Top PDF silabus praktikum budidaya tanaman

Silabus Prakarya Budidaya VII

Silabus Prakarya Budidaya VII

 Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang kegiatan modifikasi media dan wadah tanam tanaman sayuran yang meliputi sarana produksi, teknik modifikasi, jadwal kegiatan dan pembagian tugas dengan sikap jujur, percaya diri dan mandiri.  Mengidentifikasi produk

19 Baca lebih lajut

LAPORAN PRAKTIKUM TEKNOLOGI BUDIDAYA TAN

LAPORAN PRAKTIKUM TEKNOLOGI BUDIDAYA TAN

Pematang sawah dibersihkan dari rerumputan, diperbaiki, dan dibuat agak tinggi. Fungsi utama Pematangdisaat awal untuk menahan air selama pengolahan tanah agar tidak mengalir keluar petakan. Fungsi selanjutnya berkaitan erat dengan pengaturan kebutuhan air selama ada tanaman padi.Saluran atau parit diperbaiki dan dibersihkan dari rerumputan. Kegiatan tersebut bertujuan agar dapat memperlancar arus air serta menekan jumlah biji gulma yang terbawa masuk ke dalam petakan. Sisa jerami dan sisa tanaman pada bidang olah dibersihkan sebelum tanah diolah.Jerami tersebut dapat diangkut ke tempat lain untuk pakan ternak, kompos, atau bahan bakar. Pembersihan sisa–sisa tanaman dapat dikerjakan dengan tangan dan cangkul.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

pengantar budidaya tanaman.

pengantar budidaya tanaman.

Mata Kuliah Pengantar Budidaya Tanaman merupakan salah satu mata kuliah program studi umum di program studi pendidikan teknik Agroindustri, Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia yang dialokasikan pada semester 1 dengan bobot mata kuliah 2 sks dengan muatan 1 sks teori dan 1 sks praktikum. Mata kuliah ini memberikan gambaran, wawasan, dan pengalaman kepada mahasiswa program studi Teknologi Agroindustri tentang lingkup budidya tanaman dan prinsip-prinsip dalam membudidayakan tanaman agar mahasiswa mempunyai kompetensi tentang budidaya tanaman secara general dan mampu menganalogikan pada berbagai komoditas yang akan dibudidayakan. Matakuliah pengantar Budidaya Tanaman berhubungan berhubungan dan mendukung matakuliah Dasar-dasar Produksi Benih, Produksi Benih, Teknik Mikropropagasi Tanaman, dan Pemuliaan Tanaman. Melalui kombinasi kompetensi tentang kependidikan dan Budidaya tanamn yang dimiliki tersebut pada kahirnya mahasiswa akan mampu mentransfer kompetensi yang dimilikinya secara efektif dan efisien kepada peserta didik.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

LAPORAN PRAKTIKUM TEKNIK BUDIDAYA TANAMA

LAPORAN PRAKTIKUM TEKNIK BUDIDAYA TANAMA

Daun jagung adalah daun sempurna. Bentuknya memanjang, merupakan bangun pita (ligulatus), ujung daun runcing (acutus), tepi daun rata (integer), Antara pelepah dan helai daun terdapat ligula. Tulang daun sejajar dengan ibu tulang daun. Permukaan daun ada yang licin dan ada yang berambut. Stomata pada daun jagung berbentuk halter, yang khas dimiliki familia Poaceae. Setiap stomata dikelilingi sel epidermis berbentuk kipas. Struktur ini berperan penting dalam respon tanaman menanggapi defisit air pada sel-sel daun. (Nuning Argo Subekti, dkk. 2012).

22 Baca lebih lajut

LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI BUDIDAYA JAMUR

LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI BUDIDAYA JAMUR

Pembuatan kultur murni dilakukan melalui tiga tahap yaitu pembuatan media agar, pemilihan induk tanaman, dan isolasi (Cahyana et al., 1999). Untuk pembuatan media kultur atau media PDA (potatoes dextrose agar) jamur tiram putih dibutuhkan bahan dan alat yang sangat penting disediakan sebelum memulai pembuatan media. Media yang digunakan untuk pembuatan kultur murni adalah potatoes dextrose agar (PDA). Penggunaan PDA karena kualitasnya sudah mengalami standarisasi (Cahyana et al., 1999). Pembuatan media PDA ini sangat penting, karena jika tidak dilakukan dengan hati-hati dapat mengakibatkan terjadinya kontaminasi (Suriawiria 2006).
Baca lebih lanjut

9 Baca lebih lajut

LAPORAN PRAKTIKUM BUDIDAYA TANAMAN TAHUN

LAPORAN PRAKTIKUM BUDIDAYA TANAMAN TAHUN

Terdapat dua pendapat mengenai asal muasal tanaman kakao. Pendapat pertama menyatakan bahwa tanaman kakao berasal dari Meksiko Tenggara dan disebarkan ke lembah Amazon yaitu ke Lacandon di Amerika Tengah dan daratan rendah Orinoco di Amerika Selatan. Pendapat kedua berdasarkan study genetik tanaman kakao, tanaman tersebut diperkirakn berasal dari Amazon dan didistribusikan ke Amerika Tengah. Minuman coklat diyakini telah dikonsumsi sejak tahun 800-1.100 SM oleh penduduk asli Amerika yaitu suku Maya dan suku Aztec (http://heartsmuseum.berkeley.edu). Tanaman kakao masuk ke Indonesia tahun 1560 dibawa oleh bangsa Spnayol ke daerah Sulawesi tepatnya ke kepulauan Sangir dan Minahasa. Berdasarkan letak geografisnya, tanaman kakao akan tumbuh dengan baik di daerah yang terletak antara 10o LU – 10o LS, dengan ketinggian kurang dari 600 m di atas pemukaan laut dan di daerah yang beriklim tropis dengan kondisi pH tanah netral (Chatt, 1953).
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

silabus praktikum Kultjar

silabus praktikum Kultjar

media VW 7 - 8 Memperoleh tanaman secara vegetatif yang mempunyai sifat keturunan sama dengan induknya Kultur Somatik Embriogenesis Asistensi, praktikum A1, A2 & A3 9 - 10 Mengeta[r]

3 Baca lebih lajut

Silabus Prakarya Budidaya VII

Silabus Prakarya Budidaya VII

 Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur /video tentang pengetahuan jenis dan teknik modifikasi media tanam tanaman sayuran daerah setempat dan nusantara sebagai pelengkap pengetahuan siswa dan melatih tanggung jawab, kemandirian dan bekerjasama. Menanya

19 Baca lebih lajut

LAPORAN PRAKTIKUM BUDIDAYA TANAMAN LAHAN

LAPORAN PRAKTIKUM BUDIDAYA TANAMAN LAHAN

Berdasarkan hasil analisis, bobot basah tajuk tanaman jagung dengan perlakuan penambahan arang kayu ataupun arang sekam dan kontrol tidak berbeda secara nyata. Bobot basah tajuk berdasarkan hasil pengamatan pada tanaman jagung umur 4 MST tertinggi yaitu pada perlakuan penambahan arang kayu dengan dosis 1,25% yaitu 18,07 gram diikuti dengan perlakuan penambahan arang sekam dengan dosis 1,25% 17,60 gram. Besarnya bobot basah tajuk pada tanaman jagung perlakuan penambahan arang kayu dengan dosis 1,25% ini menunjukan bahwa arang kayu dapat meningkatkan daya ikat air pada tanah pasir sehingga air tersedia untuk tanaman. Sedangkan tananam dengan penambahan arang sekam juga mempunyai nilai bobot basah tajuk yang lebih besar dibandingkan dengan perlakuan kontrol. Besarnya bobot basah tajuk perlakuan arang kayu dibandingkan dengan aran sekam, menurut Soemeinaboedhy (2009) karena arang kayu mempunyai karakteristik mampu menyimpan air lebih baik dibandingkan dengan jenis arang lainya. Berdasarkan perhitungan, arang kayu mempunyai nilai kadar lengas yang lebih tinggi dibandingkan arang lainnya yaitu 12,5%, arang sekam padi 8,42%, arang serbuk gergaji 8,42% dan arang tempurung kelapa 7,30%. Kandungan lengas juga erat kaitannya denan berat jenis arang. Semakin tinggi berat jenis arang maka kandungan lengasnya semakin rendah. Arang kayu memiliki berat jenis 1,11 g/cm2, tempurung kelapa 1,15 /cm2, arang sekam padi 1,23 /cm2 dan arang serbuk gergaji 1,53 /cm2.
Baca lebih lanjut

21 Baca lebih lajut

laporan praktikum Budidaya Tanaman Horti

laporan praktikum Budidaya Tanaman Horti

Kondisi lingkungan yang sesuai bagi pertumbuhan tanaman sawi hijau (Brassica juncae L) dapat memberikan hasil panen yang tinggi. Sehingga dengan demikian untuk menunjang usaha tani sawi hijau yang berhasil, lokasi usaha tani harus memilki kondisi lingkungan yang sesuai seperti yang di kehendaki tanaman. Sebab, kecocokan keadaan lingkunan (iklim dan tanah) sangat menunjang produktifitas tanaman berproduksi. Hingga dewasa ini masih banyak di jumpai petani mengalami kegagalan panen atau memperoleh kuntungan yang rendah karena kurang memperhatikan keadaan lingkungan lokasi penanaman (Yudharta, 2010).
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM BUDIDAYA TANAMAN

LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM BUDIDAYA TANAMAN

Pemberian pupuk buatan ini bertujuan untuk menambah unsur hara yang penting bagi tanaman misalnya unsur N,P,K sebap pada pupuk kandang unsur hara yang terdapat di dalamnya hanyalah sedikit dibandingkan dengan pupuk buatan yang mengandung unsur hara tinggi dan tertentu misalnya pupuk KCL nah pupuk ini mengandung unsue K yang dibutuhkan pada tanaman. Unsur hara lainya yang di sangat di butuhkan tanaman adalah unsur C,H,O,Mg,Ca,dan S. Unsur C,H,O adalah unsur yang di dapatkan dari udara bebas dan juga dari air, misalnya penyiraman. Selain itu penyiraman juga berfungsi untuk melarutkan pupuk buatan yang di berikan kepada tanman, apabila tanaman tidak di beri air maka pupuk tidak akan larut dan tidak akan dapat di serap oleh akar tanman, air merupakan bagian yang paling di butuhkan oleh tanman juga sebagia bahan fotosintesinya untuk mengahasilkan makanan yang di gunakan sebgai bahan untuk tumbuh adan berkembangnya tanaman.
Baca lebih lanjut

61 Baca lebih lajut

LAPORAN PRAKTIKUM BUDIDAYA TANAMAN PADA

LAPORAN PRAKTIKUM BUDIDAYA TANAMAN PADA

lebih cepat, pengaruh terhadap tanah sempurna,energi yang hilang rendah dan populasi microorganisme dalam tanah lebihsempurna. Bokashi mempunyai peranan yang sangat besar dalam penyediaan pupuk organik secara cepat untuk memenuhi kebutuhan pupuk pada berbagai jenis tanaman pertanian.Pemberian pupuk bokashi jerami padi berpengaruh meningkatkan berat basah tanaman selada daun, hal ini diduga karena bahan organik yang terkandung di dalam pupuk bokashi berperan terhadap pasokan hara tanaman selada daun. Pupuk bokashi jerami padi banyak mengandung unsur N, Pdan K denagn tingkat ketersediaan lebih tinggi dibandingkan dengan pupuk kandang ayam.
Baca lebih lanjut

22 Baca lebih lajut

Budidaya Tanaman jarak pagar

Budidaya Tanaman jarak pagar

Tanaman jarak pagar (Jatropha curcas L.) telah lama dikenal masyarakat I ndonesia, yaitu semasa penjajahan oleh bangsa Jepang pada tahun 1942. Pada masa itu masyarakat diperintahkan untuk menanam jarak pagar di pekarangannya untuk dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan perang bangsa Jepang. Oleh karena itu tidak mustahil kalau tanaman jarak pagar memiliki beberapa nama daerah (lokal) antara lain jarak budeg, jarak gundul, jarak cina (Jawa); baklawah, nawaih (NAD); dulang (Batak); jarak kosta (Sunda); jarak kare (Timor); peleng kaliki (Bugis); kalekhe paghar (Madura); jarak pager (Bali); lulu mau, paku kase, jarak pageh (Nusa Tenggara); kuman nema (Alor); jarak kosta, jarak wolanda, bindalo, bintalo, tondo utomene (Sulawesi); dan ai huwa kamala, balacai, kadoto (Maluku).
Baca lebih lanjut

30 Baca lebih lajut

Budidaya tanaman hias euphorbia

Budidaya tanaman hias euphorbia

Budidaya tanaman hias euphorbia relatif mudah. Budidaya euphorbia meliputi pemilihan pot tanaman, penyiapan bahan tanam, penyiapan media tanam, perbanyakan tanaman, penanaman, pemeliharaan tanaman. Dalam budidaya euphorbia hal yang perlu diperhatikan adalah sifat dan karakter tanaman. Euphorbia dapat beradaptasi di daerah panas dan kering dengan suhu tinggi dan sinar matahari penuh, meskipun demikian euphorbia tetap membutuhkan lingkungan yang sesuai agar tumbuh bagus dan optimal. Untuk mendukung keberhasilan euphorbia, dalam membuat media tumbuh sebaiknya memilih bahan yang bersifat porous dan berpori sehingga sirkulasi udara dan aliran air lancar. Pada dasarnya tanaman euphorbia tidak telalu meyukai air sehingga diharapkan media tumbuh tidak becek. Pemeliharaan tanaman harus dilakukan dengan baik dan yang perlu diperhatikan adalah pengendalian hama dan penyakit.
Baca lebih lanjut

46 Baca lebih lajut

dasar budidaya tanaman 1

dasar budidaya tanaman 1

92 Matahari adalah sumber energi terbesar bagi fotosintesa dan proses metabolisme tanaman lainnya, namun radiasi matahari yang mencapai permukaan bumi jumlahnya sedikit sekali. Hal ini disebabkan oleh adanya berbagai gas, uap air, dan debu sebagai komponen atmosfer bumi yang menyerap sebagian besar radiasi matahari tersebut (misalnya ozon yang menyerap cahaya gelombang panjang sehingga menghindarkan peningkatan suhu yang berlebihan pada permukaan bumi). Jadi atmosfer bumi pada hakekaktnya adalah suatu selubung gas yang menyaring sebagian besar cahay tampak (visible light) dalam jumlah yang cukup memadai untuk fotosintesis dan sedikit sekali meloloskan cahaya tidak tampak (invisible light), sehingga suhu permukaan bumi tetap terjaga pada tingkat yang moderat (sedang)
Baca lebih lanjut

243 Baca lebih lajut

Dasar budidaya tanaman 2

Dasar budidaya tanaman 2

Pada tanaman semusim wiwilan dikenal dengan perempelan. Perempelan dilakukan pada tanaman cabai, tomat, melon dll. Bagian yang dirempel adalah tunas samping serta sebagian bunga dan daun. Pada tanaman cabai, perempelan dilakukan terhadap tunas samping, sebagian bunga dan daun. Tunas yang keluar di ketiak daun mulai muncul pada saat tanaman berumur 8-12 HST di dataran rendah dan sedang, atau 15-20 HST di dataran tinggi. Tunas bakal percabangan ini harus dihilangkan atau dirempel dengan menggunakan tangan yang bersih. Perempelan bertujuan agar tanaman menjadi kokoh sebelum memasuki fase generative (fase pembungaan). Perempelan biasanya dilakukan 2-3 kali sampai terbentuk percabangan utama yang ditandai dengan munculnya bunga pertama, sekitar umur 17-21 HST di dataran rendah dan sedang atau 25-30 HST di dataran tinggi.
Baca lebih lanjut

281 Baca lebih lajut

BUDIDAYA TANAMAN OBAT DAN REMPAH

BUDIDAYA TANAMAN OBAT DAN REMPAH

Tanah yang akan dipergunakan untuk kebun jambu biji dikerjakan semua secara bersama, tanaman pengganggu seperti semak-semak dan rerumputan dibuang, dan benda- benda keras disingkirkan kemudian tanah dibajak atau dicangkul dalam, dengan mempertimbangkan bibit yang mau ditanam. Bila bibit berasal dari cangkokan pengolahan tanah tidak perlu terlalu dalam (30 cm), tetapi bila hasil okulasi perlu pengolahan yang cukup dalam (50 cm). Kemudian dibuatkan saluran air selebar 1 m dan ke dalam disesuaikan dengan kedalaman air tanah, guna mengatasi sistem pembuangan air yang kurang lancar. Tanah yang kurus dan kurang humus/ tanah cukup liat diberikan pupuk hijau yang dibuat dengan cara mengubur ranting-ranting dan dedaunan dengan kondisi seperti ini dibiarkan selama kurang lebih 1 tahun sebelumnya. Kemudian dilakukan pemupukan sebanyak 2 kaleng minyak tanah (4 kg) per meter persegi. Dilanjutkan pembuatan bedengan sesuai dengan kebutuhan (http://www.ristek.go.id, 2005).
Baca lebih lanjut

240 Baca lebih lajut

Bagaimana teknik budidaya tanaman duku

Bagaimana teknik budidaya tanaman duku

Kebun dan pertanaman duku umumnya merupakan tanaman tradisional hasil warisan. menunjukkan bahwa pohon-pohon duku yang ada saat ini berasal dari biji dan telah berumur rata-rata 40-60 tahun,bahkan beberapa sudah berumur 80 tahun atau lebih. Petani duku pada umumnya tidak melakukan pemeliharaan terhadap pohon-pohon duku mereka, kecuali pembersihan sekeliling tegakan pohon pada saat menjelang panen. Selain itu, teknologi budidaya, mulai dari pembibitan, pemeliharaan (yang meliputi pemupukan, pengairan, pemangkasan dan pengendalian organisme pengganggu) belum banyak dilakukan, sehingga pohon-pohon duku tidak berbuah setiap tahun. Tidak jarang pohon berbuah berselang tiga tahun (Deroes, 2003).
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...