• Tidak ada hasil yang ditemukan

Laporan Praktek Kerja Profesi Farmasi Industri Di Pt. Kimia Farma (Persero) Tbk. Plant Medan

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "Laporan Praktek Kerja Profesi Farmasi Industri Di Pt. Kimia Farma (Persero) Tbk. Plant Medan"

Copied!
12
0
0

Teks penuh

(1)

LAPORAN PRAKTEK KERJA PROFESI FARMASI INDUSTRI

di

PT. KIMIA FARMA (Persero) Tbk. Plant Medan

Disusun Oleh:

Agnes Elisabet Sitorus, S.Farm. NIM 113202002

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI APOTEKER FAKULTAS FARMASI

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN

2012

Lembar Pengesahan

LAPORAN PRAKTEK KERJA PROFESI FARMASI INDUSTRI

di

(2)

PT. KIMIA FARMA (Persero) Tbk. Plant Medan

Laporan ini disusun untuk melengkapi salah satu syarat untuk memperoleh gelar Apoteker pada Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara Medan

Disusun Oleh:

Agnes Elisabet Sitorus, S. Farm. NIM 113202002

PT. Kimia Farma (Persero) Tbk. Plant Medan Medan

Pembimbing,

Asisten Manager Pemastian Mutu Heru Khoerudin, S.Si., Apt.

Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara

Dekan,

NIP . 195311281983031002

Prof. Dr. Sumadio Hadisahputra, Apt.

(3)

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan karuniaNya sehingga penulis dapat menyelesaikan Praktek Kerja Profesi (PKP) Apoteker di PT. Kimia Farma (Persero) Tbk Plant Medan. Laporan ini ditulis berdasarkan materi yang disampaikan oleh pihak PT. Kimia Farma (Persero) Tbk. Plant Medan dan tinjauan langsung ke lapangan.

Selama melaksanakan PKP ini penulis banyak mendapatkan bantuan dari berbagai pihak baik berupa arahan, bimbingan dan masukan. Oleh karena itu penulis ingin mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada:

1. Bapak Drs. Beben Budiman, Apt., selaku Plant Manager PT. Kimia Farma (Persero) Tbk. Plant Medan, yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk melaksanakan Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA).

2. Bapak Heru Khoerudin, S.Si., Apt., selaku Asisten Manager Pemastian Mutu PT. Kimia Farma (Persero) Tbk. Plant Medan, yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan kepada kami selama melaksanakan Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA).

3. Bapak Drs. Zulfadli, Apt., selaku Asisten Manager Produksi PT. Kimia Farma (Persero) Tbk. Plant Medan, yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan kepada kami selama melaksanakan Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA).

(4)

4. Bapak Yogi Sugianto, S.Farm., Apt., selaku Penanggung Jawab Pengawasan Mutu PT. Kimia Farma (Persero) Tbk. Plant Medan, yang telah memberikan bimbingan dan pengarahan kepada kami selama melaksanakan Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA).

5. Bapak Prof. Dr. Sumadio Hadisahputra, Apt., selaku Dekan Fakultas Farmasi, Universitas Sumatera Utara, Medan yang telah memberikan kesempatan dan fasilitas kepada penulis untuk dapat menjalani Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) ini.

6. Bapak Drs. Wiryanto, M.S., Apt., selaku Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker Fakultas Farmasi, Universitas Sumatera Utara, Medan yang telah memberikan kesempatan dan fasilitas kepada penulis untuk dapat menjalani Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) ini.

7. Bapak dan Ibu staf Pengajar Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPA) Fakultas Farmasi, Universitas Sumatera Utara, Medan yang selalu memberikan bimbingan, pengetahuan dan bantuan kepada penulis.

8. Seluruh staf dan karyawan PT. Kimia Farma (Persero) Tbk. Plant Medan atas bantuan dan kerjasama yang diberikan selama Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) ini.

9. Orangtua dan seluruh keluarga serta rekan-rekan mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPA) atas semangat, bantuan moril dan materil yang tak ternilai.

(5)

Semoga Tuhan Yang Maha Esa membalas budi baik Bapak dan Ibu dengan balasan yang berlipat ganda, dan penulis berharap semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Medan, Juli 2012 Penulis,

(Agnes Elisabet Sitorus, S.Farm.)

(6)

DAFTAR ISI

2.3.1 Struktur Organisasi PT. Kimia Farma (Persero) Tbk. Plant Medan ... 10

(7)
(8)
(9)

4.4 Aspek Peralatan ... 69

(10)

DAFTAR GAMBAR

Halaman Gambar 2.1 Denah bak pengolahan limbah cair PT. Kimia Farma

(Persero) Tbk. Plant Medan. ... 26

(11)

DAFTAR LAMPIRAN

Halaman Lampiran 1. Bagan Struktur Organisasi PT. Kimia Farma

(Persero) Tbk. Plant Medan ... 82

Lampiran 2. Bagan Proses Pembuatan Krim dan Salep ... 83

Lampiran 3. Bagan Proses Pembuatan Tablet ... 84

Lampiran 4. Bagan Proses Pembuatan Kapsul ... 85

(12)

RINGKASAN

Telah selesai dilaksanakan Praktek Kerja Profesi (PKP) di Industri Farmasi yaitu di PT. Kimia Farma (Persero) Tbk. Plant Medan. PKP ini dilaksanakan dalam upaya memberikan pembekalan, keterampilan dan keahlian kepada calon apoteker dengan mempraktekkan secara langsung pengelolaan suatu Industri Farmasi serta mempraktekkan peran dan tugas Apoteker dalam melaksanakan pelayanan kefarmasian di Industri Farmasi. PKP dilaksanakan pada tanggal 23 April 2012 sampai 16 Mei 2012. Kegiatan PKP di PT. Kimia Farma (Persero) meliputi mempelajari sistem CPOB (Cara Pembuatan Obat Yang Baik) seperti manajemen mutu (Pemastian Mutu) suatu obat, memahami peranan personalia di industri farmasi, mempelajari mengenai bangunan dan fasilitas, peralatan, sanitasi dan higiene, produksi tablet, kapsul, krim dan salep, pengawasan mutu produk, inspeksi diri dan audit mutu, penanganan keluhan terhadap produk, penarikan kembali produk dan produk kembalian, mempelajari sistem dokumentasi, pembuatan analisa berdasarkan kontrak, kualifikasi dan validasi. Selain itu juga mempelajari sistem pengolahan air, udara, dan limbah di industri farmasi.

Referensi

Dokumen terkait

Berdasarkan analisa sidik ragam penambahan konsentrasi gula pasir yang berbeda pada pembuatan abon ikan Gulamah, memberi pengaruh yang berbeda terhadap warna, aroma dan

Tabel 4.3 menunjukkan lama bekerja dari karyawan kantor pusat PT Perkebunan Nusantara IV. Dari tabel diatas dapat kita lihat bahwa karyawan yang bekerja diantara 11 sampai dengan

Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini: bagaimana Pelaksanaan Kurikulum Tingkat satuan dalam kegiatan belajar mengajar pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP

Maka dari itu dibuatlah sebuah website Pembudidayaan belut ini dengan menggunakan software PHP, untuk memudahkan pengunjung yang ingin membuka usaha belut, dan dapat memesan langsung

Dengan menggunakan Asymetrix multimedia toolbook, aplikasi ini merupakan penggabungan elemen-elemen gambar, suara dan teks yang dirangkum menjadi satu kedalam suatu bentuk aplikasi

[r]

Pembuatan aplikasi M-Pemesanan ini menggunakan teknologi Java 2 Micro Edition (J2ME) yang merupakan sebuah teknologi yang telah banyak digunakan dalam pengembangan aplikasi

[r]