Peran Mahasiswa

Top PDF Peran Mahasiswa:

Peran Mahasiswa Melalui Gerakan Indonesi (1)

Peran Mahasiswa Melalui Gerakan Indonesi (1)

Disinilah seharusnya mahasiswa bisa mengambil peran penting tersebut. “Beri aku 10 pemuda (mahasiswa) akan kugoncangkan dunia,” itulah sepenggal pidato Soekarno, founding father bangsa ini, yang mengisyaratkan begitu penting peran mahasiswa dalam mengubah kehidupan bangsa ini. Mahasiswa adalah orang yang belajar di perguruan tinggi. Tetapi pada dasarnya makna mahasiswa tidak sesempit itu. Terdaftar sebagai mahasiswa di sebuah perguruan tinggi hanyalah syarat administratif menjadi mahasiswa, tetapi menjadi mahasiswa mengandung pengertian yang lebih luas dari sekedar masalah administratif itu sendiri. Menyandang gelar mahasiswa merupakan suatu kebanggaan sekaligus tantangan. Betapa tidak, ekspektasi dan tanggung jawab yang diemban oleh mahasiswa begitu besar.
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Peran Mahasiswa Dalam Membangun Perekono

Peran Mahasiswa Dalam Membangun Perekono

Maka dari itu, seluruh masyarakat dan generasi muda wajib ikut serta membangun perekonomian Bangsa ini. Soekarno pernah mengatakan “Berikan aku sepuluh pemuda maka akan aku guncangkan seluruh dunia”. Ungkapan tersebut menunjukkan bahwa generasi mudalah yang akan membawa kemajuan suatu Negara melalui gagasan, ide, semangat dan kreativitas mereka. Mahasiswa dari generasi Soekarno-Hatta pada tahun 1920-an, adalah pemikir-pemikir yang meletakkan dasar ideologi nasiolnalisme bagi bangsa Indonesia di kemudian hari. Nasionalisme merupakan fokus dari keseluruhan ideologi yang digagaskan oleh mahasiswa 1910-1930-an. Hingga pada era 1960-an peran mahasiswa meningkat tajam. Hal ini menunjukkan besarnya peran mahasiswa dalam pembangunan negara tidak terkecuali pada bidang ekonomi. Contohnya, mahasiswa dapat berwirausaha sehingga dapat menghasilkan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Pemuda Indonesia perlu ditanamkan dan dikembangkan jiwa kewirausahaannya (Entrepeneur Skill). Dengan penanaman entrepeneur skill sejak dini, pemuda Indonesia mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa depan.
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

PELEMAHAN PERAN MAHASISWA AKIBAT DAMPAK

PELEMAHAN PERAN MAHASISWA AKIBAT DAMPAK

Aturan ini menciptakan kondisi yang sulit bagi para mahasiswa non-″kupu-kupu″ sekaligus melemahkan peran mahasiswa. Dengan aturan Kemendikbud yang baru ini maka akan menambah mahasiswa Indonesia yang apatis, egois, individualistik, dan pragmatis.

3 Baca lebih lajut

Peran Mahasiswa dalam Masyarakat dalam

Peran Mahasiswa dalam Masyarakat dalam

Begitu kompleksnya peran mahasiswa itu sebagai pembelajar sekaligus pemberdaya yang ditopang dalam tiga peran : agent of change, social control, and iron stock. Hingga suatu saat nanti, bangsa ini akan menyadari bahwa mahasiswa adalah generasi yang ditunggu-tunggu bangsa ini. Maka berjuanglah, belajarlah, dan berkaryalah dengan tulus – ikhlas, Bagi nusa dan bangsa tercinta ini. Diawali dari diri sendiri. Laksanakanlah tugas mulia ini dengan sebaik-baiknya anda mampu laksanakan. Niscaya Tangan Tuhan akan membantu kita dengan Rahmat,Hidayah dan Ridho Nya. Untuk mewujudkan Indonesia dan dunia yang lebik baik, dalam segala aspek kehidupannya. --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Ahmad Almurobby
Baca lebih lanjut

3 Baca lebih lajut

PERAN MAHASISWA SEBAGAI INOVATOR DALAM P (1)

PERAN MAHASISWA SEBAGAI INOVATOR DALAM P (1)

Penulis berharap semoga karya tulis ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca khususnya para mahasiswa Universitas Diponegoro. Penulis sadar bahwa karya tulis ini masih banyak kekurangan dan jauh dari sempurna. Untuk itu, diharapkan kritik dan saran dari para pembaca untuk perbaikan karya tulis ini.

8 Baca lebih lajut

Peran Mahasiswa Sahid Dalam Pembangunan

Peran Mahasiswa Sahid Dalam Pembangunan

Dengan demikian Mahasiswa Kepariwisataan dalam hal ini STP SAHID harus turut aktif berperan serta dalam dunia pariwisata dalam hal ini meliputi :  Sosialisasi  Perawatan  Pelay[r]

8 Baca lebih lajut

Pendidikan Politik Peran Mahasiswa dalam

Pendidikan Politik Peran Mahasiswa dalam

Selanjutnya, hal konkret yang bisa dilakukan oleh mahasiswa adalah melakukan pendidikan politik (politic education) . Masyarakat Indonesia secara umum masih dalam proses belajar terkait halnya dengan demokrasi. Oleh karenanya, pencerdasan mengenai politik merupakan hal yang sangat penting untuk diterima oleh masyarakat. moPendidikan politik ini dilakukan dengan menyampaikan mengenai betapa pentingnya pemilu dan keterlibatan masyarakat di dalamnya. Mahasiswa juga ikut mengedukasi masyarakat untuk memilih wakil dan pemimpin yang kapabel, bermoral, bersih, dan mau berkarya untuk bangsa. Pendidikan politik yang dilakukan mahasiswa ini diharapkan bisa mengurangi tindakan golput dari masyarakat, serta mengurangi praktik money politic.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

FUNGSI DAN PERAN MAHASISWA (1)

FUNGSI DAN PERAN MAHASISWA (1)

Sebagai tulang punggung bangsa di masa depan, mahasiswa diharapkan menjadi manusia-manusia tangguh yang memiliki kemampuan dan akhlak mulia yang nantinya dapat menggantikan generasi-generasi sebelumnya di pemerintahan kelak. Intinya mahasiswa itu merupakan aset, cadangan, harapan bangsa untuk masa depan bangsa Indonesia . Tak dapat dipungkiri bahwa seluruh organisasi yang ada akan bersifat mengalir, yaitu ditandai dengan pergantian kekuasaan dari golongan tua ke golongan muda, oleh karena itu kaderisasi harus dilakukan terus-menerus. Dunia kampus dan kemahasiswaannya merupakan momentum kaderisasi yang sangat sayang bila tidak dimanfaatkan bagi mereka yang memiliki kesempatan.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

REALISASI PERAN MAHASISWA DALAM PEMBANGU

REALISASI PERAN MAHASISWA DALAM PEMBANGU

Mereka yang pada saat menjadi mahasiswa sibuk mengumbarkan semboyan “integritas dan intelektualitas”, tapi pada saat terjun dalam dunia kerja semboyan tersebut hanyalah omong kosong belaka. Lagi-lagi semua yang pada awalnya menggebu-gebu hanya akan menjadi sampah di kemudian hari. Masyarakat Indonesia sudah sangat terkenal dengan hal ini “cepat tersulut dan cepat melupakan”. Analogi yang sangat tepat untuk masyarakat Indonesia karena hanya menggebu-gebu di awal, tapi cepat padam.

4 Baca lebih lajut

Peran Mahasiswa Indonesia Dalam Menghada

Peran Mahasiswa Indonesia Dalam Menghada

Di sisi lain sebagai mahasiswa yang diharuskan mampu berkompetisi dengan mahasiswa dari negara lain dalam hal kualitas, mahasiswa Indonesia juga dapat melakukan kolaborasi dengan mahasiswa lain baik dalam riset untuk ASEAN maupun riset dalam hal lain sehingga dalam AEC bukan hanya persaingan yang diutamakan untuk merebut pasar akan tetapi juga berkolaborasi bagaimana dapat membangun kualitas SDM ASEAN yang lebih baik.

4 Baca lebih lajut

Pemaksimalkan Peran Mahasiswa Rantau UAS

Pemaksimalkan Peran Mahasiswa Rantau UAS

Namun, Bagaimana jika mahasiswa yang diharapkan dapat mengemban amanat negara ini suatu hari nanti justru tidak cukup berperan dalam lingkungan masyarakat? Bagaimana jika mahasiswa yang sedang dalam masa transisi sebelum terjun ke masyarakat justru malu bersosialisasi atau bahkan tidak peduli dengan permasalahan yang terjadi di lingkungan tempat tinggal? Sungguh ironi melihat keadaan yang memang benar terjadi dan sudah mewabah ke kalangan mahasiswa saat ini. Seperti penyakit flu babi yang dulu sempat marak terjadi, penyakit pragmatisme dan apatisme mahasiswa juga mulai menjalar secara masif, menyerang kaula muda yang malu ataupun tidak mau ikut bersosialisasi di lingkungan masyarakat tempat tinggal, lebih khusus kepada mahasiswa pendatang yang merantau jauh-jauh dari kampung halaman.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

PERAN MAHASISWA DALAM MENGATASI KRISIS B

PERAN MAHASISWA DALAM MENGATASI KRISIS B

Kondisi ini paling tidak oleh sebagian kalangan dikuatirkan akan menuju stagnasi politik, dengan demikian projek reformasi pun akan gagal, yang ujungnya akan bisa menimbulkan krisis poli[r]

6 Baca lebih lajut

Peran Mahasiswa Dalam pengembangan kampus

Peran Mahasiswa Dalam pengembangan kampus

kebangkitan bangsa Indonesia dalam melawan penjajahan Belanda yang mana dipelopori oleh para mahasiswa kedokteran Stovia. Presiden pertama Indonesia, Soekarno sang Proklamator Kemerdekaan RI merupakan tokoh pergerakan dari kalangan mahasiswa. Selain itu peristiwa lain yaitu pada tahun 1996, ketika pemerintahan Soekarno mengalami keadaan politik yang tidak kondusif dan memanas kemudian mahasiswa tampil dengan memberikan semangat bagi pelaksanaan Tritura yang akhirnya melahirkan orde baru. Akhirnya, ketika masa orde baru, mahasiswa juga menjadi pelopor dalam perubahan yang kemudian melahirkan reformasi.
Baca lebih lanjut

13 Baca lebih lajut

3.7 Mengevaluasi peran pelajar, Mahasiswa dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia 3.7.1 3.7.2 3.7.3 3.7.4 Menganalisis berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya peristiwa politik dan lahirnya Gerakan Pelajar dan Mahasis

3.7 Mengevaluasi peran pelajar, Mahasiswa dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia 3.7.1 3.7.2 3.7.3 3.7.4 Menganalisis berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya peristiwa politik dan lahirnya Gerakan Pelajar dan Mahasis

1. Peran mahasiswa adalah tugas dan kewajiban yang harus dilakukan oleh mahasiswa sehubungan dengan statusnya selaku calon intelektual bangsa. Peran itu meliputi agent of change, iron stock, social control, atau peran sosial, peran intelektual, dan peranan moral. 2. Gerakan mahasiswa pada masa Orde Lama lahir karena dipicu oleh praktik politik dan kepemimpinan Presiden Soekarno yang dianggap telah menyimpang dari Pancasila dan UUD 1945. Faktor utama yang menyebabkan munculnya gelombang demosntrasi besar- besaran adalah dugaan keterlibatan Presiden Soekarno pada peristiwa G30S/PKI. Secara ekonomi, mahasiswa sudah jenuh melihat pemimpin politik tidak peduli dengan persoalan ekonomi bangsa. Mahasiswa juga melihat terlalu dekatnya kebijakan politik luar negeri Indonesia dengan poros Pyong Yang, Peking, dan Moscow.
Baca lebih lanjut

27 Baca lebih lajut

3.7 Mengevaluasi peran pelajar, Mahasiswa dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia 3.7.1 3.7.2 3.7.3 3.7.4 Menganalisis berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya peristiwa politik dan lahirnya Gerakan Pelajar dan Mahasis

3.7 Mengevaluasi peran pelajar, Mahasiswa dan tokoh masyarakat dalam perubahan politik dan ketatanegaraan Indonesia 3.7.1 3.7.2 3.7.3 3.7.4 Menganalisis berbagai faktor yang menyebabkan terjadinya peristiwa politik dan lahirnya Gerakan Pelajar dan Mahasis

Kita dapat melihat dua hal yang menjadi kelemahan Mahasiswa. Pertama, aksi reformasi mahasiswa yang turun kejalan ialah bentuk dari reakreasi politik atau trend demokrasi atas ketidak puasaan pemerintah kepada rakyatnya. Kedua, mahasiswa terpisah dari potensi kekuatan rakyat.Untuk memulai suatu pergerakan, tentunya Mahasiswa harus membentuk golongan mahasiswa yang benar-benar mengerti tentang peran mahasiswa dalam membangun Pemerintah yang demokratis.Dengan demikian terbentuknya kekuatan dari mahasiswa yang mampu menyuarakan suara rakyat akan mampu memberikan peran mahasiswa sendiri dalam membangun pemerintahan yang benar-benar adil terhadap rakyatnya secara menyeluruh.
Baca lebih lanjut

27 Baca lebih lajut

PERAN KOPERASI MAHASISWA DALAM MENEGAKKA

PERAN KOPERASI MAHASISWA DALAM MENEGAKKA

Mahasiswa merupakan golongan dari kaum muda dan terdidik dan sebab itu mahasiswa mempunyai peran strategis dalam menegakan koperasi Indonesia sebagai soko guru perekonomian Indonesia yang diharapkan koperasi Indonesia nantinya dapat bersaing di tatanan ekonomi global. Mahasiswa sebagai kaum intelektual memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa. Yang pertama Sebagai Agent Of Change, mahasiswa sebagai agen perubahan dituntut bersifat kritis dan diperlukan implementasi yang nyata. Peranan Mahasiswa yang kedua adalah sebagai Control Sosial, Mahasiswa sebagai penengah antara Pemerintah dan masyarakat, disinilah peranan mahasiswa sebagai pengontrol. Peran Mahasiswa yang ketiga adalah Iron Stock, yaitu mahasiswa diharapkan menjadi manusia – manusia tangguh yang memilik kemampuan dan akhlak mulia yang nantinya dapat menggantikan generasi – generasi sebelumnya. Dari ketiga peran itulah mahasiwa diharapkan dapat membagun koperasi Indonesia pada tatanan era ekonomi global khususnya pada ASEAN Economic Community 2015 yang akan diberlakukan.
Baca lebih lanjut

37 Baca lebih lajut

PERAN KOPERASI MAHASISWA DALAM MENEGAKAN

PERAN KOPERASI MAHASISWA DALAM MENEGAKAN

Mahasiswa merupakan golongan dari kaum muda dan terdidik dan sebab itu mahasiswa mempunyai peran strategis dalam menegakan koperasi Indonesia sebagai soko guru perekonomian Indonesia yang diharapkan koperasi Indonesia nantinya dapat bersaing di tatanan ekonomi global. Mahasiswa sebagai kaum intelektual memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa. Yang pertama Sebagai Agent Of Change, mahasiswa sebagai agen perubahan dituntut bersifat kritis dan diperlukan implementasi yang nyata. Peranan Mahasiswa yang kedua adalah sebagai Social Control, Mahasiswa sebagai penengah antara Pemerintah dan masyarakat, disinilah peranan mahasiswa sebagai pengontrol.Peran Mahasiswa yang ketiga adalah Iron Stock, yaitu mahasiswa diharapkan menjadi manusia – manusia tangguh yang memilik kemampuan dan akhlak mulia yang nantinya dapat menggantikan generasi – generasi sebelumnya. Dari ketiga peran itulah mahasiwa diharapkan dapat membangun koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat dan membagun koperasi Indonesia pada tatanan era ekonomi global khususnya pada Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 yang akan diberlakukan per 31 Desember 2015.
Baca lebih lanjut

37 Baca lebih lajut

Peran dan Fungis Organisasi Mahasiswa

Peran dan Fungis Organisasi Mahasiswa

Sekali lagi, peran mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat sosial ditunggu. Diharapkan mahasiswa mampu memainkan peran yang strategis. Kesatuan visi, tekad, dan perjuangan untuk kepentingan masyarakat secara luas, menjadi pondasi utama peran tersebut saat ini atau nanti. Namun, untuk mewujudkan hal tersebut, sekali lagi, perlu pemetaan, perumusan, dan penelaahan metode penerapan fungsi mahasiswa dalam kancah epistemologi keumatan tersebut.

3 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...