Top PDF DAFTAR PUSTAKA Pengelolaan Dana BAntuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD N Kemasan I Surakarta.

   DAFTAR PUSTAKA  Pengelolaan Dana BAntuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD N Kemasan I Surakarta.

DAFTAR PUSTAKA Pengelolaan Dana BAntuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD N Kemasan I Surakarta.

Fitri, Afrilliana. 2014. “Pegelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Mandiangin Koto Selatan Kota Bukitinggi”. Jurnal Administra si Pendidikan. Bahana Manajemen Pendidikan, Volume 2 Nomor 1, Juni 2014.

5 Baca lebih lajut

   PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL  SEKOLAH (BOS) DI SD N Pengelolaan Dana BAntuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD N Kemasan I Surakarta.

PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI SD N Pengelolaan Dana BAntuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD N Kemasan I Surakarta.

Buku Pembantu Bank, Buku Pembantu Pajak. Oleh karena bendahara harus memahami berbagai buku tersebut, jika tidak maka akan menimbulkan berbagai dampak yang kurang baik bagi sekolah. Selain itu sekolah juga harus membuat laporan realisasi penggunaan dana BOS triwulanan (Formulir BOS-K7 dan BOS- K7A) di tiap akhir triwulan untuk keperluan monitoring dan audit, membuat laporan tahunan yang merupakan kompilasi dari laporan penggunaan dana BOS tiap triwulan untuk diserahkan ke SKPD, pembukuan secara tertib (Formulir BOS-K3, BOS-K4, BOS-K5 dan BOS-K6. Hal ini sesuai dengan penelitian dari Yudha Aria Duta dan Ikhsan Budi Raharjo, 2013, hasil penelitianya menunjukkan bahwa pengelolaan dana BOS di SMP Pawiyatan Surabaya belum sepenuhnya efektif karena beberapa faktor yang mengarah pada tercapainya tujuan pengelolaan dana banyak yang belum tercapai antara lain : pertama aspek perencanaan, anggaran dana BOS yang diberikan kepada sekolah dirasa masih terlalu sedikit dibandingkan dengan besaran biaya operasional yang harus ditanggung oleh sekolah. Kedua aspek pelaksanaan, pada dasarnya seluruh penggunaan anggaran sudah sesuai dengan juklak/juknis akan tetapi minimnya sosialisasi kepada orang tua menyebabkan banyak pihak yang salah paham masalah dana BOS.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

 BAB I  Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD Negeri Belah I Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan.

BAB I Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD Negeri Belah I Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan.

efekt ifit as, t ransparansi, akunt abilit as, keadilan, kejujuran dalam pengelolaan dan pengendalian. , M enurut Siskandar (2008:665) dalam Garm aw andi, pada draf jurnalnya yang berjudul Peran Komit e Sekolah Dalam M endukung Sumber Pembiayaan Pendidikan Ditingkat Satuan Pendidikan Dasar Dan M enengah m enyat akan sekolah m elalui kom it e sekolah m endapat kan

9 Baca lebih lajut

AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA BANTUAN  OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI BELAH I   Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD Negeri Belah I Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan.

AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI BELAH I Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD Negeri Belah I Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan.

The findings in the field show s that the budget preparat ion in t ransparent cat egory , grouping t he data so t hat t here are no poor st udent s t here are st ill som e st udent s w ho received help from several sources . BOS fund dist ribution , t here are st ill delays in t he first quart er . The implement at ion is done in a t ransparent manner , is in conformit y with the t echnical guidelines BOS ; procurement t eam not w orking opt imally . Transparent and appropriat e use of funds RKAS , . M onit oring carried out by t he Supervisory kindergart en and elem ent ary school , and once a year from t he Inspect orat e , report ing is done in a t ransparent and account able . Evaluation by t he Depart ment of Educat ion conduct ed simult aneously t echnical guidance BOS . Part icipation of t he school commit t ee / communit y on t he managem ent of BOS funds show ed a very good relat ionship . So generally BOS management account abilit y and participation of school commit t ees / com munit ies in public primary schools Belah I implement ed and w ell est ablished, t ransparent , and account able.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

Transparansi dan Akuntabiitas dalam Pengelolaan Dana BOS di SMP Negeri 03 Kota Tangerang Selatan

Transparansi dan Akuntabiitas dalam Pengelolaan Dana BOS di SMP Negeri 03 Kota Tangerang Selatan

Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bertujuan untuk membebaskan biaya pendidikan bagi siswa tidak mampu dan meringankan bagi siswa yang lain, agar mereka memperolah layanan pendidikan dasar yang lebih bermutu sampai tamat dalam rangka penuntasan wajib belajar 9 tahun. Menurut Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional tahun 2003 pada 34 ayat (1) menjelaskan bahwa setiap warga nnegara yang berusia 6 (enam) tahun dapat mengikuti program wajib belajar, dan ayat (2) menjelaskan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah menjamin terselenggaranya wajib belajar minimal pada jenjang pendidikan dasar tanpa memungut biaya. Sedangkan dalam peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomer 47 tahun 2008 tentang Wajib Belajar pada pasal 1 ayat (2) menyebutkan pendidikan dasar sebagai jenjang pendidikan yang melandasi pendidikan menengah, bentuk Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidtidaiyah (MI) atau bentuk alin yang sederajat, serta Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau bentuk lain yang sederajat. 1
Baca lebih lanjut

168 Baca lebih lajut

ANALISIS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) (STUDI PADA SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA).

ANALISIS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) (STUDI PADA SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA).

BOS mulai diterapkan sejak Juli 2005 dengan sasaran seluruh peserta didik pada tingkat pendidikan dasar (SD dan SMP) serta satuan pendidikan lain yang sederajat. Bantuan Operasional Sekolah (BOS) adalah program pemerintah yang pada dasarnya digunakan untuk penyediaan pendanaan biaya operasi nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksanaan wajib belajar 9 tahun. Wajib belajar 9 tahun bertujuan untuk memberikan pendidikan minimal bagi warga negara Indonesia agar dapat mengembangkan potensi dirinya sehingga dapat hidup mandiri dalam masyarakat atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka penuntasan wajib belajar 9 tahun yang bermutu, Pemerintah mengalokasikan Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Keberhasilan pelaksanaan BOS dapat dilihat dari percepatan penuntasan wajib belajar.
Baca lebih lanjut

207 Baca lebih lajut

BAB I PENDAHULUAN - Pemanfaatan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Bagi Siswa Kurang Mampu

BAB I PENDAHULUAN - Pemanfaatan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Bagi Siswa Kurang Mampu

Menurut Nursyam, berdasarkan laporan Kompas, 29/09/2011, melalui Education Development Index (EDI) mengungkapkan bahwa dari sebanyak 127 negara, Indonesia menempati peringkat ke 69, sementara Malaysia berada di urutan 65 dan Brunei di urutan 34. Brunei memang maju pesat dalam indeks pendidikannya yang tentu saja disebabkan oleh kepedulian pemerintah terhadap dunia pendidikan. Malaysia juga berkembang pesat dalam pengelolaan pendidikannya, meskipun di tahun 1970-an pernah memperoleh bantuan asistensi dalam program pendidikan tinggi dari Indonesia. Selain itu, berdasarkan konsepsi Education for All (EFA), yang kemudian dijadikan sebagai tolok ukur oleh Global Monitoring Report (GMR) setiap tahun, maka Indonesia menempati angka 0,934 pada tahun 2008. Education Development Index (EDI) dikatakan tinggi jika capaiannya adalah 0,95. Kategori medium jika capaiannya adalah di atas 0,80 dan rendah adalah di bawah angka 0,80. Nilai Education Development Index (EDI) Indonesia sebesar 0,934 tersebut diperoleh dari rangkuman perolehan empat kategori, yaitu angka partisipasi pendidikan dasar, angka melek huruf pada usia 15 tahun ke atas, angka partisipasi menurut kesetaraan gender dan angka bertahan siswa hingga kelas V sekolah dasar (SD). Pencapaian angka Education Development Index (EDI) Indonesia ini tentu saja bukan sesuatu yang menggembirakan mengingat bahwa sebenarnya pemerintah Indonesia memiliki peluang yang besar untuk peningkatan Education Development Index (EDI) ini
Baca lebih lanjut

12 Baca lebih lajut

HUBUNGAN PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) TERHADAP PRESTASI SEKOLAH DI SD KECAMATAN CIDADAP DAN COBLONG KOTA BANDUNG.

HUBUNGAN PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) TERHADAP PRESTASI SEKOLAH DI SD KECAMATAN CIDADAP DAN COBLONG KOTA BANDUNG.

Jika pembiayaan pendidikan tidak terpenuhi paling tidak sesuai kebutuhan minimal maka secara nasional akan ditemukan dampak berupa terjadinya erosi kualitas sehingga kontribusinya terhadap pembangunan rendah. Pendayagunaan sumber-sumber pembiayaan secara efektif menunjuk pada suatu rasio antara masukan (input) dan keluaran yang dapat dibandingkan minimal sama. Efisiensi biaya memberikan penekanan pada alokasi anggaran atau penggunaan dana terhadap kegiatan proses belajar mengajar (PBM) secara langsung. Setiap sekolah awal tahun anggaran sudah menentukan rencana penggunaan sesuai kebutuhan riil sekolah berorientasi pencapaian mutu
Baca lebih lanjut

59 Baca lebih lajut

EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI KABUPATEN JOMBANG (Studi di SDN I dan SMP II Kabupaten Jombang)

EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI KABUPATEN JOMBANG (Studi di SDN I dan SMP II Kabupaten Jombang)

Management of school funding appears to be a new problem that will be faced by the school in line with the implementation of school-based management and be able to independently manage the school. BOS is given to all levels of students from SD / MI / SDLB, of SMP / MTs / SMPLB, Salafi state and private junior high. As for the level of SMA / SMK / MA, awarded funds for students of the BKM can’t afford. While the distribution is given by PT. Postal / bank transfer to the account of the principal while the BKM funds given in cash to the school. This reimbursement impressed rush that resulted in some schools as it gets "windfall" and do not know how to manage the funds it receives. BOS funding policy has been less able to suppress fraud in its management. BOS misappropriation of funds at the school level seems to have become a phenomenon. One reason is the lack of transparency, accountability, and public participation in its management. In connection with this, it is a formulation of the problem is 1) How effective management of school operational funds (BOS) on SDN I and Junior II Jombang? 2) What are limiting factors in the management of BOS funds in SDN I and Junior II Jombang?
Baca lebih lanjut

29 Baca lebih lajut

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Dinamika Penggunaan dan Pertanggungjawaban Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SD Negeri Gugus Makukuhan Kecamatan Temanggung T2 942011093 BAB I

Institutional Repository | Satya Wacana Christian University: Dinamika Penggunaan dan Pertanggungjawaban Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SD Negeri Gugus Makukuhan Kecamatan Temanggung T2 942011093 BAB I

Faktor lain yang menjadi permasalan dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) selama ini adalah meskipun telah dilakukan sosiali- sasi tetap saja sekolah mengalami kesulitan dalam menyusun laporan pertanggungjawaban. Hal ini dise- babkan karena perbedaan sistem, yaitu BOS menggu- nakan sistem tahun anggaran, sedangkan sekolah menggunakan sistem tahun pelajaran (Wawasan, 20 Juni 2007). Permasalahan lain adalah penggunaan dana BOS oleh sekolah yang selama ini tidak pernah melakukan musyawarah dengan orang tua/wali ter- masuk dalam menyusun RAPBS. Sebaliknya orang tua murid/wali diundang oleh sekolah untuk berpartisi- pasi memberikan bantuan kekurangan anggaran sekolah.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

ANALISIS AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 GERUNUNG

ANALISIS AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 GERUNUNG

Saya menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa sepanjang pengetahuan saya, di dalam Naskah Skripsi ini tidak terdapat karya ilmiah yang pernah diajukan oleh orang lain untuk memperoleh gelar akademik di suatu Perguruan Tinggi, dan tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah diteliti atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis dikutip dalam naskah ini dan disebutkan dalam sumber kutipan dan daftar pustaka.

20 Baca lebih lajut

Pemanfaatan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Bagi Siswa Kurang Mampu

Pemanfaatan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Bagi Siswa Kurang Mampu

Menurut Nursyam, berdasarkan laporan Kompas, 29/09/2011, melalui Education Development Index (EDI) mengungkapkan bahwa dari sebanyak 127 negara, Indonesia menempati peringkat ke 69, sementara Malaysia berada di urutan 65 dan Brunei di urutan 34. Brunei memang maju pesat dalam indeks pendidikannya yang tentu saja disebabkan oleh kepedulian pemerintah terhadap dunia pendidikan. Malaysia juga berkembang pesat dalam pengelolaan pendidikannya, meskipun di tahun 1970-an pernah memperoleh bantuan asistensi dalam program pendidikan tinggi dari Indonesia. Selain itu, berdasarkan konsepsi Education for All (EFA), yang kemudian dijadikan sebagai tolok ukur oleh Global Monitoring Report (GMR) setiap tahun, maka Indonesia menempati angka 0,934 pada tahun 2008. Education Development Index (EDI) dikatakan tinggi jika capaiannya adalah 0,95. Kategori medium jika capaiannya adalah di atas 0,80 dan rendah adalah di bawah angka 0,80. Nilai Education Development Index (EDI) Indonesia sebesar 0,934 tersebut diperoleh dari rangkuman perolehan empat kategori, yaitu angka partisipasi pendidikan dasar, angka melek huruf pada usia 15 tahun ke atas, angka partisipasi menurut kesetaraan gender dan angka bertahan siswa hingga kelas V sekolah dasar (SD). Pencapaian angka Education Development Index (EDI) Indonesia ini tentu saja bukan sesuatu yang menggembirakan mengingat bahwa sebenarnya pemerintah Indonesia memiliki peluang yang besar untuk peningkatan Education Development Index (EDI) ini
Baca lebih lanjut

211 Baca lebih lajut

DAFTAR PUSTAKA  Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD Negeri Belah I Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan.

DAFTAR PUSTAKA Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD Negeri Belah I Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan.

Depdiknas, Kemdikbud. 2011. Perat uran M ent eri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2011 : Pet unjuk Teknis Penggunaan Dana Bant uan Operasional Sekolah (BOS) dan Laporan Keuangan Bant uan Operasional Sekolah Tahun Anggaran 2012.

4 Baca lebih lajut

Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di SD N Kemasan I Surakarta

Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di SD N Kemasan I Surakarta

Sedangkan pengeluaran yang tidak masuk pada 13 item dalam tata kelola dana BOS menggunakan iuran infak siswa yang dilaksanakan setiap Jumat, seperti takziah kami melakukan iuran sosial/urunan pada tiap-tiap guru. Apabila anggaran dalam BOS tidak cukup padahal dana triwulan berikutnya belum cair maka bendahara BOS dengan persetujuan Kepala Sekolah meminjam kepada pihak ke 3 seperti Koperasi sekolah. Demikian halnya penelitian dari penelitian Husaina Banu Kenayathulla (PhD), 2014, hasil penelitiannya sebagai berikut pembiayaan sekolah dasar dan menengah merupakan proses yang kompleks dengan beberapa tujuan: sistem keuangan sekolah berusaha untuk menyediakan sumber daya yang cukup sehingga semua anak memiliki kesempatan untuk belajar, tetapi pada saat yang sama, sumber daya harus digunakan seefisien mungkin. Pembuat kebijakan tidak selalu tahu cara terbaik untuk meningkatkan sistem keuangan sekolah mereka, meskipun pembiayaan merupakan bagian penting dari sistem pendidikan; tanpa sumber daya, sekolah tidak akan berfungsi.
Baca lebih lanjut

8 Baca lebih lajut

PENGELOLAAN  DANA BANTUAN OPERASIONAL  SEKOLAH (BOS)   Pengelolaan Dana BAntuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD N Kemasan I Surakarta.

PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) Pengelolaan Dana BAntuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD N Kemasan I Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) perencanaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (2) pelaksanaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (3) pertanggungjawaban dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SD Negeri Kemasan I Surakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengujian keabsahan datan dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian menyimpulkan (1) dalam proses perencanaan komponen yang terlibat antara lain Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab, Bendahara sekolah, dewan guru dan Komite sekolah. Proses perencanaan diawali dengan menyusun RAKS oleh tim Manajemen Bos Sekolah, Guru dan Komite Sekolah. (2) Pelaksanaan pengelolaan BOS diawali dengan pengambilan dana yang dilakukan bendahara sesuai kebutuhan dengan menyisakan saldo minimum di bank. Pengambilan dana dilakukan per triwulan. Uang yang sudah diambil dari Bank disimpan di kas sekolah oleh bendahara. Sedangkan pengeluaran yang tidak masuk pada 13 item dalam tata kelola dana BOS menggunakan iuran infak siswa yang dilaksanakan setiap jumat. (3) Pertanggungjawaban BOS dilakukan oleh Bendahara sekolah, dikerjakan bertahap setiap hari pelaporanya sesuai dengan anggaran yang direncanakan. Dalam penyusunan administrasinya dibantu guru olah raga. Terdapat 2 metode pelaporan yaitu metode offline dan online. Dalam pengelolaan BOS ada beberapa buku tata kelola yang harus dibuat yaitu Buku kas umum, Buku Pembantu Kas Umum, Buku Pembantu Bank dan Buku Pembantu Pajak.
Baca lebih lanjut

17 Baca lebih lajut

PENDAHULUAN   Pengelolaan Dana BAntuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD N Kemasan I Surakarta.

PENDAHULUAN Pengelolaan Dana BAntuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD N Kemasan I Surakarta.

Berdasarkan studi pendahuluan, melalui wawancara dengan Kepala Sekolah dan bendahara BOS diperoleh informasi tentang SD Negeri Kemasan I Surakarta. SD Negeri Kemasan I Surakarta merupakan SD Negeri yang berstatus sebagai Sekolah Standar Nasional (SSN). Jumlah siswa SD Negeri KEMASAN I Surakarta untuk tahun 2016 yaitu sebanyak 210 siswa. Dalam pelaksanaan program BOS di KEMASAN I Surakarta, mengalami beberapa hambatan dalam hal pengelolaan dana BOS. Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah adanya keterlambatan dalam penyaluran dana BOS. Setiap kegiatan pembelajaran membutuhkan dana, dengan adanya keterlambatan dalam pencairan dana BOS tentu saja menjadi hambatan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Apabila penyaluran dana yang akan digunakan tersebut mengalami keterlambatan, maka kegiatan pembelajaran dapat terhambat. Permasalahan lain yang terjadi yaitu dalam proses pembuatan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana BOS. Dalam penggunaan dana BOS untuk kegiatan sekolah, guru yang bersangkutan tidak segera membuat laporan atas kegiatan tersebut kepada bendahara BOS. Kurangnya koordinasi antara kepala sekolah, bendahara BOS dan guru mengakibatkan terlambatnya pelaporan penggunaan dana BOS. Keterlambatan laporan dari pelaksana kegiatan tersebut memberikan dampak terhadap pembuatan SPJ yang harus segera dilaporkan kepada tim manajemen BOS Kabupaten. Sedangkan keterlambatan pelaporan penggunaan dana BOS kepada Tim Manajemen BOS Kabupaten akan berakibat pada keterlambatan penyaluran dana BOS untuk periode berikutnya.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA BANTUAN  OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI SD NEGERI BELAH I   Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD Negeri Belah I Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan.

AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DI SD NEGERI BELAH I Akuntabilitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD Negeri Belah I Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan.

The st udy, t it led Fund M anagem ent Account abilit y School Operat ional Assist ance ( BOS ) Elem ent ary School in the Dist rict Donorojo Pot t ery I , Pacit an , aims:( 1 ) Describe t he BOS fund m anagem ent account abilit y , (2 ) Describe part icipat ion of school com mit t ees and t eachers t o the management of BOS. To achieve t he above t w o object ives out lined in t he im plem ent at ion phase of t he st udy int o four component s .

18 Baca lebih lajut

BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH BOS SEKOLAH

BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH BOS SEKOLAH

Dalam rangka mewujudkan akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan program BOS SMA, dilaksanakan pemantauan dan supervisi. Pemantauan bertujuan untuk memantau perkembangan pelaksanaan BOS SMA. Sedangkan supervisi bertujuan untuk mengetahui tingkat manfaat BOS SMA bagi sekolah, mengidentifikasi berbagai macam masalah/hambatan yang dialami serta mencarikan solusi pemecahan masalah. Hasil pemantauan dan supervisi merupakan bahan perumusan perencanaan program BOS SMA di masa yang akan datang. Pelaksanaan pemantauan dan supervisi dilakukan secara internal oleh komite sekolah dan dinas pendidikan kabupaten/kota melalui pengawas sekolah dan eksternal oleh Direktorat Pembinaan SMA serta dinas pendidikan provinsi.
Baca lebih lanjut

79 Baca lebih lajut

permen tahun2012 nomor26 lampiran srt kesanggupan

permen tahun2012 nomor26 lampiran srt kesanggupan

4. Kami bersedia diaudit oleh lembaga atau badan- badan pemeriksa keuangan yang berwenang untuk itu dalam pelaksanaan penggunaan anggaran BOS dan dikenakan sanksi sesuai ketentuan hukum yang berlaku, termasuk pemblokiran dana dan pengembalian dana yang telah diterima oleh Kami dari Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui program BOS jika terbukti terjadi penyimpangan.

1 Baca lebih lajut

PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH  DI SEKOLAH   PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR SE GUGUS IRAWAN KECAMATAN MASARAN KABUPATEN SRAGEN.

PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DI SEKOLAH PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR SE GUGUS IRAWAN KECAMATAN MASARAN KABUPATEN SRAGEN.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). karakteristik proses mendapatkan dana BOS yang meliputi (a). Perencanaan : dengan menyusun RAPBS. Langkah- langkahnya mengadakan pertemuan pendahuluan antara Kepala Sekolah, Bendahara dan perwakilan guru. Membahas garis-garis besar penerimaan dan pengeluaran sekolah. Setelah rapat dengan dewan guru kemudian kemudian dijabarkan kepada Komite Sekolah dan wali siswa. (b). Pelaksanaan meliputi pencairan dana. Pencairan dana melaui Bank yang telah ditunjuk oleh Dinas Pendidikan kabupaten Sragen adalah Bank BRI.(c) Evaluasi dana BOS di Sekolah dasar se Gugus Irawan tidak ada penyimpangan. (2) Pengalokasian dana sesuai panduan BOS. Pengalokasian dana BOS di sekolah dasar se gugus irawan banyak digunakan untuk honor wiyata bakti. (3). Hambatan dalam penggunaan dana BOS pencairannya tidak bisa tepat waktu dan pembuatan laporan sering mengalami keterlambatan. Upaya untuk mengatasi keterlambatan dengan mencari pinjaman. Kata kunci : Pengelolaan, BOS, Pengelolaan BOS.
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...