Tanggung jawab sosial dalam bisnis

Top PDF Tanggung jawab sosial dalam bisnis:

MODUL PERKULIAHAN Pengantar Bisnis Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial

MODUL PERKULIAHAN Pengantar Bisnis Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial

Setiap perusahaan memiliki tanggung jawab sosial, yang merupakan kesadaran perusahaan mengenai bagaimana keputusan bisnisnya dapat memengaruhi masyarakat. Istilah tanggung jawab sosial kadang kala digunakan untuk menjelaskan tanggung jawab perusahaan terhadap komunitas dan lingkungannya. Tetapi, istilah tersebut juga dapat digunakan secara lebih luas untuk memasukkan tanggung jawab perusahaan terhadap pelanggan, karyawan, pemegang saham, dan kreditornya. Meskipun keputusan bisnis yang dibuat oleh perusahaan dimaksudkan untuk meningkatkan nilainya, tetapi keputusan tersebut tidak boleh melanggar etika dan tanggung jawab sosialnya.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial P

Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial P

Berbicara mengenai etika bisnis dan tanggung jawab sosial seolah-olah kedua hal tersebut merupakan hal yang terpisah. Keduanya mempromosikan cara yang berbeda dalam melakukan bisnis yang mengintegrasikan pertimbangan bisnis, etika, dan masyarakat. Apabila suatu perusahaan seperti organisasi tersebut bertujuan untuk memperkaya kehidupan para pemegang saham, maka yang perlu dipertanyakan adalah tanggung jawab sosial. Apabila suatu perusahaan melakukan semua hal yang perusahaan ini tidak, maka hal tersebut layak ditawarkan kepada pemegang saham untuk berpikir melakukan hal tersebut (Freeman et al, 2006:4). Suatu perusahaan dalam melakukan tanggung jawab sosialnya dengan membentuk program Corporate Social Responsibility atau CSR. Konsep CSR ini dapat diartikan sebagai suatu perusahaan yang melakukan pekerjaan baik. Terdapat implikasi bahwa perusahaan perlu melakukan perbuatan baik karena struktur yang mendasari bisnis tidak baik atau moral netral. Hal ini merupakan ide yang gagal dalam mengenali bisnis peran sentral global dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran ratusan juta orang. Hal tersebut dapat menyebabkan perusahaan untuk bertindak dengan itikad buruk dan terlibat dalam hal-hal dimana mereka memiliki sedikit keahlian (Freeman et al, 2006:5). Adanya konsep CSR ini tidak hanya meningkatkan keuntungan, melainkan merupakan masalah pemberian uang praktis bagi pelanggan atau komunitas. Dalam hal ini, perusahaan dapat membuat pelanggan, pemasok, masyarakat, karyawan, dan pemodal lebih baik.
Baca lebih lanjut

4 Baca lebih lajut

etika bisnis dan tanggung jawab sosial p (1)

etika bisnis dan tanggung jawab sosial p (1)

Karyawan suatu perusahaan sebaiknya mempraktikan etika bisnis yang melibatkan sekelompok prinsip berikut ini ketika menjalankan bisnis. Setiap perusahaan memiliki tanggung jawab sosial, yang merupakan kesadaran perusahaan mengenai bagaimana keputusan bisnisnya dapat memengaruhi masyarakat. Istilah tanggung jawab sosial kadang kala digunakan untuk menjelaskan tanggung jawab perusahaan terhadap komunitas dan lingkungannya. Tetapi istilah tersebut juga adapat digunakan secara lebih luas untuk memasukkan tanggung jawab perusahaan terhadap pelanggan, karyawan, pemegang saham, dan kreditornya. Meskipun keputusan bisnis yang dibuat oleh perusahaan dimaksudkan untuk meningkatkan nilainya, tetapi keputusan tersebut tidak boleh melanggar etika dan tanggung jawab sosialnya. (Madura,2011)
Baca lebih lanjut

1 Baca lebih lajut

ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL P (4)

ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL P (4)

Menyadari tentang pentingnya memperhatikan isu etika dan tanggung jawab sosial dalam mengelola perusahaan, para pengkaji menejemen telah mendorong untuk mengembangkan pemikiran dalam persoalan tersebut. Beberapa aspek dari pemikiran tersebut akan diterangkan dalam makalah ini. Isu-isu tersebut dikenal sebagai etika perusahaan dan tanggung jawab sosial perusahaan. Tujuan dari mengembangkan pemikiran ini bukanlah untuk membatasi kegiatan usaha dan menghukum usaha, tetapi untuk mendorong mereka mengelola perusahaannya dengan lebih dinamis dan bertanggung jawab. Tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan perkembangan kegiatan perusahaan serta dunia bisnis dan pada waktu yang sama meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Etika Dan Tanggung Jawab Sosial Dalam Bisnis Internasional

Etika Dan Tanggung Jawab Sosial Dalam Bisnis Internasional

Alasan dasar keberadaan suatu bisnis adalah untuk menciptakan nilai (dalam bentuk keuntungan) bagi pemiliknya. Selain itu, sebagian besar orang bekerja untuk memperoleh penghasilan untuk kehidupan mereka atau keluarga mereka. Sebagai akibatnya, tujuan dari setiap keputusan yang dibuat untuk kepentingan bisnis atau individu dalam sebuah bisnis adalah untuk meningkatkan penghasilan (bagi bisnis dan individu) dan mengurangi biaya. Dalam banyak kasus, manager membuat keputusan dan bertingkah laku untuk pribadi dan untuk perusahaan mereka dengan perilaku yang diterima masyarakat. Tetapi dalam pelaksanaannya kadang mereka menyimpang terlalu banyak. Kejadian perilaku yang tidak diterima yang dilakukan oleh bisnis atau orang- orang dalam bisnis telah meningkat. Karena itu, seperti halnya dunia bisnis yang semakin internasional semakin meningkat pula perhatian terhadap etika dan tanggung jawab sosial yang dijalankan oleh manager dan bisnisnya.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

Etika Tanggung Jawab Sosial Suatu Bisnis

Etika Tanggung Jawab Sosial Suatu Bisnis

Etika bisnis adalah merupakan tanggung jawab sosial dan usaha untuk mewujudkan satu kesadaran di kalangan para pengusaha supaya mempunyai tanggung jawab moral dan sosial. Etika bisnis ini diwujudkan karena tuntutan dari pergerakan yang terhadap meningkatnya berbagai praktek yang tidak sehat dalam dunia bisnis, misalnya layanan yang tidak memuaskan dan pemborosan barang dalam pasaran. Etika bisnis sangat penting karena dapat menyesuaikan kehidupan bisnis dengan nilai dan harapan dari masyarakat. Selain peraturan dan ketentuan bisnis, keputusan beretika dapat memperkuat hubungan dan Kepercayaan dalam dunia perniagaan. Keputusan bisnis yang tidak etis tidak hanya menghilangkan kepercayaan pelanggan tetapi juga akan melemahkan bisnis di kemudian hari. Contoh kondisi bisnis yang tidak sesuai etika bisnisadalah seperti beberapa penjual yang mengenakan harga yang berbeda terhadap pelanggan yang berbeda. Menumpuk barang dengan maksud agar suplai barang tersendat dan akan meningkatkan haga jual dipasaran, hal ini adalah contoh prilaku yang tidak etis dan juga melanggar aturan agama dan Perundangan yang berlaku.
Baca lebih lanjut

10 Baca lebih lajut

Tanggung Jawab Sosial dan Etika Bisnis

Tanggung Jawab Sosial dan Etika Bisnis

Hari demi hari perkembangan masyarakat Indonesia semakin kompleks. bidang garapan dan intervensi pekerjaan sosial juga semakin luas. Globalisasi dan industrialisasi telah membuka kesempatan bagi pekerja sosial untuk terlibat dalam bidang yang relative baru. Dan tidaklah banyak terjadi konflik kepentingan antara kepentingan masyarakat umum dan kepentingan perusahaan. Benturan kepentingan tersebut banyak terjadi baik terhadap perusahaan besar, menengah ataupun perusahaan kecil. Bentrokan kepentingan ini sering terjadi terutama dalam hal ditimbulkannya polusi oleh perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Polusi ini dapat berupa polusi udara, polusi air limbah, polusi suara dan bahkan polusi mental kejiwaan. Sehingga dengan latar belakang itulah membuktikan bahwa tanggung jawab sosial suatu bisnis, menjadi suatu topik yang cukup menonjol. Perusahaan dituntut unuk lebih banyak memperhatikan aspek-aspek sosial dan menerapkan etika bisnis secara jujur.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

Penerapan CSR di Indonesia semakin meningkat baik dari kuantitas maupun kualitas, selain keragaman kegiatan dan pengelolaannya semakin bervariasi di lihat dari kontribusi finansial, jumlahnya semakin besar. Penelitian Piral pada tahun 2001 menunjukkan bahwa dana CSR di Indonesia mencapai lebih dari 115 miliard rupiah yang di belanjakan untuk 279 kegiatan sosial yang terekam oleh media masa. Dilihat dari angka komulatif tersebut perkembangan CSR di Indonesia cukup memberikan angka rata-rata perusahaan yang menyumbangkan dana untuk kegiatan CSR adalah sekitar 413 juta perkegiatan. (Saidi dan Abidin, 2004). Saat ini sudah banyak perusahaan yang menerapkan program-program tanggung jawab sosial. Mulai dari perusahaan yang terpaksa menjalankan program tanggung jawab sosialnya karena peraturan yang ada, sampai perusahaan-perusahaan yang benar-benar serius dalam menjalankan program tanggung jawab sosial mereka. Berdasarkan konsep triple Bottom line (John Elkinton, 1997) atau tiga faktor utama operasi dalam kaitannya dengan lingkungan dan manusia (people, planit, prafit), program tanggung jawab sosial penting untuk diterapkan oleh perusahaan karena keuntungan perusahaan tergantung pada masyarakat dan lingkungan.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL P

ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL P

Perhatikanlah gambar di atas bahwa sumber-sumber panduan etis harus menciptakan dalam kepercayaan atau keyakinan kita gambaran mengenai apa yang benar atau salah. Sebagian besar orang akan sepakat bahwa orang akan memiliki tanggung jawab untuk memanfaatkan sumber-sumber panduan etis tersebut. Singkatnya, para individu haru mempedulikan apa yang benar dan apa yang salah dan tidak hanya peduli dengan apa yang menguntungkan saja. Kekuatan hubungan antara apa yang individu atau organisasi yakini sebagai bermoral dan benar dengan apa yang sumber-sumber panduan yang ada menyatakan sebagai benar secara moral adalah Etika Tipe I.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

Etika Bisnis and Tanggung Jawab Sosial

Etika Bisnis and Tanggung Jawab Sosial

SRE tidak memiliki keterlibatan lebih jauh lagi selain memenuhi tanggung jawab sosialnya. Setelah tanggung jawab sosial dipenuhi, bisnis dijalankan seperti semula. Sedangkan SIE memiliki dasar keterlibatan yang dalam. SIE memiliki tinjauan umum bahwa bisnis bukan semata-mata hanya tanggung jawab sosial, tetapi lebih dalam dari itu, salah satunya yaitu persamaan rasa ingin membangun masyarakat lebih baik lagi.

26 Baca lebih lajut

Etika Bisnis Dan Tanggung Jawab Sosial C

Etika Bisnis Dan Tanggung Jawab Sosial C

Etika bisnis adalah suatu kode etik perilaku pengusaha berdasarkan nilai-nilai moral dan norma yang dijadikan tuntutan dan pedoman berperilaku dalam menjalankan kegiatan perusahaan atau berusaha.Etika bisnis sangat penting untuk mempertahankan loyalitas stakeholder dalam membuat keputusan-keputusan perusahaan dan dalam memecahkan persoalan perusahaan. Sistem bisnis beroperasi dalam suatu lingkungan dimana perilaku etis, tanggungjawab social, peraturan pemerintah dan perundangan saling berkaitan satu sama lain. Stakeholder Etika dalam bisnis diantaranya sebagai berikut:
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial P (3)

Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial P (3)

Sikap Obstruktif → Pendekatan terhadap tanggung jawab sosial yang melibatkan tindakan seminimal mungkin dan mungkin melibatkan usaha – usaha menolak atau menutupi pelanggaran yang dilakukan Sikap Defensif → Pendekatan tanggung jawab sosial yang ditandai dengan

6 Baca lebih lajut

ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL P (2)

ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL P (2)

c. Penerapan etika bisnis di perusahaan dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Sebagai contoh, sebuah studi yang dilakukan DePaul University (Post et.al, dalam Solihin Ismail, 2009:180) menunjukkan bahwa terdapat hubungan statistic yang signifikan antara pengendalian perusahaan yang menekankan pada penerapan etika dan perilaku bertanggung jawab di satu sisi dengan kinerja keuangan yang baik di sisi lain. Dalam kasus ini penerapan etika di perusahaan berupa larangan minum alcohol bagi para pegawai telah menurunkan biaya kesehatan dan meningkatkan produktivitas kerja.
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

Kita akan menyelesaikan susunan & membangun tesis essay dalam beberapa langkah. Pertama, kita akan memperlihatkan mengapa eksekutif-eksekutif memerlukan etika bisnis perseorangan terutama dengan keadaan dunia sekarang ini. Kemudian kita akan membatasi sifat etika bisnis. Setelah bahan-bahan pengenalan ini, makalah ini akan memberikan argumentasi untuk etika bisnis perseorangan dan eksekutif yang secara langsung meminta kepentingan mereka sendiri. Itu akan menghubungkan elemen- elemen teori manajemen dengan etika. Dengan jalan istimewa itu akan menyambung teori motivasi karyawan dengan sebuah pertimbangan nilai-nilai, tipe-tipe karakter manajemen dan tipe-tipe moral serta gaya-gaya kepemimpinan manajemen dengan moralitas. Kemudian sebuah teknik praktek akan diterangkan yang akan membantu eksekutif-eksekutif mengatur kehidupan mereka lebih baik di bisnis & rasa etika. Akhirnya, tulisan ini akan meyimpulkan dengan menjelaskan moral-moral ideal yang utama yang akan memandu eksekutif di pekerjaan & perkembangan mereka sebagai manajer & sebagai manusia. ROIE dapat disingkat sebagai Return On Investment In Ethics dan Return On Investmen In Excellence.
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

Teori Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Teori Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Pertanggungjawaban sosial berhubungan juga dengan social contract theory. Menurut teori ini, diantara bisnis perusahaan dan masyarakat terdapat suatu kontrak sosial yang secara implisit maupun eksplisit. Dimana dalam kontrak sosial, akuntansi sosial digunakan sebagai serangkaian teknik pengumpulan dan pengungkapan data sehingga memungkinkan masyarakat untuk mengevaluasi kinerja sosial organisasi dalam memberi penilaian mengenai kelayakan operasi organisasi. Disamping itu, pertanggungjawaban perusahaan diperlukan untuk menilai apakah kegiatan perusahaan telah memenuhi ketentuan, standar, dan peraturan yang berlaku. Misalnya mengenai polusi, kesehatan dan keselamatan, bahaya pengunaan bahan-bahan yang beracun.[4]
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

MAKALAH ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB

MAKALAH ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB

Pembuatan makalah ini menggunakan metode study pustaka, yaitu dengan mengumpulkan dan mengkaji materi Etika Dan Tanggung Jawab Sosial dari berbagai referensi. Kami gunakan metode pengumpulan data ini, agar makalah yang kami susun dapat memberikan informasi yang akurat dan bisa dibuktikan, serta dapat memberikan pemahaman terhadap pembaca dengan materi yang dipandang melalui berbagai subjek. Penyampaian pembandingan materi dari referensi yang satu dengan yang lainnya akan menyatu dalam satu makalah kami. Sehingga tidak ada perombakan total dari sumbernya.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Pandangan Islam Tentang ilmu CSR

Pandangan Islam Tentang ilmu CSR

sering melakukan tindakan kurang seimbang, karena tidak memperdulikan lingkungan dengan memproduksi barang tak bermutu, cukup sekali buang, makanan mengandung beracun, limbah dan lainnya. Kesemuanya itu dapat membunuh (masyarakat) konsumen secara perlahan-lahan. Tanggung jawab sosial dari bisnis ialah pelaksanaan etik bisnis yang mencakup proses produksi, distribusi barang dan jasa sampai penjagaan kelestarian lingkungan hidup dari ancaman polusi dan sebagainya. Pelaku usaha atau perusahaan tidak hanya bertanggung-jawab terhadap pemenuhan kebutuhan sesaat konsumen, tapi perlu mempertimbangkan jangka panjang kelangsungan hidup manusia dan ekologi untuk kemaslahatan umum.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap

Kesadaran masyarakat bisnis terhadap suksesnya pembangunan bangsa adalah sangat diperlukan adanya kesadaran pabrik-pabrik rokok untuk tidak menerapkan teknologi pada karya yang banyak menyerap tenaga kerja adalah merupakan upaya yang perlu digiatkan. Penggunaan teknologi pada modal yang lebih banyak menggunakan mesin-mesin memang akan lebih efisien, akan tetapi hal tersebut tentu saja kurang membantu program pemerintah dalam hal mengatasi problem minciptkan kesempatan kerja bagi masyrakatdan bangsanya. Kasediaan para

Baca lebih lajut

PERENCANAAN BISNIS; ORGANISASI, LINGKUNGAN BISNIS, MANAJEMEN, DAN SUMBER DAYA MANUSIA ipi168169

PERENCANAAN BISNIS; ORGANISASI, LINGKUNGAN BISNIS, MANAJEMEN, DAN SUMBER DAYA MANUSIA ipi168169

Tanggung jawab sosial adalah suatu pengakuan dari perusahaan bahwa keputusan bisnis dapat mempengaruhi masyarakat. Tanggung jawab perusahan kepada pelanggan jauh lebih luas dari pada menyediakan barang dan jasa, diantaranya adalah tanggung jawab produksi, yaitu dengan menyakinkan menjaga keselamatan pelanggan. Label peringatan seharusnya ditempelkan pada produk untuk melindungi terhadap kecelakaan atau efek samping yang dapat timbul karena salah dalam penggunaan. Perusahaan juga menjamin agar karyawan tidak boleh melakukan strategi penjualan yang terlalu agresif atau advertensi yang menyesatkan. Cara perusahaan menjamin tanggung jawab sosial kepada pelanggan adalah dengan menciptakan kode etik yang memberikan petunjuk kepada pelanggan mengenai produk dan jasa yang diberikan. Mematuhi semua keluhan pelanggan serta mencari pemecahannya. Dan memberikan umpan balik kepada pelanggan atas produk dan jasa yang telah dibeli. Contoh kesuksesan Dell Computer, perusahaan ini menggunakan konfigurasi perangkat lunak maupun perangkat keras dalam membangun sistem komputernya, yang bertujuan untuk menjamin level kualitas produk yang tinggi dan karenanya sekaligus memenuhi tanggung jawabnya kepada pelanggan. Hasil dari praktek ini maka Dell selalu menerima peringkat tinggi dalam servis dan kepercayaan dari pelanggan.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

lingkungan dan tanggung jawab bisnis

lingkungan dan tanggung jawab bisnis

masyarakat yang menghidupi perusahaan tersebut, masyarakat yang menghidupi perusahaan tersebut, hal itu sebagai bentuk tanggung moral perusahaan hal itu sebagai bentuk tanggung moral perusahaan kepada masyarakat. Bentuk-bentuk tanggung jawab kepada masyarakat. Bentuk-bentuk tanggung jawab sosial yang dipikul oleh perusahaan dapat berupa : sosial yang dipikul oleh perusahaan dapat berupa : (a) Tanggung jawab fsik, dan (b) Tanggung jawab (a) Tanggung jawab fsik, dan (b) Tanggung jawab non fsik.
Baca lebih lanjut

Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...