792740106.doc 163.29KB 2015-10-12 00:18:15

Teks penuh

(1)

PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA JUDUL PROGRAM

“MILBUT” (CEMILAN RAMBUTAN) ALTERNATIF PEMANFAATAN BUAH RAMBUTAN SEBAGAI OBAT BERBAGAI PENYAKIT

(Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Sekaran Kota Semarang)

BIDANG KEGIATAN :

PKM PENGABDIAN MASYARAKAT

Diusulkan Oleh :

1. Umi Azizah (7311413069/2013)

2. Yayu Indriyani (7311413073/2013)

3. Kuswanti (7311413088/2013)

4. Nur Annisa Khumairoh (7211413020/2013) 5. Rini Listia Mugiarti (7311414048/2014)

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG KOTA SEMARANG

2014

(2)

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

1. Judul kegiatan : “MILBUT” ALTERNATIF PEMANFAATAN BUAH RAMBUTAN SEBAGAI OBAT BERBAGAI PENYAKIT (Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Sekaran Kota Semarang)

2. Bidang Kegiatan : ( ) PKMP ( ) PKMK ( ) PKMT ( ) PKMM 3. Bidang Ilmu : Kesehatan

4. Ketua Pelaksana Kegiatan

a. Nama Lengkap : Umi Azizah

b. NIM : 7311413069

c. Jurusan/ Fakultas : Manajemen/ Ekonomi

d. Universitas : Universitas Negeri Semarang

e. Alamat Rumah/ HP : Jl. Lele RT 04/ RW 01 Desa Kalisapu Kec. Slawi Tegal 085741127540

f. e-mail : Umi.azizah07@gmail.com 5. Anggota Pelaksana Kegiatan : Empat Orang

6. Dosen Pendamping

a. Nama Lengkap dan Gelar :

b. NIP :

c. Alamat/ HP :

7. Biaya Kegiatan Total

a. Dikti : Rp 6.635.000,00

b. Sumber Lain :

-c. Jangka Waktu Pelaksanaan : 5 bulan

Semarang, Juni 2015

(3)

Ketua Jurusan Manajemen, Ketua Pelaksana Kegiatan

Rini Witiastuti, S.E., M.M Umi Azizah

NIP NIM 7311413069

Pembantu Rektor Bd. Kemahasiswaan Dosen Pendamping,

Universitas Negeri Semarang,

Dr. Bambang Budi Raharjo, M.Si.

NIP

DAFTAR ISI

(4)

HALAMAN PENGESAHAN ... ii

DAFTAR ISI ... iv

RINGKASAN ... v

BAB 1 PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah ... 1

B. Tujuan Program ... 2

C. Luaran yang Diharapkan ... 2

BAB 2 GAMBARAN UMUM MASYARAKAT ... 3

BAB 3 METODE PELAKSANAAN ... 4

BAB 4 ANGGARAN BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN a. Anggaran Biaya ... 7

b. Jadwal Kegiatan ...7

DAFTAR PUSTAKA ... 9

LAMPIRAN-LAMPIRAN Lampiran 1. Biodata Ketua dan Anggota ... 10

Lampiran 2. Justifikasi Anggaran Kegiatan ... 15

Lampiran 3. Susunan Organisasi Tim Kegiatan dan Pembagian Tugas ... 17

Lampiran 4. Surat Pernyataan Ketua Pendiri/Pelaksana... 19

RINGKASAN

(5)

rambutan. Dengan adanya program ini, pengusul berharap masyarakat bisa memanfaatkan buah rambutan yang tumbuh subur dengan mengolahnya sebagai cemilan rambutan sehingga menjadi lebih bermanfaat bagi mereka dan tidak menjadi limbah yang bisa mencemari lingkungan mereka. Target khusus yang ingin dicapai yaitu masyarakat bisa memanfaatkan buah rambutan untuk dijadikan cemilan rambutan dan dapat dijadikan usaha dalam menghadapi Asean Economic Community 2015 sehingga lebih bermanfaat bagi mereka. Dengan memanfaatkan buah rambutan maka masyarakat bisa membuat kopi mengkudu sehingga mereka dapat menjualnya.

(6)

BAB 1 PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG MASALAH

Milbut adalah makanan yang berasal dari buah rambutan yang diolah menjadi berbagai camilan sehat yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Rambutan merupakan sebagian dari komoditas buah yang mendapat prioritas untuk dikembangkan. Umumnya rambutan berbunga pada akhir musim kemarau dan membentuk buah pada musim hujan, antara bulan September atau November hingga Februari.

Rambutan (Nephelii lappacei) banyak ditanam sebagai pohon buah, terkadang ditemukan sebagai tumbuhan liar, terutama di Kecamatan Gunung Pati Semarang. Tumbuhan tropis ini memerlukan iklim lembab dengan curah hujan tahunan paling sedikit 2000 mm. Rambutan merupakan tanaman dataran rendah hingga ketinggian 300-600 dpl. Ada beberapa varietas rambutan yang ada di Indonesia diantaranya Ropiah, Si Macan, Si Nyonya, Lebak Bulus, Binjai dan lain-lain. Buah rambutan mengandung karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalsiu dan vitamin C. Kulit buah mengandung tannin dan saponin. Biji mengandung lemak dan polifenol. Daun mengandung tannin dan saponin. Kulit batang mengandung tannin, saponin, flavonida, pectic substance, dan zat besi.

Di dalam buah rambutan tersimpan khasiat obat yang tak ternilai harganya, menurut kajian pakar tanaman obat, buah rambutan memuat besi, kalium, sapai vitamin C. Dalam setiap 100 gram (sekitar 3 buah rambutan terkandung 69 kalori, 18,1 gram karbohidrat, serta 58 mg vitamin). Kadar serat rambutan juga cukup tinggi, sekitar 2 gram per 100 gram berat buah.

(7)

Di Semarang , tepatnya Kelurahan Sekaran Kecamatan Gunung Pati, Semarang ini masih banyak pohon rambutan. Buah rambutan ini tumbuh liar di sekitar rumah warga dan biasanya hanya dikonsumsi saat buah masih dalam keadaan segar saja. Tidak jarang pula warga yang peduli dengan tanaman ini, banyak buah rambutan yang berjatuhan di jalan tanpa ada yang mengambilnya. Dari keadaan tersebut, tim PKMM tertarik untuk mengadakan suatu program MILBUT sebagai alternatif pemanfaatan buah rambuatan di Kelurahan Sekaran.

B. RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang diatas, muncul beberapa masalah antara lain :

1. Bagaimana merancang sebuah program untuk meningkatkan pemanfaatan buah rambutan di Kelurahan Sekaran kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang?

2. Bagaimana pelaksanaan program MILBUT “Cemilan Rambutan” sebagai alternatif pemanfaatan buah rambutan dan upaya untuk mengobati berbagai macam penyakit di Kelurahan Sekaran Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang?

C. LUARAN YANG DIHARAPKAN

Luaran yang diharapkan dengan adanya program ini adalah :

1. Dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat Sekaran dalam membuat produk yang berbahan dasar dari buah dan biji rambutan.

2. Menciptakan produk berbahan dasar buah rambutan menjadi makanan yang dapat dijual maupun untuk dikonsumsi sendiri.

BAB 2

GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN

(8)

70.901 jiwa / 20.605 KK. yang terhimpun dari 89 RW dan 418 RT (data sampai dengan akhir Nopember 2010). Kecamatan Gunungpati merupakan daerah perbukitan, dengan ketinggian + 300 meter dari permukaan air laut. Kecamatan gunungpati merupakan daerah pengembangan Kota Semarang. Salah satu kelurahan yang terdapat pada Kecamatan Gunung Pati ini adalah Kelurahan Sekaran. Luas wilayah Kelurhan Sekaran sebesar 490.718 ha dengan jumlah penduduk sebesar 6.241 jiwa dan terbagi 26 RT dan 7 RW. Sebagian besar mata pencaharian masyarakat sekaran adalah sebagai pedagang.

Buah rambutan biasanya hanya dikonsumsi pada saat musim buah rambutan dan hanya dikonsumsi saat keadaan buah masih segar. Banyaknya buah rambutan yang tumbuh subur di wilayah Sekaran ini membuat buah rambutan banyak yang berserakan di jalan karena masyarakat telah bosan untuk mengkonsumsi nuah tersebut. Pedahal, buah rambutan ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan terutama untuk mengobati sariawan, kencing manis, disentri, dan dapat menurunkan demam. Dalam hal ini, kami berusaha mengubah perilaku masyrakat tersebut dengan cara menjadikan buah rambutan sebagai cemilan yang tidak membosankan dan dapat mengobati berbagi macam penyakit. Selain itu, dapt menciptakan produk home industri yang dapat bersaing di pasaran sehingga dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat Kelurahan Sekaran. Dengan demikian diharapkan nantinya masyarakat dapat mengkonsumsinya sebagai obat herbal dan dapt menjualnya sebagai pekerjaan sampingan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menyehatkan tubuh.

BAB 3

METODE PELAKSANAAN PROGRAM 1. Tahap Pertama (Persiapan)

(9)

Proses perijinan dimulai dengan mebuat surat ijin dari Universitas untuk melaksanakan program, selanjutnya surat tersebut disampaikan kepada Lurah Sekaran dan meminta bantuan untuk memperoleh data mengenai warga yang akan dijadikan sasaran dalam program ini. Target jumlah peserta adalah 30 orang. b. Persiapan tempat

c. Persiapan alat, bahan dan perlengkapan dalam pelatihan pembuatan MILBUT. d. Penyusunan alat evakuasi berupa daftar kehadiran, lembar observasi, angket serta

lembar pertanyaan.

2. Tahap Kedua (Pelaksanaan Kegiatan)

Setelah memperoleh ijin dari pihak terkait serta diperoleh data peserta maka dilaksanakan sosialisasi program dengan peserta. Lalu dibuat kesepakatan mengenai waktu pelaksanaan program.

Program dilakukan dalam bentuk Workshop dalam beberapa tahap.

Tahap I : Pemberian materi tentang tanaman buah rambutan (materi mengenai manfaat buah rambutan, potensi dari tanaman buah rambutan, serta materi mengenai MILBUT).

Tahap II : Pelatihan pembuatan MILBUT “Cemilan Rambutan” (Praktek). Tahap III : Pelatihan pembuatan Cemilan Rambutan.

Tahap IV : Pemberian materi Entrepreneurship Motivation. Berikut ini cara membuat Cemilan Rambutan :

a. Daging buah

a) Daging buah rambutan dipisahkan dari bijinya. b) Selanjutnya, daging buah dijemur hingga kering.

c) Buat adonan tepung terigu yang sudah diberi gula pasir untuk menambahkan rasa manis.

d) Masukkan daging buah yang sudah kering kedalam adonan tepung terigu. e) Goreng daging buah tersebut sampai berubah warna menjadi

kecoklat-coklatan.

f) Lalu angkat dan tiriskan. b. Biji buah

(10)

c) Masukkan biji buah rambutan ke dalam panic, lalu rebus dengan suhu 100 c (Celcius), tambahkan garam secukupnya.

d) Tunggu hingga biji buah rambutan berwarna kecoklatan, atau coba ambil biji buah rambutan dengan cara menusuknya dengan garpu. e) Jika sudah empuk, maka angkatlah biji buah rambutan itu lalu

tiriskan, supaya air tidak terlalu banyak masuk dan meresap ke dalam biji buah rambutan yang sudah direbus.

f) Setelah kering biji buah rambutan siap dihidangkan.

Apabila sisa cemilan biji buah rambutan terlalu banyak atau masih banyak, jangan dibuang, hal ini dabatasi dengan cara diawetkan menjadi makanan ringan. Caranya:

a) Menggorengnya dengan mencampuri gula, sambil diaduk biji buah rambutan yang telah direbus tadi.

b) Tambahkan gula sedikit demi sedikit.

c) Jika sudah merata di hampir seluruh biji buah rambutan, maka matikan kompor/angkat penggorengan tersebut dan biarkan beberapa menit.

d) Cemilan biji buah rambutan kering sudah siap disimpan untuk dimakan kapan saja.

3. Tahap Akhir (Pasca Kegiatan)

a. Analisis data dan tolok ukur keberhasilan

(11)

b. Penyusunan Laporan

Setelah diketahui berhasil tidaknya program ini, serta segala apa yang telah dituangkan dalam laporan PKMM untuk menghadapi monitoring dan evaluasi, lalu dilanjutkan laporan akhir.

BAB 4

BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN a. Anggaran Biaya

No. Jenis Pengeluaran Biaya

1 Peralatan Penunjang Rp 1.500.000,00

2 Bahan Habis Pakai Rp 700.000,00

3 Perjalanan Rp 3.450.000,00

4 Lain-lain Rp 985.000,00

Jumlah Rp 6.635.000,00

b. Jadwal Kegiatan

Kegiatan Bulan

I II III IV V

A. a. Perjanjian program

XX

b. Persiapan tempat

X

c. Pengadaan alat

X X

d. Penyusunan alat evaluasi

XX

B. a. Pendataan peserta

(12)

b. Sosialisasi program

X

c. Teori dan praktek I

XX

d. Praktek

rutin X XXXX

C. a. Analisis data XX

b. Penyusunan laporan

XX

DAFTAR PUSTAKA Letak Geografis Kelurahan Sekaran Kecamatan Gunung Pati.

http://www.seputarunnes.com/2013/12/kecamatan-gunungati-letak-administratif.html. Diunduh pada tanggal 9 Juni 2015.

Manfaat Dahsyat Rambutan Bagi tubuh.

(13)

16 Manfaat Buah Rambutan dan Kandungan Gizinya. http://manfaat.co.id/manfaat-buah-rambutan-dan-kandungan-gizinya. Diunduh pada tanggal 9 Juni 2015.

Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan dan Kecantikan.

http://www.manfaatdaun.com/2014/10/manfaat-buah-rambutan-untuk-kesehatan-dan-kecantikan.html. Diunduh pada tanggal 9 Juni 2015.

Panduan Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2014.

LAMPIRAN-LAMPIRAN Lampiran 1. Biodata Ketua dan Anggota

1. Ketua Pelaksana a. Identitas Diri

No Nama Lengkap Umi Azizah

1 Jenis Kelamin Perempuan

2 Program Studi Manajemen S1

3 NIM 7311413069

4 Tempat dan Tanggal Lahir Tegal, 7 April 1995

5 E-mail Umi.azizah07@gmail.com

6 Nomor telepon/HP 085741127540

b. Riwayat Pendidikan

SD SMP SMA

Nama Institusi SD Negeri

Pakembaran 02 MTs Negeri slawi

(14)

Jurusan - - Pemasaran Tahun Masuk

– Lulus 2001-2007 2007-2010 2010-2013

c. Pemakalah Seminar N

o Nama Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu & Tempat

d. Penghargaan Dalam 10 Tahun Terakhir

No Jenis Penghargaan Instusi Pemberi Penghargaan Tahun

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan hibah PKM-M.

Semarang, 9 Juni 2015 Pengusul,

Umi Azizah

1. Anggota 1 a. Identitas Diri

No Nama Lengkap Yayu Indriyani

1 Jenis Kelamin Perempuan

2 Program Studi Manajemen S1

3 NIM 7311413073

4 Tempat dan Tanggal Lahir Tegal, 4 Agustus 1995

5 E-mail yayuindriyani4@gmail.com

6 Nomor telepon/HP 085741990932

b. Riwayat Pendidikan

SD SMP SMA

Nama Institusi MI Tuwel 01 MTs Al-Azhar Tuwel

SMK Negeri 1 Slawi

Jurusan - - Administrasi

(15)

Tahun Masuk

– Lulus 2001-2007 2007-2010 2010-2013

c. Pemakalah Seminar N

o

Nama Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu & Tempat

d. Penghargaan Dalam 10 Tahun Terakhir

No Jenis Penghargaan Instusi Pemberi Penghargaan Tahun

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan hibah PKM-M.

Semarang, 9 juni 2015 Anggota 1,

Yayu Indriyani 2. Anggota 2

a. Identitas Diri

No Nama Lengkap Kuswanti

1 Jenis Kelamin Perempuan

2 Program Studi Manajemen S1

3 NIM 7311413088

4 Tempat dan Tanggal Lahir Tegal, 27 Juli 1995

5 E-mail Kuswanti07@gmail.com

6 Nomor telepon/HP 085712121573

b. Riwayat Pendidikan

SD SMP SMA

Nama Institusi SD Negeri Kalisapu

Jurusan - - Administrasi

(16)

Tahun Masuk

– Lulus 2001-2007 2007-2010 2010-2013

c. Pemakalah Seminar N

o

Nama Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu & Tempat

d. Penghargaan Dalam 10 Tahun Terakhir

No Jenis Penghargaan Instusi Pemberi Penghargaan Tahun

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan hibah PKM-M.

Semarang, 9 Juni 2015 Anggota 2

Kuswanti

3. Anggota 3 a. Identitas Diri

No Nama Lengkap Nur Annisa Khumairoh

1 Jenis Kelamin Perempuan

2 Program Studi Akuntansi S1

3 NIM 7211413020

4 Tempat dan Tanggal Lahir Tegal, 12 Mei 1995

5 E-mail annisakhumairoh163@gmail.com

6 Nomor telepon/HP 085742991655

b. Riwayat Pendidikan

SD SMP SMA

Nama Institusi SD Negeri JALOR 01

SMP Negeri 2

Jatibarang SMK N 1 Slawi

Jurusan - - Akuntansi

Tahun Masuk

(17)

c. Pemakalah Seminar N

o

Nama Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu & Tempat

d. Penghargaan Dalam 10 Tahun Terakhir

No Jenis Penghargaan Instusi Pemberi Penghargaan Tahun

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan hibah PKM-M.

Semarang, 9 Juni 2015 Anggota 3,

Nur Annisa Khumairoh

4. Anggota 4

a. Identitas Diri

No Nama Lengkap Rini Listia Mugiarti

1 Jenis Kelamin Perempuan

2 Program Studi Manajemen S1

3 NIM 7311414048

4 Tempat dan Tanggal Lahir Tegal, 29 September 1996

5 E-mail rinilistia@gmail.com

6 Nomor telepon/HP 085786661035

b. Riwayat Pendidikan

SD SMP SMA

Nama Institusi SD N 02 Penarukan SMP N 1

Adiwerna SMK N 1 Slawi

Jurusan - - Pemasaran

(18)

– Lulus

c. Pemakalah Seminar N

o

Nama Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu & Tempat

d. Penghargaan Dalam 10 Tahun Terakhir

No Jenis Penghargaan Instusi Pemberi Penghargaan Tahun

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan hibah PKM-M.

Semarang, 9 juni 2015 Anggota 4,

Rini Listia Mugiarti

Lampiran 2. Justifikasi Anggaran kegiatan 1. Peralatan Penunjang

Material PemakaianJustifikasi Kuantitas Harga Satuan Total Kompor

dan Gas Untuk memasak 2 paket Rp 500.000,00 Rp 1.000.000,00 Panci

sedang

Untuk Merebus Biji Buah Rambutan

2 buah Rp 50.000,00 Rp 100.00,00

Wajan Sedang

Untuk menggoreng daging buah

2 buah Rp 50.000,00 Rp 100.000,00

Baskom Untuk membuat adonan terigu 2 buah Rp 15.000,00 Rp 30.000,00

Sutil

Untuk

mengaduk saat menggoreng

(19)

Centong Untuk mengaduk adonan

2 buah Rp 10.000,00 Rp 20.000,00

Piring Untuk tempat cemilan 10 buah Rp 15.000,00 Rp 150.00,00

Saringan minyak

Untuk menyaring minyak bekas penggorengan

2 buah Rp 10.000,00 Rp 20.000,00

Plastik Untuk bungkus 1 bungkus Rp 50.000,00 Rp 50.000,00 Sub Total Rp 1.500.000,00

2. Bahan Habis Pakai Material Justifikasi

Pemakaian Kuantitas

Harga Satuan (Rp)

Keterangan (Rp)

Buah Rambutan Bahan Baku - -

-Gula Pasir Bahan Campuran 10 kg Rp 15.000 Rp 150.000

Tepung terigu Bahan

Campuran 10 kg Rp 10.000 Rp 100.000,00

Alat Tulis

Untuk mencatat

materi Rp 450.000,00

Sub Total Rp 700.000,00

(20)

Material Justifikasi

3 x 3 orang 50.000 450.000

Transportasi Sosialisasi dan pelatihan pembuatan 5 x 5 orang 50.000 2.500.000

Transportasi Pembelian peralatan dan bahan habis pakai, Penyuluhan

150.000 150.000

Transportasi Bimbingan dan Evaluasi 250.000 250.000

Monev Evaluasi 100.000 100.000

Sub Total 3.450.000

4. Lain-lain

Material PemakaianJustifikasi Kuantitas Harga Satuan(Rp) Keterangan(Rp)

(21)

Lampiran 3. Susunan Organisasi Tim Kegiatan dan Pembagian Tugas 1 Umi Azizah/7311413069 Manajemen Ekonomi 5 jam/minggu Ketua pelaksana

2 Yayu Indriyani / 7311413073 Manajemen Ekonomi 5 jam/minggu

Survei,

3 Kuswanti Manajemen Ekonomi 5 jam/minggu

Survei,

4 Nur Annisa Khumairoh/721141302 0

(22)

,

Kerjasama, Sosialisasi, pelatihan pembuatan cemilan rambutan.

Lampiran 4. Surat Pernyataan Ketua Peneliti/Pelaksana

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Gedung H : Kampus Sekaran - Gunung Pati – Semarang Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan

Email: pr3@unnes.ac.id Telp/Fax : (024) 8508003

SURAT PERNYATAAN KETUA PENELITI/PELAKSANA Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Umi Azizah

NIM : 7311413069

(23)

Dengan ini menyatakan bahwa proposal Program Kreativitas Mahasiswa — Pengabdian kepada Masyarakat saya dengan judul:

“MILBUT” (CEMILAN RAMBUTAN) ALTERNATIF PEMANFAATAN BUAH RAMBUTAN SEBAGAI OBAT BERBAGAI PENYAKIT (Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Sekaran Kota Semarang) yang diusulkan untuk tahun anggaran 2015 bersifat original dan belum pernah dbiayai oleh lembaga atau sumber dana lain.

Bilamana di kemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan ini, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengembalikan seluruh biaya penelitian yang sudah diterima ke kas negara.

Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan sebenar-benarnya.

Semarang, 9 Juni 2015 Mengetahui, Yang menyatakan, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan

Dr. Bambang Budi Raharjo, M.Si. Umi Azizah

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...