)

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta : Grasindo

Wicaksono, Ronnie. 2012. Menentukan Jumlah Sampel dengan Rumus Slovin. http://analisis-statistika.blogspot.com/2012/09/menentukan-jumlah-sampel -dengan-rumus.html (9 Mei 2014)

Figur

Gambar 2.1 Kerangka Berfikir ........................................................................

Gambar 2.1

Kerangka Berfikir ........................................................................ p.14
gambaran tentang

gambaran tentang

p.16
Tabel 1.1 Prestasi Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS

Tabel 1.1

Prestasi Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS p.20

Referensi

Memperbarui...