Program Penyadaran Kebersihan Lingkungan Berbasis Bank Sampah Pada Masyarakat Pesisir di Kelurahan Belawan Sicanang

Loading.... (view fulltext now)

Teks penuh

(1)

i ABSTRAK

Penulisan skripsi dengan judul “Program Penyadaran Kebersihan Lingkungan Berbasis Bank Sampah Pada Masyarakat Pesisir di Kelurahan Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan” ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan program bank sampah tersebut dalam hal menyadarkan masyarakat setempat tentang pentingnya kebersihan lingkungan terutama dalam hal pengelolaan sampah. Selain itu penelitian ini juga ingin melihat bagaimana pola kesadaran lingkungan masyarakat setelah adanya program bank sampah tersebut. Secara tipologi wilayah Kelurahan Belawan Sicanang merupakan wilayah pesisir yang selalu membawa sampah kelingkungan rumah masyarakat sekitar dan ditambah lagi wilayah tersebut dekat dengan hilir sungai Deli yang selalu membawa sampah ke laut Belawan. Hal tersebut menjadi penyebab tumpukan sampah dimana-mana sehingga wilayah tersebut menjadi kotor dan tercemar. Bank sampah didirikan dengan tujuan mengatasi permasalahan tersebut.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta studi kepustakaan. Teknik pengambilan informan dilakukan dengan cara Purposive Sampling, adapun yang menjadi unit analisis dan informan dalam penelitian ini adalah pengelola dan nasabah bank sampah tersebut serta masyarakat yang tinggal di Sicanang, seperti: Pimpinan Rumah Kompos dan bank sampah, pengurus bank sampah unit, dan masyarakat yang tidak ikut berpartisipasi namun tinggal di sekitar bank sampah tersebut. Interpretasi data dilakukan dengan mengolah data yang didapatkan dari catatan maupun hasil wawancara yang dilakukan di lapangan.

Hasil dari penelitian tersebut menyatakan bahwa program bank sampah tersebut telah banyak melakukan sosialisasi dalam hal pengelolaan sampah dan kebersihan lingkungan. Namun tidak semua masyarakat dapat ikutserta dalam program tersebut karena pola pikir masyakarat Sicanang masih didominasi oleh faktor ekonomi sebagai faktor utama yang menjadi penyebab keikutsertaan tersebut. Program bank sampah tersebut juga telah mampu mengorganisir dan memberdayakan masyarakat yang ikutserta dalam kelompok-kelompok unit tersebut dan bahkan bank sampah telah membuka akses dan peluang bagi masyarakat dalam hal peningkatan potensi yang ada pada diri masyarakat itu sendiri. Setelah adanya bank sampah, pola pemikiran masyarakat Sicanang berubah dalam memaknai sampah. Namun perubahan pola pemikiran tersebut malah kearah yang buruk. Akibatnya rata-rata masyarakat hanya pandai mengkritik kinerja dari program tersebut tanpa bertindak untuk saling menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Kata Kunci: Program Bank Sampah, Penyadaran Kebersihan Lingkungan, Masyarakat Pesisir, Belawan Sicanang

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...