LAMPIRAN 1 SURAT IJIN PENELITIAN

Teks penuh

(1)
(2)
(3)

LAMPIRAN 3 RPP SIKLUS 1 DAN SIKLUS 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SIKLUS I Pertemuan I Nama Sekolah : SDN 1Tlogojati Mata Pelajaran : IPA

Kelas/ Semester : V/ II

Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit (2 x pertemuan) Hari Tanggal : Kamis, 24 April 2014

A. Standar Kompetensi

5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya B. Kompetensi Dasar

5.1Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)

C. Indikator

1. Menjelaskan pengertian gaya.

2. Menunjukkan contoh gaya gravitasi dan gaya magnet. 3. Menunjukkan manfaat gravitasi.

4. Menyebutkan apa yang mempengaruhi kecepatan gravitasi. 5. Menjelaskan perbedaan antara gaya gravitasi dan gaya magnet. D. Tujuan Pembelajaran

1. Melalui tanya jawab dengan guru, siswa dapat menjelaskanpengertian gaya dengan benar.

2. Melalui tanya jawab siswa dapat membedakan antara gaya gravitasi dengan gaya megnet dengan benar.

3. Melalui penjelasan dari guru, siswa dapat mendeskripsikan manfaat adanya gravitasi dengan benar.

4. Melalui percobaan, siswa dapat menunjukkan contoh gravitasi dengan benar.

5. Melalui percobaan, siswa dapat menunjukkan apa bagaimana suatu benda dapat mempengaruhi kecepatan gravitasi dengan benar.

(4)

Karakter Siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Berani,Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) , Berani ( courage ), Peduli ( caring ) , Jujur ( fairnes )

E. Materi Pokok

 Gaya Gravitasi dan Gaya Magnet

Pernahkah kamu melihat buah yang jatuh dari pohonnya? Ke mana arah jatuhnya buah tersebut? Buah kelapa itu jatuh ke bumi. Tidak hanya buah, benda-benda lain jika dijatuhkan dari ketinggian tertentu juga akan bergerak turun menuju bumi. Misalnya kelereng atau bola yang menggelinding di atas meja akan jatuh ke lantai. Penerjun payung yang keluar dari pesawat juga akan jatuh ke bawah menuju bumi. Gerak jatuhnya benda-benda dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi. Apakah semua benda yang dilempar ke atas juga akan dipengaruhi oleh gaya gravitasi? Lakukan kegiatan berikut untuk mengetahui jawabannya!

Mengetahui Arah Tarikan Gravitasi Bumi

Ambil bola yang ada di depan kelas!Lemparkan bola tersebut ke atas! Mintalah seorang temanmu untuk memperhatikan arah jatuhnya bola tersebut!Ulangi langkah kegiatan di atas dengan melempar bola ke depan!Bagaimana arah jatuhnya bola setiap kali dilempar?Tulislah laporan dan kesimpulan kegiatan ini! Selanjutnya, kumpulkan laporan itu kepada ibu guru!Simpan bola yang telah selesai kamu gunakan!

Gaya gravitasi bumi sering disebut juga gaya tarik bumi. Apakah gaya gravitasi sama dengan gaya magnet? Apa yang membedakan antara gaya gravitasi dan gaya magnet? Coba kamu gunakan magnet itu dapat menarik benda apa saja? Catat pada kertasmu!Selain itu kecepatan benda-benda yang jatuh ke bumi tidak selalu sama. Lakukan kegiatan berikut untuk mengetahui faktorfaktor yang memengaruhi kecepatan jatuh sebuah benda ke bumi.

(5)

Membandingkan Kecepatan Jatuh Dua Benda yang Berbeda

Sediakan dua lembar kertas HVS dan pena beserta tutupnya!Berdirilah di atas meja atau kursi!Remaslah selembar kertas hingga membentuk bulatan! Jatuhkan bulatan kertas dan lembaran kertas bersama-sama dari ketinggian yang sama! Benda mana yang lebih dahulu mencapai tanah? Catatlah hasil pengamatanmu!Jatuhkan pena dan tutupnya secara bersama-sama dari ketinggian yang sama! Mintalah seorang temanmu untuk mengamati kecepatan kedua benda tersebut sampai di tanah! Benda mana yang lebih berat? Benda apa yang lebih dahulu mencapai lantai?Catatlah hasil pengamatanmu!Tulislah laporan kegiatan ini beserta kesimpulannya!Presentasikan di depan kelas

Perhatikan kegiatan yang telah kamu lakukan! Apakah bulatan kertas lebih dahulu mencapai lantai daripada lembaran kertas? Nah, berdasarkan percobaan tersebut dapat disimpulkan bahwa gaya gravitasi tidak dipengaruhi oleh berat benda. Gaya ini dipengaruhi oleh gaya penghambat yang dikenal sebagai gaya gesek. Gaya gesek bersifat menahan gerak benda sehingga gerak jatuhnya benda lebih lambat. Arah gaya gesek berlawanan dengan gaya yang ditahannya. Jadi arah gaya gravitasi berlawanan dengan gaya gesek.

Gaya gravitasi bumi menyebabkan benda-benda yang ada di bumi tidak terlempar ke angkasa luar. Selain itu, gaya gravitasi membuat kita dapat berjalan di atas tanah. Gaya gravitasi juga menyebabkan semua yang ada di bumi mempunyai berat sehingga tidak melayang-layang di udara. Kekuatan gaya gravitasi bumi terhadap benda tergantung pada jarak benda dari pusat bumi. Semakin jauh letak suatu benda dari pusat bumi, gaya gravitasinya semakin kecil.

F. Model dan Metode Pembelajaran  Model Pembelajaran : Discovery

(6)

G. Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan I

Kegiatan Awal (10menit)

1. Melihat kesiapan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran. 2. Mengucapkan salam, berdoa, dan melakukan presensi.

3. Apersepsi :

Guru bertanya kepada siswa “Apa yang kalian ketahui tentang gaya? Selain itu jelaskan yang dimaksut dengan gaya gravitasi !”

4. Guru menggali jawaban dari siswa bahwa gaya adalah suatu dorongan ataupun tarikan.

5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.  Kegiatan Inti (45menit)

1. Guru menanyakan apa saja yang dapat mempengaruhi kecepatan suatu gravitasi? mari sekarang kita coba melakukan percobaan.(Stimulasi) 2. Setiap siswa diberi kesempatan untuk melakukan percobaan didepan

kelas menggunakan bola. Kegiatan I

Perumusan Masalah

Siswa disuruh untuk mengambil bola yang ada di depan kelas dan setiap siswa melemparkan bola tersebut ke atas, dan melempar bola ke depan.

Pengumpulan Data

Siswa menjawab bersama mengenai arah jatuh bole ketika di lempar ke depan maupun ke belakang.

Analisis Data

Semua siswa wajib menulis laporan yang telah mereka ketahui tentang arah jatuh bola, dan apa yang mempengaruhikecepatan jatuhnya suatu benda.

(7)

Kegiatan II

Perumusan Masalah

Guru menanyakan kepada siswa apa yang mempengaruhi kecepatan gravitasi?

Pengumpulan Data

guru memberikan dua lembar kertas HVS kepada satu siswa, kemudian menyuruh untuk semua siswa berdiri di atas kursi, kemudian seluruh siswa disuruh untuk meremas selembar kertas hingga membentuk bulatan! Jatuhkan bulatan kertas dan lembaran kertas bersama-sama dari ketinggian yang sama! Benda mana yang lebih dahulu mencapai tanah? Catatlah hasil pengamatanmu!Jatuhkan pena dan tutupnya secara bersama-sama dari ketinggian yang sama! Mintalah seorang temanmu untuk mengamati kecepatan kedua benda tersebut sampai di tanah! Benda mana yang lebih berat? Benda apa yang lebih dahulu mencapai lantai?

Pengumpulan Data

Siswa menulis laporan kegiatan pada buku mereka masing-masing.  Perumusan Masalah

(Jika kegiatan di atas sudah kalian kerjakan) ambil magnet dan sekarang coba kalian gunakan untuk menarik benda-benda yang ada di dalam kelas! Coba kalian jelaskan juga apa perbedaan gaya gravitasi dan gaya magnet!

Pengumpulan Data

Tulislah laporan kegiatan ini beserta kesimpulannya pada buku kalian masing-masing!

Analisis Data

Guru mencoba membantu siswa yang mengalami kesulitan dengan mengitari melihat laporan dari siswa yang di tulis di buku mereka.  Generalisasi

Siswa bersama guru mencoba menarik kesimpulan menganai percobaan yang telah dilakukan.

(8)

3. Siswa berpikir dan menyatukan pendapat untuk menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan yang telah diberikan oleh guru mengenai percobaan gravitasi tersebut.

4. Peneliti bersama guru kelas mengamati jalannya percobaan dalam kelas.

5. Guru berkeliling mengamati dan membimbing jawaban yang masih salah.

6. Siswa melaporkan hasil diskusinya di depan kelas secara acak sesuai yang di panggil oleh guru.

7. Siswa bersama siswa lain memberikan penghargaan atas jawaban yang benar.

Kegiatan Akhir

8. Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah di pelajari.

9. Siswa diberi tugas untuk mempelajari meteri selanjutnya.

(9)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SIKLUS I Pertemuan II Nama Sekolah : SDN 1 Tlogojati Mata Pelajaran : IPA

Kelas/ Semester : V/ II

Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit (1x pertemuan) Hari Tanggal : Jum’at, 25 April 2014 A. Standar Kompetensi

5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya B. Kompetensi Dasar

5.2Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)

C. Indikator

1. Menjelaskan pengertian gaya gesek. 2. Menunjukkan contoh gaya gesek.

3. Menunjukkan mamfaat gaya gesek bagi kehidupan manusia. 4. Menyebutkan apa yang mempengaruhi gesekan suatu benda. D. Tujuan Pembelajaran

1. Melalui tanya jawab dengan guru, siswa dapat menjelaskan pengertian gaya gesek dengan benar.

2. Melalui penjelasan dari guru, siswa dapat mendeskripsikan manfaat adanya gaya gesek dengan benar.

3. Melalui percobaan, siswa dapat menunjukkan contoh gesek dengan benar.

4. Melalui percobaan, siswa dapat menunjukkan apa bagaimana suatu permukaan benda dapat mempengaruhi besar kecilnya gesekan dengan benar.

Karakter Siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Berani, Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) , Berani ( courage ), Peduli ( caring ) , Jujur ( fairnes )

(10)

Pertemuan II

Kegiatan Awal (10menit)

1. Melihat kesiapan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran. 2. Mengucapkan salam, berdoa, dan melakukan presensi.

3. Apersepsi : Guru bertanya pada siswa “Mengapa alas sepatu kita dibuat ber alur-alur? Bagaimana jika alas sepatu kita dibuat halus tanpa alur? Jika kita berjalan di lantai yang licin lebih mudah memakai sepatu beralur atau sepatu tanpa alur?”(Stimulasi)

4. Guru menggali jawaban dari siswabahwa agar kita tidak terpeleset, agar tidak jatuh, jika tanpa alur akan mudah terjatuh.

5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.  Kegiatan Inti (45menit)

6. Guru menjelaskan bahwa sepatu dibuat ber alur untuk memper besar gaya gesek sehingga akan nyaman untuk berjalan tanpa rasa takut terjatuh, jika sepatu kita polos tanpa alur maka akan mudah sekali tergelincir dan terjatuh.(ekslporasi)

Perumusan Masalah

Setiap siswa disuruh untuk membandingkan menarik teman didepan kelas, membandingkan antara teman yang tanpa alas dan teman yang menggunakan alas kaos kaki.(elaborasi)

Pengumpulan data

Siswa berpikir bersama dan menyatukan pendapat untuk menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan yang telah diberikan oleh guru. (eksplorasi) Guru berkeliling mengamati dan membimbing kegiatan siswa menarik temannya.

Analisis Data

Siswa melaporkan hasil percobaan di depan kelas secara acak sesuai yang dipanggil oleh guru.(elaborasi)

(11)

7. Siswa menjawab semua pertanyaan hingga semua pertanyaan yang diajukan oleh guru terjawab semua sesuai nama siswa yang dipanggil oleh guru. (elaborasi)

Kegiatan Akhir (15menit) Generalisasi

Siswa bersama dengan guru membuat kesimpulan dari proses pembelajaran yang dilakukan.

8. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.

Alat/Media dan Sumber Belajar 1. Alat/Media

 Bolawarna, magnet, kertas, penghapus. 2. Sumber Pembelajaran

 Azmiyawati, Choiril dkk. 2008. IPA Salingtemas untuk Kelas V SD/MI. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional halaman 81 – 95.

3. Evaluasi dan Penilaian

a. Penilain proses dilakukan pada saat siswa melakukan percobaan dan presentasi, yaitu keterlibatan dan aktivitas siswa dalam kelas serta partisipasi siswa selama proses pembelajaran.

b. Penilaian hasil didasarkan pada hasil post test siswa Teknik penilaian : Tes tertulis

Bentuk Instrumen : Soal pilihan ganda c. Soal Evaluasi (terlampir)

(12)

(13)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SIKLUS II Pertemuan I Nama Sekolah : SDN I Tlogojati Mata Pelajaran : IPA

Kelas/ Semester : V/ II

Alokasi Waktu : 4 x 35 Menit (2x pertemuan) Hari Tanggal : Sabtu, 3 Mei 2014

A. Standar Kompetensi

5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya B. Kompetensi Dasar

5.2Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat

C. Indikator

1. Menjelaskan bahwa pesawat sederhana dapat meringankan pekerjaan. 2. Menjelaskan bahwa pesawat sederhana dapat mempercepat pekerjaan

manusia.

3. Menyebutkan macam-macam pesawat sederhana. D. Tujuan Pembelajaran

1. Melalui percobaan, siswa dapat menjelaskan bahwa pesawat sederhana dapat meringankan pekerjaan manusia dengan benar.

2. Melalui tanya jawab, siswa dapat menunjukkan bahwa pesawat sederhana dapat mempercepat pekerjaan manusia dengan benar.

3. Melalui penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan macam-macam pesawat sederhana dengan benar.

Karakter Siswa yang diharapkan

Dapat dipercaya ( Trustworthines) ,Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) , Berani ( courage ), Peduli ( caring ) , Jujur ( fairnes )

(14)

E. Materi Pokok

 Pesawat Sederhana

Perhatikan gambar di atas! Kayu gelondongan diturunkan dari dalam truk dengan cara digelindingkan pada papan. Papan dipasang miring dari bak truk ke tanah. Papan tersebut membuat pemindahan kayu keluar truk menjadi lebih mudah. Papan yang dipasang miring disebut bidang miring. Bidang miring termasuk pesawat sederhana. Apakah pesawat sederhana itu? Apa kegunaan pesawatsederhana bagi kita? Bidang miring merupakan salah satu contoh pesawat sederhana. Pesawat sederhana mempunyai banyak kegunaan. Banyak pekerjaan manusia dibantu oleh pesawat sederhana. Apa sebenarnya pesawat sederhana itu? Apa saja jenis-jenispesawat sederhana? Simaklah uraian berikut.

Jenis-Jenis Pesawat Sederhana dan Kegunaannya

Pesawat adalah alat-alat yang dapat memudahkan pekerjaan manusia. Kamu memerlukan gaya untuk melakukan berbagai pekerjaan. Gaya itu dilakukan oleh otot. Kekuatan otot manusia terbatas. Tentu kamu pernah menemui kesulitan dalam melakukan suatu pekerjaan. Misalnya membuka tutup botol, memanjat pohon, menimba air, dan memindahkan barang yang berat. Oleh karena itu, kamu memerlukan alat untuk mempermudah pekerjaan tersebut. Kamu dapat menggunakan pesawat. Pesawat dapat memperkecil gaya yang kamu keluarkan. Pesawat ada yang rumit dan ada yang sederhana. Pesawat rumit tersusun atas pesawat-pesawat sederhana. Pada prinsipnya, pesawat sederhana terbagi menjadi empat macam, yaitu pengungkit, bidang miring, katrol, dan roda berporos. Bagaimana cara kerja pesawat sederhana? Marilah kita pelajari satu demi satu.

1.

Pengungkit atau Tuas

Di sekitar kita banyak peralatan yang menggunakan prinsip kerja pengungkit. Contohnya gunting dan pemotong kuku. Berdasarkan letak

(15)

beban, kuasa, dan penumpunya, pengungkit dibedakan menjadi tiga golongan sebagai berikut.

a. Pengungkit Golongan I

Jika kamu akan mencabut paku yang tertancap di tembok, apa yang kamu perlukan? Paku sulit dicabut dengan tangan. Selain memerlukan tenaga yang kuat, sebatang paku juga terlalu kecil untuk dipegang dengan tangan saat mencabut. Oleh karena itu, kamu memerlukan catut untuk mencabut paku dari tembok. Catut menggunakan prinsip kerja pengungkit golongan I. Pada pengungkit golongan I, letak titik tumpu berada di antara beban dan kuasa. Perhatikan gambar di bawah ini

b. Pengungkit Golongan II

Pada pengungkit golongan II, letak beban di antara titik tumpu dan kuasa. Perhatikan gambar di samping! Kereta sorong, pembuka kaleng, dan

(16)

pemotong kertas merupakan alat-alat yang menggunakan prinsip kerja pengungkit golongan II. Kereta sorong banyak digunakan oleh pekerja bangunan untuk mengangkut pasir atau material lain. Alat ini berguna untuk membawa benda-benda yang berat. Selain lebih cepat dan mudah, tenaga yang harus dikeluarkan pun lebih sedikit.

Beberapa jenis kaleng mempunyai tutup yang menyatu dengan badannya. Tutupkaleng sulit dibuka dengan jari-jari tangan. Namun, dengan menggunakan alat pembuka kaleng, kaleng tersebut dapat dibuka dengan mudah dan tidak melukai tangan. Pemotong kertas banyak digunakan oleh pegawai foto kopi. Alat ini dapat membantu memotong kertas dalam jumlah banyak. Dengan alat ini, pekerjaan memotong kertas menjadi ringan.

c. Pengungkit Golongan III Pada pengungkit golongan III, letak kuasa di antara beban dan titik tumpu. Perhatikan gambar!

(17)

Stapler, pinset, dan sapu menggunakan prinsip kerja pengungkit golongan III. Perhatikan letak kuasa, beban, dan titik tumpunya. Coba tunjukkan letak kuasa, beban, dan titik tumpu saat kamu menyapu! Apakah kamu telah memahami prinsip kerja pengungkit? Lakukanlah kegiatan berikut bersama kelompokmu untuk lebih memahami prinsip kerja pengungkit!

 Sediakan sebuah botol minuman bersoda atau minuman ringan (soft drink) yang masih tertutup rapat!  Sediakan pula alat pembuka

tutup botol!

 Cobalah membuka tutup botol tersebut dengan tangan. Dapatkah kamu melakukannya?

 Ulangi membuka tutup tersebut menggunakan pembuka tutup botol!  Manakah cara yang lebih mudah? Manakah cara yang membutuhkan

tenaga lebih besar?

 Tuliskan kesimpulan dari kegiatan ini dan bacakan di depan kelas! Catatan: Lakukan kegiatan ini di dalam kelas bersama gurumu!

2. Bidang Miring

Tangga merupakan salah satu jenis bidang miring. Jika memanjat pohon secara langsung, beban tubuh kita akan tertumpu pada tangan dan kaki. Namun, bila memakai tangga, beban tubuh akan ditahan oleh anak tangga yang kita injak. Itulah sebabnya seolah-olah pekerjaan kita terasa lebih ringan. Sebenarnya, pekerjaan kita tetap, tetapi diperingan oleh alat. Jadi, dengan menggunakan bidang miring kita dapat menghemat tenaga. Prinsip yang sama juga diterapkan pada tangga bangunan bertingkat.

(18)

Tahukah kamu, mengapa jalan di daerah pegunungan dibuat berkelok-kelok? Mobil tidak cukup bertenaga untuk mendaki lereng yang curam. Oleh karena itu, jalan tanjakan di gunung yang curam dibuat berkelok-kelok. Jalan yang demikian akan mengurangi tenaga yang dibutuhkan untuk mencapai ketinggian yang sama. Kemiringan tanjakan akan lebih landai dengan adanya kelokan sehingga lebih mudah didaki.

Bidang miring berguna untuk membantu memindahkan benda-benda yang terlalu berat. Cara paling mudah memindahkan peti ke dalam truk yaitu dengan menggunakan bidang miring. Peti dapat didorong

atau ditarik melalui bidang miring. Tenaga yang dikeluarkan lebih kecil daripada mengangkat peti secara langsung. Benda-benda tajam seperti pisau, kapak, pahat, dan paku menggunakan prinsip kerja bidang miring. Bagian yang tajam dari alat-alat tersebut merupakan bidang miring.

Kegiatan berikut akan menjelaskan prinsip kerja bidang miring pada benda tajam. Lakukan kegiatan berikut ini dengan hati-hati!

(19)

Mengetahui Prinsip Kerja Bidang Miring pada Benda Tajam  Sediakan sebuah pisau dan sebuah wortel!

 Irislah wortel dengan pisau pada sisi yang tajam!

 Ulangi kegiatan nomor 2 dengan mengiris wortel menggunakan punggung pisau! Manakah cara yang lebih mudah untuk mengiris wortel? Manakah cara yang membutuhkan tenaga yang lebih kecil?

 Tulislah kesimpulan dari kegiatan ini di buku kerja dan bacakan di depan kelas!

Catatan: Lakukan kegiatan ini di dalam kelas bersama gurumu!

Pernahkah kamu memperhatikan bentuk sekrup? Tahukah kamu, sekrup juga termasuk pesawat sederhana? Sekrup menggunakan prinsip kerja bidang miring. Sekrup mempunyai ulir yang melingkar dalam bentuk spiral. Jika sekrup diputar, ulirannya akan membentuk bidang miring. Mata bor pada bor listrik juga memanfaatkan uliran seperti pada sekrup. Mata bor digunakan untuk membuat lubang pada kayu. atau tembok. Mata bor dibuat berulir seperti sekrup. Apabila mata bor diputar dengan cepat, alat itu dapat membuat lubang dengan cepat.

3. Katrol

Bayangkan pada saat kamu harus

mengambil air dari sumur dengan tali yang

langsung diikatkan pada ember. Beban

yang harus kamu angkat akan terasa sangat

berat. Akan tetapi, pekerjaan tersebut bisa

kamu lakukan dengan lebih mudah apabila

kamu menggunakan timba. Sebenarnya, beban yang harus

diangkat tidak berubah. Hanya saja, saat menggunakan timba, beban tidak hanya tertumpu pada tangan, tetapi juga

(20)

tertumpu pada berat badan. Selain itu, dengan timba pekerjaan mengangkat akan berubah menjadi menarik sehingga lebih mudah. Inilah prinsip kerja katrol.

Ada beberapa jenis katrol sebagai berikut.

 Katrol tetap : katrol yang tidak berubah posisinya ketika digunakan untuk memindahkan benda.

 Katrol bebas : katrol yang berubah posisinya ketika digunakan untuk memindahkan benda.

 Katrol rangkap : katrol yang terdiri dari lebih dari satu katrol yang disusun berjajar.

 Katrol ganda atau takal : katrol yang terdiri dari beberapa katrol yang disatukan dengan tali.

4. Roda Berporos

Pada zaman prasejarah, orang-orang memindahkan beban berat dengan meletakkan beban di atas batangbatang pohon. Batang-batang pohon tersebut kemudian digerakkan menggelinding. Pada perkembangan berikutnya, dibuatlah roda yang diberi poros. Roda dan poros ini dapat berputar bersama-sama. Sepeda motor, mobil, dan hampir semua alat yang mempunyai bagian yang bergerak menggunakan asas roda berporos. Peralatan yang menggunakan roda berpasangan biasanya dihubungkan pada poros roda. Poros roda berada pada titik temu jari-jari roda. Lakukan kegiatan berikut agar kamu lebih memahami cara kerja roda berporos!

(21)

Mengetahui Prinsip Kerja Roda

 Sediakan karton tebal, dua pensil, dua kotak korek api, dan gunting!  Tusukkan pensil menembus sisi kotak korek api pertama di dekat ujung!  Buat empat roda dari karton!

 Pasanglah dua roda pada pensil dengan mencoblosnya masing-masing pada poros roda!

 Tusukkan pensil yang satu pada kotak korek api kedua seperti cara nomor2!

 Pasangkan dua roda lainnya pada pensil dengan mencoblosnya masing-masing pada tepi roda!

 Dorong masing-masing kotak agar dapat berjalan!

 Bagaimana jalan kotak yang rodanya dicoblos pada porosnya?  Bagaimana jalan kotak yang rodanya dicoblos pada tepi roda?  Manakah yang lebih nyaman jalannya?

 Tuliskan laporan dan kesimpulan kegiatan ini, kemudian kumpulkan kepada bapak atau ibu guru!

Catatan: Lakukan kegiatan ini di dalam laboratorium bersama gurumu! Adanya roda memungkinkan manusia

untuk bergerak lebih cepat dan mudah. Coba perhatikan, tentu kamu lebih cepat sampai di sekolah dengan mengendarai sepeda daripada berjalan kaki. Bahkan, orang lumpuh kakinya pun dapat bergerak lebih cepat dengan menggunakan kursi roda. Roda berporos

(22)

juga digunakan dalam mesin-mesin kendaraan maupun industri. Kamu telah mengetahui jenis-jenis pesawat sederhana, prinsip kerja, dan kegunaannya. Selanjutnya, lakukan tugas berikut untuk menguji pemahamanmu!

F. Model dan Metode Pembelajaran  Model Pembelajaran : Discovery

 Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, penugasan G. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan I

Kegiatan Awal (10menit)

1. Melihat kesiapan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran. 2. Mengucapkan salam, berdoa, dan melakukan presensi.

3. Apersepsi : Guru bertanya kepada siswa “Apa yang kalian ketahui tentang Pesawat Sederhana?”(Stimulasi)

4. Guru menggali jawaban dari siswa bahwa pesawat sederhana adalah alat-alat yang dapat memudahkan pekerjaan manusia.

5. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.  Kegiatan Inti (45menit)

6. Guru menanyakan ada berapa macam jenis pesawat sederhana?

7. Baiklah sekarang Ibu akan mengajak kalian untuk melakukan percobaan didepan kelas mengenai pengungkit/tuas, bidang miring, katrol dan roda berporos.

(23)

Kegiatan I (Mengetahui Prinsip Kerja Pengungkit/tuas). Perumusan Masalah

Salah satu siswa disuruh mengambil botol minuman bersoda yang telah disediakan atau minuman ringan (soft drink) yang masih tertutup rapat, kemudian menyuruh untuk membuka tutup botol tersebut dengan tangan. Siswa tampak kesulitan membuka tutup botol dengan tangan. Kemudian menyuruh siswa tersebut unutuk mengulangi membuka tutup menggunakan pembuka tutup botol, manakah cara yang lebih mudah? Manakah cara yang membutuhkan tenaga lebih besar?

Kegiatan II (Mengetahui Prinsip Kerja Bidang Miring pada Benda Tajam). Perumusan masalah

Irislah wortel dengan pisau pada sisi yang tajam dan menggunakan sisi punggung pisau, manakah cara yang lebih mudah untuk mengiris wortel? manakah cara yang membutuhkan tenaga yang lebih kecil?

Pengumpulan data

Tulislah pengamatanmu terhadap kegiatan ini di buku kerja dan bacakan di depan kelas!

Catatan: Lakukan kegiatan ini di dalam kelas bersama gurumu! Analisis Data

Setiap siswa diberi kesempatan untuk melakukan percobaan mengenai pesawat sederhana.

Setiap siswa yang ditunjuk diminta untuk menunjukkan manfaat pesawat sederhana yang dapat meringankan dan mempercepat pekerjaan manusia melalui percobaan dengan alat dan bahan yang sudah dipersiapkan.(elaborasi)

8. Peneliti bersama guru kelas mengamati jalannya percobaan yang dilakukan dalam kelas.

9. Kemudian siswa mengerjakan soal yang berhubungan dengan percobaan pesawat sederhana, guru memperhatikan siswa agar siswa aktif dalam melakukan percobaan. (elaborasi)

(24)

10.Guru berkeliling mengamati dan membimbing siswa dalam menjawab soal-soal yang ada.

11.Siswa yang ditunjuk atau mengajukan diri, melaporkan hasil pekerjaannya di depan kelas dan guru memberikan motivasi agar siswa lebih percaya diri. (elaborasi)

12.Guru memberikan pujian atas jawaban siswa yang benar. (elaborasi)  Kegiatan Akhir (15 menit)

13.Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari proses pembelajaran yang telah dilakukan dan guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami.

14.Siswa diberi tugas oleh guru untuk mempelajari materi selanjutnya tentang bidang miring dan roda berporos.

15.Guru mendorong siswa untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan

(25)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SIKLUS II Pertemuan II Nama Sekolah : SDN I Tlogojati Mata Pelajaran : IPA

Kelas/ Semester : V/ II

Alokasi Waktu : 4 x 35 Menit (2x pertemuan) Hari Tanggal : Senin, 5 Mei 2014

A. Standar Kompetensi

5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya B. Kompetensi Dasar

a. Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat

C. Indikator

1. Menjelaskan bahwa pesawat sederhana dapat meringankan pekerjaan. 2. Menjelaskan bahwa pesawat sederhana dapat mempercepat pekerjaan

manusia.

3. Menyebutkan macam-macam pesawat sederhana. D. Tujuan Pembelajaran

4. Melalui percobaan, siswa dapat menjelaskan bahwa pesawat sederhana dapat meringankan pekerjaan manusia dengan benar.

5. Melalui tanya jawab, siswa dapat menunjukkan bahwa pesawat sederhana dapat mempercepat pekerjaan manusia dengan benar.

6. Melalui penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan macam-macam pesawat sederhana dengan benar.

Karakter Siswa yang diharapkan

Dapat dipercaya ( Trustworthines) ,Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) , Berani ( courage ), Peduli ( caring ) , Jujur ( fairnes )

(26)

Materi Pokok Pertemuan II

Kegiatan Awal (10menit)

9. Melihat kesiapan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran. 10. Mengucapkan salam, berdoa, dan melakukan presensi.

11. Apersepsi : Guru bertanya pada siswa “Mengapa jalan di daerah pegunungan dibuat berkelok-kelok?”(Stimulasi)

12. Guru menggali jawaban dari siswa bahwa jalan yang demikian akan mengurangi tenaga yang dibutuhkan untuk mencapai ketinggian yang sama.

13. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.  Kegiatan Inti (45menit)

14. Guru menjelaskan bahwa kemiringan tanjakan akan lebih landai dengan adanya kelokan sehingga lebih mudah didaki. (ekslporasi) 15. Adanya roda memungkinkan manusia untuk bergerak lebih cepat dan

mudah, tentu kamu lebih cepat sampai di sekolah dengan mengendarai sepeda daripada berjalan kaki. Bahkan, orang lumpuh kakinya pun dapat bergerak lebih cepat dengan menggunakan kursi roda.

Kegiatan III (Mengetahui Prinsip Kerja Roda Berporos)

 Sediakan karton tebal, dua pensil, dua kotak korek api, dan gunting!  Tusukkan pensil menembus sisi kotak korek api pertama di dekat ujung!  Buat empat roda dari karton!

 Pasanglah dua roda pada pensil dengan mencoblosnya masing-masing pada poros roda!

(27)

 Tusukkan pensil yang satu pada kotak korek api kedua seperti cara nomor 2!

 Pasangkan dua roda lainnya pada pensil dengan mencoblosnya masing-masing pada tepi roda!

 Dorong masing-masing kotak agar dapat berjalan!

 Bagaimana jalan kotak yang rodanya dicoblos pada porosnya?  Bagaimana jalan kotak yang rodanya dicoblos pada tepi roda?  Manakah yang lebih nyaman jalannya?

 Tuliskan laporan dan kesimpulan kegiatan ini, kemudian kumpulkan kepada bapak atau ibu guru!

Catatan: Lakukan kegiatan ini di dalam laboratorium bersama gurumu! Siswa diberi kesempatan untuk melakukan percobaan mengenai roda berporos menggunakan mainan yang telah disediakan oleh guru di depan kelas.

16. Perumusan Masalah

Setiap siswa diminta untuk menunjukkan bahwa roda dapat mempermudah suatu benda berjalan.

Seluruh siswa harus menjawab semua pertanyaan hingga semua pertanyaan yang diajukan oleh guru terjawab semua. (elaborasi) 17. Pengumpulan Data

Siswa berpikir untuk menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan yang telah diberikan oleh guru. (eksplorasi)

(28)

18. Analisis Data

Guru berkeliling mengamati dan membimbing dan membantu siswa yang kurang memahami mengenai roda berporos.Siswa yang ditunjuk atau mengajukan diri melaporkan jawaban di depan kelasdan guru memberi motivasi siswa agar siswa lebih percaya diri. Guru memberikan pujian atas jawaban yang benar.

Kegiatan Akhir (15menit) 19. Generalisasi

Siswa bersama guru membuat kesimpulan dari proses pembelajaran yang dilakukan dan guru memberi kesempatan siswa untuk bertamya berkaitan dengan materi yang belum dipahami.

Guru memberikan soal evaluasi siklus II.

Guru mendorong siswa untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.

16.Alat/Media dan Sumber Belajar 4. Alat/Media

 Pengungkit/tuas dan katrol : Tang, palu, pembuka minuman.

 Bidang miring dan roda berporos : Triplek, bola, pisau, wortel mobil mainan.

5. Sumber Pembelajaran

 Azmiyawati, Choiril dkk. 2008. IPA Salingtemas untuk Kelas V SD/MI. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional halaman 97-108.

17.Evaluasi dan Penilaian

d. Penilain proses dilakukan pada saat siswa melakukan percobaan dan presentasi, yaitu keterlibatan dan aktivitas siswa serta partisipasi siswa selama proses pembelajaran.

e. Penilaian hasil didasarkan pada hasil post test siswa Teknik penilaian : Tes tertulis

Bentuk Instrumen : Soal pilihan ganda f. Soal Evaluasi (terlampir)

(29)
(30)

LAMPIRAN 4 LKS SIKLUS 1 DAN SIKLUS 2

Lembar Kerja Siswa Siklus I LEMBAR DISKUSI

Judul Kegiatan : Gaya gravitasi, gaya gesek dan gaya magnet

Tujuan :

1. Mengetahui arah jatuh benda

2. Menyebutkan apa yang mempengaruhi kecepatan suatu benda

3. Mengetahui manfaat gaya gesek bagi manusia

4. Menyebutkan apa yang mempengaruhi gesekan suatu benda

Waktu : 15 menit

Hari Tanggal :

A. Alat dan Bahan Bola, Kertas, pena

B. Langkah-langkah Kegiatan

1. Ambil bola dan lemparkan ke atas, kemana arah jatuh bola? 2. Ulangi langkah kegiatan di atas dengan melempar bola ke depan,

kemana arah jatuh bola?

3. Mana yang lebih cepat, antara kertas yang diremas dan lembaran kertas jika dijatuhkan dari ketinggian yang sama!

4. Mana yang lebih cepat, antara tutup pena dan pena jika dijatuhkan dari ketinggian yang sama!

5. Coba kamu bandingkan ketika menarik temanmu antara yang memakai alas kaki dan yang tidak memakai alas kaki!

(31)

Lembar Kerja Siswa Siklus II LEMBAR DISKUSI Judul Kegiatan : Pesawat sederhana

Tujuan :

1. Menjelaskan bahwa pesawat sederhana dapat meringankan pekerjaan manusia

2. Menunjukkan bahwa pesawat sederhana dapat mempercepat pekerjaan manusia

3. Menyebutkan macam-macam pesawat sederhana

Waktu : 20 menit

Hari Tanggal :

C. Alat dan Bahan

Botol minuman, pembuka botol, wortel, pisau D. Langkah-langkah Kegiatan

1. Dapatkah kamu membuka tutup botol tanpa menggunakan alat bantu? 2. Manakah yang lebih mudah ketika membuka botol tanpa alat bantu

dengan membuka botol menggunakan pembuka botol? 3. Manakah yang membutuhkan tenaga yang lebih besar?

4. Bisakan kalian memotong wortel yang telah disediakan menggunakan sisi yang tumpul?

5. Lebih mudah mana ketika kalian memotong menggunakan sisi yang tajam?

(32)

Amati benda-benda di lingkungan sekolahmu! Berdasarkan pengetahuanmu tentang pesawat sederhana, carilah contoh-contoh benda yang termasuk pesawat sederhana! Dan buatlah tabel seperti berikut ini!

No. Pesawat Sederhana

Pengungkit Katrol Roda Bidang Miring

1 Gunting ... ... ...

2 ... ... ... ...

3 ... ... ... ...

4 ... ... ... ...

5 ... ... ... ...

Tulislah hasil pengamatanmu di buku kerja !

Bertukarlah informasi dengan temanmu untuk melengkapi tugasmu! Selanjutnya, kumpulkan catatan tugasmu kepada Ibu gurumu!

(33)

LAMPIRAN 5 SOAL SIKLUS 1 DAN SIKLUS 2

SOAL SIKLUS I

Pilihlah jawaban yang paling tepat dari soal dibawah ini dengan

cara menyilang (x) salah satu jawaban a, b, c, d.

1. Gaya tarik bumi disebut juga ....

a. gaya gravitasi bumi c. gaya gesekan

b. gaya magnet bumi d. gaya berat

2. Adanya gaya gravitasi bumi memungkinkan kita ....

a. melayang di udara c. menapak di tanah b. berenang di air d. menghirup napas

3. Gaya yang ditimbulkan akibat dua buah permukaan yang saling bersentuhan adalah ....

a. gaya gesekan c. gaya berat

b. gaya magnet d. gaya gravitasi

4. Semakin kasar permukaan benda yang bergesekan maka gaya gesekan yang terjadi akan ....

a. semakin kecil c. sama kecil

b. semakin besar d. sama besar

5. Semakin halus permukaan benda yang bergesekan maka gaya gesekan yang terjadi akan ....

a. semakin kecil c. sama kecil

b. semakin besar d. sama besar

6. Ujung paku dibuat halus dan runcing agar ....

a. kekuatannya bertambah c. gaya geseknya berkurang b. lebih lentur d. lebih awet

7. Berjalan di lantai yang licin menyebabkan kita mudah tergelincir karena .... a. tidak ada keseimbangan c. gaya gesek kecil

b. gaya otot berkurang d. gaya dorong bertambah 8. Ada beberapa kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesek, salah satunya yaitu

....

a. mempercepat gerak benda c. memperlambat gerak benda b. memudahkan gerak benda d. mengalihkan gerak benda 9. Gaya gesek antara bola yang menggelinding dengan tanah mengakibatkan ....

a. bola melambat, kemudian berhenti c. bola berbelok arah b. bola semakin cepat bergerak d. bola berubah bentuk Nama : ...

(34)

10.Ban sepeda akan berhenti ketika direm. Ban sepeda berhenti bergerak akibat gaya ....

a. gravitasi c. magnet

b. gesek d. Tekan

11.Alas sepatu dibuat dari bahan karet beralur-alur untuk ....

a. memperkecil gaya gesek c. mempermudah gaya gesek b. memperbesar gaya gesek d. mempermudah berjalan 12.Jenis lantai yang menimbulkan gaya gesek paling kecil adalah yang ....

a. dilapisi karpet c. dilapisi permadani b. dibuat dari keramik d. dilapisi keset

13.Pola-pola garis yang dibentuk oleh serbuk besi ketika didekatkan dengan magnet merupakan ....

a. garis gaya magnet c. kutub magnet

b. garis gaya gesekan d. garis arah magnet

14.Bagian magnet yang memiliki kekuatan terbesar untuk menarik benda magnetis adalah ....

a. tengahnya c. kutub-kutubnya

b. sisi-sisinya d. pinggirnya

15.Alat-alat yang mengunakan magnet di antaranya adalah sebagai berikut, kecuali ....

a. mikrofon c. dinamo

b. alarm d. gunting

16.Magnet dapat dibuat dengan tiga cara, kecuali ....

a. menginduksi c. memanaskan

b. menggosok d. mengalirkan arus listrik

17.Apabila dua kutub magnet yang sama saling didekatkan akan ....

a. tolak-menolak c. diam

b. tarik-menarik d. menempel

18.Bagian magnet yang paling kuat gaya tariknya yaitu ....

a. atas c. tengah

b. bawah d. Kutub

19.Kompas selalu menunjuk arah utara dan selatan karena pengaruh .... a. ketinggian tanah c. suhu udara

b. magnet bumi d. arah angin

20.Pembuatan magnet dengan cara induksi menghasilkan magnet yang bersifat ....

a. tetap c. sementara

b. kuat d. Kekal

21.Pembuatan magnet seperti pada gambar di bawah ini dilakukan dengan cara ....

a. Induksi b. gosokan

c. dialiri arus listrik d. konduksi

(35)

KUNCI JAWABAN SIKLUS I 1. A 6. C 11. B 16. C 2. C 7. C 12. A 17. A 3. A 8. C 13. A 18. D 4. B 9. A 14. C 19. B 5. A 10. B 15. D 20. C

(36)

SOAL SIKLUS II

Kerjakan soal di bawah ini dengan memberi tanda silang (x) pada

jawaban yang benar!

1. Alat yang menggunakan prinsip kerja pengungkit yaitu . . . .

a. derek c. timba sumur

b. pembuka botol d. kursi roda 2. Fungsi pesawat sederhana yaitu . . . .

a. memudahkan pekerjaan c. menambah beban

b. menambah tenaga d. meniadakan gaya yang bekerja 3. Paku yang menancap di tembok lebih mudah dicabut menggunakan

pesawat sederhana berupa . . . .

a. pengungkit c. katrol b. bidang miring d. roda 4. Posisi titik tumpu,

beban, dan kuasa

pada alat di samping yaitu . . . .

a. titik tumpu berada di antara beban dan kuasa b. beban berada di antara titik tumpu dan kuasa c. kuasa berada di antara titik tumpu dan beban

d. titik tumpu, beban, dan kuasa berada pada satu tempat

5. Tangga merupakan pesawat sederhana yang memanfaatkan prinsip . . . . a. pengungkit c. katrol

b. bidang miring d. roda berporos 6. Pada waktu menyapu,

titik tumpu

terletak pada bagian yang bernomor . . . .

a. I c. III

b. II d. IV

7. Prinsip bidang miring diterapkan pada alat . . . . a. kereta dorong c. sekrup b. jungkat-jungkit d. Takal

8. Sumur timba memanfaatkan pesawat sederhana berupa . . . . a. katrol tetap c. katrol rangkap b. katrol bebas d. katrol ganda

(37)

9. Bagian pada sekrup yang menggunakan prinsip kerja bidang miring yaitu nomor . . . .

a. I c. III

b. II d. IV

10.Saat mengangkat benda dengan katrol, gaya yang diperlukan bertumpu pada . . . .

a. gaya gesek dan berat badan c. gaya tarik dan berat badan b. gaya gesek dan gaya tarik d. gaya gravitasi dan berat badan

11.Roda pada sepeda bekerja menggunakan prinsip . . . .

a. bidang miring c. pengungkit

b. roda berporos d. katrol

12.

Alat di atas bekerja menggunakan prinsip . . . .

a. bidang miring c. katrol

b. pengungkit d. roda berporos 13.Derek di pelabuhan menggunakan jenis katrol . . . .

a. tetap c. rangkap

b. bebas d. Takal

14.Gambar di samping merupakan katrol jenis . . . .

a. katrol tetap b. katrol bebas c. katrol rangkap d. katrol takal

15.Perhatikan alat-alat berikut!

I. Kursi roda IV. Timba sumur II. Bor listrik V. Sekrup

III. Roda sepeda

Alat yang menggunakan prinsip roda berporos yaitu . . . .

a. I dan II c. III dan IV

(38)

KUNCI JAWABAN SIKLUS II 1. B 6. C 11. B 2. A 7. C 12. A 3. A 8. A 13. C 4. B 9. B 14. C 5. B 10. C 15. B

(39)

LAMPIRAN 6 SOAL UJI VALIDITAS SIKLUS I

Pilihlah jawaban yang paling tepat dari soal dibawah ini dengan

cara menyilang (x) salah satu jawaban a, b, c, d.

1. Gaya tarik bumi disebut juga ....

a. gaya gravitasi bumi c. gaya gesekan

b. gaya magnet bumi d. gaya berat

2. Buah kelapa jatuh ke bawah dari pohonnya akibat pengaruh ....

a. gaya gesekan c. gaya gravitasi

b. gaya magnet d. gaya dorong

3. Adanya gaya gravitasi bumi memungkinkan kita ....

a. melayang di udara c. menapak di tanah b. berenang di air d. menghirup napas

4. Jika dijatuhkan dari ketinggian yang sama, kertas yang diremas lebih dahulu mencapai tanah daripada kertas berbentuk lembaran. Hal ini berarti gaya gravitasi dipengaruhi oleh ....

a. berat benda c. bentuk benda

b. gaya gesek d. gaya magnet

5. Gaya yang ditimbulkan akibat dua buah permukaan yang saling bersentuhan adalah ....

a. gaya gesekan c. gaya berat

b. gaya magnet d. gaya gravitasi

6. Semakin kasar permukaan benda yang bergesekan maka gaya gesekan yang terjadi akan ....

a. semakin kecil c. sama kecil

b. semakin besar d. sama besar

7. Semakin halus permukaan benda yang bergesekan maka gaya gesekan yang terjadi akan ....

a. semakin kecil c. sama kecil

b. semakin besar d. sama besar

8. Ujung paku dibuat halus dan runcing agar ....

a. kekuatannya bertambah c. gaya geseknya berkurang b. lebih lentur d. lebih awet

9. Berjalan di lantai yang licin menyebabkan kita mudah tergelincir karena .... a. tidak ada keseimbangan c. gaya gesek kecil

b. gaya otot berkurang d. gaya dorong bertambah 10.Ada beberapa kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesek, salah satunya yaitu

....

Nama : ... Kelas :...

(40)

a. mempercepat gerak benda c. memperlambat gerak benda b. memudahkan gerak benda d. mengalihkan gerak benda 11.Gaya gesek antara bola yang menggelinding dengan tanah mengakibatkan ....

a. bola melambat, kemudian berhenti c. bola berbelok arah b. bola semakin cepat bergerak d. bola berubah bentuk 12.Ban sepeda akan berhenti ketika direm. Ban sepeda berhenti bergerak akibat

gaya ....

a. gravitasi c. magnet

b. gesek d. Tekan

13.Alas sepatu dibuat dari bahan karet beralur-alur untuk ....

c. memperkecil gaya gesek c. mempermudah gaya gesek d. memperbesar gaya gesek d. mempermudah berjalan 14.Jenis lantai yang menimbulkan gaya gesek paling kecil adalah yang ....

a. dilapisi karpet c. dilapisi permadani b. dibuat dari keramik d. dilapisi keset 15.Bahan di bawah ini yang dapat ditarik oleh magnet adalah ....

a. kayu c. kaca

b. besi d. Plastik

16.Pola-pola garis yang dibentuk oleh serbuk besi ketika didekatkan dengan magnet merupakan ....

a. garis gaya magnet c. kutub magnet

b. garis gaya gesekan d. garis arah magnet

17.Bagian magnet yang memiliki kekuatan terbesar untuk menarik benda magnetis adalah ....

a. tengahnya c. kutub-kutubnya

b. sisi-sisinya d. pinggirnya

18.Alat-alat yang mengunakan magnet di antaranya adalah sebagai berikut, kecuali ....

a. mikrofon c. dinamo

b. alarm d. gunting

19.Benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut benda ....

a. magnetis c. keras

b. antik d. kuno

20.Magnet dapat dibuat dengan tiga cara, kecuali ....

a. menginduksi c. memanaskan

b. menggosok d. mengalirkan arus listrik

21.Apabila dua kutub magnet yang sama saling didekatkan akan ....

a. tolak-menolak c. diam

b. tarik-menarik d. menempel

22.Bagian magnet yang paling kuat gaya tariknya yaitu ....

a. atas c. tengah

b. bawah d. Kutub

23.Kompas selalu menunjuk arah utara dan selatan karena pengaruh .... a. ketinggian tanah c. suhu udara

(41)

24.Pembuatan magnet dengan cara induksi menghasilkan magnet yang bersifat ....

a. tetap c. sementara

b. kuat d. Kekal

25.Pembuatan magnet seperti pada gambar di bawah ini dilakukan dengan cara ....

a. Induksi b. gosokan

c. dialiri arus listrik d. konduksi

(42)

SOAL UJI VAIDITAS SIKLUS II

Kerjakan soal di bawah ini dengan memberi tanda silang (x) pada

jawaban yang benar!

1. Alat yang menggunakan prinsip kerja pengungkit yaitu . . . .

a. derek c. timba sumur

b. pembuka botol d. kursi roda 2. Fungsi pesawat sederhana yaitu . . . .

a. memudahkan pekerjaan c. menambah beban

b. menambah tenaga d. meniadakan gaya yang bekerja 3. Paku yang menancap di tembok lebih mudah dicabut menggunakan

pesawat sederhana berupa . . . .

a. pengungkit c. katrol b. bidang miring d. roda 4. Posisi titik tumpu,

beban, dan kuasa

pada alat di samping yaitu . . . .

a. titik tumpu berada di antara beban dan kuasa b. beban berada di antara titik tumpu dan kuasa c. kuasa berada di antara titik tumpu dan beban d. titik tumpu, beban, dan kuasa berada pada satu tempat

5. Keuntungan katrol tetap sebagai alat untuk mempermudah kerja adalah .... a. arah gaya dapat diubah c. beban lebih mudah

diangkat

b. beban menjadi lebih ringan d. gaya yang digunakan kecil 6. Tangga merupakan pesawat sederhana yang memanfaatkan prinsip . . . .

a. pengungkit c. katrol b. bidang miring d. roda berporos

7. Pada waktu menyapu, titik tumpu

terletak pada bagian yang bernomor . . . .

a. I c. III

b. II d. IV

8. Prinsip bidang miring diterapkan pada alat . . . . a. kereta dorong c. sekrup b. jungkat-jungkit d. Takal

9. Berikut ini adalah macam-macam katrol, kecuali . . . . a. Katrol bebas c. Katrol tunggal b. Katrol tetap d. Katrol majemuk

10.Di bawah ini adalah contoh penggunaan roda berporos, kecuali ….

a. roda sepeda c. dongkrak

(43)

11.Sumur timba memanfaatkan pesawat sederhana berupa . . . . a. katrol tetap c. katrol rangkap b. katrol bebas d. katrol ganda

12.Bagian pada sekrup yang menggunakan prinsip kerja bidang miring yaitu nomor . . . .

a. I c. III

b. II d. IV

13.Saat mengangkat benda dengan katrol, gaya yang diperlukan bertumpu pada . . . .

a. gaya gesek dan berat badan c. gaya tarik dan berat badan b. gaya gesek dan gaya tarik d. gaya gravitasi dan berat badan

14.Roda pada sepeda bekerja menggunakan prinsip . . . .

a. bidang miring c. pengungkit

b. roda berporos d. Katrol

15.Berikut ini yang termasuk tuas golongan ke tiga adalah ….

a. alat pemecah kemiri c. gerobak roda satu

b. jungkat-jungkit d. sekop

16.

Alat di atas bekerja menggunakan prinsip . . . .

a. bidang miring c. katrol

b. pengungkit d. roda berporos 17.Derek di pelabuhan menggunakan jenis katrol . . . .

a. tetap c. rangkap

b. bebas d. Takal

18.Gambar di samping merupakan katrol jenis . . . .

a. katrol tetap b. katrol bebas c. katrol rangkap d. katrol takal

Perhatikan alat-alat berikut!

I. Kursi roda IV. Timba sumur II. Bor listrik V. Sekrup

(44)

III. Roda sepeda

19.Alat yang menggunakan prinsip roda berporos yaitu . . . .

a. I dan II c. III dan IV

b. I dan III d. II dan V

20.Di bawah ini yang bukan merupakan tuas atau pengungkit adalah ….

a. alat pencabut paku c. pisau

b. alat pemecah kemiri d. Sekop

21.Bidang miring memiliki kelemahan, yaitu …. a. jarak yang ditempuh makin jauh

b. jarak yang ditempuh makin dekat c. membutuhkan tenaga yang lebih besar d. membutuhkan biaya yang lebih besar

22.Pesawat sederhana yang digunakan untuk mengangkat atau menarik benda

ke atas adalah ….

a. tuas atau pengungkit c. bidang miring

b. katrol d. roda berporos

23.Bentuk ulir pada sekrup menggunakan prinsip ….

a. katrol c. bidang miring

b. tuas d. tanjakan

24.Gaya yang bekerja pada sebuah tuas disebut ….

a. titik tumpu c. beban

b. titik kuasa d. Kuasa

25.Keuntungan katrol tetap sebagai alat untuk mempermudah kerja adalah .... a. arah gaya dapat diubah c. beban lebih mudah diangkat b. beban menjadi lebih ringan d. gaya yang digunakan kecil

(45)
(46)
(47)
(48)
(49)

HASIL UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS SIKLUS 1 Item-Total Statistics Scale Mean if Item Deleted Scale Variance if Item Deleted Corrected Item-Total Correlation Cronbach's Alpha if Item Deleted Soal1 18.6129 21.112 .355 .868 Soal2 18.5484 21.989 .000 .872 Soal3 18.6129 21.378 .237 .870 Soal4 19.1290 21.316 .091 .879 Soal5 18.6774 20.692 .381 .867 Soal6 18.7097 20.080 .528 .863 Soal7 18.7742 18.781 .822 .853 Soal8 18.9677 19.032 .618 .860 Soal9 18.7097 19.746 .633 .860 Soal10 18.8710 20.449 .306 .871 Soal11 18.7097 20.813 .304 .870 Soal12 18.5806 21.252 .426 .868 Soal13 18.8387 19.873 .463 .865 Soal14 18.7419 19.465 .667 .859 Soal15 18.5484 21.989 .000 .872 Soal16 18.9032 19.624 .494 .864 Soal17 18.7097 20.413 .425 .866 Soal18 19.2903 20.680 .275 .871 Soal19 18.5806 21.785 .103 .872 Soal20 18.8065 19.295 .639 .859 Soal21 18.6452 20.837 .387 .867 Soal22 18.6774 19.892 .652 .860 Soal23 18.9355 19.529 .506 .864 Soal24 18.8387 20.206 .378 .868 Soal25 18.7419 19.131 .768 .856

(50)

Uji Reabilitas Soal Siklus I Reabilitas Reliability Statistics Cronbach's Alpha N of Items .871 25

(51)

LAMPIRAN 9 HASIL UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS SIKLUS II Item-Total Statistics Scale Mean if Item Deleted Scale Variance if Item Deleted Corrected Item-Total Correlation Cronbach's Alpha if Item Deleted VAR00001 19.1613 17.006 .390 .843 VAR00002 19.1290 17.049 .461 .841 VAR00003 19.4516 16.189 .409 .842 VAR00004 19.4194 15.585 .584 .834 VAR00005 19.0645 18.062 .000 .849 VAR00006 19.4194 15.585 .584 .834 VAR00007 19.2258 16.247 .556 .836 VAR00008 19.1290 17.049 .461 .841 VAR00009 19.6452 17.503 .073 .858 VAR00010 19.6452 17.503 .073 .858 VAR00011 19.2258 16.714 .395 .842 VAR00012 19.0968 17.290 .495 .842 VAR00013 19.3548 16.170 .453 .840 VAR00014 19.2581 16.131 .549 .836 VAR00015 19.0645 18.062 .000 .849 VAR00016 19.2258 16.581 .441 .841 VAR00017 19.2903 15.413 .740 .828 VAR00018 19.4839 15.525 .578 .834 VAR00019 19.1935 16.495 .524 .838 VAR00020 19.3871 16.778 .272 .848 VAR00021 19.1290 17.049 .461 .841 VAR00022 19.0645 18.062 .000 .849 VAR00023 19.1935 16.495 .524 .838 VAR00024 19.0968 17.757 .180 .848 VAR00025 19.1935 16.495 .524 .838

(52)

Uji Reabilitas Soal Siklus 2

Reliability Statistics

Cronbach's

Alpha N of Items

(53)

LAMPIRAN 10DAFTAR NILAI SISWA PRA SIKLUS NILAI PRASIKLUS

SD NEGERI 1 TLOGOJATI WONOSOBO Tahun Pelajaran 2013/2014

DAFTAR NILAI IPA

NO NAMA NILAI KETUNTASAN KKM

1. A 55 TIDAK TUNTAS 2. B 85 TUNTAS 3. C 50 TIDAK TUNTAS 4. D 75 TUNTAS 5. E 95 TUNTAS 6. F 85 TUNTAS 7. G 65 TIDAK TUNTAS 8. H 75 TUNTAS 9. I 60 TIDAK TUNTAS 10. J 70 TIDAK TUNTAS 11. K 95 TUNTAS 12. L 90 TUNTAS 13. M 75 TUNTAS 14. N 60 TIDAK TUNTAS 15. O 75 TUNTAS 16. P 95 TUNTAS 17. Q 60 TIDAK TUNTAS 18. R 65 TIDAK TUNTAS 19. S 85 TUNTAS 20. T 80 TUNTAS 21. U 100 TUNTAS 22. V 85 TUNTAS 23. W 65 TIDAK TUNTAS 24. X 75 TUNTAS 25. Y 60 TIDAK TUNTAS 26. Z 85 TUNTAS 27. A1 55 TIDAK TUNTAS 28. B1 65 TIDAK TUNTAS 29. C1 75 TUNTAS 30. D1 70 TIDAK TUNTAS 31. E1 75 TUNTAS Rata- rata 74,35 Nilai Terendah 50 Nilai Tertinggi 100

(54)

LAMPIRAN 11DAFTAR NILAI SISWA SIKLUS 1 NILAI SIKLUS I

SD NEGERI 1 TLOGOJATI WONOSOBO Tahun Pelajaran 2013/2014

DAFTAR NILAI IPA

NO NAMA NILAI KETUNTASAN KKM

1. A 55 TIDAK TUNTAS 2. B 90 TUNTAS 3. C 55 TIDAK TUNTAS 4. D 80 TUNTAS 5. E 95 TUNTAS 6. F 90 TUNTAS 7. G 75 TUNTAS 8. H 80 TUNTAS 9. I 70 TIDAK TUNTAS 10. J 75 TUNTAS 11. K 95 TUNTAS 12. L 95 TUNTAS 13. M 80 TUNTAS 14. N 60 TIDAK TUNTAS 15. O 80 TUNTAS 16. P 100 TUNTAS 17. Q 75 TUNTAS 18. R 75 TUNTAS 19. S 95 TUNTAS 20. T 90 TUNTAS 21. U 100 TUNTAS 22. V 90 TUNTAS 23. W 75 TUNTAS 24. X 80 TUNTAS 25. Y 75 TUNTAS 26. Z 90 TUNTAS 27. A1 60 TIDAK TUNTAS 28. B1 75 TUNTAS 29. C1 80 TUNTAS 30. D1 75 TUNTAS 31. E1 80 TUNTAS Rata-rata 80,32 Nilai Terendah 55 Nilai Tertinggi 100

(55)

LAMPIRAN 12DAFTAR NILAI SISWA SIKLUS II NILAI SIKSLUS II

SD NEGERI 1 TLOGOJATI WONOSOBO Tahun Pelajaran 2013/2014

DAFTAR NILAI IPA

NO NAMA NILAI KETUNTASAN KKM

1. A 65 TIDAK TUNTAS 2. B 90 TUNTAS 3. C 60 TIDAK TUNTAS 4. D 85 TUNTAS 5. E 100 TUNTAS 6. F 90 TUNTAS 7. G 80 TUNTAS 8. H 85 TUNTAS 9. I 75 TUNTAS 10. J 80 TUNTAS 11. K 95 TUNTAS 12. L 95 TUNTAS 13. M 85 TUNTAS 14. N 75 TUNTAS 15. O 85 TUNTAS 16. P 100 TUNTAS 17. Q 75 TUNTAS 18. R 75 TUNTAS 19. S 100 TUNTAS 20. T 100 TUNTAS 21. U 100 TUNTAS 22. V 90 TUNTAS 23. W 75 TUNTAS 24. X 80 TUNTAS 25. Y 75 TUNTAS 26. Z 95 TUNTAS 27. A1 75 TUNTAS 28. B1 75 TUNTAS 29. C1 85 TUNTAS 30. D1 75 TUNTAS 31. E1 80 TUNTAS Rata-rata 83,87 Nilai Terendah 60 Nilai Tertinggi 100

(56)

DOKUMENTASI UJI VALIDITAS SOAL

STIMULASI

(57)

PERUMUSAN MASALAH PENGUMPULAN DATA

(58)

ANALISIS DATA

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :