PENGAJUAN KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN JUDEX FACTIE ATAS PIDANA TERLALU RINGAN DAN PERTIMBANGAN JUDEX JURIS MEMUTUS PERKARA PEMBUNUHAN BERENCANA (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 793/K/Pid/2015).

Teks penuh

(1)

i

PENGAJUAN KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP

PUTUSAN JUDEX FACTIE ATAS PIDANA TERLALU

RINGAN DAN PERTIMBANGAN JUDEX JURIS

MEMUTUS PERKARA PEMBUNUHAN BERENCANA

(Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 793/K/Pid/2015)

Penulisan Hukum ( Skripsi )

Disusun dan Diajukan untuk

Melengkapi Persyaratan Guna Meraih Derajat Sarjana Dalam Ilmu Hukum Pada Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta

Oleh :

HESTI HARYANTI E0013216

FAKULTAS HUKUM

UNIVERSITAS SEBELAS MARET

SURAKARTA

(2)
(3)

iii

Penulisan Hukum (Skripsi)

PENGAJUAN KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN

JUDEX F ACTIE ATAS PIDANA TERLALU RINGAN DAN

PERTIMBANGAN JUDEX JURIS MEMUTUS PERKARA PEMBUNUHAN BERENCANA

(Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 793/K/Pid/2015)

Oleh

HESTI HARYANTI E0013216

Telah diterima dan dipertahankan dihadapan Dewan Penguji Penulisan Hukum (Skripsi) Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta

Pada :

Hari/Tanggal : Selasa, 18 April 2017

TIM PENGUJI

1. Nama : Bambang Santoso, S.H., M.Hum ( )

NIP : 196202091989031001 Ketua

2. Nama : Sri Wahyuningsih Yulianti SH. MH ( )

NIP : 196107211988032001 Sekretaris

3. Nama : Edy Herdyanto SH. MH ( )

NIP : 195706291985031002 Anggota

(4)

iv

Dekan

Prof.Dr.Supanto,S.H.,M.Hum.

NIP. 19601107 198601 1 001

SURAT PERNYATAAN

(KEASLIAN PENULISAN HUKUM/SKRIPSI)

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Hesti Haryanti

NIM : E0013216

Fakultas : Hukum

Program Studi : Ilmu Hukum

Tempat/ Tanggal Lahir : Sukoharjo, 24 April 1995

Alamat Rumah : Tengklik, RT 02 RW 11 Ds.Telukan Kec.GrogolKab.Sukoharjo Prov.Jawa Tengah

Nomor HP : 085642402801

Judul Penulisan Hukum :

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa penulisan hukum (skripsi) berjudul :

PENGAJUAN KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP

PENGAJUAN KASASI JUDEX FACTIE ATAS PIDANA TERLALU

RINGAN DAN PERTIMBANGAN JUDEX JURIS MEMUTUS

PERKARA PEMBUNUHAN BERENCANA (Studi Putusan

Mahkamah Agung Nomor 793/K/Pid/2015)

(5)

v

MOTTO

“Washbir wa maa shobruka illa billah”

Dan bersabarlah, dan tidaklah ada kesabaranmu itu kecuali dari Allah

“Hal jazaa-ul ihsaani illa ihsaan”

Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan pula

“Manungsa mung ngunduh wohing pakarti”

Kehidupan manusia baik dan buruk adalah akibat dari perbuatan manusia sendiri. Siapa yang berbuat pasti akan menerima hasil

(6)

vi

PERSEMBAHAN

Dengan segala kerendahan hati, skripsi ini penulis persembahkan sebagai wujud syukur, cinta, dan terimakasih kepada :

1. Allah SWT dengan segala rahmat dan kasih sayang-Nya

2. Bapak dan Ibu yang selalu mendoakan dan mendukung untuk kesuksesan dan keberhasilan penulis

3. Adikku tersayang yang selalu mendukung dan memberi semangat penulis

4. Semua Dosen yang mendidik penulis dalam menyelesaikan studinya 5. Semua sahabat yang menemani dan mewarnai hari-hari penulis 6. Semua teman-teman Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret

(7)

vii

ABSTRAK

Hesti Haryanti. 2017. E0013216. PENGAJUAN KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN JUDEX FACTIE ATAS PIDANA TERLALU RINGAN DAN PERTIMBANGAN JUDEX JURIS MEMUTUS PERKARA PEMBUNUHAN BERSAMA (STUDI KASUS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG NOMOR 793K/PID/2015). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

Penelitian ini mengkaji permasalahan mengenai alasan permohonan Kasasi yang diajukan oleh Penuntut Umum mengenai keberatan terhadap pertimbangan hal-hal yang meringankan Terdakwa oleh Judex Factie

sehingga kurang cermat dalam menjatuhkan pidana terkait fakta-fakta yang telah terbukti dalam persidangan berdasarkan Pasal 253 ayat (1) huruf a KUHAP dan mengkaji mengenai kesesuaian pertimbangan Mahkamah Agung berdasarkan Pasal 256 jo Pasal 193 ayat (1) KUHAP.

Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif bersifat preskriptif dan terapan. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kasus. Sumber bahan hukum diperoleh dari bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum dalam penelitian ini adalah dengan cara studi pustaka. Bahan hukum yang diperoleh kemudian diolah menggunakan metode silogisme deduktif.

Pengajuan kasasi oleh Penuntut Umum yang menyatakan Judex Factie telah salah menerapkan hukum sehingga alasan kasasi Penuntut Umum telah sesuai dengan Pasal 253 ayat (1) huruf a KUHAP. Alasan Judex Juris dalam putusan menjelaskan bahwa Pengadilan Tinggi kurang mempertimbangkan hal-hal yang meringankan pada diri Terdakwa, sehingga mengabulkan alasan kasasi Penuntut Umum, membatalkan putusan Pengadilan Tinggi, dan mengadili sendiri menyatakan Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah , menjatuhkan pidana seumur hidup berdasarkan Pasal 256 jo Pasal 193 ayat (1) KUHAP.

(8)

viii ABSTRACT

Hesti Haryanti. 2017. E0013216. F ILING CASSATION OF

PROSECUTORS AGAINST THE AWARD JUDEX F ACTIE TOP CRIMINAL WAS TOO LIGHT AND CONSIDERATION JUDEX JURIS SEVERING MURDER CASE TOGETHER (CASE STUDY OF THE SUPREME COURT DECISIONS NUMBER 793K/PID/2015). WRITING LAW (SKRIPSI). THE F ACULTY OF LAW SEBELAS MARET UNIVERSITY.

This research examine issues for the entreaty casssation submitted by public prosecutor about objections to consideration things relieve the defendant by Judex Factie so less careful in dropped criminal related facts have been the court based on Article 253 paragraph (1) letter a KUHAP and assess about conformity consideration the supreme court based on Article 256 jo article 193 paragraph (1) KUHAP.

This study is a prescriptive and normative law applied. The approach used that approach to the case. Sources of legal materials obtained from primary and secondary legal materials. Mechanical collection of legal materials in this research is to study literature. Legal materials obtained are then processed using the method of deductive syllogism.

Filing cassation by prosecutors said Judex Factie has been wrong apply the law so that cassation reason by prosecutors are already in accordance with Article 253 paragraph (1) letter a KUHAP. Reason Judex Juris in a verdict explained that the high court did not consider the things which relieves at yourself in the defendant, thus granting reasons Prosecution appeal, overturned the verdict of the High Court, and the judge himself stated the defendant proven legally and convincingly guilty, impose life imprisonment under Article 256 in conjunction with Article 193 paragraph (1) KUHAP.

(9)

ix

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji syukur Penulis panjatkan kepada Allah SWT

atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga Penulis dapat menyelesaikan Penelitian Hukum yang berjudul PENGAJUAN KASASI PENUNTUT UMUM TERHADAP PUTUSAN JUDEX F ACTIE ATAS PIDANA

TERLALU RINGAN DAN PERTIMBANGAN JUDEX JURIS

MEMUTUS PERKARA PEMBUNUHAN BERENCANA (Studi Putusan

Mahkamah Agung Nomor 793/K/Pid/2015) dengan baik.

Penulisan Hukum ini untuk memenuhi syarat memperoleh gelar Sarjana dalam Ilmu Hukum di Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. Atas segala bantuan yang telah Penulis dapatkan selama menempuh studi sampai dengan terselesaikannya penyusunan Penulisan Hukum ini, Penulis banyak mendapatkan masukan, bimbingan, dan bantuan dari berbagai pihak yang sangat membantu hingga penulisan ini dapat terselesaikan. Oleh karena itu Penulis ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

1. Allah SWT, atas segala nikmat, rahmat dan karunia-Nya serta Nabi Muhammad SAW serta junjungannya.

2. Orangtua yang sangat saya sayangi dan cintai, Ibu Hartini, Bapak Haryanto, kakak-kakak saya tercinta Maryadi, S.E, Sumarsih, S.E, Agung Riyanto serta Adik saya tercinta Nanda Putri Agustina yang senantiasa mendoakan dan mendukung saya dalam penulisan Hukum ini. Memberikan semangat dan motivasi tanpa henti kepada saya sehingga penulisan skripsi ini terselesaikan.

3. Bapak Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS, selaku Rektor Universitas Sebelas Maret

(10)

x

5. Bapak Prof. Dr. Supanto, S.H., M.Hum selaku Pembimbing Akademik yang selalu memberikan motivasi agar penulis berusaha meningkatkan prestasi dan selalu giat meraih cita-cita.

6. Bapak Dr.Soehartono S.H., M.Hum selaku Kepala Bagian Hukum Acara yang telah membantu dan memudahkan penulis dalam memenuhi persyaratan sehingga penulisan skripsi ini selesai.

7. Bapak Edy Herdyanto, S.H, M.H, selaku pembimbing skripsi penulis, yang di tengah kesibukannya selalu bersedia meluangkan waktu serta pikirannya untuk memberikan bimbingan, masukan, arahan, dan nasihat kepada penulis. Terima kasih banyak atas semua bimbingan dan arahan yang tidak pernah lelah diberikan kepada penulis selama penulisan skripsi hingga selesai.

8. Ibu Sriwahyuningsih Yulianti, S.H., M.H, selaku Dosen penulis yang sudah seperti ibu sendiri karena selalu mengerti keluh kesah penulis dan selalu memberi semangat serta jalan keluar penulis di saat ada kesusahan pada proses penulisan skripsi.

9. Segenap Bapak dan Ibu Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta yang telah memberikan ilmu pengetahuan kepada Penulis sehingga dapat dijadikan bekal penulis dalam penulisan skripsi ini.

(11)

xi

serta saran dan masukan kepada penulis sehingga penulisan skripsi ini selesai.

11. Semua pihak di Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret yang tidak dapat disebutkan satu-persatu yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan penulisan skripsi ini.

(12)

xii

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ... i

HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING ... ii

HALAMAN PENGESAHAN ... iii

(13)

xiii

A. Kerangka Teori ... 14

1. Tinjauan tentang Upaya Hukum Kasasi ... 14

2. Tinjauan tentang Penuntut Umum ... 24

3. Tinjauan tentang Putusan Pengadilan ... 28

4. Tinjauan tentang Judex Factie dan Judex Juris ... 35

5. Tinjauan tentang Sanksi Pidana Maksimum dan Minimum ... 35

6. Tinjauan tentang Pidana Pembunuhan Berencana ... 37

B. Kerangka Pemikiran ... 40

BAB III HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN A. Hasil Penelitian ... 42

1. Identitas Terdakwa ... 42

2. Uraian Singkat Fakta Peristiwa ... 42

3. Dakwaan ... 48

4. Tutntutan ... 60

5. Amar Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat ... 62

6. Amar Putusan Pengadilan Tinggi Jakarta ... 64

7. Alasan Pengajuan Kasasi Penuntut Umum ... 64

8. Pertimbangan Mahkamah Agung ... 66

9. Amar Putusan Mahkamah Agung ... 68

B. Pembahasan ... 70

1. Kesesuaian Alasan Kasasi Penuntut Umum Terhadap Putusan Judex Factie Atas Alasan Terlalu Ringannya Dalam Perkara Pembunuhan Berencana Dengan Ketentuan Pasal 253 KUHAP ... 70

2. Kesesuaian Pertimbangan Majelis Hakim Memutus Permohonan Kasasi Perkara Penganiayaan yang Menyebabkan Matinya Orang dalam Putusan Mahkamah Agung Nomor : 793K/PID/2015 dengan Ketentuan Pasal 256 jo Pasal 193KUHAP ... 76

BAB IV SIMPULAN DAN SARAN A. Simpulan ... 80

(14)

xiv

DAFTAR PUSTAKA

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...