• Tidak ada hasil yang ditemukan

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO DARI KONSEP PERBAIKAN MOTOR LISTRIK 3 FASA DI SMK NEGERI 2 MEDAN.

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO DARI KONSEP PERBAIKAN MOTOR LISTRIK 3 FASA DI SMK NEGERI 2 MEDAN."

Copied!
9
0
0

Teks penuh

(1)

BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN A. Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan pembahasan yang telah dijabarkan dapat diambil kesimpulan dalam penelitian ini antara lain:

1. Peneliti telah mengetahui prosedur atau tata cara perancangan pembelajaran berbasis video yang dikemas dalam bentuk cd dengan menggunakan model desain pengembangan ADDIE (analisys, design, develop, implement, and Evaluation).

2. Media pembelajaran berbasis video yang dikemas kedalam bentuk cd pada penelitian ini berdasarkan pengujian oleh para ahli telah dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran dan ternyata sangat menarik minat belajar siswa terlihat dari respon yang diberikan siswa melalui angket. Media pembelajaran berbasis video ternyata sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

B. Saran

Untuk perbaikan dan penelitian selanjutnya, ada beberapa saran yang diberikan antaralain:

1. Sebaiknya proses belajar mengajar yang bersifat ceramah seperti yang selama ini dilakukan didalam kelas dibantu dengan pembelajaran menggunakan media seperti Video pembelajaran, atau media lain yang dapat memberi pengaruh positif bagi hasil belajar siswa.

(2)

yang dibuat, juga pengembangan metode pembelajaran oleh guru dan praktisi pendidikan lain untuk menghasilkan model kegiatan pembelajaran yang lebih baik lagi.

(3)

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan yang sangat vital dan fundamental karena pendidikan memiliki peran yang amat penting dalam menentukan aspek–aspek kehidupan lainnya. Oleh karena itu, pengelolaan pendidikan perlu memperoleh prioritas dan perhatian yang serius oleh segenap pemangku kepentingan (stakeholders) pendidikan, dan bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata. Dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang handal, professional,dan berdaya saing tinggi, pendidikan juga memiliki kontribusi positif terhadap kondisi ekonomi suatu negara.Artinya, jika pendidikan suatu negara maju, maju pulalah perekonomiannya. Oleh sebab itu, tidak ada pilihan lain kecuali meningkatkan pengelolaan pendidikan yang berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan.

(4)

proses pembelajaran sebab didukung dengan kondisi ekonomi mereka yang baik, sementara itu banyak sekolah lain yang hanya menggunakan fasilitas seadanya. Ditambah dengan program pemerintah saat ini ” menjadikan SMA menjadi SMK” dengan tujuan ingin mengatasi banyaknya lulusan SMA yang mengalami pengangguran akibat tidak memiliki biaya untuk melanjut ke tingkat universitas ditambah lagi mereka kurang memiliki kemampuan untuk terjun ke dunia kerja. Pemerintah berusaha membuat perbandingan antara SMK dan SMA menjadi 50:50. Pada dasarnya pemerintah merancang program ini adalah untuk memberikan solusi kepada anak bangsa yang mayoritas masih dalam keadaan ekonomi yang kurang mampu untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi kerena dengan ini sekolah dapat menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki skill untuk terjun ke dunia kerja apabila tidak memiliki biaya kuliah serta tidak menutup kemungkinan bagi mereka melanjutkan studinya ke tingkat universitas jika mereka mampu dengan kuliah sambil kerja. Namun hal ini juga terbentur dari pada kedua hal diatas dimana untuk membangun sebuah sekolah menengah kejuruan (SMK) memerlukan alat dan bahan yang cukup banyak. Pengadaannya memerlukan biaya yang sangat besar sehingga membuat program tersebut mungkin terlaksana namun tidak dengan kualitas yang diharapkan.

(5)

mereka bekerja. Oleh karena itu, maka mereka harus dibekali dengan keahlian untuk hidup bersaing di dunia usaha apabila mereka tidak dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Namun, apakah mereka dapat belajar jika peralatan dan bahan yang dibutuhkan tidak ada? Mengatasi hal itu maka diperlukanlah media belajar alternatif yang dapat dijangkau sekolah yang dapat mengatasi kondisi alat dan bahan tersebut. Maka dapat dipastikan bahwa hasil belajar siswa tidak terlepas dari media pembelajaran dan yang digunakan serta kondisi alat dan bahan yang mendukung.

(6)

berbasis video tutorial dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran yang mereka teliti. Melihat hasil penelitian mereka tersebut, maka peneliti ingin mengembangkan pembelajaran berbasis video tutorial untuk mempermudah proses pembelajaran di SMK khususnya jurusan Teknik Ketenagalistrikan untuk standar kompetensi Memperbaiki Motor Listrik. Dalam hal ini peneliti akan mengembangkan sebuah produk berupa sumber belajar dalam bentuk video tutorial.

B. Identifikasi Masalah

Berdasarkan permasalahan diatas maka masalah dalam penelitian ini sebagai berikut :

1. Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia.

2. Guru tidak menggunakan media pada saat pembelajaran.

3. Kelayakan media pembelajaran berbasis video sebagai media pembelajaran.

4. Respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran berbasis video.

C. Batasan Masalah

Masalah dalam penelitian ini begitu luas, untuk mendapatkan hasil penelitian maka masalah dibatasi dalam hal :

1. Penelitian ini difokuskan pada pengembangan dan pengujian pembelajaran berbasis video menggunakan software Corel Video Studio Pro X4

(7)

3. Penelitian ini diterapkan pada siswa TITL kelas XI SMK Negeri 2 Medan.

D. Rumusan Masalah

Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi:

1. Bagaimanakah prototipe pembelajaran berbasis video dalam konsep memperbaiki motor listrik 3 fasa.

2. Bagaimanakah efektifitas hasil rancangan prototipe pembelajaran berbasis video dalam konsep memperbaiki motor listrik 3 fasa.

E.Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah:

1. Untuk membuat prototipe pemebelajaran video dalam konsep memperbaiki motor listrik 3 fasa.

2. Untuk menguji efektifitas prototipe pembelajaran berbasis video dalam konsep memperbaiki motor listrik 3 fasa.

F. Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian ini antara lain manfaat secara teoritis dan praktis. Manfaat penelitian ini secara teoritis adalah sebagai berikut:

1. Penelitian ini diharapkan dapat membantu tenaga pendidik untuk lebih memahami tentang pembelajaran berbasis multi media.

(8)

3. Penelitian ini diharapkan dapat menambah literatur yang diperlukan mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Unimed dalam penyusunan proposal skripsi mereka

Adapun manfaat secara praktis dari penelitian ini adalah:

1. Hasil penelitian ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SMK.

(9)

DAFTAR PUSTAKA

Hamalik, Oemar.2010. Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta;Bumi Aksara. http://veronikacloset.files.wordpress.com/2010/06/konstruktivisme.ppt (diakses

20 Januari 2012)

http://widyo.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/5800/JENIS+DAN+karakteri tik+media+pembelajaran.ppt (diakses 20 Januari 2012)

hhtp://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR.../MEDIA_PEMBELAJARAN.pdf (diakses 20 Januari 2012)

http://data.tp.ac.id/dokumen/fungsi-angket (diakses 26 Januari 2012)

http://eprints.undip.ac.id/24051/3/Skripsi_BAB_III.pdf (diakses 26 Januari 2012)

http://klik-m.com/artikel/108-penelitian-pengembajngan (diakses 26 Januari 2012)

Kartina, 2007. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Dalam Mata Pelajaran TIK Pada Siswa Kelas X Semester Genap Di SMA Negeri Bebandem Tahun Ajaran 2010/2011 (online)

http://www.undiksha.ac.id/media/374.pdf ) diakses 17 Januari 2012.

Muslich, Masnur.2010. KTSP (Dasar Pemahaman dan Pengembangan).Jakarta;Bumi Aksara.

Sanaky, Hujair.2011.Media Pembelajaran.Yogyakarta:Kaukaba Sugiyono.2009.Metode Penelitian Pendidikan.Bandung;CV.Alfabeta

Supryatna, Mulyadi.Konsep 9Dasar Desain Pembelajaran.Bahan ajar untuk diklat E-Training PPPPTK TK dan LB (online) dalam

(http://www.tkplb.org/documents/etraining

media%20pembelajaran/3.Konsep_Dasar_Desain_Pembelajaran.pdf) diakses 12 Januari 2012

Pusat Pengembangan Penataran Guru Teknologi.Melilit Dan Membongkar Kumparan Motor Medan: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Referensi

Dokumen terkait

bahwa untuk menetapkan garis batas Laut Wilayah antara Republik Indonesia dan Republik Singapura serta untuk memperkuat dan meningkatkan hubungan persahabatan antara

TARI COKEK DI SANGGAR SINAR BETAWI PADEPOKAN TAMAN MINI JAKARTA TIMUR Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu..

MENURUT ORGANI SASI / BAGI AN ANGGARAN, UNI T ORGANI SASI , PUSAT,DAERAH DAN KEWENANGAN. KODE PROVINSI KANTOR PUSAT KANTOR

[r]

Untuk mengetahui efektifitas dalam pembelajaran sistem e-learning adaptif yang telah dikembangkan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian esperimen yang melibatkan pengguna

Pada hari ini 5DEX Tanggal 'HODSDQ%HODV Bulan 6HSWHPEHU Tahun Dua Ribu Tiga Belas ( -0 -2013), kami Panitia Pengadaan Barang/Jasa Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten

Secara sistematis sejalan dengan konsep dan prinsip bidang keilmuan teknologi pembelajaran sebagai induk TI/TIK/ICT, penelitian ini ingin mendapatkan data lapangan pertama

Pada hari ini Rabu Tanggal Delapan Belas Bulan September Tahun Dua Ribu Tiga Belas (18-09-2013), kami Panitia Pengadaan Barang/Jasa Dinas Kehutanan dan Perkebunan