Ideologi dan

Top PDF Ideologi dan:

louis althusser ideologi dan aparatus ideologi negara

louis althusser ideologi dan aparatus ideologi negara

Tujuan dan pencapaian paling utama dari Revolusi Prancis bukan hanya perpindahan kekuasaan Negara dari aristokrasi feodal ke kaum borjuis kapitalis-pedagang, menghancurkan sebagian dari bekas aparatus represi Negara dan menggantikannya dengan yang baru (misalnya, Tentara rakyat nasional), tetapi juga menyerang Aparatus Ideologi Negara nomor satu: Gereja. Itulah kenapa muncul konstitusi sipil untuk kependetaan, penyi- taan kekayaan gereja, dan penciptaan Aparatus Ideologi Negara yang baru untuk menggantikan peran dominan Aparatus Ideologi Negara agama. Biasanya, hal ini tidak terjadi secara otomatis: saksikan Concordat, Restora- si dan perjuangan kelas yang panjang antara para aristokrat pemilik tanah dan kaum borjuis industrial di sepanjang abad ke-19 untuk pembangunan hegemoni borjuis atas fungsi-fungsi yang tadinya dipenuhi oleh Gereja: terutama sekali oleh Sekolah. Dapat dikatakan bahwa kaum borjuis ber- gantung pada Aparatus Ideologi Negara politik berupa demokrasi-parle- menter yang baru, yang dibangun pada tahun-tahun awal Revolusi, dan kemudian dipulihkan kembali setelah perjuangan yang panjang dan keras, selama beberapa bulan pada 1848 dan berdekade-dekade setelah keja- tuhan Kekaisaran Kedua, untuk melancarkan perjuangan melawan Gereja dan merebut fungsi ideologis darinya. Dengan kata lain, untuk memasti- kan tidak hanya hegemoni politiknya, tetapi juga hegemoni ideologinya yang sangat diperlukan untuk reproduksi relasi-relasi produksi kapitalis. Itulah kenapa saya percaya bahwa saya punya dasar dalam mengajukan Te- sis berikut, seberapa pun lemahnya. Saya percaya bahwa Aparatus Ideologi Negara yang ditempatkan dalam posisi dominan di formasi sosial kapitalis yang matang sebagai akibat dari perjuangan kelas yang keras dalam bidang ideologi dan politik dalam melawan Aparatus Ideologi Negara yang lama dan dominan, adalah aparatus ideologi pendidikan.
Baca lebih lanjut

74 Baca lebih lajut

IDEOLOGI PENERJEMAHAN DAN PENERJEMAHAN IDEOLOGI

IDEOLOGI PENERJEMAHAN DAN PENERJEMAHAN IDEOLOGI

b. Ideologi dan penerjemah sebagai penulis bahasa sasaran: Fungsionalisme Menurut pendekatan ahli skopos teori (skopostheorist; skopos adalah istilah teknis untuk merujuk pada tujuan atau maksud penerjemahan (Vermeer)) bahwa tindakan selalu mempunyai tujuan atau maksud tertentu, dan bahwa sebuah produk terjemahan tidak hanya dianggap sebagai proses transcoding tapi lebih pada bentuk dari tindakan manusia yang secara khusus mempunyai misi dalam menerjemahkan sebuah teks tertentu. Vermeer dalam Kaurobi menjelaskan bahwa tujuan menerjemahkan adalah tujuan yang merujuk pada perbuatan yang memang diatur oleh penerjemah itu sendiri. Menurut pendekatan para ahli teori skopos bahwa sebuah teks itu dapat dilihat sebagai ‘an offer of information’ dari bahasa sumber ke bahasa sasaran. Terjemahan, akhirnya, menjadi ‘a secondary offer of information’ tentang informasi original yang ditawarkan dalam bahasa lain didalam budaya yang berbeda. Disini seorang penerjemah adalah seorang yang ahli dalam ‘translational action’ dan harus bisa menginformasikan suatu teks kedalam situasi bahasa target. Dari pandangan diatas dapat disimpulkan bahwa proses penerjemahan tidaklah semata-mata ditentukan oleh retrospektif teks bahasa sumber saja (pembacanya, maksud pengarang/penulis), tetapi secara prospektif lebih cenderung ditentukan oleh skopos (tujuan atau maksud penerjemahan) itu sendiri kedalam bahasa target yang ditentukan oleh permintaan pembaca bahasa target ( yang mana biasanya hal ini ditentukan oleh penerjemah itu sendiri). Dari sini dapat disimpulkan bahwa hampir semua penerjemah baik sadar maupun tidak telah menggunakan ideologinya dalam menerjemahkan sebuah teks.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

AKHIR DARI IDEOLOGI ATAU IDEOLOGI TANPA

AKHIR DARI IDEOLOGI ATAU IDEOLOGI TANPA

Secara khusus Huttington memberikan kritiknya terhadap pemkiran “akhir sejarah” dari fukuyama. Menurut Huttington, “akhir dari Sejarah” adalah frasa yang dahsyat, dramatis, dan provokatif. Inti dari argument fukuyama adalah anggapan adanya perubahan dalam kesadaran politik diseluruh negara besar di dunia dan munculnya sebuah konsensus yang menyebar tentang prinsip- prinsip demokrasi liberal. Argument ini mendalilkan kemenangan satu ideologi dan akibatnya adalah akhir ideologi dan akhir ideologi sebagai fakta signiikan dalam eksistensi manusia. Huttington sepakat dengan pernyataan fukuyama tentang peran ideologi sebgaai sesuatu yang dapat memotivasi dan membentuk tindakan manusia dan bangsa-bangsa dan memudarnya komunisme yang dalam konsep Brzenzinski diebut kegagalan besar.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Ne

Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Ne

Namun, sebagai sebuah ideologi dan dasar filsafat negara, pancasila layak untuk dikaji kembali relevansinya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Melalui perjalanan panjang negara Indonesia sejak merdeka hingga saat ini, pancasila ikut berproses pada kehidupan bangsa Indonesia. Pancasila tetap sebagai dasar negara namun interpretasi dan perluasan maknanya ternyata digunakan untuk kepentingan kekuasaan yang silih berganti.

6 Baca lebih lajut

DEDE ARYO PANGESTU MAKALAH IDEOLOGI NEGA

DEDE ARYO PANGESTU MAKALAH IDEOLOGI NEGA

Komunis merupakan salah satu ideologi besar yang digunakan oleh beberapa negara di dunia ini. awal ajarannya berasal dari tokoh karl marx dan friederich engels dimana fokus utama tujuan dari ideologi ini adalah untuk memperjuangkan hak semua kelas sosial yang ada di dalam masyarakat menjadi kelas sosial yang sama tanpa adanya perbedaan sesuai dengan hak dan kewajiban warga negara. Komunisme juga memiliki nama lain yaitu marxisme atau leninisme karena kedua tokoh inilah yang melahirkan ideology ini di dunia.

26 Baca lebih lajut

PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI BANGSA (3)

PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI BANGSA (3)

Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia diangkat dari nilai-nilai adat- istiadat, nilai-nilai kebudayaan serta nilai religius yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia dengan kata lain unsur-unsur Pancasila diangkat dari pandangan hidup masyarakat Indonesia sendiri.

12 Baca lebih lajut

PANCASILA SBG IDEOLOGI BANGSA INDONESIA

PANCASILA SBG IDEOLOGI BANGSA INDONESIA

Indonesia sebagai negara yang mempunyai dasar Negara yaitu pancasila yang memiliki sebuah arti penting memiliki ideologi. Setiap bangsa dan negara ingin berdiri kokoh, tidak mudah terombang-ambing oleh kerasnya persoalan hidup berbangsa dan bernegara.Tidak terkecuali negara Indonesia. Negara yang ingin berdiri kokoh dan kuat, perlu memiliki ideologi negara yang kokoh dan kuat pula. Tanpa itu, maka bangsa dan negara akan rapuh. Di era yang serba modern ini, makna pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia sedikit dilupakan oleh sebagian rakyat Indonesia dan digantikan oleh perkembangan tekhnologi yang sangat canggih. Padahal sejarah perumusan Pancasila melalui proses yang sangat panjang dan rumit. Pancasila merupakan kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, karena dalam masing-masing sila tidak bisa di tukar tempat atau dipindah. Bagi bangsa Indonesia, pancasila merupakan pandangan hidup bangsa dan negara Indonesia. Mempelajari Pancasila lebih dalam menjadikan kita sadar sebagai bangsa Indonesia yang memiliki jati diri dan harus diwijudkan dalam pergaulan hidup sehari-hari untuk menunjukkan identitas bangsa yang lebih bermatabat dan berbudaya tinggi. Untuk itulah diharapkan dapat menjelaskan Pancasila sebagai ideologi negara, menguraikan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi negara dan karakteristik Pancasila sebagai ideologi negara.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

Pancasila Sebagai Ideologi Nasional (3)

Pancasila Sebagai Ideologi Nasional (3)

MATERI PENGERIAN IDEOLOGI PENGERIAN IDEOLOGI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA PERBANDINGAN IDEOLOGI PANCASILA DENGAN IDEOLOGI LAIN DI DUNIA PERBA[r]

25 Baca lebih lajut

HAKIKAT PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBU (1)

HAKIKAT PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBU (1)

Ideologi dapat ditentukan oleh setiap masing-masing negara. Dan Indonesia sendiri memilih Pancasila sebagai ideologi bangsa karena kelima sila dalam Pancasila dipandang baik dan cocok dengan bangsa Indonesia. Setiap sila menggambarkan bangsa Indonesia yang memiliki keanekaragaman agama dan suku. Dan negara Indonesia juga merupakan sebuah negara yang terbuka dan demokratis. Pada suatu negara demokratis setiap masyarakatnya dapat mengutarakan aspirasinya untuk merubah sesuai dengan keinginan mereka atau memberikan suara mereka. Hal ini dapat dilihat dalam keseharian atau kebiasaan hidup bangsa Indonesia. Untuk mewujudkan hal-hal yang menjadi isi dari pada Pancasila tersebut kita diharapkan untuk bisa mempertahankan dan mengamalkan dalam berbagai bidang meliputi pemerintahan, kehidupan masyarakat dan dalam bidang pendidikan.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Contoh Makalah Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Contoh Makalah Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Ideologi tertutup adalah ajaran atau pandangan dunia atau filsafat yang Ideologi tertutup adalah ajaran atau pandangan dunia atau filsafat yang menentukan tujuan-tujuan dan norma-norma politik dan sosial, yang dinyatakan menentukan tujuan-tujuan dan norma-norma politik dan sosial, yang dinyatakan sebagai kebenaran yang tidak boleh dipersoalkan lagi, melainkan harus dipatuhi. sebagai kebenaran yang tidak boleh dipersoalkan lagi, melainkan harus dipatuhi. Kebenaran suatu ideologi tertutup tidak boleh dipermasalahkan berdasarkan nilai- Kebenaran suatu ideologi tertutup tidak boleh dipermasalahkan berdasarkan nilai- nilai atau prinsip-prinsip moral yang lain.Ideologi tertutup bersifat Dogmatis dan nilai atau prinsip-prinsip moral yang lain.Ideologi tertutup bersifat Dogmatis dan Apriori, dogmatis berarti mempercayai suatu keadaan tanpa data yang valid, Apriori, dogmatis berarti mempercayai suatu keadaan tanpa data yang valid, sedangkan apriori , yaitu berprasangka terlebih dahulu akan suatu keadaan. ideologi sedangkan apriori , yaitu berprasangka terlebih dahulu akan suatu keadaan. ideologi tertutup tersebut dipaksakan berlaku dan dipatuhi oleh masyarakat yang di atur oleh tertutup tersebut dipaksakan berlaku dan dipatuhi oleh masyarakat yang di atur oleh masyarakat elit tertentu atau kelompok masyarakat, yang berarti bersifat otoriter dan masyarakat elit tertentu atau kelompok masyarakat, yang berarti bersifat otoriter dan dijalankan dengan cara yang totaliter. Bersifat totaliter berarti menyangkut seluruh dijalankan dengan cara yang totaliter. Bersifat totaliter berarti menyangkut seluruh aspek kehidupan.
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

pancasila sebagai ideologi negara

pancasila sebagai ideologi negara

 Ideologi tertutup yaitu ideologi yang dianggapkan sebagai kebenaran yang tidak boleh dipersoalkan lagi, melainkan harus diterima sebagai sesuatu yang sudah jadi dan harus dipatuhi..[r]

14 Baca lebih lajut

IDEOLOGI PANCASILA

IDEOLOGI PANCASILA

Ideologi Liberalisme Liberalisme adalah suatu faham/aliran yang meliputi bidang-bidang sosial/budaya, politik, ekonomi, maupun keagamaan/moral, yang titik berat ajarannya adalah meng[r]

15 Baca lebih lajut

Macam  Macam Ideologi Di Dunia

Macam Macam Ideologi Di Dunia

Ideologi adalah kumpulan ide atau gagasan. Kata ideologi sendiri diciptakan oleh Destutt de Tracy pada akhir abad ke-18 untuk mendefinisikan “sains tentang ide“. Ideologi dapat dianggap sebagai visi yang komprehensif, sebagai cara memandang segala sesuatu. Secara umum bisa diartikan sekelompok ide yang diajukan oleh kelas yang dominan pada seluruh anggota masyarakat. Tujuan utama dibalik ideologi adalah untuk menawarkan perubahan melalui proses pemikiran normatif. Ideologi adalah sistem pemikiran abstrak (tidak hanya sekadar pembentukan ide) yang diterapkan pada masalah publik sehingga membuat konsep ini menjadi inti politik. Secara implisit setiap pemikiran politik mengikuti sebuah ideologi walaupun tidak diletakkan sebagai sistem berpikir yang eksplisit.(definisi ideologi Marxisme).
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

PANCASILA IDEOLOGI TERBUKA (1). docx

PANCASILA IDEOLOGI TERBUKA (1). docx

Sebelum era reformasi di tanah air kita ,dalam proses perjuangan MELAWAN kolonialisme terjadi penyerapan berbagai wawasan ideologi lain yang tidak sejalan dengan nilai-nilai Pancasila yang telah disepakati para pemimpin gerakan kebangsaan Indonesia. Berbagai ideologi yang ada sebelum Orde Baru, antara lain sebagai berikut: 1. Ideologi Sosialis sebagai ideologi, telah lama berkembang sejak ratusan tahun yang lalu. Sosialisme sendiri berasal dari bahasa Latin yakni socius (teman). Jadi sosialis merujuk kepada pengaturan atas dasar prinsip pengendalian modal, produksi dan kekayaan oleh kelompok.
Baca lebih lanjut

5 Baca lebih lajut

ideologi di bidang ideologi dunia

ideologi di bidang ideologi dunia

Nasionalisme adalah suatu ideologi yang meletakkan bangsa di pusat masalahnya dan berupaya meninggikan derajat bangsa. Dalam Wikipedia (2013) mengartikan bahwa Nasionalisme adalah satu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan sebuah negara (dalam bahasa Inggris nation ) dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia. Menurut Marsa (2011), nasionalisme merupakan suatu gerakan ideologi untuk mencapai dan mempertahankan otonomi, kesatuan, dan identitas bagi suatu populasi yang anggotanya bertekad untuk membentuk suatu bangsa yang berpotensi. Sasaran umum nasionalisme yaitu otonomi nasional, kesatuan nasional, dan identitas nasional. Doktrin nasionalisme dapat disimpulkan sebagai berikut:
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

Ideologi, Pancasila dan Konstitusi Negara Republik Indonesia

Ideologi, Pancasila dan Konstitusi Negara Republik Indonesia

Mahkamah Konstitusi sebagai penjaga konstitusi secara otomatis juga berarti sebagai penjaga Pancasila sebagai materi konstitusi dan mempertahankannya sebagai ideologi terbuka. Mahkamah Konstitusi mengelaborasi nilai-nilai dan prinsip dasar Pancasila untuk menentukan apakah sesuatu ketentuan undang-undang bertentangan dengan konstitusi atau tidak. Disamping itu, melalui pelaksanaan kewenangannya, Mahkamah Konstitusi tetap menjaga Pancasila sebagai ideologi terbuka dengan senantiasa mempertimbangkan perkembangan nilai-nilai dalam masyarakat dan masyarakat internasional sehingga tidak menjadi ideologi tertutup yang dapat disalahgunakan sebagai alat legitimasi kekuasaan belaka. Hal ini juga dapat dilakukan dalam pelaksanaan kewenangan yang lain terutama dalam hal sengketa kewenangan lembaga negara, pembubaran partai politik, dan memutus usulan DPR untuk pemberhentian Presiden dan atau Wakil Presiden.
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

BAB 3. PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA - BAB 3 PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA

BAB 3. PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA - BAB 3 PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA

PENDIDIKAN PANCASILA 1 Pengertian Ideologi Pengertian Ideologi Konsep Ideologi Tiga Dimensi Kekuatan Ideologi 2 Pancasila Sebagai Ideologi Negara Pengertian Pancasila Sebagai Ideolo[r]

41 Baca lebih lajut

BAB 3. PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA - PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA

BAB 3. PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA - PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA

PENDIDIKAN PANCASILA 1 Pengertian Ideologi Pengertian Ideologi Konsep Ideologi Tiga Dimensi Kekuatan Ideologi 2 Pancasila Sebagai Ideologi Negara Pengertian Pancasila Sebagai Ideolog[r]

41 Baca lebih lajut

Definisi Ideologi liberalisme Ideologi K

Definisi Ideologi liberalisme Ideologi K

Liberalisme adalah sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan adalah nilai politik yang utama. Liberalisme tumbuh dari konteks masyarakat Eropa pada abad pertengahan. Ketika itu masyarakat ditandai dengan dua karakteristik berikut. Anggota masyarakat terikat satu sama lain dalam suatu sistem dominasi kompleks dan kukuh, dan pola hubungan dalam system ini bersifat statis dan sukar berubah.

4 Baca lebih lajut

IDEOLOGI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NASI (1)

IDEOLOGI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NASI (1)

 Dimensi Realita, yaitu bahwa nilai-nilai dasar yang terkandung didalam ideologi tersebut secara nyata hidup didalam serta bersumber dari budaya dan pengalaman sejarah masyarakat dan atau bangsanya (menjadi volkgeits / jiwa bangsa)

7 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...

Related subjects