• Tidak ada hasil yang ditemukan

EVALUASI SISTEM PEMBERIAN KREDIT PADA KSP BANGUN JAYA MAKMUR CABANG PEMBANTU SRENGAT

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2019

Membagikan "EVALUASI SISTEM PEMBERIAN KREDIT PADA KSP BANGUN JAYA MAKMUR CABANG PEMBANTU SRENGAT"

Copied!
15
0
0

Teks penuh

(1)

EVALUASI SISTEM PEMBERIAN KREDIT PADA KSP BANGUN JAYA MAKMUR CABANG PEMBANTU SRENGAT

TUGAS AKHIR

Disusun untuk memenuhi sebagian persyaratan

mencapai derajat Ahli Madya (A.Md.) Progam Studi Diploma III Akuntansi

Oleh:

CYNTIA DEVY RATNA PUTRI

NIM F3314031

PROGAM STUDI DIPLOMA III AKUNTANSI

FAKULTAS AKONOMI DAN BISNIS

UNIVERSITAS SEBELAS MARET

SURAKARTA

(2)

ABSTRACT

CREDIT EVALUATION SYSTEM OF KSP BANGUN JAYA MAKMUR DISTRICT BRANCH SRENGAT

Cyntia Devy Ratna Putri F3314031

Cooperative (savings and loans cooperative) is crucial to the economic development. It could help the economic disparities. Cooperative has existed since years ago in Indonesia and was divided into four, one of them is the Savings and Loans Cooperative (KSP). KSP Bangun Jaya Makmur was established since 1984 in Surabaya to help society financial. In carrying out its business activities KSP Bangun Jaya Makmur requires systems and procedures. The purpose of this research is to know the crediting system used, as well as the advantages and disadvantages of the system.

On the basis of research that has been done, KSP Bangun Jaya

Makmur has made the process of crediting in accordance with the principles of credit. KSP Bangun Jaya Makmur was guided by Government Regulation no. 9 of 1995 on the Implementation of Business Savings and Loans by Cooperatives and in the analysis phase also applying the principles of 5C and 7P.

The advantages of this cooperative is, KSP Bangun Jaya Makmur has applied the principle of caution in giving credit. And the disadvantages are, some tasks are still given by the chair and it could cause a deception. Documentation was uncompleted, because at the stage of credit analysis there was no written document.

(3)

ABSTRAK

EVALUASI SISTEM PEMBERIAN KREDIT PADA KSP BANGUN JAYA MAKMUR CABANG PEMBANTU SRENGAT

Cyntia Devy Ratna Putri F3314031

Koperasi memiliki peran penting dalam perkembangan perekonomian rakyat. Kehadiran koperasi penting karena dianggap mampu mengatasi keterbatasan dana akibat kesenjangan ekonomi. Koperasi sebenarnya telah lama ada di Indonesia dan koperasi itu sendiri memiliki empat jenis, salah satunya adalah Koperasi Simpan Pinjam (KSP). KSP Bangun Jaya Makmur adalah koperasi yang telah berdiri sejak tahun 1984 di Surabaya untuk membantu permodalan masyarakat dengan mudah, aman, dan nyaman. Dalam menjalankan kegiatan usahanya KSP Bangun Jaya Makmur memerlukan sistem dan prosedur. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui sistem pemberian kredit yang digunakan, serta kelebihan dan kelemahan sistem tersebut.

Atas dasar penelitian yang telah dilakukan, KSP Bangun Jaya Makmur telah melakukan proses pemberian kredit yang sesuai dengan azas-azas perkreditan. Di mana KSP Bangun Jaya Makmur selalu berpedoman pada Peraturan Pemerintah No. 9 Tahun 1995 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan Pinjam oleh Koperasi dan dalam tahapan analisis juga menerapkan prinsip 5C dan 7P.

Jika dilihat dari kelebihannya, KSP Bangun Jaya Makmur telah menerapkan prinsip kehati-hatian dalam memberikan kredit. Dilihat dari kelemahannya, masih ada beberapa bagian yang merangkap tugas dan putusan kredit hanya diberikan oleh pimpinan sehingga dapat berpotensi terjadinya kecurangan. Dokumentasi yang digunakan belum lengkap, karena pada tahap analisis kredit belum ada dokumen tertulis.

(4)
(5)
(6)
(7)

MOTTO DAN PERSEMBAHAN

i don’t need a trophy to tell myself that i am the best.” – Zlatan

“Berserah, jangan menyerah, yakinlah pada diri sendiri, dan ingat penyertaan Tuhan yang luar biasa.”

“Firman Tuhan itu ya dan amin, teruslah berpengharapan kepadaNya karena

semua indah pada waktuNya.”

Penulis persembahkan kepada : 1. Ayah dan Ibu terbaik 2. Adik tercinta

(8)

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepata Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat-Nya, sehingga penulis mampu menyelesaikan penulisan Tugas Akhir yang

berjudul “Evaluasi Sistem Pemberian Kredit pada KSP Bangun Jaya Makmur

Cabang Pembantu Srengat”. Tugas Akhir ini disusun sebagai salah satu syarat

untuk mendapatkan gelar Ahli Madya (A.Md.) Diploma III Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penulis menyadari dalam penyusunan Tugas Akhir ini tidak lepas dari bantuan, bimbingan, dan dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu, pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kaih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan tugas akhir ini:

1. Tuhan Yesus Kristus yang senantiasa menyertai dan memberkatiku serta menguatkanku.

2. Ibu Dr. Hunik Sri Runing S, M.Si, selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta.

3. Ibu Dr. Djuminah, M.Si, Ak, selaku Ketua Program Studi Diploma III Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta.

4. Ibu Andi Asri Hapsari, SE, M.sc,Ak, selaku dosen pembimbing yang telah membimbing penulis hingga terselesainya Tugas Akhir ini.

(9)

6. Bapak Gaguk P S selaku pimpinan KSP Bangun Jaya Makmur Cabang Pembantu Srengat, yang telah memberi ijin penulis untuk melakukan penelitian.

7. Semua staff dan karyawan KSP Bangun Jaya Makmur yang telah membantu penulis dalam mengumpulkan data yang diperlukan dalam penulisan Tugas Akhir ini.

8. Ibu Suharnanik, S.Pd. M.Pd selaku pimpinan KSP Wanita Dewi Pergiwo, yang telah memberi ijin penulis untuk melakukan penelitian.

9. Bapak dan Ibu Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta yang telah memberikan ilmu pengetahuan, wawasan, dan pengalamannya, semoga apa yang telah diberikan dapat bermanfaat bagi masa depan penulis.

10. Kedua orang tuaku yang telah memberikan dorongan baik dalam segi rohani maupun materi sehingga penulisan Tugas Akhir ini dapat terselesaikan. 11. Adikku terkasih yang tidak pernah berhenti memberi dukungan dan

penghiburan.

12. Dika Gustarahmawan dan vega merah yang selalu menemani, membantu, memotivasi dan tempat berkeluh kasah selama ini.

13. Dessi, mbak Ratih, Damayanti, dek Rika, Icha, mbak Denna, Putri, Diah, Ulfa, dan Pipin yang menjadi teman dan saudara di kos hidayah 2.

(10)

Penulis berharap semoga Tuhan Yesus membalas segala kebaikan dan bantuan yang tulus yang telah diberikan. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan tugas akhir masih terdapat kekurangan kekurangan, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun.

Semoga Tugas Akhir ini dapat dengan mudah dipahami dan bermanfaat bagi pihak – pihak yang membutuhkan. Terimakasih

Surakarta, 05 Juni 2017

(11)

DAFTAR ISI

MOTTO DAN PERSEMBAHAN ... vii

KATA PENGANTAR ... viii

B. Sistem Informasi Akuntansi ... 9

C. Sistem Pengendalian Intern ... 12

D. Dokumen Sistem ... 14

E. Evaluasi Sistem ... 20

F. Kredit... 23

G. Koperasi ... 32

(12)

B. Analisis dan Pembahasan ... 43 C. Temuan ... 70 BAB IV PENUTUP

(13)

DAFTAR TABEL

TABEL Halaman

(14)

DAFTAR GAMBAR

GAMBAR Halaman

3.1 Struktur Organisasi KSP Bangun Jaya Makmur ... 40

3.2 Siklus Pemberian Kredit ... 45

3.3 Prosedur Permohonan Kredit Berdasarkan SOP ... 46

3.4 Prosedur Analisis Kredit Berdasarkan SOP ... 47

3.5 Prosedur Putusan Kredit Berdasarkan SOP ... 48

3.6 Prosedur Pemberian Kredit Berdasarkan SOP ... 49

3.7 Prosedur Permohonan dan Analisis Kredit Berdasarkan Praktik Lapangan .... 53

3.8 Prosedur Putusan Kredit Berdasarkan Praktik Lapangan ... 56

(15)

DAFTAR LAMPIRAN

1. Surat Ijin Penelitian………

Gambar

TABEL
GAMBAR

Referensi

Dokumen terkait

[r]

(6) Dalam hal masa berlaku peringatan ketiga sebagaimana dimaksud pada ayat (4) berakhir dan Perusahaan Pembiayaan tetap tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud

Pelaksanaannya disesuaikan dengan prosedur penelitian yang telah ditentukan sesuai dengan kurikulum di sekolah dan sesuai dengan rencana pelaksanaan model

dengan lokasi elemen yang akan digunakan gambar beton fabrikasi dapat dilihat pada gambar 4, (2) Material Non Fabrikasi terdiri dari beberapa macam, antara lain sebagai

Dengan demikian, buku suplemen yang dikembangkan sudah layak digunakan sebagai bahan ajar muatan pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas II semester 1.. Kata Kunci:

kemampuan membaca Al- Qur’an anak melalui Metode Kibar sehingga materi. yang disampaikan lebih

Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui berapa besar nilai penyusutan, berapa jumlah nilai penyusutan, berapa nilai sisa (residu) mesin

1. Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD I Tumpangkrasak Jati Kudus Tahun Ajaran 2016/2017. Untuk mengetahui implementasi metode Hiwar Qur ’ ani